Slamet Riyadi

Pelajari Kesehatan Fisik dan Mental

Rabu, 11-04-2007 09:23:18 oleh: Riyadi Mubdi Zhaahir
Kanal: Kesehatan

Pelajari Kesehatan Fisik dan Mental

Olahraga berjalan kaki atau berlari adalah olahraga yang sehat dan murah, bisa dilakukan oleh siapa saja. Begitu juga dengan  bersepeda meskipun sedikit mengeluarkan biaya. Apalagi kalau dilakukan bersama-sama sekeluarga atau dengan teman-teman pasti sangat menyenangkan. Selain fisik sehat, hubungan keluarga atau teman-teman yang olahraga bersama kita menjadi lebih dekat, lebih akrab. Hal ini membuat hati menjadi bahagia dan menimbulkan semangat baru untuk melakukan aktivitas berikutnya. Kalau hal ini dilakukan dengan rutin pasti dampaknya sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental kita.

Hidup sehat fisik dan mental merupakan dambaan setiap manusia. Kesehatan fisik dan mental selain harus dilatih dengan olahraga, juga harus di jaga dengan makan makanan yang bergizi.

Yang di maksud dengan kesehatan fisik, ialah keadaan baik, artinya bebas dari sakit seluruh badan dan bagian-bagiannya (Kamus Besar Bahasa Indonesia, Depdikbud-Balai Pustaka, Jakarta 1996).

Seseorang yang fisiknya sehat dan kuat lebih beruntung dibanding dengan orang yang sakit-sakitan, kurus dan lemah. Ia dapat melakukan aktivitas dalam lingkungan masyarakat dan lainnya. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan akan memberikan pengalaman-pengalaman baru baginya yang merupakan modal perkembangan selanjutnya.

Yang di maksud dengan kesehatan mental, ialah kemampuan seseorang menyesuaikan diri terhadap berbagai tuntutan perkembangan sesuai kemampuannya, baik tuntutan dalam diri sendiri maupun luar dirinya sendiri, seperti menyesuaikan diri dengan lingkungan rumah, sekolah, lingkungan kerja dan masyarakat serta teman sebaya.

Seseorang dapat mengikuti atau melakukan suatu aktivitas dengan baik bila ia sehat secara mental. Yang dimaksud sehat secara mental adalah adanya rasa aman, kasih sayang, kebahagiaan dan rasa diterima oleh orang lain. Sebaliknya seseorang akan mengalami hambatan mengikuti atau melakukan suatu aktivitas bila kesehatan mentalnya terganggu, seperti adanya: rasa cemas, sedih, marah, kesal, khawatir, rendah diri, kurang percaya diri dan lain-lain.

Tujuan kita mempelajari tentang kesehatan fisik dan mental, agar kita dapat menerima keadaan fisik yang telah dianugerahkan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita dan mensyukurinya dengan jalan menjaganya agar senantiasa sehat wal'afiat.

Cara menjaga kesehatan fisik supaya tetap sehat dan kuat, antara lain yaitu:

  • Memilih jenis makanan sehat (empat sehat lima sempurna), yaitu: tidak makan sembarangan (teratur), makan yang mengandung kalori, karbohidrat, protein, mineral, vitamin, susu dan sejenisnya.
  • Menjaga kebersihan tempat tidur. Tempat tidur merupakan tempat kita beristirahat dari aktivitas. Dianjurkan apabila hendak tidur agar membersihkan anggota tubuh seperti kaki, tangan, mulut, dan lain-lain. Tempat tidur yang tidak bersih dapat menimbulkan penyakit, badan pegal-pegal dan lain-lain. Kalau tidur dalam keadaan bersih anggota badan kita tentu akan terhindar dari penyakit. Bangun tidur tubuh menjadi segar. Artinya organ-organ tubuh kita siap bekerja dan melakukan aktivitas.
  • Menjaga kebersihan badan. Menjaga kebersihan badan merupakan hal penting yamg harus di lakukan bila kita menginginkan tubuh tetap sehat. Hal penting yang terkait dengan kesehatan badan meliputi seluruh anggota tubuh maupun lingkungan di luar kita seperti lingkungan rumah, halaman, tempat belajar, kantor dan lain-lain. Agama apapun menuntut kita untuk selalu bersih, karena kebersihan sebagian dari iman.
  • Pemeriksaan badan ke Puskesmas atau dokter untuk menjaga kesehatan fisik antara lain: pemeriksaan mata, gigi dan lain-lain. Gigi dan mata merupakan organ yang sangat fundamental untuk kesehatan badan secara keseluruhan. Selain itu gigi sebagai daya tarik pemikat senyum, harus di periksa dan di rawat sebaik-baiknya. Hal ini juga dapat menambah percaya diri.

Cara memiliki dan menjaga kesehatan mental yang tangguh.

Keberhasilan seseorang dalam melakukan atau mencapai sesuatu sangat banyak dipengaruhi bagaimana ia mampu menjaga kesehatan fisik dan mental sebaik-baiknya (seimbang). Kesehatan fisik dan mental seseorang menjadi satu kesatuan penting dan tidak terpisahkan dalam setiap aspek kehidupan untuk dapat melakukan dan mencapai sesuatu secara optimal.

Untuk itu setiap orang agar memilki kemampuan menghadapi persoalan atau masalah hendaknya;

  1. Menerima dan mengakui dirinya sebagaimana adanya.
  2. Tekun beribadah dan berakhlak mulia.
  3. Bersikap sportif.
  4. Percaya diri.
  5. Memiliki semangat atau motivasi.
  6. Tidak takut menghadapi tantangan dan berusaha terus untuk mengatasinya (hal positif).
  7. Terbuka.
  8. Tenang, tidak emosi  bila menghadapi masalah (pikirkan dengan kepala dingin).
  9. Banyak bergaul dan bermasyarakat (bergaul yang positif).
  10. Bangun komunikasi yang baik dengan orang tua, teman, guru, dosen, atasan, dan lain-lain.
  11. Banyak latihan mengendalikan diri, seperti tidak pemarah, tidak cemas, berpikir positif, mudah memaafkan dan lain-lain.
  12. Membiasakan diri untuk selalu peduli dengan lingkungan dan orang lain.
Demikianlah tips untuk bisa hidup sehat fisik dan mental. Sebaiknya kita mencobanya kemudian membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari. Tubuh kita yang sehat harus diimbangi dengan mental yang kuat. Mental yang kuat itupun harus dilatih secara rutin.


 


Sumber: Buku modul bimbingan dan konseling.
Bookmark and Share

Tag/Label fisik, mental, kesehatan
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
13 komentar pada warta ini
Minggu, 25-05-2008 19:51:32 oleh: dira alexa

saya sangat tertarik dengan pelajari kesehatan fisik dan mental.terutama tentang kesehatan mentalnya.klo bisa sie diperjelas karena sangat-sangatbermanfaat bagi saya, yang ingin memperbaiki kesehatan mental adik sepupu saya yang sedikit terganggu agar tidak berlarut dan parah menjadi sakit jiwa.hal tersebut yang sangat saya khawatirkan, terima kasih



Rabu, 28-05-2008 14:56:14 oleh: Slamet Riyadi

Untuk Mba Dira alexa saya ucapkan terima kasih atas komentarnya. Kalau saya boleh tau apa nama Email Mba Dira agar saya dapat mengirim surat.



Kamis, 07-08-2008 17:53:38 oleh: ahez

ehm....
masa' sihhhhhhhhhhh.............!!




Kamis, 28-08-2008 17:58:13 oleh: Tatsuo

Artikelnya sangat menarik, dan bisa di ambil untuk referensi kuliah ni.....salam kenal MAS...!!!!

Tatsuo




Jumat, 29-08-2008 16:43:49 oleh: cici

i like you're personal hygiene. i hope you succes until your dad. and i always save your name. thank's for this personal hygiene.because my sister can take your properties.



Sabtu, 06-09-2008 15:54:10 oleh: violety

lumayan bgs tuk nambah wa2san.....
sering2 aza bkin yg kya gni, tp dng topik atau pmbhsan yg berbeda pula....




Jumat, 24-10-2008 08:07:47 oleh: dama

ada tidak bacaan lebih lanjut mengenai pokok2 kesehatan fisik dan mental ini?
jika ada tolong berikan alamat situsnya ya..




Selasa, 17-03-2009 10:01:12 oleh: Anacleto A.Guterres

Saya juga tertarik sekali membaca tentang kesehatan mental ini dan saya mau bertanya ni? mengenai orang yang kehilangan kasih sayang cara apa yang kita harus ambil untuk mengatasi masalah ini terimah kasih



Selasa, 26-05-2009 23:18:26 oleh: sautparl

saya kurang sependapat nih....it's ok...mental sebagai quantum abstrak menentukan fisik. jadi, jika sehat quantum abstraknya pasti sehat di level quantum fisiknya. sehat mental otomatis sehat fisiknya. ingat g, placebo digunakan untuk mempengaruhi mental yang dapat menyembuhkan penyakit. jadi yang terpenting menyempurnakan mental. kl saya pake istilah penyempurnaan mental nih. so... percaya diri, punya motivasi positf adalah bagian mental yang sehat. kl g sehat yah... jauh dari itu semua...





Rabu, 01-07-2009 17:56:38 oleh: fachri

waaah TOP boz.. ^^d!



Senin, 28-06-2010 22:33:51 oleh: arsana

bagus banget saya jadi sadar dengan kesehatan mental sya ,,,teruskan ya



Kamis, 16-09-2010 20:37:39 oleh: hendrik sunandar

Artikelnya sangat menarik,,, menambah khasanah pengetahuan dan bisa di ambil untuk refrensi kuliah,,ada lalnjutnya kah??? saya sangat tertarik, lam knal n thank



Senin, 11-04-2011 12:04:10 oleh: M.Fatkhur Rozi

assalamu alaikum, salam kenal akh, menarik skali artikel antum, ni sya lagi mengerjakan tugas dgn jdul "kesehatan BIOSPIKOSOSIAL SPIRITUAL", mungkin antum pnya refrensinya, kalau boleh saya pinjam, syukron katsr



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY