Kiki Rizki Noviandi

Seri Silat Betawi : Gerak Saka

Rabu, 28-03-2007 13:29:17 oleh: Kiki Rizki Noviandi
Kanal: Gaya Hidup

Seri Silat Betawi : Gerak Saka

GERAK SAKA - Bergerak Sesukanya dengan Rasa Cobalah untuk memukulnya. Dijamin tangan lelaki berusia 58 tahun itu akan berkelebat cepat. Tangan kiri menangkis serangan berbarengan dengan tangan kanan menerjang muka lawan. Cash and carry.

"Kalau diserang, langsung kite bayar kontan, " ujar Muhammad Sani sembari tertawa. Itulah karakter khas Gerak Saka. Aliran silat ini berasal dari Jawa Barat. Ini semula memang bela diri internal keluarga menak Sunda keturunan Prabu Siliwangi, kata Sani. Raden H Muhammad Sjafe'i (1931-2001) adalah orang yang membawa bela diri tradisional ini ke Jakarta. Bang Pe'i, demikian Muhammad Sjafe'i biasa disapa, belajar dari salah seorang kerabat istrinya, Raden Widarma.

Meski keturunan bangsawan Pandeglang, Pe'i semula juga tak diperkenankan untuk mempelajarinya. Ki Sura (nama aslinya tidak diketahui), salah seorang paman istri Bang Pe'i, akhirnya memberi izin Pe'i muda untuk memperdalam ilmu silat ini. Pe'i juga diizinkan untuk mengajarkan ilmu ini kepada orang di luar lingkungan keluarga, asalkan mengubah nama alirannya. Aslinya bernama Gerak Gulung Pribumi, kata Sani.

Ketika mengembangkannya di Petojo, Jakarta Selatan, Pe'i mengubah namanya menjadi Gerak Saka. Singkatan dari Sakadaekna (bahasa Sunda) yang artinya sesukanya, kata Sani. Maksudnya, ketika bertarung, gerakan aliran silat ini memiliki fleksibilitas bagaimana melumpuhkan lawan. Kena matanya bisa, mau serang kemaluan boleh, mau ambil ulu hati juga nggak apa-apa, ujarnya. Selain Sani, dua ahli waris lainnya adalah H Abdullah di Condet dan H Nunung di Rawa Belong, yang lalu membentuk Gerak Sanalika.

Kesederhanaan dan fleksibilitas menjadi ciri khasnya. Aliran ini tidak memiliki kembang dan hanya memiliki lima jurus. Jurus-jurus ini sebenarnya hanya merupakan gerakan-gerakan dasar yang dalam aplikasinya berkembang sesuai dengan situasi pertarungan dan kondisi lawan.

Ilmu silat ini memang khusus untuk bertarung. Ketika menyerang, tangan digunakan hanya untuk menjangkau dan memukul daerah berbahaya lawan, seperti mata, leher, ulu hati, dan kemaluan. Dalam ilmu ini kita memang diajarkan harus melumpuhkan lawan secepat mungkin, ucap Sani.

Tak seperti aliran silat lain yang lebih menekankan pada kecepatan dan kekuatan, ilmu bela diri ini bertumpu pada rasa, yakni sensitivitas untuk membaca sirkulasi pergerakan dan tenaga lawan lewat sentuhan tangan. Makanya ilmu ini juga disebut Gerak Rasa. Rasa penting dalam perkelahian karena tangan yang terlatih akan memiliki kepekaan dan secara otomatis mengantisipasi gerakan lawan tanpa melihat. Ketika bertarung, wajah kita justru berpaling dari musuh dan hanya melihat lawan lewat sudut mata, kata Sani. Unik, bukan?


Sumber: Koran Tempo
Bookmark and Share

Tag/Label silat, betawi, gerak saka
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
40 komentar pada warta ini
Senin, 03-11-2008 13:12:02 oleh: hari

sya mau tau masalah asal-usul gerak rasa.yang asli ya makasih



Rabu, 18-02-2009 13:17:27 oleh: ilham

apakah gerak saka sama dengan gerak per yang ada di slipi.



Minggu, 24-05-2009 13:52:08 oleh: burhan

sekarang gerak saka (bukan gerak rasa) dipopulerkan oleh siapa ya?



Sabtu, 06-06-2009 04:31:44 oleh: zoel ipank

pengen tau lebih jelas sejarah gerak rasa, tp bukan gerak saka, kata nya ada pewaris nya di rawa belong bener engga,,,,??????



Senin, 11-01-2010 20:23:58 oleh: Tian Achmad

Gerak rasa / gerak saka sama aje, cuma penyebutanye aje yang beda. gerak rasa yang masih eksis ada d slipi, Bang ajul murit dari bang pei & bang Pie. kalo mu info lebih lanjut hub ane.



Senin, 18-01-2010 13:36:14 oleh: ahmad sultan

Alhamdulillah..gerak rasa banyak sekali yang tahu dan mungkin juga banyak yang mempelajari gerakannya
dan kebetulan saya tinggal di slipi dan pernah belajar gerak rasa sama guru saya di slipi mungkin kalian pernah dengar atau tahu namanya bang Acul(Mashuri)saya merasa salah satu keluarga besar gerak rasa di slipi walaupun saya belajar tidak lama
tapi memang aneh gerakan-gerakan yang saya dapet..dan mohon kepada guru-guru ataupun sesepuh gerak rasa diadakan pertemuan/silahturahim sebagai ikatan keluarga besar Gerak rasa




Selasa, 02-02-2010 08:17:32 oleh: reza

saya rasa gerak rasa beda dgn gerak2 yg laen.....
klw mo tao sejarah GR cari guru yg bener2 Paham dgn
Silat Trsbt.......




Sabtu, 06-02-2010 02:20:38 oleh: abdul hakim

ALHAMDULILLAH...... demi persaudaraan dan persatuan kita, "GERAK" sudah banyak diminati. saya sebagai orang awam di gerak menasehati diri saya pribadi dan kita pecinta -gerak- agar kiranya jangan sampai ilmu yang sangat bagus dan mematikan ini sampai turun kepada non-Muslim atau muslim yang berakhlak rendah. karena akan berdampak yang sangat merugikan persaudaraan dan nama baik guru-guru kita. WASSALAM.
NB: saya baca tulisan dari A.Sultan bahwa yang dia dapat adalah gerakan-gerakan aneh, bagi saya gerakan-gerakan tersebut sangat logis bahkan di setiap gerakannya mengandung filosofi yang tinggi. saya mohon ma'af, mungkin beliau hanya salah memilih kata, saking takjub.....




Senin, 08-02-2010 08:08:31 oleh: dewa

yang saya tau yg asli gerak rasan cuma ada ama satu orang yang tinggal di slipi low ga salah nama orang nya nya Ujang Kilik. kalau mo tau sejarah GR cari je Orang tuch Pasti dapeet yang Sejelas-jelas nyab (dewa BOGOR)




Jumat, 12-02-2010 23:53:22 oleh: tian achmad

dear dewa bogor.
anda tau darimana bahwa gerak rasa yang asli dari bang uajng kilik di slipi. apa anda tidak keliru! coba anda tanya kembali ke bang ujang kilik duluan siapa maen gerak rasa dari bang acul.




Kamis, 25-02-2010 08:24:03 oleh: Iinggar

Aslmkm.Saya mo tny maenan Gr dari mana ya.?
Tolong di jelas kan.
{Linggar.Bekasi Indonesia}




Sabtu, 13-03-2010 12:53:23 oleh: dadang irwan

Sy mengenal gerak dan historisnya sejak tahun 1998. Tapi Allah berkenan mempertemukan sy dengan seorang pendekar gerak, hampir satu bulan ini.... Sy merasa mendapatkan langsung dari sumbernya yang jernih, dari murid kesayangan bang pe'i (alm) di condet. Subhanallah....produk impor bisa diantisipasi oleh salah satu khasanah budaya kita yang luhur ini. Luar biasa designernya.



Senin, 22-03-2010 17:08:39 oleh: sahrul imam

Asalamualaikum semuenye... sekelime tanah betawie.

Ntulah Ragam budaya kite yang bise kite kembangin sampai saaat ini. GERAK RASA SILIKA Tetep jaye dimane aje.




Jumat, 16-04-2010 15:12:52 oleh: Syamsul Rizal

Assalamualaikum Wr Wb..Buat saudara2 saya semuanya bagi yg ingin memeperdalam ilmu bela diri GERAK SAKA khususnya di wil DKI Jakarta bs langsung dpt menghubungi saya via Email atau siapa saja yg tau daerah Rawa Belong bisa langsung menemui Bang H.Agus Salim atau Bang H.Hamuri ( Lili Bule )yg beralamat di Jl.Madrasah 2 No.10 B Sukabumi Utara Jakarta Barat 11540 (Sekretariat IBETRAS).
Terima Kasih.

Syamsul Rizal




Jumat, 16-04-2010 15:40:31 oleh: ahmad muhajir

ass...
ane mo tnya alm bang pe'i pnya guru namanya R.widharma atmadja, sedangkan guru'a om wid siapa pa..R.M.KRORIS KUSUMANINGRAT...lalu guru'a WAK HORIS siapa... pa R.AKI ACE AOUM.... NI

"NI YG PALING PENTING ANE MO TNYA ASAL USUL YG PNYA GERAK SIAPA?.........
APA R.KH UYUT SAREAN KUSUMANINGRAT...........

Wassalam...... ari GGBD




Sabtu, 01-05-2010 12:02:10 oleh: ali imron

gerak saka sm gerakrasa sanalika bedanya dimana?
tolong dikasih tau.




Kamis, 20-05-2010 21:35:21 oleh: si jalu

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kalau menurut yang ane rasain sampai sekarang latihan, KHUSUS buat ane PRIBADI semakin kita belajar gerak rasa sanalika semakin kita ngerasa bahwa kita engga punya apa2.........




Rabu, 07-07-2010 16:15:32 oleh: Andri

assaalam mua'alikum wr.wb
ane pernah belajar tuh ma bang hendrik anak slipi pendekar banget.....ane tes ga bisa kesentuh kulitnya selalu ane yang kepukul......sebelum ane latihan ma die ane nyari sejarahnye die ...ga pernah tumbang die jadi ane putusin belajar ma die......sayang nye sekarang dah almarhum...tapi ada muridnye tuh...di kota bambu, namanye bang mami ma bang andi......pendekar juga tuh mereka....belum tumbang....ane mau belajar lagi ma mereka.....gurunya bang hendrik juga ada di slipi bang acul......




Jumat, 23-07-2010 22:00:25 oleh: matsani bekasi

assalamualaikum ,ane pengen tau sejarah gerak dimane ye......?



Sabtu, 24-07-2010 10:26:25 oleh: ewit

blh ngga dipaparkan isi pencat silatnya........




Senin, 15-11-2010 07:51:24 oleh: Opie Abdat

saya sgt2 setuju dgn Abdul Hakim,krn masih terngiyang ditelinga saya,bg.Pi'i POWER(Alm) pd thn1997 saat beliau berkunjung ke condet pernah berkata"nih maenan gak boleh mpe jatoh ketangan orang non moesleem"



Senin, 15-11-2010 08:14:09 oleh: donald

gerak SAKA masyaALLAH...



Selasa, 07-12-2010 17:51:29 oleh: dadan kurnia

Aslm. sangat tertarik untuk mempelajarinya, saya tinggal di daerah rangkasbitung, alamat latihan yg terdekat dari sini di mana ya?



Kamis, 10-02-2011 10:28:37 oleh: Ahmad Sultan / Toni

Ass.Wr.Wb
Salam Gerak Rasa....(sandi - GR - Slipi- bang Acul)
Terima kasih buat semua teman-teman gerak,saya senang sekali,yang mana kita masih di berikan bekal silat gerak rasa ataupun gerak saka ataupun gerak gulung budi daya yang jelas silat tersebut masih satu keturunan dari eyang sarean keturunan kian santang anak dari prabu siliwangi yang saat itu kerajaan di tanah pasundan yang pernah berjaya saat jaman kerajaan padjajaran.....
sedikit saya mau klarifikasi bahwa bang acul slipi belajar sejak tahun 1976 s/d 1983 selama 7 tahun yang di bimbing oleh bang pe'i (pe'i ust)yang mana bang pe'i belajar langsung oleh Raden Widarma yang mana kalau di lihat struktur Raden widarma dari R.Aom jadi menurut saya semua tidak perlu kita permasalahkan karena kita masih satu keturunan buat silat gerak.........
di slipi selain bang acul ada cakra dan ujang kelek ke duanya dari slipi setelah bang acul lebih dahulu belajar sama bang pe'i selang jarak 2 tahun
Jadi selama ini kampung slipi banyak yang di bina oleh bang acul slipi
maka ikon GERAK RASA yang ada di slipi Adalah Bang Acul atau nama aslinya bang Mashuri
terima kasih
Wass.Wr.Wb

Salam Gerak Rasa




Kamis, 10-03-2011 19:43:49 oleh: MAT HALIL (BABELAN)

Salam Silat:
MOHON MAAF ANE MO TNY GERAK RASA ADA BERAPA JURUS SICH DAN TOLONG PENJELASAN DENGA MASING 2 NAMA JURUS NYA..........?




Senin, 21-03-2011 14:30:22 oleh: dewa (BOGOR)

Dah lama nih ane ga komentar.
Salam Gerak : alhamdulillah skrg gerak makin terkenal.




Selasa, 12-04-2011 12:21:11 oleh: MAT HALIL (BABELAN)

Kaya nya pertanyaan ane ga da yang jawab - jawab dah SAtu bulan...........




Kamis, 14-04-2011 13:59:21 oleh: dewa ( BOGOR )

GR U.K




Senin, 04-07-2011 13:10:40 oleh: riswan

bang klo gr di slipi dmna ya alamatnya mksh



Kamis, 08-09-2011 10:41:29 oleh: DEWA BOGOR

Aslkm.
Selamat Idul Fitri 1432H Mohon maaf lahir bathin

Semenjak belajar Gerak Rasa yang ane rasain ane Semakin bodoh dan semakin ga bisa apa2......!

Jadi hakikatnya gerak rasa itu bukan membuat kita sombong tapi membuat qta semakin sopan dan rendah hati.




Selasa, 13-12-2011 10:46:46 oleh: MAT HALIL (BABEL:AN)

Semua orang mengklaim belajar Gerak tapi Pertanyaan Ane Udah Lama Nongkrong blm ada yang jawab-jawab....?



Senin, 23-01-2012 14:49:33 oleh: donny

Mantap gerak rasanya...maju terus persilatan indonesia...



Sabtu, 05-05-2012 13:49:03 oleh: ammardiansyah

kalo enggak salah saya pernah belajar sama kong rais ada yang kenal ga bang?



Kamis, 12-07-2012 12:13:50 oleh: ade kampret

as.wr.wb

salam hangat buat sodare2 gerak,,
ngomong2in gerak rasa yg asli agan2 boleh dateng ke slipi aje!! 3 joker, nah yg 1 ada di petojo tapi beliau udh almarhum,, nah tinggal 2 joker di slipi yg 1 udh pindah di tegal alur,,
sebener'e nih mainan tenar'e thn 2004,, kenapa?? coz yg punya jg gak ribut2 kya begini, heheheee peace aaahh!!

semua bisa melegalitaskan ke kepemilikan pribadi masing2, karena memenag gak ada yg melegalitaskan,,
tapi ane dpt info ini pun dari salah satu guru besar yg gak semua orang bisa nemuin dan belajar ama beliau,,

info lebih lanjut nih nomer ane agan2
083897936365

promosi dikit!!
buat yg mau tau bgt di wajibkan yg bener2 serius utk belajar gak setengah2 dan sesuai ketentuan yg nanti di bicarakan,, no comersil!!! ok thq




Jumat, 20-07-2012 21:42:41 oleh: zulfikri

yg perlu info bisa lihat di http://www.facebook.com/gerak.saka



Jumat, 20-07-2012 22:40:18 oleh: zulfikri

kalau mau tahu lebih banyak boleh dateng silaturahim abis ramadhan nanti ke Sekretariat gerak saka di
Tk Abata Jl. srengseng Raya 45 kembangan jakarta Barat Jakarta, Indonesia 11630 Atau setiap ahad pagi di Masjid Asy-Syukur depan RS Medika Permata Hijau




Selasa, 11-12-2012 22:17:57 oleh: achmad zainudin

bang mat halil ane belajar gerak saka di asyukur kalau gerak saka itu jurusnya cuma lima dan itu ngga pake nama cuma kita bilang jurus 1 dst,dan apapun namanya mau gerak saka ,gerak rasa sanalika mau pun gerak rasa bang acul yang pastinye mereka berasal dari almarhum bang Pi'i jd ngga usah ribut siape yg jago tlg perhatiin tuh istri almarhum kalau mainan ente mau berkah



Jumat, 08-02-2013 11:50:58 oleh: Ginanjar

GERAK RASA melatih kesabaran, dan kontrol emosi.
dari CINGKRIK, BEKSI, CIMANDE, PER, SILIWA
semua bisa ketutup. SALUT....!!!!!!




Kamis, 14-03-2013 11:09:49 oleh: uday achmad

Kemarin ane nonton silat gerak saka di mnc tv, keren banget silatnya .. ane mau belajar nh jadinya..
ada yang btau gk syaratnya apa?




Minggu, 14-04-2013 13:26:53 oleh: udin aba(kbn jahe)

garak saka........silat yg dikembangkan oleh babe pei cs beliau adalah murid om wid satu2nye.ane pribadi sangat senang bisa berlatih silat gerak saka walaupun bukan dri beliau langsung.mudah2an silat gerak saka makin kompak & solit.






Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY