Frino Bariarcianur

Ludruk Karya Budaya Mojokerto

Rabu, 16-05-2007 11:43:38 oleh: Frino Bariarcianur
Kanal: Gaya Hidup

Di Mojokerto ludruk adalah seni pertunjukkan tradisi yang melekat dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya. Hebatnya di Mojokerto seni ini diprakarsai oleh seorang anggota Polsek Jetis bernama Cak Bantu.

Ludruk berasal dari Jawa Timur dikenal sebagai suatu suatu drama tradisional yang diperagakan oleh sebuah grup kesenian. Tema dalam pertunjukkan ini biasanya tentang kehidupan rakyat sehari-hari, perjuangan disertai dengan lawakan yang diiringi dengan alunan musik gamelan. Dan ludruk di Mojokerto termasuk ludruk fenomenal. Khususnya yang berada di Dusun Sukodono RT 02 RW 01 Desa Canggu Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Ludruk ini dikenal dengan nama ludruk Karya Budaya. Berkembangnya ludruk di Mojokerto tak lepas dari peran seorang anggota POLRI [Polsek Jetis] bernama Cak Bantu. Terlebih-lebih pada tahun 1967 masyarakat Desa Canggu sudah mengenal kesenian ini sejak dahulu kala. "Jaman penjajahan Belanda, ludruk di Desa Canggu sudah ada," ujar Drs Eko Edy Susanto,Msi di dalam pernyataan tertulisnya.

Kemudian para tokoh masyarakat tergerak hati untuk mendirikan ludruk sebagai bentuk pelestarian budaya. Maka diamanatkan pada Cak Bantu untuk mendirikan grup ludruk. Tanggal 29 Mei 1969 berdirilah Karya Budaya yang dipimpin oleh Cak Bantu dengan binaan Polsek Jetis.Menjelang pemilu 1971, ludruk Karya Budaya ditanggap Partai Golkar sebagai hiburan kampanye Golkar selama satu bulan berpindah dari desa ke desa. Menurut Drs Eko Edy Susanto,Msi hal tersebut sangat dimanfaatkan Cak Bantu mempromosikan ludruk Karya Budaya. Dengan keberhasilan pada setiap pementasan membuat ludruk Karya Budaya dikenal masyarakat luas.

Tahun 1993 Cak Bantu Karya wafat. Secara aklamasi seluruh anggota memilih putra sulung Cak Bantu Karya memimpin ludruk Karya Budaya yakni Drs Eko Edy Susanto, Msi yang lebih akrab dipanggil Cak Edi Karya. Pada peringatan ke-30, ludruk Karya Budaya resmi menjadi menjadi Yayasan Kesenian dengan SK Notaris No.06 melalui akte Notaris Grace Yeanette Pohan, SH.

Dunia semakin berkembang, begitu pula kesenian ludruk.  

Dalam rangka menyambut hari ulang tahun ke-38 tahun, grup ludruk "Karya Budaya" mempersembahkan serangkaian acara, diantaranya istighosah dan pengajian yang dipimpin oleh Kiai Fakih Syafii asal daerah Berat Wetan, Kab.Mojokerto. Acara ini diselenggarakan pada hari Senin Kliwon, 28 Mei 2007, pukul 19.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan acara Khitanan dilaksanakan pada hari Selasa Legi, 29 Mei 2007, pukul 08.00 WIB. Setelah khitanan tepatnya pada pukul 12.00-18.00 WIB dilanjutkan dengan pertunjukkan wayang kulit bersama dalang Anwar asal Mojokerto.

Selasa Legi malam adalah malam yang ditunggu, yakni pementasan Ludruk Karya Budaya dengan lakon "Naga Baru Klinting". Pementasan ini dimulai pada pukul 21.00 WIB. Serangkaian acara ini mengambil tempat di Pondok Jula Juli Ludruk Karya Budaya, Dusun Sukodono RT 02 RW 01 Desa Canggu Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto 61310, Jawa Timur.[]



Sumber: http://beritaseni.wordpress.com
Bookmark and Share

Tag/Label ludruk, budaya, mojokerto, jawa timur
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
2 komentar pada warta ini
Rabu, 16-05-2007 20:24:22 oleh: Bagus Y Prayitno

Wah membaca ludruk, mengingatkan saya akan asl saya Arek Suroboyo. Memang guyonan ludruk sangat khas, dengan dialog sehari-hari, blak-blakan, sedikit kasar tapi penuh keakraban. Jaman Belanda dulu, pemain ludruk semua laki-laki,meski ada yang berperan sebagai poerempuan. Dulu digunakan sebagai sindiran pada pemerintah Belanda, sekaligus membakar semangat bangsa kita melalui simbolisasi/"parikan" untuk melawan penjajah. Sekarang sudah gak ada lagi ya acara ludrukan yang update di TV. Rindu saya menyaksikan guyonan ludruk untuk hiburan di masa krisis ini...



Jumat, 20-11-2009 18:02:02 oleh: eko suryo

tlong donk kalau mau download videonya ludruk karya budaya kok sulit banget///padahal aku suka banget ma ludruk karya budaya,pa lagi ma trubus cs.suka banget.jadi kalau download jangan di persulit y???terima kasih banyak.mari kita lestarikan kebudayaan nasional kita.



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY