FRANS IGN BOBII

Arti Minggu Palma Bagi Umat Katolik

Senin, 18-04-2011 09:25:23 oleh: FRANS IGN BOBII
Kanal: Opini

Minggu Palma adalah hari raya Kristen yang selalu jatuh pada hari Minggu sebelum Paskah. Perayaan ini ada pada empat Ayat, yaitu Markus 11:1-11, Matius 21:1-11, Lukas 19:28-44 dan Yohanes 12:12-19. Perayaan ini merupakan perayaan masuknya Yesus ke kota Yerusalem sebelum ia disalibkan. Masuknya Yesus ke kota suci atau Yerusalem adalah hal yang istimewa, sebab terjadinya hanya sekali seumur hidup Yesus. Itulah sebabnya Minggu Palma disebut pembuka pekan suci, yang berfokus pada pekan terakhir Yesus di kota Yerusalem. Dalam liturgi Minggu Palem, umat dibagikan daun palem dan ruang gereja dipenuhi ornamen palem.

Daun palem juga adalah simbol dari kemenangan. Daun palem ini membawa arti ke arah simbol Kristen. Daun palem digunakan untuk menyatakan kemenangan martir atas kematian. Martir sering digambarkan dengan daun palem di antara tempat atau tambahan untuk instrumen dari kesyahidan. Kristus kerap kali menunjukkan hubungan daun palem sebagai simbol kemenangan atas dosa dan kematian. Lebih jelas lagi, hal itu diasosiasikan dengan kejayaan-Nya memasuki Yerusalem, ( Yohanes 12:12-13).

Daun palem memiliki warna hijau, hijau adalah warna dari tumbuh-tumbuhan dan musim semi. Oleh karena itu simbol kemenangan dari musim semi diatas musim salju atau kehidupan di atas kematian, menjadi sebuah campuran dari kuning dan biru itu juga melambangkan amal dan registrasi dari pekerjaan jiwa yang baik.

Saat Minggu Palma, umat melambai-lambaikan daun palem sambil bernyanyi Hal ini menyatakan keikutsertaan umat bersama Yesus dalam arak-arakan menuju Yerusalem. Ini menyatakan tujuan yang akan dicapai pada masa yang akan datang: kota Allah, di mana ada kedamaian.       

Minggu Palma telah kita rayakan bersama, sadar tidak sadar dalam seminggu ke depan kita akan mengikuti banyak misa di gereja untuk memperingati perjamuan terakhir, penyaliban Yesus, dan akhirnya kebangkitannya.

Namun apakah semua perayaan yang kita ikuti memberikan makna religius kepada kita atau hanya sebuah perayaan keagamaan yang kering yang hanya bersifat rutin??

Saya mencoba untuk menanyakan hal itu kepada beberapa orang di paroki saya, mulai dari bapak koster, panitia pelaksana pekan suci, hingga umat biasa. Dan amat sangat memprihatinkan…jawaban mereka hampir sama…bahwa kebanyakan umat tidak memaknai perayaan dalam hal ini HR Minggu Palma sebagai sebuah awal perjalanan Yesus menuju Bapa-Nya di surga…

Dalam konteks ini amat sangat diharapkan semoga fenomena ini tidak terjadi di tempat lain, atau apakah hal ini karna atmosfer di ibukota yang notabene orang-orang hanya sibuk dengan dirinya sendiri?? Atau apalah…yang jelas sangat memprihatinkan….

Minggu Palma memang agak aneh, Yesus dielu-elukan bagaikan seorang raja, memasuki kota Yerusalem, namun pada akhirnya ia akan mati di kayu salib, sebuah fenomena yang sungguh membingungkan, saat orang orang banyak mengelu-elukan Dia, saat semua mata tertuju pada Nya, adakah ketulusan dari mereka? Adakah sesuatu yang menjadi movement dalam diri mereka? Atau mereka hanya sebatas ikut-ikutan. Karena ketika Yesus dijatuhi hukuman mati, tak ada satupun lidah mereka yang berani berucap menolong Yesus sang Mesias.

Hal itu sama dengan zaman ini bukan? Saat kita berbondong bonding datang ke gereja untuk meramaikan perayaan Minggu Palma ataupun perayaan keagamaan lainnya, adakah kita tulus dan otentik merayakannya? Atau hanya sebatas rutinitas belaka?

Ya, itulah realita yang terjadi di dalam kehidupan kita. Mungkin kita tidak menyadari hal itu, namun sekali lagi, perayaan MingguPalma telah kehilangan essensinya, hanya menjadi sebuah perayaan yang mengharuskan orang Katolik datang ke gereja untuk menyambut Kristus dengan daun palma, tapi mereka tidak mengerti apa yang mereka lakukan, memang tidak semua orang Katolik seperti itu, namun apakah kita akan terus terjebak dalam situasi yang seperti itu?

Maka dari itu, saatnya kita bangkit dari tidur kita, kita harus sadar, karna kesadaran adalah kunci dari kesuksesan. Sadar berarti mengerti dan tahu apa yang harus dilakukan, dan sadar artinya kita menjadi otentik, menjadi diri kita sendiri, tidak ikut ikutan. (***)

Bookmark and Share

Tag/Label renungan, minggu, palma, umat, katolik, yesus, yerusalem
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
1 komentar pada warta ini
Minggu, 24-03-2013 17:54:07 oleh: kurniati saragih

SYalom...saya adalah umat katolik yang bru disahkan,awalnya saya agama kristen protestan,dan banyak sekali hal-hal tentang agama katolik yang belum saya mengerti,
Awalnya saya tidak mengerti apa itu minggu palma,tetapi setelah saya membaca website ini ,saya jdi mengerti arti minggu palma,trimakasih.




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY