Dasman Djamaluddin

Email dari Letjen (purn) Rais Abin dari Mabes AD Dinas Sejarah

Selasa, 04-10-2011 15:31:17 oleh: Dasman Djamaluddin
Kanal: Opini

Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Letjen (Purn) Rais Abin, mantan Panglima Pasukan PBB di Timur Tengah yang sekarang menjadi Ketua Umum Legiun Veteran RI (LVRI). Beliau berkenan mengirimkan foto copy dari Markas Besar Angkatan Darat Dinas Sejarah yang saya terima hari ini. Intinya mengatakan bahwa tidak terdapat nama Ilyas Karim menurut penelitian Dinas Sejarah Mabes AD sewaktu mengibarkan bendera pusaka 17 Agustus 1945. Saya setuju dan saya dukung.

Pola dalam mencari kebenaran biasanya duduk di satu meja. Setiap orang mengklaim bahwa dia adalah pengibar bendera, maka dia harus mempertanggungjawabkannya. Ilyas Karim ingin berdialog, dan sebentar lagi saya menerima buku dari seorang teman tentang Supriyadi. Pengantar katanya dari Asvi Warman Adam. Tapi saya belum baca karena baru dikirim. Jadi setiap orang punya hak untuk membuktikan kebenarannya. Saya setuju saja ketiga pihak mengajukan bukti-bukti. Sekali lagi saya katakan, jika berbicara sumber sekunder maka kita harus hati-hati. Jangan sampai terjadi kesalahan sejarah ketika membuat Buku Sejarah Nasional Indonesia Jilid VI, yang menganggap yang merumuskan materi Pancasila ialah Mr.Muh Yamin. Ini keliru besar. Yang benar adalah Ir.Soekarno. Inilah yang menyebabkan B.M.Diah menggugat.Pendapat B.M.Diah ini didukung AB.Koesoema dari Fakultas Hukum UI.

Buku ini bukan main-main diterbitkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Tahun 1975 dalam enam jilid dan penulisnya Prof.Dr.Sartono Kartodirdjo, Dr.Marwati Djoened Poesponegoro dan Dr.Nugroho Notosusanto. Bahkan menurut berita, Presiden Soeharto waktu itu memerintahkan agar buku tersebut dipergunakan di sekolah-sekolah pemerintah. B.M.Diah geram dan menganggap sejarawan-sejarawan Indonesia masih dipengaruhi sejarawan Barat atau didominasi pandangan sejarawan Barat, karena masih memakai sumber sekunder, sementara beliau (B.M.Diah) sebagai sumber primer atau AB.Koesoema pada waktu itu masih hidup. F.A. Sutjipto dalam kata pengantarnya pada jilid IV, memang mengatakan bahwa sebagian besar sumber adalah sumber sekunder walaupun di sana sini juga dilakukan sumber primer. Saya yang pada waktu itu menulis buku beliau (B.M.Diah) melihat betul wajahnya yang geram. Ini sebuah kekeliruan besar, jangan hendaknya terulang lagi. Hanya ini yang saya perhitungkan ketika sudah tiga orang mengklaim pengerek bendera 17 Agustus 1945.

Bookmark and Share

Tag/Label mabes ad, rais abin, opini
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY