Engelbertus Pr Degey

Wikimu, Antara Media Cetak dan Media Elektronik

Selasa, 24-07-2007 17:47:03 oleh: Engelbertus Pr Degey
Kanal: Opini

Wikimu, Antara Media Cetak dan Media Elektronik

Lima tahun yang lalu, 2002, saya bersama beberapa teman berkumpul di hotel Nusantara dengan bapak Abdul Munib selaku penanggung jawab Papuapos Group. Waktu itu masih pagi, saya lagi latihan pencet SMS di Handphone (HP) yang baru dikasih dari ibu Alam Nirwana, Bendahara Nondik Bupati Nabire. Tanpa sengaja, saya mengajukan pertanyaan kepada Pak Munib, “bos, apa perbedaan SMS dengan bicara langsung?”.

Pak Munib menjawab, kalau SMS – langsung dibaca masuk di hati, tetapi kalau bicara langsung, karena bias, masuk di hati cuma sedikit. Jawaban singkat, padat dan jelas itu membuat saya diam sebentar, lalu kembali mengajukan pertanyaan.

“Lalu, apa perbedaan antara media cetak dan elektronik?” Pak Munib menjawab, perbedaannya hampir sama dengan Handphone. Media cetak, informasinya disampaikan secara tertulis melalui koran, buku, majalah atau tabloid. Tetapi media elektronik, informasinya disampaikan melalui televisi atau radio dan bisa didengar langsung atau ditonton secara langsung.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Media cetak, kelebihannya sama dengan SMS di atas. Dibaca langsung, masuk di hati. Kelebihan lain, informasi itu bisa dibaca dalam kurun waktu lama. Misalnya sebuah berita dikliping dan disimpang dengan baik, 100 tahun kemudian bisa dibaca kembali. Kekurangannya, pembaca tidak bisa melihat atau mendengar langsung suara dari sumber berita. Bagian itulah yang menjadi kelebihan media elektronik. Selain berita itu bisa didokumentasikan dalam kurung waktu yang lama (Kaset atau CD), tetapi sumber berita bisa didengar suaranya atau ditontong melalui saluran televisi. Masih ada yang lain, tetapi bagian ini saya tidak urai satu demi satu.

Sekarang bagaimana dengan Wikimu.com. Apakah Wikimu.com dikategorikan ke dalam media cetak atau media elektronik? Bagian ini pasti kita semua sependapat, bahwa Wikimu.com adalah media eletronik – bukan media cetak. Mengapa? Karena menggunakan sarana komputer yang di antaranya ada layar yang sama dengan sebuah televisi.

Tetapi ingat, pendapat ini masih kurang kuat, karena semua informasi yang disajikan di Wikimu.com tidak disiarkan langsung seperti sebuah stasion televisi atau radio. Karena itu, saya setuju kalau wikimu semirip dengan media cetak, walaupun informasinya tidak dicetak selayaknya sebuah media cetak, tetapi kita bisa membaca langsung berita yang dimuat di wikimu. Dalam bahasa Pak Abdul Munib, Wikimu.com identik dengan kekuatan SMS di atas, dibaca langsung - masuk di hati.

Informasi yang kita kirim di Wikimu tidak akan pernah hilang. Sepanjang masih bisa ditampung, Wikimu akan menyimpan semua informasi yang pernah dikirim dan dimuat di layar Wikimu, dan gampang dicari.

Kelebihan lain

Dari sisi penampilan, Wikimu.com tampil sangat mantap dan menarik. Ukuran font dengan huruf Verdana sudah sangat bagus. Saya sudah melihat beberapa situs, tetapi penampilannya kurang memuaskan. Misalnya ukuran font sangat kecil. Adakalahnya judul berita sangat kecil, sehingga pengunjung bisa saja kurang tertarik untuk membacanya.

Saya pikir, tentang wikimu akan menjadi jelas kalau kita membaca bagian Tentang Kami. Di sana sudah jelas disebutkan:

Wikimu.com adalah portal informasi komunitas independen dengan konsep partisipatif. Wikimu.com bukanlah situs berita, walaupun berisi aneka ragam informasi.

Siapa saja bisa mendapatkan dan mengirimkan informasi, termasuk menambahkan, melengkapi, atau menyanggah informasi yang sudah ada. Anda juga bisa menyampaikan kutipan informasi dari sumber berita yang Anda baca, dengar, tonton dari media-media umum seperti koran, majalah, radio, dan televisi dengan menyebutkan sumbernya. Anda bisa menambahkan komentar terhadap berita dari media-media umum.

Proses distribusi dan tukar menukar informasi ini dapat dilakukan tanpa biaya apa pun. Namun, untuk mendapatkan apresiasi atas partisipasi dalam Wikimu.com, Anda harus mendaftarkan diri sebagai anggota. Pendaftaran ini tidak dipungut biaya apa pun alias gratis.

Wikimu akan membuat kita bergairah dan mengalami pengalaman-pengalaman baru dalam kehidupan sehari-hari. Pilihan di tangan kita, kapan kita mau mulai merasakan dan menikmati kegairahan ini.

:Wikimu - bisa-bisanya kita ...

 

Bookmark and Share

Tag/Label wikimu, media, radio, televisi, informasi, sms, handphone, abdul munib, papua
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
10 komentar pada warta ini
Selasa, 24-07-2007 19:08:28 oleh: rudy

weleeeh..weleeeh..setudju..studjuuu.....



Rabu, 25-07-2007 20:47:15 oleh: Retty N. Hakim

Citizen journalism ini memang menggairahkan. Ada blogger yang pernah memperkirakan umur Citizen Journalism tidak akan lama, akhirnya dia sendiri yang meralatnya di blog yang sama (beberapa tahun kemudian).

Buat saya ini buku harian terbuka yang tidak perlu dicuri baca...silahkan membaca, tapi ini pendapat pribadi. Silahkan protes dan kritik, jadi saya juga bisa refleksi diri maupun merenungkan pandangan pribadi saya.

Manusia yang tidak berkembang berarti mati...inginnya sih meniru Kartini, walau sudah meninggal toh tulisannya masih jadi perbincangan dan perdebatan. Terlepas dari asli atau tidak surat-surat beliau (saya pro yang asli), saya ingin mencoba membagikan apa yang saya bisa bagikan. Saat ini bisanya cuma ini...

Aku mau hidup seribu tahun lagi (seperti kata Chairil Anwar) walaupun hanya lewat tulisan (mudah-mudahan bisa!).




Rabu, 08-08-2007 18:10:03 oleh: Engelbertus Pr Degey

Baca juga tulisan Krispianus tentang Wikimu, Bisa-Bisanya Kita



Kamis, 04-10-2007 23:53:58 oleh: richard

kalo gak bisa buat jangan menghujat



Minggu, 07-10-2007 17:36:05 oleh: jhon

maksudnya apa richard?



Rabu, 31-10-2007 10:57:19 oleh: Ana Abdillah

bagus dan bermanfaat sebagai referensi tugas ujian saya,ya karena saya sekarang sedang mengerjakan tugas uts,,,,,



Kamis, 01-11-2007 15:23:39 oleh: NURIL HUDA

media cetak ma elektronik sama aja kale,,,,,,,



Senin, 26-05-2008 17:31:24 oleh: Roby

menurut saya citizen journalism belum setenar media-media yang ada sekarang ini karena mungkin peminat yang mendalaminya kurang.
jadi bagaimana citizen journalism ini bisa di minati oleh semua orang.




Senin, 26-05-2008 17:42:05 oleh: chika

media cetak atau media elektronik, buat saya sama aja tuh. yang saya tahu, wikimu itu asyik...meski sampai sekarang belum berani naik tingkat jadi penulis, baru sebatas komentator aja, tapi bisa lupa waktu kalo udah tune in di sini.
maju terus wikimu....!!!




Rabu, 07-04-2010 18:23:16 oleh: Engelbertus Pr Degey

mungkin karena itu face book semakin digemari dari pada sms langsung



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY