Sjahril Mahdar

Apa Yang Dimaksud Dengan Misteri Bahagia

Minggu, 01-07-2007 07:31:09 oleh: Sjahril Mahdar
Kanal: Opini

Apa Yang Dimaksud Dengan Misteri Bahagia

Hari ini saya mau bahas tentang apa yang dimaksud dengan misteri bahagia. Apa yang dimaksud dengan bahagia itu? Inilah definisi bahagia versi saya. Bahagia adalah pada saat apa yang kita impi-impikan atau apa yang kita cita-citakan dapat kita mencapainya dan mendapatkannya dalam keadaan sadar dan nyata. Itulah artinya bahagia. 

Secara ringkasnya, Ingat kata-kata saya sampai kapanpun.Yang namanya BAHAGIA, Pada saat kita mendapatkan apa yang kita inginkan, maka kebahagiaan dan suka cita akan datang dalam hidup kita. Tapi setelah kebahagiaan dapat tercapai, dan kita rasakan, maka selanjutnya, kita dihadapkan kepada situasi dan kondisi yang tidak bahagia lagi, muncul beban berat dalam kehidupan untuk memaksa kita menuntas problem berat tersebut, jika kita bisa menuntaskannya maka kita akan mendapatkan kebahagiaan itu kembali.......Demikian seterusnya. Kebahagiaan datang, kebahagiaan pergi. Kebahagiaan itu seperti sayap. Nggak bisa lama-lama bertahan. Setelah itu kebahagiaan akan pergi lagi dan kita dihadapkan pada kenyataan yang nggak membahagiakan.Contoh: pada waktu kita bisa tamat SMA, wow sangat bahagia dan suka cita. Terbayang dalam pikiran kita, wah betapa kerennya bisa kuliah dan menyandang predikat Mahasiswa. Wow keren. Mahasiswa bung. Kita mulai sibuk daftar Universitas, begitu diterima di Universitas, eng ing eng, predikat sebagai mahasiswa sudah berada di depan mata. Kita bahagia sekali. Kita lagaknya sudah bagaikan Profesor hebat, kuliah pakai buku diktat tebal-tebal. 

Setelah menjalankan perkuliahan sebagai mahasiswa, cepat atau lambat, mulai timbul ketegangan dan kecemasan. Wah rupanya nggak enak yach jadi mahasiswa, beban SKS yang berat dan dosennya yang pelit nilai, membuat kita semua jadi was-was, apa bisa selesai S1 tepat waktu??. Mulailah kebahagiaan lenyap ditelan bumi. Mulai ada ketakutan, gimana bisa nggak selesai S1? Apalagi kita mendengar kabar dari teman sekampung, yang udah sarjana S1 tepat waktu, sedangkan kita belum juga selesai, wow ketakutan akan problem perkuliahan yang berat mulai membuat kita nggakbahagia. Kita mulai berpikir, seandainya saya bisa menjadi sarjana, wow betapa bahagianya. Sarjana bung? Keren khan..........  

Setelah berjuang begitu luarbiasa, akhirnya tercapai juga menjadi sarjana S1. Ada rasa bahagia. Tapi rasa bahagia tersebut, nggak bertahan lama, setelah itu muncul lagi yang namanya tidak bahagia. Mulai gelisah, kapan dapat pekerjaan? Di zaman sekarang yang penuh persaingan, sangat sulit untuk bisa mendapat pekerjaan karena sarjana tersebut harus bersaing dengan ribuan sarjana yang juga bekerja kerasuntuk bisa tembus mendapat pekerjaan. Setelah melamar sana-sini yang sudah menghabiskan uang perangko dan uang beli kertas dan amplop surat, akhirnya kita dites untuk bisa diterima sebagai karyawan baru. Mulailah tidak bahagia. Sangat kuatir, bisa nggak dapat pekerjaan? Sangat gelisah. Ternyata akhirnya kita berhasil juga dapat pekerjaan di perusahaan bergengsi (Konglomerat). Aduh bahagianya dan sangat bersuka cita. Gaji pertama, ajak papa mama dan adik adik makan enak-enak di restoran. Sangat bahagia sekali dan menjadi kenangan indah. 

Setelah bekerja sekian tahun, mulai gelisah dan nggak bahagia lagi, mulai bingung dan sangat tidak nyaman, kok gaji saya nggak naik-naik? Padahal kita udah kerja jujur dan memberikan masukan-masukan yang berharga untuk Bos & untuk kemajuan perusahaan, kok bos pura-pura nggak tahu, tentang keadaan kita ??. Apa bos nggak tahu, biaya hidup sekarang udah mahal dan nggak sesuai lagi dengan tingkat gaji sekarang?

Mulai tidak bahagia... mulai pikiran stress muncul. Mulai muncul rasa sentimental, Kapan dapat jodoh? Hahaha, kok teman sebelah kamar di kost kita, tiap malam minggu, pacarnya yang ganteng datang ngapel, kok saya (ini yang wanita) belum dibesuk pacar? Wah mulai nggak bahagia. Mulai stress dan mulai betapa hidup ini sangat kesepian jika nggak punya pasangan.Kalau yang cowok mulai berpikir, wah kenapa kok di usia yang udah mau masuk kepala 3, kok belum ada cewek yang naksir aku? Wah sedih rasanya.  

Setelah berjuang sekian tahun, akhirnya Tuhan buka pintu jodoh kita dan kita diizinkan menikah, wow sangat bahagia sekali, apalagi suasana bulan madu ke Pulau Bali atau ke luarnegeri yang begitu menyenangkan. Malam pertama di lewati dalam suasana yang begitu romantis, sangat bahagia sekali dan menjadi kenangan yang tidak terlupakan. Setelah menikah sekian tahun, mulai muncul persoalan lagi, kok belum punya anak, wah teman yang lain anaknya udah besar, kok saya belum? Mulai tidak bahagia dan mulai stress dan seterusnya dan seterusnya... kebahagiaan datang, tapi kebahagiaan datang nggak bertahan lama, secepat kilat, kebahagiaan seperti punya sayap terbang jauh. 

Jadi apa definisi arti bahagia? Definisi arti bahagia adalah pada saat kita mendapatkan atau mencapainya, dan itu dikatakan sebagai sukses, maka kita akan merasa bahagia sekali. Setelah kita mencapai dan mendapatkan sukses yang mendatangkan kebahagiaan maka timbul rasa nggak bahagia lagi. Kita jadi nggak merasa puas. Karena problem berat mulai muncul, pengen punya mobil, pengen punya rumah, pengen bisnis sukses. Pengen naik jabatan, pengen punya anak cerdas dan pintar, pengen punya tabungan deposito, pengen punya apa saja yang halal. Itu semua kalau nggak bisa tercapai dalam hidup ini, akan merampas kebahagiaan kita.  

Dengan datangnya kebahagiaan, itu artinya kesuksesan datang, yang akan membuat kita merasa bahagia. Jadi dalam hidup ini, kita nggak ada puasnya. Kita akan terus dihadapkan pada persoalan-persoalan hidup yang datang silih berganti. Itulah hidup di dunia yang fana serba menderita. Manusia selalu dituntut untuk tuntaskan problemnya. Jika kita bisa tuntaskan persoalan menjadi selesai, maka bahagia pasti datang.  

Jadi kesimpulannya, Tuntaskan semua persoalan hidup maka itu namanya Sukses tercapai, barulah kebahagiaan muncul dan membuat hati kita berbunga-bunga. Kita pandang sekeliling kita rasanya seperti rumput yang sangat hijau sekali, sangat bergairah dan bahagia sekali.  

Demikianlah sedikit cerita saya tentang apa yang dimaksud dengan kebahagiaan. Semoga bermanfaat bagi sidang pembaca website WIKIMU.COM. Tetap antusias, tetap semangat dan maju terus....

Bookmark and Share

Tag/Label bahagia
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
3 komentar pada warta ini
Minggu, 01-07-2007 23:13:44 oleh: Retty

Bahagia itu lebih banyak menjadi milik anak-anak yang belum terkontaminasi penyakit prasangka(prejudice) dan politik. Hidup sebagai anak-anak yang belum tahu beban kehidupan akan menjadi masa yang sangat bahagia. Sayangnya sekarang ini umur kebahagiaan anak-anak kita semakin pendek...semoga bisa lebih cerdas dalam mencari kebahagiaan di masa dewasa!



Senin, 26-01-2009 13:28:58 oleh: misayu

bahagia adalah mensyukuri apa yang Allah beri setiap saat setiap waktu



Minggu, 01-11-2009 11:15:49 oleh: rizky

berbahagialah orang tidak mencari kebahagian. kebahagian yang kita artikan selama ini tak lain adalah kesenangan dan kesenangan itu jelas setiap orang memiliki perasaan yang berbeda.



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY