Ardi

Sikap Karyawan dan Perusahaan

Jumat, 07-09-2007 15:46:01 oleh: Ardi
Kanal: Opini

Sikap Karyawan dan Perusahaan

Kenapa sering kali ada bentrok antara karyawan dan perusahaan ?

Kenapa sering kali ada karyawan yang tidak puas terhadap perusahaan ?

Kenapa perusahaan sering kali tidak puas terhadap karyawan ?

Perusahaan adalah badan usaha yang berdiri dengan tujuan mencari keuntungan bagi pemiliknya atau pemegang saham.

Marketing adalah orang yang kerjanya berusaha agar pemilik perusahaan lebih kaya dari hari ini.

Karyawan adalah orang yang membantu perusahaan untuk mencapai tujuan. Karyawan adalah asset perusahaan yang harus dijaga dan dirawat agar tetap dapat menghasilkan keuntungan secara optimal terhadap perusahaan. Dapat diibaratkan seperti mesin pabrik, jika tidak dirawat (services, ganti oli, ganti spare part) jelas sudah tidak dapat menghasilkan produk secara optimal.

Pada umumnya : ""

Perusahaan menggunakan karyawan dengan tujuan dapat mendatangkan keuntungan yang sebesar-besarnya bagi perusahaan dengan biaya seminimal mungkin. Diasumsikan dengan nilai (-10).

Karyawan bekerja pada perusahaan dengan tujuan mendapatkan imbalan yang sebesar-besarnya dengan mengeluarkan tenaga seminimal mungkin. Diasumsikan dengan nilai(+10).

Dilihat dari situasi umum ini, jelas merupakan dua hal dan tujuan yang sangat bertolak belakang.

Lalu bagaimana mengatasi hal ini. Ego kedua belah pihak harus diturunkan ke titik 0 atau mendekati nol (0) agar dapat saling bekerja sama.

Bagaimana cara menurunkan ego masing-masing pihak ?

Diibaratkan seperti kabel listrik, ada positif, ada negatif, ada ground. Jika kabel positif dan kabel negatif ketemu pasti akan terjadi korslet dan yang terparah bisa terjadi kebakaran. Inilah yang terjadi jika salah satu pihak teledor.

Saling pengertian, saling menghormati, saling menghargai kepentingan masing-masing, kebutuhan masing. Inilah kabel ground itu.

Kedua kabel negatif dan positif dapat saling bekerja sama dengan adanya kabel ground. Jika tidak ada kabel negatif dan kabel positif listrik tidak dapat mengalir.

Masing-masing pihak harus sejalan dan saling bekerja sama seperti kabel listrik ini. Jangan sampai salah satu pihak melangkahi jalur/kepentingan pihak lain ibarat kabel yang positif dan negatif yang saling menyilang. Perusahaan dan karyawan harus berjalan sejajar untuk mencapai tujuan tanpa bersilangan. Kapan bersilangan, saat itulah terhadi korsleting, saat itulah terjadi bentrok.

Namanya juga manusia, perusahaan itu adalah terdiri dari orang-orang pemegang saham, dan karyawan juga itu manusia biasa. Ada kalanya ego masing-masing pihak meningkat yang mengakibatkan kepentingan pihak lain terganggu, seperti kabel PLN saja sering korslet sendiri karena cuaca. Misalnya ada suatu masalah di perusahaan, client belum bayar, client minta macam-macam dan cepat dan lain-lain. Bagaimana pun yang terjadi ini adalah korslet kecil yang masih dapat diperbaiki. Ini diibaratkan seperti tiba-tiba arus positif tidak stabil dan memakan resource banyak sehingga arus negatif melemah, akibatnya tegangan listrik turun-naik, harddisk bisa rusak dan lain-lain. Atau diibaratkan tiba-tiba arus negatif menguat, misalnya tiba-tiba karyawan nuntut naik gaji. Bagaimana caranya mengatasi hal ini. Gunakan stavolt (Stabilizer).

Stavolt dalam filosofi ini adalah pengertian dari masing-masing pihak. Misalnya dalam kondisi tadi, perusahaan memberi bonus kecil-kecilan, gaji tepat waktu meskipun client belum bayar, makan malam, diskusi hal di luar pekerjaan (kekeluargaan). Dan dari pihak karyawan melihat kondisi tadi jika tidak selesai perusahaan tidak dibayar client, cobalah loyal kepada perusahaan dengan lembur dan menyelesaikannya tanpa tuntutan.

Meskipun sudah demikian, pasti selalu masih ada masalah antara karyawan dan perusahaan. Apa masalahnya ?

Kekecewaan dari kedua belah pihak akibat bayangan yang tidak nyata, pengharapan berlebihan dan keinginan.

Hal ini agak sulit dijelaskan dengan perumpaan algoritma. Dibutuhkan sedikit pemahaman psikologi dan pengalaman.

Pada saat sudah terjadi posisi nol (0) stabil, biasanya bayangan, image karyawan terhadap perusahaan sangat baik, begitu pula sebaliknya. Dalam bayangannya karyawan menggangap bahwa atasannya, managernya, bossnya, direkturnya itu adalah seorang pimpinan yang sangat baik dan bijaksana. Begitu juga dengan para atasan mengganggap bahwa bawahannya itu sangat baik, rajin, loyal.

Satu saja kesalahan kecil baik yang dilakukan karyawan ataupun bawahan, dapat menyebabkan berubahnya image terhadap bawahan dan terhadap atasan.

Contoh: Biasanya gaji tidak pernah telat tiba-tiba gaji telat, image karyawan langsung berubah : "Wah ini perusahaan tidak beres nih ... ". Atau tiba-tiba bos marah besar, image karyawan : "Wah ternyata sifat aslinya si boss nih gini ya, saya kirain baik, ternyataaa...". Hal ini menimbulkan kekecewaan dari pihak karyawan, misalnya: " Ah mendingan saya resign ah gak tahan dengan bos kayak gitu, demo yuk, masa kita lembur capek udah gak dikasih bonus, lembur malah masih dimarahin".

Contoh: Biasanya karyawan selalu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, jarang terlambat datang, sangat nurut. Tetapi misalnya suatu saat karyawan tersebut disuruh keluar kota dan karyawan tersebut menolaknya/menawar, image pimpinan langsung buruk : "Ahhh... ternyata kamu gak loyal, disuruh gitu aja gak bisa, saya kirain kamu loyal banget, rajin, pinter, ternyata males, pembangkang". Atau pekerjaan telat : "Gw kirain kamu jago bagaimana, ternyata gak ada apa-apanya, nyatanya project kamu telat, masa pekerjaan kayak gini aja lama banget dikerjain".

Kedua hal tersebut diatas merupakan suatu kesalahan besar yang sering terjadi.

Ada 2 solusi untuk menghadapi kedua contoh hal diatas :

1. Solusi yang mudah dilakukan tetapi peluang terulang masih besar.

Bicarakanlah baik-baik kepada bawahan yang kecewa, berikan alasan yang jelas, transparan, mudah diterima dan kesalahan itu jangan sampai sering-sering terulang lagi.

Atau habis memarahi karyawan, panggillah karyawan tersebut, bicarakan baik-baik, kalau perlu minta maaf lah, itu sudah cukup bagus.

Selidiki apakah betul kemampuan karyawan itu cuman segitu, perhatikan faktor-faktor lain, mungkin karyawan sudah kelelahan sehingga tidak dapat menyelesaikannya, atau memang sebelumnya belum pernah mendapatkan pekerjaan demikian sehingga perlu dipelajari lagi.

2. Solusi yang sulit diterapkan tetapi peluang terulang semakin kecil.

Karyawan jangan berharap terlalu banyak terhadap perusahaan, padamkanlah keinginan-keinginan semu, tetapi tetaplah bekerja secara baik dan tetaplah loyal kepada perusahaan. Dengan demikian jika terjadi hal-hal demikian karyawan tidak akan kecewa karena tidak ada tuntutan dan bayangan-bayangan lain. Tapi bukan berarti menganggap perusahaan buruk, tetapi netral, seimbang, tidak berpihak. Begitu juga terhadap perusahaan.

Kikislah perlahan-lahan segala keinginan dan angan-angat terhadap perusahaan, jangan menggangap atasan/perusahaan baik, karena jika sekali dia berbuat kesalahan terhadap karyawan, karyawan akan merasa kecewa. Tetapi jangan juga menggangap perusahaan itu jahat hanya mau peras tenaga, karena dengan demikian kamu tidak akan dapat bekerja secara optimal dan akibatnya perusahaan akan benar-benar tidak senang kepada kamu.

Bekerjalah secara netral.

Summary

  1. Perusahaan berusaha untuk memanfaat karyawan semaksimal mungkin dengan biaya seminimal mungkin.
  2. Karyawan berusaha mendapatkan imbalan sebesar mungkin dengan mengeluarkan tenaga sekecil mungkin.
  3. Jangan menggangap perusahaan/atasan itu baik karena akan menimbulkan kekecewaan.
  4. Jangan menggangap bawahan itu baik karena akan menimbulkan kekecewaan.
  5. Jangan menggangap perusahaan/atasan itu jahat karena akan merugikan diri sendiri.
  6. Jangan pernah menggangap bawahan itu jahat karena anda akan berbuat jahat kepada karyawan.
  7. Hiduplah secara netral, seimbang, kikis keinginan, angan, gambaran terhadap seseorang (Perusahaan dan karyawan).

 

(Selasa 24 April 2007).

Bookmark and Share

Tag/Label karyawan, pemilik perusahaan, perusahaan, konflik
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
2 komentar pada warta ini
Jumat, 07-09-2007 18:03:53 oleh: marc

cool...
welcome 2 wikimu man
this is the best developer i ever meet
hehe


marc
back online




Selasa, 10-01-2012 03:58:00 oleh: sigit brahmana

ini realita nyata....
saya pribadi merasakan hal ini, posisi saya adalah karyawan dan kebetulan bos masih saudara saya.
selama saya bekerja diperusahaan ini, hal2 yang anda sampaikan itu benar2 terjadi.
Karena saya berada di posisi karyawan dan masih saudara bos, saya berusaha pada sikap netral, saya merasakan pahitnya menjadi karyawan, dan merasakan pahitnya melihat karyawan yang malas dan pembangkang.

ijin copas buat pencerahan pribadi

BR.
Sigit







Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY