Suhu Tan

I Ching, Kitab Kuno Sumber Inspirasi Ilmu-ilmu China, Seperti Apa Isinya? ( 2 )

Rabu, 13-06-2007 11:40:09 oleh: Suhu Tan
Kanal: Opini

I Ching, Kitab Kuno Sumber Inspirasi Ilmu-ilmu China, Seperti Apa Isinya? ( 2 ) Zhou Yi, Kitab tentang hakekat perubahan di zaman Dinasti Zhou, seiring perjalanan waktu akhirnya mengalami perubahan nama. Kemudian menjadi populer dengan sebutan Yi Jing ( baca: I Ching )

Sesuai dengan namanya, kitab ini memuat pelajaran tentang metafisika perubahan. Bahwa segala hal yang tercipta yang terkondisikan dengan jelas maupun yang tersamarkan kondisinya tak ada yang luput dari perubahan. Setiap aksi akan mendatangkan reaksi dan dari reaksi yang muncul pasti akan memunculkan kembali aksi yang baru. Dengan adanya kondisi aksi reaksi seperti ini maka terjadilah perubahan demi perubahan yang terus bersiklus tak pernah berhenti. Tercapainya suatu kondisi yang membuat berhentinya proses perubahan, inilah yang dinamakan sebagai pencapaian pencerahan abadi atau berakhirnya segala fenomena. Suatu kondisi yang mungkin terjadi tapi entah kapan fakta riilnya.

Berdasarkan konsep penghayatan Yin Yang, selalu saja ada hal antagonis didalam kehidupan ini. Ada panas pasti ada dingin. Ada keras ada lembut, ada siang ada malam, ada yang tidak takut pasti akan kita temui mereka yang takut. Karena adanya sesuatu yang enak maka akan memunculkan juga hal yang tidak enak. Kenyamanan baru bisa kita rasakan bila sebelumnya kita sudah merasakan tentang hal yang tidak nyaman. Bila seumur hidup kita tidak pernah tahu sesuatu yang tidak nyaman itu seperti apa, bagaimana mungkin kita bisa tahu rasa nyaman itu kayak apa. Ada sehat ada sakit, ada optimisme tentu ada pula pesimisme. Ada yang bergerak pasti ada yang tidak bergerak.

Dari logika pemikiran tersebut , berarti akan muncul jalur pemikiran yang menyimpulkan bahwa ; dengan adanya perubahan pasti ada suatu kondisi yang tidak berubah. Apa itu yang tidak berubah?  Jawabnya cuma satu, yaitu Hukum Perubahan itu sendiri.  Seperti matahari yang selalu terbit di timur dan tenggelam di barat, muncul setiap pagi hari dan tenggelam di sore hari. Begitu juga dengan fenomena alam lainnya. Semua terus berulang-ulang dalam siklus yang tetap dan terprediksikan alur pergerakannya (perubahannya). Ini dimungkinkan terjadi karena adanya Hukum Perubahan yang tetap, dari dulu sampai sekarang hukumnya tetap sama tak pernah berubah. Dengan adanya hukum yang tetap / abadi (tidak pernah berubah) akan hakekat dari Perubahan, maka Perubahan itu bukanlah sesuatu yang unpredictable, semuanya menjadi suatu fenomena yang bisa kita prediksikan.

Nah, adanya Hukum Perubahan yang tetap seperti inilah yang dipakai oleh Fu Xi (2953 - 2838 SM) sebagai dasar pemikiran bahwa perubahan adalah sesuatu yang pasti, tidak ada yang tidak berubah. Semua berderap dalam proses perubahan, tiada yang luput dari perubahan, tiada yang tidak akan berubah.

Dan perubahan itu sendiri adalah sesuatu yang berproses, bergerak dari momen ke momen, tidak ada yang langsung instan atau serba mendadak. Kalau saja kita mau cermat mengamati fenomenanya maka perubahan yang akan terjadi, seperti apapun bentuk dan wujudnya adalah sesuatu yang sesungguhnya bisa kita antisipasi.

Segala apa yang akan terjadi ( perubahan yang muncul ), di dalam logika penghayatan I Ching tidak ada yang tidak bisa diprediksikan karena semuanya bergerak dalam alur proses yang didasari oleh hukum yang tetap. Hukum yang bisa dihitung dan dijabarkan secara matematis. Cuma memang ukuran matematisnya agak unik, bukan perpaduan angka tapi matematis tentang kombinasi dan transformasi elemen.

Filsafat Perubahan I Ching, yang dicanangkan Fu Xi sejak hampir 5.000 tahun yang lalu, membeberkan secara detail tentang proses dari setiap perubahan. Baik perubahan alam maupun perubahan yang disebabkan karena aksi manusia. Apapun yang kita lakukan sekarang ini (sebab) pasti akan membuahkan reaksi (akibat) yang masuk ke dalam alur hidup kita. Seperti apa reaksi yang kita terima? Semua tergantung dari aksi apa yang kita lakukan. Dalam pengertian lain, apapun yang kita lakukan akan menghasilkan reaksi yang berbeda-beda, bisa baik bisa buruk. Bisa mendatangkan kemujuran bisa pula mendatangkan kemalangan. Sekali lagi, tergantung dari apa yang kita perbuat dan bagaimana kita mengantisipasinya.

Penganalisaan untuk semua bentuk-bentuk perubahan ini tertuang dengan gamblang di dalam I Ching. Asal saja kita mau mendalami dan menekuni I Ching dengan sungguh-sungguh, kita akan dapat dengan mudah membuat perhitungan yang matematis untuk memprediksikan tentang apa yang akan terjadi kelak.

Tak kepalang tanggung, Kong Fu Zi (Khong Hu Cu) seorang filusuf besar , yang oleh komunitas tertentu di posisikan sebagai Nabi Agung, dalam salah satu ujarnya ada mengatakan:

"Bila Thian (baca:Tuhan) berkenan memperpanjang usiaKu setahun untuk memberikan kesempatan padaKu mendalami Kitab I Ching maka selanjutnya Aku pasti dapat menghindari kesalahan besar."

Seperti halnya BMG memprediksikan ramalan cuaca, begitulah I Ching mengupas setiap proses dari bentuk - bentuk perubahan. Melalui data atas aksi yang kita lakukan, dipadukan dengan elemen alam yang sedang berkuasa, munculah suatu perhitungan yang merumuskan tentang apa yang akan terjadi. Bukan klinik, bukan mistik, bukan pula ramalan tahayul, tapi perhitungan matematis Ilmiah Timur, yang oleh kalangan Barat tidak diakui sebagai sesuatu yang ilmiah.

Jika kita menyelami lebih jauh tentang I Ching, semakin kita dalami akan semakin kita temukan hal-hal yang fenomenal. Banyak hal yang kita hayati sebagai sesuatu yang tak mungkin tapi menjadi mungkin dan logis begitu kita telaah dalam logika matematis I Ching.

Konsep dasar yang dibangun dalam pemahaman I Ching ini, mengandung hal-hal faktual yang tak bisa kita pungkiri kebenarannya. Dari dulu sejak diperkenalkan oleh Fu Xi sampai ke zaman millenium sekarang ini, butir-butir pemikiran Fu Xi yang tertuang dalam I Ching terbukti benar adanya, tak terbantahkan.

Bagaimana mungkin ....?        

Okey, marilah kita simak konsep perubahan yang dicanangkan di dalam I Ching, yang merupakan butir-butir pemikiran otentik seorang Fu Xi, sbb:

Hakekat Perubahan meliputi fenomena faktual , berupa pemahaman bahwa;

•v    Semua yang terkondisikan pasti akan mengalami perubahan.

Tidak ada sesuatu yang kekal selain hukum perubahan itu sendiri, termasuk benda mati sekalipun. Kita contohkan saja, sebuah batu besar yang diletakkan di taman lalu biarkan jangan disentuh, jangan di apa-apakan. Setelah didiamkan selama, katakanlah, 6 bulanan, akankah batu itu berubah? Jawabnya ya. Apanya yang berubah? Ya, paling tidak warna permukaan atas dan bagian bawahnya pasti sudah berubah. Yang atas semakin terang memutih karena sering terkena siraman cahaya matahari, sementara yang bawahnya malah tambah gelap dan mungkin juga mulai berjamur. Batu besar yang tak disentuh manusiapun ternyata tetap saja mengalami suatu proses perubahan. Apalagi kalau harus berbenturan dengan sentuhan atau pengrusakan oleh manusia pasti akan semakin kompleks efek perubahannya.

•v    Ada yang terkondisikan sebagai sesuatu yang  mudah sekali berubah.

Seperti halnya angin, awan, air, formasi pasir di gurun, pikiran, perasaan hati, emosi manusia serta naluri/insting binatang dan semua benda yang bergerak

•v    Ada yang terkondisikan sebagai sesuatu yang mengalami perubahan total.

Seperti telur - ulat - kepompong kupu-kupu;  telur - kecebong - kodok; benih janin- embrio- bayi, dan lain semacamnya.

•v    Ada sesuatu yang selalu berubah dengan pola yang tetap.

Seperti halnya Matahari yang selalu terbit di Timur tenggelam di Barat. Bumi dan Planet lainnya yang bergerak mengelilingi Matahari. Bulan yang berevolusi mengelilingi Bumi. Gerakan Bumi yang berotasi pada porosnya. Angin yang selalu mengalir ke daerah tekanan udara yang lebih rendah. Air yang selalu mengalir ke bawah. Api yang selalu bergerak ke atas. Tunas pohon yang selalu tumbuh mengarah ke sumber masuknya cahaya matahari. Setiap benda yang dilempar ke atas pasti akan turun ke bawah, dan fenomena sejenis lainnya.

•v    Ada pula yang selalu berubah-ubah.

Seperti kumpulan gambaran awan yang berarak, bunglon yang selalu berubah warna mengikuti warna yang ada di dekatnya, fatamorgana yang memantulkan aneka cahaya berlain-lainan tergantung dari sudut mana kita melihatnya, deburan ombak yang menghantam ke pantai, arah tiupan angin, dan model sejenis lainnya.    

Apa yang di konsepkan di atas, sampai sekarang hal-hal tersebut tetap berlangsung seperti itu. Hakekat Hukumnya tetap, tidak ada yang berubah. Tidak terbantahkan, semua benar dan faktual adanya.

Dengan dalih pemahaman seperti diatas, I Ching menjabarkan semua fenomena perubahan tersebut ke dalam bentuk-bentuk dan konfigurasi elemen. Tidak ada satupun fenomena alam maupun benda - benda di sekitar kita yang tidak terwakili ke dalam pengelompokan elemen Wu Xing (Lima Elemen) '                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         

Wu Xing yang terurai menjadi sepuluh karena pengaruh Yin dan Yang, saling berinter aksi satu dengan lainnya. Begitu juga terhadap elemen faktor langit, faktor bumi dan faktor manusia itu sendiri, semua berstimulasi sesuai hukum-hukum kodratinya. Pergeseran yang terjadi dari setiap interaksi elemen inilah yang memunculkan suatu reaksi perubahan demi perubahan.

Karena faktor kejiwaan manusia, aktivitas manusia, kondisi situasional alam lingkungan, siklus perubahan elemen tahunan, bulanan, harian dan jam, semuanya terpolarisasi dalam penjabaran elemen. Maka perhitungan interaksi elemen berarti merupakan perhitungan terhadap proses perubahan. Dan sekaligus juga bisa kita jadikan sebagai sarana antisipatif menghadai segala kemungkinan yang akan terjadi.

Demikian kurang lebih sedikit gambaran atau penyederhanaan dalam memahami hakekat dari nilai-nilai fenomenal I Ching. Sepintas, pengenalan ini serasa sulit untuk dipahami tapi bila kita mempelajarinya dalam kelas pembelajaran I Ching, semua menjadi lain. I Ching menjadi suatu ilmu metafisika yang menarik untuk dipelajari dan mudah dihayati bagi mereka yang sungguh-sungguh mau mempelajarinya.

Jika ada yang berminat mau mempelajarinya, saya siap menurunkan Ilmu I Ching ini ke anda dan menyediakan kelasnya.  : D

Sekian, sekedar pengenalan akan hakekat perubahan I Ching.

Bookmark and Share

Tag/Label i ching, ilmu, perubahan, china, kitab
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
37 komentar pada warta ini
Rabu, 13-06-2007 18:02:12 oleh: Bagus YP

Nah akhirnya turun juga ilmunya suhu , mau komen nih..
Mengenai Relasi hubungan Ilmu I Ching dan Teknolgi modern :
1.Saya pernah baca , konon perhitungan Sempoa , juga berakar dari formasi 64 hexagram Iching,sempoa sendiri merupakan basic mesin Hitung, yang menjadi inspirasi org Jerman Leibniz , menyempurnakan sistem Biner , dan kalkulus diferensial-integral, yang juga teori awal ilmu komputer.
Apa suhu punya eferensinya ? Boleh dong kalo ada dimasukkan artikelnya..
2. Kalo ada referensinya mengenai pengembangan I-ching ke Ilmu pengetahuan mis: pengobatan, penemuan magnet, mesiu , kertas, dll.
BTW... Ok suhu.. hari gini kayaknya perlu kita mengorek-ngorek ilmu kuno lagi, yang masih bertahan dan relevan dgn jaman sekarang...




Kamis, 14-06-2007 02:37:08 oleh: Suhu Tan

Anda benar, Sempoa memang berasal dari penjabaran Hexagram I Ching. Biji-biji sempoa itu sebenarnya kumpulan dari perpaduan Yin Yang dan numerologi I Ching. Secara penalarannya hal ini masuk akal. Penggunaan Kutak-katik nya biji sempoa, atas bawah, kiri kanan, tengah pinggir, turun naik dsb adalah mirip dengan pengkombinasian garis-garis dalam formasi Hexagramnya I Ching.

Sayang saya tidak punya referensi bukunya.

Banyak hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan modern yang menggunakan standar metodenisasi Negatif dan Positif, baik untuk komputer, listrik, magnit, genetika, mekanika, fisika, dll yang sebenarnya adalah wujud dari pengembangan konsep YIn Yang nya I Ching.

Jangan cerita kalau ilmu-ilmu China Kuno, hampir keseluruhannya mengadopsi metodelogi Yin Yang dan Wu Xing ( Lima Elemen ) yang menjadi inti pokok dari I Ching, termasuk diantaranya yang berkembang menjadi ilmu meditasi kesehatan & panjang umur china, senam, kungfu, ramuan pengobatan China dan organ kesehatan tubuh serta Ba zi, Feng shui, Zi wei Dou Shu, Mian Xiang (ilmu raut wajah) dan ilmu-ilmu metafisika China kuno lainnya. Tak terpelakan lagi bahwa semua nya ini bersumber dari apa yang digariskan dalam I Ching.

Logikanya jelas, sangat kental kaitannya dengan I Ching, tapi kebanyakan, buku-buku tentang bidang ilmu diatas, umumnya tidak menerangkan bahwa itu semua merupakan pengembangan dari I Ching. Sehingga sulit bagi kita untuk mendapatkan buku / literatur yang mengkaitkan hal itu.




Minggu, 01-07-2007 01:50:04 oleh: Z. Qui

Sudah lama saya tidak buka Wikimu, pekerjaan kantor menyita habis waktu saya dalam sebulan lebih belakangan ini.

Sekali buka, surprise. I Ching (2)muncul sudah.
Bagus, penulisannya gamblang mudah dipahami.

Semakin diikuti, saya melihat tulisan suhu semakin tambah variatf. Dari persoalan Shio, Fengshui, Pendidikan, Tukul, Dalai Lama sampai ke kisah nyata pengalaman suhu yang mencekam, berseri dari ketegangan satu ke ketegangan lainnya. Ditambah pula ke tulisan politik.

Kalau dikatakan suhu adalah amatiran yang buta dengan dunia jurnalistik lalu dibandingkan dengan gaya dan variasi tulisan suhu di wikimu ini, agak tidak masuk akal u/mempercayainya.

Variasinya kumplit. Tulisannya punya gaya khas dan corak sendiri. Membaca tulisan suhu yang bervariatif ini, jauh dari kesan amatiran. Ini lebih terkesan sebagai penulis yang berkarakter.

Jujur suhu, saya sering mendengar sana sini tentang kesahihan pemerediksian I Ching dalam memecahkan setiap kasus kehidupan yang ada.

Begitu juga dengan ketepatan penganalisaan ramalan Bazi yang suhu tangani, telah menyebar luas dari mulut ke mulut mengangkat popularitas suhu. Jadi tolong I Ching nya jangan berhenti hanya sampai disini, suhu. Turunin juga, dong, teori / metode penganalisaannya, biar kita -kita jadi tahu dan tambah pengetahuan, suhu.

Di tunggu teori/ metode nya, suhu, TQ.




Selasa, 03-07-2007 00:19:50 oleh: Suhu Tan

To. Sdr. Z Qui,

Terima kasih atas penilaiannya, semoga untuk halnya I Ching, say bisa memenuhi harapan anda. :D




Rabu, 25-07-2007 08:32:56 oleh: Ferdi Suwignyo

Suhu Tan ...

beberapa hari yang lalu, saya menonton tayangan di stasiun TV, sebetulnya bukan tayangan baru tetapi di indonesia ternyata sudah ada yang bisa begitu ... yakni tentang tayagan sulap oleh seorang ilusionist (Demian; namanya) ... yang tangannya menembus kaca dan mengambil sebuah boneka di balik kaca tersebut ... memang itu hanya trik sulap, tetapi memang sepertinya tidak ada treik kamera ataupun ilusi ... yang membuat saya berpikir-2 ... apakah tangan yang menembus kaca itu adalah contoh dari sesuatu perubahan yang melawan hukum alam ... sebetulnya kejadiannya benar-2 demikian terjadi atau seperti apa ....

mohon penjelasan ...menurut suhu Tan ... dan juga rekan yang lain ... yang berhubungan juga dengan konsep I ching tsb.

Trims ... dan Sejahtera untuk semuanya

ciao...




Kamis, 26-07-2007 00:42:04 oleh: Suhu Tan

@ Pak Ferdi Suwignyo,

Untuk dunia sulap terus terang saya buta karena memang tidak pernah mempelajarinya.

Tapi kalau kita menyimak dari tayangan TV ( pernah ada beberapa kali ) yang sengaja membongkar semua rahasia besar dari atraksi persulapan modern, maka dapat diperkirakan bahwa yang anda saksikan itu juga bagian dari suatu permainan trik + akal-akalan tingkat tinggi yang dilengkapi dengan perlengkapan pendukung yang canggih dan spesial diciptakan untuk itu.

Menurut saya, mengacu dari pembongkaran rahasia sulap yang disiarkan TV, Tidak ada kejadian yang benar-benar riil didalam setiap pertunjukan sulap, semua adalah kecanggihan trik dalam memperdaya focus / sudut pandangan kita, praktis memang tidak bertumpu pada permaian trik kamera.

Termasuk juga, misalnya, soal yang manusia menembus tembok atau permainan menghilangkan sebuah panser dari sudut pandangan kita, semua itu adalah rekayasa trik tingkat tinggi - yang tentu saja memerlukan biaya yang sangat mahal untuk kelengkapan peralatan rekayasanya. Jelas ini bukan bagian dari suatu proses perubahan yang sesungguhnya.

Sekali lagi saya awam terhadap sulap, maaf kalau kesimpulan saya keliru. Entah bagaimana pendapat rekan yang lain?

Atau ada rekan wikimu lain yang mau menambahkan ? Yang mungkin lebih kompeten dengan hal ini?




Kamis, 26-07-2007 07:51:12 oleh: Bagus YP

Hallo Suhu Tan... Udah nimbrung lagi di Wikimu yaa.. Kapan dateng dari CungKuo..??
Mengenai Sulap atau permainan Ilusi, Manupulasi ilusi ataupun apapun namanya yang berdasarkan metode barat.. seperti dilakukan Dedy Cobuzier (pelopor mentalis /ilusi Indonesia),Demian, dll sebenarnya mereka itu cuma melakukan trik sulap tingkat tinggi.. Juga rekayasa tingkat tingkat tinggi sperti yang diutarakan Suhu Tan.
Rekayasa tingkat tinggi ini melibatkan selain teknik pengalihan ilusi dan infrastruktur pendukungnya, juga rekayasa dengan human, atau koordinasi dgn orang sekitar,agar sesuai hasil yang diharapkan. Dulu waktu David Coperfield tampil di Indonesia, sempat kecolongan dia, yang rencana bisa berubah menjadi dua,ternyata belum waktunya nongol ditempat lain, muncul kembaran David Coperfield dibelakang, penonton sempat tahu.. Sempat heboh waktu itu.. Makanya dia kayaknya reputasinya turun waktu itu di Indo
Memang kelihatan nyata, itulah kehebatan teknologi mereka, bisa mengelabui tidak hanya mata, tapi pikiran. Selain itu mereka juga selalu menciptakan ide2 baru dari hal2 disekeliling kita.
Teknik mereka sebenarnya pengembangan sulap2 konvensional sebelumnya, hanya ditunjang teknik, infrastrukutr dan manipulasi massa.

Nah Kalo sulap yang dilakukan debus, Kuda lumping, itu baru pakai kekauatan gaib.. Seperti menyulap isi buah kelapa ,kemudian dibelah , ternyata ada isi lelenya (pernah ditayang live di metro), itu baru kekuatan gaib.
Tapi bagi masyarakat kebathinan atau yang belajar "Ngelmu Tua" hal tersebut masih kategori mainan anak2. Karena sifatnya sihir, bukan kasunyatan. Artinya belum "sejatinya Ilmu", hanya utk konsumsi entertaint. Justru orang2 kebathinan tingkat tinggi sudah seakan tidak bisa apa (demonstrasi macem2), tapi setiap ucapannya atau keiingannya bisa menjadi kenyataan.(Itu versi Jawa)
Saya rasa di Tiongkok juga ada level ilmu spt tsb. karena kalo belajar ilmu ttg manusia pada level pucuknya, ketemunya sama.
Mohon maaf k




Minggu, 29-07-2007 02:18:32 oleh: Suhu Tan

Terima kasih mas Bagus, sudah ikut nambahin.

Saya baru sekitar 8 hari ini ada di Jakarta lagi tapi buka Wikimunya baru sempat sejak 3 hari yang lalu.




Rabu, 22-08-2007 22:10:34 oleh: Gunadi Widjaja

Wah, sorry ko Budi, baru tahu ngisi di wikimu, maaf saya ketinggalan berita..
sekalian buat ikut meramaikan wikimu.

Salam
gunadi widjaja




Rabu, 22-08-2007 22:40:10 oleh: Bagus Y Prayitno

Haloo Pak Gunadi (yang master fengshui juga khan).
Met Gabung... Ayo dong sharing ilmu ke wikimu... Biar tambah semarak dan berwarna...
Saya juga sempat ngisi artikel, silahkan baca aja (klik aja yang undername saya)..

Ok ditunggu ya sharingnya...




Kamis, 23-08-2007 14:35:39 oleh: Suhu Tan

He..he.., nongol juga di wikimu Gun ?
Benar seperti yang Bagus bilang.. Silahkan sharing disini, ramaikan Wikimu. Okey !




Kamis, 23-08-2007 19:29:20 oleh: gunadi widjaja

Hi,Ko Budi,Pak Bagus...
thank you banget atas ajakannya,,,bisa sharing sekalian di wikimu, saya juga punya web site yang special membahas living in Harmony campur adukk www.lifefeature.com , tulisan ko budi dan Pak Bagus sudah saya masukkan ke sana,,, juga bisa kirim artikel interaktif langsung...

Nanti saya coba kirim artikel,tolong di bahas ramai -ramai.

regards




Kamis, 23-08-2007 22:48:35 oleh: Bagus Y Prayitno

Thanks Pak Gunadi bersedia memasukkan tulisan saya yang masih banyak kekurangan.
Ditunggu ya artikelnya p. Gunadi...




Rabu, 29-08-2007 00:23:58 oleh: Suhu Tan

Wah terlambat buka email rupanya saya. Barusan saya sudah coba masuk ke www.lifefeature.com , okey juga Gun.

Seperti halnya Bagus, saya ucapkan juga terima kasih sudah memasukkan 3 artikel saya (sekaligus) ke sana.

Di blog anda itu lama-lama para pakar Fengshui, Yijing dll bisa pada turun gunung semua bikin tulisan, dijamin bakalan rame..e..e deh...

Yang jelas sekarang saja - disana, tulisan saya jadi banyak kompetitornya ga kesepian (single figther) tanpa sparing seperti di Wikimu ini.

Okey sukses Gun.




Jumat, 31-08-2007 01:17:41 oleh: Adi

Buat suhu tan dan suhu gun. Saya mau tanya : apakah kwa mia (ramal) dan pek ji (ramal ?) juga termasuk kitab I Ching. Saya dulu pernah diramal pake metode kwa mia, cuma kok meleset total. Gak terjadi ramalannya sama sekali. Mana tarif nya bisa buat jatah makan seminggu buat anak kost. Kapan ada bakti sosial, konsultasi kwa mia gratis? Bisa di shari ke : adi_6510@yahoo.Co.Id



Jumat, 31-08-2007 01:19:29 oleh: Adi

Buat suhu tan dan suhu gun. Saya mau tanya : apakah kwa mia (ramal) dan pek ji (ramal ?) juga termasuk kitab I Ching. Saya dulu pernah diramal pake metode kwa mia, cuma kok meleset total. Gak terjadi ramalannya sama sekali. Mana tarif nya bisa buat jatah makan seminggu buat anak kost. Kapan ada bakti sosial, konsultasi kwa mia gratis? Bisa di shari ke : adi_6510@yahoo.Co.Id



Jumat, 31-08-2007 16:20:32 oleh: gunadi widjaja

Pak Adi, saya bukan suhu,hanya hobby saja dan ikut ikutan suhu Tan, meramaikan milist ini. masalah meramal(kwamia) menurut saya selama ini banyak orang yang salah persepsi.Ada 2 macam metode dengan meramal yaitu dengan menggunakan data seperti Ba Zi- Zi wei, dan ada juga yang meramal tanpa menggunakan data, seperti yang anda lakukan di Temple. saya ngak tahu anda menggunakan metode yang mana. I Ching juga termasuk meramal tanpa menggunakan data.

Acara konsultasi gratis, saya serahkan kepada Suhu Tan.


regards




Jumat, 31-08-2007 16:25:44 oleh: gunadi widjaja

ko budi, memang blog saya disiapkan untuk terjun rame rame, jadi sebagai pengganti majalah, bukan melulu fengshui aja, kan nanti pada bosan baca fengshuinya, tapi tetap topiknya living in harmony. buat teman2 yang mau sharing, juga sudah saya siapkan artikel interaktif seperti di wikimu ini.. jadi siapa saja bisa tulis dan masuk. kalau bisa bukan hanya fengshui saja. mungkin reiki, tarot,kesehatan, hipnotis dll

regards




Sabtu, 01-09-2007 01:33:16 oleh: Suhu Tan

Sdr Adi,

Kwa mia itu artinya meramal nasib. Banyak cara untuk melakukan kwa mia, persis seperti yang pak Gun bilang. Anda katakan pakai metode kwa mia, ini jadi bias pengertiannya. Tak jelas metode apa yang dipakai. banyak metode untuk melakukan kwa mia seperti,garis tangan, raut wajah, aura wajah, tanda tangan, bazi, i ching, ciam si dlsb. Ungkapan anda benar-benar tak jelas, apa metode yang anda maksud itu?




Minggu, 02-09-2007 02:54:18 oleh: Adi

Suhu Tan, kwa mia yg dilakukan terhadap saya dulu metodenya sekaligus 3 hal antara lain : melihat raut wajah saya, melihat rajah tangan saya, dan membaca berdasar shio + tgl lahir saya. Oya, kapan ada bakti sosial & konsultasi gratis dari para suhu? Saya menunggu lho. Terimakasih banyak atas tanggapannya. Adi. 



Minggu, 02-09-2007 23:32:41 oleh: Suhu Tan

Waw.. secara ke ilmu an mestinya anda telah mendapatkan metode yang cukup komplit. Kadar keakuratannya seharusnya malah tinggi sekali. Tidak tanggung2 lho, diperiksa dengan tiga metode sekaligus seperti itu, kalau sampai realitanya meleset total berarti ada yang salah dengan sosok konsultannya. Saya meragukan kualitas kepakarannya.

Jangan2 anda cuma ketemu orang yang mendikler dirinya sebagai pakar tapi cuma mengaku-aku sendiri. Secara keilmuan, ketiga metode itu sahih kok.

Iseng-iseng boleh juga neh anda lihat komentar2 yang masuk di Cerah Suramkah Shio Anda... sekedar referensi untuk anda.

Soal konsul gratis, coba saja anda usulkan ke Wikimu, untuk bikin acara jumpa fans misalnya. Kan momen itu bisa dipakai untuk tanya sana sini secara langsung, saya pasti akan senang melayani dan memberikan layanan konseling bila ada event nya.




Senin, 03-09-2007 13:31:17 oleh: Bagus Y Prayitno

Saya setuju dengan usul Suhu Tan mengenai layanan konseling di acara wikimu.

Mengenai ramalan yang meleset padahal sudah memakai 3 methode kuno yang sudah teruji selama ribuan tahun, saya sepakat dengan suhu bahwa kemungkinan keahlian peramal bisa diragukan.

Tapi saya juga beropini mungkin juga ada kelainan / hal khusus (spesial) pada yang diramal, sehingga tidak terdeteksi dengan methode tadi. Ini bisa terjadi tapi sangat langka, dan benar2 pada orang khusus.




Selasa, 04-09-2007 10:46:35 oleh: Ivan W Setiadi

Saya pernah baca buku The Secret karangan Rhonda, buku ini dinyatakan buku terlaris. Karena penasaran makanya saya beli dan ternyata setelah baca 1 bab saja saya sudah mulai mencium bahwa buku ini isinya menjurus ke TAOISME dech ... koreksi saya jika salah yaitu menyuruh pembacanya menyeleraskan keinginan dengan alam semesta, mempercaiyai bahwa semesta sedang bekerja untuk mengabulkan permintaan kita dan menerima pemberian semesta kepada kita ... nah lho ?? bukankah itu yang Suhu ceramahkan di BODHI - Bogasari Tanjung Priok tempo hari ya ? intinya khan benih yang sudah kita tanam harus dirangsang dengan perbuatan baik supaya bisa berbuah di kehidupan sekarang toh ? mirip khan konsepnya ? Dan pengarangnya sendiri mengakui bahwa dia mendapatkan pencerahan dari kitab kuno yang diberikan oleh anaknya sebelum menulis buku ini ... mungkinkah kitab ini kitab ICHING ?? jadi penasaran pingin lihat kitab ICHINGnya dech Suhu ... soalnya kalau memang kitab kuno itu bisa membuat hidup Rhonda jadi begitu berubah ... buat apa saya baca buku The Secret, sekalian aja baca kitab ICHINGnya pasti lebih super lagi khan perubahannya ... ??



Selasa, 04-09-2007 10:58:55 oleh: gunadi widjaja

anda salah besar pak Ivan , kalau mau langsung baca kitab i ching, kalau anda mau baca kitab i ching, maka baca aja kitab Yak king, itu sama persis, kalau anda mau tahu hexagram i ching, anda lihat aja Ba Gua yang di gantung banyak di rumah orang chinese, nah itulah hexagram dari i ching.. ada 8 trigram/kua yang berubah menjadi 64 hexagram. I ching merupakan sumber inspirasi buat semua orang, termasuk bilangan binair yang merupakan algoritma dasar dari komputer merupakan inspirasi dari iching, orang yang mendalami i ching nantinya akan menjadi terinspirasi, tapi kalau anda membaca i ching dan mau menjadi hebat perubahannya, biasanya ngak jalan. karena nanti inspirasinya ngak keluar, cuma bengong aja lihat garis lurus dan garis patah..


semoga membantu


regards




Selasa, 04-09-2007 11:38:24 oleh: Suhu Tan

Sdr Ivan,

Saya belum baca buku The Secret yang anda maksud, akan coba saya cari tahu dulu bukunya.

Kalau dikatakan didalamnya mengandung pelajaran Tao berarti itu suatu rahasia kebathinan yang agak sulit diungkap hanya dalam tataran teoritis belaka, apalagi kalau cuma dibaca tanpa bimbingan pemecahan dari Filusuf Tao yang mendalaminya. Bisa menimbulkan miss perceptions yang fatal.

Bahwa dasar penghayatan kebathinan Tao bersumber dari konsep perubahan I Ching (dalam lafal Hokkian disebut Ya keng) itu benar. Yin Yang dan juga metodelogi Wu Xing (Hokkian : Ngo Heng = Lima Elemen)yang ada didalam ajaran Tao memang bersumber dari I Ching ( Yi Jing ).

Mengasumsikan bahwa hanya dengan membaca I Ching lalu akan membuat anda lebih cepat mengerti akan hakekat Tao, ini memang satu hal yang salah. Hampir semua ilmu metafisika china praktis bersumber dari I Ching tapi pemikiran untuk menyederhanakan I Ching sebagai bacaan yang langsung instan adalah suatu kekeliruan. Dalam hal ini ungkapan Sdr. Gunadi memang beralasan.

I Ching secara umum lebih dikesankan sebagai Buku Ramalan. Disisi lain bila kita menghayatinya dari sudut pendalaman bathin ( khususnya I Ching yang telah di tambahkan 10 Sayap / Babaran Agung oleh Khong Hu Cu )maka ini dapat pula dijadikan sebagai pembelajaran moral dan pembinaan bathin, mirip dengan panghayatan Kebathinan Tao.




Selasa, 04-09-2007 22:57:56 oleh: Bagus Y Prayitno

Sedikit mengomentari Pak Ivan, mungkin juga pengarang mengambil atau terinspirasi dari beberapa buku maupun ajaran.
mengenai keselarasan dengan alam kalau kita mencerna esensi agama, hampir semua mengajarkan itu, hanya dengan simbolisasi dan bahasa sastra yang tinggi. Perlu kemampuan filosofis dan ketajaman spritual yang tinggi untuk menterjemahkan/ menafsirkan.

Contohnya mengenai Karma, hukum sebab akibat, bahkan di ajaran kristiani pun mengajarkan : "apa yang kau tabur akan engkau tuai". Dalam ajaran jawa , Ngunduh wohing pakarti (memetik buah hasil perbuatan yang kita tanam).
Mengenai penyelaran dengan alam seperti di Kristiani menyatakan bahwa: Manusia adalah citra Allah (Yang Maha Pencipta) yang ditunjuk sebagai wakil Allah didunia. Artinya manusia harus bisa memanage alam, dalam bhs spritusalnya menyelaraskan dengan alam. Karena Manusia diberi hak otonom dan kewajiban khusus oleh Sang pencipta (Thien) utk menjaga kelangsungan hidup makluknya.

Dalam Hindu, salah satu sifat Wisnu (yang sebenarnya terdapat juga pada Sifat Supra Manusia, jagad alit/mikrokosmos) adalah memelihara kelangsungan hidup dan ekosisitem dunia. Makanya senjatanya adalah Cakra manggilingan, artinya menjaga roda nasib manusia.

Dalam Islam dinyatakan bahwa manusia sebagai makluk tertinggi dan menjadi Kalifatullah (wakil Allah di dunia), yang menjadi wakil atau utusan Tuhan menjaga kelangsungan hidup.

Dalam I Ching maupun Tao , spt yg ditampilkan Suhu Tan. Lebih dalamnya bisa menanyakan pada Suhu..

Jadi kesimpulan dari beberapa pandanagan agam diatas adalah sama, Manusia bertanggung jawab sepenuhnya mengelola dan memanfaatkan alam semesta, dengan menjaga keseimbangan dan keselarasan hidup dengan alam semesta. Akhirnya dalam masing2 kitab menuntun kita untuk hal tersebut.




Selasa, 25-09-2007 12:07:12 oleh: Z.Qui

Pa Ivan ke kemana aja?

Anda kok malah menghilang dari wikimu. Soalnya saya penasaran juga neh.. ingin tahu bagaimana reaksi anda terhadap 3 komentar diatas yang mengomentari anda itu.

Oh ya... Suhu Tan ada berita burung katanya suhu akan membuka kelas baru untuk Kursus Bazi basic bagi pemula ya ? Benar tidak suhu ? Kapan ?




Rabu, 26-09-2007 02:52:45 oleh: Suhu Tan

Sdr Z.Qui,

Soal kelas Bazi yang kamu tanyakan ... memang benar. Dalam waktu dekat ini, tepatnya 29 September 2007 mulai jam 18.30 akan saya buka kembali Kelas Bazi untuk Modul 1 (kelas basic untuk pemula ). Yang daftra sudah lumayan banyak.
Apakah you mau ikutan gabung dikelas tsb ?




Rabu, 26-09-2007 20:50:52 oleh: Z.Qui

saya mau betul, suhu. Sayang belajarnya hari sabtu. Saya sulit atur waktunya sebab setiap sabtu saya pasti lembur sampai malam. Yang hari Minggu ada tidak suhu ?



Senin, 01-10-2007 11:34:50 oleh: h-rizt

wah.... menarik sekali suhu..
dulu sewaktu sma saya pernah mengalami
kejadian seperti taichi ini..
semunya seakan2 bergerak secara lembut/slow motion.
jelas sekali di perubahan2 itu terdapat lintasan lintasan.
dan mengenai yang ini saya menyimpulkannya berdasarkan pengalaman saya itu >>>

(Zhou Yi, Kitab tentang hakekat perubahan di zaman Dinasti Zhou, seiring perjalanan waktu akhirnya mengalami perubahan nama. Kemudian menjadi populer dengan sebutan Yi Jing ( baca: I Ching )
Sesuai dengan namanya, kitab ini memuat pelajaran tentang metafisika perubahan. Bahwa segala hal yang tercipta yang terkondisikan dengan jelas maupun yang tersamarkan kondisinya tak ada yang luput dari perubahan. Setiap aksi akan mendatangkan reaksi dan dari reaksi yang muncul pasti akan memunculkan kembali aksi yang baru. Dengan adanya kondisi aksi reaksi seperti ini maka terjadilah perubahan demi perubahan yang terus bersiklus tak pernah berhenti. Tercapainya suatu kondisi yang membuat berhentinya proses perubahan, inilah yang dinamakan sebagai pencapaian pencerahan abadi atau berakhirnya segala fenomena. Suatu kondisi yang mungkin terjadi tapi entah kapan fakta riilnya).
>>> keadaan hatilah yang harus tetap.<<<
segalanya serasi/harmonis/
kejadian ini cuma 3 hari suhu.
kekuatan itu ada pada kelembutan.
btw suhu tinggal dmna?
saya sangat ingin memperdalam hal2 seperti ini.
cos selama ini saya hanya mempelajarinya secara otodidak.




Selasa, 02-10-2007 19:38:42 oleh: Suhu Tan

Sdr h-rizt,

Kalau mau memperdalam ilmu I Ching harus mulai dengan belajar Bazi ( Pwe Ji )lebih dahulu. Tanpa mengusai Bazi Basic maka sulit untuk bisa memahami I Ching dengan baik.

Kebetulan kelas Bazi Basic baru saja saya mulai, sabtu 6 Oktober nanti baru memasuki pelajaran materi dasar. Masih terbuka bagi yang mau bergabung,juka you minat silahkan manfaatkan kesempatan ini. Langsung saja email saya di budiyono_tantrayoga@yahoo.com :)




Minggu, 14-12-2008 16:41:51 oleh: adie senjaya

dimana sy bisa dapat buku I Ching tsb???? berapa lama dan biaya untuk ikut pelatihan pd Bapak? trimakasih.



Minggu, 14-12-2008 19:06:54 oleh: Suhu Tan

@ Sdr Adie Senjaya,

Buku-buku I Ching, dulu ada beberapa jenis yang telah di terbitkan oleh Gramedia Group. Tapi kini seperti sudah habis dari pasaran.

Lama kursus I Ching adalah 10 x 2 jam. Dalam waktu dekat ini saya belum ada rencana membuka ulang kelas ini. Yang sekarang lagi berjalan adalah kelas Bazi Modul 4 dan Kelas Fengshui Modul 1. Jika minat silahkan hubungi berhubungan aja langsung di email saya yaitu : budiyono_tantrayoga@yahoo.com

Okey, ya. Tq sudah mengunjungi artikel saya.




Kamis, 22-10-2009 11:49:04 oleh: JIMMY

Selamat Siang
Suhu gimana caranya untuk mendapatkan bukunya
thanks, jika berkenan dan jodoh tolonng kirim ke email saya jameshonk79@gmail.com





Rabu, 28-10-2009 00:55:16 oleh: Suhu Tan

@ Sdr. Jimmy,

Dulu di Gramedia ada teredia buku eri Pustaka Populer. Nah I Ching adalah serinya yang ke 10. Tampil dalam format komik kartun. Sempat dua kali cetak ulang... tapi sekarang kayaknya dah ga ada lagi buku itu.

Coba aja cari2 di Gramedia... ada beberapa buku I Ching dalam berbagai versi.

Saya sendiri sendiri belum sempat membukukannya...




Selasa, 10-01-2012 10:35:43 oleh: virya yudha

Salam Hormat kepada , Suhu Tan
juga para senior .
Saya baru buka [ baru ketemu ] komunitas I CHING .
mengingat psting terakhir yg saya lihat tercatat thn 2009 , utuk selanjutnya apakah masih aktif ?
Dalam hal ini saya berkepentingan untuk mendapatak info dimana saya dpt belajar tentang I CHING , tentunya dari dasar [ awal ]
Bagi yang tahu alamat tempat belajar di sekitar Tangerang / jakarta ... saya mohon informasinya , ya ? kirim ke Email viryayudha@yahoo.com .
terimakasih





Senin, 05-03-2012 22:36:45 oleh: Hindro Prasetya

Saya ingin tau tentang I CHING dan saya lihat semua komentar disini sudah usang tidak ada komentar yg up to date....memang I CHING tidak dikenal secara luas khusus nya orang yg mengaku TIONGHOA....?
Mohon dikirimkan artikel tentang I CHING....Thanks

Salam,
Hindro Prasetya




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY