Yulius Haflan

Peluang Usaha Unik: Berburu Batu Aji

Selasa, 04-09-2007 16:39:03 oleh: Yulius Haflan
Kanal: Opini

Peluang Usaha Unik: Berburu Batu Aji

Mendengar kata batu aji tentu saja pikiran kita akan melayang pada hal-hal yang berkaitan dengan mistik. Pandangan itu sebenarnya tidak salah. Namun tidak bisa dibilang benar. Batu aji merupakan batu dari alam yang memiliki ciri-ciri tertentu, yang jika dibentuk, direkayasa, dan diasah sampai mengkilap bisa menjadi perhiasan. Batu aji bisa dipakai untuk cincin, liontin (kalung), anting-anting, dan aksesori lain. Jadi sebenarnya, batu aji merupakan batuan yang direkayasa untuk kepentingan estetika. Terkait dengan unsur gaib yang terkandung di dalam batu, tentu itu merupakan aspek komplementer belaka dari batu aji tersebut. Aspek ini seringkali ditambahkan untuk menambah minat orang untuk membeli.

Untuk di Indonesia, batu aji yang banyak beredar adalah batu akik atau batuan agate. Batuan jenis ini memiliki nilai yang tinggi apabila dalam proses pemotongannya memunculkan corak tertentu. Apabila corak yang muncul sangat unik, misalnya lafal 'Allah', maka batu tersebut sangat bernilai tinggi. Namun kadangkala dalam prosesnya tidak menampakkan corak apapun. Istilah para kolektor dikatakan tidak berjodoh.

Selain jenis batu akik, ada pula jenis batu aji lainnya semacam batu jasper (jika warnanya hijau disebut badar lumut, sedangkan bila warnanya merah disebut hati ayam), ametis (kecubung), batu topaz (cempaka), garnet (delima), emerald (zamrud), ruby (mirah delima), bloodstone (batu akik darah), batu darah (hematite), opal (kalimaya), batu biduri laut (moonstone yang berwarna biru, kalau yang berwarna putih disebut biduri bulan), panca warna, badar susu, badar es, badar sepah, tapak jalak, embun pagi, mata kucing, dan banyak lagi. Penamaan tersebut sebenarnya lebih ditujukan pada bentuk fisiknya, padahal jenis batuannya sebenarnya sama. Seperti batu panca warna, sebenarnya merupakan jenis batu akik (agate) yang memiliki 5 warna.

Dari sisi bisnis, batu-batuan tersebut sangat berharga tinggi, terutama yang paling sering dikejar-kejar kolektor seperti mirah delima, panca warna, dan batu akik dengan corak yang unik. Kisaran harganya sungguh variatif, mulai dari yang harganya seribu rupiah hingga ratusan juta rupiah. Untuk jenis yang seribu perak ini, diperoleh dari sisa-sisa pemotongan batu. Namun kalau beruntung, sisa-sisanya pun bisa sangat bernilai bila corak yang terbentuk menyerupai sesuatu. Sedangkan untuk batuan yang berharga jutaan hingga ratusan miliar, tentu haruslah istimewa, baik dari corak yang muncul hingga jenis batu itu sendiri.

Namun, bagi yang serius terjun dalam bisnis ini, banyak beredar batu-batuan akik yang menggunakan corak yang tidak orisinil. Bagi pandangan orang yang awam bagi kita, kadang sangat sulit membedakannya. Cara mengatasinya adalah selalu membawa serta teman atau kolega yang paham dan mengerti soal batu-batuan. Selain itu menjalin hubungan baik dengan para pedagang batu aji bisa merupakan langkah preventif agar tidak tertipu sewaktu bertransaksi.

Mencari tempat menjual batu aji pun tidak sulit-sulit amat. Di Jakarta Timur misalnya, ada pasar khusus yang menjual batu cincin dan aksesori lainnya. Yakni, di Pasar Rawa Bening. Persisnya di depan Stasiun Kereta Api Jatinegara. Batu yang dipasarkan adalah jenis batu mulia, seperti jamrud, safir, rubi, pirus, giok, berlian dan mata kucing. Kalau di daerah Bandung banyak ditemukan di kawasan kaki lima Jl. Otto Iskandardinata.

Bisnis ini cukup menjanjikan mengingat peminat terhadap batu aji tidak pernah surut dan tidak memiliki harga yang pasti. Apabila kolektor sangat berminat, maka harga berapapun akan dibayar bila sang kolektor merasa cocok. Kuncinya adalah kemampuan dalam menilai sebuah batuan apakah layak dihargai tinggi atau tidak. Selain itu, pengetahuan terhadap jenis-jenis batu mutlak harus dikuasai. Bagi yang bermodal cekak, mungkin akan sedikit kesulitan untuk memulai usaha seperti ini.

Anda tertarik mencobanya?

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/, http://www.sinarharapan.co.id/

Sumber gambar: http://www.sinarharapan.co.id/
Bookmark and Share

Tag/Label batu aji, batu akik, yulius, cincin, liontin, mistik, topaz, ametis, jasper, emerald, garnet, ruby, bloodstone, bisnis
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
49 komentar pada warta ini
Selasa, 04-09-2007 17:57:30 oleh: Suhu Tan

Hobby mengoleksi Batu Aji apalagi yang berkualitas sebagai Batu Permata adalah pekerjaan seni yang menakjubkan namun rentan terhadap penipuan produk.

Bagi yang awam atau baru mau mencoba membelinya, seperti yang Bung Yulius bilang harus didampingi oleh teman yang memahami betul tentang bebatuan ini. Jika tidak maka peluang anda untuk tertipu mendapatkan batu aspal (asli tapi palsu) akan besar sekali.

Ada beberapa istilah yang berkaitan dengan pemalsuan batu batu ini seperti ; dablet, warna suntikan, batu masakan, beling asahan, mirah siam, king safir dlsb bahkan ada juga yang terbuat dari plastik olahan. Cilakanya yang imitasi ini sering kali terlihat malah jauh lebih indah dan star nya pun bisa lebih kuat dari yang orisinil (yang natural asli batu alam).

Jadi bagi pemula ya.. harus extra hati-hati.




Rabu, 05-09-2007 08:24:02 oleh: Yulius Haflan

Betul banget pak suhu, bisnis ini sangat rentan penipuan. Terus terang saya tidak begitu paham soal batu2an, tapi sangat mengagumi bentuk2 batu aji tersebut. Malah saya pernah terheran2 dengan batu (fosil) yang berbentuk keong atau kacang. Memang dunia batu2an itu sangat luar biasa.



Rabu, 05-09-2007 08:44:48 oleh: Kris Bheda

Bukan cuma penipuan yang kita takuti, tetapi juga rentan pada maling. Kalau penipuan itu sama dengan maling, atau maling itu sama dengan penipuan, maka saya pikir dengan teman yang tau betul soal batua-batuan tidak cukup, tetapi juga harus punya senjata dan anjing pelacak.

ini mungkin tambahan tips dari saya untuk pemula...ha..ha..ha..maaf bung saya kerjaannya hanya bikin ganggu bung aja...lagian bung kan 'empunya' tips-tips...

Salam bung
dari Kris




Rabu, 05-09-2007 09:07:42 oleh: Yulius Haflan

hahah..gpp mas kris, tambahan tipsnya boleh jg =)



Senin, 29-10-2007 17:11:10 oleh: Chomsun

Batu merah delima, (ace) banyak yang mencari dengan hibah milyaran rupiah. Merah delima ada, pembelinya juga ada, tetapi tidak pernah terjadi transaksi, ada-ada saja alasan dari masing-masing. Wallahu a'lam, apakah ini karena barang ghoib.



Jumat, 09-11-2007 14:19:33 oleh: soni

bikin forum perakik an ,aku akan ikut



Selasa, 13-11-2007 15:14:14 oleh: panca wasana mardi santosa

saya ini punya batu pirus ,saphire, yakult, dll semuannya antik ,barang lama peningggalan gak tau cara jualnya bagi yang minat kirim ke email ini nanti saya balas dengan contoh gambar,



Senin, 19-11-2007 11:29:16 oleh: enggal jaya saputra

mohon informasi:
1. mengenai cara melihat batu itu asli apa tidak
2. batu mata kucing yang asli itu bagaimana cara
mendeteksinya
3. batu mata kucing yang paling bagus jenis yang
apa ? n harganya berapa
4. apakah bpk presiden sby pakai batu mata kucing




Kamis, 22-11-2007 12:39:47 oleh: muhammad wahyudin

mas aku punya temen yng mau jual Merah delima ada yang mau gak??

harganya nego aja
kirim ke freezone husen@yahoo.com
harga sama jadwal ketemuannya




Kamis, 29-11-2007 10:06:58 oleh: minar

ada yang mo ngejual blue safir gak om.... yang sternya ganjil klau ada dan harganya cocok bisa kirim email ke enang_02@yahoo.com



Senin, 10-12-2007 23:07:32 oleh: james j. sadara

wekk..ek..ek..ee... gemstone memang tiada tara
sayang kebanyakan cuman sintetis, jarang yg bener2 mulia. kalo ada boleh juga tuh kita acarakan. terutama natural ruby boleh tuh.
di jogja ada sepasang mirah delima hadiah dari kratonpada masa HB IIX. kalo ada temen di mesir or dubai or syiria boleh lho berbagi info at: jamesjack@erdcraft.com




Rabu, 12-12-2007 15:50:28 oleh: Lukmanul hakim

saya punya batu Tapak jalak....
yang saya mau tanyakan apa fungsi dari batu tersebut....?
terimakasih sebelumnya.




Rabu, 19-12-2007 21:53:18 oleh: angger

alam memang telah menyediakan berbagai keindahan,,termasuk batuan mulia,, halah ga nyambung,,, hwehee,, salam



Senin, 24-12-2007 15:44:40 oleh: Saud Oloan

saya mau tanya kegunaan, ciri dan harga batu merah siam dan batu kecubung, yang satunya saya gak tau batu apa, warnanya kuning



Senin, 14-01-2008 11:12:23 oleh: B Mulyanto

yang saya tahu kalo bt mulia itu kekerasannya diatas 8 skala mohs klo di bawah itu digolongkan bt akik/aji...benar ga ya....



Sabtu, 19-01-2008 15:52:10 oleh: pungki

saya blum mengerti masah batu akik tapi saya sangat suka sekali saya minta petunjuknya



Selasa, 22-01-2008 22:05:43 oleh: fazly

saya ada batu yg saya dapat terletak d daun keladi,bewarna putih mutiara,sunguh cantik dan batu mutika semut bwarna oren bekilauan..



Selasa, 05-02-2008 22:28:07 oleh: konco akik

wah,wah,kalo denger ada orang nyebut batu akik saya jadi seperti dapat teman baru,kebetulan saya juga suka koleksi tapi bukan ahli.saya punya batu akik yg sudah diberi tangkai +/- 200 bh,belum termasuk yg belum digosok atau belum bertangkai.saya cuman beli dan beli,sekarang bingung sendiri mau diapain ;akhirnya ada beberapa yg saya hibahkan ke teman2.ada yg berminat?silahkan kontak saya ke alamat email saya.trims.



Senin, 11-02-2008 20:50:19 oleh: nona

Saya senang dan tertarik sekali dengan batu akik.Bagaimana membedakan yang asli yaa? tolong saya minta petunjungnya




Senin, 11-02-2008 21:43:04 oleh: abah

bagus juga, kalo ada tampilkan foto-foto batuannya yang mahal itu kayak gmn ntr cari di kampung



Kamis, 14-02-2008 11:48:19 oleh: Senti

Saya punya koleksi batu giok berupa patung (dua sisi"dewa dan naga" serta beberapa lainnya, semuannya antik ,barang lama peningggalan keluraga, tidak tau cara serta jualnya. Bagi yang minat kirim ke email ini nanti saya balas dengan contoh gambar,



Kamis, 21-02-2008 14:39:55 oleh: Arinta

wah, buat pak panca wasana, sy mau tuh sama pirusnya...apa bisa kirim pic nya & harganya ke email saya: arinta_gjp@yahoo.co.id




Sabtu, 05-04-2008 01:58:41 oleh: andrew

iya neh untuk pak panca,kalo boleh bagi2 barang lama peninggalannya... kalo bisa kirim pict & harga ke email saya : tscray@hotmail.com. thanx sebelumnya.



Kamis, 08-05-2008 18:10:54 oleh: ben

saya punya batu warna putih sebesar kacang atom. kalo dimasukan ke air akan menyala layaknya merah delima. tapi warna yang keluar ada 4 warna (merah, biru, hijau, kuning) secara bergantian. Siapa tau diantara saudara2 ada yang mengetahui jenis batu apakan ini dan apa nama batu ini. trims



Rabu, 19-11-2008 08:06:06 oleh: hendra_sonica

pak minta info dunk tentang batu mulia/aji/permata



Rabu, 10-12-2008 22:57:43 oleh: ahadi

saya punya batu bertuliskan ALLH warna putih kekuningkuningan dan batunya warna putih. ada titik merah pada batu tersebut. jika di pakai akan langsung terasa di tangan kalau ada wudhuk... hub. 085277698099



Kamis, 01-01-2009 17:21:19 oleh: amdar

pak kalau mau jual batu aji (topaz)kemana ya



Jumat, 23-01-2009 21:23:04 oleh: eko

Sekarang sudah banyak buku2 ttg batu2 mulia. Terakhir di tokobuku ada terbitan tahun lalu berjudul "Pesona Batu Permata", trus beberapa tahun yg lalu ada terbitan berjudul "Rahasia Batu permata". Sorry pengarangnya lupa. Selamat berburu buku.



Kamis, 29-01-2009 10:44:48 oleh: tyara

saya punya batu mata kucing atau biasa dibilang mustika kucing ... apa sih kelebihannya? apakah ini juga diperjualbelikan ?????



Rabu, 11-02-2009 19:02:48 oleh: faisal

Lebih bagus mana biduri laut sama biduri bulan ? kisaran harganya ?



Jumat, 20-02-2009 12:16:05 oleh: indra

teman saya punya berbagai macam batu,mutiara,dan manik-manik... juga perhiasan yang mirip di pake ratu kerajaan itu murni hasil temuan,,terus gimana cara melihat keaslianya..dan kalo ada yang tertarik... email di "indrahk61@yahoo.co.id



Selasa, 17-03-2009 12:11:00 oleh: iwan

Mas konco akik, saya tertarik dengan koleksinya.
Tapi jujur saya masih awam masalah per-batu-an, namun saya lagi kesengsem sama keindahan batu2an alam..
Mungkin apabila ada yang mau dihibahkan ke saya, akan dengan senang hati saya terima...
mungkin bisa di share mengenai koleksinya, japri juga boleh (p_setya1@yahoo.com)




Rabu, 18-03-2009 06:40:06 oleh: m. syukur

saya penggemar batu topaz warna biru, kalau teman-teman ada yang punya dan mau jual silahkan kontak saya. tks



Senin, 23-03-2009 21:32:06 oleh: Ridwan Kamal

yang biasa berani beli batudengan harga tingg di mana sih biasanya, kasih infonya dong! saya ada batu safir sama ruby nih mau di lego abis butuh banget ih buat biaya ngelahirin anak! kasih infonya ya! ke wahmorg45@yahoo.com



Sabtu, 04-04-2009 14:17:41 oleh: nurhadi

boz tlg ksh tau cara cari batu akik yang bagus



Kamis, 30-04-2009 12:31:27 oleh: kang man

saya puny batu akik berwarna hitm dan dibelakangnya ada lubangnya berbentuk seperti bintang,kira-kira gunanya apa dan kalo dijual laku berapa ya....?



Minggu, 09-08-2009 05:09:58 oleh: Lanjar widodo

saya punya batu topaz dijamin asli ( jenis smooky topaz dan white topaz) masih wujud kerikil dan kristal asli dari alam, jika ada yang berminat silakan email saya utk perundingan harga



Senin, 07-09-2009 17:40:43 oleh: M.NURYANTO

Saya Minta mendapat Kalian Yang jauh Mengerti Tentang batu. saya punya batu kecil dan bulat seperti bola bagian luar terlihat berembun dan bagian dalam terliat ada genengan air.Pertanyaany itu batu asli a/ bukan dan batu seperi itu namanya ap sertajenis ap???Thks



Senin, 09-11-2009 23:03:32 oleh: Chomsun

Saya mencari batu giok yang asli untuk teman saya yang mau beli, kalau ada yang punya informasikan spek barangnya dan harganya. tksh



Kamis, 12-11-2009 17:51:31 oleh: martin

saya punya batu akik badar asem nama lain dari batu tsb apa ya ? mungkin kawan kawan ada yang tahu.



Sabtu, 21-11-2009 16:37:51 oleh: Anton

Semuanya saja,saya nemu batu cocok buat cincin warna sinarnya pink,ada yang tau jenis dan harganya gak ya............



Jumat, 04-12-2009 09:26:25 oleh: karli ombot

mari kita membangun suatu perkumpulan kolektor sebagai ajang silaturakhmi anggotanya, yang pada akhirnya menjadi sarana hiburan dalam menikmati keindahan alam semesta



Jumat, 08-01-2010 10:31:37 oleh: dedy

sebagai penggemar batu aji saya sangat mendukung apabila dibuat suatu forum sebagai salah satu sarana silaturahmi dan sarana penyaluran hobi maju terus perbatuan indonesia.....



Senin, 18-01-2010 22:32:55 oleh: wib ramadi

mas.nuryanto..batu anda itu apabila digerakan apaairnya juga bergerak ? mau dimaharkan berapa? hub. saya di wib_ramadi@yahoo.com atau hp.081268549170 ... ok trims.



Selasa, 26-01-2010 21:39:20 oleh: Terry Taufiek

Saya cari rubrik yang mengatakan punya bahan baku topaz tapi saya tak menemuinya,saya minat akan baku batu topaz tersebut,untuk informasi lanjut sma ke 08128357309,atau email ke keprak2000@yahoo.com.
Terima kasih.




Rabu, 27-01-2010 08:30:50 oleh: Terry Taufiek

Pak Lanjar widodo domisili dimana,hp atau emailnya,terima kasih.
sms 08128357309 email :keprak2000@yahoo.comRQ9C




Rabu, 17-02-2010 00:31:23 oleh: Mas Aji

Salam semuanya...

Saya punya batu warisan dari kakek saya, batu kalimaya, batu alexandrite, blue safir dan batu sulaiman.

Jika ada yang berminat saya akan maharkan.
Hubungi saya di email aji_cakra80@yahoo.com

fotonya nanti saya emailkan.
Terima kasih.




Sabtu, 29-05-2010 11:49:03 oleh: romainu

hati hati dengan jual barang batu aji yang berkhodam, sangat kental dengan penipuan, batu aji yang berkhodam kaya merah delima atau sejenisnya memang ada yang bermaunah sangat menakjubkan, yang punyanya pasti ada yang nyarinya juga ada ,dengan iming-iming harga yang menggiurkan harganya ber-M M an , tapi itu cuman trik mencari yang punya barang, kenyataan nya mereka memperdaya yang punya benda itu, dengan serangkaian test skenario mereka,pada akhirnya barang itu jadi milik nyari dengan modal yang kecil,yang punya cuman dapat ongkos pulang aja



Sabtu, 29-05-2010 14:59:10 oleh: uya

betul-betul-betul.......,, memang agak sulit menilai sebuah batu aji / mulia / permata...,, karena banyak sekali yang harus dipelajari untuk mendapatkan batu sesuai dengan apa yang diharapkan entah dari jenis2 batunya, kebersihan urat2tan, dan dan mungkin bagi yang percaya adalah power kekuatannya besar..,,, yang lebih disayangkan kadang pembeli berprasangka buruk dengan adanya harga yang relatif murah malah jadinya barang dikira palsu..,, he.he.he.he,, ( padahal belum tentu loh gan ) dan juga perlu dingat harga mahal itu bukan jaminan barangnya istimewa bagus..,, soal harga adalah kemantapan.., mungkin saya cuma mengingatkan lagi telitilah sebelum membeli agar tidak terjadi sesal dibelakang..,,,, apalagi kalo terjadi selisih paham sama penjual wah payah tuh....,,, salam terakhir bagi para penggemar batu aji / mulia / permata pokoknya tetap semangat dan jangan lupa amal ibadah mungkin akan membawa lebih dari kepuasan dibalik hobi kita...,,, AMIN.



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY