Kiki Rizki Noviandi

Palang Pintu, Pelengkap Pernikahan ala Betawi

Selasa, 24-04-2007 17:51:07 oleh: Kiki Rizki Noviandi
Kanal: Gaya Hidup

Palang Pintu, Pelengkap Pernikahan ala Betawi

Adu silat adalah salah satu adegan yang selalu muncul pada kesenian Palang Pintu Perkawinan. Pernikahan sendiri merupakan salah satu perjalanan manusia yang dianggap sakral bagi masyarakat Betawi. Saking sakralnya, maka ada beberapa prosesi yang harus dilalui oleh kedua mempelai menjelang pernikahannya dan salah satunya adalah Palang Pintu.

Upacara pernikahan diawali dengan arak-arakkan calon pengantin pria menuju ke rumah calon istrinya. Dalam arak-arakan itu, selain iringan rebana ketimpring juga diikuti barisan sejumlah kerabat yang membawa sejumlah seserahan mulai dari roti buaya yang melambangkan kesetiaan abadi, sayur-mayur, uang, jajanan khas Betawi, dan pakaian. Selain itu, perlengkapan kamar pengantin yang berat seperti tempat tidur serta lemari juga dibawa dalam prosesi arak-arakkan.

Tradisi Palang Pintu ini merupakan pelengkap saat pengantin pria yang disebut "tuan raja mude" hendak memasuki rumah pengantin wanita atawa "tuan putri". Nah, saat hendak masuk kediaman pengantin putri itulah, pihak pengantin wanita akan menghadang.

Awalnya, terjadi dialog yang sopan. Masing-masing saling bertukar salam, masing-masing saling mendoakan. Sampai akhirnya pelan-pelan situasi memanas lantaran pihak pengantin perempun ingin menguji kesaktian dan juga kepandaian pihak pengantin laki-laki dalam berilmu silat dan mengaji.

Baku hantam pun terjadi. Sudah pasti, akhirnya pihak lelakilah yang menang. (He he he... kalau pihak lelaki tak menang, tentu gak akan terjadi pernikahan bukan?).Usai memenangi pertarungan, pengantin perempuan pun biasanya meminta pihak lelaki untuk memamerkan kebolehannya dalam membaca Al Quran. Dan sudah pasti lagi, ujian ini pun mampu dilewatinya.

Berikut adalah drama satu babak ketika acara Palang Pintu berlangsung yang diwakili oleh pihak pengantin Perempuan (P) dan pihak pengantin Laki (L).

P: Eh, Bang-bang berenti, bang budeg ape luh. Eh, bang nih ape maksudnye nih, selong-selonong di kampung orang. Emangnye lu kagak tahu kalo nih kampung ade yang punye?...

P: Eh. Bang, rumah gedongan rumah belande, pagarnya kawat tiangnya besi, gue kaga mao tau nih rombongan datengnye dari mane mau kemane, tapi lewat kampung gue kudu permisi.

L: Oh. jadi lewat kampung sini kudu permisi, bang

P: Iye emangnye lu kate nih tegalan

L: Maafin aye bang, kalo kedatangan aye ama rombongan kage berkenan di ati sudare-sudare. Sebelomnye aye pengen ucapin dulu nih Bang. Assalamu'alaikum

P: Alaikum salam.

L: Begini bang. Makan sekuteng di Pasar Jum'at, mampir dulu di Kramat Jati, aye dateng ama rombongan dengan segala hormat, mohon diterime dengan senang hati

P: Oh, jadi lu uda niat dateng kemari. Eh Bang, kalo makan buah kenari, jangan ditelen biji-bijinye. Kalo ku udeh niat dateng kemari. Gue pengen tahu ape hajatnye?...

L: Oh. jadi Abang pengen tahu ape hajatnye. Emang Abang kage dikasih tau ame tuan rumehnye. Bang, ade siang ade malam, ade bulan ade matahari, kalo bukan lantaran perawan yang di dalam, kaga bakalan nih laki gue anterin ke mari.

P: Oh. jadi lantaran perawan Abang kemari?...Eh. Bang, kage salah Abang beli lemari, tapi sayang kage ade kuncinye, kage salah abang datang kemari, tapi sayang tuh, perawan ude ade yang punye

L: Oh.jadi tuh perawan ude ade yang punye.  Eh Bang crukcuk kuburan cine, kuburan Islam aye nyang ngajiin, biar kate tuh perawan udeh ade yang punye, tetep aje nih laki bakal jadiin

P: .Jadi elu kaga ngerti pengen jadiin. Eh Bang kalo jalan lewat Kemayoran, ati-ati jalannye licin, dari pada niat lu kage kesampaian, lu pilih mati ape lu batalin

L: Oh. Jadi abang bekeras nih. Eh Bang ibarat baju udah kepalang basah, masak nasi udah jadi bubur, biar kate aye mati berkalang tanah, setapak kage nantinye aye bakal mundur

P: Oh. jadi lu sangke kage mau mundur, ikan belut mati di tusuk, dalam kuali kudu masaknye, eh. Nih palang pintu kage ijinin lu masuk, sebelum lu penuin persaratannye

L: Oh. Jadi kalo mao dapet perawan sini ade saratnye, Bang.?

P : Ade, jadi pelayan aje ada saratnye, apa lagi perawan.

L: Kalo begitu, sebutin saratnye. Bang.

P: Lu pengen tau ape saratnye. Kude lumping dari tangerang, kedipin mate cari menantu, pasang kuping lu terang-terang, adepin dulu jago gue satu-persatu

L: Oh. jadi kalo mao dapet perawan sini saratnye bekelai Bang.

P: Iye. Kalo lu takut, lu pulang.

L: Bintang seawan-awan, aye itungin beribu satu, berape banyak Abang punya jagoan, aye bakal adepin satu-persatu.

Setelah adegan di atas, pemain palang pintu biasanya melanjutkan dengan kembangan. Berikut adalah petikannya.

L: Bang, lu tau dalemnye rawe, pasti lu tau kali semanan, kalo mau tau namenye jaware, nih lu liat gue punye maenan (jalanin jurusnye ). Nih ..baru kembangnye .. Bang. Ntar buahnye..

P: Kelape ijo ditusuk belati, naek perahu lurus jalannye, udeh banyak jago yang mati, nih jurus pukulannye, (jalanin jurusnye) kalo elu buahnye. nih bijinye..

Beradu jurus pun berakhir. Pihak pengantin lelaki keluar sebagai pemenang. Perbincangan pun dilanjutkan kembali.

L: Gimane Bang.rase-rasenye jagoan Abang udeh pade rontok semua nih. Ape aye ame rombongan udah boleh masuk?...Ape masih ade saratnye lagi Bang?...

P: Ntar dulu Bang, enak aje. Pan lu tau. Buah cereme jangan diasinin, makan nasinye di kandang kude, sarat pertame emang lu ude penuin. Tapi masih ade sarat yang kedue.

L: Sebutin udah bang jangan lame-lame

P: Tukang lakse dagangnye malam jalannya muter ke Pasar Kranji gue minta elu jangan cume bise berantem tapi gue pengen denger lu bise ngaji

L: Tumbuk ketan jadinye uli-ulinye juge kudui ditapeni betaun-taun anak kampung gue bisa ngaji lagu yang Abang minta aye bawain

(baca sikeh)

L : Gimane Bang. soal berantem aye udah ladenin, soal ngaji abang udah dengerin ape aye ame rombongan udah boleh masuk, ape masih ade saratnye lagi, Bang?...

P: Cukup-cukup dah Bang. Rase-rasenye kage sie-sie aye bebesanan ame Abang soal silat Abang jago.soal ngaji Abang bise. Aye Cuma bisa bilang.
buah mangga bukan sembarang mangga buahnye satu tulung petikin aye bangga bukan sembarang bangga mantu yang begini yang aye arep-arepin
ahlan wasahlan buat Abang ame rombongan. Assalamu, alaikum.



Sumber: silatindonesia@yahoogroups.com
Bookmark and Share

Tag/Label silat, betawi, palang pintu, pernikahan
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
36 komentar pada warta ini
Rabu, 25-04-2007 09:50:12 oleh: Imam Hanafi

Budaya yang kaya gini nih yang mesti di lestariin, sayang sekarang kebudayaan kaya gini udeh di tinggalin...Aye masih Belom Kawin, tapi insyaAllah klo kawin enti..pake budaya Betawi aja dahhh...soalnye aye orang betawi juga.



Rabu, 25-04-2007 10:00:20 oleh: nagapasa

Wah betul sekali bang imam, makanya sebagai anak bangsa kita mesti dan kudu melestarikan ni budaya bangse kita yang sangat luhur.

jangan ngegedein jojing ame break dance aja yang datanya dari bule bule sanee...




Rabu, 09-05-2007 09:47:57 oleh: Ahmad Subhan

Saya bukan orang betawi tapi saya sangat bersimpati dengan adat betawi, apalagi saya sekarang lagi membuat film dokumenter mengenai " palang pintu " ini..
Tapi saya terbentur dengan sejarah asal mula palang pintu dan saya juga kesulitan mencari instrumen lagu jali-jali atau kicir-kicir, mohon bantuannya semua..

Saya mempunyai teman di Rawa Belong yang memiliki sanggar palang pintu dan dia minta saya untuk menyebarluaskan keberadaannya...

Melihat perjuangannya melestarikan budaya betawi membuat saya bertekad untuk membantu melestarikan adat betawi...
Dia juga melayani permintaan untuk pesanan pernikahan dengan adat betawi
Terima kasih ..maaf kalau saya maen selonong aje di sini




Rabu, 09-05-2007 10:13:04 oleh: Kiki Rizki Noviandi

wah makasih mas subhan udah nylonong ke mari.

memang kalau bukan kite siape lagi yang bakalan ngelestariin ni budaye.

Mas Subhan nulis juga donk di wikimu.com ini, tentang budaya tentang apa saja khususnya yang lagi mas Subhan bikin dalam filem dokumenter.

saya juga aktif di FP2STI (forum pencinta dan pelestari silat tradisional indonesia) yang salah satu gaweannya adalah melestarikan silat tradisional indonesia. apalagi di betawi silat udah menjadi budaya yang mendarah daging jadi sayang kalau harus di gilas sama budaya western yang jauh berbeda dengan budaya timur

Ayo nulis di wikimu.com




Minggu, 28-10-2007 02:26:14 oleh: majid

ass...
terima kasih bang dah masukin artikel palang pintu.
salam kenal juga dari kami "skb-sekilap" (palang-pintu.blogspot.com)yang berlokasi didaerah gandul -limo - depok, yang juga sedang melestarikan dan memperkenalkan salah satu tradisi betawi yaitu acara palang pintu. mudah-mudahan tradisi betawi terus jaya dan tidak punah serta terkikis dengan budaya modern.




Rabu, 31-10-2007 21:00:04 oleh: panca

Wah seru ye...e....e, jadi nambah nih... bang wawasan gue. tapi masalahnya uadh banyak orang tue yang udah kaga pake adat begini bang, yang gue tau karena adanya jedah keterbatasan biaye, kate2 ustat gue yang penting wajibnya aje..., yang begini-ginikan peninggalan belanda.tapi harus terus di lestarikan. supaya anak cucu kite dapet merasakan juga, makasih bang..




Kamis, 01-11-2007 08:47:17 oleh: nagapasa

Mas panca,

Ginian kayak palang pintu bukan peninggalan belanda bang. belanda engak mewarisi apalagi ngajarin adat kaya begini.

ini murni budaya bangsa kita yang udah ada dari jaman sebelon belanda dateng ke tanah air untuk menjajah.

nah mari kita lestartikan budaya bangsa....




Rabu, 14-11-2007 20:20:50 oleh: Lita

Asal mulanya tradisi silat sama berbalas pantun itu dari Si Pitung?? Koq bisa?? Awal mulanya gimana??



Kamis, 29-11-2007 12:41:44 oleh: marlin

Seni Palang pintu, emang kebudayaan betawi asli. tuk itu aye sangat bangga klo masih ada yang ngewarisin neh budaya...

Sipitung musuhnye belanda
Haji naipin Guru silatnye.
Itung-itung ngingetin lo pade
Maafin dose gue semuenye.




Senin, 09-06-2008 14:30:07 oleh: dj_viellay

ok sob...! gw bangga bngd ma ni forum silat yng perlu ma budaya,coz bagi gw seorang dj music baru kale ni bisa lebih mengetahui kebudayaan yng ad di indonesia khususnya budaya betawi. sebab setahu gw betawi ga terlalu kelietan budayanya,coz pemerintah sendiri khususnya di jakarta ga ada yang punya inisiatif untuk melestarikan budaya ni (betawi). contohnya di sekolah2 jakarta ga ada yang namanya kurikulum bhs.betawi,sedangkan di daerah2 laen ada kurikulum bhs.daerah & sejarahnya masing2. kenapa gw mengatakan seperti ni,coz waktu zaman gw sekolah dulu ga ad kurikulum bhs & sejarah yang gw maksud, padahal waktu gw di jawa ada yg namanya kurikulum bhs & sejarah jawa. gw bener2 sangat amat prihatin dengan kebudayaan betawi yng ga di openin ma pemerintah sendiri. asegedap one more......next time dj_viellay come back!!!!!



Selasa, 10-06-2008 16:18:39 oleh: hery

Bang aye mau tau ada yang punya telepon ane
mau sewa palang pintu yang deket-deket jakarta barat n harganya kira-kira berapa ya bang kalu ame marawisnya sebagai pengiring




Rabu, 25-06-2008 14:44:44 oleh: Zainal Evon

Ass.Melekom........

Allhamdulillah aye terdampar disini, aye lagi surfing sejauh mane pemberitaan & Diskusi tentang palang pintu betawi di dunie maye, kebetulan aye orang betawi asli, dari buyut,engkong,baba dan emak aye asli betawi tulen, dan nyang paling kebetulan aye orang Rebelong , deket dengan sanggar budaye betawi "Si Pitung" tapi orang rebelong ade nyang nyebut juge "Tumbal Si Pitung" alamatnye di jalan yusuf ,sukabumi utara jakarta barat, deket pasar kembang di jalan sulaiman
dan kebetulan aye kenal dengan pimpinan sanggar tersebut, namenye Bang Bactiar, Mungkin aye bise ngebantu temen2 nyang mao pake sanggar beliau, Insya Allah aye bise bantu... aye nggak minte imbalan barang sedikit pun cuman aye merase bangga budaye betawi aye masih banyak kepake, walopun akhir-akhir ini banyak nyang lebih demen orang Hajatan manggilnye Orkes Dll

No.Hp Aye 0812-9856850

Maaf yeh kalo ade kate nyang salah

Tangan gatel kene kesundut
Obatnye gampil bejekin daun sawi
Dari pade ente manggil orkes dangdut
lebih baek manggil palang pintu betawi

Mekasih yeh atas Situsnye...




Rabu, 25-06-2008 15:57:42 oleh: kiki

Makasih Bang atas Infonya semoga kita bisa menjage budaye bangsa eni biar tetep lestari.

alhamdulilah masih ada tumbal si pitung yang ngelestarikannye




Rabu, 02-07-2008 12:03:01 oleh: abdul chair

Sebagai orang betawi saya sangat bangga dengan masih banyaknya upacara adat betawi yang masih baynak dipakai dalam upacar perkawinan untuk itu saya mengharapkan masukan masukan dari tokoh tokoh betawi terutama yang sudah tua tua agar adat budaya betawi benar-benar lengkap dan terus lestari tidak terpengaruh budaya luar sehingga tidak kalah dengan budaya dari daerah lain



Selasa, 08-07-2008 14:24:06 oleh: nita

Bang Zainal,
tadi malem saya nonton tv one liputan ttg sanggar si pitung. Saya jadi pengen kampung saya bikin kegiatan yg sama daripada nongkrong2 ga ada kegiatan.
kira2 bang bachtiar mau ga ya bagi2 ilmu?kebayang ga bang kalo banyak kampung bikin kegiatan yg sama?rame lagi ya ga kebudayaan betawi...
makasih ya bang buat infonya..







Jumat, 01-08-2008 21:12:18 oleh: solihin

Hampir setiap sore saya stay tune tv JakTV di situ diulas mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan betawi. Budaya BETAWI jangan sampai hanya tinggal cerita utuk anak cucu kita. Jangan malu untuk mengaku sebagai ANAK BETAWI yang dikenal dengan betah di wilayah.



Selasa, 09-12-2008 19:09:47 oleh: ajeng

assalamu'alaikum...
alhamdulillah banget aye dapetin artikel nih...
soalnya aye ade tugas buat bikin pantun tentang pernikahan adat betawi dari tempat aye les...maapin ye bang aye minte pantunnye...boleh kan?????




Senin, 19-01-2009 12:09:32 oleh: mugie

beli domba dipasar cina
beli domba dimandiin
orang kate die ade nyang punye
masih tetep gw jadiin

salam dari nak KEMANGGISAN




Rabu, 04-02-2009 21:35:34 oleh: Yudi

Assalamu'alaikum
sampe saat eni kite lg bingung nih,enya kite mau nikahin kite pake adat betawi. Disamping ntu juga kite mau ngelestariin adat betawi Kite. pengen nike pake acare palang pintu,klo ade yg tau bisa bantu kite.
Kite tinggal dibekasi, klo bise didaerah jakarta timuran aje. Makasih muda-mudahan dpt pahale yg bisa bantu kite.




Selasa, 21-04-2009 09:39:14 oleh: dre

sangat menarik....
meskipun saya bukan orang betawi, tapi saya sering ikut acara pinangan tetangga yang kebanyakan betawi. Sayang sekali..ni budaya kayaknya udah mulai jarang ditunjukkan..mungkin karena para tokoh seperti sang penyambut maupun tamu yang kudu pinter pantun udah jarang di jakarta, palagi ditambah adu silat...
Mudah-mudahan budaya ini terus lestari..jangan sampai berhenti di jaman ini saja....




Minggu, 26-04-2009 13:16:14 oleh: ayyesha

pak, kalau mao tau banyak tentang perkawinan adat betawi kemana yak??



Minggu, 17-05-2009 20:57:44 oleh: Nur Wahdah

Lam kenal bang Zenal!!!
Saya sbtlnya anak betawi asli,kakek saya asli rawabelong. Tapi kel. sdh tdk terbiasa dgn bhs betawi. Pengetahuan kita ttg budaya betawi pun minim sekali. Mungkin ga yaa cari rekanan tuk memperluas budaya betawi di pinggiran jakarta alias Tangeang Selatan.




Minggu, 07-06-2009 20:33:25 oleh: Dede Alexsander

mang harus lestarikan budaya kite....jgn mpe k gusur ma yg lain.............
di lanjut aje dah....




Kamis, 08-10-2009 10:22:59 oleh: abdul haris

asslamualaikum.abang2 saya orang betawi asli kemanggisan,deket kuburan, saya seneng bngt sm budaya betawi, saya lagi mau nyelesain skripsi masalah palang pintu adat betawi, untuk mempermudah penelitian ini, saya mohon bantuannya, minta no. hp, skalian alamat yg jelas, ntar saya dateng ketempat mau numpang wawancara sekilas tentang palang pintu, kite sesama orang betawi kudu bener2 jaga tuh kebudayaan, sebab klo bukan kite siape lagi!!! salam hormat saya. wasalamualaikum



Sabtu, 17-10-2009 11:09:35 oleh: tenno hussein

assalamu'alaykum....

sodare2 semuenye....ane anak betawi rawa belong...ane pengen tanye nih...dulu2 katanye di rawa belong pengen di buat jalan sipitung,,,untuk mengenang sosoknye...tapi koq ane liat blom ade name jalan si pitung...contoh: jalan si pitung1,sipitung II,dsb....dulu kite udah pernah rembukan tuhhh sama bang bachtiar,bang isma'il h dahlan ame semuanye..dan juga tembus ke pemerintah DKI Jakarta..tolong di sampein....terime kasihhh....

wassalamu'alaykum...




Rabu, 06-01-2010 13:19:36 oleh: herman saputra

kira2 untuk palang pintu akad nikah orang betawi berapa duit ya?



Senin, 22-03-2010 17:33:15 oleh: sahrul imam_albatawie

Asallamulaikum WB..(Warge Betawie)

Ncang-ncing nyak babe.

nyok majuuin budaya betawi ame PENDIDIKAN Anak betawi.. Biar die bisa majuiin warisan betawi ame pendidikan formalnye,biar pinter jangan ampe di bodohoin lagi ame orang mane2. banyak anak-anak betawi yang pinter tapi tejegal.




Jumat, 26-03-2010 00:48:24 oleh: farhan

sebelomnye aye ucapin terime kasih nih ame nyang nulis artikel palang pintu, tuk bang herman dan yang laennye klo mo make palang pintu bise hub aye aje bang masalah harge bise kite omongin dah call : 021 93028636



Jumat, 25-06-2010 01:43:58 oleh: fauzi

baru tadi sore ane ketemu ame anak mude yg punye grup kesenian betawi. dicilungup jaktim. ane suruh liat di internet, katenye ade kesenian palang pintu betawi. wah ane demen bgt dah, ane mo gabung ame ntu rombongan, slame ni ane taunye ngeband n lagu-lagua yg kaga puguh lagu ,jd artis kaga..... blangsak iye .mending ane cuba lestariin kebudayaan betawi warisan nenek moyang ane.ane mo ikut latian ah .do'a in ane ye. makasih buat abang2 yang ude bikin laman ni .( darah daging ane betawi ) wasalam



Kamis, 22-07-2010 21:25:46 oleh: sabet tenabang

assalamu'alaikum bang..

izin share utk di worpress ya,.




Sabtu, 25-06-2011 10:05:43 oleh: evan alghifary

eh bang bulan roweh jngan di itung .
bace rawi pelan" .
aye malu ame arwehnye pitung .
klo ank betawi kge punye maenan .




Sabtu, 14-01-2012 19:28:32 oleh: maulana hafiz

bang aye mau tanye nich.
klu blh sie aye mau mnta no no von palang pintu
kire'' harge'y brp bang.




Rabu, 13-06-2012 13:52:38 oleh: agus padri

ass..
salam kenal nie bang dari saye, mantep nie, budaya betawi emang kudu di lestariin biar kaga di ambil ama orang asing, maju terus warga betawi

i lov betawi




Sabtu, 10-11-2012 20:33:30 oleh: jek sway

wkwkwkkwkwkwkkwkwkwkkwkkwkwkwk';';';';




Rabu, 05-12-2012 23:27:31 oleh: Irfan Budianto

met malem bang dan semuanya.saya tertarik dengan budaya betawi khususnya palang pintu,makanya saya sekarang sedang menyusun tugas akhir kuliah bertema palang pintu.hasil akhirnya rencananya bakal jadi buku tentang apa itu palang pintu,guna melestarikan budaya tersebut.mohon informasi dari abang dan temen temen sekalian baik buku maupun pelaku kesenian tersebut.lokasi saya di jakarta selatan.terimakasih salam kenal



Rabu, 23-10-2013 00:38:22 oleh: Rifky Albani

Ass. Bang sebelomnye salam kenal, ane mau nawarin untuk pembuatan ondel-ondel besar dan mini buat pelengkap kebudayaan kite bersama semoga dapet jalin silaturahmi ye bang buat inponye mohon kunjungi blog ane ye bang di www.ondel-ondelku.blogspot.com



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY