Berthold Sinaulan

Perangko Menarik, Indonesia - RRC

Senin, 16-04-2007 15:41:11 oleh: Berthold Sinaulan
Kanal: Peristiwa

Perangko Menarik, Indonesia - RRC

Pemerintah Republik Indonesia, melalui Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi (Dirjen Postel), kembali menerbitkan serial perangko penerbitan bersama (joint issue stamp) dengan negara lain. Kali ini, yang diterbitkan adalah perangko Indonesia – Republik Rakyat China pada Jumat (13/4) lalu.

Sejak reformasi dan diizinkannya kembali penulisan huruf China di Indonesia, inilah yang kedua kalinya perangko Indonesia diterbitkan dengan huruf China. Sebelumnya perangko Indonesia dengan tulisan huruf China pernah diterbitkan saat Dirjen Postel menerbitkan perangko seri astrologi China menyambut Hari Raya Imlek Pebruari lalu.

Dalam penerbitan bersama kali ini, diterbitkan dua perangko. Satu bergambar tari Barong yang didesain oleh desainer Indonesia, dan satu lagi bergambar tari Liong yang didesain oleh desainer dari RRC.

Tari Barong adalah tari Bali yang menggambarkan “paduan” mitos dan sejarah, mengetengahkan cerita tentang pertarungan abadi antara kebaikan dan kejahatan. Sedangkan tari Liong atau naga adalah sebuah tarian berasal dari Dinasti Han (180-230 M) yang menggambarkan karakter naga dalam budaya Tionghoa yang dipercaya sebagai pembawa keberuntungan.

Perangko dengan gambar yang sama diterbitkan pula di RRC. Gambar dan ukurannya sama persis, yang membedakan dari kedua terbitan perangko tersebut terletak pada nama negara dan harga nominal. Untuk terbitan Indonesia, menggunakan nama Indonesia dengan harga nominal Rp 2.500, sedangkan untuk terbitan RRC tertera nama negara China dengan harga nominal 1.20 Yuan, demikian informasi yang diterima dari PT Pos Indonesia.

Selain perangko, diterbitkan pula souvenir sheet atau S/S (lembar kenangan) dengan harga nominal Rp 5.000 selembar, Sampul Hari Pertama (SHP) dengan satu set prangko seharga Rp 7.000 perlembar,  SHP dengan S/S seharga Rp 7.000 perlembar, SHP terpadu (lengkap dengan satu set prangko dan S/S) seharga Rp 10.000 perlembar, dan terbitan lengkap yang disusun dalam kemasan perangko (stamp pack) seharga Rp 75.000 untuk setiap pack-nya.

Penerbitan perangko bersama Indonesia – RRC itu dimeriahkan pula dengan tarian dan pertunjukan seni istimewa di Kantor Filateli Jakarta yang terletak di bilangan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Pada hari itu, ratusan filatelis antre untuk membeli perangko dengan desain yang menarik tersebut. Mereka rela antre, karena jumlah cetakannya terbatas, dan diperkirakan harganya akan segera meningkat karena banyak yang berminat mengoleksinya. Apalagi jumlah filatelis (kolektor perangko) di Indonesia dan di RRC bila digabungkan, jumlahnya terhitung amat banyak. Di Indonesia, saat ini diperkirakan ada sekitar 500.000 filatelis dengan 10 persen di antaranya cukup aktif, sedangkan di RRC diperkirakan ada lebih dari 10 kali lipat jumlah filatelis di Indonesia.

Selain banyaknya filatelis yang berminat membeli, perangko jenis joint issue stamp memang umumnya banyak disukai. Sebelum ini, Pemerintah Republik Indonesia sudah beberapa kali menerbitkan joint issue stamp. Di antaranya dengan Pakistan pada 1977, dengan Australia pada 1996, dan dengan Slowakia pada 2005.

Bookmark and Share

Tag/Label prangko, filateli, indonesia, china, rrc, joint issue
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
9 komentar pada warta ini
Senin, 16-04-2007 18:38:12 oleh: Retty

Eh Bang, di wikipedia kita nggak eksis lho! Kapan mau nambahin?

Masa udah joint issue kemana-mana gue nggak bisa check sama sekali? (Online maksudnya)




Sabtu, 22-12-2007 10:53:09 oleh: obundead

saya dari cimahi,bandung.tolong ada yang bisa bantu saya ga nyari stamp album / album prangko soalnya saya udah kliling toko buku secimahi tms digramedia tapi ga ada,tolong dong kasih tau alamat toko/tempat yang ngejual album prangko.terimakasih.



Sabtu, 22-12-2007 11:08:22 oleh: Berthold Sinaulan

Coba hubungi Gita Noviandi, anggota Pengurus Pusat Perkumpulan Filatelis Indonesia (PP PFI) yang juga berdagang prangko dan tinggal di Bandung. Ini nomor telepon selulernya: 0818222374. Atau di Jakarta hubungi Pak Rijanto, Sekretaris Jenderal PP PFI di Jalan Pos 2, Jakarta 10710, telepon 021-3518711 atau 021-3861788. Terima kasih.



Rabu, 29-10-2008 00:17:24 oleh: Djulianto Susantio

Berthold, gimana filatelinya. Tau gak harga SHP 1996, gw punya dobel mau jual aja. Trim's.



Minggu, 23-11-2008 16:50:36 oleh: Najwa

hallo......
saya punya beberapa perangko nih, emang udah pada distempel semua alias bekas....
ada yang berminat nga ya, soalnya saya nga bisa ngerawatnya. perangkonya mulai dari tahun 1974, kalo ada yang berminat, hubungi email saya : lu2ri2@yahoo.co.id
saya juga bisa kirim scan gambar perangkonya via email.
makasih




Rabu, 03-12-2008 12:21:22 oleh: Marvel

Om punya double ya? boleh jual enggak.kalo boleh kasih harganya.Makasih.



Rabu, 15-04-2009 23:45:21 oleh: hariyanto

untuk wilayah bandung kalau mau cari album prangko yang biasa / model lama, coba cari di toko-toko buku di jalan cibadak, mudah-mudahan masih ada, saya dulu pernah dapat di daerah tersebut di beberapa tokoh buku dijalan cibadak



Minggu, 11-04-2010 11:31:02 oleh: dheka kasanova

Bg yg punya perangko2 atopun bku bkas pi lyak pkai n mrasa smw tu g' dibutuhin lg, gw siap menampung....
jgn lgsg dibuang gitu ja yach..




Jumat, 02-12-2011 14:53:34 oleh: alexander

Mau tanya nih, sekarang ini berapa harga perangko Nederland Indie 1864 Raja Willem III??




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY