Melani

Merebut Kembali Akun FB yang Di-hack Orang

Selasa, 02-08-2011 12:02:33 oleh: Melani
Kanal: Opini

Buat situs-situs beken, lebih sering dicobai oleh para "hacker", salah satunya Facebook. Di bawah ini adalah kejadian yang menimpa Kiki Rizky Noviandi terhadap Facebook yang dimilikinya. Kita simak aja yuk kronologisnya yang saya ambil dari FB yang sudah 'sembuh'.

Begini kronologis kejadian bagaimana account facebook saya kena hack oleh Radja Elektronika, semoga menjadi pelajaran bagi kita semua...
Pertama saya mendapatkan gambar menarik (tentang malaikat yang turun di Mekkah) yang di tag kepada teman salah seorang teman oleh Mohammad Yamin (mungkin dia juga sudah kena korban hack)...

Setelah saya ke tkp di bagian judul gambar ada link yang saya kira alamat sumber gambar (karena gambar di upload di FB dengan sangat kecil). link alamat itu adalah : 
VIDEO PENAMPAKAN MALAIKAT DI MEKAH HANYA DI
"www.rezkyhomeshop.com/login-do?wnload.php"


(hati-hati jangan masukkan email dan password FB anda) Di sini mulai account anda dicuri... Setelah secara tidak sadar saya masukkan user id dan password FB saya, dan ternyata tidak ada respon apa-apa dari halaman loginnya saya abaikan saja. Namun saya baru sadar bahwa saya dijebak setelah mendapatkan BBM dari Melani Laksmono (thanks atas infonya) yang menyatakan profile saya sudah diubah menjadi radja elektronik.

Ok, sampai sini yang terlintas dalam benak saya adalah 'jangan panik' dan berfikir jernih untuk segera merebut kembali account yang diambil oleh hacker jahanam. Salah satunya adalah google "facebook account hacked", dan mendapatkan hasil di sini http://www.ehow.com/how_580795?7_fix-hacked-facebook-account.?html .Si hacker berhasil mengambil alih account saya sehingga saya tidak bisa masuk lagi ke FB (termasuk mengganti password dan email) dengan mengikuti langkah yang dijelaskan di ehow tadi, maka saya coba : 
1. Melakukan penggantian password dengan memilih forgot password di halaman login FB

2. Kemudian pastikan email registrasi FB masih bisa di akses, karena FB akan mengirimkan notifikasi ke email tsb . Saya mendapatkan email notifikasi dari FB bahwa email dan nama saya telah di ganti oleh Radja Elektronik. dalam notifikasi tsb FB memberikan pilihan untuk membatalkan proses perubahan profile ini. dan berhasil saya batalkan.

3. Ternyata setelah dibatalkan account saya langsung dilock oleh FB karena dicurigai telah dihack orang, sehingga saya harus memenuhi beberapa step pemulihan yang dibuat oleh FB

4. Step pemulihan mulai saya jalankan, pertama dengan memasukkan email asli saya kemudian saya di minta mengirimkan scan KTP untuk membuktikan bahwa data saya adalah benar. Kemudian saya mendapatkan email notifikasi dari FB yang berisi pin untuk password recovery

5. Ternyata proses recovery ini belum tuntas, karena account saya masih dilock oleh FB dan saya diminta untuk memenuhi proses recovery berikutnya yaitu : melakukan identifikasi photo teman-teman saya (ini yang unik). Saya diminta untuk mengenal photo teman FB yang di tag di photo saya setelah saya coba kenali teman saya Tria DestrianiDwi SriEra Picha RahimAdrianto GaniNorman Sasono saya baru dipercaya oleh FB dan saya bisa mengganti password serta login kembali ke FB.

Alhamdulilah semoga pengalaman dihack ini menjadi pelajaran untuk semua orang di FB, yang perlu diingat, jangan pernah memasukkan user ID maupun password FB anda jika diminta oleh web site yang tidak anda kenali. Bukan hanya account FB anda yang akan kena hack tapi data teman anda akan terambil dan terancam digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jika kena hack langkah pertama : tenang, lakukan recovery segera.

Bookmark and Share

Tag/Label kiat, facebook, hacker
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
9 komentar pada warta ini
Selasa, 02-08-2011 13:32:49 oleh: Berthold Sinaulan

Saya vote berguna untuk tulisan ini, karena memberikan info yang baik. Ngomong-ngomong, apakah sudah ketahuan siapa Radja Elektonik (pakai ejaan lama kata "Radja") itu?



Rabu, 03-08-2011 08:41:58 oleh: Melani

Yap....Radja bukan Raja...
Kami tidak tau siapa, mungkin sudah 'diurus' oleh fb.
Terima kasih Pak berthold




Kamis, 07-06-2012 01:11:00 oleh: dekaaddar

mas,,
bisa mintag tolong ambilkan fb saya egk mas,,

emailnya sudah di ganti mas.,.
gmna mas,,??




Rabu, 24-10-2012 03:56:45 oleh: deni cah djibriil

tolongin saya donk, fb saya di ambil, ma orang lain.. q gk bisa buka



Senin, 07-01-2013 20:11:01 oleh: noven

bisa bantu saya ga mas,,
fb saya dihack,
please.




Selasa, 05-02-2013 19:50:10 oleh: Bayu Nugraha

fb saya di hacker orang



Minggu, 17-03-2013 07:28:54 oleh: ryadi lumbungtxsunited

tolong ya mas fb kembalikan fb saya karna saya telah di kira memakai nama palsu trus fb saya tidak bisa di buka lagi



Rabu, 05-06-2013 22:36:01 oleh: Putra Cahaya

eeeem



Kamis, 27-06-2013 13:57:58 oleh: sabana

kitasemua main fb




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY