Wawan

Belajar Menjadi Bijaksana

Minggu, 22-01-2012 06:38:04 oleh: Wawan
Kanal: Opini

Apa definisi bijaksana? Menurut wikipedia, bijaksana adalah sebuah pemahaman dan kesadaran yang dalam atas orang, benda, peristiwa atau situasi, yang menghasilkan kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian dan aksi dalam kerangka pemahaman. Definisi ini terasa rumit. Mari kita buat yang mudah saja. Bijaksana adalah kemampuan orang untuk merespon secara benar terhadap apa pun yang sedang dihadapi. Respon ini diberikan berdasar pemahaman yang utuh atas apa yang dihadapi.

Bagaimana caranya agar kita memiliki pemahaman yang utuh. Dengan memanfaatkan segenap indera, pikiran dan perasaan. Apakah ini sudah cukup? Rasanya tidak. Untuk menjadi bijaksana tidaklah sesederhana definisi tersebut. Bahkan Leo Tolstoy, seorang sastrawan-filsuf, seorang guru sekolah kebijaksanaan, akhirnya juga melakukan hal-hal yang tidak bijaksana. Kabarnya pada akhir hidupnya ia lari dari rumahnya, meninggalkan segenap kekayaan dan keberhasilannya, dan mati sebagai seorang gelandangan.

Memang sulit untuk menjadi bijaksana. Namun setahu saya minimal sekali ada dua prinsip utama yang harus ditepati. Yang pertama adalah ajaran ahimsa. Secara umum ajaran ini mengajak kita untuk tidak membunuh. Membunuh, tak hanya membunuh manusia, namun juga binatang dan tumbuhan dan ciptaan lain. Membunuh, tak hanya berarti berhentinya kehidupan, namun juga bermakna luas, yaitu turunnya harkat dan martabat seseorang. Maka menurut konsep ini, menghina seseorang termasuk kategori membunuh. Membunuh juga berarti turunnya status seseorang. Maka memotong penghasilan orang lain, dengan pungli misalnya, juga termasuk membunuh.

Ajaran yang kedua diberikan oleh Yesus. Ajaran utama Yesus adalah mencintai sesama, seperti mencintai diri sendiri. Yesus juga mengatakan bahwa apa yang manusia lakukan terhadap mereka yang paling miskin, paling tersingkir, adalah juga merupakan apa yang dilakukan terhadap Tuhan. Namun ajaran Yesus yang dianggap paling kontroversial adalah mencintai musuh. Bagaimana mungkin seseorang bisa memiliki musuh di satu sisi, namun tetap mencintainya sebagai sesama ciptaan Tuhan pada sisi lainnya. Namun jika di pikir-pikir, seandainya kita bisa mencintai musuh kita, tentu orang lain yang bukan musuh kita akan lebih dicintai.

Diluar itu masih ada banyak teori lain yang belum pernah penulis baca. Namun penulis duga, sangatlah sulit untuk membuat teori sempurna tentang kebijaksanaan. Seandainya ada teorinya, tentu tidaklah mudah untuk dijalankan. Seandainya bisa dijalankan, tentu interpretasi tersebut bersifat situasional. Interpretasi akan berbeda jika berada dalam situasi yang berbeda. Namun yang pasti, menyadari baha kita tidak bijaksana adalah lebih baik dibanding merasa bijaksana namun sebenarnya tidak bijaksana.

Bookmark and Share

Tag/Label opini, bijaksana
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY