Ikka Wuwiwa

Seribu Manfaat Kacang Hijau

Jumat, 23-03-2007 10:42:07 oleh: I k k a W u W i W a
Kanal: Kesehatan

Seribu Manfaat Kacang Hijau

Sebagai makanan, tanaman yang diperkirakan berasal dari India ini menghasilkan berbagai masakan. Mulai dari aneka panganan kecil, bubur, sampai kolak. Namun selain rasanya yang gurih dan lezat, kacang hijau dan kecambahnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Nutrisi Penting
Kacang hijau atau Phaseolus Aureus berasal dari Famili Leguminoseae alias polong-polongan. Kandungan proteinnya cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting, antara lain; kalsium dan fosfor yang sangat diperlukan tubuh. Sedangkan  kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh, sehingga aman dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah kelebihan berat badan.

Protein Tinggi
Kacang hijau mengandung protein tinggi, sebanyak 24%. Dalam menu masyarakat sehari-hari, kacang-kacangan adalah alternatif sumber protein nabati terbaik. Secara tradisi, ibu-ibu hamil sering dianjurkan mengonsumsi kacang hijau agar bayi yang dilahirkan mempunyai rambut lebat. Pertumbuhan sel-sel tubuh termasuk sel rambut memerlukan gizi yang baik terutama protein, dan karena kacang hijau kaya akan protein maka keinginan untuk mempunyai bayi berambut tebal akan terwujud.

Kalsium  dan fosfor
Kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat tulang.

Lemak Rendah
Sangat baik bagi orang yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi. Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau menyebabkan bahan makanan/minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah tengik. Lemak kacang hijau tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Umumnya kacang-kacangan memang mengandung lemak tak jenuh tinggi. Asupan lemak tak jenuh tinggi penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Vitamin B1 (tiamin)
  • Untuk pertumbuhan. Pada awalnya vitamin B1 dikenal sebagai anti beri-beri. Selanjutnya dibuktikan bahwa vitamin B1 juga bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan. Defisiensi vitamin B1 dapat mengganggu proses pencernaan makanan dan selanjutnya dapat berdampak buruk bagi pertumbuhan. Dengan meningkatkan asupan bahan makanan yang banyak mengandung vitamin B1, seperti kacang hijau, hambatan pertumbuhanpun dapat diperbaiki.
  • Meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki saluran pencernaan.
    Secara tak langsung peran ini sangat berkaitan dengan efek perbaikan pertumbuhan badan. Penelitian mengungkapkan bahwa defisiensi vitamin B1 menyebabkan waktu pengosongan lambung dan usus dua kali lebih lambat yang mengindikasikan sulitnya proses pencernaan makanan yang terjadi sehingga kemungkinan makanan tersebut tidak dapat diserap dengan baik.
  • Sumber energi
    Vitamin B1 adalah bagian dari koenzim yang berperan penting dalam oksidasi karbohidrat untuk diubah menjadi energi. Tanpa kehadiran vitamin B1 tubuh akan mengalami kesulitan dalam memecah karbohidrat.
  • Memaksimalkan kerja syaraf
    Tanda-tanda pertama orang yang kekurangan vitamin B1 adalah penurunan kerja syaraf. Kegiatan syaraf terganggu karena oksidasi karbohidrat terhambat. Penelitian pada sekelompok orang yang makanannya kurang cukup mengandung vitamin B1 dalam waktu singkat muncul gejala-gejala mudah tersinggung, tidak mampu memusatkan pikiran, dan kurang bersemangat. Hal ini mirip dengan tanda-tanda orang stress.

Vitamin B2 (riboflavin)
  • Membantu penyerapan protein di dalam tubuh
    Salah satu teori menyebutkan bahwa vitamin B2 dapat membantu penyerapan protein di dalam tubuh. Kehadiran vitamin B2 akan meningkatkan pemanfaatan protein sehingga penyerapannya menjadi lebih efisien.

Tidak kalah dengan kacangnya, kecambahnya juga memiliki manfaat seperti:
  • Antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat membantu memperlambat proses penuaan dan mencegah penyebaran sel kanker.
  • Kandungan vitamin E-nya membantu meningkatkan kesuburan.
  • Sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan. karena bersifat alkalis (basa).
  • Untuk kecantikan, yaitu membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan noda-noda hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan melangsingkan tubuh.

Sumber: milis republikceria
Bookmark and Share

Tag/Label kacang hijau, nutrisi, protein
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
47 komentar pada warta ini
Jumat, 20-04-2007 14:52:48 oleh: Imam Hanafi

wah bener banget tuh mas ikka..eh..mbak ikka heheh kacang ijo tuh bermanfaat banget, tp fungsi yng utamanya buat ganjel perut heheheheh apalgi klo gratisan :D



Rabu, 26-11-2008 11:38:23 oleh: m.yunus

menarik bro.... perlu di coba, terutama untuk menghilangkan noda hitam!



Selasa, 24-03-2009 19:04:30 oleh: eko cahyono

kacang hijau apa boleh dikonsumsi oleh orang yg mempunyai penyakit hipertensi dan penyakit stuck.trims




Rabu, 24-06-2009 17:43:55 oleh: dewi

apa dapat disajikan untuk bayi usia 10 bulan? buatkan resepnya dounk...



Rabu, 08-07-2009 17:12:13 oleh: yuzak

mba ikka,
kalau masa penyimpanan kacang hijau berapa lama ya, n' bagaimana cara penyimpanan yang baik dan benar, kemudian bagaimana cara mengetahui kalau kacang hijau sudah tidak bagus lagi.
atas keterangannya, makasih yaa.




Jumat, 31-07-2009 14:53:08 oleh: ryant

bagus juga buat nambah pengetahuan biar nggak o'on banget,suwon ya mbak....



Jumat, 07-08-2009 14:07:53 oleh: rinaldi

Bener ngga kalau makan kacang hijau itu bisa bikin gemuk? Kalau memang ia apa sih bahan-bahan utamanya n gimanan kapan aja waktu makannya? Tolong dijawab ya.



Rabu, 26-08-2009 13:25:26 oleh: tiodorlina

pengaruh pupuk urea terhadap kacang hijau



Selasa, 08-09-2009 16:08:29 oleh: yusri aldiano

gue kira kacang hijau itu hanya sekedar makanan biasa <bubur kacang hjau> tpi trxta manfaat kacang hjau sangat banyak yach trutamanya bagi tubuh kita,



Jumat, 16-10-2009 14:38:13 oleh: devi

wih keyen,,,,,,,,,,,
tapi ku nggak butuh ini ,,,
yang aku butuhkan hanya fungsi-fungsi nya
karena ku ada tugas
he,he,,,,,he.




Senin, 19-10-2009 07:44:37 oleh: hari

Resep susu kc hijau

bahan:
50 gr kc hijau direndam semalam
air kira2 1 lt

cara:
Masukkan kc hijau ke dalam air mendidih kira2 5-10 menit, dinginkan. Haluskan dengan blender, kemudian saring ampasnya. (Lebih mudah bila menggunakan blender yang sudah dilengkapi penyaring (filter). Tambahkan gula merah cair sesuai selera. Kalau ingin rasa yang agak panas, bisa dipanaskan kembali sebelum diminum.

nb. kc hijau bisa diganti dengan kc kedelai (ini adalah resep susu kedelai yang mudah, murah dan tentu saja bergizi)




Jumat, 13-11-2009 13:50:49 oleh: erry shintia

Anak keduaku tiap hari aku berikan air kacang hijau ternyata berpengaruh juga ke nafsu makannya, senangnya dia jadi doyan makan dan ngemil ditambah minumnya (kacang hijau dan susu)jadi extra banyak

bahan
1 genggan kacang hijau
gula batu secukupnya
air kira 1 lt

caranya:
Kacang hijau dicuci bersih kemudian dimasak bersama air dan gula batu selama 5-10 menit hingga kuning kecoklatan




Kamis, 10-12-2009 19:42:45 oleh: inawati ekasari

pada waktu kuliah rambutku rontok ,kebanyakan mikir kali...tetangga bilang minum kacang hijau direbus sebentar ,ambil airnya yang bening warna hijau...glek-glek -gle aku minum ,rambutku tdk rontok lagi...bener 2x terima kasih deh kacang hijau !!!!



Senin, 11-01-2010 18:20:05 oleh: ardita permata

waaahh, aku harus coba :)



Senin, 11-01-2010 18:21:18 oleh: carisya nuramadea

waaahh..kereenn....tapi kalo jerawat gimana cara ilanginnya PAKE KACANG IJO?WAAAAHH



Jumat, 12-02-2010 17:00:36 oleh: windy laras

emang kkacang hijau tu bikin kita gemuk ya ??



Jumat, 05-03-2010 09:56:53 oleh: hafizah muchtar

Saya sering dengar manfaat kacang hijau tetapi setelah saya baca SERIBU MANFAAT KACANH HIJAU , ternyata kacang hijau cocok banget buat saya konsumsi.



Jumat, 26-03-2010 10:24:10 oleh: yuli budi santoso

maaf mbak,kacang hijau boleh di konsumsi buat orang yg kena kolesterol dan sakit mag dan sakit mag nggak...

thanks




Kamis, 08-04-2010 10:38:14 oleh: agung sulistiono

Permisi, apakah kacang hijau nama latinnya bukan Vigna radiata



Rabu, 14-04-2010 19:02:21 oleh: dina fauziah

kacang hijau bisa buat diet, kalau masaknya pakai santan apa masih bisa untuk diet nggak ya, katanya kalau diet nggak boleh mengkonsumsi santan gimana ya santan



Rabu, 21-04-2010 12:59:55 oleh: yasawato ndruru

apakah kacang hijau dapat diberikan pada pasien diabetes?



Rabu, 28-04-2010 12:10:21 oleh: ceris

buat ibu hamil kacang hijau jg bkin kulit baby bersih lho....ya putih gt




Rabu, 05-05-2010 05:25:49 oleh: I Putu Bayu Suardika

Halo,
knpa sH ms ad org yg ndak ska ma kcng ijo?

By : thu bojez




Senin, 10-05-2010 11:00:40 oleh: ayu

udh sy coba lho ternyata khasiatnya luar biasa ,kebetulan saat ini lagi hamil jd badan cepat lelah banget nafas agak sesak sesuai saran teman sy disuruh makan sari kacang hijau buat sendiri tentunya ga pk santan lho...emmmm minumnya agak dingin ga berapa lm badan jd lebih segar banget...



Senin, 17-05-2010 01:49:59 oleh: xiang xoya

Kata orang tua jaman dulu, bila haid kita tidak lancar, maka ketika kita makan kacang hijau akan lancar haid nya? apakah hal ini benar? bagai mana dengan kelebihan mengkonsumsi kacang hijau? bukan kah tidak baik?



Kamis, 08-07-2010 12:15:38 oleh: fifinella

klo kacang hijau buat kesehatan jantung jg yah ?... reply please......... ^_^



Jumat, 09-07-2010 20:09:39 oleh: ridha

klo kacang hijau dijadikan pakan untuk burung berguna tidak?? atau bisa tidak??
rep plis..
atau sudah ada yg menggunakan'a? mohon petunjuk..
^_^




Selasa, 27-07-2010 21:49:59 oleh: Susie

Aq suka bgt ma bubur kacang hijau tp gak tau knapa saat hamil anak pertama ini stiap makan bubur kacang hijau, aq jd masuk angin. Sedih bgt.. Hik...Hik...Hik...



Sabtu, 07-08-2010 09:47:00 oleh: yennyandriani

kacang hijau memang makanan yang byk manfaatnya..

bubur kacang hijau
bahan:
250 gr kc hijau, rendam dgn air semalam
500 ml air
100 gr gula merah, sisir
1 sdm tepung maizena, larutkan dlm 2 sdm air
1/2 sdt vanilla esence
150 ml santan kental
gula pasir

tambahan:
100 gr nangka matang, iris kecil
100 gr kolang kaling. cuci bersih, tiriskan
2 lbr daun pandan

cara membuat:
didihkan, masukkan kc hijau
kecilkan api, tutup dan biarkan sampai kacang empuk
masukka gula, pandan, vanilla, garam, nangka, kolang kaling, dan santan, aduk
besarkan api sampai mendidih
tambahkan gula pasir jika kurang manis
masukkan larutan maizena, aduk cepat lalu segera angkat setelah bubur mengental




Jumat, 01-10-2010 21:16:09 oleh: silvi febriyanti

Mbak untuk mendapatkan khasiat yang sempurna dari kacang hijau, hal apa yang perlu dilakukan dalam mengolahnya (d blz ya mbak), Thanks.





Sabtu, 02-10-2010 11:22:32 oleh: Akhmad Muhaimin Azzet

Saya suka membuat kolak kacang hijau, tapi hanya saya makan sedikit saja. Selebihnya, saya masukkan ke dalam plastik untuk dibuat es lilin. Nah, kalau sudah jadi es lilin, yang makan bukan hanya saya dan keluarga, tapi anak-anak yang tiap sore memenuhi rumah saya dalam rangka belajar bersama, langsung menyerbu kulkas dengan senang hati untuk mengambil es lilin kacang hijau tersebut.



Kamis, 07-10-2010 09:37:53 oleh: brury

tulANG persendian lutut saya lemah,dan sering keseleo kalau maen sepak bola,untuk menguatkan tulang / lutu saya apa yg harus saya konsumsi dan berapa kali sehari??
thx




Jumat, 15-10-2010 15:47:18 oleh: Arini Dinda

wahh...cucok bgt nih!!kebetulan ne2k qw sering bikinin qw kacang ijo..ternyata bagus bgt y buat kulit n biar gak gampang stress,lebih konsen dan lebih brsemngt,,oz pljrn qw dah mulai banyak,tugas skul numpuk tiap hari..yawdah dech!!mulai skrng aku pingin dibikinin minuman kcg ijo yg lbh banyak!!wkwkwk...:-D thx ya artikelnya bagus bisa bwt nambah pengetahuan...!!



Senin, 18-10-2010 18:21:32 oleh: DINDA KIRANA

thanks krn betul2 dpt memperbanyak energi saya dan meningkatkan nafsu makan saya



Sabtu, 22-01-2011 23:18:24 oleh: deffysweettyrahayu

apakah ada efek samping,bila mengkonsumsi kacang ijo berlebihan?
berapa banyak idealnya mengkonsumsi kacang ijo satu hari?
berapa lamakah bertahannya kacang ijo yg sudah dimasak(tampa santan)bisa bertahan?





Kamis, 03-03-2011 09:26:33 oleh: fitriyah rahmawati

pengen skali mencoba utk anakku.usianya 8,5 bl.nafsu mknnya mulai mnurun stlh skt flu bbrp mg yl.bolehkah anakku kuberi kc hijau n gmn cara olah yg tpt utk anakku ya mbak...



Senin, 25-04-2011 10:28:36 oleh: wartikawati jegeg

aku suka sekali makan kacang ijo...walaupun cuma drendam pakek air dingin terus besoknya q makan mentah2 enak banget,,,,melihat manfaat kacang ijo begitu penting jadi tambah senang ni aku makan kacang ijo...



Sabtu, 07-05-2011 21:57:43 oleh: SulastriWahyudi

Alhamdulillah ternyata kacang hijau tu memang Allah ciptakan dengan berbagai manfaat, saya juga sering merasakan manfaatnya....kulit kita jadi tidak kering tanpa lotions, sakit maag jarang kambuh dan buat bayi jadi bersih kulitnya...trims infonya..



Jumat, 08-07-2011 21:58:21 oleh: rina

apakah,kacang hijau sudah terbukti mempercepat kehamilan/kesuburan.klu emang ya seberapa banyak saya makan kacang hijau setiap hari



Jumat, 30-12-2011 20:57:24 oleh: wieriono

mba ikka,
kalau masa penyimpanan kacang hijau berapa lama ya, n' bagaimana cara penyimpanan yang baik dan benar, kemudian bagaimana cara mengetahui kalau kacang hijau sudah tidak bagus lagi.
atas keterangannya, makasih yaa.




Kamis, 23-02-2012 13:34:26 oleh: VIC

KALO DIKONSUMSI TIAP HARI BERBAHAYA GA????




Rabu, 28-03-2012 15:23:21 oleh: Dian

I like it
tapi saya ingin tanya,bagaimana cara untuk menyukai kacang hijau,karena saya tidak begitu suka kacang hijau,saya juga inign sehat dengan alamiah




Senin, 09-04-2012 16:00:50 oleh: july wyanda indrawaty

katanya salah satu manfaatnya juga bs untuk mengencangkan payudara...? benarkah..?



Selasa, 18-06-2013 09:23:55 oleh: andi

Dulu sy sk bgt kcg ijo, trus sy kena asam urat. Boleh gak kl sy minum kcg ijo lg? Tks y...




Sabtu, 14-12-2013 07:21:19 oleh: wulun

Kacang hijau kesukaan saya buat kolok sekarang jadi tahu manfaat nya setelah baca artikel ini terima kasih



Senin, 03-03-2014 12:10:10 oleh: bams.riko

kacang ijo memang bagus




Senin, 17-03-2014 10:15:05 oleh: edy efendy

sangat bermanfa'at trimakasih kacang hijau



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY