Suparman

Printer Epson Mengecewakan Sekali

Selasa, 20-03-2007 15:09:00 oleh: Suparman
Kanal: Suara Konsumen

Printer Epson Mengecewakan Sekali

Akhir 2005, saya membeli Printer Epson Stylus Photo R310 untuk mencetak foto dengan 6 tinta. Saya memilih merk Epson karena mendapat rekomendasi dari teman yang mengatakan hasil cetak Epson  bagus. Sekitar 4 bulan kemudian printer tersebut rusak. Menurut pihak penjual sekaligus service ( karena masih garansi ) kerusakan terjadi pada mainboardnya, sehingga harus menginap selama satu bulan. Karena terdesak oleh keperluan akhirnya pada bulan February 2006 saya kembali membeli printer Epson Stylus Photo 1290.

Selama tahun 2006, Epson Stylus Photo R310 saya lebih dari 5 kali harus mondar-mandir masuk service. Bahkan saat ini, setelah satu bulan yang lalu saya masukan ke tempat service printer tersebut, belum selesai diperbaiki. Pihak service  mengatakan bahwa mereka masih menunggu sparepart dari pihak Epson dan kemungkinan sparepart tersebut tidak tersedia di pasaran. Pihak service sendiri tidak dapat memastikan kapan printer tersebut bisa selesai diperbaiki atau mungkin juga tidak dapat di perbaiki lagi?

Sedangkan Epson Stylus Photo 1290 sendiri keadaannya lebih menjengkelkan, sejak di beli hingga sekarang, tidak bisa dipakai sama sekali.

Ternyata produk Epson sangat mengecewakan sekali.

Bookmark and Share

Tag/Label printer, epson, service, layanan purna jual
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
284 komentar pada warta ini
Selasa, 20-03-2007 20:10:55 oleh: nurbasuki

Lagi-lagi konsumen terkondisi pada posisi yang sulit.
Lha kalau service center nya saja sudah setengah "hands-up" begitu gimana ya? Siapa lagi yang membela kita2? Rasanya media massa perlu juga sekali-kali mem - blow-up hal-hal yang seperti ini. Porsi infotainment perlu dikurangi, dan diganti dengan informasi-informasi yang lebih berpihak pada masyarakat. Masalahnya, nggak ada sponsor yang mau beli acara itu kali.....
Salam............




Rabu, 21-03-2007 11:19:13 oleh: mario

saran saya beli printer hp saja
agak mahal sedikit tapi awet
kuncinya di head
head dan tinta harus jadi satu
karena idealnya setiap ganti tinta harus ganti head




Kamis, 06-03-2008 01:55:39 oleh: yudhis

Tidak semua printer epson mengecewakan,
buktinya printer epson R310, C67 (pakai tinta sublim) yang saya beli nopember 2005 hingga saat ini gak bermasalah.
Perlu diketahui udah ribuan kertas tercetak dari printer epson R310 (baik inkjet paper, glossy photo paper, art paper, double side mate injket paper).
Bravo epson R310, salam ......




Jumat, 21-03-2008 06:35:33 oleh: sae

printer epson gk memihak konsumen apa2 mesti original. kalau gk original printer gk jalan. saya sudah habis 2 printer c67 sama r250 baru 2 minggu dua2nya udah mati total gk bisa di perbaiki. skarang saya pake canon ip4200 sampe ip4500 semua printer udah balik modal diuntungkan 15x lipat dari harga aslinya sampe skarang bangkenya masih bisa buat cetak dokument



Selasa, 13-05-2008 16:32:57 oleh: eko

aku juga kesal, pakai epson r230 dan c90 bolak-balik masuk service dan bilang ganti head, pakainya aja belum ada setengah tahun, satu rim aja belum ada apalagi yang r230 100 lembar aja belum ada. Tinta putus-putus, setelah aku pakai head cleaner sekarang tidak keluar sama sekali katanya boardnya dan headnya mati. Siapa ya yang bisa perbaiki kasus seperti ini?



Rabu, 21-05-2008 17:53:46 oleh: sugih widjaja

saya tidak bisa bilang yang mana yang bagus, pertama saya pakai HP 14?? rusak kemudian beli HP3920 rusak beli lagi HP 19?? rusak, pakai epson C67 dari beli ( diinfus ) hasilnya tdk bisa dipakai ( mungkin pasang infus tdk OK ), sekarang pakai Epson C90 diinfus hasil OK lancarrr buat cari tambahan. BTW pengalaman pakai HP sepertinya tinta ORI juga ada yang engga benar cepat habis, saya pikir jangan-jangan versi ekonomis dijual sebagai versi normal ? sayang pabrik tidak kasih sticker seperti epson saya merasa tertipu oleh penjual tinta. Dan untuk HP yang saya rasakan jika pakai kertas glosy sering slip sehingga printer error, mungkin karena mekanisme dari depan
BTW saya engga bilang HP atau Epson bagus cuma sharing pengalaman saya .




Rabu, 21-05-2008 18:53:41 oleh: Anwariansyah

Aha, penulis ternyata bukan satu-satunya yang kecewa sama Epson. Memang printer epson dikondisikan harus menggunakan original spare parts. Tapi kalau service center tidak bisa membantu perbaikan dan printer yang dibeli masih dalam masa garansi ini berarti Produsen Epson telah melanggar UU No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Psal hak-hak konsumen :

Pasal 25 ayat (1) Pelaku usaha yang memproduksi barang yang pemanfaatannya berkelanjutan dalam batas waktu sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun wajib menyediakan suku cadang dan/atau fasilitas purna jual dan wajib memenuhi jaminan atau garansi sesuai dengan yang diperjanjikan. Ayat (2) Pelaku usaha sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bertanggung jawab atas tuntutan ganti rugi dan /atau gugatan konsumen apabila pelaku usaha tersebut : a. tidak menyediakan atau lalai menyediakan suku cadang dan/atau fasilitas perbaikan; b. tidak memenuhi atau gagal memenuhi jaminan atau garansi yang diperjanjikan.





Rabu, 21-05-2008 19:22:40 oleh: Arief Kusuma

benar Epson C90 buat jengkel, belum ada 1th sudah sering trouble.punyaku aja pernah ngeblink tapi sudah beres, tapi skg buat cetak gambar jelek bgt,ada putus2nya gitu.buat cetak warna kuning&hijau gak mau.kalo cetak kuning malah keluar orange, tapi hasilnya juga gak sempurna
Jan pancen ala tenan.




Kamis, 22-05-2008 16:58:00 oleh: ronald

Saya juga ada masalah sama Printer EPSON C90....
blom sampai lima bulan di pake udah mampet...
klu print gambar putus-putus...
kata orang tokonya harus ganti head...harga nya itu loh...350 -400 ribu... mendingan beli printer baru klu gitu kan???
mau bebas dari masalah malah dapet masalah...ribettttttttttt




Senin, 02-06-2008 14:54:49 oleh: ThEo!

kami juga sering mendapatkan masalah yg sama dri printer epson c90,r230,1390... catridge kuning sama hitamnya sering dibaca kosong! ada yg tau solusinya gak?



Kamis, 05-06-2008 18:21:06 oleh: andre

Q punya printer epsonC90
Msalahnya kalo di Print warna hitam gak ada hasil sama sekali truss, tinta warna hitam mesti di sedot dulu, truss di isi Ulang Lagi, Ehh bagus truss..
Nah yg lucunya cuma 10 lembar yg bisa di cetak
truss mesti di sedot lagi, hasilnya bagus gitu deh seterusnya, oia cadride baru di ganti Loh 1 bulan ini, q motanya salahnya dimana Yah..
Mksh sebelumnya




Sabtu, 07-06-2008 10:43:28 oleh: surry st . mt

aku pakai r 230 hasilnya memuaskan sekali saya setuju produk dari epson memang unggul dari semua sisi.... kalo kita tau cara perawatan yang baik printer pastilah top cer !!! hidup epson r 230... pakai ngeprin foto dan untuk usaha mantap... benar benar barang berkualitas coy !!!



Sabtu, 07-06-2008 10:46:05 oleh: surry

jangan di bodoh bodohin tukang service jalanan makanya harus tau dulu specifikasi dari printer epson tersebut... kalo tukang service mah cari duit dan keuntungan ya khan????.. makanya cari tukang service yang terpercaya n jujur...



Sabtu, 07-06-2008 10:48:10 oleh: surry st mt

selain tukang service yang terpercaya kita juga kudu harus mengerti cara perawatan n pemakaian n juga bisa cara kerja printer epson tersebut... jd kalo ada yang kendala kita sudah tau apa sebabnya... ok ...??? mdh2an berguna teman




Sabtu, 07-06-2008 11:46:03 oleh: COKRO

dulu juga orang pada gak pake printer.
tulis tangan aja...!




Rabu, 11-06-2008 21:24:18 oleh: young

yup, aku pakai printer epson r230, masih di pake 4 bulan untuk cetak foto tau-tau hasilnya jelek garis-garis gambarnya, trus aku tanya toko yang jual printer tersebut,aku suruh head clean..dah hasilnya ok lagi, tapi untuk nyetak foto lagi untuk beberapa hari kemudaian kambuh lagi warna hitam jadi berubah agak kebiruan biasanya pada warna rambut, aku cek noselnya warna magentanya ternyata putus-putus, karena orderan banyak maka printer aku bawa ke tukang service ( ya penjual printer itu )dia cek katanya head nya mulai aus, dia tanya pada waktu cetak foto pake Option apa "Foto" atau "Best Foto" aku jawab Best Foto, katanya tukang service kalo pake Best Foto itu gak boleh sering2 karena head akan Aus, dia bilang kalo ganti head harga sekitar Rp.750.000,-...mampus belum apa2 dah ganti head, tapi aku gak percaya..masalahnya kenapa pake "Best Foto" kok head bikin rusak/gak masuk akal....,suatu hari ada temen kasih solusi, karena printer aku pake infus kemungkinan masuk angin...,maka aku coba di ilangin anginya dengan cara sedot pake injeksi, ee teryanta kembali OK....sampai hari ini aku tulis komentar....thank friend



Kamis, 19-06-2008 13:16:13 oleh: dodi mahrizal

gw punya epson r230 ngeprin hasilnya bagus tapi bwt head clining ga jalan tintanya



Minggu, 22-06-2008 08:35:49 oleh: yeye

setahu saya perawatan printer sebaiknya minimal seminggu dua kali harus dipake ngeprint kalo bisa semua warna agar head tidak mampet yah sekedar test print ato apalah..
apalagi kalo sudah diinfus ato tinta gak ori malah harus srg dipake karena kekentalan tinta jelas lain dengan yg ori.
diinfus ato refil bolah-boleh aja asal tintanya berkualitas, saya pernah nginfusin epson c43 di PSC JOGJA, baru dipake 2 lembar printer hanya beberapa warna yg keluar. aku kembalikan lagi ke PSC katanya headnya udah rusak padahal sebelum diinfus gak apa2.
saran saya hati2 kalo cari infusan...




Sabtu, 28-06-2008 14:51:53 oleh: Ghanjar Satriani

wah ada yang tau gak kenapa ya kok pake epson c90 tidak keluar tintanya hitamnya...?
apa printernya harus di LEM BIRU ya??
pusing deh pake printer C90
1 bulan bisa TBC saya...




Senin, 07-07-2008 18:04:42 oleh: tou

wadoh.....printer epson kok ga karuan...belom ada sebulan dah macet..ada yang bisa bantu ga ya? berkalele tenan,...
printer ku trouble terus..paper jam terus....please hel me




Sabtu, 12-07-2008 13:54:50 oleh: ddd

aq jg pnya trouble ni am epson c90...br jg bli eh udh mampet tnta item nya...head cleaning jg udh..
gmn y solusinya..biar ga bolak-balik k service ny...thanx




Senin, 14-07-2008 09:45:37 oleh: susanto

aku punya kasus epson R230. lampu indikator tinta dan kertas nyala semua setelah saya head cleaning..., dimana cara ngatasinya ? plea...se bagi2 ilmu doooong.



Selasa, 22-07-2008 15:29:01 oleh: Setiawan

Gw punya Printer EPSON C90, tapi kemarin lusa gw service couse ga bisa di operasikan sama sekali...
giliran da kelar service eh cuma bertahan sehari doang, sekarang tinta baru ngisi full ga ada yang keluar sama sekali...... gw kecewa bgt ma product epson c90, padahal dari dulu gw pake epson.....

# gmn ya caranya biar tinta bisa kluar normal lagi klo d pake cetak......?




Jumat, 25-07-2008 15:49:19 oleh: acmad

Kalo menurut saya printer yang baru merk apapun tidak ada yang bisa awet alias gopok semua tak terkecuali printer Canon, HP, Epson mending printer type lama gitu deh...



Sabtu, 26-07-2008 16:15:38 oleh: yud

saya punya printer epson r230. led indikator tinta dan power nyala semua, menggunakan tinta infus.kondisi catridge mash ada tintanya, tapi setiap di maintenc pada printing preference, selalu minta untuk replace ink.instruksi sudah dilakukan, tapi tetep aja masih nyala trus indikator..

gmn caranya ya biar bisa normal kembali??helep duonk ...




Minggu, 03-08-2008 09:06:55 oleh: irfan

so..merek printer yang bagus apa




Jumat, 08-08-2008 11:56:36 oleh: sigit

saya punya printer epson c 90.kata temen2 semua si di atas katanya jelek.
punya saya si belum pernah troble..cma kotinta bawaan aslinya cma buat ngeprin 5 lembar habis''
epson niat jualan apa nipu konsumen si?
oh iya klo mau ganti pake impus resikonya apa aja si??/




Sabtu, 16-08-2008 21:15:17 oleh: ali

sama capek juga, dari c43 sampai r230 pernah saya coba. gak ada yang awet. rata-rata mesinnya yang rusak. untuk bisnis foto sebaiknya pakai yang tanpa tinta tapi agak mahal jatuhnya. punya kodak atau fuji awet dan gak luntur.

printer no 1 saat ini memang epson. makin banyak yang beli yang makin banyak yang rusak.

salam kenal www.best-digital-photoprinting.com




Rabu, 20-08-2008 12:23:06 oleh: dian

saya beli EPSON C 90 belum ada 4 bulan ehh tinta hitamnya ga keluar, udah di service mahal2 sama aja cuma sebulan. Gimana sich kok produk EPSON ini mengecewakan, gimana ya solusinya tolongin donk bingung masa harus di service lagi....



Kamis, 21-08-2008 12:24:19 oleh: Moh Shodiq Ans

mau nanya nich !!
saya 3 bulan yang lalu beli print epson c90, habis itu tintanya saya ganti yang merknya macem2 apakah tidak berpengaruh ke printernya ?
tolong jelaskan semua yang berkaitan dengan keawetan epson.
terima kasih




Jumat, 05-09-2008 11:56:51 oleh: adit

sekedar sharing aja boz
saya dan 3 rekan saya membeli printer epson c90. pada hari yan sama, kemudian diberi infus. awalnya sihhasil bagus N memuaskan tetapi setelah 3 Bln ini printer ngebling bareng N gak bisa diperbaiki.




Jumat, 05-09-2008 12:00:11 oleh: adit

sarang saya mending anda sekalian beli canon. meski mahal sedikit lebih bandel dibanding Printer Epson or HP. dan yg gak kalah pentingnya gampang cara perbaiki



Selasa, 09-09-2008 13:41:12 oleh: aku

Klo printer Epson tuh...harus tau cirinya...
semua printer keluaran epson itu, apabila new product maka kualitas mesin, mechanic, head akan jauh lebih bagus dibandingkan keluaran sesudahnya..
maksudnya klo ada tipe baru langsung beli aja karena klo udah lama beredarnya(5bulan) pasti akan mengalamin penurunan kualitas(padaha baru loh)




Senin, 15-09-2008 11:35:45 oleh: Oke

Semua produk printer ada kelebihan n kelamahannya, ada juga istilah life cycle product jd itu semua kembali ke pemakai/user n perawatannya, terlebih lagi jika pake infus, hati2 dengan tinta yang dipakai, "Ada Harga Ada Kualitas" hal ini perlu selalu diingat !!! jagan tergiur harga murah, saran saya untuk tinta infus dengan harga Rp25.000/100ml sudah lumayan bagus, tdk merusak head, komposisi kimianya sudah pas, klo dibawah harga itu perlu hati2, apalagi yang harganya cuma Rp10.000/100ml



Senin, 15-09-2008 11:58:41 oleh: Mieka Kurnia Yasa

Epsom menggunakan sistem cartidge yang terpisah antara ink tank dan print head-nya. Hal ini dimaksud agar konsumennya cukup membeli ink tank apabila kehabisan tinta. Kelemahannya adalah apabila nozzel pada prind head-nya buntu maka tamatlah riwayat printer epson. Kalaupun masih dalam masa garansi kita bisa membawanya ke service center secara gratis, biasanya kita selalu dicurigai menggunakan tinta yang tidak original sebagai penyebab kebuntuan itu.

Rata-rata iklan printer mengunggulkan kualitas cetaknya bukan pada ketahanan produknya. Tentu saja acuan mereka adalah kualitas cetak pada saat printer masih baru.

Saran saya adalah, jika ingin punya printer baru yang layak dipakai, sebaiknya tanyakan pada teman-teman yang banyak berkecimpung dalam penggunaan printer dalam pekerjaannya. Jika kita tanya kepada penjual, tentu penjual akan memberi penjelasan keunggulan barang dagangannya ketika (sekali lagi) masih baru.




Selasa, 16-09-2008 21:54:28 oleh: Ariponk

Thn 2006 Gue sempat pake r250 + infusnya, lumayan baru lapan bulan jebol headnya, kata tukang service epson garansi kaga laku gara2 pake tinta kaga Ori,. nah kan semua pada tahu, usaha cetak foto udah makin rame dan harga bersaing, ngga mungkin dong klo kita pake tinta ORI klo untuk usaha yg ada bukan untung. Trus gue tanya headnya berapa harganya? kira2 750ribuan ... busyet.. klo tuker tambah ama yg baru ngga laku katanya. udah gitu barangnya ngga ada pula.

Lagi Pusing nyari modal terpaksa gue tutup toko selama setahun. begitu dapat modal... beli lagi dong yg baru.

Nah thn 2007 gue beli lagi R230 + infusnya, tapi gue udah banyak kehilangan customer gue, terpaksa gue ngerintis lagi dari awal.

Alhamdulilah setelah 1 bulan orang udah pada tahu klo toko cetak foto gue buka lagi.
Dan Alhamdulilah juga baru dua bulan printer gue R230 jebol lagi, padahal gue udah sering maintenance setiap 1 minggu sekali untuk cek head, wal hasil tetep aja rusak headnya, padahal gue udah nanya ke orang2 pake infus tinta yg bagusnya. harganya lumayan 45rb/100ml. Memang klo gue liat kwalitasnya lebih bagus ketimbang refilnya r250 sebelumnya yang pernah gue pake. yang cuma 30rb/200ml. jauh dang bedanya.

Gue pergi deh ketukang service EPSON, jawabannya tetap ganti HHEEADD....
Maaf pak garansi ngga berlaku kan tinta bukan ORI yang bapak pakai.....

Gue juga pengen make tinta ASLI EPSON.... bahkan semua orang sama kaya gue khususnya yang buat usaha cuci cetak foto.

Buat EPSON, Produk lain aja bisa jual TINTA MURAH kenapa EPSON ngga bisa produk tinta asli ukuran 100ml yg murah dan harga terjangkau oleh Masyarakat.

NAH... AKHIRNYA ORANG PAKAI TINTA YG NGGA ORI, KRN KEMAMPUAN BUDGETNYA MASING=MASING. TRUS NGGA BERTAHAN LAMA... UDAH GITU MODAR HEADNYA

EPSON SENGAJA KALI JUAL TINTA MAHAL, BIAR ORANG NGGA SANGGUP BELI, TRUS KLO BUKAN TINTA ASLI KAN NGAK BERLAKU GARANSI... UNTUNG DEH GUE.

Ponk




Senin, 29-09-2008 15:11:42 oleh: nadyan

gw gak bisa crita dah ma epson khsus nya C90.... ampoonn dah......
maksud ate ingen dapet duet,
tp apa daya malah mangkel ate karna nombok pake duet dewe beliin barangnya orang yang kita gak pernah punya...





Kamis, 02-10-2008 19:07:45 oleh: Amir Wahyudin

Mengapa epson stylus C90 tintanya ga bisa di isi ulang seperti halnya printer merk lain. sangat mengecewakan sekali.



Sabtu, 04-10-2008 10:52:13 oleh: Rudy Hermawan

Tidak ada masalah dengan semua merek printer,Saya telah memakai bertahun-tahun tak ada keluhan sama sekali.Baik hp,canon,epson jika rusak saya perbaiki sendiri dan mak nyus kok hasilnya....
Atau mungkin tergantung amal ibadahnya kaleee....hehehe....Huh..
Pake Ori,Infusan,Suntik?Bawa kemariiii...Lancar kok....




Sabtu, 04-10-2008 10:55:07 oleh: jhon

C90??????Itu printer bagus dan awet......Yang paling jelek itu mas,canon 1p1880,sekali suntik rusak....aku taw semua lho trik2 epson....hemppppp



Selasa, 07-10-2008 17:22:24 oleh: wahyu

g pake c58 udah ampir setahun nge print tiap hari
ampir satu rim (+/- 500 lembar) bolak balik sampe sekarang belum pernah bermasalah, kalo boleh saya kasih saran:
1. kalo jarang pake minimal sempetin 1 minggu
sekali cetak full bolak balik gambar foto 3 lbr
atau yang bener bener full color

2. nah ini yang penting beli tinta refill atau infusan yang harganya diatas 40 rb / 100ml BAHKAN YANG LEBIH MAHAL LEBIH BAIK atau merknya terjamin lah jangan beli yang obralan ATAU OPLOSAN

3. kalo masalah garis garis pada hasil print sih gampang banget nih langkahnya buka tanki tintanya sesuai warna yang macet (bisa diliat dari NOZZLE CHECK di Maintenance pada properties) liat warna apa yang potong potong misalnya magenta buka tanki magenta dari headnya trus sediakan suntikan tanpa jarum lalu tancapkan suntikan tersebut pada lubang masuk tinta yang ada di head (bulat hitam sedikit menonjol) dan kemudian sedot sisa tinta dalam head lakukan sampe benar benar habis mungkin 3 kali sedot setelah itu pasang kembali dengan baik pastikan semua terpasang lalu lakukan HEAD CLEANING pada Maintenance ulangi sekitar 2 - 3 kali lalu tunggu 30 menit (memberi kesempatan tinta turun mengisi head printer) kemudian lakukan NOZZLE CHECK. nah itulah yang dilakukan tukang tukang servis kalo kita membawa printer kita ke tempat servis (simple dan mudahnya khan tinggal bonnya aja 50 rb untuk langkah2 tsb diatas), kalo ngak teliti salah salah printer head anda beralih ke printer orang hehehe...
lagian mana anda tau head printer anda yang mana..

4. jadi inti semua masalah anda diatas cuman tinta yang murah banget dan tata cara maintenance yang tidak dilakukan dengan baik

mudah mudah masukan saya dapat membantu anda semua

wasalam,




Sabtu, 11-10-2008 12:54:27 oleh: ipoel_jr

waduh gw juga ngalami yang sama dengan printer epson c79 belom sampai 3 bulan udan bunyi krak - krak trus dah di bawa untuk diservice sampai 3 bulan lom bisa katanya spare part yang tidak ada, trus kita beli c90 hasilnya sama malah belom sampai 1 bulan udah gak bisa narik kertas trus kadang - kadang malah semua kertas ketarik smua. ternyata 2 orang temen saya juga ngalami hal yang sama dengan bunyi yang lebih keras dan tak bisa narik kertas, emang sich printer epson tipe sangat bandel pada head dan jarang rusak.
tapi untuk printer c45 gw tidak pernah rusak ata ada masalah sampai sekaran dah sekitar 2 tahun lho.




Sabtu, 11-10-2008 18:30:31 oleh: rita

aku baru beli epson c90 bln april 2008, slama ini g ada mslh. mslh muncul saat aku isi tinta black.. setelah direfill,tintanya keluar tapi hasil printnya mengecewakan. saya coba head cleaning sampai 2 kali, malah tdk keluar tinta Blacknya waktu diprint.. dan yg lebih parah lagi,tombol untuk ambil cartridge (sebelah power) tidak bisa hidup... jd tidak bisa untuk mengambil cartridge... tolong doooong..gmn iniiiii....




Minggu, 26-10-2008 07:11:48 oleh: urry

saya mempunyai r 230 tapi printer saya top habis ... hebat tidak pernah namanya jebol karena pemakaian saya yang bagus. kalo cetak foto harus satu lebar 1 lembar jadi ngak panas tu head.. kalo ngeprin kertas jangan sampe lebih 10 lembar tiap kali cetak tunggu sampe head stabil baru cetak lagi. itu pasti awet headnya. saya beli tinta diplaza kandaga bandung. cuma 15.000/100ml tapi tintanya top. tidak banyak macet



Minggu, 26-10-2008 16:15:25 oleh: energy

Betull....saya lagi mengalami ini. Saya harus menunggu sparepart selama 2 bulan mau masuk bulan ke 3 ini. La terpaksa beli printer lagi, gawean numpuk.
Gimana ini Epson SC Semarang, mau di pindah ke Epson SC Jakarta ahh siapa tau bs cepet...
Professional dong Epson...masak Merk terkenal kekurangan sparepart.




Rabu, 29-10-2008 23:26:31 oleh: azis hanif

Tukang servis aja dibikin bingung ama print buatan epson, betul dech... aku alami ndiri, sbenarnya aku dah ragu dgn epson, krn slama aku dpt pesanan print+infus, merk epson perlu ekstra hati2, satu dua print sukses tapi yg ketiga baru sehari dah ndak mau kluar 1warnanya, ya akhirnya ndak jadi untung malah buntung alhamdulillah..
aku saranin kalo gunain infus baguse ama canon, tipe pixma1000,ip1300,ip1200..slama 3th lebih ndak majalah, yg kurang sip pixma 1880 sering rusak catridnya, utk pixma1980 yg terbaru blum kucoba....
moga manfaat




Kamis, 30-10-2008 10:17:40 oleh: echoakira

salam persahabatn!!!!kl masalah d epson sering terjadi kerusakan d cadridge..head jrng trouble!!!bila kret pembatas di cadridge sdh tidak kedap udara lg maka hasil print nya jarang ada yg maksimal!!!!!!bila ada trouble yg lain....silah email saya...sy siap membantu kita semua...trims



Kamis, 30-10-2008 12:17:09 oleh: akhsad maulana

saya baru make epson stylus c90 krg lbh 3 minggu, koq udh sering error, kalo mau ngeprint kompi jadi hang, cpu usage mpe 100%, EPSON BENER2 NGECEWAIN !!!!!!.



Kamis, 30-10-2008 16:12:53 oleh: doli

kalo kalian ngga' mo rugi, JANGAN PERNAH BELI TINTA EPSON TIPE APAPUN !!! soalnya meski ada yg "puas" tapi persentasenya sangat sedikit dibanding yg dikecewakan! btw, sy sudah pake 3 (tiga) macam tipe printer epson. SEMUANYA MENGECEWAKAN!!! jadi sekali lagi cari aja merk lain. masih banyak kok yg lebih baik dan tdk mengecewakan.....!



Kamis, 30-10-2008 16:15:24 oleh: doli

"TINTA" maksudnya "PRINTER" (maaf salah ketik, soalnya sy sangat emosional krn SANGAT SERING SEKALI DIKECEWAKAN oleh PRINTER EPSON...!!!



Sabtu, 01-11-2008 14:11:24 oleh: wilda afifah

saya baru menginfus epson c-90. Trus dipakai nge-print lumayan hasilnya bagus. Tapi kalau kita print selalu dibarengi laporannya. Misalnya file apa yang diprint dari direktori mana trus jenis komputernya...gitu deh. Jadi kalau ngeprintnya 1 lembar hasil 2 lembar. Ada yang tau gak cara mengehntikan laporannya itu? Tolond dong kasih tau caranya? Makasih ya sebelumnya



Minggu, 02-11-2008 19:30:04 oleh: hekch

gw pake EPSON R230 sebenernya gw puas banget dengan hasilnya, cuma yang saya kecewain cuma 1 semua printer EPSON yang saya ketahui kok sering error napa yach?? sekarang ini gw pake EPSON R230, C45 sama C90 sama semua sering error. kalo yang R230 2 led 2 nyala bersamaan selain led POWER. om google bantu gw dong gmn nich solusinya?? thank



Minggu, 02-11-2008 22:07:55 oleh: djinnRaz

aku dah 2 tahun pake Epson R230, sampe sekarang masih pake, dan masih Ok aja, cuma sekali ganti impus, kerusakan paling nge-blink, ya reset sendiri, selesai, heueueueue....
Sebenarnya print itu bagusnya kalo kita bisa merawat dan perbaiki sendiri. Makanya browsing2 donk, baca2 gimana merawatnya.




Jumat, 07-11-2008 17:32:41 oleh: fadiel

printer tu gmn kita pakenya!ya apalagi klo buat rental&foto digital,printer jd kerja keras otomatis umur head jd pendek,mau printer hp,canon,epson semua sama pasti kena!itu mah gmn kita nyiasatinnya, "ngeprint jngn diporsir,trus klo pake infus tinta jng sembarang dan cari service yg oke!!



Selasa, 11-11-2008 12:54:15 oleh: Wasdinoto

EPSON MEMANG BOBROK!!!!!!!!! SEMUA PRINTERKU REMOK SEMUA!! DARI R 210, R230, ...S/D 1390 HANCUR.. KENAPA BEGITU KAU EPSON, HEADNYA SEMUA YG DI KENA!! PADAHAL JUJUR SY LOVE SM HASIL CETAKANMU DI BANDING YG LAIN!! TETAPI KENAPA KAU BEGITU EPSON!!! JANGAN TANYA SOAL PERAWATAN KE SAYA, ASLI TOP SOAL PERAWATAN KALAU SAYA!! KECEWA AKU!! BOBROK... BOBROK



Rabu, 12-11-2008 08:22:23 oleh: Priyo

Saya pengguna printer HP F-380, kendala yg saya alami saat ini adalah setiap saya menyuntik tinta ke cartridge selalu kemasukan angin yg menyebabkan hasil print tdk maksimal. Saat ini saya sedang mencari alat utk menyuntik / injeksi tinta seperti yg dimiliki Veneta System. Alat tersebut bisa dipesan dimana ? Kira - kira harganya berapa ? terima kasih sebelumnya.



Rabu, 12-11-2008 23:45:12 oleh: iksan

DICARI PRINTERS EPSON STYLUS PHOTO R230 / R270 / R290. LENGKAP DGN DRIVERS DLL, BUAT PAKAI SENDIRI , KALO ADA USER YG MAU JUAL CALL 021-23849866



Kamis, 13-11-2008 08:14:39 oleh: Samuel Kristanto

Memang Purna Jual EPSON kurang bagus sih.
Saya sendiri yang jual modifikasi harus siap spare part sendiri soalnya kalau masuk service centre bakalan nginep lama dan nggak selesai-selesai.
Sekarang Customer saya lebih senang bayar 2-3 hari selesai.
Dan pengalaman saya sebagai penjual modifikasi yang banyak menangani kasus R230 dan C90 :
Untuk C90 jika memakai tabung besar (>80ml)harap printer diletakkan lebih tinggi daripada tabung modifikasi.(jika hal ini tidak dilakukan bisa merusak boardnya karena tinta banjir di head dan menyebabkan boardnya korsleting.
Untuk R230, biasanya kerusakan terjadi di timing beltnya (untuk heavy user 4-6 bulan pemakaian >18jam sehari) dan headnya mulai nggak beres untuk pemakaian diatas 18jam sehari setelah 1 tahun. Mekanik paper bervariasi antara 6 bulan sampai 1 tahun baru rusak.
Test menggunakan tinta dye.

Kalau beli epson yang low end aja. Saya ready spare partnya.
Kalo temen-temen ada yang butuh head r230, saya ada ready sedikit. Call aja di toko : (031)5340469
Samuel Kristanto
Yahoo Messanger: sayangkuyangcantik@yahoo.com




Jumat, 14-11-2008 19:15:11 oleh: arifuddin

saya membeli printer epson CX5500. tinta sering eror sampai 5 kali. setip 2 hari saya harus bawah ketoko dimana saya beli printer epson. terakhir yang ke5 kata orang toko haras dibawah keservice epson kok malah saya disuruh bayar Rp.350.000. oleh service epson kata orng toko. kan printer saya baru beli baru 2 minggu itu pun tintanya sering eror selama saya pakai.sekarang printer saya yang warna merah tak keluar. mana tanggung jawab epson dari garansinya. kok malah isuruh bayar sih. mengecewakan sekali. bagi kawan kawan hati2lah membeli printer bermerek epson nanti seperti saya disuruh bayar padahal garansi masih ada 11 bulan 2 minggu.



Senin, 17-11-2008 21:44:22 oleh: erick

gw punya printer c65 itu agak bandel tahan ampe 2thn setelah itu udah jadi almahum alias uda rest in peace setelah itu gw beli c67 eh cuma tahan 8 bln dan setelah itu ngikuti jejak moyangnya c65 tewas dalam perang dan sekaran gw pake c90 gw ada 2 pake tinta sublimasi yg atu tahan lama udah bantu gw hasilin duit tapi ujung ujungnya gitu si doi minta jajan ada aja penyakitnya tinta manpet flu burung kali tintanya keluar eh malah mekanik kertas bermasalah tapi untungnya gw bisa betulin sendiri tuh printer ya ketakerlah masalahnya c90 ama gw kalo mau hubungan ama gw langsung aja email gw di erickz22@yahoo.com kite kite bisa tuker pengalaman buat printer kite kite oh iya buat Oom yg gawe di Epson Emang Lau pada bodo apa mau ngebodoin konsumen aja ble Wasalam dari Bang Eboy anak jin menteng



Selasa, 18-11-2008 08:20:13 oleh: ima

yups bener sich epson bikin kesel...

lom ad setahun make epson dah nge-blink gitu..
skg nie printer Epson C90 gw g bs buat print..
kertasnya nyangkut trus tintax belepotan sana sini...mana keluar suara keras banget(jeduk...jeduk..kira2 gitu dech suaranya)

ad yg tau g solusix?? mohon bantuannx yah..




Selasa, 18-11-2008 23:05:17 oleh: opik

minta tolong nih
klo c90 paper jam terus
gmn ya cara ngatasinny dimhon skali bntuannya skrang
mksh sblumnya




Rabu, 19-11-2008 00:13:43 oleh: alice

saya punya epson stylus c45, dulu sih ga ada masalah apa2 tapi akhir2 ini printerku jadi ga beres udah catridge nya rusak kering di tambah skrg ada masalah baru yaitu PAPER JAM! rugi dah beli catridge baru masih harus biaya service --"
mending beli baru kalau gini . udah kecewa sama epson.




Kamis, 20-11-2008 08:35:59 oleh: nadzief

aku pny printer r230 2 dulu sih cuma satu tapi pas lagi asyik2"a malah error
terus di service malah suruh ganti cantride
jd dari pada usaha saya berhenti begitu saja aku ambil r230 1 lagi cZ r230 pas bgt wt cetak foto




Jumat, 21-11-2008 18:51:07 oleh: ronie de paul

aku juga punya printer epson r230, ternyata epson tuh suka rese dikit-dikit blink udah direset pake ssc utility gak bagus-bagus juga, padahal udah 3 tukang servis dikunjungi ama r230 gue gak mau sembuh-sembuh juga......huh.......



Sabtu, 29-11-2008 11:55:40 oleh: Andi

Waduh, kalo gini saya jadi bingung nich mau cari printer untuk cetak photo, yah buat sampingan usaha kecil-kecilan.

Kira-kira cari printer yang mana yah, murah, hasil tuk cetak photo bagus, bisa diinfus.

Tolong sarannya biar gak nyesel dikemudian hari

Oh ya budget sekitar 1.5 Jt-an




Minggu, 07-12-2008 06:50:09 oleh: fajar

apa mm printer epson gitu ya, pengalaman aku jg habis 3 printer c43 c43 c45 gak jalan juga



Minggu, 07-12-2008 09:56:38 oleh: lutfi suryo haryono

nanya ni ndek mana aku bisa beli mainboard daripada printer epson CX 2800



Senin, 08-12-2008 20:26:28 oleh: aath

saya pake printer Epson c90+infus, kemaren sy pake print photo hasilnya kurang bagus dari biasanya sy bawa ketempat service katanya tinta yg di pake bukan buat epson kemudian saya ganti yg buat epson hasilnya agak sedikit lumyan bagus dari yg sebelumnya namun masih ada garis yg tdk rata....saya mau tanya dr pada ganti print head saya
mending mau beli printer baru..tp recomend merk apa
yang bagus..canon..kah...? thanks




Senin, 15-12-2008 08:22:45 oleh: zainal acox

saya punya 2 unit print epson c990, yang satu rusak total trus yang satunya masih nyala tapi head udah mulai rusak, saya mau tukar head print yang rusak total ke print yang masih nyala tersebut, kata banyak orang kalo mau ganti head print ngak asal ganti aja, gimana caranya yaa...?



Rabu, 17-12-2008 16:40:45 oleh: sarihuang

GIMANA CARA ISI CAKTRI EPSON T0731.732, APA HABIS DIBUANG?



Jumat, 19-12-2008 08:00:44 oleh: asrori_malang

memang printer epson banyak yang sering trobel, tapi kayaknya ga semua type lo sering trouble, aku punya C43, C90, R 250 dua biji, R 230, dari smua itu yang paling siiip malah R 230 yang ku beli pertama kali bagus cetak photo cepet, ya tentu punya kelemahan juga. mungkin uangku tuk beli printer itu dah balik 3 kali lipat slama 1, 5 tahun ini.
tapi aku saranin kalo mau beli printer tanya dulu pada yang pernah punya biar ga kedlodok dan kalo servis HARUS KE SERVIS EPSON RESMI, hukumnya wajib.




Sabtu, 20-12-2008 00:35:57 oleh: koko

SAYA PUNYA EPSON C90 ..BARU BELI LANGSUNG AKU GANTI CAKTRI INFUS..AWAL HSL BAGUS..1BLN SEMUA WARNA GARIS2..AKU COPOT CAKTRINYA LALU AKU BANTING2 KE LANTAI..TERUS AKU PASANG LAGI..DAN COBA NGEPRINT..WAH ..TERNYATA HASIL PRINT AGAK LUMAYAN..AKU HEAD CLEANING SEKALI SAJA..TRUS COBA PRINT HASILNYA JADI BAGUS SEPERTI AWAL AKU BELI....
JADI KALAU ANDA ADA MSLH DNGAN CAKTRIK ,AMBIL LALU BANTING BERKALI2..KALAU BELUM JITU..SEKALIAN PRINTNYA AJA DI BANTING...IT,s ok dech...




Kamis, 25-12-2008 21:31:41 oleh: anwar

printer r230 aq dapat masalah besar...
Setelah aq infus mgkn 10 bulan yang lalu, Warna hitam n merahnya g bisa keluar. dah dihead clening berkali-kali pun masih putih aja tuh kertas. aq bawa ke Epson Service katanya headnya rusak. Katanya sih klo mau bgus sih harus ganti. harganya 890 ribu. wuihh. mahaaalll skali. Aq minta tolong nih yang tau atau yang pernah punya masalah kyk aq, tolong solusinya...




Senin, 29-12-2008 20:30:17 oleh: eshie maldini

ada yang tau ga,,knp tinta printer epson c90 ga bisa jalan..soalnya kmrn hbs gw bersihin,,ya gw bongkar gt.tp setelah gw pasang lagi semuanya,,ehh malah tintanya ga jalan,katanya error,tinta unknow gitu deh,kira2 penyebabnya apa yah??trims



Senin, 29-12-2008 20:35:33 oleh: eshie maldini

klu ada yg tau email ke aku yahh,,,please bantu dunk,soalnya baru mau buka usaha neh,eshie_maldini@yahoo.co.id thanks



Rabu, 31-12-2008 23:14:55 oleh: erwin

epson memang bagus cetaknya tapi nga bertahan lama,mendingan hp cetaknya biasa tapi tahan lama,soalnya aku sudah pakai dua-duanya hanya hp yg bagus printernya,kalau epsonnya aja servicenya ambruradul gimana printernya pasti nga bagus kualitasnya,service menentukan kualitas barang.....



Jumat, 02-01-2009 12:13:03 oleh: tukimin

di dunia ini memang tidak ada sesuatu yang sempurna. epson, hp, canon, lexmark, dll ciptaan manusia. kalo memang saatnya sakit, atau mungkin sampai koma bahkan mati sekalian... WAJAR SAJA...!!!
sekarang bagaimana kita saja, kalau kita bisa merawat diri kita, pasti kita jadi hebat. sama kayak printer perlu perhatian. tiap hari dirawat, pake atau ga dipake. jangan cuma bisa pake aja, ngerawat kaga. pagi dibersihkan, malam diselimuti.
SAYA SUDAH HAMPIR 10 TAHUN PAKAI EPSON, DARI TIPE A-Z. KALO RUSAK YA BUANG AJA....




Selasa, 06-01-2009 13:38:48 oleh: yanto

kalo saya lebih suka printer canon type mp 145 ,SOALNYA HEADNYA GABUNG AMA CARTRIDGE JAdi kalo rusak gak separah epson,biayanya . untuk tinta pake model refil aja ,sebab kalo sistem infus ngeberatin printernya



Kamis, 08-01-2009 04:58:28 oleh: Mr Emre

Jodohnya epson ya eprint mkn sma2 e-nya kli. tinta eprint siip markusip, soalnya gk trlalu kuental jd gk gmpang nggumpal d head. klo prnternya rusak ya buang aja, biaya bli print bru lbh murah koq drpada biaya ngobatin org stresz. (meda)



Jumat, 09-01-2009 18:02:32 oleh: ventzo

Semua alat elektronik pasti ada umurnya, Handphone, TV, Kulkas, Tape, Printer, Scanner, Hardisk, dll.
Semua bisa jg kembali pad diri sendiri, kalo kita tipe orang yg apa adanya biasanya alat apapun awet, tp klo kita orangnya agak cerewet, suka protes, alat apapun ya sering ikut cerewet. Produk dibuat pasti bukan untuk mengecewakan konsumen, tapiiii ...proses perakitan yg perlu dipertanyakan ??? yg mikir untuk buat printer MASTER ampe botak, eh yg ngrakit mikir cari untung he..he...




Jumat, 16-01-2009 21:49:11 oleh: Decky Rohmanto

saya sudah hampir 8 bulan beli printer epson R230 selama itu saya tak pernah punya masalah yang cukup berat, tapi setelah kuisi tinta dengan art paper ternyata yang warna hitam garisnya putus 2, kemudian kubelikan infusan baru ternyata masih putus tapi hanya 1, kemudian kukembalikan sama infusan yang lama masih tetap putus 2, dan aku mau bongkar itu printer, aku tak tahu cara bongkarnya, kalo temen2 tahu cara bongkar epson r230 tolong hub. aku ke geniusprinting08@yahoo.com, kalo bisa sih jangan sampai bongkar itu casing epson R230, tank's



Senin, 19-01-2009 23:13:37 oleh: bani

saya jadi inget waktu beli epson c90 dulu. harganya 475 rb.
trus beli tinta ori 0731-4 400rb. mahal banget.
nambah 75rb dapet printer baru deh.




Selasa, 20-01-2009 08:54:24 oleh: Imam

saya pakai hp 3920 ngak pernah ada masalah,karena tintanya habis aku refil pakai suntik eee ternyata salah masukin warnanya, lalu pakai Epson C90 punya temen gantiin 200 rb ngak, eeee malah lebih parah ngak detect katritnya servis ke epson apaboleh buat ternyata EPSON MENGECEWAKAN



Kamis, 22-01-2009 20:43:11 oleh: Rohadian

yo para penggemar printer, aq se7 dengan bbrapa komen d atas, klo sebenerX g da printer yg bgus, semuanya relatif n' trgantung cra ngerawatX, permasalahanX skrng bnyak brang elektro yg cacat dr pertama didistribusikan g mengikat merek.




Sabtu, 24-01-2009 16:16:21 oleh: austin

Printer eppson, bagus kok. aku pake dah 1,5 tahun. R230 buat print foto.hasilnya bagus bener bener bagus. selama ini aku lum pernah ada masalah yang serius di printernya. cuma pernah satu kali mati chipnya. tapi dah aku ganti. Ynag perlu diingat pake infuss tu adalah kualitas tinta yang kkita pakai. harus sesuai. kalau terlalu kental atau terlalu encer ya cepet jebol printernya



Sabtu, 31-01-2009 03:04:27 oleh: prayitno

Boz kalau adjusmentnya T20E dah ada belum ya?...



Jumat, 06-02-2009 18:33:19 oleh: lewi martha furi

wah.. saya juga punya epson printer saya lupa tipe berapa yang pasti bisa foto copy bisa print sama scan 3 in 1 gitu, tapi setiap ganti tinta hang mulu, jadi setiap ganti tinta saya harus ganti di tempat service gitu, cape deh! udah mah tintanya mahal, ditambah masang tinta lagi kena charge. males gue, nyesel! sumpah!



Senin, 09-02-2009 10:56:36 oleh: marni

printer sy epson R230, sy pake pake tinta infus blueprint sudah hampir setahun tapi hasilnya meluber ?



Selasa, 10-02-2009 08:27:02 oleh: bagyo

Kemarin sore (9/02/2009) beli epson T20E. Saya harus kembali ke toko penjualnya, karena begitu di-on-kan, langsung macet. Led tinta blink. Setelah ditukar baru, pulang, baru dipakai ngetest nozzle check, tinta hitam tinggal dikit! Setelah dipaksa nge-print 1 lembar berwarna, tinta hitam habis-bis. HANYA .S.A.T.U. LEMBAR!



Kamis, 12-02-2009 18:53:26 oleh: suteja

ada yang mau jual epson yg bisa print cd /cd tray??
r220 ,c67,dll kondisi rusak nggak masalah ,,,,, kalo ada hub teamsee@yahoo.com atau 08888300910 trims




Senin, 16-02-2009 22:05:55 oleh: rendr4

Ia punyaku juga nie tewas gak idup2 lagi.. pusing.. kendalanya apa ya..



Rabu, 18-02-2009 14:30:30 oleh: putra_armol

gimana ca ngisi tinta epson c90 binngung juga maklum baru punya... hehe... plese help me...



Jumat, 20-02-2009 08:28:10 oleh: aranet

emang printer epson pesakitan apalagi klo udah di infus... c90 dah 3 x gue beli jebol jg... tapi dapet untung dari hasil cetak mending lah imbang... bangkenya gua kasih tukang service..
lagi2 perawatan jangan pake inpus klo buat pake sesekali aja... klo tiap hari gpp, tutup ama selimut klo di toko.. trus kasih bantal deh..




Minggu, 22-02-2009 12:23:53 oleh: TYAS

PERLU DIKETAHUI SEMUA BAHWA PEMAKAIAN BUKAN MASALAH WAKTU BERAPA BULAN ATAU TAHUN, TAPI BERAPA KALI CETAK!..BARU SEHARI UDAH DIGENJOT 1000 LEMBAR JG HEAD BISA BODOL.

ADA BANYAK FAKTOR, TEKNIS, UNTUNG2AN DLL. YG BAGUS 3 TAHUN JG MSH OK. KALO PAS APES PRINT 10 LBR UDAH EROR. MUNGKIN KITA MAU DITAMBAH ELMU SOAL PRINTER. YAH BEGITULAH




Minggu, 22-02-2009 20:31:10 oleh: kangdenny

mau nanya neh sama forum, emang kalo mau service ke epson center (service resmi) harus pake tinta yang asli, klo printer infusan ga di terima ?



Kamis, 26-02-2009 11:03:58 oleh: Orbit

aq butuh timing belt epson R230. udah banyak cetak, jarang bermasalah. tapi sekarang timing belt putus. Ada yang bisa bantu nggak? aku pesan di service center nggk lama buanget!! dimana lagi yang jual sukung cadang area malang-surabaya



Minggu, 01-03-2009 17:37:10 oleh: handry

Epson butuh perawatan lebih apa lg klo da di infus,pembuangan jg harus ada plg ga 1 hari harus print 1 gambar R230 gw da 2 taon 8 bulan Ok ok aza.pemilihan tinta utk refill yg agak milih2 itu cartridge HP.utk hitam bisa pake merk E print.utk warna sebaikanya sblum refill head di teteskan head cleanner terlebih dahulu dan suntik 1/2 Ml head cleanner di masing2 tank.HP F2235 gw baru umur 4 bulan tp da cetak lbh 1 1/2 rim ga bermasalah.



Senin, 02-03-2009 19:01:54 oleh: Bestri Aprilia

Saya bli Epson R250 dr tahun 2006 sampe skrg ga pernah bener. Pertama beli dicoba pake cartridge, namun krn boros saya ganti pake infus. memang harganya murah tapi ga pernah bener ngeprintnya belang2 saya service sampe 4 kali dan alhasil pake cartridge LAGI...saya beli yg original masing2 warna. sampe detik ini ga bs kepake...ya ga nyedotlah kertasnya, ya belanglah..parah abislah!!!



Selasa, 03-03-2009 16:12:14 oleh: hendri

saya mempunyai printer epson stylus c58.
mas bleh minta informasi'a,apa sih merek tinta infus yang bagus untuk printer saya...?
dan bleh tau hrg'a brapa..?
please,blas y
thank's




Rabu, 04-03-2009 23:06:38 oleh: haryono

rencana saya mau beli epson r230...tadi pagi baru nanya harganya + infus rp.2.200.000 ( kawasan pontianak )..tapi setelah baca2 komentar temen2 diatas ..saya jadi ngeri mua beli r230....jadi pusing.... sekarang saya pakai canon ip1000 udah 4 tahun....masig bagus..... yang pertama udah rusaj karna saya kelebihan isi tinta dan bocor... jadi sekali mau print...muncul perintah "the waste ink absorber is full.cantack the service center for the replacement of the waste ink absorber" samapi sekarang printernya masih ada...ndak perbah dipakai atau diperbaiki....temen2 punya solusi ndak ???



Kamis, 05-03-2009 02:23:37 oleh: Hary

Saya pake Epson c87+ sudah 1 tahun pake infus, baik2 aja tuh. Kata tukang infus ini termasuk printer bandel. Tintanya 40 rb/120 ml. Cuma kalau jarang dipake hasilnya nggaris perlu di clean. Yang perlu diwaspadai pemakai epson adalah tinta hasil buangan harus ditampung pake botol di luar. Kalau pake sepon aslinya bisa-bisa mbludak di dalam kita gak tahu, tamaaat kalau sampai begini. Yang penting juga jangan sering dihidup-matikan. Biarkan saja hidup agak lama.



Senin, 09-03-2009 22:10:59 oleh: made

benerr..
epson c 90 gw errroorrr
katanya mainboardnya rusak.. 200rb bo!!
lha gw beli printernya 475br... yang bener aja..
belom setahun gw pake.
ngeprint blom ada 1000lmbr
ganti catridge seriiing.. suka kebaca kosong ( padahal baru ganti )
pokoke epson is the best... bwt ngadalin orang !!

bikin produk yang berualitas dong.. barang reject di jual !!!





Rabu, 11-03-2009 11:35:41 oleh: andi

mas haryono yang ada di pontianak, sy jg pernah ngaliamin hal itu, tapi benerinnya gampang aja koq, tinggal di reset aja, udah beres, jadi ... dari komentar temen2, sebenarnya sy jg da rencana mo beli Epson, koq jadi ngeri ya..?? masalahnya sy da 3 buah printer canon IP1000, sampe sekarang di gunain bwt nyetak foto masih bagus tuh, nyampe skarang dah 3 taonan, yang sering jadi kendala emang : the waste ink absorber is full , tp di pencet tombol powernya, cabut kabel poernya, pasang lagi, idupin .. jadi deh... ohiya, dari ke-3nya tuh ga da yang di infuss



Kamis, 12-03-2009 13:01:16 oleh: haryono

thanks andi...sya akan coba d...



Jumat, 13-03-2009 15:58:37 oleh: HARYONO

oh iya...mau nanya nih...kertas dan tinta apa yang bagus buat vetak foto untuk printer cannon 1p1000...?? sekarang saya pakai kertas durabrigt 230 gram dan tinta blue print... apa ada yang lebid bagus ??? thanks



Selasa, 17-03-2009 09:08:21 oleh: Rhea

Kalo saya pribadi lebih suka menggunakan printer Epson daripada Canon, HP atau yg lainnya. Karena pada awalnya menggunakan printer Canon IP1000 pada saat saya masih bersekolah di SMK. Rusak berkali** trus diantar ke tukang service printer namun tukang servicena plin plan. awalnya dibilang rusak yang lain trus ujung**nya dibilang head printerna rusak n' harus diganti. dan waktu ituch harga ganti headna mahal banget. mending beli printer baru. Akhirnya sy beli printer baru masih merk Canon tapi yg type IP1700 karena waktu ituch printer tsb. lagi booming (Udach jd mahasiswa). awalnya pake tinta asli tapi g'kuat beli tinta asli terus. jadi sy pasang Infus. awalnya lancar tapi setelah kurleb 6 bulan printernya suka error trus**an masuk ke tukang service setelah sebelumnya nyervice sendiri. sampe akhirnya g'bisa dipake sama sekali.

Kemudian beli lagih Printer Epson R230 (Udach menikah) rencananyah untuk Usaha kecil**an digital printing dan langsung pake tinta infus. dan Alhamdulillah Nich printer sangat** memuaskan (dari segi kualitas cetaknya ampe kualitas barangnya yg bandel) ampe sekarang jarang error. paling cuma blink** yg artinyah butuh resetter dan barusan kemarin tinta warna hitamnya g'mau keluar. sempat bingung coz udach di head cleaning berkali** g'bisa malah makin g' keluar. trus suami coba mencabut crtridgenya dan dicabut selang kecil tempat mengalirnya tinta ke cartridgenya (khusus yg bermasalah yaitu yg warna hitam) trus disedot pake injectionnya (tanpa jarum) dan dilonggarkan rolling yang ada disebelah tabung setelah yakin udach lancar jalan tintanya kemudian dipasang kembali. so akhirnya normal kembali seperti semula. Alhamdulillah.




Selasa, 17-03-2009 09:33:19 oleh: Rhea

Saya juga pernah beliin Adik sy Printer dengan merk Epson (8 Agustus 2008). awalnya mo beliin dengan type yg sama (R230) tapi pada saat ituch printer tersebut sudah sulit ditemukan dan kalo adapun sudah mahal dari harga pada saat saya beli. jadi akhirnya pilihan jatuh pada Epson Stylus CX5500. Ampe sekarang Alhamdulillah g'da masalah yang berarti. dan lancar** ajach sampe saat inih.

Setiap ada masalah pada printer. Kami tidak langsung buru** antar ke tukang service. berusaha di service sendiri dengan cara tanya mbah google :-D coz saya termasuk type yang g' percayaan sama tukang service coz takut ntar lain yg rusak lain pula yg dibilang ke kita. padahal rusaknya cuman rusak ringan ech dibilang berat. harus ganti inilah itulah. Padahal masalahnya cuman sepele (hanya gara** kita g' tahu dan g' ngerti masalah printer kita percaya ajach).

Jadi tiap kali error kami mati**an benerin sendiri Alhamdulillah akhirnya ketemu solusinyah.
Setelah tahu.. ternyata oh ternyata.. masalahnya cuman sepele.. heheh.. padahal tadinyah kirain rusak berat.

Sy setuju ama yg mengatakan kalo menggunakan printer ituch kita harus rajin** merawatnyah jangan hanya tahu make tapi merawatnya malez ataupun jarang banget. Trus kalo error dikit tahunya nyalahin si pembuat printer. padahal ada yang salah pada kita yang gunain tuch printer.

Trus pesan sayah.. Kalo mo service printer ke tukang service haruslah dicari servicer yang benar** bisa dipercaya (Jujur). Jadi printer kita aman dari hal** yang tidak kita inginkan.
Sampe saat inih saya hanya punya tempat langganan tempat saya service yang terpercaya setelah berkali** survey. Membeli Accessories PC dll hanya disanah. Coz memang kualitasnya sudah terbukti. So.. sampe sekarang saya masih lebih percaya Printer buatan Epson daripada yang lain.

Canon Kalo udach rusak suka rusak yang berat** dan kalo mo ganti pasti bagian yg terpenting n' mahal. Tapi kalo Epson cuman error biasa. semua tergantung dari penggunaan & perawatan dr kita.




Jumat, 20-03-2009 15:07:59 oleh: Mas Hand

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Klo saya punya Canon MP-145 baru beli langsung infusan. Beberapa hari ini yang warna agak susah keluar Ada udara du selangnya. Saya akalin dengan meniup dari tabung di infus dan di head cleaning, yang berwarna sembuh, tetapi yang item malahan tinta balik tumpah di tabung infusnya. Yang paling penting, kenapa setelah saya tiup dan masuk ke catrit, tinta**nya kembali turun ??? Ada yang bisa kasik pencerahan ???
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.




Minggu, 22-03-2009 00:37:05 oleh: Alexander B

To Mas Han. Coba sedot melalui lubang di cartridge, karena udara menurut saya sudah masuk ke cartridge. Ini berdasarkan pengalaman saya selama kerja di desain grafis n sekarang buka bengkel sendiri.
Kalau masalah epson sama dengan masalah printer lain, kalau jarang sekali di pakai pasti masalah, apalagi tinta compatible rata2 punya kepekatan berbeda dgn aslinya dan lebih cepat kering. Otomatis seminggu paling tidak printer harus dipakai untuk print gambar paling tidak seminggu 3x. Ini juga berdasarkan pengalaman saya selaku teknisi printer panggilan ( bukan co panggilan loh hahaha... ). Salam kenal semua




Minggu, 22-03-2009 21:51:39 oleh: iwan

Sama dong.
saya punya printer epson c41sx umurnya hanya 500-an lembar saja (2 bulan).
pas 1 rim kertas habis,
habis pula umur printer itu.
bolak balik ke service center habis waktu dan biaya (buat telpon sama bensin)

akhirnya beli laserjet.
sampe sekarang aman nggak pernah mampet.
walaupun hasilnya tidak warna warni.
sudah 2 tahun berjalan, sudah 5 rim kertas.
belum menunjukkan tanda2 mampet.

skrg lagi nabung mau beli laserjet yg warna.
merk fuji xerox cuma 2jt-an di mangdu.
mahal dikit tapi hati puasss....

regards,
iwan




Senin, 23-03-2009 09:22:32 oleh: Mas Hand

To : Alexander B
Kemarin uah aku bongkar infusnya, kemudian semua selang aku copot dan aku naikkan tabung infus supaya tintanya turun. Begitu udah netes cepat-cepat aku jepit, bersihkan ujungnya dan pasang kembali ke katrit, kemudian cleaning dan beres. Mas Alex, kalo nyedot lewat katrit yang bawah kan harus ada toolkitnya, belinya dimana ya yang untuk cl-831 ??? Thanks.




Selasa, 24-03-2009 14:39:19 oleh: ardy

Aku ada rencana mau usaha kecil2an buka usaha cetak poto digital, kira2 printer yang bangus hasil cetaknya and murah meriah apa ya.
http://clubhape.wordpress.com




Senin, 30-03-2009 16:59:48 oleh: Risa

duh tolong saya dong semuanya!saya ga ngerti ngambil cartridge printer canon ip 300!caranya gimana ya?apa itu kalo udah habis langsung otomatis kebuka sendiri?



Senin, 30-03-2009 17:42:26 oleh: vicbro

iP1300...diforum2 katanya bagus...



Rabu, 01-04-2009 21:39:15 oleh: setyo raharjo

printer r230ku paper jam terus, kertas harus didorong itu juga gak selalu bisa, kebanyakan gak bisanya. gimana cara bongkar printer tsb ya? tolong kasih pencerahan step by step via email... thanks' bos!! salam kenal ya boz!!



Sabtu, 04-04-2009 12:34:27 oleh: Ray Sugiat

I punya printer R270, sampai sekarang gak bisa dipake karena rusak, sudah sering ke service tapi tetap aja gak bener2, kerusaknya cuma paper jam eror aja sih, tapi menjengkelkan sekali. ada yang punya solusinya gak ?



Senin, 06-04-2009 13:15:40 oleh: angga

buat wahyu....; thank's ya atas sarannya, gw coba ntar drmh
moga aja berhasil. thank's




Minggu, 19-04-2009 15:14:26 oleh: UMAM

AKU JUGA PERNAH NGALAMI RASA KESEWA AMA PRINTER EPSAO C 58,BELUM BALIK MODAL EH DAH MATOT.TAPI NDAK PAPA BUAT PELAJARAN DI AMBIL HIKMAHNYA AJA,KARENA AKU DAH PAKE R 290,DDDDDAN NGHASILKAN FULUS YANG BNYAK BUAT AKU.TAPI TMN-TMN,KLO ADA YANG PUNYA RESETERNYA MINTA DONG BUAT JAGA-JAGA.MAKASIH



Kamis, 23-04-2009 00:56:25 oleh: fedros

General Error
see your documentation
for information about
clearing the error

benerinnya gimana ya..?
ada di lcd epson R310




Jumat, 24-04-2009 16:44:38 oleh: JIMMY NGL

epson ttp ga bs di andalkan,gw sll di kecewakan produk epson,pertama untuk membeli kabel power scan 2480 gw hrs nunggin 2 bulan,dah itu harganya sgt mahal,dan yang ke dua akhir2 ini gw beli R 230,Blm 2 Bln d pake eh..dah rusak,trss gw bawa ke toko pembelian krn msh gransi,mrk bilang motherboar sm power suply rsk,dan mrk mnt 800 rb untk uang servisnya,alias grnsi tdk berlaku dgn alsn priter dah d infus..skrng gw pake HP Trnyt gw puas...



Senin, 27-04-2009 10:58:46 oleh: satriyo

iya... epson sangat mengecewakat. sebagai Anak IT Saya menyarankan jangan membeli epson. udah kapok...... cerita saya hampir mirip dengan mas. AKU SEPAKAT. EPSON MENGECEWAKAN



Minggu, 10-05-2009 22:04:38 oleh: Burdjat

Sy beli Epson C90 setaun lalu karena:
1. Rncana mau pake tinta isi ulang
2. Baca2 orang comment di Internet katanya itu salah satu model yang bandel (di samping Canon).
3. Nanya ama orang tukang tinta suntik, dan mereka jg comment either Epson C90 atau Canon tipe tertentu (lupa).

Pengalaman:
1. 3 bulan pertama langsung ganti tinta suntik yang pake selang (ga inget merk nya).
2. Jarang pake, seminggu cuma 3-5 kali dipake. Mulai mampet2, especially warna biru. Kalo di'clean up' berkali2 mending, then biru mampet2 lagi.
3. Udah ampir setahun, akhirnya kantor sy ganti policy, sehingga printer itu SERING dipake (sehari bisa nge-printe 20 halaman average). Hasil printer ternyata jadi bagus dan sehat walafiat (kecuali sedikit garis biru yg menghilang). Jadi, ternyata kuncinya adalah, kalo udah pake tinta suntik, mesti rajin2 dipake, otherwise pada mampet.

Ampe sekarang sy happy dengan C90. Keluhan hanya kl pake mode yang super cepet, kadang ada garis ngga ke print, tapi itu ga masalah, karena kita jarang pake di mode draft itu.

Ngga nyesel beli C90, cm kalo boleh sy ulangi lagi, begitu ganti ke tinta suntik, wes ngga akan hemat2 pelit2 ngga nge-print. Malah jadi mampet. Hehe.. better u/ dipake continuously.

Cheers!
ET.




Rabu, 13-05-2009 08:01:54 oleh: yadi

gmn y cr ngatasi board hp psc F380&hp psc 1410 yg error?smua lmpu indikator nyala smua



Kamis, 14-05-2009 09:00:44 oleh: wayan

wah klo masalah ink,lampu indikator kedip2 trus baek hp,epson maupun canon tuch mah biasa sering terjadi..n penyelesaiannya masih bisa lah diatasi,buat mas burdjat hati2 klo sering2 dipake trus roller penarik kertasnya bisa masalah loh..mank bagus sih buat inknya..neh skrng saya lagi ada masalah ma rollernya yang epson cx2800 sama canon IP1880..klo yg epson kertasnya tidak mau di tarik n yang canon rollernya muter trus seperti paperjam tapi tidak ada yang nyangkut pokoknya semuanya uda saya bongkar habis..wah yg gw takut'n sensor yg bulat itu..kira2 ada yang tau gak yang cara ngatasinya
tolong kirim ke email saya ya......thnks




Kamis, 14-05-2009 15:08:01 oleh: Nur

Salam kenal

Aku baru beli printer epson R230 skitar 2 mingguan yang lalu, pertama beli lumayan bagus, cetakan ke tujuh hasilnya memuaskan, pi gara2 dipindah langsung error alias keluar garis2..
udah dicoba di cleaning tetep jah garis2..
ampek ku balikin ma yang jual masih tetep ga sempurna, garis2nya tetep ada,. padahal udah pake "best photo" dan "Premium glosy".
Minta tolong dong yang punya solusi kasih tau gimana perbaikannya. Please....

Coz, aku yakin banget pasti ada caranya..
Thanks a lot bwat yang mo ngasih info..





Jumat, 22-05-2009 11:51:05 oleh: Boyke Hutapea

Printer saya Epson Stylus C45 tiba-tiba juga ngadat waktu pertama kali beli. Tinta warnanya pada nggak mau keluar padahal genuine semua. Alhasil mesti ganti catridge. Setelah itu Ok sampai dipakai setahun (memang sering suntik sih). Tiba-tiba warna hitamnya kalau di nozzle check bergaris putih 6 line. Kemudian pinggiran kotaknya ada garis-garis yang nonjol, jadi gambar kotak hitamnya itu nggak mulus pinggirnya. Di head clean berkali-kali nggak mempan. Sudah saya bawa ke Epson Service katanya headnya cacat .... apa memang benar gitu ? Punya saran mas-mas atau mbak-mbak (selain di "lem biru")? Tq ya



Senin, 25-05-2009 23:51:04 oleh: David

Kalo epson sih emang susah,tapi kita harus tau caranya pake infus. aku pake infus C90 aman aman aja. 1 printer dalam 1 bulan bisa dapetin duit 750rb. head masih OK. yg penting perawatan. kalo headnya mulai kotor harus di head cleaner, pasti awet deh.



Jumat, 12-06-2009 13:51:37 oleh: iman

saya pake epson c90... blum satu taon si tinta ga kebaca padahal baru.. saya pasang catridge yang ekonomis T091/2/3/4 ... yang ga kebaca yang warna biru sama merah... pernah pake resetter epson c90... yang pas installnya itu harus ngerubah tanggal komputer dulu .. resetternya apa ya lupa :p... tapi blum berhasil ... saya beli lagi catridge yang baru... pasang .. baru deh jalan .. tapi ga tahan lama ... masa cuman kepake 2 hari...gimana ini epson c90.. puyeng!



Sabtu, 13-06-2009 21:01:50 oleh: Donny

Semua Jenis Printer menurut saya awet tidaknya tergantung dari jenis tinta yang di pakai,kalau menurut saya sudah memakai epson selama 2 tahun r230 tidak ada masalah sama sekali.begitu pula jenis epson yang lain saya pakai g pernah ada masalah.





Kamis, 02-07-2009 07:21:01 oleh: gunawan

sebulan yg lalu gue bli epson r250 tpi hasilnya jelek,baik pake ori ataupun CISS, ditanyakan ke tokonya katanya harus sering di head cleaner, udah tah gtukan, hasil tetep,apa kayak gini semua produk epson, bagi yang punya resetter t20e tolong kirim ke e-mailq, igun16@yahoo.com



Jumat, 03-07-2009 19:53:39 oleh: indra fandy

maaf saya mau nnya.
saya pnya keluhan pada printer Epson Stylus 1390,
saya baru membelinya kurang beli 1 tahun,,dan masa garansinya pun sudah habis. . .
keluhannya adalah ketika saya ngeprint text, hasil dari cetakan hurufnya double jdi kelihatan seperti berbayang,,tetapi untuk mencetak foto tidak ada masalah,dan nozzlenya pun baik....
saya mohon bantuannya bila ada yg tau cara untuk mengatasinya...karena counter servise terdekat sudah tidak bisa mengatasinya,,n' menyarankan untuk membawanya keEpson Pusat Jakarta. . . .
dan karena saya membelinya dgn harga yg ckup mahal jga,,saya mhon bantuannya...




Selasa, 07-07-2009 08:45:02 oleh: Rae Ridha Z

gi mn cara ngebenerin epson c-90 ngebling..........
dicoba kaya canon klo ngebling ko ga bisa.........
ni printernya jd ga bs di pake....
pleaseeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee...........




Selasa, 07-07-2009 16:24:37 oleh: M. Irwan

Saya beli Printer Epson T11 bulan Pebruari 2009 N sekarang akhir Mei 2009 SUDAH RUSAK ... menurut yang nyervic mainboardnya yang rusak jadi engga bisa di apa apakan.... padahal belum balik modal.... pusinh dah...



Selasa, 07-07-2009 21:50:52 oleh: thomas

mas pak r1290nya mau dijual nda?\
kalo iya,konfirmasi saya ya...saya berminat.
makasih...




Rabu, 08-07-2009 06:25:08 oleh: SAPROL

KALO GAK MAO RIBET TULIS TANGAN AJA BRO..HUA ..HUA..HUAAAA.....PEACE!!!!GAK PAKE BUNTU..KECUALI OTAK ENTE YG BUNTU MIKIRIN BOKEP.....



Minggu, 26-07-2009 13:58:31 oleh: Sofyan Iskandar

kesel juga punya printer C45 sering blinking juga warnanya pudar merah keluarnya pink siapa yang bisa benerin ?



Jumat, 31-07-2009 18:02:10 oleh: upik wc

aahhh... semua itu hanya kalian aja yang sial !!!! aku beli epson c90 dan canon ip1880 bulan mei 2008 ... ampe sekarang gak papa tuh.. head lancar... warna juga ok... ini masalah perawatan aja kok... biarpun diinpus dan diisi pake sembarang tinta , masih ok juga... yaahh sebenarnya tipe C90, T11, T20 dan sekelasnya tuh brengsek semua produknya... canon juga gitu... catridge asli bawaannya tuh kualitas 0 baru 2 minggu dah garis-garis gambarnya trus catridge warna mati... trus tak ganti pake yang baru dan ori juga tak inpus sekalian... ternyata ok kok... cuman perawatan aja... padahal ke2 printer itu tak pake dah ngeprint banyak.. hampir 15 rim kertas ampe sekarang... emang siih ada masalah dikit tapi .. bisa diakalin tuh... JADI MASALAH TIMBUL BUKAN DARI PRINTER ANDA, TAPI BAGAIMANA ANDA MEMPERLAKUKAN PRINTER ITU... BAYANGKAN AJA KALO PRINTER ITU ADALAH ANAK ANDA ???? SELAMAT BERJUANG !!!



Minggu, 02-08-2009 09:49:44 oleh: muttakin al iman

wah... stlh ngelihat koment2 td q jd bingung mo beli printer,...




Minggu, 02-08-2009 16:45:29 oleh: Fu Chien

Jujur sebagai tehnisi komputer yang saya lihat justru kebanyakan yang sering bermasalah adalah produk printer canon.
Produk printer Canon memiliki kecepatan print yang tinggi. Namun karena hal ini pula yang sering menyebabkan kerusakan pada printer tersebut. Kelalaian user merawat printer membiarkan cartridge kosong tanpa tinta membuat cartridge short dan tak bisa dipakai. Ini yang sering terjadi.
Sedangkan untuk produk epson, Jujur paling sering saya liat masalah cuma di penarik kertas aja. Yang juga sering terjadi di printer canon.
Terus terang beberapa konsumen saya mengatakan banyak toko yang selalu menggunakan alasan ganti ini itu dan meminta biaya reparasi ratusan ribu.
Contoh : sekitar 1 bulan lalu ada user membawa Epson R290 karena printer tidak bisa berfungsi. Hanya dalam 15 Menit saya perbaiki dan test di depan dia semua lancar dan Ongkos 50rb. Dia terkejut dan bilang sebelumnya sudah dibawa ke toko dia membeli printer tersebut. Katanya Head rusak dan biaya ganti 700 rb serta printer ditinggal sampai head datang. Dia ga mau diganti dan akhirnya dibawa ke tempat saya. Saya cuma bilang silahkan duduk, tunggu sebentar dan semua siap dengan harga jauh dibawah toko tempat dia beli. Dia tanya koq bisa begitu? Saya cuma senyum "No Comment pak kalo masalah itu". Akhirnya saya dapat satu lagi langganan setia. ^^v




Senin, 17-08-2009 15:43:46 oleh: feus

ada yang tau ga cara service t11 mati total, padahal baru buat ngeprint 1000 lembar uda tewas, jadi...........geram ni.., please deh kalo ada yang tau cara servisnya, kirim ke email, thanks



Senin, 24-08-2009 22:43:18 oleh: dewa putu bayu.p

yupsss

tidak semua kok printer epson mengecewakan

saya punya epson c45 yang saya beli 3 tahun lalu

dan printer itu sering kali berganti tangan,,biasa lah anak kos,,,sampai detik ini baik2 saja

mungkin cuma usul dari produk 10 yang diproduksi ada 2 atau 3 yang gagal

dan alangkah lebih baik di kualitas nya dari barang yang akan dikeluarkan dipasaran di teliti agar benar2 siap dijual dikonsumen,,,,

trima kasih




Jumat, 28-08-2009 06:16:10 oleh: wulan

please dunk !! printer gw epson c90 ng-BT in, tinta bleber dan hasil print putus - putus, gara - gara teman gw bilang kalo tinta infusan harus diisi dengan tinta epson yang ori,tp gw isi dengan yang abal,katanya gak masalah... ternyata?? ada yang bisa bantu nggak?? apa harus di service yaa, minta saran nya yaa!! tks....



Sabtu, 29-08-2009 08:30:20 oleh: andhy

tolong berikan solusinya mengenai printer sy epson stylus C79. Tintanya tdk mau keluar apa penyebabnya ? padahal berkali-kali saya cleaning tetap tdk mau keluar sedikitpun....



Sabtu, 29-08-2009 10:23:56 oleh: jandi

tolong berikan solusinya mengenai printer sy epson stylus C79. Tintanya tdk mau keluar apa penyebabnya ? padahal berkali-kali saya cleaning tetap tdk mau keluar sedikitpun....
kirim jawabannya ke email : andhy.andi@yahoo.com




Jumat, 04-09-2009 09:34:44 oleh: asep juharsa

printer epson c79 dan cx2800 tiba2 mati total kenapa? tolong beri pencerahan



Rabu, 09-09-2009 16:44:25 oleh: nafi

cara nyervis board mati c90 gmn



Rabu, 16-09-2009 15:36:07 oleh: hendra

Saya juga sangat kecewa dengan EPSON C79 saya yg mati total, saya telpon ke EPSON SERVICE CENTER mereka bilang kemungkinan besar masalah terjadi pada Power Supply atau Motherboardnya yg rusak..dan ongkos ceknya Rp 70rb blm termasuk sparepart yg diganti.

Dan saya selidiki di internet ternyata banyak kasus yg sama terutama pada printer EPSON produksi tahun 2007.




Minggu, 20-09-2009 15:22:08 oleh: AGUS FAZRI

saya pengguna printer epson 1290 sudah 3 tahun, sudah 3 bulan headnya mati... tolong kabarin dimana ada yang jual head epson 1290 baru??? tolong share di aliftiascomp@gmail.com .......... terima kasih



Sabtu, 10-10-2009 20:56:55 oleh: andriyan fauzy

Saya menggunakan EPSON R230 baru 1 tahun dan saya memakai tinta infus, tapi kenapa selalu paper jam.. dan kadang mengeluarkan bunyi yang membuat saya salah tingkah, dan anehnya lagi Rollnya bergetar. Apa kerusakannya...???
Apa harus ada yang diperbaiki..?
Apa yang harus saya lakukan...?
tolong Share di andriyanfauzy_design@yahoo.com
thank's....




Minggu, 11-10-2009 13:37:39 oleh: AGUS FAZRI

dimana saya ingin mendapatkan head EPSON 1290 ????
Tolong share aja ke aliftiascomp@gmail.com

Saya sangat membutuhkan sekali terima kasih




Sabtu, 17-10-2009 13:27:08 oleh: chairul anam

kalau pakai epson c90 harus sering2 digunakan ngeprint atau paling tidak, powernya on terus supaya tintanya tidak mengkristal dan head tidak buntu.



Senin, 19-10-2009 13:19:30 oleh: Jack Daniels

saya adalah salah satu pennguna Epson..saya pernah pake C43, C45, C58, C90, R230 dan CX1390..smua tu baek2 ja, tergantung penggunaan dan perawatan aja kok..yang paling penting jgn keseringan printer nganggur. smua printer pst ada problem..ga da yg superior..
Btw da yg tau harga penarik kertas untuk CX1390 ga ??




Kamis, 05-11-2009 05:38:28 oleh: arif

saya pengguna epsen c45 emang bandil sih...kerjanya cuman kok epsen saya kalau g saya pkai powernya mati ya aduh nie servis ke 2 kalinya....menurut kau mendingan powernya nyala terus n usahain 1 minggu selalu ngeprint beberapa lembar kalau ngangur malahan rusak dasar print yang aneh....mendingan hp aja....awet...g meres duet....print epsen n canon bener murah tapi kalu rusak2 an ya sama aja mahal...



Jumat, 06-11-2009 20:12:18 oleh: Ubay

Epson R230 Habis di ganti power supley gak bisa narik kertas



Jumat, 06-11-2009 20:51:34 oleh: Ubay

Epson R230 Habis diganti Power Supley Ko' Gambarnya gak Fokus Gimana solusinya?
Share Donk . . . .




Minggu, 08-11-2009 18:01:56 oleh: ahmad adoubleue

epson printer yang bandel dan awet. knapa?
dari arsitektur print headnya mepsom memiliki karakteristik tahan panas karena head ceteride nya dan ikn drum nya terpisah sangat beda dengan merek canon, hp, lexmark yang manaink drum nya dan head cateridnya jadi satu. untuk kita yang menutamakan ekonomis pasti memilih epson karena tidak peelu membuang caterid, dan apabila mai di isi inject tinggal lepaas ink drumnya.




Senin, 09-11-2009 15:53:07 oleh: andre

sangat tidak direkomendasikan membeli printer epson,,dulu karena rekom temen beli epson c65 ga sampai 1 bulan headnya rusak dan selama 7 bulan ganti head sampe 3 kali,, bener2 bikin bangkrut. penasaran sama epson yang emang hasil print nya lebih bagus jika ga rewel.. beli lagi r310 eh ternyata cuma tahan 3 bulan aja,,, sekarang kapok bener beli epson mending beli hp aja udak kepake 2 tahun semua masih normal aja padahal pake tinta refil suntik ..



Rabu, 11-11-2009 12:16:49 oleh: Rizki

saya pengguna printer Canon IX5000 suadh setahun lebih tidak terpakai karena sejak pasang infus 3 hari pakai langsung tidak keluar beberapa warna servise berapa kali hasilnya nihil, kini printernya jadi bangkai, beralih ke Epson 1390 lumayan bandel namun masalah nya sekarang adalah sering general error setiap gagal menarik kertas



Minggu, 15-11-2009 16:50:39 oleh: Irfan abdalla

Aku punya Epson C58 dan dipake produksi untuk cetak photo lumayan bagus juga, tapi emang sih punya printer epson kalo bisa dipake ngeprint sehari min.1lembar biar tinta gak ngendap, trus kalo udah bergaris cukup disedot pake suntikan yang ada selangnya (jangan sering dihead cleaning karena cepat merusak head) saya akui produk Epson yg dulu seperti c58 dan sebelum2nya cukup tangguh di mesin walopun agak lamban sih. trus kalo tinta nya udah LOW, printer Epson tipe yg terdahulu slalu menyelesaikan lembar terakhir sehingga tidak ada kertas yg gagal, tapi kalo tipe T20E yang aku beli kemaren2 sungguh mengesalkan karena kertas berhenti di tengah2 karna tinta LOW dan itu merugikan bahan kertas, apalagi aku pake ngeprint kertas ID Card yg harga 5000/lembar otomatis rugi dong. makanya aku beralih aja ke Epson tipe lama seperti C58. Sekali lagi kalo punya printer Epson jangan terlalu banyak dihead cleaning meningan disedot aja trus minimal dalam 1 minggu dipake ngeprint selembar kertas penuh biar tinta gak kering.. Semoga bermanfaat dan semoga printernya Awet... Salam dari pengguna Epson



Minggu, 15-11-2009 17:20:19 oleh: Irfan Abdalla

Masalah yang selalu dihadapi para pengguna Epson adalah Cartridge cepat rusak, itu bisa terjadi karena:

1. terlalu sering dihead cleaning
tidak dianjurkan melakukan head cleaning secara terus menerus bila hasil print-an anda bergaris-garis, karena hal itu cepat merusak head printer Anda. lebih baik disedot menggunakan suntikan yang pake selang dan dihead cleaning cukup beberapa kali aja, apabila masih membandel juga suntikannya boleh diisi dengan air, trus suntikan air sedikit aja pada tongolan head lalu langsung sedot ke atas (tapi ketika menyuntikan air ke tongolan head, kalo terlalu memaksa nanti head malah bisa bocor, perlahan aja) setelah disedot semua tongolannya kemudian di head cleaning beberapa kali aja.

2. printer dipake secara serentak
terkadang printer yang udah lama gak dipake kemudian secara serentak dipakai untuk ngeprint ratus-ratus lembar ini juga bisa mengakibatkan head soak, tapi jika mau ngeprint karena tidak ada printer yang lain maka cara ngeprintnya harus sering2 diberhentikan/diistirahatkan sekitar 30 menitan lalu dilanjutkan lagi

3. printer terlalu diporsir
printer yang dipake produksi terkadang dipakai sampai 24 jam sehari, ini juga bisa mengakibatkan head menjadi cepat rusak, apabila Anda sudah merasa terlalu memporsis printer Anda lebih baik istirahatkan printer Anda kurang lebih 30 menitan agar head gak cepat rusak.

4. memakai tinta sublim/pigmen
tinta semacam ini merupakan tinta yang cukup pekat/kental, tinta pigmen itu setara dengan DURABRITE, menggunakan tinta semacam ini harus sangat aktif dalam pemeliharaannya, seperti sering membersihkan head dengan penyedot dan tidak membiarkan printer lama tidak dipakai karena tinta semacam ini akan mengendap dan mengeras sehingga menyumbat head dan merusaknya, Apabila mau menggunakan tinta semacam ini harus menggunakan printer yang mempunyai membran Head yang agak besar seperti C67 atau yang DURABRITE available.

Selamat Mencoba, semoga bermanfaat...!




Sabtu, 21-11-2009 19:44:11 oleh: prazt

saya kira baik atau tidaknya printer, tergantung nasib alias "bejo2nan", klo paz dpat produk yng normal mgkn bsa awet, tp klo lgi apes (alias dapet produk yg gagal) y rusak2 melulu, mnurut q semua printer sma aj, ada kelebihan dan kekurangannya masing2,
dan saya rasa printer2 yang baru2 ini emang rata2 cepet rusak dibandingkan produk2 yang dahulu, ngga tau apakah ini emng strategi pmasarannya, biar rusak ganti rusak gnti lagi,




Sabtu, 28-11-2009 13:08:12 oleh: ARIEF

Epson Is The best pokoknya.yang bilang Epson Gampang rusak brarti enggak tau caranya ngeprint yang benar....kalau mau tau solusi pelajari dulu smua,,jangan asal pakek...ok Epson T11 kantorku Udah jalan n normal sampek 1 tahun dan sampek skarang masih ngeprit tuf.padahal aku buat untuk bikin vompany profile sampek 5 kerdus...hasilnya normal sampek skarang.perlu bukti hubungi aku di no 7060707.ok salam kenal.arief.Epson is thebest pokoknya...jangan ragu



Senin, 30-11-2009 14:47:37 oleh: yus karim

saya mau jual printer canon pixma ix-5000, rencananya gak mau pake lagi karena saya sdh kerja pada waktu beli saya perlu bgt untuk tugas kuliah banyak banget kalau print A3 diluar mahal bgt..sekarang harus ganti printhead kan mahal bgt sedangkan saya mau pakenya sekali2 gak rutin jadi saya mau beli yang murah2an aja ...ya udah saya jual aja deh dengan print head baru lho...siapa minat hubungi saya ravly 95816176....



Rabu, 02-12-2009 15:45:09 oleh: nupi

printer epson memang sering gitu..... kalau masalah tinta beres ganti paper jam. Kalau HP yang bikin pusing, narik kertas separo, paper jam... gimana solusinya........ tolooooooooong.



Kamis, 03-12-2009 14:24:59 oleh: Eri Ahmad Faridl

Aku kemarin bawa epson c90-ku ke tempat service karena tinta warna birunya kadang2 tidak keluar, sehingga kalau sedang print foto hasil warnanya kurang baik, tetapi apa yang membuat aku kaget setelah diberitahu oleh teknisinya bahwa print headnya kena dan harus diganti dengan harga 375rb, yang lebih aku heran kok kenapa setelah keluar dari tempat service ternyata hasil printnya tambah parah, hanya tinta warna yang hitam yang normal 3 tinta lainnya tidak keluar sama sekali. Apakah ini kerjaan teknisinya menukar print headnya ketika sedang dibongkar, atau memang kualitas hedanya yang sangat jelek, Walllahualam...!



Minggu, 06-12-2009 11:19:03 oleh: Echa

baru-baru ini printer epson-ku cx5500 rusak, hari ini tepatnya hari minggu tggl 6 dsmbr jam 10 saya bawa ke tempat servis printer, dan menurut tukang servis-nya printer saya sudah meninggal coz mainbord-nya mati... jedeng, sontaklah perasaanQ tak menentu, serasa JantungQ berhenti berdetak, rasa sebel, mangkel, jengkel, marah, sedih, dan semua jadi satu, mana proposal harus dikumpul, tugas2 numpuk,Sterss jadinya....



Rabu, 09-12-2009 11:30:37 oleh: kamal

slam smua...mo tnya ..da yng tau..solusi..printer canon ga (pixma 1880) ...kertasny ga keluar...n tinta wrna g muncul..thx be4 4 info



Jumat, 11-12-2009 14:08:41 oleh: Dian

maret 2007 yll saya beli epson r230, bru 3 bulan pakai hasilnya da ga karuan, alsn dr tokonya klo tabung yang kita pake itu ga bagus, jd yang kena itu headnya, tapi di toko tsb tidak ada garansi headnya. saya jadi kecewa n sselama 2 th ini printer tsb tidak pernah saya pake lagi. Nah skrg ini saya pengen service tu print, gimana ya caranya supaya bisa dipake lebih lama lagi



Kamis, 17-12-2009 19:38:32 oleh: sumaringis

epson R230.... mumet, paper jam mlulu gimana caranya yuch ???

bli printer memang untung2 untungan, bagaimana amal dan perbuatan... wkakak.

tapi yang pasti kalo printer Ok semua, tukang service banyak nongkrong dunk.... wakakak.





Senin, 21-12-2009 07:08:42 oleh: iman w

alhamdulillah dari pertama keluar R230 ampe september 2009 ni printer kagak ada masalah, cuman sekarang print headnya kena, so saya mo nanya ada nyang tau ga di bandung nyang jual printer head buat R 230 ? Hatur nuhun sadaya



Selasa, 22-12-2009 11:26:49 oleh: KARMAN

MEMANG KLO BERBICARA TENTANG ELEKTRONIK ITU SEMUA TIDAK SEMPURNA Itu juga di karenakan cara pemakaian juga bisa, Saya tidak memihak printer manapun semua punya kelebihan dan kekurangan menurut pengalaman saya yang sudah megang beberapa printer Merk HP,Epson dan Canon



Minggu, 27-12-2009 12:38:43 oleh: imam mawardi

kalo aku sih gini, printer epson r230 tu bisa pake maksimal 1 tahun (kl kerjaan padet) nah kalo untuk bisnis sih ok aja, tapi kalo buat rumahan rugi banget. aku beli r230 maks 2 juta. trus buat nyetak foto satu bulan maksimal dapat 5 juta setengahan. kalo satu tahun udah berapa ? rugi nggak beli epson ?



Minggu, 27-12-2009 16:53:30 oleh: maemunah mulyaningsih

saya sudah lama beli Epson ,semua lancar-lancar saja ,karena pemakaiannya hanya untuk membuat program-program dengan warna hitam,eh kemari pas saya mau print poto,warna merahnya sama sekali gak keluar,malah warna kuning dan putih yg dominan.warna hitam sih pd rambut jug sdh agak bercampur kuning.Jadi gimana tuh kalau mau bagus lagi mesti bagaimana?Saya dulu beli 1 thn yang lalu



Kamis, 31-12-2009 20:41:35 oleh: imam mawardi

Lhah itu masalahnya mbak, njenengan punya printer photo ndak dimanfaatin, kalo tintanya nggak sering dikeluarkan ya jadinya beku, akhirnya ngadat deh, minimal seminggu sekali waranya harus dipakai, kasihan katridnya. kalo hanya untuk dokumen BW aja saya saranin mbak pake yang murah seperti canon IP1880. tapi sebelumnya harus belajar nyuntik dulu. nih aku kasih tips buat nyuntik katridnya canon,(Kalo Epson nggak bisa disuntik) tarik tinta maksimal 3 ml. habis itu suntik ke katrid. sisakan 1/2 ml saja agar gelembung udara nggak ikut masuk ke kartid, selama ini printerku aman - aman saja. udah 2 tahun looh



Senin, 04-01-2010 19:09:12 oleh: ELIN HERLINA

Saya baru beli epson stylus T20E 3 MINGGU DAN PERHARI CUMA 4 LEMBAR SAYA NGPRINT TAPI SEKARANG PRINTER SAYA TIDAK BISA DIGUNAKAN KETIKA LAGI BAGUS POWER NYALA YG WARNA KUNING TAPI SEKARANG JIKA DINYALAKAN POWERNYA SELAIN WARNA KUNING JUGA NYALA WARNA MERAH,SAYA MESTI BGAIMANA,SEANDAINYA DIANTARA PEMBACA ADA YG PUNYA SOLUSI SAYA TUNGGU DI EMAIL HERLINAE47@YAHOO.COM,TERIMA KASIH ATAS PERHATIAN DAN BANTUANNYA.



Rabu, 06-01-2010 09:10:46 oleh: riyan efendi

ass mas sy mau nanya knpa ya printer r230 buat nyetak gak da hasil sama sekali mohon bantuannya trim wasalam



Kamis, 07-01-2010 15:28:32 oleh: hama

gak EPSON gak yang lain...
semua kudu di reset kalau udah habis masa nya
kok gitu , padahal kita udah beli tuh barang pake duit kita, LA kok harus direset ulang
GIMANA CAK....
PLEASE SOLUSINYA...




Selasa, 12-01-2010 06:47:13 oleh: annas

aku punya maslh dg t11,,, aku pasang infus kok bis di nyalakin gak mau geser ya catridnya, lampu power kedip kedip,,, tolong dong aku butuh bantuan dari para pembaca makasih



Sabtu, 16-01-2010 22:56:20 oleh: bambam

saya 5 tahun pake epson ,, mulai dari c45 , c 58 , c90 , r230 , r800 ,, hasilnya OK BANGET ,,kalo pake sistem inpus ,, beli tinta yang berkualitas ,, nyari yang rada mahal ,, biar head nya awet ,, biasakan di pake tiap hari ,, 5 tahun saya pake ngak ada masalah tuh ,, kalo bergaris di cleaning aja ,, apalagi kalo pake R230 atau R800 ada sofware CCS nya ,, bisa ceaning satu per satu warna ,,

tapi biasanya kalo di pake lama kualitas rada berkurang ,, tapi wajar kan namanya juga di pake ,, salam




Senin, 18-01-2010 23:06:36 oleh: ari aryanto

klu printer R230 sesudah di head cleaning trus menjadi blinking brarti sensor kertasnya kerendam ama tinta,.. klu bisa bongkar aja head cartridgenya,, trus di bawahnya ada sensor kertas,, cabut aja,, trus bersihin pake kapas,.. sampe bner2 kering,.. sok gera pasti bisa,.. trus kalo head cleaning atau noozle check jangan terus2an,, sbb klu terus2an jga ntar sensor kertasnya bsa kerendam ama tinta yg ngga sempet kesedot ama printer,.. mnrut aku epson R230 ama Epson 1390 JUARA!!!!!!,.. msalax klo tau perawatannya, + pakainya ga asal2an mantep tuh barang!!!,.. aku pertama beli printer R230 pas harganya msih 1.150 rbu,.. aku beli sktr taun 2004/2005an,, sampe skrng alhamdulillah msi hebatTT!!!,.. pernah di servis 2x,.. tpi skarang lancar lagi,, normal,..



Rabu, 20-01-2010 01:56:18 oleh: maul

menurut ku kemungkinan besar product print yang ada di indonesia tidak 100% baru. kayaknya udah di riset ulang oleh para ahli sehingga pas kita beli tidak selalu mendapatkan yang bagus.kebanyakan dari seri di indonesia nggak ada di situs resmi product printer.seperti HP djt d2446 cari drivernya nggk bisa ditemukan...



Rabu, 27-01-2010 17:00:57 oleh: Nurhadi

sama kang epson c90 ku juga sering masalah kadang semua kertas ikut ke tarik kadang ngadat sampai di rol aja wah payah nih epson...



Rabu, 03-02-2010 14:27:45 oleh: Eko RB

Aku pakai Epson C45 dan tinta infus, sdh hmpir 6 thn dan gak pernah ada masalah.



Kamis, 04-02-2010 00:33:32 oleh: Ahmad

Gw juga pake Epson c90 n' mengecewakan abiz.... tp karna gw suka dengan hasil cetak fotonya yang baik, jd gw beli lagi epson TX111 n Alhamdulillah lancar ga da masalah...... moga za epson makin murah hati n makin baik kualitasnya......



Jumat, 05-02-2010 14:58:28 oleh: Achmad Suryanto

Aku juga sudah pakai Printer R230 selama 3 tahun sampai sekarang tidak ada masalah, memang benar semua tergantung perawatan, padahal setiap hari aku pakai nyetak apa ja, kertas photo, kertas biasa pokoknya sembarang kertas, ya Alhamdulillah sampai sekarang baik-baik saja, tapi intinya cara ngerawatnya sangat hati-hati artinya tau kemauan printer harus diapain masalah tinta aku selalu pakai yang asli, ya sama kayak manusia gak suka makan pedas jangan makan pedas nanti sakit perut, ya to.



Rabu, 10-02-2010 12:50:01 oleh: indra

ada yang tahu nyara nyuntik epson c58 gak?



Rabu, 10-02-2010 16:35:00 oleh: arya nugroho

printer gue R230,slalu aja hasil cetk foto gambarnya ngebayang,udah kemana mana servis hasilnya sama ga da yg bisa,padahal baru beli 4bln,udah gue alligment tapi tep ga sama hasilny ngebayang......please




Sabtu, 13-02-2010 10:57:46 oleh: simons

epson emang mengecewAkan..................



Minggu, 14-02-2010 07:53:07 oleh: rendi

emang barang barang sekarang pada ancur semua,. belum 2 pekan dah ngebangjke,.epson dan kawan kawannya., v tergantung perawatannya juga c., barang mah bagus produk dulu gan,.,



Rabu, 17-02-2010 14:27:44 oleh: abu dawud

saya juga begitu...tapi printer saya sudah sekitar satahunan Epsonr230 saya nyari-nyari di kotaku gak ada sukucandangnya,Ih..sungguh merepotkan,tapi kenapa pihak Epson sendiri tidak memberikan sukucadangnya di kotaku ya,kotamobagu




Sabtu, 20-02-2010 18:14:22 oleh: wahyu madiuna

pake tinta merk apa? yang support dg SP 1390
untuk cetak photo agar tidak gampang pudar warnanya saat ini pake merk skyprint infus (type printer SP1390)




Selasa, 23-02-2010 13:58:20 oleh: SANDY

printer epson r270 gue rusak sparepart mahal abis apa ada murah buat print headnya kasih tahu gua ya kalau ada yang murah



Selasa, 23-02-2010 15:45:26 oleh: hama

Nggak epson nggak canon.....
kok setiap kali harus reseter...
itu produk kan udah kita beli....
pakai duit kitaa......
terserah gue donk mau bikin cetak 1000000000 kali




Minggu, 28-02-2010 15:22:46 oleh: achengwahid

semua printer menurut saya sama kadang klo gak banyak d pake agak bisa tahan lama juga,itu tergantung kita merawat printernya gimana,canon,epson,hp,itu sama juga pasti ada rusaknya.yg penting itu d tempat kita harus ada sukucadangnya yg husus printer,saya pya printer epson r290 sma t50 itu brmlemnya pepper gak bisa masuk,,,klo ada yg tau cara betulinnya tolong beri komennya kita diskusi sama sama



Minggu, 28-02-2010 22:19:28 oleh: reksa

r230 best asal tau penggunaanya saya dah pakai 4 bulan dah balik modal 5x lipat dari penghasilan cetak poto.ada sih masyalah- masyalah kecil. tapi hasil cetak foto sampai skrng gak berubah is okelah.saya pakai tita surya ink harga 15 ribu
cara pemakaianya biar awet dan gak banyak masyalah:
1. matikan printer seminggu sekali
2. perhatiin jangan telat isi tinta ke tabung infuss
3. pakai terus berhari-hari ngeprit foto

aktif dalam pemakaian dan perawatan itu kuncinya
dulu saya dah pakai canon ip4000 dan ip5000 oke skrg dah rusak head catrid maklum usia dah tua.dan yang sekarang saya pake r230 top banget dari kualitas foto dan kebandelanya karena dah saya uji dengan mencetak foto kalender A4 full color 175 lembar dalam sehari.dgn setting glossy photo paper. sampai sekarang is oke tidak ada perubahan warna photo.dapat ditarik kesimpulan semua printer bagus
tinggal tahu perawatan aja.salam




Kamis, 04-03-2010 00:26:54 oleh: tina

Printer awet tidaknya itu tergantung dari orangnya..kalau orangnya bisa merawat tu printer pasti akan awet..kalau yang makai printer tu orang cpo+bgo ya cepet rusak tu printer..



Sabtu, 06-03-2010 12:14:02 oleh: natrasto wa

mana nih yang pakai Brother, Lexmark dll.
aku pakai 5 printer HP 3920 (4 tahun), Epson C43SX (6 tahun), Epson T11 (1 tahun), Canon IP 1980 (1 tahun), Epson R230 (1 tahun) semuanya ok2 aja. Intinya untuk usaha pemakaian jangan di forsir istilahnya. kasih istirahat 1 hari. jadi harus punya cadangan gitu. dan saya belajar sendiri tentang perawatan, service dan karateristik masing2 printer (googling aja). saya ikutin aturan yang ada. Tips dari saya; 1). bersihkan sebersih mungkin printer dari kotoran terutama debu. 2) tutup pakai kain printer bila tidak digunakan. 3). jauhkan dari guncangan. 4). luangkan waktu sedikit untuk mengenal printer anda...SEMOGA BERMANFAAT...




Senin, 08-03-2010 10:22:05 oleh: adi

Emang printer epson lemah di headnya. kalo da sekali masuk service dan ganti head bakalan serng masuk lagi. walaupun kita pake tinta original dari epson ngak menjamin



Senin, 08-03-2010 22:55:05 oleh: Yanto

Printer gw epson c90 udah pake 2th, gw pake cetak foto kurang lebih 10rb lembar, dan tiba2 rollnya ga mau gulung dan diservice habis 75rb, lalu tintanya macet warna merah diclean 10x tetep aja hasilnya lalu gw sedot catridgenya agak berat sih, dan setelah itu bisa lancar, dan setelah ngeprint beberapa kali macet lagi gw sedot lagi catridgenya lancar... gw curiga apa karena spon dicatridnya mengeras sbb kalo disedot rasanya berat banget. Kalo ganti catridge infus apa bisa lancar ya ?



Selasa, 09-03-2010 11:00:01 oleh: yudianto

saran buat teman2 yang baca ini klo mau bli printer, jangan coba2 bli epson mending yang merk yg lain aja ,pengalaman buruk buat saya baru bli printer epson r230, bru bli uda rusak,di pasangkan infus hasilnya malah jelek gambarnya putus2,garansinya juga ga jelas, bilangnya 1 bulan uda bisa d ambil taunya 3 bulan blum bagus2,rugi dong kita buat usaha,sudah bli mahal2 hasilnya tidak berkualitas.



Rabu, 10-03-2010 12:17:26 oleh: ahmad dani

salam kenal buat all .saya baru beli printer epson t20e.kalau ada saran untuk penggunaannya yg baik gmn.supaya awet terusssss



Rabu, 10-03-2010 15:41:01 oleh: supriyanto

kecewa..................baru beli printer epson T20E (infuse) awal februari 2010, sampai sekarang tinta hitam tidak mau keluar, ada solusi???? tokonya bilang tidak ada garansi?



Rabu, 10-03-2010 17:38:04 oleh: anang subhan

saya rasa semua barang elekronik emang ngak semuanya sesuai dengan yang kita harapkan... tapi dari semua printer yang masuk servis di tempat saya, jarang sekali ada kasus main board mati pada epson c90, t11, t20e... baru 1 kali saja.. dan rata epson yang di servis paling hanya kerusakan ringan yang biayanya 30.000. di bandingkan dengan printer canon.. rata2 yang masuk tempat servis saya kebanyakan kasusnya ganti cadridge.... 1 cadridge yang warna harga 200 rb an.... begitupula dengan hp... itulah pengalaman saya... makasih... by teknisi braling computer jl teluk mandar 51A arjosari malang



Senin, 15-03-2010 22:31:50 oleh: Nawira_a

Trik Pemakaian Printer :
- Printer CANON : lebih kuat n awet bila untuk nyetak plain paper alias cetak biasa, Catride akan gampang jebol bila nyetak kwalitas Photo (dalam bentuk apapun).
- Printer EPSON : lebih kuat n awet bila untuk nyetak kwalitas photo, dia gak tahan lama bila hanya untuk nyetak text-text doang.
- Printer HP : Kwalitas cetak seakurat gambar aslinya, cuman kita harus punya duit extra untuk beli cartride bolak-balik, catride tidak tahan lama, paling bagusnya diisi sekali dua kali doang.
SARANN : bila pemakaian cetak tulisan doang pilih CANON aja, berapapun tipenya asal jangan sampek kehabisan tinta, trus kalo buat nyetak photo jangan pilih macem2 langsung ke EPSON yang type 'R' Photo.
OK.... semoga bermanfaat....




Minggu, 21-03-2010 17:38:48 oleh: William

Saya pake epson C45 sudah hampir 5 tahun ini ga ada masalah... hanya pernah tempat penampungannya penuh...

Saya juga mau tanya kalau mau di modif bisa ga hanya yang warna hitam saja. Jika bisa berapa perkiraan harganya dan merk apa yang bagus.




Rabu, 24-03-2010 17:04:04 oleh: Heru Prabowo

Saya memiliki Printer epson R230 60 Unit...Permasalahannya Bermacam2x......Ada Yang Punya Solusinya....



Kamis, 25-03-2010 11:17:09 oleh: kanpai

PAKAI PRINTER LASER JET WARNA AJA, MEREK APA SAJA OK.



Kamis, 25-03-2010 14:49:11 oleh: dhija

printerQ epson tp agak lupa tipex....infus tp tinta hitamx g mau keluar...kira2 masalahx dimana ya????




Rabu, 07-04-2010 22:34:59 oleh: IKRA YOGI

duh...aq ad masalah nih aq punya epson 1390 tp ngak mw keluar warnanya....dah dibawa kemana-mana hasil nya sama ...kayanta ganti head...padahal wat bisnis foto ko ya.....trs ni gw beli R230x ngk Tw ni blm truoble....tp...gw akui epson memang bgs ko..yang penting tw prawatanya aj bosssss.....



Selasa, 13-04-2010 13:31:58 oleh: dony

saya pakai epson c67 pakai influs dr thn 2003 sampai sekarang hasil dan printernya masih oke, apalagi dh 6 bln saya pakai bwt pakai di warnet dh ribuan lembar ga prnh ada masalah, walaupun ada paling2 cuma cukup di resetter aja.



Kamis, 15-04-2010 10:14:16 oleh: agus sl

aq beli printer epson t20 empat bulan yang lalu.beli langsung di infus.awal-awal bagus.tapi kemarin hasilnya dah garis-garis.aq bawa ke tempat servise katanya headnya dah ga bagus harus ganti,karena harga mahal jadi aq bawa pulang lagi.bagi temen-temen yang punya trik trik servise head epson tolong kirimi caranya ya.... makasih



Jumat, 30-04-2010 15:26:32 oleh: anadalas

aduuuh printer Epson lagi yang bermasalah, aku baru beli epson11 belom da setahun service udah hampir 10 kali, gara2 diinfus tintanya banjir buat nyetak ga bagus putus2 gambarnya, memang ada bagusnya sih kalo pake suku cadang yang orisinil tapi kualitas produk dijaga donk jangan kecewakan konsumen kaya begini wassalam



Selasa, 04-05-2010 20:14:22 oleh: Taufiq H

Untuk epson, aq cuma pya 1 (C90) pake kira2 3bln lgsng msk service di toko. ktanya yg pya toko boardnya kena. padahal ntu printer jrg pake.tp untuk canon aq pya 6(Ip1000,2bh Ip1700,Mp145,Ip1880,Ip1980) 3 ngga pake kena headnya)yg MP145 udh tggl kerangka utk kanibalan.aq emang malas beli cartridge krn diitung2 enak lgsg printer baru nambah dikit. dri pengalaman canon emang lbh bandel, tapi utk photo kaeknya lbh prefer epson. trus yg skrg pake IP1980 (infus), tapi udh dilobangi selang pembuangannya lgsg keluar dari body.abis aq bka rental jadi byk print & cleaning head. kalo eror atau blinking biasa seh di reset aja beres.byk kok reseter di googling. utk krts yang ngga narik, biasanya di sistem roda penarik ada pin yg lepas (harus bongkar. segitu aja sharing dari aq.thanks for all.



Kamis, 06-05-2010 15:56:14 oleh: lukmanis

printer epson ku punya yang c43sx, bli dari temen yang jarang di pake,ku beli dgn harga 50.000
ya kondisi tinta hitam agak bergaris banyak(tdk normal)..tp bisa di normalin pake aplikasi ssc,d aplikasi tersebut ada menu opsi power full cleaning,,setelah berkali-kali di powerfull cleaning ya lumayan bisa normal lg tu hasil print warna hitam..
tp memng banyak menghabiskan banyak tinta setelah di powerfull cleaning..sebelumnya ku buat tinta pembuangan eksternal dahulu,agar tinta yang terbuang bisa di gunakan kembali..selain mambuat tinta pembuangan,aku jg membeli chip resetter,agar cartridge bisa di reset ulang jika sudah berkedip..harga chip resetter ku beli di mangga dua dengan harga 70.000
ya sampai sekarang printer epson c43sx ku msh bisa di pake..
sedikit tips dari saya,biasanya jika printer gak di gunakan,sebaiknya kabel ac powernya di copot,agak arus listrik tidak terpendam di mainboard,sehingga printer bakalan awet...
thnks..




Rabu, 12-05-2010 18:34:37 oleh: gilang j

saya kesalll sekali dengan primter saya ini(epson cx5500)baru aja ngeprint full page 2 lembar udah errorrr...
udah bolak balik service....
udah di reset ulang tapi tetep aja lampu stop nya merahh terusssssss

ada solusiii?????




Selasa, 18-05-2010 02:23:14 oleh: kika hasan

mau ikutan gabung boss
menurut pengalaman saya, problem muncul setelah pake tinta yg pake infuse. untuk informasi saja jenis tinta ada beberapa macam ada jenis tinta dye ink, pigmen atau durabrite, ada sublim dll. khusus untuk tinta jenis dye ink ini tinta berbahan dasar air, tinta ini tidak tahan air sehingga gambar mudah pudar di bandingkan dengan pigmen atau durabrite ( tinta pigmen atau sublime tahan terhadap air, panas matahari, dan gas. kita harus tahu penyebab macet atau rusaknya printhead akibat tinta refile yg tidak homogen ( test nya gampang taro saja tinta refile didalam botol selama 1 mingguan dibiarkan saja, kalau terjadi endapan di dalam dasar botol tinta berarti kualitas tinta refile tsb di pastikan jelek krn bahannya tidak homogen.
nah untuk problem rol karet pengalaman saya itu yg rusak biasanya rol karetnya saja kalau sudah gundul memang hrs di ganti, tapi bisa diakalin dengan menggaljal rol karet tsb dgn doble tip pengalaman jenis kertas juga bisa bikin printer jadi nggak narik biasanya jenis kertas art papper doble side glossy, mate papper.
sebetulnya untuk kerusakan Printhead bisa dilakukan dengan penyemprotan dgn memakai pembersih printhead, diluaran sana banyak yg jual cleaner head, nah problemnya cara pengerjaan hrs orang yg fropesioan yg ahli krn bisa_bisa jadi ngerembet ke yg lain rusaknya. khusus untuk cairan pembersih head yg penting jangan mengandung alkohol krn bisa menyebabkan printhead cepet rusak.
kalau senang di infuse tentu selain tinta cara meng infuse printer juga harus benar, pastikan bahwa tinta didalam catride harus 98 % harus terpenuhi tinta ( caranya kocok-kocok catride nya dan perhatikan apakah dalam catride lebih banyak tinta atau atau gelembung udara ? )
mengenai printer yg lampu power dan tinta nya bergantian biasanya blinking artinya couter riset di motherbot penuh itu harus di riset pake sofwere ( tandanya kalau di status monitor ada kalimat, ..... call servise center nah itu artinya blingking. semoga ber manfa




Jumat, 21-05-2010 16:40:34 oleh: hastin

pengalaman saya di awal, pakai printer tx111. Masalah kwalitas photo ok hanya 2 bulan. pertama tinta harus mengikuti dari permintaan printer tersendiri type dan jenis apa yang mesti dipakai. kedua printer jangan terlalu dimatikan dan hidupkan diusahakan harus stanbay kalau mau dipakai terus atau untuk berbisnis sambil nunggu konsumen printer harus stanbay jangan begitu datang pelanggan dihidupkan setelah selesai matikan. itulah 2 point menurut pengalaman saya. catatan kebersihan dijaga contoh debu dan setelah diawal dihidupkan clener dulu satu kali (1 kali per hari).



Sabtu, 22-05-2010 13:16:13 oleh: irfan

Baguslah karena cuman sekali jeleknya... Klo printer Epson T11 yang bru 2 hari kubeli, tiba2 rusak headnya.. gimana nih...



Minggu, 23-05-2010 12:05:00 oleh: judo

klo menurut gw sih oke-oke aja tuh epson...sampae sekarang gw pake tiga printer , 2 type T11, dan satu type TX110, udah dipakein infus tiga-tiganya...udah dipake ngeprint modul sampai ratusan ribu lembar (ada fotonya juga)..fine-fine aja tuh...



Kamis, 27-05-2010 11:22:18 oleh: rikha suroso

pada dasarnya semua printer baik, tinggal cara pemakaian dan perawatan aja yang perlu diperhatikan,saya sudah pernah pakai printer berbagai merk, HP, Epson dan Canon, hasilnya sama aja, semuanya baik klu kita nyawatnya baik, semuanya masih jalan. maaf kalau nyinggung



Minggu, 30-05-2010 13:49:31 oleh: dwi

sama , pakek epson



Selasa, 01-06-2010 22:02:10 oleh: chandra

jangan ambil epson 1390 ,, mengecewakan sekali.. waktu kita bs habis terus ke tempat service.. bnyk mcm masalhnya.. sudah diganti ini dan itu nanti entar ada lagi yg menyala,, capek deh..saya baru beli 1390 paling baru 7 bulan saya pake ,, ketempat servisnya udah 25 x ,,, sekali servis taulah.. lebih bgus klo udah rusak dibakar aja,, atau buang ke laut atau sungai..biar tdk jadi pikiran



Senin, 07-06-2010 12:21:37 oleh: saepul maulidina

aku pake epson r290,tapi pake cetak malah ada garis pas print,aku bawa ke tukang service katanya harus ganti printheadnya 850,y aku ganti tapi sampai 1 bulan belum kelar juga malah katanya tambah masalah di kompanya jadi menyedot tintanya ga normal aku jadi bingung tolong solusinya gimana.



Selasa, 08-06-2010 20:24:41 oleh: fadl

nih yah....+sy tuh rusak epson t11...trus dilariin deh ke tukang service...kayanya hrus ganti head harganya 350.000...waduw..duit darimana y...akhirnya ngumpulin dulu tuh duit 350.000 selama sebulan....trus pergi lagi ke tkang serivice yang sama...sy ga ngomong nih printer rusaknya apa...cuma ngomong tolong di cek...eh dia bilang printer sy ga apa-apa trus cuma byar 25.000 bwat service aj...tau gini waktu itu aj lgsg di service...cape-cape ngumpulin duit eh...printer katanya pok ok aj...mana yg bner yah



Kamis, 10-06-2010 08:39:40 oleh: dody asmara

ass.saya jg sanngd kecewa dgn printer yg saya br beli sktr 4bln yg lalu d jakarta yaitu epson r290,setelah saya bw pulang k bengkulu saya gunakan untk mencetak fhoto d outlet saya,trnyata br saya gunakan sekitar 5 hr tuh printer rusak ...... tukng sevis d bengkulu bilang mainbodny yg rusak jd km gak ada alatny...... mau tak mau saya harus memboyong lagi ke jakarta mumpung msh garansi..
sekitar 1 minggu d opname akhirnya printr saya bagus dan sdh samapai di bengkulu tapiiiiiii ternyata saya masih apes ternyata umur printr tersbt cm 3 hari dan mati lg.
allhamdulilah sampai saat ini printer epson R290 saya msh d kliniknya belum sembuh2.




Jumat, 11-06-2010 09:15:33 oleh: batara

printer epson r230 punya saya;stiap dihidupkan dngan menekan tombol power, lampu indikator diatas(yang gambar tinta + tong sampah/kertas nyala kelap-kelip bergantian,sementara led Powernya malah ga nyala



Sabtu, 12-06-2010 11:24:23 oleh: besaruddin

emang epson ne mengecewakan saya sebagai teknesi printer kesulitan mencari masalah nya, lain dengan printer hp dan canon lebih muda cari permasalahan nya.



Senin, 14-06-2010 20:18:58 oleh: sita

aku pake EPSON T20e (infus), pertama dicoba sih bagus, tapi setelah sampe rumah lampu warna merah sering nyala dan harus di head clean terus. padahal klo sering2 head clean katanya bisa buat printheadnya jebol ... ada yang bisa kasih solusi ke aku nggak?? oh ya seringnya warna biru nggak mau keluar ... help me ... bisnisku jadi macet niiih



Selasa, 15-06-2010 16:18:43 oleh: Ndien

waduh...waduh jadi puyeng nih, ternyata beli printer banyak keluhannya,tadinya sih aku mau beli printer epson tapi setelah baca kok banyak yang ngeluh sama epson.... emang ada enggak ya printer merek lain yang bagus, bisa diinfus dan harganya murah...tolong dikoment donk.....makasih sebelumnya



Selasa, 15-06-2010 19:29:17 oleh: sigit

keruskan pasti lah disebabkan dari beberapa kemungkinan...
mungkin jarang diapkek akhirnya tinta membekukan headnya...karena tinta itu cuma campuran zat cair dan picmen waran ya pastilah lo ga dipakek airnya menguap dan picmen warnanya mengendap...buntu deh kena headnya....
trus masalah mati....itu dilihat juga dari segi mana kok bisa mati...jangan2 listrik ditempat nya emang ga normal...nak turun gitu..pakek stabilizer atao semacam ups gitu...setidaknya agak membantu arus listriknya...
lo menurt gue sih khususnya epson R230 bagus kok...berjalan 3 tahun sudah....




Selasa, 15-06-2010 19:38:15 oleh: SIGIT

ya emang untuk kelemahan di printer epson susah di spare partnya...
tapi awet juga lo tau perawatanya....
emng lo sering di clean bisa jebol headnya...
ga dilihat apa perintah yang di monitor kenapa merah lampunya...
susunann sselang mungkin???ga pas...ato inktanknya ga detek ato minta replace....
trus dipastikan tinta yang ada di selang infus penuh ga...
jangan ampek masuk angin istilahnya...
biar tetep bagus hasilnya
selamat mencoba..dicek dulu oke




Rabu, 16-06-2010 10:54:39 oleh: hehen

aku juga pake printer epson t11, baru 6 bulan belum ada 1 rim buat ngeprint ngadat. aku benerin sampe rumah rusak lagi benerin lagi sampe rumah rusak lagi malah udah bayar ongkos bongkarnya, dan akhirnye dengan enteng mereka menjawab kerusakannya pada boardnya harga sparepartnya sama kaya beli printer baru, terima kasih............... smoga jadi pelajaran produsen



Kamis, 17-06-2010 19:18:07 oleh: Andry

Saya juga pakai printer R230 beli 2 buah...tidak sampai setahun ke dua - duanya sdh rusak...memang printer epson sungguh mengecewakan..mau ganti merek lain belum tahu apa yang terbaik.



Jumat, 18-06-2010 08:48:25 oleh: Danang

Di Solo ada yg jual mainboard c90, coba buka http://vcssolo.blogspot.com/2010/02/mainbord-epson-c90.html



Sabtu, 19-06-2010 16:22:22 oleh: wardan

saya pake epson R290 (modifikasi infus)
dari bulan februari tahun 2007
sampai sekarang masih bagus dan tidak ada kendala berarti.
perawatan saya sederhana :
- tidak mencetak lebih dari 100 lembar dalam satu waktu, artinya per 100 lbr harus dimatikan dulu sekurang2nya 30 menit.
- tidak terlalu sering "clean head"
- jangan mengisi tinta full tabung, karena menyebabkan tinta di catridge otomatis keluar karena tekanan dari tabung infus.
- jika nozzle cek ada warna yang sama sekali tidak keluar, matikan printer kurang lebih 1 hari dan tinta yang ada di catridge dikosongkan, kemudian disedot lagi dari bawah catridge memakai suntikan.




Rabu, 23-06-2010 19:21:01 oleh: bikasmara

Saya dah pake printer merk epson. Hasilnya, C58, udah kepake print 40 rim lebih (1 th), sampai sekarang masih normal. Dikarenakan kebutuhan cetak bertambah, saya beli lagi R230. Sampai hari ini udah udah habis sekitar 25 rim (2 bln) dan masih normal.
Tips perawatan : Jika salah satu tinta tidak keluar, gunakan fasilitas head cleaning dan jangan lebih dari 3 x head cleaning. Jika warna belum normal, matikan printer selama 3 jam. Nyalakan dan test. Jika masih belum normal, cleaning kembali. Jika sampai 3x di cleaning belum normal, matikan selama 1 hari. Jika proses ini masih tidak normal, baru keservis Epson Resmi.
Catatan : Selang pembuangan tinta harus dikeluarkan dan di beri bak penampungan, supaya buangan tinta tidak merusak board print. Semoga bermanfaat




Senin, 28-06-2010 13:28:12 oleh: imam serv printer

print merk apapun yang beredar dipasaran adalah print untuk rumahan bukan untk usaha / percetakan, printer itu akan awet apabila printer digunakan unt cetak sewajarnya bukan kebut2an. dan yang sering trouble dihasil cetak biasanya memakai tinta isi ulang type dye (type yang terendah dari type2 yang ada)klo konsumen memakai tinta yg disediakan oleh pihak printer maka dijamin print head akan awet, tinta type dye (paling murah diantara type2 lainnya) adlah tinta yang cepat mengkristal jadi akan membuat print head buntu, sedangkan tinta yang disediakan pihak print hrgx tdk terjangkau oleh masyarakat jd konsumen tidak bisa menyalahkan pihak print (Epson)



Minggu, 04-07-2010 22:44:09 oleh: suhendy anwar

Bisa minta lontong ehh... tolong. Saya baru pake epson c45 dan belum tahu cara resetter setelah ngisi tinta. Soalnya setelah saya isi tinta tampilan di monitor masih muncul pesan "black ink out" kemudian lampu powernya blinking dan lampu merahnya nyala. Ada yang bisa bantu? Thanks a lot



Kamis, 08-07-2010 14:39:20 oleh: Iwan

Bagi saya Printer Epson sangat unggul....buktinya saya udah hampir 5 tahun pake epson ngk pernah rusak, paling yang rusak cuma cartidgenya aja, kalau cuma masalah cartridge yang rusak itu wajar namanya juga barang elektro sedangkan kita aja ciptaan tuhan sering sakit apalagi yang cuma printer hanya bikinan tangan manusia....kalau ngk mau rusak tulis tangan aja ngk usah pake print ..mudah...khan..



Kamis, 08-07-2010 14:43:08 oleh: Iwan

Bagi anda yang butuh printer yang ngk macet sama sekali silahkan beli...........namanya...........PRINTER BARU



Kamis, 15-07-2010 13:31:30 oleh: yudigoler

betuk kualitas mainboar+prinhead epson Butut Banget harusya di laporin tuh K. YLKI.....



Minggu, 18-07-2010 15:06:12 oleh: edo cw

@ suhendy anwar
reset epson c45, stlah anda isi catridge jgn di pasang dl, reset pake reseter(paket printer/beli sendiri,saya lupa,hehe..), pasang reseter ke bagian tembaga(kuning) catridge, awalan akan berwarna merah(kedip2) stlah beberapa saat akan berwarna hijau, stlah warna hijau catridge siap dipasang ke printer, smga membantu




Jumat, 23-07-2010 15:09:04 oleh: Kadek Budi

Wah diantara komen2 yg masuk, mungkin gue yang paling apes. Gue beli printer epson t60 di di luar kota(jakarta) di toko Ad. Pr., sampai dirumah di test eh headnya bermasalah (di-nozzle check garis hitamnya hilang satu). Gue cleaning ampe tintanya habis separo tetep aja ga beres2. Karena belon seminggu gue telpon penjualnya eh dibilang ga boleh ditukar karena segel dah dibuka dan printer dah dipake,padahal sebelomnya salesnya bilang boleh ditukar kalo belon seminggu. baru kali ini gue denger alasan spt itu.Penjualnya kagak punya otak kali yah? gimana gue bisa tau printernya bermasalah atau tidak jika gue ga buka segelnya dan gue coba printernya. Gue sih type orang yg ga suka perpanjang urusan, gue bawa aja ke epson service center eh malah disuspect barang ilegal karena SN printernya ga ketemu di epson database. Rugi deh gue, 2juta menguap gitu aja. Buat yg laen gue kasi saran agar hati2 klo beli printer, apa lagi beli online, sebelum beli pastikan dulu kalo nanti rusak bisa ditukar, jgn kayak gue deh.....



Kamis, 29-07-2010 15:25:57 oleh: atok sinergie

tiap2 print mempunyai keunggulan masing2,semua print gak ada yang tahan lama... kalo udah umur 1 tahun masih bisa kepake paling2 kualitas cetakkan berkurang + kecepatanya(epson), jadi mosti ada yang diganti... mendingan ganti yangbaru aja wong harganya hampir sama ma servisnya... yang ini namanya strategi pasar.. biar keluaran terbaru cepet2 laku hahahahaha



Sabtu, 11-09-2010 11:20:18 oleh: Gugus

Gw udah nyoba berbagai macem printer mulai merek hp (biasa gw pake dikantor), canon, ampe epson, menurut gw hp cuman cocok buat dipake dirumahaan, sedangkan canon lumayan bagus cuman gak cocok buat usaha, sedangkan epson sangat cocok untuk sektor usaha kecil, cuman gw punya pengalaman pake epson tipe TX101 mainboard nya jebol pas tepat 1 taon garansinya abis, gw ngecek dimetrodata katanya gada stok paling inden 3 bulan, trus gw masukin ke bengkel printer jalanan eh tuh printer malah diacak2 gak karuan akhirnya jd bangke digudang, skr gw pake R230 3 biji tuh printer bandel banget sih apalagi klo tau cara ngerawatnya, paling yg sering masalah penarik kertasnya doang ama head sering mampet, klo benerin penarik kertasnya gw bs, sedangkan klo head mampe paling pake cairan dr.winston beres deh, cuman kesel juga klo sering mampet cos udah nyoba berbagai merek tinta blm ada yg cocok mulai dari dataprint, blueprint, alvacia, spitzen, dll gw kaga apal dah tuh merek saking banyaknya, nanti gw pengen nyoba merek tinta inktec merek korea katanya bagus udah dijual diseluruh dunia ama merek formulabs buatan amerika, yg ini rada mahalan tintanya, kga pa2 lah mahalan dikit yg penting gak pake mampet, cuman blm nemu distributornya nih kedua merek tinta (inktec ama formulabs)



Rabu, 29-09-2010 16:46:16 oleh: joko

parah...parah... pakai printer merk apapun (inkjet tinta dye base) pakailah selalu tinta original.. jangan di infus !! kalaupun terpaksa karena duit cekak, pakailah yg tinta kw1 dengan cara di refill di tukang refill terpercaya!! jngn yg merk abal2. kalaupun benar2 terpaksa juga pakailah infus yg internal kualitas baik (biasanya di printer epson, brother, canon type lama / cartrid terpisah dengan headprint) dan sekali lagi tinta dengan kualitas baik, minimal kw1, ingat ! ada harga ada rupa.
sedikit tambahan:
-terus printer harus sering dipakai ngeprint, kalau bisa setiap hari ngeprint minimal 2-3 lembar, kalau gak ya 2 hari sekali juga boleh..
tujuannya supaya tinta ga mampet di headprintnya karena mengkristal..
-kalaupun terpaksa terpaksa disimpan lama, carilah printer yg kartridnya menyatu dengan headprintnya (kebanyakan di merk HP, canon type baru)
-lepas kartrid dari printernya, seka headprint dengan tissue basah atau cairan clean head, kemudian diangin2 kan supaya kering.
-beli penutup kartrid, biasanya semacam isolasi atau kalau yg bagus semacam plastik penjepit segel seperti kalau nt beli kartrid baru
-pasang, kemudian tutup lubang udara dengan isolasi, tujuannya meminimalkan penguapan
-simpan yg rapih di tempat sejuk, misalnya di dalam lemari/ laci kerja

cara ini cukup efektif loh, ane terapkan di printer HP 3744 dan printer Hp lama ane apollo P1200, 2 bulan ane ga pakai print, begitu di pakai print langsung oke. untuk yg kartrid terpisah dengan headprint belum coba

bung gus.. tinta inktec mang okeh loh bror, sejarah jaman ane kul sampai sekarang make tinta itu tokcer, cuma harga di atas rata2 tinta refill biasa, ane posisi di surabaya... ada tuh di hitech mall




Senin, 18-10-2010 20:09:30 oleh: ipung lubis

saya baru beli epson t20e eh warna birunya ga keluar
saya dh coba head cleaning tp tetap aj blm bs jg...
:(
mau ga mau saya hrs k toko tmpat saya belinya,pdhl jauh...jd sdikit kcwa pdhl kn msh baru...




Selasa, 09-11-2010 19:32:17 oleh: vicky shano

EPSON R230, bagus hasil cetaknya salutttt,,, ada tapi nya,, jarak 2th saya harus mengganti (alias beli baru) cuapek, kerusakannya selalu di head, giliran mau di ganti head, sparepatnya mahal, 1/2 dari harga baru, lebih jengkelnya lagi tidak ada garansi, tmbh jengkelnya lagi setelah di ganti head kata para mekanik printer hasil head yang sudah diganti tidak ada jaminan apa bakal bagus, atau tidak bagus nahh lohhh,,, gimana kalau tidak bagus, rugi dunkkkk,, gk da garansi siehhh,,



Rabu, 05-01-2011 19:39:54 oleh: Elixabet

Emang BEner Kata temen2. aku sendiri Bingung dengan Epson. R230 Baru Pake 5 kali Print udah error. kata service nya kena Powernya. Gak Di Garansi Malah Suruh Ganti Power. Abis 350. Emang sih hasilnya Epson Bagus....salut sayang masalahnya Buanyak Banget. Penya temenku malah belum seminggu Plinden( Belt)nya putus. heran deh...ada yg palsu kali ya Epson tuh,,,



Kamis, 26-05-2011 09:35:28 oleh: Karman

ada yang taw solusi memperbaiki epson 1390 yang kalau catride tidak jalan dan tombol pengeluaran kertasnya serta tombol pengisian tintanya berwarna merah semuuuuua......

di tunggu balasanya please




Jumat, 16-09-2011 08:40:02 oleh: zamil

Epson r230 hasilnya bagus dan di tempat kerjaku yang untuk disain semua menggunakan r230 selama +/- 5tahun, klu selama 5tahun terus kertas gak mau masuk ya wajarlah sudah waktunya ganti sparepart, cuma kalau pingin tintanya lancar dan gak buntu, sebaiknya gunakan mgeprint paling lama 3 hari sekali atau cukup dinyalakan saja supaya head tdk buntu, ditempatku ada 7 unit r230 dan lancar semua, semoga bermanfaat



Sabtu, 26-11-2011 20:36:31 oleh: rudik

tahun 2008 pengalaman buruk ane sama printer epson c90, pertama beli sih lancar2 aja sampai tintanya habis akhirnya saya pasang infus. Dapat seminggu (nih printer ane buat cetak foto dan tiap hari selalu ane pakai ngeprint foto)error ga bisa buat ngeprint, bolak balik salalu ngeblink. saya bawa ketempat service katanya minta cleaning,setelah dicleaning lancar, dapat beberapa hari ngeblink lagi, sampe capek saya bolak-balik ketempat service bayangin jaraknya 35km dari tempat ane. akhirnya epson c90 ane buang di gudang. Kemudian saya beli canon IP1880, nih printer bandel banget gan, cuman kalau buat cetak foto dengan kualitas Photo papper dapat memperpendek usia catridge.paling lama 1,5 bulan atau kurang lebih 300 lembar kertas foto, catridge sudah bergaris. untuk masalah waste ink absorber atau paperjam masih bisa dbetulin sendiri.



Minggu, 27-11-2011 17:42:33 oleh: kisworo

printer r230 saya rusak selain lampu power, 2 lampu sebelahnya berkedip merah secara bergantian, mohon temen2 punya solusi.

Boqies
kisbalqis@gmail.com




Senin, 28-11-2011 11:34:17 oleh: watashi

kisworo,klo lampu led pda epson hidup semua itu tandanya minta di restrat ulang cba cari failnya di 4shared di jamin cokter,prin kamu udh kebanyakan ngeprin



Kamis, 08-12-2011 19:57:48 oleh: rifai

menurut saya epson gak jelek-jelek amat. sekarang aja aku pake epson t11 2 biji mati satu(pemakaian dari 2009 sampai sekarang) t13 2 biji, ama r1390 1 biji.
kalo ada trobel saya akalin sendiri dan ternyata gak susah2 kok. padahal saya bukan teknisi printer, cuma modal nekat aja....




Jumat, 09-12-2011 11:17:20 oleh: diki

bul mas..kita pernah ngalamin hal yang sama..bru beli 1 minggu dah gak bisa lagi..apesss..



Sabtu, 10-12-2011 11:15:21 oleh: yaa

printer epson r230 sangat, sangat,sangat megecewakan sekali.....!
gw baru beli printer epson r230x langsung di infus
baru satu minggu udah timbul masalah
"printernya nggak maw ngeprint sama sekali,trus lampu yang di samping power berkedip-kedip entah
kenapa.
jadi nyesal gw beli barang ne..>>

please help me.....!




Minggu, 11-12-2011 22:44:44 oleh: Friiezka

daripada repot milih- milih mending tanya orang yang sudah berpengalaman dan jangan percaya pada orang yang gak kenal misalnya "ini produk kami paling bagus dari yang laen" entah apalah ..
so so you should be able to choose correctly and believes that more people know ..
sekian ..




Kamis, 15-12-2011 03:58:59 oleh: andri

emang epson rewel.....ane aja sdah hbs 4 bji r230 dlm kurun wkt 2 thn. kbanyakan maslh di headnya



Sabtu, 14-01-2012 16:08:56 oleh: agus

ANDANYA AJA YANG GAK TAU CARANYA PAK...BELAJAR DULU SEBELUM COMENT...JADI GAK NGASIH COMENT SALAH...



Senin, 16-01-2012 09:00:47 oleh: david hendra

daftar printer epson saya yg rusak: c87 2thn, c90 6bln, t11 5bln, t30 14 bln. semuanya karena pemakaian color 100-200 lbr/hr. kl 1lbr untung rp. 500-1000 1bln dapat???

Ada banyak faktor boss...
1. teknisi pemasangan pertama dari ori k infus
2. jenis tinta yang dipakai (masing2 pny kpekatan berbeda)- jgn asal pilih merek refill, cari info yg bnr2 tepat. ada kalanya merek refill tertentu cocok untuk epson blm tentu cocok untuk canon ato sebaliknya, meskipun d labelnya dperuntukkan merek tertentu.
3. cara pemakaian (kl dhajar aja tanpa pernah d cleaning sm jg bo'ong, jgn slalu tunggu kl hasil sdh bergaris baru cleaning. kl awalnya baik trus dicleanning hasilnya makin bergaris berarti ada kemungkinan kepekatan tinta kurang sesuai)
4. telat kontrol/kehabisan tinta (utamanya yg pake infus)
5. kl d bwa k tukang servis trus ada trouble lagi berarti ada beberapa kemungkinan. emang btul kondisi printernya ato teknisinya yg ga bisa. bs jd d buat gitu supaya bolak-balik lumayan kl sekali servis 20rb 5x servis?
pada intinya epson "istimewa" kl ketemu sama teknisi, tinta, pemilik, dan bisnis yg tepat. salam




Kamis, 19-01-2012 12:11:07 oleh: AGUNG

Menurut saya, printer epson R230 udah 5 tahun ikut di tempat kami bekerja br tahun ke 5 ini mulai ada pergantian sparepart..itupun setelah menghabiskan lebih dari ratusan kertas foto plus inkjet serta hvs 280grm.Kemungkinan untuk mas2 yang mengalami kerusakan baru berumur 5 bulan udah ada complain, bisa jd cacat produk ato sewaktu pergantian infus ato bisa jadi tokonya juga bermasalah.^^dan d tempat kami segala permasalahan dariprint menggaris dan lain sebagainya masih bisa kita cari solusinya di googling ato forum2 print.kecuali memang butuh penggantian sparepart.tinggal lihat di kota anda , manakah dealer epson yang benar2 bisa dipercaya.semoga anda semua yang kecewa dengan produk epson mau berbagi pengalaman dengan kami2 yang telah membuktikan kehandalan epson.wasalam.



Jumat, 20-01-2012 23:00:43 oleh: Dwi Saputra

saya juga pake epson 1390,T 11,R230 Cannon Ip 2770 (tinta infus semua)dan cannon LBP 2900,alhamdulillah semua lancar-lancar aj-sudah sekitar 1 tahun 6 bulan tidak ada trouble.memang pernah untuk epson bermasalah,dan saya bawa tukang service,alangkah terkejutnya print saya divonis ganti head karena kertas ngelos terus( untuk 1390 harga sekitar 800 ribu)tapi akhirnya saya service sendiri,alhamdulillah berhasil dan tidak ganti spare part apapun.Menurut saya kuncinya hanya pada selang tinta jangan sampe ada udaranya,dan sensor kertas harus sering di bersihkan dengan tissue.
semoga bermanfaat

salam sukses




Sabtu, 21-01-2012 13:06:00 oleh: marcell

gw ada 4 printer infusan r230 ada 2 canon ix6560 n ip2700...blm ada stngah taon semuanya yg ix ud ganti head 700rb,,yg ip2700 ud brp x ganti catridge tp yg r230 agk lumyn mski kdg sk eror warna nya..klo pke canon sh lbih cpt eror nya klo epson sh agk bandel..tp sbnrnya klo yg service nya bnr sh epson ga trlalu menjengkelkan di banding canon...



Sabtu, 21-01-2012 16:54:26 oleh: Andrian Alifirwan

iya ANJ banget ya printer epson c58, baru aja bulan kemarin printer gua di service, udah ga bisa dipake lagi.
udah kesel nih. babeh marah-marah mulu. cuma gara-gara mau ngeprint ah... yang disalahin gua lagi gua lagi !!!




Sabtu, 28-01-2012 21:44:51 oleh: Edward

EPSON yang paling bagus, saya pake Epson R230 dan pake sitem infus micro. sdh hampir tiga tahun ga pernah bermasalah tinta Pake Blue Print.
Setiap hari daya minimal ngeprin 20 lembar foto dan beberapa lembar teks serta label dan cover DVD




Kamis, 02-02-2012 14:31:38 oleh: Tommi AN

Hai .. salam kenal

Saya Marketing PT.TRIPUTRA GUNA NUSA menjual toner compatible laser-jet, harga lebih murah hampir 50%, qualitas print bagus dan tidak merusak mesin, saat ini sudah teruji oleh bank-bank besar seperti Mandiri, BSM, BJB (saya bisa buktikan surat referensinya), mereka adalah client tetap hingga kini. Premium compatible consumables kami dibuat menggunakan mesin/pabrikan bukan manual sehingga presisinya sangat tinggi, tidak mudah bocor hal ini sering terjadi pada produk rekondisi/refill. Kerusakan yang terjadi tentunya akan menimbulkan biaya yang tidak diinginkan serta mengganggu jalannya operasi perusahaan.
Bila ada rekan2 yang butuh tapi masih ragu2 bisa lihat & klik ke www.triputra.com, moga bisa menjadi pertimbangan & solusi bagi rekan-rekan yang ingin menekan cost tapi hasil tetap berqualitas & aman,tks

Sukses u/semuanya




Kamis, 08-03-2012 03:40:33 oleh: agus surya

kesimpulan semua komentar:semua barang apapun itu harus pake istilah PERAWATAN itu yg terpenting,sekalipun begitu banyaknya produk tipe merk yg dikeluar pabriknya,mungkin diantaranya pasti ada yg cepat bermasalah yg disaat barunya pun langsung ngulah...mangkanya setiap brang yg dikeluarkan pabrik dberikan gransi,jd para yg suka ngeprint jg kapok untuk membeli produk yg pernah bermasalah saat anda pakai,juga bagi prof-prof tentang service printer..berlaku jujurlah kepada pelanggan service anda..karna baik buruknya produk tergantung pada anda juga FROM...Master Print



Rabu, 14-03-2012 15:27:00 oleh: adithya

Mungkin anda tidak cocok pake epson kali,coba pindah aja pakai hp or canon,wkwkwkwkwk



Jumat, 16-03-2012 11:19:53 oleh: PASBIN

masih ada gak sih yang menjual Epson R230 (bukan R230 Ex) kondisi baru..?? dan brapa harganya kalau sekarang.. habis kalau beli Epson R230 Ex keluaran sekarang kondisi kurang bagus...........



Senin, 26-03-2012 11:26:18 oleh: Purnawan

awalnya saya beli r230 sekitar 3 tahun yang lalu. setelah usianya 2 tahunan mulai ada masalah dengan hasil gambar yang bergaris ketika di servis katanya headnya kena ahirnya sya putuskan beli baru dan cari harga yang miring. ahirnya saya di kasi epson stylus t13. baru 3 bulan di pake masalah udah muncul, dari roller yang gak mau narik, tinta gak mau keluar, hingga hasil gambar yang jadi gelap dan bergaris. ketika di garansikan gak bisa katanya tinta ga ori. karna kesal ya udah saya beli lagi tipe yang sama, mungkin saja epson t13 yang kali ini bagus tapi ternyata malah gak bisa di pake sama sekali. akhirnya para pelanggan saya pada kabur dan USAHA CETAK FOTO SAYA GAK JALAN..
TERIMAKASIH EPSON YANG SUDAH BIKIN USAHA SAYA BANGKRUT..




Rabu, 28-03-2012 00:56:54 oleh: hendra

y kalo mw puas cari epson R230 ekonomis buat kalangan KEHO (kerehore)



Sabtu, 07-04-2012 10:21:13 oleh: Yoga

Saya Suka Dengan Epson R230x N 1390... Tinta no onri infus no onri... tapi g ada masalah...
sebenarnya tergantung tinta yang kita gunakan, merk apa n bagaimana pemakaiannya...

saya pernah pakai canon, hp.. mereka juga ada masalah.. waktu saya tanya ke toko servis printer..
permasalahan bukan pada printer tapi pada tinta yang saya gunakan.. yang membuat macet cantrit.. dan head.. jadi gambar menjadi tidak bagus atau bergaris, bahkan warnanya pun jadi g karuan... coba lah ganti tinta yang standar.. walapun hanya tinta dye..




Selasa, 29-05-2012 10:06:29 oleh: regod

mas mas, akang, akang skalian, klo printer trouble, coba bawa ke veneta system, saya langganan kesana, dan ada garansi servis dari pihak veneta...sippp
ga kluar biaya banyak...




Kamis, 21-06-2012 22:32:13 oleh: SUTE PRABOWO

sutejaprabowo
eh...... akang2 sekalian saya lagi cari epson fhoto kindisi rusak yang murah meriah, kalo ada di wilayah sumatera utara ya ..... di cari ya akang....!!!




Kamis, 21-06-2012 22:34:17 oleh: SUTE PRABOWO

ehhh.... lupa.... email nya "sutejaprabowo@yahoo.com"




Sabtu, 14-07-2012 09:57:47 oleh: Rusdi

saya juga ada Kendala Dgn Epson Terbaru

EPSON TX121 ... Warna cetak gk fokus ...

waktu dinozzle kebanyakan putus2 ...

saya rasa kalo produk buatan LokaL gk pernah ada yg beres ...

tapi saran saya EPSON handaL saat ini import dari Englis Original ... Bukan Made In China ... Uda kebnyakan diobok spare part ...

*sebelum beli printer mending pelajari spesifik dan buatan mana ? itu aja saran dari gw




Jumat, 27-07-2012 15:44:32 oleh: moelyadi

kata siapa epson mengecewakan,tergantung yang make



Senin, 13-08-2012 05:27:23 oleh: jelly

printer epson cx 5500 gw, kdang tinta biru keluar kadang macet, ehh tiba2 kuning ikutan macet jg, gw dah head cleaning, bongkar ma nyedot pake suntikan tetap ga bisa, tolong donoookkkkkkkkkk!!!!!!
ato ini gejaALA """LEM BIRU"""
PLEASE HELP




Sabtu, 15-09-2012 22:33:04 oleh: Nur Rohim

Buat semua pengguna printer sebaiknya mulai belajar mengenai perawatan printer. Pengalaman saya pakai printer sudah macem2 dari HP, Canon, Epson maupun brother. Tapi yang aku rasa tangguh Epson & Canon. Khusus Laser masih ok HP.
Dulu sering ke tukang service. apa kata tukang service aku percaya ibarat pasien sama dokter. Tapi setelah banyak belajar dari browsing,....ternyata maaf mereka banyak ga benernya. Makanya kita mesti belajar-belajar dan belajar. Thanks buat semuanya.




Jumat, 23-11-2012 22:26:36 oleh: zooperz

printer Epson L200 saya juga rusak, belum ada 4 bln, udah matot pas buat ngprint.. sungguh mengecewakan sekali.. kalo boleh tau service center di Malang ada gak..?



Minggu, 28-04-2013 19:36:30 oleh: agus

Jadi intinya gini...sdm itu lbh penting...kalian bisanya cuma nyervisin ke orang aja...service sendiri dooonk..orang indonesia bisanya cuma ngeluh...ga tau malu...



Senin, 13-05-2013 14:41:08 oleh: surya

siapa yg mau menjual printer epson R310/R320?
terima kasih




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia