Bagus Yudo Prayitno

Logika Perhitungan Waktu Terhadap Bioritmik Manusia

Rabu, 16-05-2007 17:24:36 oleh: Bagus Y Prayitno
Kanal: Opini

Tulisan saya di bawah ini mencoba untuk melogikakan secara garis besar tentang perhitungan waktu kuno terhadap perubahan bioritmik manusia dan alam, misalnya perhitungan Bazi (China), Weton (Jawa),  Astrologi barat, dan sebagainya .

Sebagian dari kita tidak mempercayai tentang perhitungan waktu tersebut , sebagian mempercayainya secara fanatik, sebagian mempercayainya dengan term dan kondisi tertentu. Jika sebagian mengatakan klenik, tahayul, sebagian mengatakan ilmiah, untuk sebelum menilai hal tersebut bisa membaca tulisan saya dibawah ini.

Bangsa-bangsa tua di dunia mempunyai teknik sendiri-sendiri, untuk meraba fenomena alam akibat perubahan waktu, terdapat suatu pola mencatatnya sehingga dibuat suatu konsep. Di Yunani ada perhitungan astrologi horoskop ,di India ada MahaKala Cakra, di China ada BaZi (:pak ce’), Tongshu, di Jawa ada Petangan/petungan : Kalamangsa, Weton,dsb.

Konsep-konsep perhitungan ini dibuat untuk suatu tujuan tertentu, awalnya mengingat dan memperhitungkan masa tanam, kemudian berkembang untuk mengetahui karakter manusia, mengetahui waktu baik bepergian, dll.

Memang ada suatu pandangan bahwa tidak ada hari yang jelek,semua hari baik. Pandangan itu benar sekali, jika kita tahu memanfaatkan atau memanipulasi potensi diri terhadap perubahan waktu.

Secara logika dasar begini:

Bumi, planet, matahari atau bintang mempunyai daya magnetis sendiri-sendiri. Masing-masing mempunyai kekuatan dan jenis energi yang berbeda dan bisa saling mempengaruhi , termnasuk apa saja yang di dalamnya.

Ketika Bumi berputar selama 24 jam, dan setahun mengitari Matahari akan mempengaruhi isi Bumi termasuk mahkluknya akibat energi dan perubahannya tadi, sehingga mengakibatkan beberapa fenomena tertentu. Contohnya suasana dan kondisi pada waktu siang, malam dan pagi tentu berbeda, demikian juga kondisi fisik, psikis manusia juga akan terpengaruh.

Pengaruh itu bisa berupa karakter manusia dan bioritmik manusia.

Mengapa karakter manusia secara mendasar dapat ditentukan. Ketika manusia lahir, tentu ada perbedaan potensial. Yakni energi pelepasan dari rahim, dan energi-energi luar yang mempengaruhinya. Sehingga lahirnya manusia diibaratkan mencetak benda. Pada suatu waktu tertentu, titik tertentu, cetakannya berbeda-beda akibat pengaruh-pengaruh eksternal tadi. Belum lagi faktor genetika manusia dan lingkungan sangat mempengaruhi kualitas cetakan tersebut. Cetakan yang sudah jadi tadi selama mengarungi waktu, akan terpengaruh juga, itulah yang dimaksud bioritmik manusia.

Orang-orang dahulu mengamati dan mencatat perubahan tersebut, terhadap ribuan bahkan jutaan responden, selama ribuan tahun, sehingga berupa data statistik setelah diamati ada suatu pola tertentu, yang akhirnya disusunlah suatu konsep.

Di Yunani ada astrologi barat, yang membagi manusia menjadi 12 bulan menjadi 12 karakter (sesuai revolusi bumi terhadap matahari) yang akhirnya disebut sebagai bintang (Pisces, Leo, Virgo dsb). Baru-baru ini diketemukan planet baru di tata surya kita sehingga akan dibuat teori bintang astrologi baru.

Di China ada kalender Xia telah disusun 3.000  thn SM, di mana mendasari perhitungan Ba Zi (8 karakter/huruf kelahiran manusia : 2 huruf Tahun, 2 huruf bulan , 2 huruf hari dan 2 huruf jam kelahiran) . Pada tanggal dan jam kelahiran tertentu dapat dilihat karakter /sifat dasar manusia, dan keberuntungan/bioritmik manusia selama kurun waktu tertentu.

Di China ada istilah keberuntungan langit, keberuntungan bumi, keberuntungan manusia.

Keberuntungan langit adalah keberuntungan yang kita bawa ketika kita lahir misalnya : kapan kita lahir, siapa orang tua kita, bagaimana kondisi kita : apakah fisiknya sempurna, cacat, ataukah warna kulit kita (suku bangsa apa). Itu semua bawaan lahir/takdir yang tidak bisa kita rubah.

Keberuntungan bumi adalah keberuntungan di mana kita tinggal, lingkungan kita, misalnya apakah di pulau Jawa, Amerika, atau Arab. Tentu memiliki nilai keberuntungan sendiri-sendiri. Juga kondisi tanah, apakah terjal, kering, dekat pantai , lingkungan kumuh tentu memilki nilai keberuntungan sendiri. Inilah yang mendasari ilmu Fengshui.

Keberuntungan Manusia : adalah keberuntungan yang digali dan diusahakan oleh si manusianya sendiri. Misalnya : ilmu pengetahuan, ibadah, kerja-keras, budi pekerti, amal perbuatan baik kita. Jika kita bisa memaksimalkan keberuntungan manusia terutama dalam hal ibadah, sedikit demi sedikit mengangkat keberuntungan-keberuntungan yang lain (dari riset dan survei saya).

Ibarat mobil , waktu kita lahir kita diberi jenis mobil apa : jeep-kah, sedan-kah, truk- kah . Kemudian perjalanan hidup diibaratkan jalan yang hendak dilalui, apakah jalanan berbatu atau jalan tol. Masih ada satu unsur lagi : pengendara mobil itu sendiri,yang bisa jadi penentu keberhasilan sesorang mencapai tujuan/ akhir perjalanan. Misal ada orang yang mendapat mobil sedan sport, dapat jalan tol (artinya potensi, bakat nya bagus, kesempatan dan perjalanan hidupnya bagus) tapi ketika mengendarai mobil tidak berhati-hati, akan terjadi kecelakaan sehingga tidak sampai tujuan. Sedangkan jika seseorang dapat mobil jelek, tapi dia “kreatif” untuk memodifikasi mobil tersebut, ketika dia melalui jalan jelek, dia berhati-hati sehingga sampai tujuan.

Demikian gambaran perhitungan waktu menurut ilmu Tiongkok kuno. Untuk lebih jelasnya mungkin Suhu Tan bisa menambahi dan menjelaskan lagi.

Di Jawa sendiri ada perhitungan waktu: PETUNGAN/PETANGAN. Sama sperti ulasan tadi, awalnya leluhur kita mengamati pengaruh waktu terhadap perubahan alam, terdapat pola dan disusunlah konsep. Cara pengamatan bisa melaui yang kelihatan: alam sekitar, letak perbintangan maupun yang lain.

Perhitungan waktu di Jawa sebenarnya sudah ada ribuan tahun SM, tetapi tidak dicatat, melainkan disampaikan secara turun temurun. Hingga huruf Jawa ditemukan sekitar 78 M, atau tahun 1 Saka, maka awal itulah perhitungan Jawa dimulai.

Di Jawa ada KALAMANGSA, adalah produk asli orang Jawa, yang keakuratannya teruji. Satu tahun dibagi 12 waktu, disitu dapat dilihat kapan waktu tanam, kapan musim hujan, kapan musim kemarau, kapan hewan-hewan ber-reproduksi, dll. Ada pola 5 thn, 10thn, 100 thn dan seterusnya. Sehingga dapat diprediksi adanya pergerakan alam misal: bencana alam.

Pada masa kerajaan waktu Islam, ada penyelarasan antara perhitungan Kalamangsa, Tahun Saka (Hindu) dan Tahun Hijriah, sehingga oleh Sultan Agung Raja Mataram yg besar, jenius dan hebat menyusunnya menjadi kalender Jawa (tahun Jawa) yang dipakai untuk perhitungan waktu wilayah kerajaan Mataram untuk menentukan waktu tanam, acara-acara ritual keraton, dll.

Dari pengamatan dan riset saya, di pedesaan-pedesaan yang masih menggunakan "Petungan" untuk menanam padi atau berkebun, mereka bisa tahu kapan siklus hama datang, kapan masa tanam bagus. Hasilnya mereka selalu bisa menghindari gagal panen akibat hama, cuaca dsb. Mereka patuh untuk tidak memaksakan target panen lebih dari sekali setahun.

Di jaman modern ini kendala-kendala hama mungkin bisa diatasi dengan obat anti hama, tapi bisa berakibat rusaknya ekosistem. Tuhan menciptakan siklus ekosistem, ada hama, ada predator dan seterusnya, kalau dikelola secara alami, alam terkendali dan selaras.

Demikian sekilas uraian saya mengenai perhitungan waktu yang mungkin masih belum jelas dan lengkap. Mohon masukan dari rekan-rekan.

Saya berharap kita tidak buru-buru menjustifikasi perhitungan-perhitungan kuno tersebut klenik, tahayul tapi baiknya kita kenali dan selidiki dulu. Konon negara Amerika yang super-power pun, ada departemen metafisika dalam gedung putih yang menentukan pergerakan politik yang akan dilakukan USA.

 

Bagus Yudo Prayitno

Pengamat dan pemerhati budaya-budaya Timur.

*Thanks to Suhu Tan for support & knowledge of Bazi , Fengshui.
Bookmark and Share

Tag/Label kalender, perhitungan, hari baik, fenomena alam, horoskop, jawa, cina, india, yunani
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
12 komentar pada warta ini
Kamis, 17-05-2007 11:38:36 oleh: Suhu Tan

Nah gitu dong, dari awal saya sudah tahu kalau anda berpotensi besar untuk menulis. Akhirnya kepincut juga dengan Wikimu, he..he.. turun juga deh tulisannya.

Tulisan yang bagus ( seperti namanya ), jernih mengalir, murni dari seseorang yang menjalani penghayatan bathin dalam prilaku, bukan cuma yang sekedar berteori tapi tiada menjiwai.

Pengaruh interaksi alam pada kehidupan maupun karakter manusia sesungguhnya memang sesuatu yang riil, tak bisa dipungkiri.

Hal yang gampang sebagai contoh renungan, misalnya;
"Kenapa di setiap malam bulan Purnama manusia cenderung menjadi lebih romantis dibanding saat bulan mati?".

"Begitu juga dengan kepiting, disetiap masa bulan purnama dagingnya kempes (kurus) tapi di saat bulan mati kok jadi padat dan gemuk, kenapa?"

Semua ini, ya karena itulah, bioritmik sangat dipengaruhi oleh konstelasi perubahan waktu.

Dalam ilmu Feng-shui, perubahan waktu dibagi dalam berbagai siklus. Tiap siklus memberikan pengaruh yang besar bagi kehidupan ini.

Konsep ini bukan klenik apalagi tahayul, semua mengacu pada siklus peredaran Bumi + Bulan yang mengelilingi Matahari 1 tahun sekali putar, lalu Mars yang sekali putar 12 tahun sekali dan juga Jupiter yang bersiklus 60 tahun untuk 1 kali memgelilingi Matahari.

Dijabarkan dalam ilmu metafisika China menjadi siklus Tahunan ( pergantian shio ), siklus 12 tahun sekali ( kembali ke shio yang sama , misal Tikus kembali ke Tikus lagi ). Terakhir adalah siklus 60 tahun an ( dekade dari misal Tikus Tanah terus berputar sampai ketemu Tikus Tanah lagi ) Dari siklus 60 tahunan inilah yang memunculkan pengaruh Tai Suei ( Granduck Jupiter ) yang berubah setiap tahunnya dan baru kembali ke Tai Suei yang sama setelah 60 tahun berputar.

Okey, Mas Bagus, selamat berkarya ditunggu artikel2 lainnya, ya! Semoga sekolah khusus yang lagi anda rintis pun cepat berkembang. Goodluck!




Kamis, 17-05-2007 16:48:20 oleh: Bagus Yudo Prayitno

Thanks Sifu atas tanggapannya.
Tulisan ini saya turunkan untuk menjembatani jurang pemisah pemikiran pro-kontra, percaya dan tidak percaya, ilmiah-tidak ilmiah mengenai sistem perhitungan waktu kebudayaan-kebudayaan kuno yang mendasari patokan perilaku bangsa2 kuno untuk kehidupan tempo dulu.
Walau begitu saat ini masih ada sebagian yang mempraktekkannya, karena keakuratannya dan tidak terdapat pada teknologi modern.Sebagian masyarakat China maupun Jawa masih mengunakan perhitungannya masing2 untuk keperluan usaha,mengetahui watak, keberuntungan,perjodohan dll.
Kedepan saya mencoba menulis ttg pengenalan perhitungan waktu(petungan) Jawa, soalnya kalo perhitungan Chinese udah ada pakarnya (Suhu Tan) he..3x..




Jumat, 18-05-2007 10:44:27 oleh: Norman Sasono

Okay, katakanlah formula perhitungan waktu kuno terhadap perubahan bioritmik manusia dan alam itu tepat dan logis. Pertanyaan saya, apakah perhitungan kuno ini masih valid di zaman sekarang ini?

Maksud saya begini, formula perhitungan tersebut dibuat di jaman dahulu. Kala itu, keseimbangan alam yg jd dasar formula perhitungan waktu kuno tsb tidak terlalu banyak dipengaruhi oleh "noise" yang dihasilkan manusia. Dengan kata lain, "noise" dari manusia adalah minimal dan mungkin bisa diabaikan. Keseimbangan alam lebih harmonis pada waktu itu, akibatnya lebih mudah di prediksi, dan lebih mudah di formulasikan. Jadi, kesimpulan-kesimpulan yang didapat dari formula-formula tersebut juga selalu tepat. Di jaman dahulu. :)

Nah, di jaman modern sekarang ini, manusia introduce "noise" yang hebat pada keseimbangan alam. Invention dan technology itu introduce "noise" secara exponential dan tidak bisa dipredict akan ada Invention atau Technology apa berikutnya. Misal: Tenaga Nuklir, Hujan Buatan, Rekayasa Genetika, dan lain-lain. Lalu akibat-akibat sampingan yang muncul spt Global Warming & Efek Rumah Kaca misalnya. "Noise-noise" ini belum ada pada jaman dahuhlu jadi tidak masuk dalam formula perhitungan waktu kuno.

Jadi, supaya formula-formula tersebut tetap relevan, "noise" dari manusia modern ini dan efek yang ditimbulkannya harus juga dimasukkan ke dalam formula perhitungan waktu kuno tersebut. Dan tampaknya ini tidak terjadi. Saya tidak melihat ada perubahan-perubahan pada formula-formula tsb untuk memasukkan "noise" ini sebagai parameter. Padahal, "noise" ini berpengaruh hebat pada keseimbangan alam.

Dengan kata lain, formula waktu kuno tsb jadi obsolete. Karena obsolete, tentu saja tidak bisa kita gunakan untuk prediksi apapun atau untuk menarik kesimpulan apapun.

Maka itu, meskipun formula2 ini pernah tepat di jaman dahulu, saya skeptis masih valid di jaman sekarang. Saat &




Jumat, 18-05-2007 10:45:15 oleh: Norman Sasono

Saat "noise" dari human sangat berpengaruh pada keseimbangan alam.



Jumat, 18-05-2007 20:24:26 oleh: Bagus Yudo Prayitno

Ada beberapa perhitungan kuno,yang saya riset masih relevan dengan kehidupan skrg. Yakni BaZi yg mengacu kalender Xia dan Pranata Mangsa(Jawa), bahkan bebrp peneliti ITB(astronomi) dan IPB pertanian,meneliti pranata mangsa untuk kep. penentuan musim tanam.

Memang era milenium byk terjadi Noise,anomali2, akibat efek perkembangan teknologi baik Positif maupun negatif,jika kita lihat satu sisi. Dampak fisik, tidak secara metafisiknya juga. Tapi kalau kita bicara hukum kekekalan energi, energi hanya berubah wujud dari satu ke yang lainnya, akan ada suatu siklus dan pola. Di China adanya Siklus Wuxing (5 elemen):menghidupkan & membatasi, hal ini hendaknya dipahami juga filosofinya. Demikian siklus waktu dan fenomenanya.
Semua yang diciptakan manusia akan ada dampaknya dan ada yang meng-counter dampaknya, sehingga terciptalah suatu siklus kehidupan.
Contoh org menciptakan suatu program, lalu ada yang membobol/hacking program tsb, terus ada yang mengatasi/memperbaiki, demikian sterusnya. Jadi ada menciptakan, merusak , memelihara (dlm hindu sifat : brahma(sifat menciptakan),syiwa (sifat merusak/melebur), Wisnu (sifat memelihara). Sehingga terciptalah suatu siklus,adanya kehidupan.
Yang dilihat org dulu adalah pola "dampaknya/ pengaruhnya" secara "fisik" maupun "non fisik".
Suatu contpoh dalam Bazi ada siklus 60thnan, apa yg kita alami sekarang hampir sama fenomenanya dgn 60 thn lalu. Mungkin suhu Tan bisa beri contohnya.

Kalau mas Norman mau nyoba memprediksi sesuatu, pake perhitungan kuno silahkan. Memang sy katakan tidak akurat 100%, hanya globalnya, krn tidak ada yg tahu persis kejadian kecuali setelah mengalami.
Untuk karakter, peruntungan, bisa tanya sama Suhu Tan, nanti hasilnya beritahu saya ya... akurat gak?




Jumat, 18-05-2007 20:49:29 oleh: Bagus Y P

Tambahan lagi, sebelum sy mempelajari perhitungan2 kuno ini, saya tadinya gak yakin... Apakah bisa untuk memprediksi, meraba ttg karakter, bioritmik , hubungan intrekasi dgn sesamanya?? Karena saya orang teknik, harus ada bukti empiris, maka sy pelajari, yang kebetulan spt BAZI , menggunakan "logika", "matematika" dan "filsafat". Ternyata dari bbrp responder sy predik,keakuratannya lumayan..
Memang dlm meramal sesuatu ada banyak cara, Ada menggunakan perhitungan spt: BAZI(China),PETUNGAN (Jawa), Ada yang menggunakan kekuatan bathin : misalnya paranormal yang lebih berupa GIFT,TALENT.

Untuk memahami perhitungan prediksi harus menggunakan bebrp aspek, kemampuan berlogika, kemampuan berfilsafat, kemampuan mengamati dan merasakan efek fenomena fisik maupun metafisik...

By the way thanks atas komennya... Untuk menambah hidup tulisan ini...




Selasa, 22-05-2007 10:55:59 oleh: Norman Sasono

Interesting, mas. :)

Saya sendiri juga utk hal memprediksi cuma belajar "Stochastic Process" secara formal di kampus dulu. :) Jadi, ilmu saya ya terbatas di situ saja.

Perhitungan2 lain, termasuk yg mas Bagus share di sini bellum pernah saya pelajari.

Tp ya itu, td kalaupun yg diamati adalah siklus, dgn adanya "noise" dari manusia, Fungsi dari siklus yg ada (yg didefine di perhitungan2 kuno td) pasti mestinya berubah. Baik itu Periode-nya yg berubah, Amplitudo-nya yg berubah, dsb.

Anyway, sorry, mas, pemahaman saya cuma segitu aja. Rigour Mathematics. Belum sampai di level Metaphysics.




Selasa, 22-05-2007 11:40:48 oleh: Bagus Yudo Prayitno

Memang mas, pasti ada amplitudo,noise di alam ini sehingga mempengaruhi ekosistem alam termasuk manusia.Pola perubahan itu secara fisik (yg kelihatan) dan non fisik yang sifatnya menjadi sifat perubahan alam yang oleh orang dahulu disimbolkan dengan hukum perubahan unsur. memang agak susah saya menjelaskan disini, karena harus ada pengenalan basicnya dulu.
Ada beberapa contoh soal, yg mengacu perhitungan BAZI, kita bisa menganalisa kenapa si BILL GATES bisa sukses (ada perhitungannya),mengapa Pak Suharto jadi orang kuat. Semata-mata bukan hanya perjuangannya saja tapi ada faktor2 yang mendukung. Yakni unsur kelahirannya.
Memang banyak orang yang lahir di tgl dan jam yang sama, tetapi hanya org tersebut yang sukses,itu krn faktor lain spt keberuntungan bumi/fengshui, dan keberuntungan manusia (usaha dsb)yg mendukung.
Tapi setidaknya orang yg lahir pd waktu itu mempunyai 30% potensi kesuksesan spt itu.
Nah berarti kan prediksi karakter dan kesusksesan itu bisa dilihat pada era sekarang kan. Kalau perhitungan BaZi, bisa hanya mengandalkan "Logika", tanpa kemampuan metafisik. Full perhitungan dan filsafat.
Kalau tertarik lebih jauh bisa nanya2 sama pak Budhi/ Suhu Tan. Pakarnya Bazi.
OK mas thanks lagi mau komen, biar ada sparing partnernya.Dan ngasah kemampuan saya...




Selasa, 22-05-2007 14:38:06 oleh: Bagus Yudo Prayitno

Tambahan lagi,
Pada perhitungan BaZi,ada dasar2nya :
1. Yin Yang : Dualisme alam : hitam-putih, Panas, Dingin,Besar-Kecil, Laki-Wanita, Positif-Negatif, ON-OFF (1/0).
Bukankah semua proses alam ada 2 hal tsb. Baik Fisika, matematika memakainya
2. Semua proses kehidupan alam ini disimbolkan dengan 5 Unsur: Kayu >Api>Tanah>Logam>Air >balik lagi kekayu (>=menghidupkan/mengharmoniskan), Ada juga Kayu >< Tanah ><Air >< Api >< Logam >< KAyu dst (>< merusak,membatasi)
Nah dalam alam semua aspek disimbolkan spt itu.
3.Perubahan waktu dr Siang > Malam adalah suatu perputaran Yin Yang, Lihat gb yin yang ,kan dari gelap berangsur terang, terang sekali, dan berangsur gelap,dst.. itulah siklus waktu bumi.
4.Ada juga siklus 12 bulan/1 thn, siklus 12 thn, 60 thn,120 thn dsbnya. Sehingga disimbolkan dgn Shio, maksudnya unsur dan simbolnya melambangkan karakter seseorang. karena Makrokosmos berhub.dgn microcosmos.
5.Seseorang yang lahir pada Thn,Bln,Hr,Jam, tertentu, mampunyai 8 huruf/variabel yang bisa dihitung, pengaruh interaksi variabelnya tsb.
Thn=2hrf >unsur langit=1hrf (dr 10 variabel: Air+,Air -, Api+Api- dst) dan Unsur Bumi = 1 hrf dr 12 variabel(12 shio). Kombinasi2 tsb melahirkan Unsur manusia=1 unsur dari 5 unsur tadi.
Juga untuk BLN,HARI,JAM. Masing2 unsur tadi saling berinteraksi, sehingga dapat dipredik potensi apa yg dibawa seseorang.
Demikian rumitnya perhitungannya, juga krn pemahaman filosofisnya. Misalnya filosofis sifat kayu pada manusia, itu apa? Juga simbol kayu pada fisik manusia adalah hati. Ini juga digunakan dalam ilmu akupunctur.Yang juga masih akurat untuk pengobatan sekarang.
Penggunaan ilmu kuno tiongkok spt: I Ching, Bazi, Fengshui, Tungshu, Liu ren, dalam dunia bisnis,politik saat ini masih banyak digunakan dan masih up date, krn terbukti ada hasil secara empiris. Lihat pesatnya bisnis di Singapore, Hongkong, malaysia, krn mereka mash byk menggunakan perhitungan2 tsb.





Selasa, 22-05-2007 18:07:22 oleh: Suhu Tan

Nimbrung juga,ah..

Bicara soal valid nya siklus alam dan noise yang ada disekita kita, bagi kehidupan mahluk hidup di bumi ini, adalah topik bahasan yg menarik u/diperbincangkan. Dikelas sayapun ini selalu jadi materi bahasan yg hangat.

Selama kita menyatu dalam pandangan keholistikan yg hakiki, kita pasti kan dapat menemukan jawaban2 kevalidan nya. Tapi semakin kita mengukurnya dari sifat ego karena ingin mencari pembenaran sendiri2 atau karena faktor suka dan tidak suka, maka noise lah yg akan semakin muncul ke permukaan.

Siklus elemen maupun perubahan waktu, mempunyai hukum sirkulasi yg baku. Selamanya, hukumnya itu tidak akan berubah walaupun ada noise-noise yg bersinggungan.

Bila kejernihan bathin kita, mampu menangkap makna hukum perubahannya, maka noise hanya akan sebagai debu yg bisa kita tepiskan.

Bahwa dampak noise bisa mempengaruhi kualitas penampilan (kehidupan) kita, jelas iya. Taklah salah jika kita berpikiran seperti itu, karena noise bisa juga kita posisikan sebagai ekses dari korelasi interaksi horizontal kita (hubungan sesama manusia) atau bisa juga karena prilaku merusak manusia terhadap ekosistem itu sendiri.

Contoh efek rumah kaca yg menimbulkan peningkatan pemanasan gobal, mempengaruhi temperatur di berbagai kawasan. Tapi ini sama sekali tidak mempengaruhi siklus revolusi Bumi dan Planet2 lainya dalam pergerakannya mengedari Matahari. Cahaya matahari pagi tetap saja memancarkan Far Infra Red yg baik untuk kesehatan, ini tetap saja valid seperti itu tidak jadi berubah karenanya. Begitu juga sinarnya di siang hari, menebar ultra violet yg sangat merugikan kesehatan. Inipun tetap terpola seperti itu. Lalu sejauh mana dampak siklus perubahan ini buat kita? Akan jadi buruk atau baik? Kuncinya ya tergantung kitanya sendiri. Pilihannya ya ada pada kita sendiri, tergantung pada pemahaman kita akan makna baik buruknya siklus tsb. Jk kita mengerti maknanya, maka kita akan bisa mensiasatinya buat kebaikan kita. Begitu pula sebaliknya.




Sabtu, 12-05-2012 15:17:00 oleh: Fery Abdullah

Perhitungan waktu atau masyarakat biasa mengenalnya sebagai perhitungan hari-hari baik, sampai saat ini masih banyak digunakan masyaakat. ini merupakan keilmuan atau budaya yang harus dilestarikan.
Artikel yang sangat bagus dan bermanfaat untuk mengangkat budaya dan menggembangkan potensi etnosains. Terus kembangkan, Pak !
Jika boleh saya ingin tanya ? apakah perhitungan waktu/ perhintungan hari-hari baik ini dapat disebut sebagai ilmu falak budaya ? adakah buku referensi yang mengatakan seperti itu ?
Hatur Nuhun...




Selasa, 03-07-2012 21:38:29 oleh: JUHANA

THANK YOU



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY