Agus

Peraturan tentang Perparkiran

Senin, 26-03-2007 14:27:04 oleh: Agus
Kanal: Suara Konsumen

Peraturan tentang Perparkiran Pernah mengalami kejadian tidak mengenakan seputar parkiran? Barang hilang atau yang lebih parah kehilangan kendaraan bermotor ?

Kita boleh berbesar hati karena dari yang saya baca pada harian KOMPAS minggu lalu (saya lupa harinya) sekarang pemerintah sedang menggodok peraturan bahwa kehilangan kendaraan harus diganti oleh pengurus parkiran (baik dari perusahaan jasa parkiran dan juga petugas jasa parkiran).  Berita dibawah ini mungkin bisa menjadi acuan dari peraturan tersebut.

Secure Parking Kalah di Pengadilan

PT Securindo Packatama Indonesia perusahaan yang mengelola parkir off street dengan bendera Secure Parking (SP) diwajibkan membayar ganti rugi Rp 60 juta kepada Hontas Tambunan (24). Hontas kehilangan mobil Toyota Kijang Super tahun 1994 yang diparkir di Continent (sekarang Carrefour) di Plaza Cempaka Mas enam tahun lalu, tepatnya 1 Maret 2000.

Secure Parking mengelola lahan parkir di sana. Secure Parking harus membayar ganti rugi setelah kasasinya ditolak oleh Mahkamah Agung. Surat putusan kasasi MA diterbitkan 14 Juli 2005 lalu. Tapi, baru awal Maret 2006, salinan putusan kasasi diterima oleh pengacara Hontas.

Hontas yang tinggal di Cempata Putih, Jakarta Pusat, datang ke Cempaka Mas bersama rekannya untuk belanja. Tapi, setelah dua jam berbelanja, Hontas terkejut karena mobil Toyota Kijang Super raib dari lokasi parkir.

"Setelah mobil hilang, saya lapor ke petugas Secure Parking. Setelah dicari-cari ke seluruh lokasi parkir tetap tidak ditemukan. Kemudian saya laporkan kasus itu ke Polsek Metro Kemayoran," ujar Hontas didampingi kuasa hukumnya David ML Tobing dari kantor pengacara Adams & Co, dalam jumpa pers Kamis (16/3).

Karena menolak memberikan ganti rugi, Secure Parking digugat oleh Hontas lewat Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Hontas menang tapi Secure Parking banding. Pengadilan Tinggi DKI mengukuhkan kemenangan Hontas, demikian juga MA.

Putusan MA bernomor 1264/Pdt/2005 juga mengharuskan Secure Parking untuk membayar biaya perkara kasasi sebesar Rp 500.000. Berdasarkan kelaziman, kata David Tobing, tergugat dalam hal ini Secure Parking harus melaksanakan putusan MA selambat-lambatnya 14 hari setelah salinan putusan itu diterima. Karena salinan putusan kasasi MA diterima 28 Februari 2006, seharusnya medio Maret 2006 Secure Parking sudah membayar Rp 60 juta ke Hontas.

"Sekarang sudah lewat dari 14 hari, tapi tidak ada tanda-tanda dari Secure Parking akan membayar ganti rugi. Saya akan melaporkan hal ini ke Pengadilan Negeri agar dilakukan eksekusi terhadap aset-aset milik Secure Parking," ujar David.

David ML Tobing menambahkan, kemenangan gugatan terhadap Secure Parking merupakan yang pertama di Indonesia. Setahu David, Secure Parking beberapa kali selalu menang ketika digugat oleh konsumen yang kehilangan kendaraan bermotor.

"Ini harus jadi awalan yang baik bagi pemilik kendaraan bermotor yang memarkir kendaraan di area parkir yang dikelola oleh Secure Parking," kata David.

Corporate Affair Secure Parking, Toni Tjuatja, saat dikonfirmasi mengaku belum bisa memberikan penjelasan. Ia mengatakan bahwa pihaknya baru beberapa hari yang lalu mendapat salinan putusan kasasi. Karena itu, dia tidak bisa memberikan keterangan termasuk soal ganti rugi Rp 60 juta. "Rabu depan kita akan memberikan penjelasan resmi kepada wartawan," ujar Toni singkat.

 

Sumber: http://www.kompas.co.id/metro/news/0603/17/085240.htm

Bookmark and Share

Tag/Label parkir, kehilangan, pengelola parkir, ganti rugi
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
4 komentar pada warta ini
Senin, 26-03-2007 14:40:10 oleh: wahjoe witjaksono

Sebenarnya ada beberapa secure parking yang bertanggung jawab, saya pernah beberapa kali ketinggalan kunci sepeda motor, yang masih nempel di motor, alhamdulillah motor nggak hilang, terus tanya ke keamanan, setelah memperlihatkan STNK mereka menyerahkan kunci, mungkin keteledoran ada di kita yang tertinggal karcis parkir di kendaraan atau pada petugas yang nggak perduli karcis parkir. Ada beberapa tempat parkir yang minta STNK kalau kita keluar dari lahan parkir, ini yang saya suka karena keamanan lebih terjamin. Tetapi sepertinya pemerintah harus membuat aturan yang seragam, apabila kesalahan di pihak pelanggan tentu saja secure parking tidak perlu bayar ganti rugi, bila kesalahan ada di pihak secure parking tentunya mereka harus ganti rugi, yang win-win solution lah.



Senin, 26-03-2007 16:00:18 oleh: Agus

menurut saya dari pihak penyedia jasa parkiran sendiri harus mempunyai aturan keamanan yang ketat dan juga pegawai yang profesional dalam menjalankan tugasnya.

misalnya ketika ada kendaraan yang masuk, ada petugas yang membantu saat kendaraan diparkir dan juga membantu mengingatkan tentang prosedur standard diparkiran (kunci ketinggalan, barang berharga, dsb).

Sering saya baca bahwa kehilangan kendaraan kemungkinan karena kelalaian petugas atau juga petugas yang kong kalikong dengan penjahatnya. Mobil diparkir didekat pos saptam, tapi bisa kemalingan juga, tanya kenapa ?




Selasa, 03-04-2007 17:41:46 oleh: Johanes Prana

Bagaimana dengan 'warning' yang ada di belakang ticket parkir atau 'pemberitahuan' yang ada di sekitar lokasi parkir, bahwa 'segala kehilangan menjadi tanggung jawab pemilik', apakah kita masih bisa menuntut ? Di Jakarta, banyak orang bilang lahan kosong mendingan dijadikan tempat parkir aja, karena nyaris nggak ada resiko, terbukti salah satu lokasi stategis yang dekat kampus, dulunya rumah makan, terus tutup dan jadi tempat kost, karena banyak masalah, akhirnya dibongkar jadi tempat parkir motor & mobil mahasiswa sampai sekarang.



Rabu, 04-04-2007 08:32:55 oleh: Agus

@Prana

Justru hal tersebut yang dijadikan patokan pengelola parkir mencari perlindungan dalam masalah kehilangan barang.

Kabar terakhir yang saya tahu bahwa peringatan bahwa barang yang hilang merupakan tanggung jawab pemilik tidak lagi dibenarkan, karena si pengelola parkirlah yang telah diserahi tanggung jawab untuk menjaga kendaraan dari pemilik tersebut.




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY