Dasman Djamaluddin

Sabda Tama (Amanat) Sultan Hamengku Buwono X

Jumat, 11-05-2012 16:59:42 oleh: Dasman Djamaluddin
Kanal: Opini

Kamis, 10 Mei 2012, di Bangsal Kencono Keraton Yogyakarta, Raja Keraton Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X menegaskan kembali posisi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sabda tama, atau amanat dalam bahasa Jawa ini diucapkan pertama kali sejak amanat serupa diucapkan ayahnya Sri Sultan Hamengku Buwono IX pada 30 Oktober 1945.

Didampingi Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam IX (Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta) selaku  pemimpin Kadipaten Pakualaman,  permaisuri Sultan GKR Hemas, beberapa putri Sultan, serta kerabat Keraton Yogyakarta dan Pura Pakualaman.

Dalam bahasa Indonesianya: "Saya yang bertakhta sebagai Raja di Mataram menyampaikan amanat. Keraton Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman adalah dwitunggal.Mataram, Keraton Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman dalah negeri merdeka dan memiliki peraturan dan tata pemerintahan sendiri.Mataram termasuk bagian nusantara dan mendukung berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tetapi tetap memiliki peraturan dan tata pemerintahan sendiri. Hal itu yang dikehendaki Sultan Hamengku Buwono dan Adipati Paku Alam yang bertakhta dan ditetapkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta."

Pada tanggal 30 Oktober 1945, Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Paku Alam VIII mengeluarkan amanat yang ditandatangani bersama-sama. Intinya:  Bahwa Negeri Ngayogyakarta, termasuk di dalamnya Negeri  Paku Alaman adalah daerah Istimewa dari Negara Republik Indonesia.Sebagai Kepala Daerah dan Wakil memegang segala kekuasaan.Hubungan dengan Pemerintah Pusat Negara RI bersifat langsung dan kedua pemimpin ini menyatakan bertanggung jawab atas segala sesuatu kepada Presiden RI.

Mengapa ada penekanan Dwi Tunggal?

Satu,  Raja di masing-masing kerajaan punya persepsi sama mengenai arti sebuah kemerdekaan bagi Republik Indonesia, di mana kedua raja sangat membenci penjajahan asing.

Dua,  Persepsi yang sama tersebut didukung pula oleh asal usul kedua keraton yang sebetulnya memang tidak bisa dipisahkan, karena pendiri Kesultanan Yogyakarta dan pendiri Kadipaten Pakualaman adalah antara seorang ayah dan anak. Pendiri Kesultanan Yogyakarta adalah Pangeran Mangkubumi atau Sri Sultan Hamengku Buwono I, sementara pendiri Kadipaten Pakualaman adalah puteranya, Pangeran Notokusumo yang bergelar Sri Paku Alam I. Itu sebabnya, dalam percakapan sehari-hari, Sri Paku Alam VIII dipanggil dengan sebutan "paman" oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX (ayah Sultan sekarang ini). Hubungan silsilah ini tidak dimiliki kerajaan-kerajaan lain di Indonesia, sehingga sulit di antara mereka untuk bersatu meskipun pada saat bersamaan, sama sama menentang penjajahan.

Bookmark and Share

Tag/Label opini, amanat, yogyakarta, mataram, sultan hamengku buwono x
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY