Adela Eka Putra Marza

USU Buka Jurusan Sastra Cina Mulai Tahun Depan

Rabu, 27-06-2007 08:29:41 oleh: Adela Eka Putra Marza
Kanal: Peristiwa

Dalam usaha membangun citra sebagai fakultas dengan kajian etnik, Fakultas Sastra Universitas Sumatera Utara (FS USU) akan membuka program studi baru, yaitu Program Studi Sastra Cina S1, mulai tahun ajaran depan, 2007/2008. Pembukaan program studi dengan berdasarkan Surat Izin Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Nomor 303/D/T/2006 ini akan menjadi Program Studi Sastra Cina satu-satunya di wilayah Sumatera hingga saat ini.

Menurut Dekan FS USU, Drs. Syaifuddin, MA PhD, pembukaan Program Studi Sastra Cina ini telah diinstruksikan oleh Rektor USU sejak 26 Januari 2007 yang lalu, bersamaan dengan pelantikannya sebagai Dekan FS USU. "Waktu itu, Rektor secara lisan mengatakan bahwa Sastra Cina sudah bisa dibuka mulai tahun ajaran depan," jelas mantan Ketua Departemen Sastra Melayu FS USU ini.

Masih menurut Syaifuddin, Sastra Cina ini memiliki peluang yang cukup besar ke depannya. Dilihat secara non-materi, Sastra Cina sudah menjadi salah satu kolektivitas khasanah budaya kita. Sedangkan dilihat dari situasi sekarang ini, dalam masalah perdagangan bebas dan global, bahasa Cina merupakan salah satu bahasa yang mendominasi. USU sendiri mempunyai misi university for industry, sesuai dengan hal ini Lulusan Sastra Cina akan dibutuhkan untuk stakeholders USU, di antaranya usahawan di bank-bank. Para usahawan tentunya perlu public relation yang mampu berbahasa asing, termasuk bahasa Cina.

"Ini memang sudah menjadi tuntutan pasar. Saya yakin program studi ini akan banyak diminati. Pangsa pasarnya bagus," ujar Syaifuddin.

Selain itu, lulusan Sastra Cina juga memiliki kompetensi untuk menjadi guru bahasa dan sastra, serta dosen di perguruan tinggi, menjadi penerjemah, ilmuwan, wartawan, dan budayawan. Lulusan Sastra Cina ini nantinya akan memperoleh gelar Sarjana Sastra (S.S.).

Untuk mendukung pembukaan Sastra Cina ini, Syaifuddin mengatakan bahwa mereka sudah melakukan berbagai usaha, seperti pengadaan ruang kuliah, staf pengajar, dan kurikulum mata kuliah.

"Kami sudah mengusahakan staf pengajar langsung dari Cina. Hal ini dapat terlaksana berkat kerjasama dengan Jinan University dari Guangzhou, Cina, yang memang sudah berlangsung sejak lama. Selain itu, kita juga bekerjasama dengan Persatuan Guru Bahasa Mandarin," jelas Syaifuddin lagi. Beberapa dosen yang dipersiapkan sebagai tenaga pengajar adalah Prof Yang Qiguang, MA; Prof Fu Ying, MA, PhD; Prof Bahren Umar Siregar, PhD; dan lainnya.

Sedangkan masalah kurikulumnya, Sastra Cina ini mengacu kepada kurikulum nasional. Selain itu, juga mengadaptasi kurikulum Fakultas Linguistik dan Budaya Jinan University. Syaifuddin mnambahkan, "Kurikulumnya lebih cenderung kepada kompetensi Hokkian. Karena di kota Medan memang lebih banyak populasi masyarakat etnik Hokkian". Beberapa mata kuliah yang akan diberikan, seperti Ejaan Bahasa Cina, Bahasa Cina, Aksara Cina, Sastra Modern Cina, Sastra Cina Kuno, Sejarah Cina, Telaah Sastra Cina, Budaya dan Sosial Masyarakat Cina.

Untuk tahun ajaran depan, Sastra Cina FS USU akan menerima minimal 50 orang. "Tapi, Sastra Cina sendiri telah dipersiapkan untuk 100 orang mahasiswa pada tahun ajaran depan", tambah Syaifuddin yang merupakan lulusan S3 dari University Sains of Malaysia (USM) ini.

Mahasiswa baru akan diterima melalui jalur SPMB (S1 Reguler) dan jalur S1 Mandiri. Sedangkan uang kuliahnya sebesar Rp 2.500.000 setahun untuk S1 Reguler, dan Rp 6.000.000 setahun untuk S1 Mandiri. [Adela Eka Putra Marza]
Bookmark and Share

Tag/Label medan, universitas sumatera utara, usu, sastra cina
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
12 komentar pada warta ini
Rabu, 27-06-2007 09:07:31 oleh: bajoe

Sebenarnya salut atas inisiatif USU membuka jurusan ini, karena Cina adalah salah satu raksasa dunia yang patut dipelajari kebudayaannya. Hanya aku cukup menyayangkan dengan slogan USU : university for industry. Bukannya university for knowledge?

Yaahh, inilah potret kelam dunia pendidikan kita. Bukan semata salah petinggi USU, karena universitas-universitas di Jakarta, Jogja, Bandung justru yang memulai komersialisasi pendidikan. Seolah sekolah hanya untuk kerja. Aku tahu banyak orang atau masyarakat yang berpendapat demikian. Tapi bukankah para rektor, dekan, dsbnya itu orang pintar, yang semestinya bisa berpikir lebih jauh dan maju dari pada orang kebanyakan?

Sekarang kalau sekolah, serasa kembali ke zaman MULO - sekolah Belanda. Sekolah diselengggarakan semata untuk kebutuhan mengisi posisi pekerja di perusahaan penjajah. hiks...




Kamis, 28-06-2007 09:47:26 oleh: sakim

salut buat usu medan, memang sudah sewajar anak negeri jangan mau melupakan sejarah, karena perababan manusia yang mau maju harus ingat sejarah.. Bravo USU Medan mmembuka program studi Sastra Cina



Minggu, 26-08-2007 19:10:43 oleh: bachtiar pangaribuan

Saya salut kpd Rektor USU th 2007 utk membuka Jurusan Sastra Cina. Karena Perdagangan dunia sangat besar sekali dan merambat ke sel dunia, tentu kita sbg anak bangsa hrs mencontoh hal tsb melalui pembelajaran bahasa Cina. Kalo boleh dipermudah masuknya, agar anak sy thn 2008 sy daftarkan ke Sastra Cina tsb. Sy bks alumni fask sastra usu sek bekerja di kntr Indonesian Trade and Promotion Centre (ITPC) Budapest-Hongaria. Gracias



Selasa, 04-12-2007 16:02:42 oleh: anugrah muji esa

saya sangat tertarik dengan sastra cina,dikarenakan saat ini cina menguasai perdagangan dunia.tahun depan saya sudah masuk bangku kuliah.mungkin USU bisa memberikan beasiswa untuk saya jurusan sastra cina.xie-xie



Senin, 28-01-2008 13:52:47 oleh: susi andriani

Selamat untuk USU yang sudah akan membuka sastra Cina pada tahun 2008.

Sekarang saya bekerja di Universitas Negeri Jakarta. Kami sedang mempersiapkan pembukaan jurusan Pendidikan Bahasa Cina.

Alangkah baiknya bila kita bisa bertukar informasi dalam mempersiapkan pembukaan jurusan ini.




Senin, 28-01-2008 14:08:30 oleh: eka risnawati

Selamat ya buat FS USU, Bravo d pokoke..... Semoga Ini adalah awal untuk perkembangan selanjutnya untuk USU ku tercinta.
Btw, Bachtiar Pangaribuan anak USU ya, Anak MIPA bukan? Kayaknya aku pernah denger lho namanya?
tp maaf ya kalo salah. he...he...




Jumat, 08-02-2008 15:50:30 oleh: thesa_mooi

saya tertarik dengan jurusan sastra cina, karena adik saya thn ini (2008) lulus SMA... Jadi saya ingin merefrensikan supaya dia masuk sastra cina. Apakah ada ujian lain selain SPMB? dan besiswa buat yang akan masuk kuliah??



Minggu, 10-02-2008 14:53:37 oleh: Adela Eka Putra Marza

untuk informasi lebih lanjut mengenai Sastra China ini, bisa browsing di:

www.usu.ac.id

(website Universitas Sumatera Utara)

Thank's b4...




Jumat, 25-04-2008 17:18:23 oleh: Hendra

apakah focus pada hokkian sj.bagaimana dengan bahasa mandarinnya?




Jumat, 02-05-2008 05:37:19 oleh: Meira

Sy tertarik tp info jur Sastra cina Dweb usu ga lengkap,apa beda kursus ama sastra mandarin?trus apa aja mata pelajaran yg diuji lwt spmb?selain ujian spmb apa ada ujian lain khusus utk sastra china?thx



Selasa, 01-07-2008 10:30:54 oleh: mhsswa_@ sastra cina

sbnar_a sastra cina tu,gak cma skdar bljr bhs hokkian,tp lbh di fokuskan untk mhsswa bsa b'bhsa cina,,,,so jgn rgu" bwt jdi khan sastra cina sebagai plhan kmu...







Rabu, 02-06-2010 21:20:34 oleh: Deasy Anastasia Putri

saya adalah mhasiswa Sastra Cina USU.

iyah...
selama belajar di sini, saya senang. dikarenakan bagusnya cara pengajaran dosen sastra cina ini. apalagi, dosen kami langsung didatangkan dari Guangzhou melalui kerjasama USU-Jinan University.
jadi bagi yang mau masuk ke sini. silahkan !!
jangan takut




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY