Stevan Ramadhan

Ketua FPI Surabaya Dituntut 3 Bulan

Jumat, 11-05-2007 08:27:44 oleh: Stevan Ramadhan
Kanal: Hukum

Kejaksaan Negeri Surabaya menuntut hukuman tiga bulan penjara dengan masa percobaan 10 bulan untuk Ketua Front Pembela Islam (FPI) Surabaya Ali Al Habsi. Tuntutan ini disampaikan dalam sidang kasus perusakan kantor Konsulat Jenderal Amerika Serikat dan kantor Konsulat Jenderal Denmark di Pengadilan Negeri Surabaya, Kamis (10/5).

Saudara kembar Ali, Alwi Al Habsi juga menerima tuntutan yang sama karena dinilai ikut serta dalam aksi perusakan. "Terdakwa terbukti melanggar pasal 406 KUHP," kata jaksa penuntut I Made Sudarman.

Sidang yang dipimpin ketua majelis hakim I Made Tjakra itu mendapatkan pengawalan ketat dari aparat kepolisian. Sekitar satu satuan setingkat kompi polisi dari Polresta Surabaya Selatan berjaga-jaga di dalam maupun di luar ruang sidang. Ratusan anggota FPI yang datang ke pengadilan diperiksa secara ketat. Polisi tidak mengijinkan sebagian besar dari mereka memasuki ruang sidang.

Kasus perusakan itu sendiri terjadi pada tanggal 6 Februari 2006 lalu menyikapi maraknya pemberitaan tentang pemuatan kartun Nabi Muhammad oleh media Denmark. Ketika itu ratusan massa dari berbagai elemen Islam mengadakan unjuk rasa di depan kantor Konjen Amerika dan Konjen Denmark di Surabaya.

Dalam aksi di Konjen Amerika di Jalan Dr. Sutomo itu Alwi sempat mencongkel lambang negara Paman Sam yang ditempel di pagar kantor. Dari Konjen Amerika massa selanjutnya bergerak menuju Konjen Denmark di Jalan Sambas. Di tempat tersebut Ali dan Alwi melempari kaca jendela kantor konjen hingga pecah berantakan.

Seuasi pembacaan tuntutan, Ali mengaku kecewa dengan tuntutan jaksa. Menurutnya, apa yang dia lakukan hanyalah membela martabat pemimpin Islam yang dilecehkan oleh negara-negara barat khususnya Amerika dan Denmark. "Saya kecewa karena aparat hukum Indonesia tidak bisa berbuat apa-apa melihat pemimpin Islam dinistakan," kata Ali yang disambut pekik takbir oleh massa pengikutnya.

(Sumber: tempointeraktif.com 10 Mei 2007)

Bookmark and Share

Tag/Label front pembela islam, tuntutan hukum, surabaya
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
4 komentar pada warta ini
Jumat, 11-05-2007 18:43:57 oleh: Bagus Y Prayitno

Sudah saatnya pemerintah tegas menangani tindakan anarki. Kalau memang merusak,menyebabkan keresahan ya proses saja secara hukum. Soalnya kalau dibiarkan nanti jadi apa negara ini, kacau balau, masing2 bawa bendera sendiri2.
Lagi pula tindakan anarki yg dilakukan FPI itu tidak tepat sasaran, wong kejadiannya didenmark,disini (konjen AS disby kok diserang.
Apakah memang tindakan brutal seperti itu "dibenarkan".Lagian tidak efektif (nggak ngaruh ama negara denmark). Kalo mau protes, pake cara yg lebih kreatif dan smart dikit deh.
Misalnya : Nge- Hack situsnya majalah2 di denmark,atau pemerintah sono. Kan dulu portugis pernah diserang rame2 sama hacker indonesia. (bukan ngajarin lho) cuman kasih contoh yang lebih smart and efektif. Gak brutal begitu.




Sabtu, 12-05-2007 11:08:06 oleh: Wahjoe Witjaksono

Jadi ingat kisah Rasul, yang setiap hari diludahin dan dicaci maki orang yang sangat benci diri Rasul. Sikap Rasul pada waktu itu tidak melakukan pembalasan. Pada suatu hari Rasul merasa heran karena orang yang selama ini membencinya tidak pernah kelihatan, ternyata menurut informasi orang tersebut sakit, apa yang dilakukan Rasul? Rasul menengok dan mendoakan orang tersebut.



Sabtu, 12-05-2007 14:18:56 oleh: Bagus Y Prayitno

Bener Mas Wahjoe, sebenarnya tidak ada satu agamapun yang mengajarkan tindakan destruktif dan kekerasan seperti itu. Nabi Muhammad sebenarnya adalah sosok yang welas asih,penuh cinta damai.Krn demikianlah Tuhan mengasihi umatnya. Saya heran kenapa sekarang banyak orang yang menggunakan kekerasan, atas nama agama. Konon dulu diJawa agama tidak bisa masuk dgn jalan kekerasan,semua agama bisa masuk ditanah Jawa hrs memahami karakter org jawa yg spritualis,sangat toleran mempunyai filosofi hidup yang tinggi. ketika Sunan Kalijaga menemukan Wayang Kulit, banyak org Jawa yg sedikit demi sedikit tertarik beralih keagama Islam yang dulunya beragama hindu. Sunan Kalijaga mampu menjawab pertanyaan orang Jawa, mengenai filosofi kesempurnaan hidup.
Jaman sekarang banyak organisasi yang berebut cari massa.Masing2 punya pembenaran sendiri.
Sebenarnya agama adalah "wilayah individu" kan, artinya hubungan antara manusia dan Penciptanya.




Kamis, 27-11-2008 08:52:49 oleh: ikhwan kunto alfarisi

walau spt itu, kita takboleh gelap mata.. mereka spt itu krn apa? krn denmark dan amerika kan?? klo caranya memang salah, harusnya pakai cara persuasif dulu baru kekerasan.



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY