Fitry

Manfaat Mengetahui Golongan Darah

Senin, 09-04-2007 13:30:02 oleh: Fitry
Kanal: Kesehatan

Manfaat Mengetahui Golongan Darah

Ketika orang bertanya, “Golongan darahnya apa?” Kemudian jawabannya bisa golongan darah A, B, AB atau O. Sebenarnya apa sih golongan darah dan perlunya kita mengetahui golongan darah kita?

Golongan darah adalah ciri khusus darah dari suatu individu karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah. Dengan kata lain, golongan darah ditentukan oleh jumlah zat (kemudian disebut antigen) yang terkandung di dalam sel darah merah.

Ada dua jenis penggolongan darah yang paling penting, yaitu penggolongan ABO dan Rhesus (faktor Rh). Selain sistem ABO dan Rh, masih ada lagi macam penggolongan darah lain yang ditentukan berdasarkan antigen yang terkandung dalam sel darah merah. Di dunia ini sebenarnya dikenal sekitar 46 jenis antigen selain antigen ABO dan Rh, hanya saja lebih jarang dijumpai.

Salah satunya Diego positif yang ditemukan hanya pada orang Asia Selatan dan pribumi Amerika. Dari sistem MNS didapat golongan darah M, N dan MN yang berguna untuk tes kesuburan. Duffy negatif yang ditemukan di populasi Afrika. Sistem Lutherans mendeskripsikan satu set 21 antigen.

Dan sistem lainnya meliputi Colton, Kell, Kidd, Lewis, Landsteiner-Wiener, P, Yt atau Cartwright, XG, Scianna, Dombrock, Chido/ Rodgers, Kx, Gerbich, Cromer, Knops, Indian, Ok, Raph dan JMH.


Sistem ABO

Karl Landsteiner, seorang ilmuwan asal Austria yang menemukan 3 dari 4 golongan darah dalam sistem ABO pada tahun 1900 dengan cara memeriksa golongan darah beberapa teman sekerjanya. Percobaan sederhana ini pun dilakukan dengan mereaksikan sel darah merah dengan serum dari para donor.

Hasilnya adalah dua macam reaksi (menjadi dasar antigen A dan B, dikenal dengan golongan darah A dan B) dan satu macam tanpa reaksi (tidak memiliki antigen, dikenal dengan golongan darah O). Kesimpulannya ada dua macam antigen A dan B di sel darah merah yang disebut golongan A dan B, atau sama sekali tidak ada reaksi yang disebut golongan O.

Kemudian Alfred Von Decastello dan Adriano Sturli yang masih kolega dari Landsteiner menemukan golongan darah AB pada tahun 1901. Pada golongan darah AB, kedua antigen A dan B ditemukan secara bersamaan pada sel darah merah sedangkan pada serum tidak ditemukan antibodi.

Dalam sistem ABO, golongan darah dibagi menjadi 4 golongan:

Golongan
Sel Darah Merah
Plasma
A
Antigen A
Antibodi A
B
Antigen B
Antibodi B
AB
Antigen A & B
Tidak ada antibodi
O
Tidak ada antigen
Antibodi Anti A & Anti B

Penyebaran golongan darah A, B, O dan AB bervariasi di dunia tergantung populasi atau ras. Salah satu pembelajaran menunjukkan distribusi golongan darah terhadap populasi yang berbeda-beda.

Tabel distribusi golongan darah

Populasi
O
A
B
AB
Suku pribumi Amerika Selatan
100%
-
-
-
Orang Vietnam
45.0%
21.4%
29.1%
4.5%
Suku Aborigin di Australia
44.4%
55.6%
-
-
Orang Jerman
42.8%
41.9%
11.0%
4.2%
Suku Bengalis
22.0%
24.0%
38.2%
15.7%
Suku Saami
18.2%
54.6%
4.8%
12.4%


Tabel pewarisan golongan darah kepada anak

Ibu/AyahOABAB
OOO, AO, BA, B
AO, AO, AO, A, B, ABA, B, AB
BO, BO,A,B,ABO,BA, B, AB
ABA, BA, B, ABA, B, ABA, B, AB



Rhesus Faktor

Rh atau Rhesus (juga biasa disebut Rhesus Faktor) pertama sekali ditemukan pada tahun 1940 oleh Landsteiner dan Weiner. Dinamakan rhesus karena dalam riset digunakan darah kera rhesus (Macaca mulatta), salah satu spesies kera yang paling banyak dijumpai di India dan Cina.

Pada sistem ABO, yang menentukan golongan darah adalah antigen A dan B, sedangkan pada Rh faktor, golongan darah ditentukan adalah antigen Rh (dikenal juga sebagai antigen D).

Jika hasil tes darah di laboratorium seseorang dinyatakan tidak memiliki antigen Rh, maka ia memiliki darah dengan Rh negatif (Rh-), sebaliknya bila ditemukan antigen Rh pada pemeriksaan, maka ia memiliki darah dengan Rh positif (Rh+).


Penting Untuk Transfusi

Transfusi darah adalah proses menyalurkan darah atau produk berbasis darah dari satu orang ke sistem peredaran orang lainnya. Transfusi darah berhubungan dengan kondisi medis seperti kehilangan darah dalam jumlah besar disebabkan trauma, operasi, syok dan tidak berfungsinya organ pembentuk sel darah merah.

Singkatnya berdasarkan panduan dari apa yang telah dilakukan oleh Landsteiner, pada 1907 sejarah mencatat kesuksesan transfusi darah pertama yang dilakukan oleh Dr. Reuben Ottenberg di Mt. Sinai Hospital, New York.

Berkat keahlian Landsteiner pula banyak nyawa dapat diselamatkan dari kematian saat terjadi Perang Dunia I, dimana transfusi darah dalam skala lebih besar mulai dilakukan. Kemudian, Karl Landsteiner memperoleh penghargaan Nobel dalam bidang Fisiologi dan Kedokteran pada tahun 1930 untuk jasanya menemukan cara penggolongan darah ABO.

Dalam transfusi darah, kecocokan antara darah donor (penyumbang) dan resipien (penerima) adalah sangat penting. Darah donor dan resipien harus sesuai golongannya berdasarkan sistem ABO dan Rhesus faktor.

Transfusi darah dari golongan yang tidak kompatibel dapat menyebabkan reaksi transfusi imunologis yang berakibat anemia hemolisis, gagal ginjal, syok, dan kematian. Hemolisis adalah penguraian sel darah merah dimana hemoglobin akan terpisah dari eritrosit.

Pemilik rhesus negatif tidak boleh ditransfusi dengan darah rhesus positif. Jika dua jenis golongan darah ini saling bertemu, dipastikan akan terjadi perang. Sistem pertahanan tubuh resipien (penerima donor) akan menganggap rhesus dari donor itu sebagai benda asing yang perlu dilawan. Di dunia, pemilik darah rhesus negatif termasuk minoritas.

Tabel kecocokan golongan darah


Gol Darah Resipien
Donor harus
AB+
Golongan darah mana pun
AB-
O-
A-
B-
AB-
A+
O-
O+
A-
A+
A-
O-
A+
  
B+
O-
O+
B-
B+
B-
O-
B-
  
O+
O-
O+
  
O-
O-
   

Tabel kecocokan plasma

Resipien
Donor harus
AB
AB manapun
A
A atau AB manapun
B
B atau AB manapun
O
O, A, B atau AB manapun



Penting untuk Suami Istri

Selain hemolisis, ada kelainan genetik lain yang juga mengintai ibu (serta bayi yang tengah dikandung, bila kasus terjadi pada wanita atau ibu hamil). Terutama jika ibu berdarah rhesus negatif sedangkan suami berdarah rhesus positif. Masalah ini biasanya terjadi pada perkawinan antar bangsa.

Secara genetik, rhesus positif dominan terhadap rhesus negatif. Anak dari pasangan beda rhesus punya kemungkinan 50-100% berrhesus positif. Kemungkinan berrhesus negatif hanya 0-50%. Artinya rhesus si anak lebih mungkin berbeda dengan si ibu.

Jika tidak cepat ditangani, perbedaan rhesus antara calon bayi dengan ibu ini akan menimbulkan masalah. Lewat plasenta, rhesus darah janin akan masuk ke peredaran darah si ibu. Selanjutnya ini akan menyebabkan tubuh si ibu memproduksi antirhesus. Lewat plasenta juga, antirhesus ini akan melakukan serangan balik ke dalam peredaran darah si calon bayi. Sel-sel darah merah si calon bayi akan dihancurkan.

Pada kehamilan permata, antirhesus mungkin hanya akan menyebabkan si bayi lahir kuning (karena proses pemecahan sel darah merah menghasilkan bilirubin yang menyebabkan warna kuning pada kulit).

Tapi pada kehamilan kedua, problemnya bisa menjadi fatal jika anak kedua juga memiliki rhesus positif. Saat itu, kadar antirhesus ibu sedemikian tinggi, sehingga daya rusaknya terhadap sel darah merah bayi juga hebat. Ini bisa menyebabkan janin mengalami keguguran.

Jika sebelum hamil si ibu sudah mengetahui rhesus darahnya, masalah keguguran ini bisa dihindari. Sesudah melahirkan anak pertama, dan selama kehamilan berikutnya, dokter akan memberikan obat khusus untuk menetralkan antirhesus darah si ibu. Dengan terapi ini, anak kedua bisa diselamatkan.

Untuk alasan tersebut maka dianjurkan bagi pasangan yang akan menikah untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pranikah (premarital health checkup) dan bagi ibu yang ingin memiliki bayi dan atau yang telah dinyatakan positif hamil untuk segera memeriksa kesehatannya.

Namun, satu masalah yang tersisa adalah test laboratorium saat ini belum memungkinkan untuk melihat perbedaan dengan lebih jelas antara genotip (Rh+/Rh-) dan (Rh+/Rh+), karena keduanya menghasilkan Rhesus faktor yang sama yaitu Rh+.

Jadi, sudah tahu kan, bahwa golongan darah itu sangat penting untuk diketahui dan berguna untuk kehidupan. Ketahui golongan darah anda sekarang juga.


Sumber: www.medicastore.com

Bookmark and Share

Tag/Label darah, golongan darah, transfusi, hamil, rhesus, sistem abo
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
50 komentar pada warta ini
Selasa, 05-02-2008 05:56:28 oleh: djoko hardjanto

Pada artiket "Manfaat Mengetahui Golongan Darah" yang dimuat pada Senin, 09-04-2007 13:30:02 oleh: Fitry di Kanal: Kesehatan, menyebutkan Tabel kecocokan golongan darah. Pada tabel tersebut Gol Darah Resipien A-, maka Donor harus O-, dan A+. Apa benar? Bukankah seharusnya O- dan A-?



Selasa, 06-05-2008 12:20:00 oleh: Alvin Jauhar RAsyidul Alam

Ayah saya bergolongan darah AB dan Ibu saya bergolongan darah O, tapi kenapa saya bergolongan darah AB??



Sabtu, 30-08-2008 08:13:16 oleh: m.luqman hakim

apa yg dpt meyakinkan anak itu keturunan kita?



Selasa, 02-09-2008 16:06:23 oleh: aga

Adik saya A Rh+ menikah dengan A Rh+, Ponakan saya lahir A Rh-.
Kenapa Rh bisa berubah, apa penyebabnya?




Kamis, 04-09-2008 12:10:24 oleh: anggraena ristiaji putri

wah artikelnya keren bgt...................
bermanfaat bgt bt kt2 yg awam masalah golongan darah.............




Jumat, 21-11-2008 13:32:14 oleh: echa

suami saya mempunyai gol.dar AB dan saya B tp anak saya O apakah itu normal?? sedang dalam tabel gol dar AB dan B menghasil kan gol dar A,B,AB ??? istilah ABO itu maksud na apa? apakah anak saya termasuk go itu efek kedepan na apa




Selasa, 25-11-2008 14:23:06 oleh: nia sonia

mw nanya gimana kalau suami istri sama golongan darahnya??????
ntar anaknya apa golongannya? apakah sana

he he .........................




Jumat, 28-11-2008 09:21:29 oleh: fitry

Tuk Djoko Hardjanto : Iya salah, yang bener O- dan A-, thanx ya
Tuk Alvin Jauhar RAsyidul Alam : menurut literatur sih tidak bisa tapi coba konsul ke dokter, maaf saya bukan dokter
Tuk m.luqman hakim : dari tes darah kan bisa diketahui atau kalo mo yakin tes DNA tapi mahal sekali loh
Tuk aga : Rh+ memiliki gen Rh+ dan Rh-, sedangkan Rh- memiliki 2 gen Rh-. Jadi tetap ada kemungkinan anak lahir dgn Rh- meski ibu & bpknya Rh+
Tuk echa : sama seperti alvin, kalo menurut literatur yang saya punya tidak bisa tapi mungkin ada jwbnnya jika konsul ke dokter. Sistem ABO mrpkn sistem yang dipakai untuk membedakan gol darah manusia terdiri dari A, B, AB, O.
Tuk nia sonia : banyak juga kok yg suami istri gol darahnya sama, nia bisa dilihat pd tabel pewarisan golongan darah kepada anak
di atas





Minggu, 30-11-2008 12:52:19 oleh: christiani anita

apabila diketahui bahwa golongan darah manurun bagaimana kemungkinan golongan darah keturunan, apabila kedua orang tua mempunyai golongan darah yang berbeda???



Senin, 08-12-2008 13:16:42 oleh: D.Prima.D

saya mau tanya.golongan darah ibu saya B,dan golongan darah ayah saya O,tapi koq golongan darah saya sebagai anak ke-2 A,kenapa beda?????



Selasa, 06-01-2009 13:58:13 oleh: Joe

apakah bisa kita kawin dgn sesama darah O?????



Selasa, 20-01-2009 18:33:44 oleh: eka dyah

hasil dari penggolongan darah dari tes serum anti A dan anti B itu apa saja hasilnya??



Rabu, 22-04-2009 12:41:14 oleh: sripujiono

bagaimana cara mengetahui golongan darah anak secara biologi



Senin, 08-06-2009 13:22:23 oleh: fadlah

Kalau golongan golongan darah saya AB,kira2 kalau suami saya golongan darahnya O, golongan darah anak2 kami apa ya? dan kalau golongan darah suami saya A? apakah golongan darah anak2 kami kelak mutlak A? trims atas jawabannya.



Rabu, 09-09-2009 20:40:01 oleh: nisa

kalou suami golongan darah o+ dan istri golongan darah b+ apakah bisa punya anak golongan darahnya ab+.trima kasih atas jawaban nya



Jumat, 16-10-2009 10:51:35 oleh: endah yulianti

Kami hanya mengoreksi pada tabel kecocokan golongan darah pada resipien kelompok A- dapat didonor dengan 0- dan A+.
Apakah tidak ada kesalahan ketik dalam penulisannya dengan donor darah golongan A+, bukannya faktor Rh- tidak bisa menerima Rh+.
Demikian koreksinya, karena bertentangan dengan isi artikel yang disampaikan.
Terima kasih




Senin, 19-10-2009 09:01:11 oleh: ivan widodo

golongan darah saya O dan istri A kenapa anak saya golongan darah AB. benarkah anak saya....? (ivan)



Rabu, 25-11-2009 21:05:48 oleh: abrahan

Saya golongan darah B & istri Saya Gol darah B juga anak saya mempunyaigol darah O.namun maaf saya bertanya dalam hati benarkha ini semua.Bagaiman car utk memastikan Ayah Biologis seseorang



Kamis, 10-12-2009 17:12:14 oleh: NURUL OCTARIA

maaf sebelumnya. saya anak psikologi unibraw 09.. saya diberi tugas faal tentang bagaimana perkawinan antara ayah Rh+ dengan ibu Rh-. karena background saya IPS saya benar-benar bingung. Rh itu sendiri apa dan kalau boleh minta tolong, tolong jelaskan apa Rh itu dan tolong berikan jawaban yang saya sebutkan diatas.. terima kasih



Kamis, 11-02-2010 15:07:25 oleh: intan noviani

saya mau bertanya, bolehkah pria bergol.darah AB+ menikahi gol darah O+ ??? Apakah anak2nya nanti tidak bermasalah??? trimakasih



Selasa, 30-03-2010 23:05:19 oleh: dwi istiyantoko

Dari beberapa sumber saya mendapatkan bahwa seorang ibu dengan Rh-menikah dengan laki-laki Rh+ pada kehamilan ke dua akan timbul masalah bagi si anak. pertanyaan saya adalah bagaimana jika kalau laki-lakinya Rh- sedangkan ibuny Rh+?



Minggu, 09-05-2010 11:08:41 oleh: novy

saya akan menikah , golongan darah saya AB dan calon istri saya AB. Pada dasarnya akan menimbulkan masalah tidak?
terima kasih




Selasa, 25-05-2010 13:17:50 oleh: marco

saya mau tanya.gol darah saya dan istri saya 0.tp anak pertama kami koq brgolongan darah B ? trimakasih.



Kamis, 27-05-2010 22:39:31 oleh: st.ridawati

Tanks ya,,informasinya,,!!!



Selasa, 15-06-2010 10:37:43 oleh: budi

Maaf saya mau tanya,
sampai saat ini, saya masih bingung???
Golongan darah Ayah saya A dan Ibu saya O, tapi mengapa ko golongan darah saya AB??
mohon penjelasannya dan biar saya tidak bingung lagi n bertanya-tanya.

Terima kasih




Rabu, 30-06-2010 09:02:30 oleh: Abigail

Saya gol darah B dan suami saya juga B. Tapi mengapa anak kedua saya golongan darah AB?



Minggu, 25-07-2010 16:30:49 oleh: indah

maaf saya mau tanya tentang golongan darah
bila ayah saya golongan darahnya O dan ibu saya B mungkin tidak anaknya golongan darahnya A
tolong jawabanya secepatnya..... Makasih banyak




Rabu, 04-08-2010 21:11:56 oleh: safik mukaromah

saya pernah dengar tentang golongan darah yang bisa membuat cacat janin, yaitu gol o bertemu dengan AB dan gol AB bertemu dengan A. benarkah itu?? lalu bagaimana patofisiologinya??
.........terima kasih..........




Jumat, 20-08-2010 22:07:19 oleh: amelia

Saat ini salah satu teman kami sedang dirawat di rumah sakit sanglah, denpasar, karena mengalami kecelaaan, Dia menbutuhkan donor darah golongan B negatif. Apabila diantara rekan-rekan ada yang memiliki golongan darah tersebut dan bersedia mendonorkan darahnya, tolong hubungi nomer telp 081388057725.

Terima Kasih,






Selasa, 24-08-2010 15:58:56 oleh: Nastya

Mau tanya,gol darah saya O,dan suami saya O,tapi kenapa anak saya B?



Sabtu, 28-08-2010 21:44:52 oleh: imanuel

Saya bergolongan darah AB Rhesus ngetif ( - )

saya punya pacar orang Inggris.jika kami menikah apakah ada kemungkinan bayi nya menjadi kuning..?




Minggu, 17-10-2010 14:41:47 oleh: riska sembiring

saya mau bertanya... ayah saya bergolongan darah AB dan ibu saya bergolongan darah O. tetapi saya bergolongan darah O. apakah mungkin ini bisa terjadi? dan mengapa? karena setahu saya, perkawinan/persilangan gol.darah O dan AB akan menghasilkan keturunan yang bergolongan darah A dan B.
terima kasih...




Senin, 28-02-2011 21:13:18 oleh: febby novia

hmmmm setelah saya membaca na saya telah mengetahui golongan darah n cpa ilmuwan na n dari mna ilmuan na...
saya sangat senang sekali ...
saya tidak tahu apa golongan darah saya ... apabila golongan darah ayah saya A+, apkh saya A+ uga ?????




Kamis, 05-05-2011 16:41:41 oleh: irma yunita

saya mu bertanya darah saya A dan suami saya darahnya O Knapa anak saya darahnya B, tolong penjelasannya.



Senin, 16-05-2011 12:17:05 oleh: adji

Saya Mau Bertanya Golongan Darah Saya O & Istri Saya AB
Lalu Kenapa Golongan Anak Saya A ?
Terima Kasih Atas Penjelasannaya




Selasa, 15-11-2011 11:17:27 oleh: Maimunah

saya mau tanya
kenapa ada golongan darah yang negatif ( - ) dan positif ( + ), apa perbedaan dikeduanya, disebabkan oleh apa? dan apa efeknya? golongan darah mana yang lebih bagus untuk daya tahan tubuhnya




Kamis, 24-11-2011 18:33:39 oleh: lita pereira

menjawab pertanyaan saya mengenai golongan darah ABO, MNSs dan Rh




Jumat, 25-11-2011 14:01:04 oleh: mela parya

apakah yang membedakan golongan darah AB- dan AB+????????? tyus apa dampak nya klw kita memiliki salah satu golongan darah tersebut????



Sabtu, 17-12-2011 22:49:36 oleh: alifikri

jika ibu golongan darahnya A dan ayah B maka kemungkinan anaknya golongan darahnya apa



Selasa, 27-12-2011 09:43:18 oleh: nurul

suami saya genetika O dan saya B. jika saya mempunyai anak, apakah akan ada masalah pada anak pertama saya, dan anaka ke-2 saya. ? mohon penjelasannya.



Minggu, 08-01-2012 03:33:27 oleh: Rahmat kontab

oiiiiii
abang2 mbak2, tanyana jngan banyak2 atuh, bingung noh yg mo jawab!

Coba tanya dokter ajah ato plng ga browsing aja lage hehehehehe

btw makasi artikelnya jd keinget lg ma pelajaran biologi sma :)




Senin, 23-01-2012 15:46:46 oleh: ahmad nasir

apa manfaat golongan darah A , B ,AB , dan O



Minggu, 29-01-2012 18:26:07 oleh: sarah

saya dan calon suami saya golongan darah kita A+ dua2nya,apakah setelah kita menikah bermasalah pada calon anak kita??apakah ada masalah lain yang membahayakan pada diri kita berdua?
mohon penjelasannya..terima kasih




Senin, 30-01-2012 20:27:13 oleh: masitabasri

jika wanita bergolongan darah AB Rh+ menikah dengan pria golongan darah B Rh- maka kemungkinan golongan darah anaknya adalah ....?



Senin, 19-03-2012 16:04:05 oleh: Nurfauzah

Maaf minta info,saya gol darah O suami jg O, kira2 ada kaitan dengan saya blm bisa hamil ga??



Minggu, 01-04-2012 21:07:10 oleh: mamorutina

saya mencoba menjawab ibu nurfauzah, itu tidak berkaitan dengan masalah kehamilan untuk sistem ABO namun pada sistem rhesus itu bisa berdampak pada anak ibu,hal itu berlaku apabila ibu memiliki rhesus negatif sementara bayi yg dikandung rhesusnya positif, saya sarankan ibu cek rhesus dulu saja :)

untuk ibu masitabasri maka pada sistem ABO golongan darah anak ibu bisa A, B, maupun AB namun untuk rhesus belum bisa ditentukan

untuk saudara ahmad nasir sistem penggolongan darah ini bermanfaat ketika akan dilakukan transfusi darah agar tidak terjadi aglutinasi (penggumpalan) serta pada sistem rhesus untuk pengecekan sebelum menikah biar lebih aman dan adapula sistem golongan darah yang dapat mengecek kesuburan
pada dasarnya sistem golongan darah itu banyak macamnya namun kita lebih fokus ke sistem ABO dan rhesus :)

sekian, apabila ada salah kata saya mohon maaf




Rabu, 25-07-2012 09:58:40 oleh: Maylinda

Golongan darah suami saya A+ dan saya B,apakah golongan darah kami cocok??? saya ingin sekali hamil secepatnya apakah golongan darah kami mempengaruhi proses kehamilan??? tolong penjelasannya, trimakasih.



Rabu, 29-08-2012 10:42:59 oleh: DESTA FEBRIANSYAH

AP keturunan dalam keluarga,gol darah 0 bisa diturunkan lebih dari 1 keturunan



Selasa, 26-11-2013 13:11:23 oleh: luth fia al hikmah

apakah benar golonagan darah O beneran bisa didonor kan kepada semua darah yg lain



Minggu, 30-03-2014 17:33:25 oleh: ekasariwahyuni

Eka.saya pikir st glngan drh gk bs pnya anak tp trnyata bs



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY