frans IGN Bobii

Pidato Bahasa Inggris: Warnai Peringatan HUT di Tigi Barat

Kamis, 16-08-2007 14:01:13 oleh: frans IGN Bobii
Kanal: Peristiwa

LOMBA pidato bahasa Inggris tingkat SMP se-distrik Tigi Barat kabupaten Paniai, merupakan momen yang sangat berarti bagi para pelajar di wilayah itu. Kegiatan tersebut diselenggarakan menyongsong peringatan HUT RI yang ke-62 tahun 2007. Sangat menarik bagi berbagai kalangan. Di mana kegiatan lomba tersebut dilakukan baru pertama kali di tingkat pelajar di tanah Papua. Yang lebih unik lagi, distrik Tigi Barat dimekarkan empat tahun silam (2004) bersama beberapa distrik baru di kabupaten Paniai. Tentunya berbagai pembangunan infrastruktur baru dikembangkan. Di antaranya pembukaan tiga SMP masing-masing SMP YPPGI Gakokebo, SMP Negeri Tigi Barat, dan SMP Katolik Diyai.

Lomba pidato berlangsung Selasa (14/8), di halaman kantor Distrik Tigi Barat di kampung Ayatei. Acara lomba pidato dibuka oleh bupati Paniai yang diwakili oleh kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Paniai, Dance Takimai, S.Ks. turut hadir sekretaris Distrik Germanus Douw, A.Md. para kepala sekolah SMP dan SD sewilayah distrik Tigi Barat dan juga berbagai elemen masyarakat, serta para kepala kampung sewilayah distrik itu.

Mengawali lomba pidato, Dance Takimai, sangat terharu ketika melihat para pelajar yang datang dari berbagai penjuru wilayah itu. Tanpa menghiraukan dinginnya air hujan, jarak yang harus ditempuh, bahkan dengan mengenakan busana ala kadar. Dance mengatakan, sekalipun distrik Tigi barat baru berumur empat (4) tahun, dan sekolah pun berumur baru dua tahun, namun berkat dukungan semua pihak telah mengadakan lomba pidato berbahasa Inggris. “Lomba Pidato bahasa Inggris untuk di pedalaman Papua mungkin baru pertama kali terjadi di Tigi Barat.

Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional. Kini saatnya anak-anak diajarkan sedini mungkin agar kelak mereka mampu bersaing dengan mereka yang lain dipersada nusantara ini.

“Perkembangan pendidikan di wilayah sudah menunjukkan hasil yang maksimal. Sekalipun berpidato hanya setingkat SMP. Sekolah lain di kabupaten Paniai khususnya dan umumnya di wilayah Papua tidak pernah melaksanakan kegiatan seperti yang dilaksanakan di sini.

Oleh sebab itu dukungan dari semua komponen sangat diharapkan untuk memajukan anak-anak dalam ketrampilan berbahasa Inggris” katanya dengan semangat disambut tepuk tangan yang meriah dari ratusan masyarakat yang menyaksikan pada kesempatan itu.

Dirinya mengungkapnya kebanggaanya terhadap kehadiran wartawan TV Trans 7 Jakarta. Di mana mereka hadir untuk meliput lomba pidato bahasa Inggris.

Diakuinya, kehadiran wartawan nasional khususnya media elektronik setidaknya akan memprofilkan kondisi daerah ini ke permukaan. Mereka mengetahui adanya lomba pidato melalui sebuah website  www.wikimu.com. Di mana informasi tersebut dilansir oleh seorang wartawan. Selanjutnya ditangkap oleh TV Trans 7.

Ketua panitia HUT RI tahun 2007 tingkat Distrik Tigi Barat, Germanus Douw, yang juga sekretaris distrik itu dalam arahannya menjelaskan perkembangan pembangunan sejak Tigi Barat dipisahkan dari distrik Tigi lama. Dijelaskan, pembangunan di wilayah ini sejak dimekarkan hingga saat ini bidang pendidikan mengalami perubahan yang sangat signifikan. Pasalnya sebelumnya wilayah itu hanya terdapat Sekolah Dasar (SD). Namun sejak dua tahun lalu, distrik ini atas dukungan dari orang tua, gereja dan pemerintah telah didirikan tiga (3) SMP) dan satu (1) SMK.

Dia mengutarakan, Tingkat SMP telah menunjukkan perubahan yang sangat besar. Di mana bidang studi bahasa Inggris telah dilomba pada saat perayaan HUT RI tahun 2007. Faktor pendukung dalam proses belajar mengajar mengalami hambatan, di mana hampir semua SMP tidak memiliki guru tetap (guru yang memiliki nomor induk pegawai).

“Untuk memajukan ketiga (3) SMP ini para sarjana yang telah menyelesaikan studynya dengan sukarela menjadi guru honor. Para guru honor ini bukan dari jurusan keguruan akan tetapi mereka umumnya dari berbagai disipilin ilmu,”terang Douw.

Sementara itu, seorang guru SMP Katolik Diyai, Siprianus Giyai, S.Sos, juga salah satu pembimbing pidato bahasa Inggris di SMP-nya menjelaskan, dengan berbekal pengalaman khursus bahasa Inggris semasa kuliah. Diakuinya bahwa pendidikan dasar bahasa Inggris diajarkan. Walaupun masih banyak kekurangan. Yang terpenting adalah para siswa mampu memahami dasar-dasar berkomunikasi berbahasa Inggris yang baik. ‘Pendidikan dasar di wilayah ini sudah berkembangan sejalan dengan perkembangan agama (gereja). Tahun 1938 hingga tahun 1989, pendidikan di wilayah ini tidak mengalami hambatan. Namun sejak 1990 menjadi hambatan lantaran para guru subsidi Belanda sudah pensiun. Kekurangan guru menjadi hambatan. Masalah ini bukan hanya di wilayah ini akan tetapi sudah menjadi persoalan kabupaten Paniai,”urai Piet Badii, seorang guru tua di Ayatei.

Kekurangan tenaga pengajar bukan saja dialami oleh SMP-SMP yang ada, akan tetapi juga oleh hampir semua sekolah dasar yang ada. Disetiap sekolah diajarkan oleh guru honorer yang juga adalah tamatan SMA bahkan SMP. “ guru tetap di setiap sekolah bisa dihitung dengan jari,” paparnya sambil mengenang kondisi sekolah.

Lewinus Tekege Juara Lomba Bahasa Inggris

Lewinus Tekege, menduduki peringat pertama setelah mengalahkan pesaingnya Sisilia ukago, Yahones Pigai, Matias pigome. Lewinus Tekege seorang pelajar SMP Negeri 2 Tigi Barat. Sementara yang merebut juara II dari SMP Katolik Sisilia Ukago, dan peringkat III Yohanes Pigai dari SMP YPPGI Gakokebo.

Kepada pemenang pihak TV Trans 7, tidak hanya sekedar meliput dan menyaksikan kegiatan tersebut akan tetapi mereka juga memberikan hadiah hiburan kepada masing-masing pemerang, di antara buku tulis berlambang TV Trans 7 dan beberapa hadiah lainnya.***

Bookmark and Share

Tag/Label lomba, bahasa inggris, tigi barat, paniai, papua, kemerdekaan
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
132 komentar pada warta ini
Kamis, 16-08-2007 14:52:06 oleh: aloysius weh

Membaca Papua selalu membaca eksotisme. Orangnya, alamnya, budayanya, sangat luar biasa. Saya jadi ingat om saya yang di tahun 1960 pernah bertugas di Nabire, dan bercerita tentang eksotisme Papua.

Sayang belum pernah sekalipun daku jejakkan kakiku di sana. Mudah-mudahan suatu saat nanti.




Jumat, 02-11-2007 11:15:50 oleh: EMANUEL JHON GIYAI

Jumat 02 November 2007 oleh Emanuel yohanes Giyai

komentarnya cuma "kegiatan seperti ini harus ada perhatian dari pemerintah daerah setempat baik PEMKAB maupun PEMPROV dalam hal ini DINAS PENDIDIKAN karena hal ini merupakan salah satu cara meningkatkan Sumber Daya Manusia Tanah Papua umumnya dan khususnya di wilayah Kabupaten Paniai Distrik TIGI BARAT




Kamis, 01-05-2008 08:07:32 oleh: dede suherman

minta bantuannya marety tentang BIOGAS buat speech contest

hub 081323248414




Minggu, 04-05-2008 11:19:25 oleh: asril sinuhaji

tolong buatin contoh pidato bahasa inggris yg bagus .tentang kecintaan tanah air



Senin, 26-05-2008 14:39:08 oleh: nadia

pidatonya di terakan dong



Minggu, 01-06-2008 14:38:20 oleh: icah

dugh da tgs wat bikin poidato b.ing nh.......
krmn dun k e-mail gu yak
ttg lingkungan
thx b4




Jumat, 01-08-2008 12:05:19 oleh: iyah

ad tgs ne
sruh bWt pidato bhs. ingg
tlg ya krm ke Email ku...

makasih




Sabtu, 02-08-2008 16:49:14 oleh: tiudh

pliiiiiieseeeee tolong kirimin pidato bhasa inggris sekaraaaang tentang HUT RI . . . . . H.E.L.P.P.P.H.H.H



Minggu, 03-08-2008 17:59:51 oleh: grace desy

plisssss..... tolong aku,, ada tugas ttg speech independen!!! perlombaan lg!!! bantuin dhonk...



Sabtu, 09-08-2008 11:40:12 oleh: n13_n4

ASs aq bolehkan copy contoh teks pidatonya kan...... PLZ



Selasa, 12-08-2008 10:20:22 oleh: edhog

plizzzz...
aq ad t9s bkiN pdto b. inggris
ttg pnddkan d indonesia...
mohn bntuan'a....pliz......




Rabu, 13-08-2008 06:30:16 oleh: Cepot

pidato dengan bahasa inggris? boleh-boleh saja, tapi bagaimana pidatonya dengan bahasa indonesia? sudah lebih lancar? sudah bisa berbahasa indonesia yang lebih baik dan lebih benar?. terus terang sering saya nonton berita di TV, mendengar para pejabat, yang kadang-kadang bertitle prof. Dr. phd, tapi bahasa indonesianya masih belepotan.

anomali bangsa indonesia itu, lebih suka berbahasa inggris / asing dengan baik dan benar daripada berbahasa indonesia yang baik dan benar, cuma supaya dinilai "lebih berwawasan, lebih cerdas dan punya pengalaman luar negeri / pernah ke luar negri" dan pada akhirnya akan menaikan strata hidupnya. menurut saya untuk menunjukkan wawasan yang luas dan kecerdasannya, bukan dengan berbahasa asing sebanyak mungkin, tapi berbahasa dengan melihat waktu dan tempat, seseorang yang berpidato di Indonesia, dimana pendengarnya sebagian besar atau bahkan semuanya orang indonesia, kenapa harus berpidato pakai bahasa asing? ini bukan masalah nasionalisme atau patriotisme, tapi lebih kepada perlu atau tidak.

bukannya saya anti dengan bahasa asing, menurut saya bahkan bahasa asing itu sangat penting, tidak cuma bahasa inggris saja, tapi coba kuasai sebanyak mungkin bahasa asing, tapi dalam penggunaannya juga harus melihat waktu dan tempat.

ada seorang diplomat Inggris pada era Gus Dur menjadi presiden, saya lupa namanya, beliau bisa berbahasa Indonesia walaupun belum sempurna. beliau selalu menghindari berbahasa inggris ketika diwawancara oleh televisi indonesia, padahal, kalau dia berbicara dengan bahasa inggris maka setiap orang akan memakluminya, ya dia itu wong londo koq!, tapi dia selalu berusaha memakai bahasa indonesia sebanyak mungkin, sebaik dan sebenar mungkin dan menghindari bahasa ibunya sendiri. ini yang justru saya nilai orang yang "berwawasan" dia tahu pendengaranya adalah sebagian besar orang indonesia dan dia sendiri sedang berada di indonesia, maka kesimpulannya, dia sebisa mungkin berbahasa indonesia. tapi




Rabu, 13-08-2008 06:35:59 oleh: Cepot

@@sambungan@@

tapi justru orang indonesia sendiri merasa lebih bangga kalau berbahasa asing di negaranya sendiri dan di depan rakyatnya sendiri. aneh.





Jumat, 15-08-2008 15:53:38 oleh: Toso

Coba donk,,.!? tampilkan teks pidato bahasa inggrisnya ??



Rabu, 20-08-2008 15:33:26 oleh: yulia

pliz donk kirimin pidato bhs inggris tntang HUT RI KE 63. . . .

SkArang jga. . . .
pliz donk. . . .




Rabu, 20-08-2008 19:35:57 oleh: YOGA

ada tugas buat pidato bahasa inggris tentang HUT RI.tolong bwtkan n krim k e-mail aku skarang ya.....................pleezzzzzzzz cpetan



Jumat, 22-08-2008 08:54:42 oleh: Jhonny

aku minta contoh pidato Bhs. Inggris tlg kirim ke email koe ya...!!! penting bgt!!!



Jumat, 22-08-2008 09:38:36 oleh: Retty N. Hakim

Kenapa ya pada minta contoh pidato bahasa Inggris?
Kalau tidak pernah coba buat sendiri bagaimana bisa buat?
Mau contoh pidato? Gugel aja tuh pidato Obama:
http://www.huffingtonpost.com/2008/03/18/obama-race-speech-read-t_n_92077.html




Selasa, 14-10-2008 14:50:46 oleh: sofi

duhhhhhhhhhh.......... buat'n pidato bahasa inggis donk.............. qrim z ke alama email Q.. Ditunggu yachhhhhhhhhhhhhh.......... thnx cbelum'a yachhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh...byeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee



Rabu, 15-10-2008 11:24:51 oleh: imam shofwan

aduh english competition gimana sichhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh



Selasa, 21-10-2008 14:27:14 oleh: gariey archuletta

tolong dunksz bwatin pdato b.ing tentang ujian akhir sekolah sma.



Jumat, 24-10-2008 17:48:58 oleh: vj_tyo taruna

tolong kirimkan contoh pidato baha inggris dunk....
Urgent neh,,tulung yah,,,
qu tunggu lho...




Senin, 27-10-2008 17:00:47 oleh: wika

tolong dong!!!!!! 29 okt 2008. 2 hari lagi english contest! ada pidato englishnya!!!! bantuin dong! plis plis plis plis.........



Sabtu, 01-11-2008 09:49:18 oleh: saryanto

tolong bantui dong cari pidato bahasa inggris masalah pedindikan dan tolong kirim ni cepat ni untuk cewek yang namanya yesi!!!?



Senin, 03-11-2008 14:02:28 oleh: ncengksep

menurut aku buat pidato bahasa inggris gampang banget....gak ada yang susah yang penting ada kemauan untuk eksplorasi katemen-teman minta di buatin....



Rabu, 05-11-2008 09:50:33 oleh: Herly

asslm'lkm ....
tolong beri contoh teks pidato tentang Memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Butuh Cepat,,,

trimakasih...




Minggu, 16-11-2008 12:37:18 oleh: Andrian Widia Wijayanti

hayy,._
slam Knl.
ech tlong buatin naskah pidato bhs.inggris ttg peringatan HUT RI dong.pliesssssssssssss...,,,_skrng yaww.coz.dbuat hri snin Bsok._tolng donk,,._




Minggu, 16-11-2008 21:33:50 oleh: diana vevy

tolong kirim contoh teks pidato bahasa inggris tentang hara pahlawan, dampak narkoba atau dampak hp



Senin, 17-11-2008 17:36:54 oleh: siti nurhafizah

tolong .
ak ada PR buat pidato b.ing tentang SUMPAH PEMUDA .
kirimin skarang ya ...




Sabtu, 22-11-2008 19:46:52 oleh: ajeng putri

hai...q minta bantuannya donk,q ada tugas pidato b,inggris neh tentang pendidikan gitu dah,,,



Rabu, 03-12-2008 17:19:04 oleh: NURUL ARHAIYYU

HAI, tlonGin Q dONk...dlm pmbuatN piDAto B.ingGRIS. hbZNYa,Q biNGGung nih......unTX bWt piDaTonya.klo BzA,KrIMIn kE emailnya Q yA....???




Jumat, 05-12-2008 12:35:50 oleh: firman

aku lgi punya tugas bhs inggris..tolong kirimin aku satu buah pidato tentang apa aja..plse



Senin, 08-12-2008 12:10:14 oleh: Ti3fani

hY!!! tlg donk kirimin ke qu naskah pidato bhs. inggris yang temanya "Peringatan HUT RI", soalnya lagi ada tugas sekolah buat bikin pidato bhs. inggris, ngumpulinnya plg lambat tgl 12 des 2008, pliz... ya!!!!



Senin, 08-12-2008 12:18:34 oleh: Ti3fani

ngirimin pidatonya bisa skrg gak?? klo bisa ckrg za..!!



Senin, 08-12-2008 13:05:09 oleh: RaiSsa

toLOng buAtin piDato baHasa iNggRis dOnk. . . teMa`a naRkoBa, , pLeaSe !! tgaZ bwaD bzoK nieY. . .



Senin, 08-12-2008 18:25:01 oleh: nasronyusuf

tolong ya' bwatin q teks pidato bhs inggris soalnya 2 hari lg mau lomba pidato bhs inggris dengan tema canggihna zaman sekarang



Rabu, 10-12-2008 11:01:31 oleh: frisa

tolong dong!!!
pidato b.inggrs ttg ujian nasional!!!
urgent bgt nih...
tgl 12 des ini ud hrs tampil..
plizz kirim ke imel ku..
ya?ya? plizzzz bgt...




Rabu, 10-12-2008 17:38:23 oleh: zainal muttaqin

saya minta contoh naskah pidato dalam bahasa inggris yang durasinya sekitar 10menit,tentang apa aja plus salam pembuka dan penutup pidato..mohon kirim secepatnya.saya tunggu..thx b4



Selasa, 16-12-2008 13:59:19 oleh: Salman

Tolong tampilin naskahnya donk...!!! aku butuh inspirasi buat lomba pidato bahasa Inggris... Please....



Selasa, 16-12-2008 14:19:31 oleh: Salman Alfarisi

Please tolong tampilin contoh naskah pidato bahasa Inggris...kirim ke email ku sekaranga yach..!!!



Rabu, 17-12-2008 20:19:38 oleh: Ir. suryani. HS.

Tolong kirim contoh naskah pidato berbahasa Inggris dengan tema Hari Ibu. Thx



Senin, 22-12-2008 11:06:28 oleh: riris

contoh teks pidatonya maaanaaaa??
kirimin dounk salah satu contoh pidatonya....




Senin, 22-12-2008 19:28:33 oleh: sonti

tolong donk krmkan pidato bahasa inggris apa ajj deh ke email aku sekrang plisss banget urgent neh besok ada lombanya tlong donk!!!!!!!



Selasa, 23-12-2008 09:19:10 oleh: novita yuliya

q mw mnta tlong krimin pidato bhs.inggris bwt tgas bsok jdulnya how to be a good student,pliss yach krim skrng k emailQ.....



Selasa, 30-12-2008 13:21:58 oleh: nurhidayat

TOLONG DIKIRIM DUA NASKAH PIDATO BAHASA INGGRIS
DENGAN TEMA TAHUN BARU ISLAM




Rabu, 07-01-2009 14:21:03 oleh: kurnia octha sary

tolong buatin pidato tentang kenakalan remaja dalam bahasa inggris dong...!!! tolOlNg bAnGeT



Rabu, 07-01-2009 17:26:31 oleh: Lidia

Saya minta tolong di buatkan atau di kirimkan contoh teks pidato bahasa inggris tentang hari ulang tahun.
Terima kasih sebelumnya




Selasa, 13-01-2009 16:52:35 oleh: usre

tolong kirim pidato bahasa inggris




Minggu, 18-01-2009 10:34:04 oleh: lely rahmianti lubis

dugh da tgs wat bikin poidato b.ing nh.......
krmn dun k e-mail gu yak

thx b4
ttntang israel vs palestina!!!




Senin, 19-01-2009 15:45:11 oleh: grace chrysteen

tolong buatin pidato lingkungan,tp dgn b.inggris tolong ya,,,,?



Senin, 19-01-2009 16:59:28 oleh: sofia

dlm situsnya tolong disisipkan contoh naskah pidatonya donk............sebenarnya udah bagus sich cma ga asyik aza kalo ga ada contoh naskahnya......................



Selasa, 20-01-2009 09:23:36 oleh: febri_eby

situsnya udah bagus pi ko gada contoh pidatonya sie????.....pliss doung kirimin contoh pidato dalam bahasa inggris tentang sumpah pemuda pliss ya kirimin sekarang coz puenting buanget nei plisss buangetz yac pi jgn panjang-panjang yah.........



Sabtu, 24-01-2009 18:58:38 oleh: Purborini Waluyo Kh.Kh.

ayo dong, naskah pidatonya juga ditampilkan.....kita juga pengen belajar pidato bahasa inggris

di tunggu segera ya, naskahnya!!!!!!!!

matur nuwun




Sabtu, 24-01-2009 20:37:26 oleh: ovy

tolong kirimkan pidato bahasa inggris dengan tema global warming.thanks



Minggu, 25-01-2009 12:25:59 oleh: Tya

tlong buatin teks pidato bhs.iNggris ttg kedisiplinan dUnK....




Rabu, 04-02-2009 15:47:19 oleh: hanyy

bantuin gua dong .....
plisss
da tugas bikin pidato bahasa inggris,tentang hari valentine.




Kamis, 05-02-2009 11:52:01 oleh: yunika

tolong dunkz buatin pidato bahasa inggris tentang akibat dari pemanasan global.........plizzzzz????
klo biza agak cepat ya......???makasih




Sabtu, 07-02-2009 12:46:40 oleh: somad

tolong kirimin ya contoh pidato dlm b.inggris tntng masalh banjir yg trjadi djakarta....
tolong ya......secepatna.....




Minggu, 08-02-2009 11:56:17 oleh: IMA

TOLONG KIRIMIN 3 CONTOH PIDATO DALAM BAHASA Jawa TENTANG ULANG TAHUN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA
YANG SINGKAT, PADAT, DAN JELAS UNTUK SMP
SECEPATNYA...
DIKARENAKAN AKAN DIKUMPULKAN PADA HARI SENIN



MATUR SUWUN SING KATAH




Rabu, 11-02-2009 19:22:03 oleh: ardhitya

tlg krmkan cnth pidato bhs inggris to me.....plizzzz!!!!



Kamis, 12-02-2009 16:50:56 oleh: rifki

assalamu'alaikum,
hai . . .
kalian punya ga pidato 3 bahasa,
bahasa inggris, indonesia dan arab,
yang pada punya cepetan kirimin ya ditunggu di alamat aku, key.
thanks b4.
wassalaikumsalam




Kamis, 12-02-2009 16:52:52 oleh: Moh. Rifki

assalamu'alaikum,
hai . . .
kalian punya ga pidato 3 bahasa ,
bahasa inggris, indonesia dan arab,yang bertema maulid nabi
yang pada punya cepetan kirimin ya ditunggu di alamat aku,
ima.we21@yahoo.com. key.
thanks b4.
wassalaikumsalam




Jumat, 13-02-2009 13:34:34 oleh: nurdiah amalia sam

...krmknK dLu pidato tentang global warming...



Rabu, 18-02-2009 15:46:02 oleh: sucy

good..........



Rabu, 18-02-2009 20:01:08 oleh: sony

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Tolong dunkz buatin pidato bahasa inggris tentang Pentingnya Bahasa Inggris pada era sekarang atau tentang pendidikan .........plizzzzz????
klo biza agak cepat ya soalnya aku butuh untuk tanggal 20-02-2009......???makasih





Sabtu, 21-02-2009 20:54:40 oleh: fadhli hidayat

tolong dong kirimin pidato bahasa inggris tentang global worming....

lagi perlu banget nie untuk tugas pelajaran bahasa inggris....

tolong ya ...
tolong banet.....
makasi....




Minggu, 01-03-2009 14:16:46 oleh: dodi

buat"z tmen"x aqu yg baek ...
tolong krim"z pidato tentang Meningkatkan motivasi dalam belajar tapi text na tolong yang ...
pake bhsa inggris ea...
thanx...
GBU......




Minggu, 08-03-2009 11:55:48 oleh: wulan sari

buatin pidato bahasa inggris dong!!!!!!!!!!1 tentang narkoba????



Selasa, 17-03-2009 15:51:00 oleh: barnis fatmasandi

tolong bikinin pidato bahasa inggris yang judul nya student awarness



Rabu, 25-03-2009 12:29:06 oleh: yusuf

tolong dong kirimin pidato bhs indonesia ke emailku soalnya hari sabtu aku dah mau tampil nih sorry yah repotin. tolong kikrimin yah ke yusufpain@yahoo.co.id. aku tungguh yah



Jumat, 27-03-2009 09:20:01 oleh: Dina

toLong b'watin pidato tapi pake b.inggris yach !!!

yang judulnya PERINGATAN HUT KEMERDEKAAN ya !!!

cLo bsa secepatnya ??




Rabu, 01-04-2009 08:52:15 oleh: Khoirunnisa

tolong buatkan pidato b.inggris lha.
temanya" The Important of English"

klo bisa...,
kata-katanya jangan terlalu sulit.
yang penting..
mudah bagi saya untuk menerjemahkannya ke dalam bahasa indonesia.


mohon banutuannya.
segera.



Terima Kasih




Minggu, 05-04-2009 19:47:41 oleh: Inggit Vika

tolong buatin pidato bhasa inggris donk yg temanya pentingnya belajar bhasa inggris.. tolong agak cepat d krim k email saya, soalnya untuk besok.. terima kasih..



Senin, 06-04-2009 03:13:46 oleh: Arie

kak da yang mau bantu aq gak
aq da kesulitan nich

tolong bikinin pidato tentang pengaruh pornografi di HP terhadap kehidupan remaja


makasih sebelumnya
truz tolong dkirim ke hudatulmuna15@yahoo.co.id




Rabu, 08-04-2009 15:41:04 oleh: yhayuQ

huh ...
tloooong bntuuuind akkkuhhh , dunggg !
btuh pidato bahasa inggris niiih!!!
ampe puesig mkirind na ..

mmmm... up to date, iiah msala na ..


please !!!
help me..




Kamis, 09-04-2009 14:13:57 oleh: ratika putri

tolong dong kirimkan pidato bahasa inggris ke email saya tentang "narkoba" atau "kenakalan remaja".
please,,,!!!!!
ditunggu sekarang yaa,,,




Selasa, 14-04-2009 14:22:44 oleh: ieRA

aSsALamMualaikum wr.wb

Tlng bwt'n pidato bhs inggris yang judulnya 2h jika aku jadi menteri, presiden ma gru,.,.

tLng kRim d E-mail qw yOw,.,.

makasih banyak,.,.




Selasa, 14-04-2009 20:37:49 oleh: herry

tolong contoh naskah pidato nya dalam bhasa inggris tentang ilmu pengetahuan..kirim ke e-email aq ya,,urgent nieh



Rabu, 15-04-2009 16:22:23 oleh: egha

ehhk panx bqnin nskah pdato bhsa inggris donx
tntang prpishan

qrimn k almat email egha ea.......




Jumat, 17-04-2009 22:19:47 oleh: Tm Bahrum

Lumayan Bagus



Selasa, 28-04-2009 11:23:08 oleh: VIDIA

krm naskah pidato b.ingrisnya donk.ada tugas nehhh



Rabu, 29-04-2009 14:57:06 oleh: elfrie

tolong buatin pidato bahasa inggris dong tentang apa ja yang lg hot,tp pake pidato informatif.aq tunggu ampe jumat y.thanks



Kamis, 30-04-2009 08:58:05 oleh: Meldy Gustiandri

tanggal 7 mei saya ada pidato pake b.inggris. tolong buatin donk tentang health, drugs, family, education, school in vironment.
Please dibuatin ya....
kirim ke email saya:
meldy.gustiandri@hotmail.com
Thankx..




Kamis, 30-04-2009 16:55:06 oleh: selfiani

haluuuuuuuu..........buatin EvHy pidato yg BrtEMAKAN lingkungan tapi pake bhs.iNggRis Ya........
jgn pake bhs.kalbu.
he.....he.....he....
becanda kokkkkkkkkkkkkkkkk!!!!!!!!!!!!!!!




Kamis, 30-04-2009 18:51:45 oleh: Fiya

tolong buatin pidato bahasainggris donz secepatnya,, bisa gk? cz Q BUAT UJIAN Praktik english,, plizss. supaya Q bisa lulus dgn hasil yang bagus..
thx b4,.
^_^




Sabtu, 02-05-2009 20:32:46 oleh: matahari

tolong ni kbtulan ada tugas pidato bahasa inggris please di kirim di email saya
tary1385@yahoo.com
thanks




Minggu, 03-05-2009 07:40:00 oleh: dini utari

mau minta tolong dong buatin pidato bs. indonesia tema kenakalan remaja..
besok maju buat praktik b.ind nie..
t.t
kirim ke email ya..
makasii




Rabu, 06-05-2009 11:35:44 oleh: abdul Muhid

please kindly send me the criteria of scoring for speech. send your reply to
abdul_muhid07@yahoo.com
thanks a lot for your help




Rabu, 06-05-2009 13:52:42 oleh: atut nuraeni

tolong donk. kirimin teks pidato bahasa inggris tentang " pendidikan" atau " pemanasan global"



Sabtu, 09-05-2009 16:57:20 oleh: imelda susanty

tolong dongk..... z d bantu buatkan naskah pidato dalam bahasa inggris tentang pendidikan, kenakalan remaja atau hut kemerdekaan, trims yach. Tuhan memberkati.



Minggu, 10-05-2009 13:53:31 oleh: revi

kagak ada yg baguzzzzzzzzz...



Jumat, 15-05-2009 13:17:23 oleh: Yusuf Sambara

tolong dong buatin pidato dalam bahasa inggris yang judulnya "THE IMPORTANCE OF ENGLISH OUR LIFE"
please yah secepatnya ada tugas nich aku tunggu yah di Email q oce


help me




Kamis, 21-05-2009 19:21:16 oleh: ayunda muvie claustyea

trim's yaaa.... bwt teks pidato'X.... teks pidato'X sgt membantu bgt.... klo g da web ni mungkin tugas Q g bkal slesai.... he...he...he...

makasih buanget ya.....

thank you....

-GBU-

^_^




Rabu, 27-05-2009 13:50:31 oleh: Reyna Reauni Qalbie

tolong donk buatin pidato tentang anak bangsa yang baik hati dan tidak sombong . . .



Kamis, 28-05-2009 16:53:32 oleh: rusli hidayatulloh

sebenernya ini sich buat temen deket aku yang nantinya buat orang bnyak, tolong ya teman2 aku butuh pidato agama translte ke inggris



Selasa, 02-06-2009 15:07:45 oleh: Mikayla Handayani

tolong dong buatin aku teks pidato bhs.inggris temanya yang lagi ngetrend saat ini. aku butuh bgtsssss secepatnya ku tunggu. xiexie



Jumat, 12-06-2009 20:31:09 oleh: syarifudin

tolong donk kirimi contoh-contoh awalan pidato bahasa inggris menurut kebiasaan islam, aku tunggu yo..



Kamis, 25-06-2009 20:39:28 oleh: m.zaky ariansyh

bttttttttttttttttttttttttttttttttttttt da tugas dari kampussssssssssssssss



Jumat, 24-07-2009 16:57:46 oleh: Henny

please help me saya butuh pidato b. inggris nih tlng buatin yah tapi yang sederhana aja tentang pendidikan, remaja dsb please!!!!!!!!!!!!!



Minggu, 02-08-2009 13:25:16 oleh: ANIDA AMDA

saya akan mengikuti lomba pidato dalam bahasa inggris tentang HUT RI disekolah, Tolong buatkan pidato dalam bahasa inggris dong tentang HUT RI, please....



Minggu, 09-08-2009 11:00:35 oleh: zahwaril hasina

pidato bahasa inggris???
cpa takut...
maslahnya bikinn teksnya,,,




Rabu, 12-08-2009 19:27:10 oleh: afrida ayutika

help me !!!
bwt aQ pidato b.ing dunk !! tema-nya kemerdekaan !!
ato contoh-nya ditampilin dun !! aQ nyontek pembuka ama penutup-ny !!
mw Y !! pliZZZz




Rabu, 12-08-2009 19:55:01 oleh: Geofany

tolong donk kasih tau isi pidatonya aku gy butuh bgt nih . . .
pleaseeeeeeeeee . . . .
klo ga kirim lngsng ke email aku aja . . .
tolong banget nih...




Rabu, 12-08-2009 20:15:28 oleh: Yohan

wOOOOOoooiiii all!!
plis bantu g dong buat pidato tentang HUT. RI dlm b.inggris!!!
plis bantun g, soalnya buat lomba nanti ne....
nanti tolong Qrim texs nya ke email g ya
thx all ^_^




Kamis, 13-08-2009 19:56:29 oleh: Nandinie

Tolongin ya,bikinkan aku pidato pakai bhs Inggris tentang kemerdekaan,kirim keemailku ya, Trim sblmnya



Kamis, 13-08-2009 21:53:34 oleh: Yohan

cri d google aja all wordkey nya is pidato bahasa inggris kemerdekaan d jamin u pasri dpt!!



Minggu, 16-08-2009 11:16:35 oleh: sri utami

plz bwtin q pidato kemerdekaan dgn basa jawa. tp low bsa skrg y.msh q tnggu.makasih sebelumnya



Rabu, 26-08-2009 13:02:53 oleh: galih_caem

all aq juga ga tahu help buatin ya!!!!!!!!! thx klo dah bwtin pidatonya..........



Minggu, 04-10-2009 15:25:21 oleh: triana

aku binggunggggggggggggg nich gk bisa2



Kamis, 29-10-2009 19:36:16 oleh: khaira renata

tLong bwatin dunkzzz naskah pidatO brtema bHya narKoba aku snGt membutuhkaNNya



Kamis, 12-11-2009 16:04:08 oleh: alanis arti

buatin texs pidato bhs.inggris dox......mumpung lg ada pr membuat texs pidato bhs.inggris nih.... please.....ya..ya..



Kamis, 03-12-2009 19:54:32 oleh: ALES

ish apa . ????

dikirain dpt conyoh spich inggriis ,

hhuft ,




Minggu, 13-12-2009 11:44:43 oleh: ugo mowo p

tolong kasih contoh pidatonya ya,,,,,,,



Sabtu, 19-12-2009 21:31:30 oleh: qurrota ayun

tlng donk,, krimin pidato bahasa inggris yang sngkt.. n tmax ttg pendidikan



Sabtu, 19-12-2009 21:52:44 oleh: qurrota ayun

tlong skrng krimx y.. tlong bgt..
skrng y.. mksh.. :)




Rabu, 23-12-2009 21:13:38 oleh: wahyu agoes william

tolong donk buatin aq pidato bahasa inggris ,, yg tema nya tentang pramuka.. please... di tggu ya,?? sblumnya thanks.. all.*



Senin, 28-12-2009 12:22:52 oleh: yety kusuma

tolong dung di buatin pidato bahasa inggris tentang pendidikan,,butuh banget nie,,makasih



Senin, 11-01-2010 20:51:56 oleh: Fania Rizky Ramadiani

bisa minta tolong buatin pidato b.inggris tentang kenakalan remaja.. tolong dikirim ke emaliku ya.... terima kasih banyak...



Jumat, 15-01-2010 12:09:47 oleh: leli nisa

tolong donks bwtin naskah b.inggris pidato..........................



Selasa, 19-01-2010 19:22:16 oleh: una

liat contohnya dunk



Selasa, 19-01-2010 19:24:38 oleh: sari

tlong krimn pidato b.jawa yg bertema
pendidikan sekarang juga krn akn dikumpulkan besok utk smp




Kamis, 21-01-2010 21:15:35 oleh: DWI PRANOTO

Kok tidak ada teks bahasa inggrisnya,Cemana nich,Tolong di isi ya.








Sabtu, 30-01-2010 20:00:33 oleh: basri

tolong kirimkan pidato bahasa inggris yg durasinya 15 menit



Rabu, 03-02-2010 17:36:20 oleh: wulan natalia

aku lg ada tugas bwt ujian praktek b.inggris nih....bantuin aku bikinin naskah pidato b.inggris tentang bahayanya narkoba di kalangan remaja......
PLEASE bantu aku dong.............




Selasa, 16-02-2010 20:27:07 oleh: indry dwi septy

duh dikasih tugas buat pidato b inggris, di hapal lg,tlong donk krim ke email ak yah!!!!



Kamis, 18-02-2010 19:21:56 oleh: rizaldi tri kusuma

tOOOLOng donK Q KIRimiN TEKs piDAtO BAHAsa inggris tentang MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1431 H BUAT LOMBA TANGGAL 27 FEBRUARI nihhh PleAzEEE



Jumat, 19-02-2010 11:04:34 oleh: ricki ramadhana

buatin ricki pidato b.inggris la
temanya pentingnya b.inggris
tolong yyyyy....pleaca




Selasa, 13-04-2010 14:43:54 oleh: thya

mnta bntuan 'a buatin pidato ttg global warming dong....tapi dlm bah inggris y kirim j d'alamat email gw,,
PliiZzz cZ gie bTuh nie,..,




Jumat, 16-04-2010 10:12:32 oleh: Nia imutz

pLEeaSe dOnK bWatIn aQ piDatO teNtaNg pNdIkaN dOnK kRim kE eMaiL q yAh



Kamis, 06-05-2010 17:12:42 oleh: robertus G

salam damai, tingkatkan nd belajar trus bahasa inggris supaya kedepan bisa bersaing dengan orang lain. dan buat guru2 yang mengajar z mengucapkan trims atas bimbingannya, tanpa guru kita seperti seorang yang mati berjalan. tolong lanjutkan bimbingan bahasa inggris supaya kedepan lebih baik lagi. dan juga bagi pemda setempat tolong akomodasi bagi anak2 negeri ini, karena mereka adalah masa depan di tanah papua ini maupun bisa bersaing dalam sumber daya manusia yang berkualitas di era globalisasi ini. dan juga jangan lupa mengandalkan Tuhan karena hidup kita dihatur oleh-Nya. "hari ini lebih baik dar kemarin". "IMANUEL"



Jumat, 20-08-2010 16:14:01 oleh: mutiara anggraeni

asquuuem wr wb ....
.hellp meee !!!!!
.q btuh bantuan kaliiaan nnegh ,
.tollong buatiin piidato berbhsa iindonesiia ddunt bertemakan kmerdekaaan selama 18 meniit ...
.tooloongk eah kiirim kee-emaill q thankzzzz bnedd. mggaaa jjjdddie the wiiner amiieeeeeeeeen hhehe
do'a khaaaann q eah .
gug pke llmaaa ongkek !!!!!!!!




Jumat, 14-01-2011 13:48:10 oleh: award sebastian archuletta

tolong donk...buatin pidato bertemakan pramuka dalam bahasa inggris..yg pendek ok..aj..asalkan ada...
pentinggg buuanggeddd neh....
ditunggu>




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia