Tito Phurbojoyo

Jantung Kita Bisa Membengkak?

Rabu, 24-11-2010 09:33:59 oleh: Tito Phurbojoyo
Kanal: Kesehatan

Jantung Kita Bisa Membengkak?

Ternyata bukan cuma mata kita yang bisa bengkak karena disengat tawon, jantung kita pun bisa membengkak loh! Nah lalu apakah sebenarnya jantung bengkak itu? Dalam istilah kedokteran, jantung bengkak yang disebut sebagai Cardiomegali (Cardio=jantung, Megali=bengkak) sebenarnya adalah suatu bentuk gagal jantung.

Apakah Itu Gagal Jantung? Gagal jantung bukan berarti jantung gagal memompa atau berhenti memompa darah, tapi merupakan suatu istilah dimana pompa jantung menjadi sedemikian lemah sehingga gagal memenuhi kebutuhan metabolisme tubuh. Pompa jantung yang lemah akan mengakibatkan tekanan dalam jantung meningkat sehingga melalui berbagai mekanisme, jantung lama-kelamaan akan mengalami pembesaran sehingga sering disebut sebagai “jantung bengkak”.

Apa Penyebabnya? Penyebab gagal jantung bermacam-macam, hampir semua penyakit jantung pada akhirnya berujung pada gagal jantung. Di antaranya adalah:

1. Penyakit Jantung Koroner (PJK). Otot jantung diberi makan oleh pembuluh darah yang dinamakan Arteri Koroner. Penyakit Jantung Koroner (PJK) adalah bila pembuluh koroner tadi mengalami penyempitan/penyumbatan sehingga otot jantung tidak dapat mendapat suplai darah yang cukup sehingga otot jantung akan rusak dan kemampuan pompanya menjadi berkurang.

2. Cardiomyopathy Cardiomyopathy (Cardio=jantung, Myo=otot, Pathos=penyakit) adalah suatu kerusakan otot jantung yang bukan disebabkan oleh sumbatan pembuluh darah koroner, namun bisa karena infeksi, alkohol, obat-obatan atau kehamilan (Peripartal Cardiomyopathy).

3. Lain-lain. Seperti misalnya penyakit katup jantung, hipertensi, diabetes, tiroid dan sebagainya.

Apa Gejala Gagal Jantung? Gejala gagal jantung bervariasi, dari yang ringan sampai berat, tergantung seberapa lemah jantung pasien. Di antaranya adalah:

1. Sesak nafas

Kelemahan pompa jantung mengakibatkan tekanan dalam jantung meninggi sehingga terjadi bendungan dalam pembuluh darah paru sehingga paru menjadi sembab (penuh cairan) yang dirasakan oleh pasien sebagai sesak nafas. Pada gagal jantung yang ringan, sesak hanya dirasakan saat aktivitas berat, namun pada gagal jantung yang sudah berat, pasien akan merasa sesak bahkan saat tidak beraktifitas. Ada kalanya sesak juga dirasakan pada malam hari saat pasien tidur, sehingga seringkali pasien terbangun dari tidur. Pasien dengan gagal jantung juga merasa lebih nyaman tidur dengan 2-3 bantal daripada berbaring telentang.

2. Perut dan kaki membengkak.

Kelemahan pompa jantung juga akan mengakibatkan bendungan pada pembuluh darah balik, sehingga perut dan kaki membengkak oleh karena terjadi penimbunan cairan.

3. Lemah dan mudah capek.

Sesak nafas dan berkurangnya oksigenasi akan mengakibatkan pasien terlihat lemah dan mudah capek.

Bagaimana pemeriksaan gagal jantung? Untuk mengetahui gagal jantung, dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh termasuk diantaranya: 1. Rontgen dada 2. Laboratorium 3. EKG 4. Echocardiography (USG jantung) 5. Kateterisasi pembuluh darah koroner (mengetahui adanya sumbatan atau tidak)

Bagaimana Pengobatan Gagal Jantung? Slogan lebih baik mencegah daripada mengobati sangat mengena pada penyakit gagal jantung ini, karena kerusakan otot jantung bersifat permanen, artinya bila fungsi pompanya telah menurun, sulit untuk kembali normal seperti sedia kala. Karena itu perubahan gaya hidup dan pemeriksaan jantung secara berkala disamping pengobatan yang tepat merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan jantung anda.

Nah, setelah membaca artikel ini, lebih baik mana, mata bengkak disengat tawon atau jantung bengkak? Tidak dua-duanya dong.

 

 

keterangan gambar : gambar jantung yang normal dan yang membengkak

Bookmark and Share

Tag/Label jantung, gagal jantung
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
4 komentar pada warta ini
Rabu, 24-11-2010 19:26:26 oleh: Meidy

Pak Dokter, apakah kalau hasil EKG Abnormal bisa berubah menjadi normal apabila diambil tindakan ?







Kamis, 25-11-2010 17:04:49 oleh: Tito Phurbojoyo

Dear Ibu Meidy,
EKG adalah rekaman aktivitas listrik jantung. Seperti kita ketahui, di dalam jantung terdapat organ mirip generator yang dapat membuat listrik sendiri, listrik ini kemudian berjalan sepanjang otot jantung. Maka, perubahan-perubahan apapun yang terjadi pada generator dan otot tersebut (misalnya otot jantung membesar, otot jantung iskemik/kurang oksigenasi karena sumbatan pada Arteri Koroner ataupun serangan jantung) dapat terdeteksi pada EKG.

Namun patut diketahui, tidak semua kelainan jantung dapat terekam pada EKG. Begitu pula sebaliknya, rekaman EKG yang normal tidak 100% menunjukan bahwa jantung ibu 100% normal. Bahkan bukan tidak mungkin penderita dengan Penyakit Jantung Koroner (PJK) yang parah mempunyai rekaman EKG yang normal. Jadi intinya adalah hasil rekaman EKG perlu dikonfirmasi dengan hasil pemeriksaan yang lain (seperti pemeriksaan fisik yang dilakukan dokter, Echocardiography, Treadmill, MSCT, dsb). Dalam kedokteran sendiri dikenal slogan yang bijak "jangan mengobati EKG, tapi obatilah penyakitnya".

Jadi Bu, bila ibu mempunyai hasil EKG yang tidak normal, yang perlu diketahui adalah apa penyebab ketidaknormalan EKG tersebut. Dengan mengetahui penyebabnya baru kita bisa menentukan pengobatan apa yang harus diambil.




Sabtu, 19-02-2011 22:58:57 oleh: SABED AVRIN

Begini dok .ibu saya terkena penyakit jantung bengkak
dan gejala2nya mirip sekali dengan artikel yang anda tulis..
jadi saya mau bertanya pada dokter
"Apakah penyakit seperti ini masi bisa sembuh dok??
tolong infonya dok
terimakasihd




Senin, 23-07-2012 21:34:39 oleh: heri sarwono

jadi obat yang terbaik dan terampuh untuk gagal jantung atau jantung bengkak apa`//?



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY