Tito Phurbojoyo

Pemasangan Cincin untuk Pengobatan Penyakit Jantung Koroner

Minggu, 28-11-2010 05:50:26 oleh: Tito Phurbojoyo
Kanal: Kesehatan

Pemasangan Cincin untuk Pengobatan Penyakit Jantung Koroner

Penyakit Jantung Koroner (PJK) merupakan penyakit jantung yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah koroner. Pembuluh darah koroner adalah pembuluh darah yang berfungsi menyuplai oksigen dan zat makanan ke otot jantung, pembuluh ini dapat menyempit akibat pertumbuhan plak sehingga diameter pembuluh darah tersebut berkurang sehingga pasokan darah ke otot jantung menjadi berkurang.

APA PENYEBAB PEMBULUH DARAH KORONER DAPAT MENYEMPIT?

Penyebabnya sendiri tidak diketahui dengan pasti, namun dalam hal ini dikenal istilah ‘faktor resiko', yang terdiri dari diabetes, hipertensi, kolesterol LDL tinggi, kolesterol HDL rendah, umur, obesitas, kurang olahraga, merokok dan keturunan. Semakin banyak faktor resiko yang dipunyai seseorang, maka semakin besar resiko orang tersebut mengalami penyempitan pembuluh darah koroner dan menderita PJK. 

APA GEJALA PENYAKIT JANTUNG KORONER?

Aliran darah ke otot jantung yang menurun karena adanya penyempitan pembuluh darah koroner mengakibatkan otot jantung kekurangan oksigen (iskemia) dan memberikan gejala klinis yang bermacam-macam, dari ringan sampai berat bahkan kematian mendadak. Pasien dapat mengalami gejala klinis berupa sesak nafas, nyeri atau panas di dada atau rasa tercekik yang memberat saat aktivitas dan menghilang dengan istirahat yang dikenal dengan istilah Angina Pektoris Stabil. Bila pada suatu keadaan nyeri makin memberat, makin sering, timbul dengan aktivitas fisik yang ringan atau bahkan timbul saat istirahat, maka gejala ini dikenal dengan istilah Angina Pectoris Tidak Stabil. Pasien juga bisa mengalami serangan jantung (akut miokard infark) berupa nyeri dada hebat yang tidak hilang dengan istirahat dan seringkali disertai keringat dingin. Harus disadari bahwa sekitar 30% PJK tidak memberi gejala apapun pada awalnya sampai suatu saat tiba-tiba pasien meninggal mendadak akibat serangan jantung.

PENGOBATAN PJK DENGAN STENT

Salah satu pengobatan PJK yang sangat bermanfaat adalah PCI (Percutaneus Coronary Intervention), kita sering menyebutnya dengan ‘pemasangan cincin'. Sebenarnya istilah pemasangan cincin kurang begitu tepat karena bentuk cincin (disebut juga Stent) disini lebih menyerupai gorong-gorong yang berjaring-jaring. Stent terbuat dari metal tahan karat, sebelum dikembangkan berbentuk kuncup menempel pada balon (di dalamnya terdapat balon). Fungsi dari stent sebenarnya adalah sebagai penyangga supaya pembuluh darah tidak menyempit kembali (restenosis). 

Pada tindakan PCI, stent tadi dimasukan ke dalam pembuluh darah koroner dengan bantuan alat kateter yang dimasukan dengan membuat sayatan kecil (1-2 mm) pada pembuluh darah di tangan atau lipat paha dengan bius lokal (bukan bius umum). Begitu sampai pada tempat penyempitan, balon dikembangkan sehingga stent ikut mengembang, menempel pada pembuluh darah dan pembuluh darah pun menjadi lebar. Balon kemudian dikempiskan lalu ditarik kembali sehingga yang tertinggal disana hanya stent. Untuk memasang stent pada posisi yang tepat, pada tindakan PCI ini digunakan panduan sinar rontgen dan fluoroscopy.

Secara garis besar stent terdiri dari dua jenis, yaitu stent bersalut obat (Drug Eluting Stent/DES) dan stent tanpa salut obat (Bare Metal Stent/BMS). Salut obat pada DES gunanya adalah untuk mengurangi pertumbuhan sel-sel pembuluh darah pada tempat penyempitan sehingga resiko penyempitan kembali dapat dikurangi hingga 5% dibandingkan tanpa menggunakan salut obat.

Dibandingkan operasi bypass (CABG), tindakan PCI ini juga lebih disenangi karena tidak memerlukan persiapan khusus (hanya puasa 3-4 jam), tidak diperlukan pembiusan total, tidak membuka/menyayat dinding dada, rasa sakit sangat minimal dan umumnya hanya memerlukan satu hari perawatan.

DAPATKAH KAMBUH KEMBALI?

Patut diketahui bahwa stent gunanya adalah untuk melebarkan pembuluh darah dengan "menekan atau mendorong" plak tadi supaya pembuluh darah menjadi lebar dan aliran darah menjadi lancar, bukan untuk membuang plak. Plak dapat tumbuh kembali ditempat yang sama ataupun ditempat lain. Maka dari itu, setelah pemasangan stent, bukan berarti semua masalah menjadi beres. Tapi pasien tetap harus menjaga faktor resiko yang telah disebutkan di atas, supaya resiko tumbuhnya kembali plak dapat berkurang. 

PERTANYAAN SEPUTAR STENT

Sering seorang dokter mendapat pertanyaan seperti ini dari pasiennya,

"Dok, stent bisa karatan gak sih?"

Stent tidak dapat berkarat karena memang dibuat dari campuran logam tahan karat . Jangankan stent, teflon untuk memasak telur di dapur ibu kita pun bisa dibuat tidak berkarat bukan? Jadi jangan khawatir stent yang telah dipasang di jantung anda akan berkarat. 

"Dok, stent bisa bergeser gak ya?"

Stent juga tidak dapat bergeser karena sekali stent tersebut mengembang (expand) dia akan tetap berada di tempatnya.

"Dok, saya tidak tahan sakit, sakit banget gak sih pemasangan stent itu?"

Rasa sakit hanya pada tempat sayatan pada pembuluh darah tangan atau kaki, pemasangan stent atau pemasukan kateter sendiri tidak akan menimbulkan rasa sakit karena pembuluh darah memang tidak mempunyai sensor rasa sakit.

"Dok, kenapa setelah pemasangan stent saya harus tetap meminum obat pengencer darah?"

Bagaimanapun juga, stent adalah benda asing bagi tubuh dan reaksi tubuh atas benda asing tersebut dapat berupa pembentukan bekuan darah di tempat pemasangan stent (stent thrombosis) yang dapat berakibat fatal. Resiko ini meningkat pada penggunaan stent bersalut obat (DES) dibandingkan dengan stent tanpa salut obat (BMS) karena pada stent bersalut obat, obat ditempelkan pada stent dengan menggunakan bahan polymer yang cenderung dapat mencetuskan pembentukan bekuan darah (trombus). Karena itu, setelah pemasangan stent (jenis apapun), pasien harus tetap meminum obat pengencer darah (Clopidogrel dan Aspirin) menurut dosis dan jangka waktu yang ditentukan oleh dokter.

 

Bookmark and Share

Tag/Label jantung, stent, jantung koroner
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
11 komentar pada warta ini
Minggu, 28-11-2010 07:38:39 oleh: Meidy

Pak Dokter, waktu acara WECOC 2010 ikutan ? Ayah saya paling setia mengikuti acara Wecoc.

Saya suka membaca tulisan-tulisan pak dokter. Singkat, jelas dan mudah dimengerti.

Semoga tetap menjadi penulis setia di Wikimu.com untuk saling berbagi.




Rabu, 01-12-2010 11:34:41 oleh: Tito Phurbojoyo

Dear Bu Meidy,
Trims buat apresiasinya, semoga pembaca yang lain juga ikut merasakan manfaatnya. Saya datang Bu di acara WECOC 2010 kemarin, saya sangat terkesima dengan presentasi stem cell dari seorang profesor dari Belanda. Luarbiasa Bu, kalau saja di Indonesia sudah bisa melakukan hal seperti itu.




Kamis, 02-12-2010 09:44:32 oleh: Meidy

Nanti buat tulisan tentang Stem Cell ya, dokter.

Tgl 3 dan 4 Desember 2010 ikut Respina ??

Salam sehat.




Sabtu, 04-12-2010 12:03:10 oleh: Tito Phurbojoyo

Dear Bu Meidy (dr.Meidy?),
saya nggak ikut Respina, cuti saya sudah habis total... Cuti berikutnya ditabung supaya bisa ikut seminar tentang jantung lagi. :)




Rabu, 08-12-2010 17:03:49 oleh: Meidy

Pak Dokter, saya bukan seorang dokter (otaknya gak sanggup hahahaha ). Tetapi kita tetap 'TS' di Wikimu kan ya :-)








Rabu, 18-01-2012 18:15:33 oleh: zulfikar

infonya sgt luar biasa, kebetulan ibu sy br pasang stent. sy hanya ingin bertanya. klu ibu sy minum obat CLOROPHYLL Dan OMEGA SQUA dari K-LINK KIRA2 BOLEH GAK? krn ibu sy adalah Anggota Dari K-LINK.



Minggu, 01-04-2012 09:15:23 oleh: lennyeraw

pak dokter, belum lama ini mamaku di cath, dari hasil cath tersebut ditemukan ada otot yg tumbuh di koroner nya, mnrt dokter spesialis jantung RS harapan kita, otot itu tumbuh dari bawaan sejak kecil, skrg sedang diteliti, apakah otot itu mengeluarkan darah ke jantung atau ke paru-paru.

untuk kasus seperti mamaku ini dibilang langka, sekiranya pak dokter bisa tuliskan artikel mengenai kasus seperti mamaku ini dok, supaya pengetahuan pembaca di forum ini bisa bertambah.

sebelumnya saya ucapkan trimakasih atas perhatiannya.




Rabu, 11-04-2012 12:15:07 oleh: johannes

Pak dokter, saya mau nanya. Papa saya baru operasi pemasangan ring untuk jantung sebelah kanan dan kiri, setelah itu penyuntikan stem cell yg bertujuan untuk menghidupkan sel sel jantung yg mati di jantung sebelah kiri. Yang menjadi pertanyaan saya, papa saya masih konsumsi obat tapi untuk 2 minggu ke depan obatnya sudah tidak ada dan jadwal konsultasi ke dokter di penang dua minggu lagi, apakah memungkinkan tidak mengkonsumsi obat ? ada bahaya atau tidak dok ? sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.



Selasa, 12-02-2013 11:19:07 oleh: fery sianipar

dokter saya mau tanya, saya telah dipasang stent satu buah, dan diberikan obat farsorbid 5 mg, ascardia 80 mg, miozidine 35 mg, spironolactone 25 mg untuk diminum pagi hari, dan minum vaclo dgn simvastatin untuk malam harinya, setelah saya meminum obat farsorbid , ascardia, miozidine spironolactone tubuh saya malah menjadi lemas dan susah bernafas, akhirnya saya kembali ke rumah sakit untuk konsultasi dengan dokter yang menangani penyakit saya, si dokter menyarankan hanya minum ascardia saja disiang hari dan minum vaclo dgn simvastatin untuk malam harinya, saya melakukan saran dokter tsb, pagi hari saya minum ascardia dan malam hari minum vaclo dan simvastatin, akan tetapi kadang sesak nafas masih saja sering terjadi setiap harinya, dan ketika malam hari saya minum obat vaclo dan simvastatin ada reaksi jantung saya berdetak cepat selama 10 detik dan tangan gemetar. kembali dokter tsb menyarakan minum obat tsb (vclo dan simvstatin) secara tidak bersamaan, saya mohon bertanya kepada dokter, apakah saya masih harus mengkonsumsi obat tersebut.(terima kasih dokter)



Senin, 14-10-2013 12:43:18 oleh: agung adi wibowo

Dokter saya sudah dipasang stent jenis DES 1 bh, yg ingin saya tanyakan :
1. Berapa lama stent tersebut bisa bertahan ?
2. Apabila terjadi penyumbatan kembali yang letaknya ada di bawah stent (kateterisasinya melewati stent yg sdh ada) apakah bisa dilakukan pemasangan stent di tempat penyumbatan yg baru tadi ?
Terima kasih dokter mohon jawabannya, karena sdh 3 tahun ini sangat mengganggu pikiran saya.




Selasa, 18-02-2014 10:36:10 oleh: Djuliah Tjahyadi

Informasi yang sangat menarik.



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY