Roy Suryo Klaim Penemuan Supersemar "Asli"

Selasa, 21-08-2007 13:52:57 oleh: Wicaksono
Kanal: Peristiwa

naskah Supersemar di wikipediaRoy Suryo mengaku menemukan arsip sejarah berupa film tentang Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar). Bukan teks aslinya, melainkan sebuah film yang menayangkan naskah Supersemar versi yang lain dari versi yang selama ini dikenal masyarakat.

Saya pertama kali mendengar pengakuannya Selasa pekan lalu dalam acara rekaman tayangan Republik Mimpi di Metro TV. Setelah itu, saya baca beritanya di koran Suara Merdeka edisi Minggu, 19 Agustus 2007.

Roy Suryo menyebut penemuan terbarunya dengan istilah Superbagong. Terus terang saya penasaran karena ini menyangkut misteri lenyapnya teks asli Supersemar. Padahal surat itulah yang menjadi pegangan Soeharto untuk mengubah sejarah republik ini.

Saya lalu menghubungi kembali Roy Suryo tadi malam. Begini petikan percakapan saya dengan dia:

Saya: Kamu menyebut soal Superbagong waktu kita rekaman untuk Republik Mimpi tempo hari? Apa maksudmu?

Roy: Oh itu soal penemuan terbaruku. Kali ini ndak pakai yayasan mana pun seperti yang dulu, kapok aku. Hehehe … Aku mendapat dua film seluloid. Yang satu film tentang pidato Soekarno pada 17 Agustus 1966 yang menyatakan dengan tegas bahwa Surat Perintah Sebelas Maret untuk Soeharto itu bukan berisi perintah pengalihan kekuasaan melainkan surat mandat untuk Soeharto agar mengamankan keadaan waktu itu.

Saya: Apa isi film kedua?

Roy : Film yang menunjukkan Surat Perintah Sebelas Maret yang berbeda dari yang kita kenal selama ini. Dalam film itu ada shot kamera dari atas ke bawah yang menunjukkan Supersemar, yang ternyata isinya berbeda dari Supersemar yang selama ini diketahui masyarakat?

Saya: Sik-sik… jadi kamu menemukan filmnya ya, bukan suratnya?

Roy: Betul. Filmnya saja.

Saya: Lah, memangnya Supersemar yang asli ada di mana?

Roy: Aku juga ndak tahu.

Saya: Oke. Pertanyaan terakhir, dari mana kamu menemukan dua film itu? YouTube? Leiden?

Roy: Hahaha … bukan. Aku belum bisa mengatakan. Nanti kalau sudah dikonfirmasi pihak lain, aku kasih tahu. Yang jelas, film itu selama ini tersimpan di suatu tempat. [di Suara Merdeka disebutkan bahwa Roy menemukannya di Arsip Nasional]

Saya: Oke. Thanks.

Seandainya yang dikatakan Roy benar, ini jelas penemuan penting yang berpotensi meluruskan sejarah Indonesia modern. Hingga saat ini, naskah Supersemar yang asli dan diteken Bung Karno itu entah ada di mana. Padahal seharusnya dokumen asli itu disimpan di arsip Sekretariat Negara.

Ada versi yang menyebutkan bahwa setelah dibaca Jenderal Soeharto, surat itu kemudian diserahkan pada Brigadir Jenderal Ibnu Subroto yang waktu itu menjabat Kepala Pusat Penerangan Angkatan Darat. Maksudnya untuk diperbanyak dan disebarkan pada media massa. Tapi setelah diperbanyak, rupanya surat autentik ini “menghilang” sampai kini.

Saya lebih suka menyerahkan soal ini kepada ahlinya, para ahli sejarah misalnya. Biarlah mereka meneliti keaslian naskah Supersemar seperti dalam film dokumenter di tangan Roy.

Suka tak suka, apa yang diklaim oleh Roy perlu ditindaklanjuti. Siapa tahu dia benar dan bukan hanya sedang ingin mencari sensasi. Mungkin juga sebaliknya. Kita tak akan pernah tahu mana yang benar tanpa membuktikannya. Masalahnya, siapa yang mau?

Bagaimana menurut Anda?

Bookmark and Share

Tag/Label film, indonesia, roy suryo, sejarah, supersemar
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
83 komentar pada warta ini
Selasa, 21-08-2007 14:15:26 oleh: nicko

nila setitik rusak susu sebelanga


*tetep ga percaya sama roy suryo*

:-"




Selasa, 21-08-2007 14:15:32 oleh: JalanSutera dot COM

supersemar memang sengaja dihilangkan sama simbah dari cendana itu biar nggak ada yg bisa mengungkit-ungkit tahtanya,....

nah, setelah sekarang sudah ditemukan, mau apa?




Selasa, 21-08-2007 14:27:30 oleh: krispianus bheda

Roy Suryo pertahankan terus agar air putih di gelasmu tetaplah putih...jika suatu saat berubah warna menjadi hitam...sudah barangtentu anda akan ditenggelamkan di sana...siapa yang mau menyelamatkan anda, selain anda sendiri...jadi mulai sekarang berlatihlah berenang, mengungkap fakta dengan benar...agar tidak tenggelam dalam lautan nasionalis pop. Tahu itu bung?



Selasa, 21-08-2007 14:28:32 oleh: Rudy Ronald Sianturi

Seandainya ini benar, 'penemuan'ini meski cuma film --asalkan film-nya bisa dibuktikan autentik -- akan sangat penting artinya bagi bangsa ini.

Sejarahwan bisa mulai sibuk kembali dan banyak pertanyaan bisa terjawab. Sudah terlalu letih bangsa ini menunggu Supersemar yang entah tercecer ke mana. Moga kali ini sang pakar benar-benar menemukan sesuatu.

salam




Selasa, 21-08-2007 18:31:10 oleh: zhawelaze

hi Roy (tm) ,
ntar bakalan ada nihh penemuan film sumpah palapa.., truss film asli saat pembuatan prasasti batutulis..,
oalahh..




Selasa, 21-08-2007 20:24:34 oleh: gemboel

hua...ha..ha..ha lucu komentarnya zhawelaze



Rabu, 22-08-2007 01:06:22 oleh: Suhu Tan

Jika ternyata film itu benar-benar otentik, kita wajib angkat topi u/ Bung Roy. Dari dulu saya selalu penasaran ingin tahu Supersemar yang asli. Sekarang diungkit lagi membuat rasa penasaran saya makin naik ke ubun-ubun...



Rabu, 22-08-2007 09:10:51 oleh: dian

"Penemu" yang aneh...



Rabu, 22-08-2007 09:24:21 oleh: hendra

Bung Roy Suryo cari sensasi terusss ..

Yang kemarin itu saja ttg Indonesia Raya .. sejak jaman SD kita sudah tahu bung kalo lagu itu bukan ori .. kok info nya telat ? emang bung Roy gak nyimak pelajaran sejarah yah ? kaciaaan deh lo ..

Kalau niatnya memang MENGUNGKAP KEBENARAN dan BUKAN MENCARI SENSASI .. kalau memang orang lain yang menemukan mbok ya diungkap secara JUJUR dan TERUS TERANG jangan mau TAMPIL SENDIRI .. kasian temen-temen yang laen yg punya andil lebih besar

Fakta-fakta sejarah memang kita perlukan dan kita tahu bahwa banyak fakta yang diputarbalikan dan dirahasiakan (seperti naskah asli supersemar ini) tapi ya caranya yang elegan bukan sok semua tau




Rabu, 22-08-2007 10:14:25 oleh: yaperkasa

setuju bgt sama bro hendra..

nih orang sejak muncul dipermukaan kok kerjaannya nyari sensasi mulu..

dan parahnya.. sekarang main2 sama sejarah..

walah.. roy.. roy.. yaa sadar donk.. dulu pas pelajaran sejarah tidur yah.. kok sekarang baru pelajarin sejarah.. hihihihihih...

walah.. walah.. jadi ini toh kerjaannya seorang "ahli.."

jadi males dah.. cape deh.. *fiuh*




Rabu, 22-08-2007 11:44:28 oleh: wong semarang nang cibinong

yuk sering2 main ke arsip nasional,
biar 'nemu' hal2 yg org2 udah lupa,




Rabu, 22-08-2007 14:10:04 oleh: Firsa Hanita

saya berusaha positif thinking dengan bung RS
tapi kalo dipikir2 dia tuh kerjanya apa seh selain sebagai pakar IT ? apa dia juga antropolog ? coba deh kasih kerjaan yang lebih menantang lagi buat bung RS :)




Rabu, 22-08-2007 14:31:23 oleh: imron rosyid

kebetulan rabu (22/8) roy surya di solo, dalam sebuah acara pameran piringan hitam koleksi lokananta. pada acara itu, roy sama sekali tidak menyebut kalau dia menemukan film itu. dia bahkan bilang "Saya tidak bilang menemukan lo, karena ini adalah dokumen di ANRI". Roy bilang ingin menelusuri naskah supersemar yang asli dari pidato BK 17 Agustus 1966. Jadi, meski ndak suka sama roy, ya jangan lah kemudian memlitir2 dong...



Kamis, 23-08-2007 07:16:59 oleh: ika dwi

isi supersemar yang sebenarnya itu apa?????????????
ko simpang siur!!!!!!!!!!!!!!!1




Kamis, 23-08-2007 09:39:05 oleh: chika

Soal RS menemukan film atau apapun bentuknya, lantas dia berusaha cari sensasi biar ngetop atau memang jujur demi kepentingan bangsa, menurut saya itu bukan hal yang penting untuk dibahas. biar aja porsi itu jadi bahan gosip di infotainment.
yang lebih penting menurut saya adalah apa sebenarnya isi SUPERSEMAR itu. karena bila memang isinya beda dengan yang selama ini kita dapat dari pelajaran sejarah, berarti telah terjadi penipuan sejarah yang berlangsung selama 40 th.
kalau Bung RS benar-benar punya itikad baik untuk meluruskan sejarah demi kepentingan bangsa, nah...inilah saatnya si Bung RS harus unjuk gigi. pastinya, akan banyak pihak yang tidak suka juga sih, terutama pihak-pihak yang telah melakukan pembohongan sejarah dan mendapat keuntungan dari tindakannya itu. kita lihat saja, sampai sejauh mana Bung RS berani membela kebenaran demi bangsa dan negara




Jumat, 24-08-2007 08:59:16 oleh: Imron Rosyid

saya tidak bermaksud membela RS yang memang tak patut dibela. Hanya ada point positif dari CARMUK yg dia lakukan, yakni arsip-arsip sejarah kita menjadi berbunyi, tidak lagi bisu tersimpan di almari yang penuh debu.

Soal pertanyaan, apa isi SUPERSEMAR yang asli, mari disimak Pidato Bung Karno pada tanggal 17 Agustus 1966, pidato presiden yang terakhir pada peringatan kemerdekaan sebelum dikenai tahanan rumah oleh Soeharto. Pidato ini lah yang oleh Roy Suryo dia peroleh di ANRI dan bisa menjadi titik awal untuk mencari keaslian dari SUPERSEMAR bukan SUPERBAGONG yang selama ini dikenal.

Berikut petikan pidato Bung Karno tentang Supersemar..."Surat Perintah 11 Maret itu mula-mula memang sejurus waktu, membuat mereka bertampik sorak-sorai kesenangan. Dikiranya SP 11 Maret adalah satu penyerahan pemerintahan, dikiranya SP 11 Maret itu satu transfer of authentic, of authority. Padahal tidak. SP 11 Maret adalah suatu perintah pengamanan. Perintah pengamanan jalannya pemerintahan, pengamanan jalannya ini pemerintahan. Demikian kataku pada waktu melantik kabinet. Kecuali itu, juga perintah pengamanan keselamatan pribadi presiden, perintah pengamanan wibawa presiden, perintah pengamanan ajaran presiden, perintah pengamanan beberapa hal..."

begitu Soekarno berpidato. Saya mendengarkan rekaman pidato itu dari laptop Roy Suryo yang memutar saat dia mengunjungi Perusahaan Rekaman Lokananta Solo. Jadi, lihat sisi positifnya dari langkah memuakkan si raden tumenggung ini. Oke?




Jumat, 24-08-2007 10:00:42 oleh: Agus Mardhika

saya merasa aneh aja sama mas roy suryo.. saya ini lahir sebelum beliau... tetapi saya waktu sekolah diajarkan tuh kalau lagu indonesia memang ada 3 stanza.. dan di buku-buku lagu-lagu nasional pada jaman saya sekolah dulu itu jelas-jelas sekali memang ada 3 stanza..

seharusnya penemuan sebesar itu ditanyakan dahulu ke ahli sejarah, jangan langsung diungkap ke publik, kliatannya mas roy malah ceroboh sekali, justru kalau menurut pendapat awan saya mas roy terburu-buru tanpa tanya ahli sejarah terlebih dahulu jelas kelihatan sekali "Tidak Inteleknya".. maaf mas roy.. tulisan ini bukan untuk menjatuhkan tetapi justru sebaliknya.. untuk memperingatkan kita semua agar berhati-hati dalam bertindak dan mengambil keputusan

Dont take it personal..




Jumat, 24-08-2007 10:09:43 oleh: Agus Mardhika

.... "saya ini lahir sebelum beliau"...

Maksud saya... saya ini lahir setelah beliau..''




Jumat, 31-08-2007 16:23:51 oleh: A' Reza' P

yang sudah berlalu biarlah berlalu... toh tetap saja tdk merubah nasib kita sekarang...



Jumat, 31-08-2007 19:23:23 oleh: M.Ichsan

khan dia menemukan supersemar (surat perjanjian sebelas maret) yang asli. alamatnya websitenya dimana? yang punya bagi dong...



Sabtu, 01-09-2007 08:51:59 oleh: Bejo

mas roy jalan terus, biarkan anjing menggonggong! kepada yang tidak suka dengan mas roy, tolong beri kesempatan kpd mas roy.



Sabtu, 01-09-2007 21:57:08 oleh: rental

Roy Suryo dan selebriti IT lainnya emang memuakkan. Pengen ngetop modal google dan arsip.. weleh.. tiwas gegeran palingan tibakno salah. "reinvent the wheel" apa bisa dibilang membuat sejarah jadi berbunyi lagi(beberapa minggu?)? ngga dong.. itu sama ma artikel doang kelasnya..
Mungkin dimasa mendatang bung roy aneh itu akan menemukan "roda" lagi agar kita "sadar kembali" selama ini roda itu bulet!

Hi Roy!

media entertainment dan koran-tabloid kok ya nganggep dia itu pakar.. pakar opo.. seminarnya aja gak mutu (memberi "ilmu sesuatu" bukan berarti memberikan arti pada sesuatu/ilmu itu sendiri).




Sabtu, 01-09-2007 22:28:47 oleh: djehua

Cukup sudah penghinaan dan pencemaran nama baik saudara Roy Suryo! Bagaimanapun buat kami, beliau adalah sungguh pakar hebat.

Terus maju, ayo maju ... maju ... YM KRTM R Suryo




Minggu, 02-09-2007 06:00:57 oleh: veta

kalo cuma pidatonya saya juga punya, basi banget to?



Minggu, 02-09-2007 16:53:09 oleh: den bagus

RS itu bukan pakar IT, tapi selebritis IT. nemunya gak seberapa, eh.. ngomonge wis neng endhi2. mbok ya sampeyan itu kalo mau bikin sensasi yang simple2 aja, misalnya lari2 telanjang keliling monas. dijamin sampeyan langsung terkenal. buat mas Bejo dan mas djehua, sampeyan dibayar berapa sama RS? kok mbelain setengah mati? awas loh nanti mati beneran....



Minggu, 02-09-2007 20:20:44 oleh: Bro X

apa kalian pikir sejarah itu nggak berarti ?
Bagaimana kalau sejarah hidup orang2deket kalian ternyata palsu semua...Emang kenapa kalau ada orang yang mencari sejarah negerinya dengan caranya sendiri. Tak perlu kita anti pada orang yang mencari ,toh tak merugikan anda2 semua yang sok tak peduli pada sejarah negeri, soal sensasi, itu hanya efek dari hidup, nggak perlu deh diperbesar.Dan yang jadi pertanyaan sekarang adalah APA YANG TELAH ANDA BERI UNTUK NEGERI INI?




Kamis, 06-09-2007 08:30:02 oleh: Tri Hupadi

Penelusuran sejarah yang benar dan akurat diperlukan sumber primer (pelaku sejarah). Pada kenyataannya, sumber dimaksud saat ini hampir tidak ada. Kalaupun ada, mereka tidak mau mengatakan yang sesungguhnya. Kejujuran sangat diperlukan untuk mengungkap hal ini. Saharusnya para sejarawan peduli tentang hal ini. Setidaknya, mereka harus berani berbicara dan menjelaskan bagaimana sebuah penelusuran/penelitian sejarah dilakukan.



Jumat, 16-11-2007 00:31:11 oleh: kristanto

sejarah itu perlu di uji kebenarannya khususnya untuk sejarah yang berhubungan dengan peralihan-peralihan kekuasaan sehingga untuk membuktikan kebenaran "supersemar" pengujian itu sangat diperlukan. So tiap orang boleh mengeluarkan pendapat dan memberikan bukti keaslian "supersemar"!! Terusin aja mas Roy Suryo jika berhasil Indonesia akan berterima kasih padamu



Sabtu, 19-01-2008 12:06:03 oleh: Dedy Susanto

Saya ragu dengan apa yang dikatakan Pak Roy, mengenai film itu.

Kalau dikatakan film berarti belum tentu kebenarannya bisa benar-benar dibenarkan karena film ceritanya bisa dibelokkan.

Jadi harap dalam mempergunakan kata-kata ini ada berhati-hati.

Kalau tadi dibilang Dokumentasi, ini berarti memang fakta sejarah, tetapi dikatakan film, saya jadi meragukannya




Minggu, 20-01-2008 01:41:16 oleh: mas anton

banyak orang bilang mas suryo itu cuma cari sensasi,tapi buat saya orang awan yang buta informasi apa yang dilakukan mas suryo sangat saya hargai,karena jujur aja sebagai wni,umur saya 24 tahun,saya baru tahu kalo lagu kebangsaan kita ada versi lain,saya baru tahu ketika heboh berita dari mas suryo ini,karna semenjak skul dari tk sampe universitas belum pernah dikasihtahu,yang saya tahu cuma penciptanya WR.Supratman apa kurikulum sekolah saya yang beda ya,buat kalian yang udah tahu duluan syukur deh,kalo emang naskah supersemar itu adalah yang asli,saya ato kita semua wni kayanya berhak tahu dong sejarah bangsa kita sendiri,trims sebelumnya.



Minggu, 20-01-2008 01:49:02 oleh: mas anton

maju terus mas suryo kalo emang tujuannya baek lagian aku bisa lihat lagu indonesia raya,plus ada film tempo dulunya lagi coba kalo nga ada ms suryo,nga bakal lihat kali aku.



Senin, 21-01-2008 21:13:08 oleh: Vinnie Vincent

Kenapa sih pada memojokkan RS? Siapa tahu beliau memang sudah menemukan arsip aslinya, dan kalau iya maka yang menyindir-nyindir itu mungkin akan meminta maaf dan mengakui beliau, atau jangan-jangan malah cari alasan lagi untuk menyindir?

Kalau soal Indonesia Raya, saya pas jaman SD juga nggak disebutkan soal 3 stanza tuh, malah baru baca di KOMPAS beberapa bulan lalu, itu pun yang mengatakan bukan Roy Suryo, melainkan sumbernya dari Belanda.

Coba saja lihat nanti, kalau filmnya memang benar adanya maka kita jangan lagi menyindir beliau, tapi kalau ternyata tidak demikian, ya mau gimana lagi, memangnya Roy Suryo bukan manusia?




Selasa, 22-01-2008 13:01:52 oleh: alank

sayang indonesia tinggal airnya yah, tanahnya ga tau milik siapa. jadi what wrong asli or palsu supersemar itu.



Selasa, 22-01-2008 18:07:28 oleh: vhievhie

hhmm.. mo comment ah..
biarlah roy suryo bekerja dengan caranya sendiri..
saya lagi pusing knapa tahu tempe makanan rakyat kecil jadi ikut mahal..?
kmana hilangnya kedele di pasaran..?
tolong mas.. cari yang itu dulu...
biar anak-anak saya kecukupan gizi dari kedele..
negara besar adalah negara yang menghargai pahlawan dan sejarahnya..
betul itu bapak-bapak..
tolong dicariin di sejarah kita yang sebenar-benarnya.. kenapa negeri ini menjadi seperti ini..
salah pelakon sejarahkah..?
soekarno yg memerdekakan tanah air..
soeharto bapak pembangunan..(yang numpuk utang..)
roy suryo.. biar cari yang hilang..
pokoke tolong ya mas.. cariin kemana kedele sama padi kita...
kesalahan mutlak milik manusia kebenaran hanya milik Allah...
yuuukk...marrriiii.....




Selasa, 22-01-2008 19:01:36 oleh: wong ndeso

roy suryo itu aslinya ndesooo..katrooo..
sama dengan saya ndesoooo
huahaha..




Senin, 11-02-2008 12:47:16 oleh: Jerry Tanzil

Supersemar aslinya dibuat soeharto, kemudian diberikan soekarno melalui 3 jendral, Bung karno dipaksa menandatangani dengan pistol. jadi semua ini adl rekayasa soeharto untuk menjadi Presiden RI. Soekarno dijebak untuk dilepaskan jabatannya serta diasingkan dlm penjara rumah, Bapak soekarno yg sgt berjasa untuk NKRI, bukan soeharto!!! penipu rakyat!! Bapak PKI (Pembangunan Korupsi Indonesia) utang makin banyak rakyat tambah melarat!!!



Minggu, 17-02-2008 16:50:24 oleh: Fr@nk

Semakin Tinggi Mas Suryo mencari dan memblow up sesuatu sehingga menjadi sensasi, Semakin tinggi Tarif Konsultasi IT yg bisa dia patok utk perusahaan2 yg berminat mamakai jasa dia. seringkali terkesan ASBUN, atau nebeng kasus yg emang udah heboh dari sananya (pada kesempatan2 ini beliau berlaku sbg "AHLI"), dan sekarang sedang mengkorek2 sejarah berharap menemukan sesuatu yg dilupakan banyak orang memanfaatkan kondisi masyarakat indonesia yang kurang peduli akan sejarah secara mendetil. Yah, pesan saya, tolong Mas kalau memang berniat baik meluruskan sejarah semua data2 otentik yang ada dikupas tuntas dan akurat, bukan hanya dari satu pihak saja (dlm hal ini Mas sendiri) tapi berbagai pihak yang memang kompeten dalam bidangnya dan berhubungan dengan "Case" yg sedang mas blow up agar khalayak yg menyimak juga bisa menaruh respek thd materi yg sedang mas coba sampaikan sehingga tidak terkesan Mas hanya mencari sensasi belaka. Tak perduli butuh waktu berapapun, tapi jika mas sudah lempar bolanya ke khalayak, maka Mas Suryo harus tuntaskan agar semuanya "Clear" dengan 2 pilihan persepsi dari masyarakat banyak, a.l :
1. Apakah MAs Suryo memang sekedar mencari Popularitas, untuk mendongkrak bisnis jasa Mas sendiri sehingga dapat menjadi Public Figure yg otomatis Tarif Mas tinggi.
2. Ataukah Mas Suryo memang berniat baik meluruskan dan menjelaskan kasus2 yang Mas ributkan itu.

Salam




Jumat, 22-02-2008 20:06:05 oleh: leksi goeslaw

hi... masyarakat, kita memang tidak henghargai.. pendapat orang, bagi saya itu suatu prestasi yg harus kita banggakan,mungkin yg selalu kritik mau sprti bung roy tapi kemampuan nya tidk sampai ke situ jdi cemburu....saya selalu menghargai kmu bung roy...



Jumat, 22-02-2008 20:17:29 oleh: LEKSI GOESLAW

memang benar menghargai orang, menunjukan sikap berbudaya, masyarakat yg selalu mngkritik dengan tidak menunjukan prestasinya,itu bertandah masyarakat bodok,tidak berbudaya..apalagi..yg suda tua dari mas roy..MANA? kedewasaan kmu?justru mereka itualah, yg membuat makin kacaunya negeri ini.. BUNG ROY..TANPA ANDA AKU BUKN APA2 DUKUNGAN ANDA KEMENGAN KIT,,,



Jumat, 22-02-2008 20:45:11 oleh: sesilia nuke ernawati

mas Wicak,

bulan puasa tahun lalu (kemarin) mas Roy ini dtg ke kantor SP, dia bilang, itu film memang dari arsip nasional.




Selasa, 11-03-2008 08:16:59 oleh: natalin

Perbedaan itu wajar, pembharuan itu yang susah. pada saat ada sesuatu yang baru, selalu ada pro dan kontra. saya tidak mendukung ato mencela Roy Suryo, tapi mengingatkan! siapa tahu ini kebenaran yang selama ini kita cari. Kita tahu SUPERSEMAR dari sejak mulai sampai sekarang banyak kontroversinya, mungkin inilah waktunya kita menggali lagi kebenaran dari sejarah Bangsa Indonesia. terlepas dari kontrovesi dari seorang Roy Suryo, kita patut acungi jempol akan keberaniannya, " kalau memang benar... supersemarnya versi RS!" mungkin saat ini RS dalam keadaan bahaya keselamatan jiwanya karena siapapun yang memegang kebenaran akan berusaha sekuatnya untuk menutupi kebenaran itu.



Selasa, 11-03-2008 17:48:50 oleh: willy

roy surya lahir nya tahun berapa ya?
koq bisa bisa nya,
tau bener tidak nya parameter nya apa ?
apa bener keliatan sama bener tidak keliatan aja?




Selasa, 11-03-2008 19:50:31 oleh: Umbrust

Yang sangat binun kok yang menyimpan surat maha penting ini cuman cukup ngomong ilang, selesai.

Apa gak ada tanggung jawab hukumnya ya, ngilangin asset negara kok didiamkan saja?!

Terkesan mau ditutup-tutupi masalah sebenarnya. Kebenaran sejarah suatu saat pasti terbukti.




Rabu, 09-04-2008 04:32:58 oleh: avatarthelegendofaang

ini yang bener aja... kok udah berubah lagi jadi pakar film yach... kmrn pakar handphone trus pakar gambar bokep... besok mo jadi pakar apa lagi yach.. yang bener dikit dunk kalo jadi pakar telematika...



Rabu, 09-04-2008 09:52:20 oleh: googleman

wah pada ribut ya, sekedar info, RS di UGM adalah pengajar tamu untuk matakuliah fotografi .... jadi kalo ada yang menaruh gelar pakar telematika, IT ... dari segi mana? kalo beliau menggunakan pengetahuan menganalisis film dan foto, saya masih sedikit percaya, tapi anda2 menggunakan kata2 IT ? IT ama fotografi kaitannya kayanya jauh deh.... bagaimana seorang IT Master bisa memberikan mata kuliah fotografi? dan info dari pegawai UGM sendiri, status doi di UGM terancam karena ga jelas IT atau pertanian bidangnya (nah lo nyabang2 gitu)



Rabu, 09-04-2008 10:35:18 oleh: arya purnama

iya tuh roy suryo sok tau banget deh...sok cari sensasi...tp ngomong2 supersemar itu apa sih?



Sabtu, 21-06-2008 22:47:24 oleh: bagus

aku yakin,bahwa supersemar msh ada,suatu saat sejarah pasti terulang...



Sabtu, 06-09-2008 16:56:28 oleh: fauzi

jadi kw kenapa surat yang kita inginkan harus di dembuyikan / emang tidak ada kenapa harus di ungkapkan? kepada masyarakat?




Kamis, 16-10-2008 17:28:26 oleh: occioccio

inilah mental anak bangsa skrg.
yg hny bs menghujat tanpa mmberikan kontribusi sama sekali.
tolong lihat apa yang dia bicarakan.bukan siapa yg brbicara.
kalo sensasi untuk kebaikan bangsa.apa salahny?




Sabtu, 22-11-2008 12:48:33 oleh: vino akbar

roy pernah lihat isi supersemar itu nggak???
teyuz lo nggak pernah ninjau langsung mungkin!!!!
dengan tmen brigdjen soboer yang katnya waktu itu dia adalah penengah dari kontra soeharto dengan soekarno.......
tolong kirim isi perjanjiannya yaw....
tak tunggu.........




Senin, 01-12-2008 15:08:42 oleh: aber

Mungkin film yang ditemukan dari Anri tersebut memang film yang dibuat dari Surat yang ada di Anri itu sendiri......... Jadi, penemuan yang SANGAT TIDAK ANEH SAMA SEKALI, alias BIASA SAJA. Saya yakin petugas di Anri hanya senyum2 dan mungkin tertawa terbahak2 melihat penemuan RS dan ternyata direspon dengan serius oleh kita2 ini. Sudahlah, baiknya dilupakan saja....



Senin, 01-12-2008 15:24:48 oleh: Onezz Pidie

Salinan supersemar sudah pasti tidak sama dengan aslinya itu sudah rahasia umum... makanya yang aslinya sudah tidak ada lagi, ngak mungkin disimpan.... jadi ngak usah repot2 untuk mencarinya...



Senin, 01-12-2008 17:02:57 oleh: Fauzan

Tidak perlu diperdebatkan mana yang benar dan salah. Yang perlu dilihat, dengan terbitnya supersemar, siapa yang untung dan siapa yang buntung? itu saja, semuanya pasti bisa menjawab. Walau ditutup -tutupi sebuah kebenaran pada akhirnya tetap akan terkuak juga. (fauzan79.blogdetik.com)



Rabu, 03-12-2008 03:50:56 oleh: Duto Sri Cahyono

Cak, lha komentar ente sendiri bagaimana? Ya soal film Supersemar itu sendiri dan juga si Roy?
Menurut feeling jurnalistik ente piye, hehehe...
Kalau soal Roy, ente yang lebih tahu. Kan ente yang lebih tahu pribadi dia. Inyong tahu kiprah Roy ya cuma sekilas lihat dan dengar ketika masih sama-sama di PPC.
Salam nggo kanca-kanca neng Jakarta wae ya....




Rabu, 03-12-2008 18:47:28 oleh: Dje

Oh.... generasi Indonesia....
menyedihkan sekali.... yang ngaku pakar, yang orang biasa, yang blogger, yang member web semua kok pada omong aja (termasuk aku), yang benar benar pakar, yang pejabat, yang seharusnya bertanggung jawab malah diam 1000 bahasa... kita tu kok ngurusi yang kulit2nya, tapi gak pernah menyentuh inti masalahnya. Ayo dong semua bergerak untuk menyelesaikan inti masalahnya... dan kita belajar bertanggung jawab bagi diri sendiri dan bagi bangsa ini. Saya sangat mendukung bung fra@nk:
Fr@nk

Semakin Tinggi Mas Suryo mencari dan memblow up sesuatu sehingga menjadi sensasi, Semakin tinggi Tarif Konsultasi IT yg bisa dia patok utk perusahaan2 yg berminat mamakai jasa dia. seringkali terkesan ASBUN, atau nebeng kasus yg emang udah heboh dari sananya (pada kesempatan2 ini beliau berlaku sbg "AHLI"), dan sekarang sedang mengkorek2 sejarah berharap menemukan sesuatu yg dilupakan banyak orang memanfaatkan kondisi masyarakat indonesia yang kurang peduli akan sejarah secara mendetil. Yah, pesan saya, tolong Mas kalau memang berniat baik meluruskan sejarah semua data2 otentik yang ada dikupas tuntas dan akurat, bukan hanya dari satu pihak saja (dlm hal ini Mas sendiri) tapi berbagai pihak yang memang kompeten dalam bidangnya dan berhubungan dengan "Case" yg sedang mas blow up agar khalayak yg menyimak juga bisa menaruh respek thd materi yg sedang mas coba sampaikan sehingga tidak terkesan Mas hanya mencari sensasi belaka. Tak perduli butuh waktu berapapun, tapi jika mas sudah lempar bolanya ke khalayak, maka Mas Suryo harus tuntaskan agar semuanya "Clear" dengan 2 pilihan persepsi dari masyarakat banyak, a.l :
1. Apakah MAs Suryo memang sekedar mencari Popularitas, untuk mendongkrak bisnis jasa Mas sendiri sehingga dapat menjadi Public Figure yg otomatis Tarif Mas tinggi.
2. Ataukah Mas Suryo memang berniat baik meluruskan dan menjelaskan kasus2 yang Mas ributkan itu.

Salam





Rabu, 03-12-2008 20:57:47 oleh: ikhwan kunto alfarisi

jd yg bner yang mana siih?



Kamis, 04-12-2008 12:40:01 oleh: Eko Nurhuda

Roy Suryo? Siapa sih dia? Apa orang yg sempat nyari masalah sama blogger dan hacker dengan komentar ngawurnya seputar UU ITE itu ya? Jangan-jangan ini juga ngawur? Saya nunggu bukti ajalah.



Jumat, 05-12-2008 08:00:18 oleh: Iwan

I dont care..............
masa depan bangsa jauh lebih penting untuk di pikirkan.

"klo nyetir mobil jangan terlalu lama ngliat spion", ntar nabrak yang didepan lebih penting untuk diperhatikan" ya itupun klo kita mau mobil jalan kedepan tapi klo memeng seneng jalan mundur ya monggo saja.




Jumat, 05-12-2008 16:02:30 oleh: bothe

kita serbu aja gedung ARSIP, kl RS bisa masuk, masa kita tidak ! trus nemukan yg belum diungkap, jadi terkenal deh. Buktikan saja semua nya Bung Roy ga usah disimpen-simpen, sejarah harus dibongkar.



Jumat, 05-12-2008 23:57:41 oleh: tuse

Bung Roy..... saya tahu Anda ahlinya..... teruslah berjuang untuk mencari kebenaran, terutama kebenaran akan perjalanan bangsa ini, yang dari dulu kayaknya jalannya aneh2......



Selasa, 09-12-2008 12:57:17 oleh: sjboygroup

ya itulah indonesia ha ha.......



Kamis, 11-12-2008 13:19:13 oleh: rexson

Kenapa setelah suharto meninggal, kalimat adanya temuan "supersemar " di munculkan lagi. hal ini adalah sebuah pertanyaan, kenapa pada saat ada saksi hidup atau manusia yang terlibat hal ini di kupas tuntas. jadi dengan demikian MAS RS,anda tidak beda dengan pejabat lainnya dinegeri ini, sebuanya pembual dan hanya mencari sensasi semata. biarlah yang tau antara anda dan Tuhan, itupun jika anda masih punya Tuhan.



Kamis, 11-12-2008 23:49:17 oleh: saleh abdullah

kabar-kabari,cek n ricek,kiss,silet,ternyata telah berhasil...hidup gosip!!!!!!!



Minggu, 14-12-2008 22:47:12 oleh: Mayan

Sudah jadi kultur kita, "reaktif", seperti halnya terhadap Bung Roy Suryo. Soal benar dan tidak biarlah dibuktikan, dan kita juga proaktif dan kritis terhadap sesuatu dan membuktikan. Bahasa kritis adalah analistis sedangkan bahasa reaktif adalah emosional,.



Senin, 15-12-2008 11:36:34 oleh: hari darmawan

oh om roy suryo tu keren banget abis bisa ngebongkar apa aja deph pake teknokogi




wuiiiiiissssss




Senin, 15-12-2008 12:05:36 oleh: suroto

Mohon maaf saudara-saudara ku semua.janganlah anda2 semua menyalahkan Mas Roy yang sedang menyelidiki atas teka-teki super semar tsb,saya yakin anda2 juga tidak tau kebenaran isi dan makna super semar yang menjadi heboh ini, maka jangan berkomentar memojokkkan saudara Roy.kalau saran saya tlg semua pelaku Sejarah kisaran tahun 1965-1966 dimintai pendapatnya (terutama yang dekat dengan Bung Karno)termasuk ajudan2 beliau yang masih Hidup dan juga para lawan politiknya pada jaman itu supaya berimbang. Dan anda2 juga tau agama saja dibelok-belokan apalagi politik sangat jahat.dan perlu anda tau bahwa aku menyaksikan sendiri bagaimana rasanya orang tak bersalah dibunuhin jaman tahun 1965-1970 an itu.tq



Selasa, 10-02-2009 23:22:23 oleh: Pradsojo

Pakar IT ,IT (versi roy) = Ikatan Tongklok.

masa depan lebih baik daripada menggali sejarah, masalah mo benar ato gak, itu mah gak ngepek, yg jaman sekarang bangsa ini udah repot, apalagi mo ngomongin lagu asli, teks supersemur, artis bugil.....cape d....komentar, dagelan, analisa, sok tau, sensasi , itu semua menjadi teman minum kopi kita sambil berjelajah di dunia atau pun dunia informasi....

biarkan kita menjadi pakar untuk kita sendiri,,,,tidak ada yang melarag ubtuk berkomentar...mumpung negara kita lagi kebablasan demokrasi...komentar dan analisa tolol menjadi milik semua orang yang sok pintar....akankah kita menjadi bagian dari ketololan itu?
who want to b a tolol?




Sabtu, 21-02-2009 11:37:44 oleh: anti

napa gk segera diumumin ke media massa?tu kan berita yang mak nyus banget..,bisa ngebenerin info pating sliwang yang gk tau bener salahnya



Kamis, 19-03-2009 12:51:43 oleh: sudirman Hutapea

Beginilah hidup dinegara Republik indonesia ini, sangkin bebasnya bicara dan lain lain, apa yg tdk perlu dibahas dibahas. jujur sejarah perlu dan sangat perlu, tp jaman sekarang lebih perlu masa depan bangsa yg baik. mulai dulu sampai sekarang sudah banyak pembohongan baik dari mana saja. biarpun supersemar itu asli atau tdk ada dan isinya apa, aku rasa hanya sebagian kecil dari rakyat direpublik ini yg perduli. yg pasti mari berjuang bersama-sama utk republik ini.



Jumat, 10-04-2009 03:32:16 oleh: Bayu Sapto Winarko

Oom Roy boleh2 saja ngembangin dan ngutek2 kehliannya di bidang IT tapi jngan melenceng, dong.
Mestinya, Oom, tuh jadi pihak netral. Jangan pakai pandangan politis atau apapun yang bersifaat pribadi.
Yang masyarakat butuhkan saat ini adalah pengungakapan fakta-fakta mengenai masalah-masalah di negara kita yang sering kabur (atau sengaja dikaburkan?bayu).
Oom sudah memiliki nilai lebih dengan kemampuan Oom, jadi alangkah lebih baik jika Oom tetap sesuai jalur, yaitu: PENGUNGKAPAN FAKTA SECARA OBYEKTIF DIPANDANG DARI SUDUT PANDANG TEKNOLOGI INFORMASI.
Gitu Loh...




Senin, 13-04-2009 11:44:10 oleh: angkara bimasakti

hal yang meggelitik sebenarnya,
katakan bila sebuah keluarga kehilangan kartu keluarga-nya.
bagaimana bingung nya?
ini negara!!!

simpelnya, wacana pro dan kontra tentang super semar sudah dari dulu kita dengar, tapi tentang keberadaan nya, semua nihil.

saksi kunci yang saat itu coba di konfirmasi oleh pihak arsip nasional adalah M. Yusuf, tapi tak tahu kenapa, intinya antara yang bersangkutan dan pihak arsip nasional tidak menemui titik temu.

padahal, supersemar adalah satu titik dimana segala pelencengan sejarah bermula.

benar kata beliau roy suryo kalau dalam film yang ditemukan bahwa supersemar yang di shoot itu berbeda dari supersemar yang dipelajari selama ini dalam buku2 sejarah.

menurut saya, yang notabene adalah manusia biasa (jadi mohon maaf kalau ada yang kurang berkenan), supersemar yang disebut2 berbeda dari versi yang selama ini kita ketahui, adalah berisi tentang "batu pertama peletakan kesekuritian nasional indonesia".

dimana kesekuritian itu sendiri berisi 3 hal penting, yaitu:
-aset perbendaharaan negara
-aset non blok, dan
-dana revolusi.

bentuk supersemar yang saya maksud itu warnanya kemerah-merahan seper uang pecahan 100.000, ada juga garis vertikal hologram nya.

itu yang sementara ini bisa saya sampaikan.

sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya, mengenai siapa pemegang supersemar tersebut, dan dari mana saya mendapatkan informasi tersebut, saya siap di konfirmasi,
silahkan email saya di:
angkarabimasakti@gmail.com

atau sebaliknya, jika saya dikatakan orang gila, juga tidak apa apa,

karena waktu yang maha membuktikan.

salam.




Selasa, 21-04-2009 19:05:05 oleh: Hersap

sudah la bujang jangan kau teruskan, tak mungkin dia hidup lagi, sekarang kau buka pabrik, buatlah lapangan kerjaan, kasi latu orang-orang yang nganggur kerjaan, dari pada sesama kita perang, nanti mampusla kita semua ! Kacau



Senin, 13-07-2009 07:32:59 oleh: wiryodriyo

hebat roy suryo



Jumat, 31-07-2009 00:04:48 oleh: Muhammad Hasan

Penemuan Mas Suryo ataupun silang pendapat para sejarawan dll ttg SP 11 Maret 1966 kesimpulan terakhir al Dr Anhar Gonggong : Sudah menjadi Legitimasi MPRS untuk Menjatuhkan BUNG KARNO !!!
Kementar Selanjutnya-1 : Mengingatkan budaya Jawa bahwa Super Semar (Singkatan)pada Soeharto; bagaiman dengan SUPER SEMAR - jOYO bOYO ?! ttg Kekuasaan di Jawa. Para pakar ? juga tau kalau BUNG KARNO dan Soeharto, paling tidak, ngerti Kejawen. Dari latar belakang ini; 2 PR kita yang penasaran : Pertama; BUNG KARNO mengetahui apa ambisinya Soeharto setelah disekolahkan BK (Guru)kenegara komunis agar akhli strategi, lebih jelas setelah meninggal (Soeharto)diantara berita dimedia adalah tukang Tapa/jiarah utk menjadi Presiden !!!. Jadi dgn segala situasi yg dikondisikan termasuk keterlibatan LN BK sebagai Lurah Semar mengeluarkan sesuatu yg mirip SUPER SEMAR atau Layang Kalimo Sodo ! tepat 11 Maret disingkat : Super Semar - Surat Perintah 11 Maret !!!.
Komentar Selanjutnya - 2 : Tunggu SITUS kami, sedang dalam pertimbangan dan consep utk publikasi umum, bukan SP 11 Maret yg dipusingkan para pakar tetapi Pengkajian kami selama 17 tahun bertemu dan bersama Pemegang Manuskrib KITAB LADUNI; sebagian dari Manuskbrib tsb menjelaskan : Surat Tugas Mewakili Leluhur Suci dari Sang Hiyang PRABU SILIWANGI Kepada BUNG KARNO ( Misteri Sejarah AWAL - AKHIR Bangsa dan Negara Indonesia); Itulah yg dimaksu - JAS MERAH - BUNG KARNO (Menurut penelitian dan pembelajaran kami).




Jumat, 31-07-2009 01:57:58 oleh: Muhammad Hasan

Sambungan : Dari Komentar Utk Sdr Anwariansyah
" Seniman, Di Antara Eksentrikisme Dan Sufisme "
Mengajak untuk menghayati Surat An Nissa Ayat 79.




Kamis, 10-09-2009 01:59:25 oleh: Kusmarwoto

SUPERSEMAR adalah dilema Politik. Lama tak terusik tapi membuat orang berbisik. Dan bila saatnya nanti terungkit, pastilah banyak yang akan sakit, meski itu adalah konsekwensi apabila Bangsa ini ingin bangkit.

Ada satu pernyataan berani tentang SUPERSEMAR yang muncul di YouTube tentang seorang yang mengaku mempunyai jawaban tentang Bukti Otentik keberadaan SUPERSEMAR dan bahkan mempunyai Metode Ampuh untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di negeri ini. Diluar masalah benar dan tidaknya pernyataan tersebut hendaknya Pemerintah dan ANRI bisa sedikit banyak meluangkan waktu mereka untuk menyelidiki siapa sebenarnya sosok Bpk. Ragil Sudarso ini yang notebene dengan beraninya mengungkapkan Pernyataannya meski dengan resiko berhadapan dengan Aparat dan Pemerintah. Menurut pengakuan Bpk. Ragil Sudarso, beliau sudah beberapa kali mencoba untuk menemui para Birokrat dan Pihak-pihak terkait agar bisa menyampaikan apa yang beliau tahu tetapi selalu terbentur dengan Birokrasi dan Protokoler yang menyebabkan beliau berpikir bahwa Pemerintah tidak serius dengan upayanya untuk menggali informasi sekecil-kecilnya tentang SUPERSEMAR karena bisa saja ini akan mengarah kepada Pelurusan dan Pembenaran Sejarah perjalanan Bangsa ini.

Mari kita buka pikikiran kita dan menyaksikan Video Bpk. Ragil Sudarso ini (http://www.youtube.com/watch?v=TwttqBipesE). Biarlah waktu yang maha membuktikan.




Senin, 28-09-2009 22:08:01 oleh: RYAN @SKAR

ahh ..cari sensasi doank....!!!! klo bener- bener
ada coba publikasikan biar masyarakat tau...
toh kalo benar, semua rakyat indonesia berterima
kasih sama roy suryo...




Selasa, 29-09-2009 00:22:51 oleh: aris

hahahaha

konyol konyol ni pd ngomongin apaan se wong blog n ngomongin asli or palsu n penemuan supersemar RS malah ngomongin yg penemunya

sudahlah bersikap terbuka ajah pd ilmu g masalah siapa penemunya and ini yg harus kita camin kalo semua pendapat harus d hargai bukan d caci

sebenarnya saya juga sedikit ragu dengan supersemar yg sekarang mo gmn lg pak soeharto kan pintar menyamarkan kenyataan lagi pula sudah terbukti toh kalo bangsa ini d bodohin ama dia
ya mo gmn lg lom lg pandangan org2 yg selalu sensi dan mencoba lari dr kenyataan

mungkin ini bisa d pikirkan kalo arsip sejarah masa soekarno memerintah sajah ada yg d belanda ada kemungkinan kalo arsip ttg supersemar juga d belanda kaya waktu itu lagu indonesia asli yg d temukan d belanda

and kalo dah melihat apa yg tersembunyi toling jgn melupakan and berikan itu pd generasi penerus bukan n cuma ngomong ooooooooooooo saja




Kamis, 05-11-2009 20:44:14 oleh: nurul

Saya sendiri juga tidak tau pasti.
Namun, guru sejarah saya mengatakan teks supersemar yang asli sudah tidak ada dan tidak tahu keberadaannya.
Guru sejarah saya adalah Ketua Tim MGMP Sejarah Jawa Timur yang juga merupakan perempuan aktivis.
Beliau belum menyampaikan alasannya, karena jam pelajaran telah selesai.

Jika bapak sudah tau mana yang asli, tolong diposting.




Selasa, 05-01-2010 11:01:41 oleh: parikesit

betul mas roy suryo, di film itu supersenar yang asli berbeda dengan yang beredar sekarang yang jelas kop bintang padi kapas tidak tampak pada yang asli dan bentuk hurup agak kecil dan rapi...dan pada ejaan soe bukan su



Selasa, 30-03-2010 08:18:07 oleh: parikesit

untuk pencerahan pemerhati surat perintah 11 maret bisa kumpul disini:
http://suratperintah11maret1966.blogspot.com/




Kamis, 21-06-2012 09:19:30 oleh: nugroho

kebenaran memang perlu diungkap namun kebenaran yang menyangkut dengan kekuasaan serat dengan manipulasi,jadi akhirnya bingunggggg dech aku !!!!!!!!!!! biarlah semua jadi sejarah walaupun dibalut dengan kebohongan yang penting bawalah Indonesiaku tercinta menyongsong matahari esuk dengan kesejahteraan pada Rakyatnya bukan hanya pada politisi maupun pejabatnya



Jumat, 14-09-2012 05:39:53 oleh: somaddoang

Kalo bicara hati2 jangan asal ngomong sehingga mulut yang bicara itu tidak bau dicium orang, kalo tidak tahu kejamnya PKI jgn beri komentar dengan menyalahkan orang lain yang berusaha untuk menjaga negara ini dari kebrutalan PKI, saya setuju PKI dimusnahkan dari bumi Pertiwi ini, tidak usah mengungkit masa lalu yang mengungkit itu adalah orang2 PKI yang selalu mengatas namakan rakyat, yang penting kita berbuat bagaimana NKRI ini maju damai,tentram dan sejahtera dengan tidak selalu mengatas namakan rakyat karena ini kewajiban kita



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia