Agus Budi Rahardjo

Tengkleng Pasar Klewer

Minggu, 05-08-2007 08:40:06 oleh: Agus Budi Rahardjo
Kanal: Wisata

Selama ini kita mengetahui bahwa kambing biasa diolah untuk sate, gule, tongseng, dan sop... Mungkin kata Tengkleng akan terdengar asing bagi sebagian besar orang dari luar jawa tengah dan DIY.Tengkleng adalah salah satu masakan yang menggunakan bahan utama kambing. Masakan ini mirip sop kambing yang berisi tulang kambing, tapi bedanya, Tengkleng ini berisi bagian kepala kambing, buntut kambing, jerohan, tulang rusuk, dan kaki kambing.

 

Salah satu tempat yang menjual Tengkleng di Solo dan wajib dikunjungi adalah di Pasar Klewer, tepatnya dibawah gapura alun-alun. Tengkleng pasar klewer ini sudah ada sejak 1971 dan setiap hari nya tidak pernah sepi pengunjung. Dibuka mulai jam 14.30 dan dalam waktu 2-3 jam, akan habis diserbu pembeli. Para pembeli sendiri ada yang suka dibungkus, ada juga yang suka dimakan di tempat.  

Tengkleng bisa digunakan sebagai lauk nasi atau sebagai gadon (dimakan tanpa nasi). Jujur saja, saya lebih suka dimakan tanpa nasi, langsung dari pincuk daun pisang. Menurut saya, yang menjadi kunci kenikmatan dari Tengkleng ini adalah kuahnya. Meski udara sangat panas, kuah tengkleng yang panas dan memiliki rasa kombinasi asin, gurih, dan pedas rempah ini akan memberikan kesegaran dan kenikmatan tiada tara saat kita hirup langsung dari pincuknya. Tidak ketinggalan, cabai utuh yang mengapung di kuah sedap ini juga sangat mantap untuk dinikmati meski udara panas dan terik. Penuhnya pembeli yang berjubel di lokasi yang cukup sempit ini akan membuat udara semakin panas. Tapi saat pincuk Tengkleng sudah di tangan, maka dunia hanyalah antara saya dan pincuk tengkleng yang sedap...

Bagi yang suka makan kambing, jangan lewatkan tempat yang satu ini. Srupuuuut kuahnya, temukan kenikmatannya....

Bookmark and Share

Tag/Label tengkleng, pasar klewer, kambing, solo, kuliner
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
12 komentar pada warta ini
Minggu, 05-08-2007 19:00:39 oleh: is silarta

Bagi yang gemar masakan dengan bahan dasar daging kambing...rasanya koq perlu deh nyobain menu Tengkleng Solo yang lezat 'Glek Nyem Nyem'... (nyontek istilah dari mas Mimbar S)

Buat mas Agus BR...warung tengkleng tempat mas mampir makan, ada tulisannya/label "Authorized Dealer of Solo Tengkleng Syndicate" atau "Dealer Resmi Sindikasi Tengkleng Solo", nggak ??

Saya dengar ada penggemar masakan 'Tengkleng Solo' di Solo yaitu mas Duto Sri Cahyono,journalis Merdeka dan Solo Pos sedang mengurus hak patent untuk nama maupun label tersebut.
Maksudnya,agar nama menu masakan tradisional tidak dipatentkan oleh orang luar negri ! (krn.banyak produk Indonesia yang kecolongan tentang hak patent)
Bahkan sedang membuat semacam 'franchise' khusus menu Tengkleng Solo... malah berikut training SDM,penyediaan bumbu dan bimbingan pemasaran.

Semoga saja,semakin banyak menu masakan dari daerah Bali,Papua,Ambon,Sulawesi,Kalimantan dan daerah lain seantero Nusantara
menjadi kegemaran masyarakat dinegeri ini.
Apalagi merambah hingga keluar negeri...

Salam n Bravo Wikinu,




Minggu, 05-08-2007 20:24:04 oleh: Agus Budi Rahardjo

Waduh, sampe mau ada patent nya yah... hehehehe...
Soal membership sindikat Tengkleng sih kurang tau ya, Mas... soalnya penjual tengkleng yang di klewer ini gak pasang spanduk...
Untuk standardisasi Masakan Tengkleng sendiri kayaknya juga gak ada... sebab di beberapa tempat di Solo yang menyediakan Tengkleng, masing-masing membawa cita rasa yang berbeda... V(^_^)




Senin, 17-03-2008 23:06:27 oleh: dedi rahman

tolong,. dong! resep bikin masakan TENGKLENG....


TRIMAKASIH




Selasa, 18-03-2008 07:47:16 oleh: phil lea

Waduh mas......!!! aku kangen tuh dengan tengkleng pasar Klewer yang Uenaaak Tenannnn, klo di Jakarta, tengkleng yang enak dimana ya..????, mohon informasinya.Salam.!!



Sabtu, 12-04-2008 08:09:19 oleh: Gatot Harmanto

Saya itu penggemar berat makanan tradisional Solo, karena kebetulan istri saya tinggal di Solo, tapi kami sekeluarga tinggal di Bogor.
Makanya tiap kali kami pulang kampung selalu menyempatkan mampir ke warung tengkleng bu Edi di pasa Klewer.
Poko ..e...saya kasih rekomendasi buat siapa aja penggemar makanan tradisional khususnya kambing, silahkan mampir ke warung ini.

Dijamin muantepp deh..!!!! he he he





Jumat, 27-06-2008 07:55:51 oleh: dian adhianto

makanan yang tersedia di solo cuma ada dua kategori yaitu enak dan enak sekali, dan hampir semua makanan di solo tergolong enak sekali.......... ;-))
pokoknya ga nyesel deh datang ke solo dan menikmati semua hidangan yang tersedia di solo.
thengkleng pasar klewer salah satu yang saya rekomendasikan untuk di coba pasti dijamin ketagihan...........
masukan solo dlm agenda tempat liburan anda....




Selasa, 01-07-2008 10:19:36 oleh: Susilohadi

Memang benar tengkleng pasar klewer enak tenan. Tetapi kita juga harus hati-hati kalau makan. Untuk menghindari kebanyakan kolestrol, makan bagian yang masih banyak dagingnya.

Pilihan lain selain tengkleng ps klewer adalah tengkleng Cemani. Selain sedap,dalam tengkleng cemani masih banyak didapati daging yang menempel di tulang dan yang ditusuk seperti sate. Boleh mencoba.




Kamis, 04-09-2008 17:08:10 oleh: Totok

Makan tengkleng emang luar biasa sensasinya.. Saya dan istri saya ngebela-belain berjubel di festival bango 2008 untuk antri tengkleng Bu Edi. Kapan ya Bu Edi atau yang setaranya buka cabang di Jakarta? Soalnya saya beberapa kali nyoba tengkleng yang ada di Jakarta rasanya masih jauuh dari harapan..



Rabu, 19-11-2008 20:38:11 oleh: rahardjo

Menawi tindak Solo, dereng jangkep menawi mboten mampir wonten pasar klewer.
If you go to Solo City, it will be perfect you go to Klewer Market.
Dangkita cada lengkap rasanya kalo ke Solo, cada bakunjung ke pasar klewer.




Senin, 02-02-2009 09:33:31 oleh: anwar

Mas Totok, di Jakarta ada tengkleng yang lumayan tuh di depan trakindo simatupang...selamat mencoba.



Minggu, 21-02-2010 18:06:00 oleh: siti fatimah kuwatno

Saya salah satu penggemar berat thengkleng. saya aering sekali mengelengkan diri dari rumah ke warung thengkleng langganan saya cuma untuk makan thengkleng dan langsung pulang ke rumah lagi.

kadang bareng teman ato kluarga ato pacar saya. tapi lagi ngidam thengkleng, meskipun sendirian ato bahkan hujan, tetep nekad nggeler sendiri.bahkan waktu saya kerja di surabaya, tiap kali mudik ke jogja, itu wajib saya mampir warung thengkleng langganan saya.

setiap orang yg pernah saya ajak makan thengkleng akhirnya mreka nge-fans juga pada thengkleng.
bahkan pacar saya yg tinggal di surabaya, tiap kali datang ke jogja, menjadikan thengkleng ini sebagai salah satu makanan wajib santap, selain gudheg.

yg jd masalah, ketika saya pindah ke surabaya, saya gakbisa nemuin warung thengkleng,wekehehehehee...

kalo ada yg tau warung thengkleng di surabaya, tolong kabari saya...pleaseeeeeeeee.......
karena saya nemuin satu warung bertuliskan sedia thengkleng tapi ternyata cuma tulisan thok alias gak jual thengkleng lagi...




Kamis, 18-03-2010 12:47:46 oleh: Antox Handariyanta

Dulu hampir setiap hari selalu mampir Thengkleng Gapura Pasar Klewer.
Tapi sekarang sebulan 1-2 kali aja...
Betul-betul Thengkleng, setelah kita santap langsung mak thueeeng... Mantabs.




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY