Mimbar Saputro

Gegeran Kantor Pos Yogyakarta Tempo Dulu

Senin, 16-04-2007 08:31:20 oleh: Mimbar Bambang Saputro
Kanal: Gaya Hidup

Gegeran Kantor Pos Yogyakarta Tempo Dulu

14 Juni 1903

Ini hari ada gegeran di seantero kantor pos Yogyakarta. Tuan Residen Couperus dengan wajah merah padam memanggil Kepala Kantor Pos Yogya menghadap di kantornya. Sementara yang dipanggil hanya bisa tertunduk pucat sambil kakinya bergeletar karena takutnya. Mungkin inilah cikal bakal mengapa pegawai selalu kuatir dan bertanya-tanya jika tiba-tiba dipanggil oleh "sep" kantornya. Apalagi boss pakai bahasa Inggris dengan ditekuk "Come to my office now!" - seperti ada "api di bola matanya. Herannya bawahan berprestasi malahan jarang dipanggil sebab dianggap itu adalah suatu kelumrahan sebagai pegawai.

Sebuah surat aangeteekend yang harus ditekeend (ditandatangani si penerima sebagai bukti terima), yang dikirimkan oleh Pemerintah Belanda di Batavia, ternyata tidak sampai ke si alamat yaitu Tuan Couperus, sang Residen Yogyakarta. Celakanya, ada bukti otentik yang menjelaskan bahwa surat tersebut sudah berpindah tangan alias dipalsukan seseorang yang mengatas namakan dirinya sebagai Residen Yogya. Maka koranpun menulis " Ada yang tidak berlaku seperti sabenarnya di sini siapa lagi kalau bukan Jawatan Post."

Sebetulnya sudah lama kinerja rendah Dinas Pos dapat sorotan masyarakat sebab banyak kiriman-kiriman yang hilang diduga orang dalam Kantor Pos. Hanya seperti biasa pengaduan demi pengaduan hanya dibuat untuk mempertebal tumpukan arsip tanpa pernah ada tindakan pengusutan.

Kali ini tikus di kantor pos terkena batunya. Pasalnya kiriman dari kantor Gubernemen Batavia ke Residen Yogyakarta juga ikut ditilep. Apalagi dalam kiriman berharga tersebut ada emas didalamnya.

Kepala pos mengaku salah karena tidak teliti mengecek tanda tangan dan bukti diri sang pengambil barang. Sebagai tindak lanjutnya ia melaporkan kejadian ini kepada polisi Gondomanan.

Setelah menulis "proces-Verbaal" sigra semua orang mulai dari Asisten Residen, Wedana, Schout atawa detektip dan puluhan opas polisi mendatangi kantor pos di Gondomanan. Akhirnya dalam waktu sigra politie berhasil meringkus biang kerok yang ternyata karyawan magang di kantor pos tersebut.

Keberhasilan polisi diulas dengan pertanyaan nyinyir dari wartawan courant Bintang Betawi "sekarang orang menanya, jikalau (nanti) ada orang ketjil hilang ia poenya barang, apakah opas polisi nanti soeka menoenjoekkan keradjinan seperti mengusut aangetekeend sang Residen."

Courant nyinyir ini punya alasan mengulas sedikit sengkring (sindiran tajam) sebab pejabat jaman dulu seringkali menggunakan tenaga opas untuk urusan remeh temeh.

Pasalnya.....Beberapa bulan lalu di Betawi, seorang anggota dewan rakyat atau edeler menerima hadiah menco alias burung Beo dari seorang Residen dari Luar Jawa. Suatu hari menco yang elok bernyanyi ini lepas dari kurungannya sehingga opas polisi dipanggil untuk membawa beo kembali selamat.

Karena yang meminta adalah petinggi yang berpengaruh. Maka zonder diprenta kadua kali, sigra itu para opas dari pangkat rendah sampai tinggi disibukkan mengejar burung "sampai lari keluar masuk itoe kampoeng."

Perburuan diteruskan sampai ke daerah terpencil seperti alas Jelambar dan kampung Duri. Orang kampungpun dikerahkan sebagai tim buru sergap untuk mengejar burung yang akhirnya ditangkap oleh seorang kepala distrik bernama Daeran. Burung sialan ini rupanya masuk ke masjid Luar Batang.

Entah lantaran nasib lagi "HO-JI-UN" alias mujur. Atau memang sudah dateng masanya maka kepada Daeran mendapat kenaikan pangkat menjadi Jaksa Roll. Suatu jabatan yang sudah lama diidam-idamkannya.

Rupanya nasib berada di tangan Menco.

 

Bookmark and Share

Tag/Label kantor pos, pencurian, pejabat
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
15 komentar pada warta ini
Senin, 16-04-2007 15:00:22 oleh: Berthold Sinaulan

Toean Mimbar Saputro ada bikin satoe toelisan jang bagoes soenggoe, mengoetip tjerita tempo doeloe jang masih ada kedjadiannja sampe sekarang, soeratpos ada ditilep sama itoe orang di dalam post kantoor. Soenggoe bagoes sekali Toean Mimbar.



Senin, 16-04-2007 15:55:35 oleh: mimbar sapoetro

Saya ada aturkan banyak terima kasi atas itu petunjuk kepada saya yanga ada dalam kondisi sedang belajar menjadi sastrawan menulis soerat.



Senin, 16-04-2007 18:34:39 oleh: Retty

Tapi ente bingung terjemahinnya nih...otaknya kudu diprogram dulu!

Jangankan isi uang...isi buku aja bisa ilang! Gimana dong?




Rabu, 18-04-2007 02:22:30 oleh: Mimbar Saputro

Foto yang dipampangkan disini membawa kesenduan sendiri. Pak De saya seorang pensiunan Kolonel menghabiskan waktunya sebagai petugas parkir sepeda sampai akhir hayatnya di halaman stasiun. Kadang saya kalau pas ambil wessel, saya sisipkan sedikit untuk beliau.



Rabu, 18-04-2007 06:54:22 oleh: Retty

Aku juga punya kenangan dengan kantor pos ini, aku ngobrol dengan teman dari PFI di dalam kelamaan...tukang becakku pulang nagih ongkos di kos-kosan temanku...he..he..he...



Rabu, 18-04-2007 07:20:55 oleh: Mimbar Bambang Saputro

Kadang saya kangen dengan baunya loket yang bagian kayunya licin digesek dari masa kemas. Persis naik bis Koantas. Dulu pernah gara-gara tanda tangan nggak pas saya disuruh ulangi lagi. Lalu saya bilang, ambil uang sendiri kok susah banget Pak. Eh dia menjawab, kalau ambil uang orang lain, sampeyan diborgol pulisi (pakai u).




Rabu, 18-04-2007 17:44:14 oleh: Rere

Hahahahahahaahahha....lucu2 komentarnya, saya ikut prihatin...tapi yang jelas yg begitu2 itu saat ini sudah mulai dibasmi . Pos juga ikut bebenah ..apa berbenah ya ? . masukan dan kritikan selalu di harapkan untuk sebuah perbaikan. betoel tidak ?



Kamis, 19-04-2007 02:12:43 oleh: Mimbar

Wah orang kantor pos Malang ikut ambil bicara. Pantheng terus wikimu ya.. siapa tahu cerita pos datang lagi



Kamis, 19-04-2007 20:40:01 oleh: Ajeng

Sekarang mau nulis surat kemana ya? Kantor Pos sekarang lebih banyak diisi orang yang mau kirim surat lamaran. Abisnya pakai pulsa Rp.99,pesan nyampe dalam itungan detik. "Bang,SMS gitu lho..".Tapi gimana dengan nilai sejarahnya.. Kalau surat pos kan 10-20 tahun lagi masih bisa jadi nostalgia kalau dibaca. Sekarang ada HP model baru, yang lama dijual. Hilang deh memori SMS nya..



Jumat, 20-04-2007 01:21:44 oleh: mimbar

Mbak Ajeng, fungsi kantor pos yang belum hilang dan belum bisa digantikan oleh kantor lain adalah sarana para PurnaBhakti berkumpul. Coba deh sekali-sekali masuk ke sana pada awal bulan. Melihat pelbagai lapisan masyarakat senior yang duduk manis-manis sambil menunggu uang pensiun yang tidak seberapa. Mendengarkan mereka saling menyapa dengan suara serak dan bergetar karena usia. Kadang memompa nafas untuk meneruskan bicaranya. Lalu wajah tercenung tatkala diberitakan bahwa si A atau si B sudah tidak bisa bertemu lagi lantaran sudah menemui sang penciptanya. BNisa memperkaya bathin dan emphati lho.



Minggu, 22-04-2007 19:10:31 oleh: ajeng

Bahkan ada lho yang jam 4 pagi udah nyuruh cucunya buat masukin tanda pengenal supaya dapat antrian paling depan... Pengalaman tinggal didepan kantor Pos jaman sekolah dulu... Sebelum azan subuh kedengeran didepan udah rame tuh...



Senin, 23-04-2007 01:58:08 oleh: mimbar

Mungkin itu caranya berbakti kepada sang Kakek.



Senin, 23-04-2007 20:11:25 oleh: ajeng

:-) Bukan aku kok pakde... Itu temen yang tinggal di Gg.Lamphong.



Rabu, 25-04-2007 21:23:38 oleh: Rere

Mbak Ajeng...
untuk kiriman pos yg sifatnya retail emang skrg mengalami banyak penurunan.namun peran surat tetap tidak bisa tergantikan walaupun jaman sekarang marak dgn hal2 yg serba instan, justru kiriman corporate meningkatannya gak baen2 mbak. contoh : perusahaan2 masih tetap butuh mengirim surat untuk billing statement dll. kalau ritel..ya maklum orang sekarang sekarang pada ogah nulis surat :). tapi ini sebenarnya kebiasaan jelek juga untuk sebuah kebiasaan kreatifitas menulis.contohnya : saya tahun lalu ikut jambore daerah, ada lomba menulis suratnya..lha kok 90% penulisan di mulai dengan kata-kata "pada suatu hari" trus macet hahahha.byuhhh rasanya kok ya prihatin bener, udah gitu pola penulisan bahasanya kaco balooo ( ya kayak yang tak tulis ini mungkin ya hahha ). jadi semua bahasa sms dipindah ke tulisan, yg baca jadi bingungjaya :). tapi kami sekarang juga mulai mengajari anak2 sekolah GNGBS = gerakan nasional gemar berkirim surat. begetooo..moga2 hasrat menulis yg sudah padam berkobar kembali. panjenengan bantu toh mbakkk....




Senin, 21-01-2008 09:33:04 oleh: ayu smith

Hidup pos indonesia.....
I love you Pos Indonesia.....




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY