Berthold Sinaulan

Saat Pramuka Berlomba, Lampung dan Jabar Juara

Senin, 02-07-2007 12:07:09 oleh: Berthold Sinaulan
Kanal: Peristiwa

Saat Pramuka Berlomba, Lampung dan Jabar Juara

Lebih dari 600 Pramuka Penggalang (11-15 tahun) dari seluruh Indonesia, berkumpul di Bumi Perkemahan Pramuka Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, pekan lalu. Mereka adalah wakil-wakil dari 33 provinsi di Indonesia yang mengikuti Lomba Regu Pramuka Penggalang Tingkat Nasional atau tingkat V (LT-V). Setiap provinsi mengirimkan 1 regu putra dan 1 regu putri terbaiknya. Dalam lomba ini, regu putra dilombakan terpisah dengan regu putri.Satu regu terdiri dari 10 orang Pramuka Penggalang.

LT-V merupakan puncak dari lomba yang diadakan berjenjang mulai dari LT-I di tingkat Gugusdepan Pramuka (biasanya berpangkalan di sekolah atau di suatu RT/RW). Regu pemenang LT-I kemudian ikut berlomba di LT-II yang diadakan di tingkat Kwartir Ranting atau kecamatan. Pemenang LT-II berlomba lagi di LT-III yang diselenggarakan di tingkat Kwartir Cabang atau kotamadya/kabupaten. Selanjutnya, pemenang LT-III akan berlomba di tingkat Kwartir Daerah atau provinsi dalam LT-IV. Regu pemenang LT-IV itulah diikutsertakan dalam LT-V.

Selama sepekan, regu-regu itu mengikuti beragam kegiatan lomba. Mulai dari kegiatan memasak makanan khas daerah dari provinsi yang diwakilinya, semboyan dan isyarat baik melalui morse, semaphore, dan lainnya, kompas, peta topografi, peta panorama, mengenal tanaman, teknologi informasi (termasuk pengetahuan komputer), pentas saeni sampai bakti masyarakat dan sebagainya. Selain di Cibubur, regu-regu peserta juga mengadakan lomba di Bumi Perkemahan Bekasi, Jawa Barat. Di sana, regu-regu peserta lomba mengadakan penjelajahan, termasuk mempraktikkan kemampuan bertahan hidup (survival) di alam terbuka. Misalnya, bagaimana berkemah dengan peralatan sederhana dan seadannya, memasak makanan dengan peralatan masak yang terbatas, dan sebagainya.

Sebagaimana umumnya suatu lomba, tentu saja dewan juri harus melakukan penilaian dengan teliti. Namun, tak jarang, hasil penilaian mungkin saja, masih mengandung unsur subjektivitas seorang juri. Apalagi kalau lomba yang sifatnya tak terukur, seperti memilih makanan terbaik dari sekian banyak makanan yang ada, menilai gerakan dan teriakan saat regu-regu meneriakkan yel regu dan sebagainya.

Bahkan pada lomba yang penilaiannya terukur pun, seperti mengirim kalimat dengan isyarat morse atau semaphore, terkadang masih saja ada unsur subyektivitas dalam penilaian. Misalnya, menyangkut cara dan sikap mengirim isyarat dengan bendera semaphore, dan sebagainya.

Dalam lomba selalu ada yang menang dan ada yang kalah. Terkadang pula terdapat penilaian yang tidak sempurna. Walaupun demikian, sudah sepantasnya hasil lomba diterima dengan lapang dada. Tak perlu meniru sikap seorang pembina dari salah satu provinsi yang menolak hasil lomba dengan berteriak di lapangan. Sementara adik-adik Pramuka Penggalang bergembira dalam suasana kompetisi, kok seolah-olah orang dewasa yang menjadi Pembina Pramuka, malah terkesan kurang puas?

Panitia dan dewan juri LT-V memang bukan yang terhebat dan terbaik. Namun, paling tidak harus diakui, mereka sudah berusaha sebaik mungkin. Penulis sendiri tidak masuk ke dalam kepanitiaan di bidang apa pun, tetapi mencoba menghormati keputusan yang telah dihasilkan dengan menetapkan tiga regu putra dan tiga regu putri sebagai yang terbaik.

Mereka adalah untuk kelompok putra: Regu Beprestasi Tinggi (Juara I) Lampung, Regu Beprestasi Baik (Juara II) Jawa Barat, dan Regu Berprestasi Cukup (Juara III) DI Yogyakarta. Sedangkan di kelompok putri: Regu Berprestasi Tinggi Jawa Barat, Regu Berprestasi Baik Jawa Tengah, dan Regu Berprestasi Cukup DKI Jakarta.

Selamat untuk yang berhasil, dan bagi yang belum berhasil, jangan putus asa. Bukankah ada ungkapan, "Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda". Jadi, berusaha lebih baik lagi di masa mendatang. Mungkin tidak lagi dalam lomba seperti LT-V, tetapi teruslah berusaha dalam berbagai kompetisi lainnya.

 

Foto: Siswanto

Bookmark and Share

Tag/Label pramuka, lomba tingkat, cibubur, indonesia
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
35 komentar pada warta ini
Rabu, 08-08-2007 14:05:49 oleh: FIRMAN FAQIH NOSA

salam pramuka...


selamat saya ucapkan kepada para pemenang LT-V yang diselenggarakan di cibubur.
saya juga anggota gerakan kepanduan pramuka indonesia,,namun regu saya hanya samapai pada LT-IV.
saya harap regu kami dapat berlomba sampai LT-V untuk sesi tahun depan
doakan kami ya...




Senin, 29-10-2007 18:38:07 oleh: oryzaquila

salam Pramuka...
Kami hamya ingin berbagi cerita...
Hanya sebuah janji yang kami dengar ketika LT V. Janji bahwa kami akan berangkat ke Inggris, mengikuti JAMBORE DUNIA. Janji yang manis. Namun kini hanya kepahitan yang kami terima. Tak ada kepastian janji itu akan dipenuhi, bahkan sampai acara tersebut berakhir.
Semuanya seakan tak peduli. Kami hanya bisa tersenyum kecut melihat saudara kami yang lain, bercerita mengenai pengalamannya di JAMDUN.Sebenarnya kesal sih... tapi apa guna kami bersedih... harapan kami....
Tolong jangan buat perjuangan kami selama ini sia-sia....
Tolong jangan buat kenangan pahit di hati kami...
Terimakasih.. Semoga hal ini takan terjadi lagi..




Selasa, 04-12-2007 23:59:42 oleh: GUNAWAN

ASS.MET MALAM KAK?SAYA DARI MAHASISWA AKADEMI MARITIM YOGYAKARTA MELIHAT KEGIATAN PRAMUKA NEGRI KITA TERCINTA INDONESIA CUKUP PRIHATIN,KARNA PRAMUKA KITA KURANG DIPERHATIKAN,APA LAGI KEANGGOTAAN PRAMUKA PENERUS BANGSA KURANG BERMINAT,SAYA SEBAGAI KETUA KANIT PRAMUKA BERHARAP KAMI SEMUA INGIN MASUK ANGGOTA PRAMUKA INDONESIA DAN KAMI INGINKAN PELATIH PRAMUKA BUAT KAMI.KAMPUS KAMI BERALAMATKAN DI JL.MAGELANG KM 4,4 TROMOL POS 42,YOGYAKARTA,BELAKANG STASIUN PEMANCAR TVRI,YOGYAKARTA.KAMI INGINKAN PERHATIAN KAKAK TERHADAP KAMI SEBAGAI PENERUS BANGSA.SEKIAN DAN TRIMAKASIH,WSLM."""""PRAMUKA TETAP JAYA""""PRAJA MUDA KARANA""""SELALU BERKARYA.



Rabu, 05-12-2007 00:05:20 oleh: GUNAWAN

KAK NAMA SAYA:
NAMA:GUNAWAN
NRP:063004
JURUSAN:NAUTIKA
NO TLFN KAMPUS:(0274) 586263
SEKALI LAGI KAMI MENGHARAPKAN KEHADIRAN KAKAK.KAMI SANGAT MENGHARAPKAN KEHADIRAN KAKAK KE KAMPUS KAMI.SUDILAH KAK,DEMI PENERUS BANGSA INI?APA ARTINYA BERJUANG TANPA RELA,IKHLAS.KAMI SIAP DILATIH APAPUN DARI KAKAK.TRIMS




Rabu, 05-12-2007 08:35:42 oleh: Retty N. Hakim

Waduh...udah direspon belum? Nggak usah bang Berthold sendiri yang hadir kirim utusan saja juga boleh kali...

Bung Gun, kalau udah dikunjungi wajib lapor di wikimu ya! He..he...he...mau tahu saja amanat rakyat sampai ndak?!




Rabu, 05-12-2007 10:12:58 oleh: Berthold Sinaulan

Seperti kita ketahui bersama, pembinaan dalam Gerakan Pramuka dilakukan di lingkungan masing-masing. Kalau adik ada di Magelang, coba hubungi Kwartir Ranting terdekat atau Kwartir Cabang Magelang. Pasti adik-adik lebih tahu alamatnya. Utarakan maksud adik untuk mendapat pembinaan Gerakan Pramuka. Mungkin baik juga bila menulis surat ke Kwarran dan Kwarcab dengan tembusan ke Kwartir Daerah Jawa Tengah, mengenai maksud adik yang tentunya ingin mendirikan gugusdepan di tempat adik.
Sambil melakukan itu, adik juga bisa berbincang-bincang dengan pengurus Dewan Kerja Ranting atau Dewan Kerja Cabang, yaitu para Penegak (16-20 tahun) dan Pandega (21-25 tahun) di wilayah adik-adik, mengenai kemungkinan mendirikan gugusdepan di wilayah adik. Terima kasih.




Selasa, 11-12-2007 23:47:59 oleh: lestari

aq sneng kmrn bs ikut LT V di Cibubur,aq bs tmbh pnglman ttng pramuka jg bs kenal temen2 di seluruh indonesia,,selamat ya buat lampung sama jawa barat



Kamis, 17-01-2008 18:16:37 oleh: dodi

Selamat buat adik-adik yg berprestasi di LT V
Putra Kwarda Lampung - Regu Kelinci
Putri Kwarda Jabar - Regu Padi

Sesuatu yg ironis memang,akhirnya adik-adik yg berprestasi di LT V tidak diberangkatakan bersama rekan-rekan mereka yg lain mewakili Indonesia ke Jamdun.
Bagaimana Kwarnas ??? Apakah untuk menjadi wakil Indonesia di Jamdun hanya bagi mereka yg mempunyai dana sendiri saja...





Jumat, 18-01-2008 17:41:03 oleh: intan dewi

ass.wr.wb
hallo buat para akang2 di smp 1 banjaran...hehehee >_< makacih yah udah mau ngelatih kita2 sampe regu Padi dan Elang gunung berprestasi di LT 5...makasih juga buat pengorbanan waktunya...yah..walaupun kita gak jadi ke jamdun gapapa deh yang penting,kita dapat pengalaman termanis yang gak akan kita lupakan,yaitu bisa berlatih bareng ama kakak2 senior dan alumni sampe kita semua jadi akrab dan satu hati(ceileh dalem banget ^_^)eh iya mau titip salam buat kontingen lampung...say hai...pakabar?eh iya waktu itu belum ngucapin selamat...(udah basi kali)oh iya putri2 padi jabar pada sedih nih gak jadi ke jamdun...heheehhe POKONYA HIDUP ORYZAQUILA 4EVER




Jumat, 18-01-2008 19:39:03 oleh: Margo Budi

assalamu'alaikum wr.wb....

sepertinya sudah telat kalo komentarin LT V 2007, tapi sebagai anggota pramuka rasanya perlu untuk memberi saran agar kwartir nasional selaku pelaksana LT V belajar dari kesalahan - kesalahan tiap kegiatan agar bisa lebih baik.
salam untuk kak.kitri bindamping LT V '02 Jogja walau tak bisa mendampingi adik2 di LT V'07, serta K.Evi Jatim dan seluruh bindamping LT V'02
semoga kita bisa bertemu kembali di LT yang akan datang ( saya & seluruh anggota pramuka SMPN 66 Jakarta selalu mendoakan agar kita bisa bertemu kembali seperti saya dengan K.Watis dan K.Made Tingkat Kwarcab Buleleng )




Sabtu, 19-01-2008 12:43:43 oleh: Intan Sativa

assalamualaikum wr.wb
saya hanya ingin berbagi cerita..regu saya menjadi pemenang LT V,dan setau saya hadiah dari pemenang LT V yaitu berangkat ke Jambore Dunia seperti LT2 sebelumnya,memang sudah sangat terlambat bila saya mengomentari hal ini...tetapi walaupun kami tidak jadi di berangkatkan ke Inggris,setidaknya bisa di gati dengan hadiah yang lain,seperti mengikuti event pramuka Internasional,(hehe)yah tapi walaupun tidak bisa saya harap untuk LT V ke depan jangan seperti ini lagi.Dulu saat berlatih untuk mempersiapkan mengikuri LT V yang menjadi motivasi kami agar giat dan semangat berlatih adalah karena Jamdun tersebut(hehehe)eh...tapi ternyata itu hanya menjadi impian kami saja yang pada kenyataanya tidak terlaksana(U_U)kecewa sih...ya tapi mau berbuat aoa lagi?ya udahlah...yang penting saya harap kejadian ini tidak terulang lagi...karena mengharapkan sesuatu yang kosong itu hanya membuat kecewa dan sedih....OKEH!!!!! pokonya ORYZ@QUILA FOREVER LAH!!!!! HEHEHEHE




Selasa, 22-01-2008 11:53:26 oleh: intan sativa

assalamualaikum wr.wb
ternyata situs ini tidak terlalu di kenal banyak orang....sampai2 komentar saya tidak ada yang menanggapi(apa yang perlu di tanggapi?)hahahahaha salam aja buat kontingen Lampung ama Papua khususnya buat Ninin NTB......ntar kalo ada waktu nin,kita narsis sama2 lagi yahh....buat siska Papua...ada salam dari putri padi....aduh jadi kangen lagi ikut LT V hahahahahaha andai aja waktu dapat terulang kembali.....(kaya mesin waktu doraemon)haha aduh jadi ngaco yah ya udah lah.....eh yah kak ahmad ma kak arianto napa jarang ke sekolah?kita pengen kumpul bareng lagi nih plisssss




Selasa, 22-01-2008 12:27:04 oleh: Berthold Sinaulan

Salam Pramuka,
Maaf, dik. Kalau boleh tahu siapa yang menjanjikan bahwa pemenang LT-2007 akan diberangkatkan ke Jambore Dunia? Setahu kakak, kebijakan dari Kwartir Nasional tidak begitu, karena tidak mungkin mendaftarkan pemenang LT V yang baru diselenggarakan akhir Juni/awal Juli 2007 ke Panitia Jambore Dunia di Inggris yang pendaftarannya sudah ditutup pada awal 2007. Bahkan kalau tidak salah, sebenarnya pendaftaran sudah ditutup akhir 2006 dan sudah harus bayar lengkap fee (iuran perkemahannya) ke Inggris.
Namun di luar itu, selamat buat regu adik, semoga tetap bersemangat dan menjadi anak yang berguna bagi diri sendiri, keluarga, nusa bangsa, dan selalu bertakwa kepada TUHAN YME. Amin.




Jumat, 25-01-2008 20:33:58 oleh: elsa rizkiya kencana

sellamet buat anak* LT V ..
seddi dde gga ikutt LT V ..


TAPII ..
REGU KELINCI MENANG ..

hh~


sivh~ lla ..


KELINCI - MELATI ..


x)


o2 IJHS of LAMPUNG ..




Senin, 28-01-2008 16:34:57 oleh: mischa

saya mau mengomentari komentar dari kak berthold sinaulan...maaf kak emang kakak tau dari siapa i9nfo tentang jamdun itu emang kakak anggota kwarnas????saya juga denger informasi bahwa pemenang lt 5,di berangkatkan ke jamdun...katanya begitu setiap ada pemenang lt 5,informasi itu dari orang kwarcab...terus ada temen saya dari kontingen kalsela itu juga daftarnya ngedadak waktu pulang dari LT 5,tapi dia bisa ikut kok....kenapa pemenangnya nggak???lt 5 sebelumnya juga yang menang di berangkaykan ke jambore dunia di thailand,,,kwarda kami kan waktu itu jadi juara...2 diantara rekan kami di berangkatkan ke thailand untuk ikut event tersebut'''''



Kamis, 10-04-2008 13:48:04 oleh: Gojin

Salam pramuka, hai teman-teman semua, Kalau kita-kita ataupun teman-teman semua mau ngadakan kegiatan di alam terbuka, seperti camping, berkemah, refreshing, gathering/ kumpul kumpul serta pendidikan dan pelatihan, tentukan memerlukan peralatan camping/ berkemah seperti : tenda, tenda dome, sleeping bag, matras spon, dll. Oke.
Thx ya.




Rabu, 16-04-2008 17:37:46 oleh: madi

hiiiiiiiiiiiiiiiiii
slm knl khususnya buat ulil NTB




Rabu, 16-04-2008 17:44:07 oleh: iqbal kwarda kalsel

ass.....wr wb
hyyy tmn2 smua peserta LT-V pa kbr nich...?
ga trasa wktu brjln bgitu cepat,pengeeeeeeeen rasanya kmbali lg mngukuti LT-V




Kamis, 24-04-2008 13:58:18 oleh: intan sativa

Hy....
ni Intan dari JaBar....
eh ninin ntb mana?

Galuh Lampung no ganti ya?

eh kangen pengen lagi....
tapi pengen juara 1 lagi
heheheheh




Jumat, 25-04-2008 13:31:24 oleh: pradnya paramitha

hei....

aQ pradnya dari BALI.......

LT V adalah impian Q....
aQ seneng banget bisa ikut LT V bersama regu MATAHARI Q TERCINTA...

banyak pengalaman yang bisa aq jadiin pedoman hidup...


dan aQ tau klo dalam sebuah regu itu perlu ikatan batin dan tidak semata-mata pintar dalam tekpram..





Minggu, 27-04-2008 17:39:58 oleh: BUDI UTOMO

SAYA ADALAH ANGGOTA DKR DARI KWARAN WAY TENONG SAYA SANGAT SETUJU DENGAN ADANYA SITUS



Selasa, 06-05-2008 11:49:36 oleh: margo budi

ass.wr.wb....

numpang info untuk yang pernah ikut LT V, mungkin ingin mempererat tali silahturami antar anggota pramuka, kami pramuka smpn 66 jakarta ( kebetulan pernah ikut LT V '02 dan '07 ) ingin mengundang gugusdepan yang ada diseluruh Nusantara untuk ikut kegiatan ditempat kami ( lomba Pramuka ), info lebih jelas bisa dilihat di www.scoutpaskhasbara66.org, kebetulan dari bontang kal-tim sudah booking tempat....
makasih kak Berthold atas halamannya.....
wassalam




Selasa, 13-05-2008 14:33:01 oleh: Zuarman Rasidy

Salam Pramuka...!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!.

Kami dari pramuka provinsi Kepri(KARIMUN) senang sekali mengikuti perlombaan LT V. Karena di situ kami bisa menemukan hal-hal yang kami belum kenali. Dan kami juga sangat menginginkan perlombaan ini di ulang lagi. Dan buat Teman-Teman kami dari Tanjung Pinang.Dan anak anak yang mengikuti perlombaan LT V ini.
salam Temanmu dari Regu RAJAWALI




Selasa, 13-05-2008 14:40:49 oleh: S.fadjri

salam Pramuka................

saya dari pramuka prov kepri( Karimun ) snamg sekali karena bia mengikuti perlombaan LT 5 ini,krna disinilah saya bisa mndpt keluarga yg bru. Dan jga bisa mndpt wawasan yg luas. Dan saya ingin mengulanginya lgi, dan saya ingin mengucapkan terima kasih kpd kakak2 pembina yg tlah brsusah pyah dalam mendidik kami. dan utk tman2 yg ada di tg. pinang.




Kamis, 15-05-2008 15:25:01 oleh: Zuarman Rasidy

saya sangat setuju dengan adanya SITUS ini. Dan saya ingin mengucapkan kpd tmn2 seperjuangan saya, met menempuh hidup baru. Dan dalami lagi teknis KEPRAMUKAAN.Dan buat temen2 yang da d Tg.Pinang. jangan lupakan kami. perpisahan kita bukan. perpisahan selamanya.





Senin, 25-08-2008 12:19:09 oleh: Dendi Sativa

Aslm.....
Salam Pramuka Semuanya....

Apakabar Pramuka di Seliruh Indonesia saat ini?

Saya sangat prihatin dengan keadaan Pramuka sekarang ini, zaman boleh maju dan berkembang tetapi tidak dengan Pramuka.

Katanya Pramuka merupakan suatu Gerakan, tapi buktinya tidak ada Gerakannya sama sekali, tidak bergerak, malah condong mundur....

Apanya yang salah...???
Organisasinya....??
Pengurusnya....??
Anggotanya...??
Hartanya....??

Mari kita telaah lebih dalam lagi,..

Kalau Pramuka pingin maju dan berkembang harus adanya REFORMASI.........

Pemerataan hanya omongkosong belaka....
Berkembang hanya buat orang yang berduit aza....

Punya kesempatan untuk menambah pengalaman ke negeri orang.... eh... ga tau kanapa jadi ga jadi gitu....

JANGAN CARI HIDUP DI PRAMUKA BUNG......
TAPI HIDUP UNTUK PRAMUKA......

DENGARKAN SEMUANYA .........

Udah lupa ya sama Dasa Darma nya,...
mungkin udah terlalu lama untuk di ingat....apalagi di amalkan....


Salam Pramuka...............................




Jumat, 05-09-2008 15:33:27 oleh: didi

saya sangat bangga lampung juara LTV ...
saya pengen loh ketemu orang-orang nya....
kunjungi blog saya yah.....
www.andhikaprayoga.blogspot.com




Senin, 08-09-2008 22:48:44 oleh: william rocheb

kami peserta LTV,namun kami tidak puas dengan pelaksanaan LTV karena ada kecurangan dalam penilain juri sehingga keputusan juri tidak dapat diterima oleh semua bindamping.
Kami dari regu DINGGO jatim.




Selasa, 30-09-2008 11:16:03 oleh: Dodi

Kenapa Regu Berprestasi pada LT V 2007 tidak diberangkatkan ke Jamdun 2007?

Menurut info yg sy dapat : Pada Rakernas yg dihadiri oleh perwakilan Kwarda-kwarda (yg dilaksanakan beberapa bulan sebelum dilaksanakannya LT V 2007)disepakati bahwa :
Perwakilan Indonesia Ke Jambore Dunia 2007 tidak diambil dari peserta Regu Berprestasi LT V 2007, tetapi diambil dari perwakilan tiap-tiap Kwarda dengan alasan untuk memberikan pemeratan & kesempatan kepada seluruh Kwartir Daerah .

Permasalahannya ternyata kesepakatan tersebut tidak tersampaikan kpd kami (peserta LT V dari Jabar...tidak tau untuk peserta dari Kwarda lainnya tersampaikan atau tidak)sehingga kami ketika mengikuti LT V 2007 beranggapan bahwa Regu Berprestasi LT V 2007 akan memperoleh kesempatan untuk berangkat ke Jambore Dunia seperti yg diberikan kepada Juara-juara pada LT V sebelumnya.

Sedikit usulan dari sy : Untuk kedepannya mungkin kebijakannya peserta Jambore Dunia diambil dari perwakilan seluruh Kwarda-kwarda, ditambah dengan Regu Berprestasi LT V, sehingga adik-adik yg telah berjuang pada Lomba Tingkat V juga diberikan kesempatan yg sama atas prestasi mereka.
Jangan sampai setelah tidak diberangkatkan oleh Kwarnas sebagai Regu Berprestasi pada LT V, juga tidak diberangkatan oleh Kwartir Daerah nya yg ternyata memilih atas dasar kriteria lain untuk perwakilan dari Kwardanya!

Buat adik-adik yg Berprestasi pada LT V 2007 : sepertinya pihak Kwarnas telah merespon keinginan adik-adik, seperti salah satunya memberikan Kuota khusus bagi adik-adik untuk mengikuti Jambore Asean. Mudah-mudahan Kwarnas juga bisa bisa memberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan lainnya.

Terimakasih Kwarnas...Jayalah Pramuka Indonesia...!






Sabtu, 04-10-2008 12:01:10 oleh: Tendi Saetus

Ass .

Saya Tendi Taryandi, peserta LT V dari Regu Elang Gunung Kwarda Jawa Barat ,,

Alhamdulilah kontingen Jabar bisa menjuarai LT V ,,

Semoga di LT V selanjutnya kontingen JABAR bisa mempertahankan kesuksesannya dengan menjadi juara kembali ,, Amiin .

Trus berjuang ya buat pramuka ORYZ@QUILA SMPN 1 Banjaran Kab. Bandung ,,

Buat yang mau nge'add fs ma ym tendi :
fs : tendot.tuss@yahoo.com
ym : tendii_etuzz102

Makasih ya ,,

Wass .




Sabtu, 18-10-2008 16:29:13 oleh: nu'man asfahani

utk smpn 1 banjaran pertahankan juara pramukanya.
cayoo...




Rabu, 03-12-2008 09:54:34 oleh: MARGO BUDI

ass.wr.wb..
salam pramuka tuk seluruh anggota pramuka yg pernah ikut LT V 2007, wah..kayaknya rame nih setelah lama tak berkunjung di halaman ini....semua tentu ingin berangkat ke JAmbore Dunia termasuk kami Pemenang LT V 2007 ( juara III Putri ) tapi apa daya tangan kami sementara ini tak sampai, semoga dimasa yang akan datang Panpel LT V bisa lebih Fair terhadap peserta lomba, syukur - syukur jurinya diambil dari utusan tiap - tiap kwarda agar obyektif...
bagi yang mo knl kita main - main aja ke www.scoutpaskhasbara66.org atau pramukasmpn66.blogspot.com.
salam persahabatan untuk kwarda ex peserta LT V 2007




Kamis, 04-12-2008 16:25:46 oleh: gugu kahfi

sKali2 coba jalan2 k gUdep tSyara donk d Singkawang



Selasa, 09-03-2010 09:19:18 oleh: YUSRAN UMAR

saya peserta LT V 2007 DARI KALTIM KHUSUSX KOTA BONTANG......

aQ Mao ucapin Slamat bwt para pemenang
Ajang bergengsi ini........

salam "SATU HATI SATU JIWA PASUKAN MUTAHAR"......
KWARDA BALI,KWARDA SUMUT,KWARDA BANTEN DAN KAMI SENDIRI KWARDA KAL-TIM.......

majulah pramuka Majulah Indonesia.........

salam pramuka!!!!!!!!!!!!!




Jumat, 30-04-2010 18:35:44 oleh: Arini Mega Puspita

SALAM PRAMUKA !!!


saya senang dan bangga sekali melihat kata-kata REGU KELINCI dari LAMPUNG menang di LT V !!
apalagi saya turut bersenang karena Regu Kelinci ialah Regu berprestasi tinggi dari sekolah saya , SMPN 2 BANDAR LAMPUNG .
saya juga aga sedih karena tidak melihat Regu MELATI tidak ikut di LT v , tapi saya juga akan berusaha agar Regu MELATI bisa lolos sampai LT V tahun ini , saya akan berusaha sungguh-sungguh agar bisa mengikuti jejak anak-anak kelinci .

SEMANGAT !!!



Arini Mega Puspita (MELATI 2 2010)


Kelini - Melati

Jendral Sudirman - Dewi Sartika (03.059-03.060)

SMPN 2 BANDAR LAMPUNG




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY