Agus

Implementasi Feng Shui Dalam Kehidupan Sehari-hari

Rabu, 04-04-2007 15:55:04 oleh: Agus
Kanal: Opini

Implementasi Feng Shui Dalam Kehidupan Sehari-hari

Mungkin pembaca pernah melihat salah satu artikel di wikimu dengan topik Feng Shui.  Dalam kesempatan ini saya hanya ingin menambah pengetahuan pembaca tentang feng shui itu sendiri dan implementasinya dalam kehidupan kita.

Feng Shui terdiri dari kata Feng/Fung (angin) dan Shui (aliran), jadi boleh dikatakan feng shui adalah ilmu yang mempelajari tentang aliran angin. Di lain kesempatan feng shui juga dikatakan sebagai cara hidup manusia agar dapat selaras dengan alam.

Feng shui juga dikatakan dapat membawa keberuntungan. Mungkin hal tersebut benar, tapi bukan merupakan satu-satunya yang mendukung keberuntungan seseorang.

Keberuntungan manusia sendiri diukur dari beberapa faktor:

1. Karma pada kehidupan sebelumnya. Apabila pada kehidupan sebelumnya seseorang berbuat baik maka di kehidupan selanjutnya maka ia akan mengalami nasib baik pula sebagai balasan dari perbuatannya. Begitu juga kebalikannya.

2. Tingkah laku seseorang di kehidupan sekarang. Jangan berharap bahwa tanpa kerja keras hasil akan datang dengan sendirinya. Orang berdagang-pun harus berusaha keras agar dagangannya laku, tidak mungkin bisa sukses bila anda hanya ongkang-ongkang kaki (kecuali keturunan jutawan kalee)

3. Yang terakhir adalah keberuntungan seseorang. Nah dalam hal inilah feng shui berperan. Kita sering mendengar seseorang yang bekerja keras sepanjang hidupnya tapi hasilnya begitu-gitu saja. Mungkin keberuntungan belum mendatanginya? Keberuntungan inilah yang diharapkan datang dengan mengubah feng shui pada rumah/kantor kita.

Feng shui sendiri secara umum membagi delapan mata angin sebagai patokannya (selain dari tanggal dan jam lahir seseorang).

Delapan mata angin inilah yang nantinya akan membantu anda dalam mengatur feng shui rumah anda. Selain dari mata angin unsur lain yang berperan adalah 5 elemen Bumi, yaitu api, air, tanah, kayu dan logam. Untuk elemen Bumi ini berkaitan dengan warna yang digunakan pada rumah anda.

Implementasi feng shui dalam kehidupan kita

Apabila tadi telah saya singgung sekilas tentang feng shui, nah sekarang kita lihat implementasinya pada kehidupan kita.

Berikut tips yang mungkin dapat diterapkan pada lingkungan anda:

1. Jangan menempatkan dapur dan WC dalam jarak yang berdekatan, apalagi saling menempel tembok.

Kenapa? Bila dilihat dari sisi feng shui dapur mempunyai unsur api, sedangkan wc unsurnya adalah air. Nah air tentu dapat memadamkan api, sedangkan dapur berkaitan dengan kemakmuran anda. Hal ini dapat dikatakan bahwa keberuntungan anda akan padam oleh air wc.

Dari sisi kesehatan hal ini pun tidak baik. Bagaimana bila aroma WC terbawa sampai ke dapur? Tentu hal sangat merugikan kesehatan anda. Kesehatan konotasinya adalah penghasilan. Bagaimana anda dapat menghasilkan uang bila anda sakit-sakitan?

Bagaimana pemecahannya? Anda dapat merubah letak WC anda. Tutuplah WC yang bersebelahan tembok dengan dapur dan gunakan WC lainnya.

Selain dari WC yang bersebelahan tembok dengan dapur, WC yang terletak di atas dapurpun mempunyai efek yang sama bagi feng shui anda.

2. Peletakan akuarium ikan

Salah satu materi yang dapat membantu anda dalam pengimplementasian feng shui ini adalah akuarium ikan. Akuarium ini dapat diletakkan di ruang tamu di sudut Tenggara - Selatan. Ikan yang baik adalah arwana yang biasa dilambangkan dengan kemakmuran. Ikan lainnya adalah ikan emas dan lohan dengan jumlah sembilan ekor (8 berwarna merah, 1 berwarna hitam)

Yang perlu diperhatikan dalam pengimplementasian akuarium ini adalah :

a. Jenis ikannya. Jangan mengambil ikan yang mempunyai bentuk tak beraturan atau lancip

b. Kebersihan dari akuarium. Akuarium yang tidak bersih malah dapat memperburuk feng shui

c. Penerangan dari akuarium. Tambahkan lampu hias yang menerangi akuarium agar terlihat lebih indah.

d. Jangan biarkan ikan anda kelaparan. ikan yang kelaparan salah satu tanda feng shui yang buruk.

Yang perlu diingat bahwa ini adalah tips umum dalam feng shui. Untuk mengukur lebih detail lagi diperlukan proses yang panjang, yaitu menghitung tanggal lahir, jam dan kecocokan orang tersebut dengan tempat tinggalnya.

Referensi : Feng Shui by Lilian Too

Bookmark and Share

Tag/Label feng shui
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
30 komentar pada warta ini
Rabu, 04-04-2007 19:57:09 oleh: Retty

Kalau nggak salah ada orang yang cocok punya akuarium dalam rumah ya?

Letak akuariumnya juga nggak boleh tepat di tengah rumah?

Bagaimana para ahli? Orang suka asal minta desain ini itu berdasar buku saja.

Saya pernah melihat orang yang dibaca feng shuinya di kantor pemasaran, tampangnya biasa-biasa aja, penampilan sederhana, tapi hasil perhitungannya dia beruntung banget! Eh, dia lalu ngeluarin satu per satu sertifikat tanahnya untuk dibaca kecocokannya dengan dirinya, supaya dia bisa pilih yang paling bagus untuk dia tinggali sendiri. Oups asli...aku bengong!!! (orang yang baca juga takjub sih!).




Kamis, 05-04-2007 07:29:07 oleh: Bagus YP

Haloo Mr. Agus...
Ada sedikit pertanyaan nih...
Apakah fengshui yg berasal dr China akan selalu cocok diterapkan ditempat lain.. Kan secara geografis tidak sama ... Jika memang fengshui science, tiap tempat mempunyai koordinat yg berbeda, jadi sudut elevasi berbeda pula, Misal di China (yg 4 musim) pengaruh magnetis disana berbeda dgn di Jawa (2 musim). Apakah dulu para penemu sudah meriset di Jawa misalnya...
Makanya menurut pendapat sy mungkin tidak bisa diterapkan secara presisi di Jawa. Belum lagi kontur tanah, alamnya yg berbeda... Makanya mungkin tiap tempat mempunyai kaidah fengshui sendiri-sendiri..

Sekian pendapat saya...




Kamis, 05-04-2007 08:38:11 oleh: Agus

@ B. Retty, untuk peletakan akuarium memang tidak dianjurkan ditengah rumah, karena bagian tengah itu dianggap jantung/pusat dari rumah sendiri.

Untuk menghitung apakah seseorang cocok atau tidaknya mempunyai akuarium dapat dihitung lagi berdasarkan tanggal dan jam lahirnya untuk mendapatkan elemennya. Karena itu saya katakan bahwa ini adalah tips yang umum dalam arti kata untuk sebagian besar orang dapat digunakan.


@ P.Bagus, secara garis besar dasar dari feng shui adalah membagi berdasarkan arah mata angin, yaitu timur, tenggara, selatan, barat daya,barat, barat laut, utara, timur laut.

Jadi hal ini dapat diterapkan dikondisi geografis dimanapun tanpa melihat dari musimnya.
Sebagai contoh dikatakan rumah yang letaknya baik adalah yang rumah yang depannya mempunyai aliran sungai dan dibelakang terdapat gunung tinggi yang seakan-akan melindungi rumah tersebut. Saya rasa kondisi seperti ini tidak harus ada di Cina saja.

Mungkin Bapak bisa menjelaskan apa yang dimaksud dengan kontur tanah dan kondisi alam yang berbeda ?




Jumat, 06-04-2007 02:52:21 oleh: Bagus Yudo P

Thanks pak Agus atas jawabannya...
Oh yang sy maksud kontur tanah berbeda adalah karakter tanah di Jawa, misalnya tdk pernah kena salju ,kandungan tnh (yg byk gunung berapi), tentu mempunyai kualitas chi yg sangat berbeda dgn di China. Sehingga berdampak karakter (kondisi) alam yg berbeda pula,termasuk manusianya. Shg dampak chi yg mempengaruhi jg berbeda. Belum lg kalau dilihat koordinat di bumi yg berbeda di China, tentu mempunyai daya magnetis berbeda dgn di China. Padahal kalau sy pernah baca Fengshui jg berdasarkan pengaruh letak perbintangan thd waktu & tempat. contohnya begini, Posisi matahari ketika siang hari(jam 12) di Indonesia pasti berbeda dgn di China (jam 12), jika siang = selatan, tentu efek chi (akibat daya magnetisnya) jg berbeda dong. Maksud sy tidak akurat persih diChina.. Itu kalau kita melihat Fengshui dr sisi sciencenya. Tapi utk mengerti Chi itu sendiri kita tentunya hrs mengenal & merasakan chi itu sendiri kan pak..

Thanks atas tanggapannya.




Sabtu, 07-04-2007 20:55:57 oleh: Suhu Tan

Ilmu Fengshui, adalah ilmu yang sangat dinamis. Berdasarkan dari konsep Tentang Hakekat Perubahan yang termaktub dalam kitab kuno I Ching.

Kehidupan seseorang memang di pegaruhi kuat oleh karma masing2, berbuat baik berbuah kebahagiaan/keberuntungan lalu berbuat jahat akan mendatangkan penderitaan/celaka. Tapi kapan karma seseorang tersebut akan berbuah ?
Selain Buddha/Arahat tidak ada yang bisa menjawab dengan pasti.

Tapi, fengshui dapat mendiagnosa dan memprediksi kapan keberuntungan atau kemalangan seseorang akan tiba. Dengan cara yang sangat ilmiah dan matematis, matematis versi metafisika China tentunya dan ini jauh dari hal2 yang bersifat klenik.

Fengshui tidak bisa di generalisir, seperti misalnya pasang aquarium di Tenggara - Selatan lalu akan baik buat mengangkat keberuntungan,wah ini bahaya sekali.

Penjeneralisiran seperti ini bisa berdampak sangat berbahaya. Semisal elemen Bintang Terbang yang ada di Tenggara tsb sedang di dominir oleh Unsur Api (yang merupakan sinyal kemakmuran di periode 8 ini)lalu disitu diletakkan aqurium, maka siapapun dia, seperti apapun tgl lahirnya, sekeras apapun dia bekerja keras, kemakmuran atau keberuntungannya cenderung akan merosot tajam,diakibatkan oleh peletakan aquarium tsb.

Ikan Arwana / Lohan dan ikan2 lain yang makannya mahluk hidup, ini tidak baik untuk diletakkan didalam rumah, karena hawa pembunuhan yg ditimbulkannya bisa juga menimbulkan akumulasi Sha Qi / Sat Chi yang berbahaya buat kesehatan.

Fengshui memang bersal dari China, tapi ilmunya bersifat flexible dan bisa diterapkan dimana saja, termasuk di Australia yang iklimnya serba berlawan dg iklim yang lazim terjadi didunia. Karena Fengshui pun harus menghitung faktor lingkungan yang ada atau yang mempengaruhi keberadaan suatu lahan / objek tanah terkait.

Terakhir, sekedar u/diketahui, Buku Fengshui Lilianto refresentatif untuk dipelajari, tapi harus hati2 dalam mengaflikasikannya,banyak hal2 berbahaya jk langsung ditrapkan begitu saja.




Sabtu, 07-04-2007 21:33:27 oleh: Suhu Tan

Untuk sdr. Agus

Saya ingin menambahkan komentar untuk anda.

Tulisan anda ini,rupanya cukup menambah semarak tulisan mengenai Fengshui di wikimu ini.

Saya ikut senang, berarti sekarang saya tidak sendirian lagi menjaga gawang fengshui di wikimu, jadi ada teman, nih! Bagus deh! Rajin2 turunin tulisan lagi, ya! Bravo!

Btw, you sdh sempat baca belum tulisan saya tentang: Asal Usul Ilmu Fengshui / Hongsui yang juga saya tulis di wikimu ini?

Klau belum, jika ga keberatan, bolehlah you simak, karena banyak juga komentar2 disana yang baik u/bahan masukkan buat kita. Okay !





Minggu, 08-04-2007 23:59:39 oleh: Z.Qui

Waduh, bagaimana nih....
Membaca komentar Suhu Tan saya jadi bingung, mana yang benar?

Sayapun sempat baca beberapa bukunya Lilianto, gamblang, jelas dan mudah sekali untuk dipraktekan, ada beberapa yang telah saya jalani, seperti pasang suling di diatas balokan kongliong (dinding tembus yang tidak berpintu).

Petunjuk yang ada dibuku itu, kelihatannya bersifat untuk umum, padahal Suhu Tan bilang tidak bisa digeneralisir.

Jadi, apa suling yang saya pasang itupun masuk dalam kategori yang dapat bermasalah?

Menurut Mas Agus sendiri, bagaimana?




Selasa, 10-04-2007 10:31:46 oleh: Agus

@Suhu Tan
terima kasih atas masukannya untuk tulisan saya. Saya sudah membaca tulisan Suhu Tan, benar-benar informatif dan menambah pengetahuan saya.

Mohon masukannya dari Suhu Tan untuk tulisan-tulisan saya selanjutnya.

@Z.Qui
Dinding tembus tak berpintu maksudnya lorong? Setahu saya dalam ilmu feng shui, aliran angin yang terlalu kencang tidak baik. Hal ini bisa terjadi di lorong yang panjang atau ruangan panjang tanpa partisi.

Oleh sebab itu alternatifnya selain diberikan partisi (bisa dari dinding bambu), bisa juga menggantungkan genta angin untuk memperlambat atau memecah aliran angin yang datang.




Senin, 24-09-2007 11:50:55 oleh: Wendy

Langsung aja deh,
Yang ingin saya tanyakan adalah
Apakah boleh apabila didepan rumah kita itu terdapat tiang listrik atau pohon, tetapi posisinya tidak pas didepan rumah/pagar?
Terima Kasih




Selasa, 25-09-2007 09:50:38 oleh: dedy

Yth bpk agus...

Ada sedikit pertanyaan,.. bagai mana baik nya saya boleh menaruh unsur air seperti air mancur, landscape yg mengalirkan air,kolam ikan,dsb?.

Posisi Rumah saya menghadap ke timur (arah matahari terbit,agak serong sedikit kekanan,tapi tidak sampai ke arah tenggara.)

Didepan halaman rumah terdapat jalan komplek,disamping kiri rumah terdapat taman kompleks yang sangat luas (sekitar 250 m persegi).Pintu Utama menghadap ke Timur (lebar pintu Utama 1.2m),sedangkan di sisi kiri ada Pintu dari kaca menghadap ke taman (lebar pintu kaca 2.4m).

Dibelakang rumah ada dataran tanah tinggi(semacam tebing).Dibelakang rumah yang menempel tebing disebelah kiri (kalo menghadap barat)terdapat tempat untuk mencuci baju (tapi bukan kamar mandi atau toilet) dan dapur yg dibatasi oleh tembok dan berpintu kayu sebagai pemisah Tempat Cuci, dan disebelah kanan terdapat taman rumah.Hanya saja dibelakang rumah bentuk tebingnya kurang beraturan,(cenderung menyempit ke kanan ke arah taman rumah).

Mohon penjelasan untuk posisi rumah saya, agar terdapat keserasian. dan dimana saja saya bisa meletakan unsur air sebagai hiasan rumah. Terimakasih.




Selasa, 25-09-2007 11:39:06 oleh: Suhu Tan

Sdr Agus kemana aja ? Sepertinya sudah lama ga nongol di Wikimu ya? Semoga bisa aktif nulis lagi u/ Wikimu, ditunggu lho!



Selasa, 25-09-2007 14:20:13 oleh: dedy

Yth Suhu Tan

Boleh donk ..di bagi ilmunya..kalo tdk keberatan solusi untuk rumah saya diatas ya.saya lahir 07-06-1976. atas Atensinya trima kasih.




Sabtu, 03-11-2007 10:12:55 oleh: fina handayani lubis

saya ada sedikit pertanyaan implemntasi kesempatan bekerja yang sama.itu seprti apa? tolong jelaskan



Jumat, 23-11-2007 17:16:38 oleh: Brahmana Hanunggraha

gue sebenarnya ga terlalu percaya sama yg nama ramalan atau sejenisnya yg bener itu kita bisa menentukan nasib kita sendiri sesuai dengan usaha kita masing-masing....btw gue cuma penasaran aja ada masukan ga, ikan apa yg bagus buat dipelihara yah??sebenarnya sih gue mo pelihara arwana, tp mahal2 jg yah harganya...



Jumat, 30-11-2007 01:56:23 oleh: Z.Qui

Terima kasih sudah menjawab pertanyaan saya yang lalu.

Menyinggung soal genta angin, saya dengar katanya ada dua jenis genta angin dari logam dan kayu. Yang mempunyai daya peran yang berbeda. Peran yang lebih bagus yang dari logam atau dari kayu Pak Agus ? Dari buku yang saya baca tak ada yang menjelaskan soal tersebut mohon petunjuknya.

Sekalian case lain yang diajukan diatas pak agus. Saya jadi ikut penasaran ingin sekali tahu buat nambah pengetahuan nich, please pak...




Rabu, 02-01-2008 17:53:21 oleh: Janti Suryanto

Halo.....saya mau menanyakan arah pintu utama untuk orang yang ber shio ayam Tanah (lahir 26 Januari 1970) yang cocok menghadap arah mana ya?

Trims atas jawabannya....




Kamis, 03-01-2008 18:56:50 oleh: DJOHAN

YTH; SUHU TAN
Tanggapan saya mengenai fengshui, bahwa seseorang kalau perbuatannya yang dulu buruk, maka dia akan mendapat karma nya.meskipun dia mengatur feng shui rumahnya sedemikian rupa....





Selasa, 29-07-2008 08:00:11 oleh: nathanael

Suhu..

saya mau tanya.. jika memang sudah punya rumah yang menghadap ke barat sebaiknya pintu utama harus menghadap selatan atau utara..???

Saya nathanael, lahir 24/12/1981 dan saya mau berencana membeli rumah tapi untuk rumah yg menghadap timur sudah laku semua tinggal yang menghadap ke barat. Mungkin suhu bisa memberikan gambaran untuk letak posisi pintu utama dan kamar tidur utama serta dapur dan kamar mandi.

Atau mungkin suhu bisa memberikan referensi buku yg mudah dicerna implementasinya untuk orang awam..??

Thx's ^_^




Sabtu, 09-08-2008 00:24:29 oleh: Heni

Hallo mr.Agus... saya mau menanyakan bagaimana cara menghitung jumlah anak tangga. Yang saya tau cara menghitungnya jika dibagi 3 harus sisa 2 misalnya 14 atau 26. yang membuat saya bingung adalah
Apakah lantai dasar dihitung ?
Apakah lantai paling atas juga dihitung ?
Terima kasih atas infonya ..




Selasa, 09-12-2008 16:19:13 oleh: Janti Suryanto

Suhu....
Mohon bantuannya, suami saya lahir 26-01-1970 Shio ayam tanah sedangkan saya Shio babi lahir 14-10-1971 sebaiknya arah pintu utama menghadap kemana?....
Bagaimana arah pintu kamar sebaikbya menghadap kemana?
Terimakasih atas infonya.





Rabu, 11-02-2009 12:17:39 oleh: Haryoko Wibowo

Saya lahir 17/10/68,shio monyet, istri saya 29/08/73, shio kerbau, rmh menghadap timur, pintu utama menghadap timur,kamar tidur diselatan, pintu kamar & tempat tidur menghadap timur jg...rencana mau buat dapur disebelah barat laut, dan kolam ikan kecil di sebelah barat daya, bagaimana peruntungan kami, mohon penjelasan.terima kasih



Kamis, 19-02-2009 01:19:14 oleh: Bernard Pan Wang Qi

Hallo Sdri Heni,
Sorry saya ikut nimbrung jawab jumlah anak tangga. Gak usah repot2 pakai perhitungan tangga kehidupan karena kadang tdk relevan dgn faktor keamanan dan estetika. Pakai saja konsep Yin & Yang yaitu jumlah langkah terakhir ganjil yg berarti yang (sesuai yg kita diperlukan utk rumah tinggal). Dgn begitu antrade & optrade (tinggi & lebar anak tangga) tangga mudah disesuaikan dgn strandart keamanan dan kenyamanan.
Thanks - Bernard Pan (Batam)




Rabu, 13-05-2009 13:24:45 oleh: jems hamdani

saya lahir tgl 11-12-1972 dan istri tgl 25-06-1975,saya mau tanya usaha apa yang cocok untuk saya dan arah mata angin kami berdua menghadap kemana dan meja kasir harus menghadap kemana (kami sekarang berdagang sepatu)apa usaha ini sudah cocok buat kami.mohon petunjuknya.terimakasih



Kamis, 07-01-2010 11:36:34 oleh: murnia

Yth. Suhu
Mohon bantuannya untuk penjelasan mengenai :
1. letak akuarium yg tepat.( Saya lahir 20-11-64. jam o5.30 pagi).rumah hadap selatan, pintu utama hadap timur, saya ada akuariun di tenggara( bagian dalam rumah, dan ada juga di bagian luar rumah yg pas letaknya di depan pintu masuk, krn pintu hadap Timur)
2. usaha apa yang cocok untuk saya.
3. Usaha apa yg cocok untuk suami saya (suami lahir 11-09-65 jam 07.00).
4. Kalau ingin memulai usaha di tahun 2010, tepatkah?

Selamat tahun baru 2010, smg Sukses sll

Terimakasih banyak atas bantuan dan sarannya.




Jumat, 23-07-2010 12:55:41 oleh: siu min

dear suhu,

saya shio kelinci lahir 1976 januari, ada rencana piara ikan arwana di kantor. apakah cocok ya? trus mau ditempatkan di sebelah mana ya?

sebagai info, kantor saya menghadap barat, meja kerja menghadap north east.

mohon pencerahannya.. trims




Selasa, 05-10-2010 16:21:35 oleh: tjhai fifi

hallo suhu sy mau minta saran nih...tgl lhr sy 16 oktober 1975 n suami 31 january 1974,suami sy krj dikantor..dan sy ingin usaha tp bingung nih usaha apa yg cocok...dan kami sering banget cekcok pdhal urusan kecil...kira2 kami pasangan yg cocok / nga y...tq



Sabtu, 07-01-2012 11:11:57 oleh: sarmawati

saya mau lebih mengetahui tentang feng shui



Jumat, 16-03-2012 22:47:24 oleh: arman susito

Salam kenal suhu..saya lahir 26-oktober-1970.
isteri saya 23-desember-1973. Rumah menghadap keselatan.mohon petunjuk fengshui untuk keberuntungan, letak akuarium, dapur, wc,kamar utama saya menghadap ketimur.mohon pencerahannya terimaksih




Senin, 08-10-2012 12:05:14 oleh: nuy

salam kenal... saya mau tanya apakah boleh menempatkan lanskip air terjun untuk pembatas antara r.tamu & r.kel. rumah sy menghadap ke barat daya.r.tamu di sebelah utara .kamar mandi di timur pintunya menghadap kebarat. suami 19-05-1985 & sy 20-09-1987. mohon di jawab terima kasih



Sabtu, 18-01-2014 04:54:08 oleh: Dwi Soelsitiono

saya punya rumah dan kantor berlainan tempat dan sama2 menghadap utara, saya lahir tanggal 2/11/1964, jam 19.00, penempatan pintu masuk baik kantor dan rumah menghadap utara , unt rumah pada bagian belakang diluar ruangan ada kolam koi, dapur kotor bersebelahan dengan km/wc pembantu . untuk kantor pintu ruang saya menghadap ke timur dan elevasi lantai dari depan kedalam naik kemudian ke belakang turun . mohon sarannya pak terima kasih



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY