agatha uni asmarani

Berapa Jumlah Penduduk Indonesia Sebenarnya?

Sabtu, 04-08-2007 15:25:54 oleh: agatha uni asmarani
Kanal: Layanan Publik

Berapa Jumlah Penduduk Indonesia Sebenarnya?

Saya mulai bekerja di Batam sejak 2 bulan lalu (sebelumnya saya menyelesaikan studi di Yogyakarta). Dan seperti kebanyakan pendatang, saya pun ingin pergi ke pulau seberang: Singapura. Wajar saja, biaya ke Singapura dari Batam tidaklah mahal. Sebagai bayangan, dapat anda temukan paket tur Singapura sehari Rp 290.000 (sudah termasuk ongkos pulang pergi). Sangat cocok untuk mereka yang ingin mencicipi luar negeri namun tak memiliki anggaran berlebih seperti saya.

Berpergian ke Singapura dari Batam semakin menarik karena jika memiliki paspor yang dibuat dari Batam, kita tidak perlu membayar fiskal sebesar Rp 500.000.

Ketika saya menyampaikan niat saya membuat paspor kepada teman-teman kerja, mereka langsung menyarankan untuk membuat KTP Batam sebagai syarat pembuatan paspor Batam. Dan untuk lebih mudahnya, mereka menganjurkan untuk 'nembak' KTP yang maksudnya minta dibuatkan KTP oleh agen-agen tanpa perlu mengurus surat pindah dan lain-lain. Tentu saja dengan biaya lebih mahal, namun cukup menggiurkan karena jauh lebih mudah dan lebih cepat. Efek samping 'nembak' KTP adalah saya dapat tetap memiliki KTP Yogya, dan juga memiliki KTP Batam.

Dalam pembicaraan seputar KTP tersebut, beberapa teman berkata bahwa mereka memiliki lebih dari satu KTP. Ada yang 2, malah ada yang 3. Dan saya yakin, bukan hanya mereka yang memiliki lebih dari 1 KTP. Mungkin anda yang sedang membaca juga memiliki lebih dari 1 KTP.Mungkin hal itu sudah menjadi sesuatu yang wajar di Indonesia, karena memiliki KTP daerah tertentu memudahkan seseorang untuk mengurus sesuatu.

Saya jadi berpikir berapa jumlah penduduk Indonesia sebenarnya. Menurut sumber tertentu, jumlah penduduk Indonesia kurang lebih 238 juta. Mungkin sebenarnya tidak sampai 200 juta, tapi karena sebagian penduduk memilki lebih dari 1 KTP, jadi jumlah penduduk Indonesia terhitung 233 juta.

Mungkin.

Bookmark and Share

Tag/Label batam, ktp, singapura, fiskal
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
43 komentar pada warta ini
Sabtu, 04-08-2007 16:12:09 oleh: bajoe

Akhirnya wong kito, Uni nulis di wikimu. selamat bergabung :) dan tetap dengan ciri khas Uni, artikel dengan pertanyaan yang menggelitik.

teruslah menulis, karena eksistensi manusia : "aku ada karena aku menulis" he...he....




Sabtu, 04-08-2007 17:03:14 oleh: Mimbar Bambang Saputro

Mbak Agatha, saya pernah membandingkan biaya dari Jakarta ke Singapore, melalui Batam. Ujung-ujungnya kalau hanya perorangan tidak jauh banyak, kecuali bonusnya ya mabuk laut, mabuk antri di Batam maupun Front Harbour. Kalau berjamaah memang sedikit murah. Harga tiket kapal air, kapal terbang, kereta (taxi)

Saya tidak tahu matematikanya sebab orang sebelah yang menghitungnya. Ini kita bicara kalau dari Jakarta lho. Kalau warga Batam ke Singapore, ya tidak masalah sama sekali.

Soal KTP jamak, ancamannya kalau dikerjain polisi nakal bisa berat lho. Maksudnya kalau ketahuan.





Senin, 06-08-2007 10:52:33 oleh: nicko

untung cuma punya 1 KTP.

???#?@#?




Senin, 06-08-2007 12:30:17 oleh: dani

wah repot jg ya indonesia...jumlah penduduk aja bisa dimark-up. jangan2 sensus2 yg selama ini dilakukan tidak mencerminkan fakta yg sebenarnya di lapangan. kalo emg itu yg terjadi ya gak akan pernah maju indonesia ini. kan salah satu cara utk nyelesaikan masalah adalah mengetahui sumber dari masalah. trus gimana bisa nyelesaikan masalah kemiskinan (misalnya) kalo data penduduk miskin dari hasil sensus jg blom tentu bener...jgn2 jumlah penduduk miskin jg di mark-up biar pejabat bisa dpt obyekan baru ? itu baru diliat dr segi pengentasan kemiskinan. trus waktu pemilu gimana cara nentukan jumlah pemilih yg terdaftar utk ikut pemilu ? jgn2 bisa muncul ghost voter kayak di jakarta lg...iiihh seyemmmm...



Senin, 06-08-2007 19:22:58 oleh: Retty N. Hakim

Makanya sekarang mulai diadakan paspor dengan foto identitas yang pakai sensor mata (sorry kalau salah istilah), dengan tujuan no identifikasi yang satu saja. Katanya sih online, semoga benar begitu...kan Gunawan Santosa masih berhasil keluar masuk Indonesia!



Selasa, 07-08-2007 09:49:08 oleh: Feliyanus Gea

ohh ada orang batam toh, salam kenal..



Kamis, 09-08-2007 22:15:32 oleh: agung tri laksono

klo dipikir2 masuk akal jg ya komentar dari saudari uni. klo bgitu, sudah saatnya harus direvitalisasi KTP di Indonesia yg bs memudahkan masyarakat dan bisa dibawa kemana saja tanpa ada perbedaan.



Rabu, 22-08-2007 17:46:43 oleh: sunu ardja

mbak punya data sensus penduduk yogyakarta gak?

thakns




Kamis, 03-04-2008 16:38:03 oleh: sopianhadi

Salam kenal orang batam.................



Senin, 07-04-2008 16:24:53 oleh: heni n ririn

slam kenal aja.....



Selasa, 06-05-2008 16:59:51 oleh: n Presslik

baru tahu ya??? itulah I N D O N E S I A kita...
semuanya rusak di jaman ORDE SOEHARTO 33 TAHUN.
saat ini generasi seperti kita terpaksa menuai Hasil badai akibat bibit angin yang di tanam di Jaman ORBA.....

kacian deh Indonesia....




Rabu, 07-05-2008 20:01:01 oleh: maria yosefina

punya data sensus penduduk indonesia tahun 2007 gak ?



Selasa, 24-06-2008 17:43:38 oleh: Nur aini

informasinya lumayan jelas tapi tolong lain waktu lebih diperjelas lagi agar orang yang membuka situs ini lebih paham dan mendapat kepastian hasil.
terimakasih




Selasa, 05-08-2008 16:12:14 oleh: IQBAL

saya ingin berita penduduk laaki laki berapa dan wanita berapa



Kamis, 16-10-2008 20:23:05 oleh: pitri retno wulandari

klo menurut saya, jika jumlah penduduk hanya di hitung melalui jumlah KTP saja itu belum bisa menjumlahkan seluruh penduduk. Karena pembuatan KTP baru boleh dilakukan saat penduduk itu berusia 17 tahun. Lalu bagaimana dengan penduduk yang umurnya belum mencapai 17 tahun???
apakah dalam hal ini mereka tidak di hitung dalam jumlah penduduk??




Minggu, 19-10-2008 12:07:13 oleh: eudi

tambah lagi artikel yang adoooooo......okk

daqn jangan sombong.........




Selasa, 04-11-2008 09:17:26 oleh: ernis

lebih banyak lg dnk artikelnya



Kamis, 06-11-2008 10:47:35 oleh: fendi-pekanbaru

ada data penduduk indonesia yang terbaru gak mbak? kirim dong.TQ



Selasa, 18-11-2008 04:26:55 oleh: steven

mau tau alamat riska . . . .



Sabtu, 31-01-2009 11:45:02 oleh: bian

aku mau nyari seseorang yang nama fabian , dia tinggal di jakarta dan sekarang katanya dia sekolah ke australia aku dah lama lost contek ama dia , aku butuh banget data dia



Jumat, 06-02-2009 19:58:18 oleh: widzi

salam kenal orng batam



Jumat, 06-02-2009 20:00:59 oleh: anisa

bagaimna untuk menggetahui jumlah penduduk kapital indonesia



Senin, 23-02-2009 19:56:57 oleh: erwin

berapa jumlah penduduk indonesia tahun2008??



Jumat, 06-03-2009 12:57:40 oleh: sari

brita indonesia herbaru dungggggggggg




tx yooooooooooo




Senin, 13-04-2009 08:44:18 oleh: aish

siiippppp
apiikkkkk
polllllll




Senin, 20-04-2009 19:43:29 oleh: mihal

Salam orang batam dr medan orang muda hrs sanggub buat repormasi jangan hanya bicara tapi hasil karya nyata cukuplah pembohongan disegala bidang eee macam betul aja he he





Rabu, 22-04-2009 14:09:56 oleh: Candra Tri Buana M

Gimana cara hitungnya kalo satu orang punya 2 atau bahkan 3 KTP???



Sabtu, 02-05-2009 11:09:32 oleh: supardi

susah kita mendapatkan data valid jumlah penduduk disemua tingkatan wilayah sampai saat ini, karena hampir semua daerah ada penduduknya memiliki KTP ganda, contoh, pada saat pendaftaran jamaah haji bamyak yang mendaftar didaerah lain dengan alasan mudah dan dekat, dan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon haji adalah KTP, belum lagi yang bejerja didaerah lain atau yang kuliah ditempat lai, dll ini semua KTP nya ganda



Kamis, 28-05-2009 16:03:09 oleh: acoz

Hitungan penduduk lengkap itu tiap 10 tahun tp tiap taon di UP DATE.trus itung pndduk g lewat ktp tp door to door.jd nihil sekali pengaruh ktp ganda ma itungan pnddk.



Minggu, 05-07-2009 06:18:49 oleh: Toto 163

sama dunk saya jg punya 2 KTP ^_^,,,,Lam knal dech mbak....Batamnya mn???saya dulu d Perum Tiban Indah Permai dan rencana pengen balik k sono lageh sech...



Senin, 27-07-2009 10:33:49 oleh: rijanto

untuk apa kita pusing-in berapa jumlah penduduk indonesia? Yang penting kualitas penghidupannya, bukan kuantitasnya. Lihat Singapura. Negara kecil, penduduk sedikit, tapi makmur dan sejahtera. Indonesia...? Pikirkanlah, bagaimana mengentaskan kemiskinan dan korupsi, peningkatan taraf hidup rakyat indonesia
ok ? Sekolah gratis ? BAK saja bayar ! Jangan membohongi rakyat, ok




Minggu, 02-08-2009 09:45:18 oleh: timothy damian gracianov

klo tahun 2008 uda tw brp jumlah penduduk Indonesia nya blm?



Kamis, 06-08-2009 10:35:46 oleh: yoes

penentuan jumlah penduduk kek nya terlalu naif jika dihitung dari jumlah produksi KTP bos.....
untuk lebih jelas nya mungkin temen2 dari BPS yang lebih tau metode penghitungan jumlah penduduk nya.




Senin, 31-08-2009 10:35:13 oleh: Peni

Kalau lagi merenung tentang Indonesiaku, Tanah Airku, Tanah Tumpah Darahku, Tanah Elokku, Tanah Suburku, Tapi kenapa tak seindah Sya'ir dalam lagu "KOLAM SUSU" Aku Miris, Aku Sedih bila memikirkan masa depan Bangsaku ini, Sudah lama kita Merdeka, tapi kenapa kita belum juga Maju seperti negara lain. Apa yang salah, apa yang kurang..., Tanah Air kah..., Sumber Daya Manusiakah..., Moralkah...? Kenapa Rakyat Indonesia Sebagian tidak bisa menikmati kekayaan Bangsa sendiri, kenapa mereka harus menjadi Budak di Negeri Orang, dengan segala Ejekan,
cacian, Makian, bahkan Pelecehan Sexsual, Itu semua Penghinaan bagi Bangsa Indonesia. Kenapa Bangsa kita gak bertindak, kenapa hanya diam menyaksikan Penderitaan Rakyat Kita yang Mengadu Nasib di Negeri Orang.Apa yang membuatmu Takut, apa yang membuatmu Diam Bangsaku!Bagi semua Rakyat Indonesia,yang punya Hati Nurani, yang membaca Tulisanku ini, Ungkapan Kegetiran Hati ini, Tolong...,Tolong..., Tolong..!Sekarang Bukan Waktunya untuk berdebat, Sekarang bukan waktunya untuk Mencari Kejelekan Pemerintahan Yang sedang memimpin, Sebab Dengan Mencari Kejelekan Satu Sama Lain Bukan Solusi untuk menyelesaikan masalah.Mari kita Bersama-sama membantu Pemerintah Yang ada untuk membangkitkan Bangsa ini dari Keterpurukan. Mengabdi Untuk Bangsa Kita,Tanah Air Kita, Bukan berarti harus jadi seorang pemimpin, Kalau memang Hati kita Bersih dan Tulus ingin mengabdi pada Bangsa kita ini Aku yakin Allah Maha Tahu akan Maksud Dan Tujuan Kita. Kalau memang diantara kita (Rakyat Indonesia)Baik yang Kaya atau yang miskin, Yang punya Kekuatan ataupun yang lemah, yang Punya jabatan ataupun rakyat biasa,kalau punya Ide, Gagasan yang sifatnya membangun Bangsa ini, Sampaikanlah kepada Pemimpin kita. Mari kita bersama-sama Menghargai Bangsa kita sendiri,sebelum kita ingin dihargai oleh Bangsa lain.Mulailah dari mengoreksi Ahlak kita masing-masing, Apakah sudah sesuai dengan ajaran Agama yang kita anut atau belum. Terima Kasih.




Minggu, 29-11-2009 09:58:09 oleh: marita faizatul ummah

tolong kirimkan tabel jumlah penduduk terendah di Indonesia. sekarang




Rabu, 09-12-2009 22:15:48 oleh: feri viguna

klo menurut saya bs lebih besar penduduk indonesia.kan d lihat dr ktp.bagaiman klo yg d pedesaan kan jarang skali pny ktp



Rabu, 17-02-2010 09:31:59 oleh: Tyas

Makanya mari dukung sensus penduduk 2010 dengan kejujuran.
Siapapun kita, pasti ingin Indonesia yang lebih baik khan?.




Rabu, 10-03-2010 09:47:14 oleh: esti rahayu

karena aku tinggal di korea aku juga ingin cerita banyak tentang keadaan negaraku. terima kasih atas informasinya.banyak banyak lah menulis banyak membantu untuk kita . tanks



Kamis, 22-04-2010 12:46:06 oleh: dian'nitha

hem, q btuh tabel penduduk indonesia.



Senin, 12-07-2010 21:58:01 oleh: eko roseto

Sensus penduduk tidak menghitung ktp mas, tetapi petugas mendatangi orang dimanapun dia berada, lalu orangnya ditanyain. dan dicatat.
SAYA JADI BERPIKIR BERAPA JUMLAH PENDUDUK INDONESIA SEBENARNYA. jangan jangan malah berkurang satu karena anda tidak ikut disensus. Buktinya anda tidak tahu bagaimana rasanya disensus.




Selasa, 27-07-2010 14:13:41 oleh: dio golam

tolong keluarkan penduduk indonesia saat ini




Selasa, 03-08-2010 10:30:50 oleh: apikudin

sebenarnya untuk mengetahui jumlah penduduk tergantung data mana yang akan kita gunakan..
klo data yang di gunakan dari pemda tentu akan berbeda dengan data yang dihasilkan dari Badan Pusat statistik..
klo dipemda, mungkin jumlah penduduk di hitung dari jumlah penduduk yang terdaftar dan memiliki KTP atau istilahnya registrasi penduduk sedangkan BPS menghitung dengan jumlah penduduk tanpa memperhatikan kepemilikan KTP, tapi memperhatikan sudah berapa lama seseorang diam di suatu daerah, dengan batasan minimal 6 bulan atau sudah berniat untuk tinggal lebih dari 6 bulan, dengan berbedanya konsep penduduk yang di gunakan otomatis angka yang di gunakan berbeda juga..
tapi terlepas dari itu semua, yang namanya matodologi penghitungan yang di gunakan/diciptakan manusia, pastilah akan selalu ada kelemahannya, tak akan ada yang benar2 bisa 100% tepat bisa mengetahui berapa jumlah penduduk Indonesia atau dunia kecuali Tuhan YME...




Sabtu, 09-02-2013 13:48:11 oleh: janah makmut

salam kenal




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY