cahyo Putro

Massa Bakar Mess Karyawan Perusahaan Tambang di Bolmong

Senin, 28-11-2011 08:00:32 oleh: cahyo Putro
Kanal: Peristiwa

Massa Bakar Mess Karyawan Perusahaan Tambang di Bolmong

Ratusan massa yang diduga Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) merusak dan membakar mess karyawan PT. J Resources Bolaang Mongondow (JRBM) Jumat dini hari (25/11). Berdasarkan kesaksian warga Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, sebelum mess terbakar, sempat didahului oleh pelemparan batu oleh massa kearah petugas Kepolisian yang menjaga kantor PT. JRBM. “Lemparan batu tersebut dibalas oleh aparat dengan melepaskan tembakan peringatan. Kericuhan tersebut sontak membangunkan warga setempat”, ujar salah seorang warga Desa Bakan yang namanya dirahasiakan. Akibat peristiwa tersebut, dua polisi terluka terkena lemparan batu dan seorang warga luka ringan terserempet peluru karet. Sedangkan kerugian yang diderita PT. JRBM diperkirakan lebih dari seratus juta rupiah.

Peristiwa tersebut ditengarai tidak terlepas dari aksi unjuk rasa yang dilakukan warga Desa Bakan di kantor PT. JRBM sehari sebelumnya (24/11). Demonstrasi tersebut merupakan buntut dari tertangkapnya enam PETI yang berasal dari luar Desa Bakan. Setelah diinterogasi warga, keenam PETI tersebut mengaku bisa masuk dalam lokasi tambang emas karena telah membayar sejumlah uang kepada petugas Kepolisian yang berjaga di areal tambang. Hal tersebut memicu kecemburuan dari warga Desa Bakan. Pasalnya, warga Desa Bakan sendiri tidak pernah diperbolehkan untuk masuk ke areal tambang.

Kapolres Bolmong AKBP Enggar Broto Seno berjanji akan menindak tegas anak buahnya. “Jika terbukti (bekerjasama dengan PETI), akan ditindak tegas”, ujarnya saat menemui pengunjuk rasa. Menurut penuturan beberapa warga Desa Bakan, kemungkinan petugas Kepolisian tidak berani lagi bekerjasama dengan para PETI. Oleh karena itu, para PETI yang biasa beroperasi pada malam hari, diduga merasa kecewa dengan adanya “kebijakan” baru dari petugas Kepolisian. Mereka tidak lagi diperbolehkan untuk memasuki lokasi tambang. Buntut dari kekecewaan tersebut, kemungkinan para PETI berkumpul dan kemudian melakukan aksi anarkhis di depan komplek kantor PT. JRBM.

Pada saat ini, situasi di Desa Bakan telah berangsur-angsur kondusif. Namun demikian, warga Desa Bakan masih merasa resah atas kejadian pembakaran mess karyawan PT. JRBM tersebut. Untuk itu, sejumlah aparat dari Polres Bolmong dan Brimob tetap disiagakan di sekitar TKP guna mengantisipasi aksi massa lanjutan.

Bookmark and Share

Tag/Label emas, bakar, bolmong, bisnis
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY