Satrio Arismunandar

Penganut Islam Lebih Mudah Menerima Adanya UFO dan Alien

Sabtu, 26-05-2007 07:17:10 oleh: Satrio Arismunandar
Kanal: Opini

Belum lama ini terbit buku berjudul: "UFO; Ruh, Manusia, atau Jin?
(Pendekatan Agama dan Saintifik atas Jin dan Fenomena Alien)."
Penulisnya : Ahmed Hulusi. Penerbitnya: Bina Ilmu, Surabaya, Cetakan : I, Januari 2007. Tebal : 300 Halaman.

Judul buku ini sangat menarik. Khususnya bagi mereka yang meminati masalah per-UFO-an di Indonesia. Saya belum sempat membacanya. Tapi dari terbitnya buku itu, saya hanya merenungkan sebagai berikut:

Tanpa bermaksud mengurangi penghormatan saya terhadap penganut agama-agama lain (yang saya memang tidak atau kurang memiliki pengetahuan tentang ajaran-ajarannya), menurut saya, penganut Islam SEHARUSNYA lebih mudah untuk menerima kehadiran UFO dan Alien. 

Mengapa? Karena dalam kitab suci Al-Quran jelas-jelas Allah SWT menyatakan keberadaan makhluk-makhluk cerdas lain selain manusia, yang salah satunya disebut "jin." Jin ini bisa berubah bentuk menjadi apa saja. Mereka hidup di alam yang sama dengan manusia, meski berasal dari dimensi yang berbeda, sehingga manusia umumnya jarang atau tidak pernah bertemu dengannya (kecuali dalam situasi-situasi yang luar biasa).

Artinya, bisa dikatakan bahwa dengan mengakui dan menerima keberadaan UFO, Alien, dan lain-lain itu, seorang Muslim tidak perlu merasakan adanya pertentangan atau kontradiksi, antara fakta adanya UFO/Alien itu dengan keyakinan/kepercayaan agamanya. Tentu akan sulit halnya, jika ajaran agama terang-terangan menolak adanya makhluk cerdas lain selain manusia.

Namun, ajaran Islam (sekali lagi, sejauh pemahaman saya yang bukan ahli agama) juga menyatakan, "jin" dan lain-lain itu termasuk hal ghoib. Artinya, hanya Allah SWT yang tahu. Manusia bisa mengetahuinya, namun yang bisa diketahui sangat terbatas. Jadi, tidak usah berambisi untuk tahu sangat banyak tentang "jin" dan lain-lain itu. Kita memahami keberadaan "jin" (atau UFO, Alien, dll) sebagai petunjuk kebesaran kekuasaan Tuhan yang Maha Pencipta. ***

Bookmark and Share

Tag/Label islam, ufo, alien, ahmed hulusi
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
32 komentar pada warta ini
Minggu, 27-05-2007 01:36:58 oleh: Bagus Yudo Prayitno

Menurut saya sebelum kita belajar atau mempercayai yang belum pernah kita saksikan, rasakan , lebih baik kita melihat, mengenal diri kita lebih dalam.
Kalo kita sudah mengenal diri kita (seutuhnya), maka kita mengenal Tuhan, demikian juga makluk2 ciptaannya.




Sabtu, 16-02-2008 18:16:24 oleh: abdullah.m

sangat menarik, cukup banyak ayat al-qur'an yang mengidentifikasikan adanya mahluk2 yang serupa
dilangit sana,

yang perlu di cermati dengan bahasa AL-Qur'an
adalah dengan membayangkan pemahaman umat pada periode al-Qur'an di turunkan.

Coba Kaji pasti anda temukan jawabanya
berikut metoda pencapaian penjelajahan dan interaksinya.




Minggu, 02-03-2008 03:25:45 oleh: shafwan hasby

<i>Mengapa? Karena dalam kitab suci Al-Quran jelas-jelas Allah SWT menyatakan keberadaan makhluk-makhluk cerdas lain selain manusia, yang salah satunya disebut "jin.</i>

Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dengan sebaik-baik kejadian Kemudian kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya
(surah at-Tin ayat 4-6)

Dan sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dari sari tanah, kemudian kami menjadikannya air mani pada tempat yang kukuh dan terpelihara (rahim) kemudian kami menjadikan air mani itu segumpal darah, lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging, lalu segumpal daging kami jadikan tulang-tulang, maka kami liputi tulang-tulang itu dengan daging, kemudian kami menjadikannya satu bentuk yang lain. Maha suci Allah sebaik-baik pencipta
(surah al-Mukminun ayat 12-15)

itu aja pertimbangannya om





Selasa, 11-03-2008 22:56:53 oleh: Adil Hijri Muhammad

Ya, saya percaya dengan keberadaan alien. tapi saya kurang tahu apakah alien itu jin, setan, atau bahkan bukan keduanya. dalam surat Al Hajj ayat 22 Allah SWT berfirman : "Apakah kamu tidak mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud semua yang ad di langit, di bumi, matahari,bulan, bintang, gunung-gunung, pepohonan, binatang-binatang yang melata, dan sebagian besar daripada manusia ?."

di surat itu ada kata "hewan melata" apakah itu ??? mungkinkah itu alien ??? hanya Allah yang mengetahui.
saya juga pernah membaca sebuah artikel bahwa di daerah mesir banyak ditemukan gambar-gambar mirip ufo yang terlukis di tembok yang merupakan peninggalan peradaban bangsa mesir kuno. dari artikel itu saya membuat hipotesis bahwa manusia mesir zaman itu pernah "dikunjungi" oleh alien.

mungkin alien hidup nun jauh disana, diujung jagad raya lain. mereka mungkin telah menghuni jagad raya ini sejak lama, jauh sebelum manusia ada. oleh sebab itu mereka memiliki peradaban tekhnologi yang sungguh maju dan belum terbayangkan oleh manusia.
oleh sebab itu mereka bisa menjelajahi jagad raya dalam waktu yang tak lama.
semua itu bisa terjadi atas kekuasaan Allah SWT.
Rosulullah SAW saja pergi ke langit ke tujuh dengan buroq nya dengan waktu yang sangat sangat sangat singkat atas kekuasaan Alloh SWT.





Minggu, 06-04-2008 01:41:53 oleh: darin raharjo

menurut saya keberadaan alien dan ufo tersebut mungkin benar-benar ada,karena tidak mungkin suatu hal akan dikaji secara serius tanpa ada sedikit bukti yang ada.



Sabtu, 31-05-2008 11:37:16 oleh: sofyan tangguna

menurut saya kita kan muslim, percaya adanya yang ghaib salah satu rukun iman, bukan!mengenai ufo juga itu hal yang masih ghaib bagi kita.aku dengar ufo itu teknologi sangat canggih.menurutku mereka kebumi untuk jadi filosofi keagamaan,menyadarkan manusia agar tetap eksis pada agamanya karna dalam kitab2 suci mereka pasti tau sebab terjadi kiamat itu dari bumi kita yang manusianya nga lagi menyembah ama Allah.kan sayang peradaban mereka yang canggi hancur karna ulah manusia dibumi yang kafir kepada TuhanNya.mungkin ini bukti kenapa mereka kebumi.hanya Allah yang tau!



Jumat, 13-06-2008 16:11:24 oleh: rifa rustikana

Saya percaya adanya UFO karena tertulis jelas di dalam Al Quran surat Asy-Syuraa Ayat 29 "Di antara (ayat-ayat) tanda-tanda-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan makhluk-makhluk yang melata Yang Dia sebarkan pada keduanya. Dan Dia Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila dikehendaki-Nya." . Itulah fenomena penampakan UFO semuanya atas kehendak Allah dan menjadikan tanda kebesaran-Nya




Jumat, 13-06-2008 17:09:21 oleh: Anwariansyah

@rifa rustikana

"Di antara (ayat-ayat) tanda-tanda-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan makhluk-makhluk yang melata Yang Dia sebarkan pada keduanya."

Ya kita manusia ini + hewan yg merupakan makhluk melata yang disebarkan di permukaan tanah. Jadi langit di atas kita dan bumi di bawah kita, kita di antara keduanya.

@Satrio dan yg lainnya

Saya sudah menganalisa secara bathin dengan menerobos ruang waktu (percaya atau tidak, terserah yg baca), alien itu adalah sebenarnya bagian dari berbagai jenis jin (makhluk ghaib selain malaikat). Mereka menghuni dimensi yang berlapis-lapis dan terdapat berbagai bangsa. Sedangkan jin yg termasuk golongan syaitan dan merupakan anak buah iblis, tinggalnya di lapisan dimensi terdekat dengan alam dunia kita. Alien yg sering dilihat fenomenanya di Barat sana adalah jelmaan syaitan yg menampakkan diri di depan manusia. Karena di Indonesia lebih banyak difahami tentang hantu-hantu (sundal bolong, gendoruwo, tuyul dll) maka jin/syaitan mewujudkan dirinya sebagai hantu-hantu itu.

Sedangkan canggihnya pesawat antariksa mereka hanyalah khayalan manusia belaka. Syaitan tidak memerlukan perangkat itu untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Bila dilihat sebagai cahaya, itu mungkin saja karena memang anasir syaitan adalah api. Sedankan kemampuan bahasa telepati dan kemampuan telekinetik mereka adalah memang kemampuan sihir. Lihat kemampuan yang sama pada ahli sulap illusionis. Illusionis itu belajar sihir bukan sulap.




Sabtu, 02-08-2008 12:00:50 oleh: Rahmat

Jangan jadikan Bangsa Ini menjadi bangsa yang malas berfikir,,mari kita gunakan iptek dan teknologi untuk mencari kebenaran dari UFO dan Alien,,benar-benar ada atau tidakkah UFO dan Alien tersebut



Sabtu, 02-08-2008 13:48:15 oleh: Legal Alien

alien itu jin? Om jin = om alien?
Ayolah.....




Jumat, 26-09-2008 06:22:51 oleh: BONETO

mengapa menurut di sini.. ufo intinya tidak ada..
tapii menuruT boneto itu ada...
dan apoa benar pernah muncul di indonesia??
kaLo ada gua mau kenalan..
akwakka..




Selasa, 30-09-2008 12:13:50 oleh: Mr.UFO and Ms.JIN

UFO = objek terbang yang tidak dapat dikenali,mempunyai sifat melayang,cepat,berbentuk.
kalo ufonya udah mendarat baru bisa dikenali ya dan namanya diganti USO = objek diam yang tidak dapat dikenali.mungkin belum mau kenalan.wekakakak.......
mo kenalan ada satu yang mau udah legal kok

"Legal Alien" lam kenal.





Selasa, 07-10-2008 23:28:02 oleh: riza yustiawan

alien mungkin saja ada karena jagat raya ini luas men.....gw sich percaya aja..kalau dipikir bukannya mubazir klo cuman bumi yang ada penghuninya...




Sabtu, 01-11-2008 04:59:22 oleh: jetri

makhluk ruang angkasa sejenis alien or ufo

tu adalh mkhluk d dlm ruang ankasa yg sangat jauh..

semua kehidupan adalah milik alloh..
hanya alloh yg tahui ap yg akan d prbuat..
huallohu alam bissawab..




Selasa, 16-12-2008 11:28:00 oleh: dewie

kalau saya pribadi jujur tidak begitu percaya tentang adanya alien,kalo UFO menurut saya hanyalah sebuah piring terbang atau pesawat luar angkasa.Wallahu a'lam bishowab,hanya Allah yang Maha mengetahui atas segala sesuatu yang ada di jagat raya ini.



Minggu, 11-01-2009 23:26:07 oleh: Bondan

Kalo saya sangat percaya UFO. Gak mungkin ribuan laporan tentang UFO itu hanyalah fiktif. Beberapa orang kadang melihat secara bersamaan. Bahkan dalam Al Qur'an temen2 juga sudah menemukan ayat2 yang mendukung...
Untuk masalah alien itu jin atau bukan, saya tidak tau. Tetapi mereka menampakkan diri pasti punya tujuan. Mungkin saja mereka membimbing manusia kepada sistim yang benar? Atau mungkin hanya sebatas teknologi saja? Apapun itu, sepertinya mereka tidak berniat jahat, karena bila itu benar, bumi sudah merka kuasai mengingat teknologi mereka yang bener2 maju...
Mengapa kita tidak belajar dari mereka?




Senin, 23-03-2009 15:05:09 oleh: pamuji yuono

Pada tanggal 25 agustus 2000 jam 00:00
setelah sholat tahajud saya kedatangan makhluk aneh yg berbentuk alien menaiki pesawat sperti piring....
Saya berdzikir mohon petunjukNYA...dan ada bisikan yang mengatakan ...itulah makhluk lain Alloh selain manusia&malaikat....
saya berkesimpulan itu adalah Jin.....




Kamis, 26-03-2009 14:30:18 oleh: ade

menurut saya jin bisa membuat apa yang dibuat oleh manusia salah satu contohnya kerajaan dari nabi sulaiman a.s di mana kerajaan nabi sulaiman di bangun oleh jin yang dipimpinnya dan kerajaan nabi sulaiman tersebut mengungguli kerajaan yang di buat manusia pada waktu itu, jadi apabila manusia dapat membuat pesawat, jin pun mungkin bisa membuatnya bahkan mengungguli pesawat yang dibuat oleh manusia



Selasa, 31-03-2009 09:59:53 oleh: rudi satria anggara

bagi saya alien juga ras manusia. karna ada data hasil operasi alien yg tewas /jatuh di bumi menunjukkan sama DNA dgn manusia.

Dilihat dari sudut agama islam, Manusia adalah ciptaan Allah yg paling sempurna dibanding makluk ciptaan Allah sebelumnya. malaikat pun tunduk kepada nabi Adam ( manusia) karna dapat menerangkan ilmu sampai malokular energi terkecil. hanya saja jin tdk mengakui keunggulan manusia disebabkan iri.

manusia ditakdirkan Allah sebagai khalifah bumi.
makna bumi itu amatlah luas, bukan bumi yg kita pijak ini, tapi bumi2 alam semesta,

kenapa struktur tubuh manusia dgn alien beda, karna disebabkan oleh faktor alam, makanan yg berbeda, di kitapun ada perbedaan antara orang eropah,asia,afrika

jadi secara pribadi ,alien bukanlah makluk jin.
jangan sangka bahwa manusia jaman dahulu peradaban teknologinya lebih hebat dan canggih dgn peradaban kita sekarang, liat piramida dan lain2.liat peradaban benua atlantis...dan lain2

lalu kenapa peradaban masa lalu hilang? pertanyaannya adalah "kemungkinan manusia super ini berimigrasi ke galaksi lain dan meninggalkan bumi yg kita pijak dan pindah ke bumi lainnya. meninggalkan jejak2 peradaban di bumi.

lalu kenapa alien sering berkunjung ke bumi kita?
karna dia punya misi khusus atau mau liat kampung halaman hehehehe

lalu kenapa kemampuan kita tidak sebanding dgn mereka, karna ada sebab , yg ditinggalan di bumi ini manusia yg cloning/di set otaknya biasa -biasa saja.....

hancurnya benua atlantis ini ada sebab akibat dari kemampuan alien lho......

tapi terserah forum pro dan kontra pasti ada, anggap saja kita sharing .....

ok bro......




Sabtu, 06-06-2009 17:06:12 oleh: Rufaidah Khairunnisa

saya sangat percaya kepada Allah dan Qur'annya yang Maha suci lagi bisa dipercaya . . .

tapi bukankah islam itu adalah agama tang sempurna sehingga semua pertanyaan bisa di jawabnya,

maka dari itu saya sangat menyayangkan ada kata-kata "tidak usah berambisi untuk tahu sangat banyak tentang "jin" dan lain-lain itu. Kita memahami keberadaan "jin" (atau UFO, Alien, dll) sebagai petunjuk kebesaran kekuasaan Tuhan yang Maha Pencipta."

dan kalau boleh saya berkomentar apakah ada ayat di dalam al-Qur'an yang menyebutkan adanya kehidupan lain selain di Bumi ?

dan kalau boleh saya bertanya, adakah pernyataan nabi muhammad dulu tentang adanya kehidupan seperti kita di luar Bumi ?





Sabtu, 06-06-2009 18:56:35 oleh: heri_spica

maaf mbak Rufaidah

utk pertanyaan anda sekaligus pernyataan anda,
kalau dalam Al Quran disebutkan tentang alien, maka lengkaplah sudah semuanya, tak ada lagi yg perlu dijawab

utk itu mungkin kita perlu melihat dan menafsir apa yg tersirat dan bukan hanya apa yg tersurat, dan itu berarti akan ada pemahaman dan penafsiran berbeda2 dari tiap orang utk ayat yg sama dimana ada kemungkinan punya arti lebih dari yg tertulis

maaf, tidak bermaksud menyinggung, menurut saya semua agama baik. tapi utk penjelasan ttg alien itu sulit sekali dijelaskan karena utk tahu dari kitab2 suci agama, mungkin tidak dijelaskan secara terang2an. kita para manusia diberi kebebasan utk percaya atau tidak ttg hal itu dan juga diberi otak utk berpikir secara sehat n nurani utk ttp religius

heri_spica




Sabtu, 06-06-2009 19:21:45 oleh: Anwariansyah

@Rufaidah Khairunnisa & heri_spica

Qur'an Surah ke-42 Asy-Syura ayat 29

"Dan di antara ayat-ayat (tanda-tanda kekuasaan)-Nya ialah penciptaan langit dan bumi dn makhluk-makhluk yang melata yang Dia sebarkan pada keduanya. Dan Dia Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila dikehendaki-Nya."




Sabtu, 06-06-2009 19:30:47 oleh: Anwariansyah

Makhluk-makhluk yang melata pengertiannya berjalan di tanah, bukan terbang. Bangsa jin sebetulnya lebih banyak berjalan di atas tanah, tapi karena jisim atau anasir dasar dari tubuhnya yang terbuat dari panas api, maka dia juga bisa terbang dan menembus benda padat. Terbang bagi jin hanya untuk mempersingkat perjalanan, tapi mereka hidup di tanah, pepohonan, batuan, laut atau menumpang di rumah manusia. Mereka berada pada dimensi lain, tapi tetap memanfaatkan materi bumi. Mungkin sulit difahami, tapi akan mudah mencerna kalau memahami pengertian dimensi seperti dijelaskan pada warta saya Menyingkap Misteri 7 Lapisan Langit dan Keajaiban Isra Miraj di link http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=13774





Sabtu, 06-06-2009 19:37:03 oleh: Anwariansyah

Sedangkan alien, sebetulnya tidak tepat dikatakan sama dengan jin, karena jisim dasar penyusun tubuhnya adalah cahaya, seperti malaikat. Kalau malaikat,alien atau jin bisa mewujud dihadapan manusia seperti tubuh manusia, itu adalah salah satu kelebihan mereka. Makhluk berdimensi tinggi (lebih dari dimensi manusia yg 3) tentu kondisi serupa kita juga mereka miliki. Bukankah 4, 5, 6 dst dimensi ini memuat 3 dimensi di dalamnya. Kalau mereka memasuki alam 3 dimensi atau alam manusia, maka tubuh mereka pun jadi sama dengan manusia, karena mereka meninggalkan 1 atau lebih dari kelebihan dimensinya di dimensinya sendiri, dan yang memasuki alam manusia hanya tinggal 3 dimensi.



Senin, 27-07-2009 22:34:49 oleh: Azman

Assaamualaikum

Menurut pandangan saya... lebih baik membicarakan soal2 usul dari mencari kebenaran2 tentang sesuatu yg boleh jadi cara org kafir melemahkan pemikiran ummat Islam kepada perkara2 yg lebih mendatangkan maslahah besar. contoh bagaimana cara terbaik untuk menyelenggarakan pembahagian zakat keada asnaf2 nya. Jika benar alien itu wujudm, kita sebagai ummat Islam tidak untung apa2 sedang kan kita memang sudah wajib beriman atau mempercayai kepada perkara2 ghaib seperti yg ada dalam rukun iman. Kita sering lupa yang kita masih lagi dalam pergolakkan agama yg mana mereka yg ingkar dgn ajaran Islam dan seruannya sedari duu masih tidak putus2 mencoba menghapuskan kita. Dan pandangan saya tentang alien adalah sekadar permainan mereka untuh melalaikan kita dari ibadah dan perkara yang lebih utama bagi kita.

WallAhu a'lam




Senin, 10-08-2009 23:58:30 oleh: dedi

semoga tuhan dan alien bukan hal yang bertolak belakang,kalau tidak kemana kita harus melanjutkan "perjalanan" setela mati??



Minggu, 23-08-2009 07:35:54 oleh: fauzi

emang ufo itu jin? wallahualam.. tapi seperti d lhat d video2 dan dberbagai media khususnya d internet.. ada yg membuktikan ufo adalh buatan manusia..



Jumat, 26-03-2010 00:35:17 oleh: Fajar

Menurut pendapat saya, UFO, alien dsb itu memang merupakan jelmaan jin yg menampakkan wujud2 nya dgn cara seperti itu dgn tujuan tertentu atau mungkin hanya ingin membingungkan akal manusia. Saya pernah dengar kejadian nyata bahwa ada seorang nelayan di tengah laut yg di dekat nya tiba2 melintas sebuah kapal besar, padahal sebelumnya ia tak melihat kapal apapun yg sedang mendekat. Selidik punya selidik, ternyata kapal besar itu adalah jelmaan jin laut karena di laut tersebut tidak ada kapal besar yg melintas.
Hal itu membuktikan kalau jin itu bisa saja menjelma menjadi benda2 apapun yg ada di bumi maupun benda2 yg tidak pernah dikenal oleh manusia atas kehendak Allah.

Keberadaan jin-jin yg menjelma menjadi UFO, alien, di luar bumi sana, itu adalah wajar karena itu merupakan kekuatan mereka yg telah diberikan oleh Allah SWT. Dalam hal ini, saya berpegang pada surat Ar Rahman ayat 33 :
"Wahai jamaah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus dan melintasi penjuru langit dan bumi, maka tembus dan lintasilah! Kamu tidak akan dapat menembus dan melintasinya kecuali dengan kekuatan."




Kamis, 14-04-2011 11:06:41 oleh: Rizal_bule

Aku rasa.....??dari sudut iptek alien itu ada,,buatan manusia hasil rekayasa genetika atau terkena radiasi dan bermutasi, lalu memperbanyaknya dengan kloning,dan dibuatkannya ufo/piring terbang sebagai kendaraannya yang super aerodinamis.seperti super hero di tv dengan kendaraan dinasnya.

Allah swt menciptakan langit dan bumi beserta isinya dan mungkin alien juga.





Sabtu, 28-01-2012 21:41:43 oleh: veki nurkholis

"Suatu hari Rasulullah SAW berjalan-jalan bersama para sahabat seusai shalat subuh, lalu beliau menunjuk ke arah langit timur lalu bersabda : "Disana ada sebuah bumi yang berwarna putih dan penduduknya juga putih, maka mereka tidak menyembah selain kepada Allah".
"Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya Allah, MalaikatNya, serta penduduk langit dan bumi, hingga semut yang ada di dalam lubangnya, dan ikan-ikan di lautan, (semuanya) bersalawat atas orang yang mengajarkan kebaikan pada manusiaā€¯
(HR. Tirmidzi).




Senin, 03-09-2012 13:14:57 oleh: judhazt

Gan ane cuma ngabarin aja. Blog ane yang :
http://perspektif-islam-interaktif.blogspot.com/2009/07/tes.html

Sekarang pindah ke :

http://islamperspektif.blogspot.com/2009/07/tes.html

Thx before




Kamis, 07-02-2013 07:57:21 oleh: bahar

"WALLAHU 'ALAM"



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY