Agus Budi Rahardjo

Legalitas Airsoft Gun

Sabtu, 11-11-2006 18:51:14 oleh: Agus Budi Rahardjo
Kanal: Opini

Legalitas Airsoft Gun Permainan airsoft gun memang telah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Tapi beberapa tahun belakangan, dengan munculnya produk-produk airsoft gun dari Cina yang harganya sangat miring, hobi ini mulai memarak lagi.

Harga airsoft gun Cina atau sering disebut dengan ACM (all China made) memang cukup fantastis. Dengan jenis yang sama, harga bisa mencapai sepertiga harga AJM (all Japan made) yang selama ini beredar di pasaran. ACM banyak yang memiliki karakteristik exact copy terhadap AJM, sehingga ACM juga bisa di-upgrade seperti AJM.

Dengan semakin banyaknya ACM yang beredar di pasaran akhir-akhir ini, hampir setiap orang bisa membeli airsoft gun dan bermunculan pula komunitas-komunitas airsoft gun bagi orang-orang yang ingin menyalurkan hobi ini.

Akhir-akhir ini terjadi peristiwa razia aparat terhadap penjual airsoft gun. Hal ini menimbulkan pertanyaan, mengingat bahwa airsoft gun hanya merupakan hobi dan senjata itu hanyalah replika.

Senjata replika ini pun menggunakan tenaga angin dan peluru berupa pelet plastik. Jika dipikir-pikir, senjata jenis ini masih lebih aman dari senapan angin yang juga beredar bebas.

Jadi apakah alasan sebenarnya aparat melakukan razia terhadap penjual air hobi ini? Apakah memang alasan keamanan atau hanya ingin menambah "uang saku"?

Di negara-negara lain yang memiliki kebebasan dalam kepemilikan senjata api pun tidak melarang keberadaan airsoft gun. Biasanya untuk airsoft gun, ujung laras diberi cat warna terang (misal orange) untuk membedakan replika dengan senjata api yang aslinya.

Dari sisi keamanan, airsoft gun ini cukup aman dengan adanya komunitas dan permainannya dilakukan di tempat yang khusus (bisa di alam bebas atau ruang tertutup). Keamanan bermain airsoft gun juga didukung dengan penggunaan gear pendukung seperti jaket, rompi, topeng dan gogle.

Dalam paket penjualannya pun, airsoft gun ini sudah jelas harus dipergunakan oleh orang dengan umur 18 tahun ke atas dan sudah terdapat larangan untuk menggunakannya secara tidak benar, misal untuk menembak binatang dengan tujuan iseng.

Aparat yang yang melakukan razia harusnya melakukan sosialisasi tujuan dan alasan mereka sebab hingga saat ini belum pernah saya dengar peraturan pelarangan senjata angin dimiliki oleh warga sipil.

Jika pertimbangannya hanya dari sisi bentuk yang mirip aslinya (namanya juga replika), mungkin dibutuhkan suatu mekanisme identifikasi seperti yang dimiliki oleh negara lain.

Tulisan ini sekadar opini pribadi. Mohon koreksi jika ada informasi yang salah.
Bookmark and Share

Tag/Label Tidak ada tag/label untuk artikel ini.
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
82 komentar pada warta ini
Senin, 13-11-2006 08:05:50 oleh: sarasvati

Pak Agus, Anda tentu pernah baca di media, bahwa senjata replika ini sering digunakan untuk kejahatan, menakut-nakuti korban, seolah senjata asli. Jadi tolong pahami bila bebasnya penggunaan airsoft gun ini punya dampak negatif. Lepas dari apa motif polisi merazia, ada baiknya komunitas-komunitas Airsoft Gun membuat draft aturan seperti di negara-negara Barat, misalnya moncongnya diberi merah seperti yang Anda tulis. Draft itu diusulkan ke Polisi atau DPR. Kalau nunggu inisiatif DPR(D?) bikin aturan, ya akan lama sekali. Sekarang bukan jamannya lagi nunggu pemerintah, tapi mesti masyarakat sendiri yang inisiatif.



Senin, 13-11-2006 13:11:05 oleh: prana

Buat saya, airsoft gun ini permainan yang cukup berbahaya. Walaupun sudah dibekali dengan peraturan pembelian dsb, yang namanya kecelakaan karena pihak ke-3 dapat berakibat fatal, misal pantulan peluru nyasar atau dipinjam sembunyi-sembunyi oleh anak di bawah umur, dsb. Masak tunggu kejadian dulu baru bertindak, padahal jelas di depan mata kasus-kasus yang pernah disampaikan dalam komentar dari sarsvati sudah terbukti di berita-berita.



Rabu, 15-11-2006 10:18:03 oleh: Agus Budi Rahardjo

Hmm... topik ini ternyata pernah dibahas di tempat lain juga...

http://www.lcki.org/mod.php?mod=diskusi&op=viewdisk&did=4

Semoga bisa menjadi bahan masukan.




Sabtu, 18-11-2006 08:18:20 oleh: Arif Rahmat

Di tahun 2005, kami (saya dan rekan2 sekantor) beberapa kali bermain airsoft gun, bahkan ada yang sampai kecanduan. Waktu itu kami (di Bandung) benar2 merasakan tegangnya peperangan walau tak berlumuran darah. Di sana juga diperoleh pelajaran menyusun strategi, kekompakan, kepemimpinan, kedisiplinan, kesabaran, ketelitian, dan kejujuran (harus mengaku bila tertembak). Ketika kami ingin main lagi di tahun 2006, pihak penyelenggara mengatakan bahwa permainan tersebut kini dilarang oleh Polda Jabar. Sebagai alternatif, kami disarankan memilih paintball. Walaupun kostum, perlengkapan dan peraturannya sama, banyaknya peluru pada paintball lebih sedikit daripada pada airsoftgun. Hal tersebut membuat kami harus lebih irit dalam belanja peluru. Fun-nya tidak jauh berbeda, tapi resiko bagi masyarakat atas penyalahgunaan replika senjata api mungkin dapat dikurangi dengan pelarangan airsoft gun.



Selasa, 21-11-2006 17:31:10 oleh: ronald

kalo bicara soal legalitas, sampai saat ini setahu saya tidak ada satu pun UU atau peraturan yang melarang kepemilikan airsoftgun,ACM, atau apa pun namanya. Yang dilarang adalah kepemilikan senjata api (senpi) secara ilegal.

Jadi kalau ada razia, menurut saya perlu ditanyakan apa dasar hukumnya? Justru kalau razia dilakukan tanpa landasan hukum, ini malah razia ilegal.

Lain kalau mainan ini disalahgunakan, misalnya buat nodong, nah itu baru bisa kena jerat hukum. Tapi kepemilikan mainan ini nggak bisa, karena nggak ada peraturannya. Ada adagium hukum yang berbunyi : tidak ada perbuatan yang bisa dihukum jika tidak ada peraturan yang mengatur tentang perbuatan itu.

Nah, soal efek membahayakan, ini masalah lain lagi. Jika sampai mencederai maka bisa dituntut pidana. Yang dipidana adalah perbuatan mencelakai orang lain, baik sengaja atau tidak. Bukan amsalah punya senjata mainan. Suka atau tidak, inilah celah hukum di negara kita




Jumat, 09-05-2008 08:44:25 oleh: Vassili Zeitsev

Menurut saya Airsoft Gun nggak usah pake izin segala. Semua kembali ke manusianya, paku dipakein bulu bisa jadi panah, sumpit pake racun juga bahaya, pisau juga bisa dipake buat membunuh, apa semuanya ada izinnya.



Selasa, 20-05-2008 12:31:43 oleh: harry

airsoft tidak berbahaya bosss....yang bahaya itu kalu tidak mengikuti peraturan, makanya kalau mau main yang lengkap peralatannya, kalau ngga punya gogle ya pake aja helm motor (gitu aja repot). jangan suka kasih pinjam senjata airsoft kita untuk orang yang ngga tau tentang permainan dan aturannya...... airsoft ngga pelu izin segala (aya..aya..wae pa polisi)



Selasa, 20-05-2008 19:47:25 oleh: donsakti

Rekan rekan yang baik...buat kritik jadi kripik.. saran yang perlu kita pikirkan buat jadi kebaikan..pengkajian terhadap permainan ini harus tersirat dan tersurat..bagaimana teman teman mampu mengakomodir kekhawatiran permaianan ini bukan sebagai ancaman adalah tugas kita bersama..salam buat pa arif rahmat karena yang bapak kunjungi boleh jadi field kami saat itu..Wassalam



Jumat, 23-05-2008 21:12:51 oleh: supar

Airsoft gun apa bedanya dengan mainan yang dijual di pinggir jalan, menggunakan peluru plastik juga, kalau ada yang menyalahkan gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, apa bedanya dengan pisau dapur bisa juga untuk menakuti orang bahkan bisa digunakan untuk merampok, menurut saya harus legal saja nggak perlu ada ijin bagi yang memiliki airsoft gun khan cuman untuk menyalurkan hobi atau untuk fun game.



Senin, 26-05-2008 15:22:13 oleh: candra kusuma

karena saya hobby menembak, saya juga senang dg airsoft gun, mungkin saya bisa memberikan komentar yang berguna.Sebenarnya airsoft gun tidak dilarang, tetapi sebagai orang yang hoby dalam hal tembak menembak, harus kita akui ada sisi negatif di hoby kita ini bila tidak dijaga dengan benar dan tanggung jawab ini tentu diemban pihak kepolisian. Menurut skep kapolri (klo ga salah thnya 2000) senjata replika harus dikontrol seperti senjata api karena kemiripannya dan bisa disalahgunakan.Jadi ada surat surat senjata yang harus diurus dikepolisian, jadi kalau terjadi penyalahgunaan bisa langsung di cek ( karena biasanya penyalahguna baik senjata replika maupun api ga akan mendaftarkan senjatanya...kan namanya bunuh diri kalo didaftarkan). sehingga komunitas pun tidak dikambing hitamkan. Jadi akan lebih baik lagi kalo kita bisa membantu polisi mengawasi penyalahgunaan senjata ini (api maupun replika) karena beberapa kasus perampokan juga menggunakan senjata replika dan alangkah konyolnya seandainya kita yang pemilik senjata replika tiba tiba ditodong atau dirampok menggunakan senjata replika dan kita tidak tahu....wah...bisa ngomel sepanjang hari karena ketipu. Aturan ini tidak berlaku untuk replika yang tidak mirip senjata aslinya ( jelas-jelas mainan anak-anak).Nah semoga masukan ini berguna , dan bisa mempercepat perbaikan perijinan senjata replika/ airsoft gun.Dan kita bisa tetap having fun sekaligus membantu aparat kepolisian.



Selasa, 27-05-2008 11:58:48 oleh: joe

setahu saya airsoftgun sudah dilegalisai oleh badan intelegen indonesia, yang mengatakan bahwa replika senjata (airsoftgun) benar2 murni mainan dan bukan senjata mematikan.

so..jangan pernah berhenti untuk bersenang2 dengan airsoftgun





Kamis, 29-05-2008 20:47:06 oleh: candra kusuma

pada dasarnya airsoft gun memang adalah mainan dan pasti tidak mematikan (pisau atau senapan angin malah lebih mematikan dan tidak bisa dikategorikan mainan kecuali pisau plastik), tetapi dalam skep kapolri telah diatur tatacara kepemilikan dan perijinannya, untuk menghindari penyalahgunaan oleh tangan tangan yang tidak bertanggung jawab. Nah masalah legalisasi bukan masalah kondisi barangnya , tetapi adalh masalah pemenuhan kelengkapan perijinan yg sudah ditetapkan lembaga yg berwenang dlm hal ini polri. selama belum terpenuhi maka oleh lembaga tsb dianggap belum legal. Nah ini akan menjadi masalah bahkan bisa dimanfaatkan oleh oknum oknum petugas yg nantinya juga kita yg susah. wah saya kok malah jadi sok ahli bahasa ... tapi semoga ini bisa membantu dan lebih memperjelas permasalahan yang kita hadapi....Whatever....so let's make combat ...always combat in the field....wah malah kacau bahasa inggrisnya kaya Tukul...ha..ha..ha



Senin, 02-06-2008 11:39:27 oleh: aqrie

sebenarnya kalo dipikir2,yang namanya airsoftgun yang kita2 semua tahu harganya kan relatif mahal.walaupun itu yang buatan cina yah,apalagi yang buatan jepang harga bisa 2-3kal lipatnya.bagaimana ceritanya bisa disalahgunakan untuk kejahatan seperti perampokan,penodongan,dll..lah wong harganya mahal koq..dimana2 mah orang ngerampok atau nodong itu butuh duit kan,tidak ngeluarin duit dulu yang segitu banyaknya utk beli airsoftgun dulu baru melakukan kejahatan.udah kaya di film2 luar aja gampang bgt untuk nyari senjata.itupun yang asli lagi.klo menurut saya yah,orang2 kita kayanya masih lebih berpikir panjang deh klo seandainya mereka melakukan kejahatan hanya bermodalkan senjata mainan.karena yang ada resiko buat mereka sendiri pasti lebih besar seprti digebukin,dibakar massa,ataupun mati ditempat seandainya ketahuan klo mereka menggunakan senjata mainan.bukan begitu sodara2..hehe..



Jumat, 06-06-2008 14:08:25 oleh: Vladimir Omarov

Yah...di Indonesia dimana-mana juga polisi RESE...boro-boro AIRSOFTGUN...TUTUP PENTIL ban motor kaga ada juga dijadiin duit... TUL NGA BRO ?



Sabtu, 07-06-2008 18:23:35 oleh: Rezki Fitrazaki

yah dasar pa polisi serba riweuh,, saya juga memiliki airsoftgun dan suka main jg,, tp akhir" ini mkin susah bwat main airsoftgun,, cz ktanya klo ada yg ktangkap tgn membawa airsoftgun ma polisi bs didenda plus disita airsoftgunnya...
halaaah...
mw sneng aja ko skrg susah ya.....???




Senin, 09-06-2008 21:18:11 oleh: edo

sekadar masukan buat teman2 ja,kami airsofter malang diberi jalan kalau untuk kita supaya urus kta PERBAKIN supaya main lebih aman n jg ijin ke polres setempat sekalian ja bilang minta berapa 1 bulan trus tanggung bersama n kita bisa senang2 lg dengan mainan kita



Selasa, 08-07-2008 13:35:21 oleh: iduy

Busyet... Mau main aja pake nyogok aparat. Separah itu apa Indonesia ya?



Senin, 14-07-2008 10:37:59 oleh: adrian

Dear All
ada yang tau tempat untuk bermain airsoft gun ini dijakarta. Kalau ada mau dong alamat dan no telpnya.

Thanks




Rabu, 20-08-2008 23:06:56 oleh: jefry, suroboyo

menurut hemat saya, komunitas airsoftgun malah menguntungkan pemerintah. pemerintah gak perlu waktu dan biaya jika pada saat negara dalam keadaan darurat, wanra sudah familiar dengan cara pengoperasian senjata, paling tidak mirip-mirip senjata. apalagi belakangan indonesia sering dilecehkan negara lain.
cuma aturan maen aja yang perlu diperjelas. kalu cuma maen larang aja itu namanya gak kreatif, alias gak mau mikir aplagi kerja.

suwun




Jumat, 22-08-2008 15:25:03 oleh: ardhi

akhir2 ini airsoft gun ... karna miripnya dgn aslinya barang tersebut bisa dibuat mengancam dan mengejutkan... alasan tersebut yg membuat razia dilaksanakan oleh Polri. tanggapannya gmn bro... ?



Rabu, 27-08-2008 18:49:21 oleh: putu

Wis bro...negara ma peraturan nya sama susahnya..lagi demen2 nya kok bikin yang susah2..mainan kok di repotin..wis mainan wadon gun aja dah..uenakk..



Senin, 29-09-2008 14:35:31 oleh: yoe

its oke lah... resiko tanggug sendiri-sendiri...
gt aja kok binggung.




Senin, 06-10-2008 15:02:54 oleh: ryo

walah....... masa jaman sekarang mau maen aja susah bukan maen.Sekarang banyak banget ya cara polisi buat cari duit..?masa cuma bawa airsoft gun aja didenda N diambil airsoft gunnya? kan gk adil polisi sekarang gk adil..weeeeeeeeeeeekkk




Selasa, 07-10-2008 16:40:42 oleh: navy

kalo indonesia ngelarang terus, kapan majunya?????
padahal kan masih bahaya senjata angin daripada airsoftgun khan? lagian klo ada apa2 juga resiko sendiri......
betul kan kawan2ku?????




Minggu, 19-10-2008 22:54:55 oleh: yoyo

Setuju dah... jangan terlalu banyak larangan... sementara yang ngelarang bebas korupsi .....
mendingan maen airsoft gun atau korupsi ya????

Sama sih.. sama-sama dikejar... bedanya yang satu dikejar pelet plastik sedangkan korupsi dikejar KPK




Rabu, 29-10-2008 20:37:55 oleh: muzzam

wong olahraga yang sangat menjujung tinggi sportifitas kayak airsoft gun gini lho di razia tapi pabrik miras gak da yg di tutup. hebat nggak negara sindonesia ini ya nggak.... ya nggak ???
aslinya sih bingung jadi WNI yang pingin belajar sportif.......




Kamis, 30-10-2008 11:46:48 oleh: habeeb

dimana2 polisi sama saja, cari seseran mulu......

mo balikin modal masuk.........

masuk polisi kn modalnya gede!!!!

ga cukup 50 jt sedangkn hasil per bulan nya ga gede2 amet........
makanya polisi demen razia.....
apa ja di razia...
biAR MODAL CEPET BALIK




Kamis, 13-11-2008 06:01:20 oleh: Soegareng

Welcome to Indonesia bro !
Biasalah aparat kita, karena ketidakmampuan mereka
ngatur ini itu atawa bikin peraturan makanya cari
gampangnya distop, dirazia, dilarang, itu sama
saja bunuh nyamuk pake meriam, nyamuknya sih ilang
tp semua juga ngikut ilang alias nutup kreatifitas
itu bisa dikatakan juga tak mampu mengikuti perkembangan jaman, mandeg jalan ditempat he, he..




Senin, 01-12-2008 18:13:37 oleh: adi prawira

well, saya setuju dengan beberapa dari temen2 semua, semua kembali ke orangnya, bukan saya bermaksud menyindir, tapi kenyataan, seperti halnya orang2 dengan seragam dan pangkat yang punya lisensi untuk itu ini, kalau memang orangnya tidak memiliki mental atau kontrol diri, hasilnya akan lebih parah dari sekedar anak sd yang gak tau apa2 sekalipun, mungkin memang yang perlu cuma sosialisasi tentang adanya airsoft gun pada masyarakat umum,atau pendidikan orang tua, sodara dan lingkungan dan kalo bicara bahaya, gak perlu senjata api atau tajam, sekedar benang pun bisa mematikan atau tangan kosong [un jadi kalau di tangan yang salah.. sinetron saja bisa bahaya kalau di biarin terbukti dengan kasus pembunauhan.. sampai anak2 saja sekarang kalau bilang " mama dia jahat, kita bunuh aja!" so? .alat2 rumah tangga yang jadi .maaf kalau agak jauh dari airsoft. cuma mau bernagi pencerahan...a man behind the gun it is, not the gun before the man.. moga2 saran saya bisa menjadi sebuah pertimbangan, salam..



Jumat, 30-01-2009 09:54:22 oleh: ai

pak sya baru aja menyukai airsoftgun
sya mau beli airsoftguns
yg bgus yg tipe seperti apa ya?
sya mau beli yg handguns.
kira2 harga nya berapa
yg kisaran harga 3-5 jtan
dan bisa di beli dimana
sya mau tau info toko yg menjual daerah surabaya
klau bisa kirim kan ke email saya
yakuza_za2008@yahoo.com
sebelum nya saya ucapkan trimakasih




Sabtu, 31-01-2009 15:48:55 oleh: andrian

tolong dong dijawab, klo gua order barang dari luar bakalan kena razia juga ngga yaa



Selasa, 24-02-2009 13:26:37 oleh: ranz

kalo saya mau beli airsoft gun...misalnya di jakarta,tapi mau saya bawa ke daerah lain di luar pulau jawa kira2 kudu ada ijin khusus biar airsoft gun gw gak di tahan di bandara?



Rabu, 04-03-2009 21:28:53 oleh: Stefanus

kalo saya sih gatau soal hukum memang....
jadi maaf saya bicara sebagai orang biasa aja

menurut saya mungkin karena itu Replika dan mirip sekali dengan senjata Asli yg membuatnya di (1:1 Katanya) larang...

tapi sekali lagi itu hanya Replika kan saya lebih yakin kalo airsoftgun (bukan senjata jd saya bilang airsoftgun) bisa di anggap salah satu olah raga ya kan??




Sabtu, 04-04-2009 12:23:40 oleh: Dodik Triatmoko

tolong kirimkan ke email saya info airsoft gun



Sabtu, 04-04-2009 14:03:46 oleh: Gilang

air soft gun itu senjata untuk olah raga yg tidak mematikan, kalau dilarang itu berarti mungkin sudah kehabisan masukan uang jadi mencari yang sedang populer dan bisa menguntungkan bagi yang melarang bozzzzzz



Selasa, 21-04-2009 12:59:03 oleh: Putu Yadi Sasmita Udiana

aku baru mulai suka sama airsoft... biarpul bloom punya... setelah denger cerita temen2 di pusdiklat yang pada maen di asramanya, jadi kepikiran juga buat beli 1 batang... tapi jadi ragu lagi gara2 aturan2 yang ga jelas... kalo menurutku, kalo emang mau di larang ato di batesin, sekalian aja bikin undang2nya tentang senjata replika... biar enggak ragu2 lagi... kalo emang perlu ijin, sekalian bikin aturannya... tau sendiri kan kalo orang hobby, apa juga di lakonin... apalagi cuman perijinan... setuju bro adi prawira, semua balik ke orangnya... man beind the gun...



Selasa, 05-05-2009 18:22:43 oleh: Adi

Airsoftgun bukan permainan yg dilarang.Tidak ada aturan hukum yg melarang permainan ini.Sehingga jika Polri melakukan razia maka harus berhati2 menangani org dan senjata yg dirazia tsb, karena upaya paksa tsb harus ada bukti berupa surat penyitaan dan surat tanda penerimaannya dan jelas apa kasusunya,jika tdk polri dpt di praperadilankan sehubungan dgn penyitaan yg tdk benar tsb.Dan jika setelah dirazia tdk ditemukan kesalahan dari pembawa senjata airsoftgun tsb,maka senjata harus dibalikkan kembali kpd pemiliknya dgn disertai Berita Acara Pengembalian Barang Bukti.



Sabtu, 09-05-2009 20:57:24 oleh: RESA

menurut saya airsoftgun tdk berbahaya,asal digunakan benar sama seperti pisau jika tidak digunakan dngn benar pun akan berbahaya.kalau airsoftgun di razia knp pisau nggak..?



Rabu, 01-07-2009 11:23:24 oleh: ridho

sebenarnya penggunaan air soft gun itu tidak apa apa apabila digunakan untuk team tapi kalo untuk mengancam orang itu baru lain....



Sabtu, 04-07-2009 09:52:42 oleh: jun kaka

sebenarnya masalah ini tdk perlu kita debatkan kalau kita masuk dlm komunitas dan mempunyai srt kepemilikan senjata reflika air softguns.penggunaannyajuga jgn disalahgunakan dan dipertontonkan didepan umum.VYJA888



Kamis, 16-07-2009 03:24:13 oleh: Aryanto Johari

bro2 skalin... saya pemula nih d bidang ini... skarang udah taon 2009 airsoft gun perkembangannya kek mana?? kok gak jelas gitu? d sini pada bahas ijin pemilikan ato segala macam kerumitan... tapi kayaknya d mall sudah d jual bebas... apa sih kerja pemerintah? ato saya yang kurang info... tolong pencerahannya..... salam airsofter...........



Jumat, 17-07-2009 12:51:41 oleh: aryanto johari

Menurut saya para penjahat melakukan aksi bukan cuman bermodalkan senjata, kalo gak ada nyali juga sama aja. Dan ini semua larangan cuman di buat oleh sepihak saja. Seolah2 dari pihak kepolisian gak mau menambah kerjaan mereka..... kita bisa d takut2in karna kita masih blank alias tidak mengenal ini ersop.... coba aja masyarakat kita udah tau apa itu ersop, saya rasa para penjahat yang mau menggunakan maenan ini sebagai senjata juga mesti mikir2.



Kamis, 13-08-2009 13:07:31 oleh: irwan ch s

emang klok boleh tau tempat buat beli airsoft guns dimana ya? trus klok kita pengen join ke komunitas airsoft guns surabaya tu dimana ya?



Sabtu, 12-09-2009 21:14:02 oleh: harry

Dh,
klo memang tidak ada ketentuan yang mengatur tentang kepemilikan barang spt airsoft gun ini sebaiknya pihak polisi tidak perlu melakukan razia apapun alasannya karena justru akan bertentangan dg hukum itu sendiri, apalagi klo alasanya tdk jelas dan dicari-cari.
Jangan menggunakan kewenangan dg kesewenangan.
tdk ada hal yg berbahaya selama penggunaanya dilakukan dg benar, klo ada berarti orang yang salah atau pelaku nya yg harus dituntut jangan alatnya, emang klo ada orang ditimpuk batu sampai luka trus kerikil dan batu-batu akan dirazia..?!




Rabu, 16-09-2009 14:47:22 oleh: hidayat

Dear All,

Indonesia adalah negara hukum, social action utk pemyaluran pendapat, bukan utk membuat peraturan sendiri apalagi melakukan anarkis.

Razia polisi tidak berdasarkan peraturan baku, apalagi peraturan yg lg digodok oleh pihak berwenang. Sangat tidak masuk akal. Saya masih ingat bagaimana Polisi merazia kendaraan yg tidak menyalakan lampu di siang hari di Sby. Peraturan belum ada, mo tilang pake UU nomer brp, jdnya hanya "preman" yg minta duit di jalanan. Hal ini bisa saja terjadi pada airsoft gun. Payung hukum masyarakat sgt lemah, masyarakat mo mengadu sama siapa kalo sudah lawan Polisi.

Semoga para "airsoft guners" di Indonesia berani utk melakukan pembelaan terhadap aksi razia pihak polisi. Hidup Indoneia!!!!

Airsoft Gun, lanjutkan......




Jumat, 18-09-2009 00:03:18 oleh: Ari Pratomo SH

Saya adalah penasihat hukum seseorang kepala desa yang juga anggota Perbakin Aris Shotting Club, dalam hal perkara klien saya kronologisnya klien saya memiliki airsoft gun tuk latihan menembak perbakin bukan memiliki senjata api, dan senjata itu posisinya dititipkan di intelkam salah satu polres di Indonesia dengan berita acara penitipan yang ditandatangani Kasat intel, ironisnya setelah penitipan itu klien saya ditahan di polres daerah hukum yang berbeda dengan tuduhan menyimpan, memiliki, senjata api sebagaimana UU Darurat no 12 Tahun 1951 tidak masuk akal, karena yang dinamakan senjata api itu yang peluru nya berselonsong dan memiliki proyektil, sepertinya perkara klien saya ini akan dinaikkan ke persidangan, saya butuh saksi ahli yang paham dan memiliki sumpah jabatan untuk menyatakan airsoft gun bukan jenis senjata api, bahwa klien saya tidak bersalah dan tidak termasuk UU Darurat no 12 Th 51. bagi yang dapat membantu saya sebagai saksi ahli tolong hub saya di tlp 081540901422, demi tegaknya keadilan, terima kasin Law Office ARI PRATOMO & Associates. Hormat saya Advokat Ari Pratomo, S.H.




Senin, 16-11-2009 11:46:50 oleh: stono

Kepada Ari Pratomo SH

Air soft gun bukan merupakan senjata api sebagaimana dalam UU Darurat no 12 Tahun 1951 dan setahu saya sampai saat ini regulasi tentang air soft gun secara yuridis belum ada jadi penyidikan tersebut tidak dapat dipertanggung jawabkan (tidak berdasar) dan saya yakin tidak dapat dilanjutkan ke penuntutan. Dalam hukum, suatu perbuatan hanya dapat di proses hukum bila aturan hukum telah ada, apakah aturan hukum berkaitan dengan air soft gun ada ? jawabanya belum ada. sehingga silahkan di praperadilkan saja serta di laporkan ke propam.




Selasa, 24-11-2009 21:04:14 oleh: mochamad alfan

aturan yg ada hanya membingungkan pecinta airsoftgun, aparatkan suka cari2! katanya mo balikin "modal" tolong donk aku mo beli airsoftgun yg ada disurabaya



Senin, 30-11-2009 15:17:39 oleh: BeeTri

Ada peraturan pasti ada batasan.
biar gak susah kenapa tidak saling bekerjasama dengan yang berwenang. kita sebagai penggemar permainan simulasi perang airsoft bekerjasama dengan kepolisian daerah membuat wadah bermain yang aman, baik aman bermainnya maupun aman dengan lingkungan. jangan sampai civilian terkena tembakan nyasar. dan bersama kepolisian seluruh anggota didaftar layaknya daftar sebagai PERBAKIN. didalam form tertulis lengkap alamat, data2, dan jenis senjata (airsoftgun) dan jumlahnya. (No charge buat pengurusan) jadi bila ada kasus kriminal yang menggunakan airsoft didaerah tersebut akan lebih mudah nge trace nya. yang jadi masalahkan kita airsofter dalam perjalanan menuju lokasi mainnya. takut ada razia trus tiba2 main tangkep aja..padahal niat baik cuma mau main tembak tembakan..cape de!!

kalo gak mo susah lagi, ajakin temen2 dari polisi buat ikut main juga. itung2 nambah temen.

play safe guys..!!




Rabu, 09-12-2009 12:47:25 oleh: irwan

air soft gun bukan senjata api. di perbakin yang dipergunakan kan senjata api beneran serta senjata angin khusus untuk oleh raga, bukannya replika senjata api (air soft gun yang memiliki kekuatan dan akurasi lehih rendah). jadi pengguna air soft gun agar masuk pada perbakin merupkan pembiasan, mungkin karena ada kegiatan "menembak" jadi disuruh masuk perbakin.



Minggu, 13-12-2009 01:36:53 oleh: richard

wahhh..komentnya pada "panas" nih...
hati2 ada yg lgi cari2 info buat razia....siapa tau..
daerah bandung udah nggk ada ya arena airsoftgun?udah jadi paintball..

harus buru2 ganti hobi nih...




Jumat, 08-01-2010 23:45:43 oleh: Sugiarto

ya kalau dilarang terus masyarakat bisa tambah bodoh lah. saya saja sebagai airsofter kalau ditodong airsoft saya pasti tahu bedanya mana yang asli dan mana yg palsu.
coba kalau dilegalkan terus diberitakan dan masyarakat diberi pengertian beda airsoft dan mana senjata asli




Rabu, 20-01-2010 05:22:03 oleh: Beni

Airsoft gun saya tertahan di cengkareng ketika dalam pengiriman melalui FedEx. ada yang tau cara mengeluarkannya tdk? Undang-undang yang sebenarnya bagaimana?




Jumat, 29-01-2010 14:42:58 oleh: Bayun

Ersof, bagi saya adalah sebuah kebahagian. Kalo lagi main, biar udah tua gini masih merasa kaya kecil dulu. Kalo dulu pake pelepah pisah happy. Sekarang pake replika kan lebih happy. Tapi kalo dilarang alias diharamkan berati itu memenjarakan niat orang tuk happy. Padahal happy itu pangkal panjang umur.... Yuk kawan kita buat komunitas agar bisa dilegalkan n di halalkan. Ntar main tembak2annya biar seru n isa ketawa bebas. Bravo Airsoft Gun Indonesia.



Selasa, 02-02-2010 20:45:29 oleh: hermanlim

airsoft tidak berbahaya, karena tidak dapat membunuh. lebih bahaya senapan angin !!!



Rabu, 03-02-2010 13:34:46 oleh: ruido

setahu saya tak ada undang undang PELARANGAN AIR SOFT GUN, jadi razia2 yg di lakukan tidak berdasarkan undang2, apalagi tidak saat qta gunakan tiba2 d sita, loh... apa dasarnya merazia air soft? klo d tahan d kantor polisi, mau ngambil kudu ada uang "jaminan" ini konyol sekali dan saya kecewa selaku rakyat jelata indonesia, harusnya ada peraturan2 yg di buat dan di laksanakan dengan tegas, bukan malah menjadi ajang bisnis para oknum aparat pemerintah, perbakin melegalkan, BIN melegalkan, undang2 tidak melarang.lalu mengapa masih d razia? ini yg jadi pertanyaan untuk kita semua bahwa sistem hukum qta masih sangat lemah dan penuh tipu daya.



Sabtu, 13-02-2010 12:03:24 oleh: Glenn Steve Toar Lengkei

Selamat pagi rekan rekan yg hoby airsoft gun,saya tdk memihak juga sekaligus tdk menyalahkan siapa2 dlm hal ini memang peraturan airsoft gun sampai hari ini hukumnya msh abu2 kenapa saya berkata demikian karena kalau permainan ini dilarang kenapa jelas2 banyak toko2 airsoft yg jual brg tsb tdk dirazia saja?yg penting disini kita hrs ber hati2 cara bermain dan menggunakannya .Usul saya kalau mau mendaftar di Perbakin yg resmai hanya 250 ribu per thn silahkan dtg sendiri ke lapangan tembak di senayandan segera mendaftar ok friend sekian dulu dr saya semoga berguna bagi kita semua amien



Rabu, 10-03-2010 17:57:44 oleh: rudi aprianto

kalo emang alasan airshot gun itu dilarang hanya gara-gara dampak negatif bisa di salahgunakan,membahayakan baik sengaja maupun tidak seperti peluru plastik nyasar atau memantul kemudian mengenai pihak ke 3 itu sih alasan yang di cari2 dan tidak proesional, hei semua denger kita punya motor atau mobil aja berarti bisa di larang dong karena bisa nabrak orang atau nyerempet orang lain bahkan bisa di pakai untuk ngarong...kalo mobilnya besar bisa banyak untuk muat hasil garongannya, gimana kalo seperti itu titik. jadi pelajari dunk secara benar ente semua pade khan dah punya pangkat dan jabatan so profesional dhunk...biar negara kita berkembang wawasannya dan maju oke.sikapi dengan arif...thank



Kamis, 25-03-2010 00:50:45 oleh: agung

pokok nya aku ngak peduli air shftgun trs maju untuk kepuasaan batin kita masing2.msh banyak yang harus mereka urus dari pada ngurusin kbhagiaan orang gini ya ngak????????????????




Sabtu, 03-04-2010 15:37:44 oleh: glenn lengkei

sekarang airsoft sdh legal di tembak reaksi di perbakin tapi syaratnya anda harus mendaftar terlebih dahulu,tapi anda tdk langsung dpt kat ,biasanya sebelum menerima kta anda harus mengikuti latihan2 dan tingkat emosional anda dan lain2nya



Sabtu, 03-04-2010 19:57:26 oleh: didik yuliyanto

emang skrg tu serba repot..terlalu byk aturan dan larangan lah wong yg buat aturan yg pertama melanggar....yg namax mainan ya tetep mainan tul gak coy....yg penting gak disalah gunakan air soft gun legal2x aja....



Senin, 19-04-2010 15:09:24 oleh: rolies

begini aja brow,buat semua komunitas airsoft gun kita langsung ngomong aja ke polres terdekat,biar semua pada lancar & aman.dan nama2 yg memiliki senjata itu biar dicatat kepolisian,jdi kita memang bener2 penyalur hobi aja.masa uda punya 2 airsoft gun udah mulai diharamkan,rugi dong kita



Senin, 31-05-2010 15:50:59 oleh: dodon

emang sih senapan angin berbahaya, trus kata sapa soft gun gak berbahaya ? itusih soft gun murahan harga di bawah 100 ribu, coba soft gun yang mirip asli yang harganya diatas 4 jutaan jarak 5 meter kalo bapak gak ter sungkur, hobi kita kita salurkan aja tapi sesuai aturan , mungkin pak polisi begitu karna mang dah banyak kejadian yang meresahkan masyarakat, dan yang tau keadaan dilapangan, jangan mendahulukan ego kita , , , ok go free dom



Jumat, 11-06-2010 01:35:49 oleh: Gerrard

Airsoft tetep airsoft,bkan snjata api.kl smpe mbhyakn atau dslah gunakn brti orang yg di todong pakai airsoft dan tdk tau jika itu mainan,hrus belajar dan bnyk membaca.agar tau apa itu snjata mainan dan snjata beneran.inilah rakyat indonesia,hobinya cma nnton sinetron.jd mainan yang sdah brtahun tahun dimainkan bsa ga tau dan smpai kena tipu.yang harus di tekankan adalah pengetahuan umum.bkn izin mainan.



Kamis, 17-06-2010 08:36:09 oleh: luna

maaf rekan-rekan semua saya hanya mau komen sedikit saja. hm... saya rasa, senapan milik saya jauh lebih mematikan daripada milik anda semua (AirsoftGun)di sini. Peluru timah kaliber 4.5 mm, tabung angin 20 cm, 4x20x6 zoom scope, laras 1,25m, air rifle.
Saya yakin dengan pompa 5x saja, saya bisa membunuh orang. maklum pernah saya coba pompa 9x, burung bangau sebesar ayam jago, mati dalam sekali tembak. saya juga tidak perlu mengurus surat ijin tuh. hanya kaliber 5.5 mm yang harus mempunyai ijin, karena dengan itu saya bisa melubangi kepala anda hanya dengan 3x pompa dengan senapan serupa milik saya.
Jadi, menurut saya senjata anda semua tidaklah berbahaya. namun, hanya perlu pengawasan terhadap "penyalahgunaan karena kemiripannya dengan sejata asli".
semoga anda semua mendapat legalitas seperti kami




Selasa, 27-07-2010 15:13:07 oleh: Bintoro Aji

Ayo rek kita kumpul-kumpul sdh lama nggak main perang-perangan. berminat hubungi: Aji 082857049556 / 08155242169



Rabu, 28-07-2010 03:25:03 oleh: zulfar

begini bapa2.. ersopgan gak usah dilarang deh,.. gak usah pake ijin2 lah, gak usah disita. percaya deh ersopgan gak bisa bikin org mati atau luka parah. sumpah..! ersopganer bkan sekumpulan org2 yg lagi unjuk rasa (anarkis), ersopganer hanyalah penyaluran hobi, ersopgan jg sdh punya aturan sendiri, ketat jg loh. masak sih ada org kena ersof lgsg tersungkur dlm jrk 5 mtr.. power ersofgan tertinggi 500/600fps. sy pernah ngetes ditembak di kaki sama teman jrk 3 mtr pake ersof pwr 350fps,. sakiit, kaki bentol tapi gak tersungkur..!?? ERSOPGANER,. LET'S GO TO THE BATTLEFIELD.



Selasa, 17-08-2010 16:50:18 oleh: irfa kyanto

wah wah panas sekali, begini bpk2 mas sekalian,ini pengalaman kami dr komunitas airsoftgun sby. kami pernah dtg k bag intelkam polres mnta ptnjk ttg kepemilikan snjt airsoft, trnyta dr polisi tdk pny DASAR DAN ATURAN untk mngeluarkan srt ijin kpmlkn airsoft.krn UU ato PERATURAN yg mngatur perihal airsoftgun trsbt tdk ada,yg ad senjata api dan gas, tp km ttp brsh gmn airsotgun d tmpt km ini dpt dlegalkn,akhirx km olh polisi d br jln keluar km d srh mmbntk komunitas dan komunitas ini wjb mlprkn setiap ad anggt yg br, dan komunitas2 ini d catat dan km mnjk polisi sbgi PELINDUNG n PEMBINAnya dlm hal ini KAPOLRES, dan km jg dsarankn utk mndftrkn dr sbg anggt prbakin n shoting club yg ad, klo d sby smisal brawijaya shotingclub,bhkn km d bntu pengrsn SKCKnya sbg syrt msk perbakin, dg d bentuknya komunity hal ini sma utk mmdhkn pengwasan trhdp pnnylhgunaan, airsof ini,skrg km lbh enjoy mmbw airsofgun kmn2 tnp tkt kn razia, dn km jg bs mnyalurkan hobi bahkan km jg d sediakan lap tmbak n instruktur DR POLRI dlm berlth km jg mnrpkn disiplin soal pmbwaan n penggunaan senjata sprti d POLRI dan TNI, bahkan km jg lat bersm dgn anggota polri dg mnggnkn airsoftgun, km jg mmbuat ikrar brsm bhw km jg akan ikt mmbntu tgs2 polisi dgn mnjg keamanan d lingkgn msg2. SEMOGA PENGALAMAN KAMI INI DPT BERMANFAAT BUAT REKAN2 PNGGMR AIRSOTFGUN DI THN AIR, SY MEMLIKI 1 UNIT M4 dr Classicarmy hngkong,1 UNIT PISTOL M1911A1 KJW,1 UNIT GLOK G23 KJW. SALAM COMBATAN



Minggu, 23-01-2011 23:30:53 oleh: Sugeng Laksono

melihat perkembangan airsoft gun yang sekarang berkembang di masyarakat, sebenarnya menunjukkan bahwa masyarakat indonesia memiliki semangat juang yang dimiliki oleh nenek moyang kita dahulu.
untuk peraturan ; 4 tahun kuliah hukum trus 10 tahun menjadi penegak hukum (non polri) saya ngak menemukan adanya undang0undang yang melarang penggunaan senjata selain senjata api, adapun undang-undang senjata api yang sekaran dipakai masih merupakan UU. darurat No.12/1951.
Jadi dasar untuk melakukan penyitaan terhadap Airsoft tuh ngak ada, kalaupun dilakukan penyitaan karena alasan keamanan seharusnya aparat uang melakukan penyitaan harus "MALU" kalau masih mempunyainya sich.....
malu karena keberadaan aparat keamanan tersebut tidak bisa membuat hati masyarakat yang seharusnya diamankan belum aman.




Senin, 04-04-2011 22:20:44 oleh: donay

hidup airsoftguners....teruskan permainanmu...gak usah bingung...niat kita baik bukan nakut2in orang....



Kamis, 05-05-2011 21:54:39 oleh: yudi estern

saya hoby air soft gun,.saya punya dan saya gunakan sesuai dengan peraturan yang ada,..saya bawa senjata ini kemana - mana sebagai bentuk proteksi diri...
"Pengalaman Pribadi" : waktu itu saya jalan menggunakan sepeda motor saya di tempat yang sepi dan terkenal bahwa di tempat itu sering terjadi penodongan. pas sekali pada waktu itu dua orang menggunakan motor king menyerempet dan menodongkan pisau panjangnya kearah perut saya dan menyuruh berhenti. dengan sigap saya mengeluarkan senjata replika ini, yaitu bentuk revolver dari samping pinggang saya. kemudian saya todongkan senjata saya dengan berteriak "saya tembak kalian". setelah itu mereka kabur dengan kencangnya tanpa berkutik sedikitpun. alhamdulilah pisau panjang nya tidak sempat melukai perut saya. dari pengalaman saya ini alangkah baiknya senjata replika ini tetap ada dan legal. karena tidak mematikan dan sebagai benda untuk keamanan personal. sesuai dengan peraturan yang berlaku dan tidak digunakan untuk dipertunjukan pada orang umum kecuali pada komunitas tertentu yang sama pada hal ini. dari pengalaman ini saya merasa bersyukur bisa menjaga diri dengan berpura sebagai aparat intel sesuai dengan kejadian diatas. dan saya pun tau bagaimana menggunakan senjata ini sebagaimana mestinya ketika bermain pada komunitas air soft gun dan tidak digunakan di sembarang tempat. sekian dan terima kasih. TOLONG DI TANGGAPI ATAS PENGALAMAN SAYA INI.




Rabu, 18-05-2011 20:54:47 oleh: Hengky Ahongz

nah,bener skli tu gan,memang sy jg berpikiran buat proteksi diri di jalan-jalan.pokonya bukan buat aksi2 nakut2in org aj .hehe
pengalaman sy jg hampir-hampir sama,waktu sy nyetir mobil ad org tuh iseng-iseng ato sengaja motong-motong mobil sy dan memberet mobil sy,nah saat tu sih sy lgi bawa hand gun jg.eh tnyt tuh org mintain uang sambil nyerempet2 dah kbeneran sy sendirian dy ber 4,dan ngancam mobil saya akan d tendang.wah brabe,y udh sy kluarin tuh hand gun kebalikannya saya yg ngejar mereka.setelah jalan ramai y udah sy msukin lgi dan plng.hehe




Kamis, 28-07-2011 10:26:34 oleh: t setiawan

PERBAKIN mana komentar mu???????????????????



Rabu, 24-08-2011 13:24:49 oleh: anggi alpian

Air soft gun ..
menurut saya bisa berbahaya dan bisa tidak .. sama seperti pisau tergantung siapa yang peganngnya .. kalo ya pegangnya penjahat ya bisa jadi sebagai alat bantu kejahatan, kalo yg pegangnya ibu2 ya bisa sebagai alat bantu membuat masakan yg enak dan bergiji. kalo yg pegangnya olahragawan ya bisa buat mencetak prestasi yg membanggakan utk negeri ini ..
air soft harus dibina bukan dirampas atau di larang .. dan jangan cari2 alasan pake naya ijin impor wong yg ngeluarin ijin impornya ajah gak pernah mau dan gak pernah kasih tau prosedur pembuatannya secara terbuka .. dan kita sebagai penguna juga belinya di wilayah nkri ..

saya hobi air soft gun .. pertama saya pegang air soft gun saya kaget dan mersa sesuatu hal yg aneh .. namun setelah terbiasa, saya dengan mudah dapat kenalin dl jarak 5 m . apakah yg dibawa itu air soft gun atau senjata api ..
saya yg warga sipil ajah bisa membedakan .. apalagi yg terdidik pasti jauh lebih pintar dari saya ..




Senin, 31-10-2011 13:31:14 oleh: sonz

butuh info yg jual airsoftgun di sby dmn yah? thx



Kamis, 05-01-2012 19:31:01 oleh: keanu

perbakin kasih Polri dan perbakin kasih masukan dong



Selasa, 10-01-2012 12:07:19 oleh: roby p

Saya profesi dibidang jurnalistik..,saya ingin mengomentari tentang airsofgun senjata jenis replika yang sering menjadisatu perdebatan diantara kawan2 yang berminat menggunakannya untuk menyalurkan hobbynya,namun menjadi kendala kalau mengikuti peraturan dengan acuan uu darurat no.12 thn 1951.Ada beberapa pengusaha mengeluhkan kepada saya problem yang sering dihadapinya bila melakukan transaksi dengan pembayaran uang tunai(pengusaha tersebut toke sawit)terhadap konsumennya,sebab diwilayah tersebut sangat rawan kejahatan menurut cerita sipengusaha.Untuk hal tersebut beliau ingin memiliki sofgun untuk dipakai 2 fungsi diantaranya menyalurkan hobby kemudian menjaga diri untuk mengantisipasi hal2 yang tidak diingikan.Kemudian yang bersangkutan saya arahkan mintaan bantuan dari polri dalam pengawalan dilapangan,tetapi pengusaha tersebut tidak sanggup untuk pembiayaan oprasionalnya apabila diminta.Kalau menurut saya sebaiknya sofgun itu dapat dimiliki bagi orang seperti para pengusaha yang diatas,namun dites mental sikologinya,agar jangan disalahgunakan dilapangan.



Senin, 05-03-2012 15:57:29 oleh: fidellee

coba baca dari situs lapak air soft milik om danar.....ada beberapa skept dari kepolisian.

mungikin jika semua komunitas air soft bersatu mengajukan legalitas dari airsoft mungkin kita dapat memenangkan surat registrasi untuk airsoft kita




Sabtu, 07-04-2012 12:10:59 oleh: JOHN CECEP

PAK POLISI , TOLONG DIBANTU LEGALKAN AIRSOFTGUN KALO DIWAJIBKAN PUNYA SURAT DAN KTA JANGAN MAHAL MOHAL DONG ? KITA KAN HANYA NYALURIN HOBBY.....jadi biar sama sama enak , pak polisi dapat japrem kita bisa main .....kan enak tuh ,.... PEACE PAK POL...



Sabtu, 21-07-2012 02:28:27 oleh: adipati

Saya jg seorang penggemar skaligus hobby softgun,saya ingin mengandai sebuah kronogis kjadian sperti brikut ini:Suatu mlm rmh saya di masuki skawanan prampok yg bersenjata golok dan pisau,tiba2 dia memasuki kamar anak saya dan si prampok mengancam anak saya dg sebilah golok,pada saat bersamaan saya kluar dari kamar dan menggenggam sepucuk softgun dan menembakkan senjata itu kearah prampok itu,dan alhamdulillah berhasil mengenai bagian tangan dan membuat si prampok berlarian keluar dari rumah saya...
Nah pertanyaan saya,Apakah saya telah melanggar hukum dlm hal ini penggunaan softgun tsb menyalahi aturan hukum yg berlaku di Indonesia atau ada aturan tersendiri untuk penggunaan softgun buat jaga diri...??? Dan kebetulan juga saya sdh memiliki SKK dan KTA resmi.
Mohon bantuan pencerahan dari rekan semua...




Minggu, 05-08-2012 18:39:05 oleh: Hery Gunawan

Saran Saya Utk Pecinta Dan Pehobby Senjata Replika Airsoftgun,Agar Bergabung Ke Klub Menembak Yg Di Dalamnya Ada Pembinanya Dari Unsur POLRI.Dengan Itu Insya Allah Kita Aman.Selama Tdk Di Salahgunakan.Karena Ngga Mungkin Jeruk Minum Jeruk(Satu Korps).Dan Jelas Ada Bukti Pertanggung-Jawabannya Dari Pengurus Klub Menembaknya..Bravo Airsofters..!!!



Sabtu, 25-08-2012 18:56:14 oleh: Adi_Papua

Soal legalitas ini memang bikin bingung. Berpuluh-puluh alamat website telah saya baca dan ga ada yang bisa menjawab dengan pasti tentang legalitas airsoftgun ini. Kalau memang harus gabung dengan club resmi... sudah saya lakukan... tapi klub di kampung halaman saya, sementara di papua belum ada klubnya. Apakah KTA ini berlaku juga di luar wilayah klub itu berasal? Sampai saat ini saya belum tau jawabannya.

"Pengalaman pribadi" saya yg hidup di tanah konflik papua, yang dihiasi dengan beberapa penembakan gelap baru-baru dengan target masyarakat sipil di kab. keerom (berbatasan dengan negara papua new guinea)membuat saya kembali membongkar airsoftgun yang sudah lama saya pensiunkan. Memang unit itu bukan untuk beladiri tapi untuk olahraga, akan tetapi terpaksa unit itu saya bawa2 dalam perjalanan ke tempat kerja yang harus melewati daerah sepi yg biasa menjadi daerah "rawan".

Pertanyaan saya, apakah salah membawa unit tersebut dalam kondisi seperti ini? Dimana aparat akan datang bila kita sudah membujur kaku menjadi korban penembakan. Atau apakah airsoftgun lebih berbahaya dari panah dan parang yang biasa dibawa masyarakat pribumi?

Pada saat razia dijalan, saya hanya bisa berkata pada aparat..."bapak ada dimana saat saya dihadang kelompok bersenjata api atau senjata nanti?"...

Miris bukan...???




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY