SILVAN SUSANTO PRAYOGO

Pengobatan Sakit Tumit dan Telapak Kaki dengan ESWT Tanpa Operasi

Senin, 11-10-2010 08:44:38 oleh: SILVAN SUSANTO PRAYOGO
Kanal: Kesehatan

Apakah tumit dan/atau telapak kaki Anda sakit saat bangun tidur, setelah istirahat lama, saat beraktivitas (contoh: tennis, lari, berjalan, mendaki anak tangga, dll)?  Apakah foto X-ray pada tumit menunjukkan jalu (pengapuran)?  Apakah tumit Anda membengkak? Kemungkinan besar Anda menderita Plantar Fasciitis yaitu peradangan / inflamasi pada plantar fascia.

Plantar fascia adalah jaringan tebal berserat pada telapak kaki yang menghubungkan tumit dan jari-jari kaki. Plantar fascia berfungsi sebagai shock absorber (peredam / bantalan) pada telapak kaki. Jaringan tebal ini bisa robek dan meradang karena:

1.      Tegangan dan beban yang ditahannya terlalu berat seperti:

·      Berlari

·      Berjalan jarak jauh untuk waktu lama

·      Terlalu lama berdiri

·      Obesitas (kegemukan)

·      Kehamilan.

·      Salah mengenakan sepatu sehingga kaki dipaksa bekerja pada posisi abnormal.

 2.      Arthritis (radang sendi)

 3.      Proses penuaan: plantar fascia mengendur.

 

Penanganan sakit tumit / sakit telapak kaki (plantar fasciitis) tanpa operasi antara lain:

 1.      Penanganan rasa sakit jangka pendek tanpa resiko seperti:

a.      Pemijatan

b.     Mengenakan bantalan / sol sepatu lunak.

c.      Mengenakan night splint (penyangga kaki).

 

2.      Penanganan jangka pendek dan beresiko:

a.      Meminum obat-obatan anti nyeri. Mempunyai resiko kerusakan / luka lambung karena iritasi obat.

b.     Suntikan obat-obat steroid. Menimbulkan efek pengeroposan tulang. Saat ini sudah tidak banyak dipakai.

 

3.      Extracorporeal Shock Waves Therapy (ESWT)

ESWT adalah terapi gelombang kejut yang diarahkan ke lokasi rasa sakit untuk merangsang peredaran darah sehingga terjadi perbaikan jaringan, menghilangkan peradangan, dan menghilangkan nyeri sehingga pasien bisa beraktivitas lagi. Selain itu, ESWT tidak memerlukan rawat inap (mondok) sehingga pasien bisa langsung beraktivitas setelah tindakan.

Penelitian manfaat ESWT pada nyeri tumit / telapak kaki sudah dilakukan sejak tahun 1990an. Penelitian terbaru yang terbit pada Maret 2010 membuktikan bahwa Extracorporeal Shock Wave Therapy (ESWT) bisa mengatasi rasa sakit pada tumit dan/atau telapak kaki (plantar fasciitis). Penelitian ini dilakukan pada ratusan orang dan menggunakan kontrol placebo (baca: plasebo).

Placebo adalah zat atau tindakan yang tidak berdampak apa-apa (tidak aktif / pura-pura) yang diberikan kepada pasien dalam uji coba keefektifan obat atau terapi. Pasien tidak tahu apakah dia menerima placebo atau obat/terapi yang sesungguhnya (aktif). Bahkan peneliti-pun tidak mengetahui pasien mana saja yang menerima placebo hingga data terkumpul dan dianalisa. Terapi diberikan oleh pihak ke-tiga yang mencatat jalannya penelitian. Dengan cara ini, peneliti bisa melihat dan menyimpulkan bahwa efek yang dialami pasien benar karena terapi dan bukan efek psikologis (sugesti).

Di Amerika Serikat, ESWT diijinkan dipakai sejak 2001. Dr. Ludger Gerdesmeyer, MD yang mempresentasikan hasil penelitian ESWT pada nyeri tumit / telapak kaki kronis (Chronic Plantar Fasciitis) dalam pertemuan “The 2010 Annual Meeting of American Academy of Orthopaedic Surgeons (ahli bedah tulang)” di New Orleans, AS, mengatakan bahwa ESWT sukses menghilangkan nyeri tumit / telapak kaki, dilihat dari penelitian statistic maupun klinis. Dr. Gerdesmeyer menjelaskan bahwa rasa sakit yang dialami pasien berkurang dalam 3 bulan setelah menjalani 3 kali ESWT dan perbaikan selanjutnya terus berlangsung.

Maka, bisa disimpulkan bahwa rasa sakit di telapak kaki dan tumit bisa diatasi dengan ESWT sehingga menghindarkan resiko operasi dan suntik. Namun pasien juga harus menjaga kondisi baik tumit / telapak kaki. ESWT tersedia di Mitra Laboratorium Klinik di Jl. Stadion Selatan 11, Semarang (Website: www.mitralab.com).

 

Referensi:

1.      Chen, H. S., Chen, L. M, and Huang, T. W, “Treatment of Painful Heel Syndrome With Shock Waves”, Clinical Orthopaedics and Related Research Number 387 (Section 1 Symposium: Extracorporeal Shock Wave Therapy in Orthopaedics) , pg. 41 – 46, 2001.

2.      Ogden, J.A., Alvarez, R., Levitt, R., Cross, G. L., and Marlow, M., “Shock Wave Therapy for Chronic Proximal Plantar Fasciitis”, Clinical Orthopaedics and Related Research Number 387 (Section 1 Symposium: Extracorporeal Shock Wave Therapy in Orthopaedics) , pg. 47 - 59, 2001.

3.      Gerdesmeyer L, Gollwitzer HW, Saxena A, et al. Focused shock wave therapy in chronic plantar heel pain: A randomized placebo controlled trial. #706. Presented at the 2010 Annual Meeting of the American Academy of Orthopaedic Surgeons. March 9-13, 2010. New Orleans.

Bookmark and Share

Tag/Label sakit tumit, sakit telapak kaki, nyeri tumit, nyeri telapak kaki, eswt, extracorporeal shock waves therapy
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
16 komentar pada warta ini
Rabu, 27-04-2011 20:42:03 oleh: winanto

apakah laboratorium di jakarta ada yang bisa menangani penyakit sakit tumit ini? mengingat posisi saya ada di daerah jakarta.


Thanks
Dari saya;
WINANTO




Rabu, 27-04-2011 20:57:14 oleh: Silvan Prayogo

Kami hanya ada di Semarang di Mitra Laboratorium Klinik di Jl. Stadion Selatan 11. Pendaftaran bisa melalui telepon paling lambat 3 - 4 hari di muka. Silakan lihat www.mitralab.com atau www.mitralab.com/home_indo.html.

Terima kasih atas perhatiannya




Minggu, 15-05-2011 20:58:24 oleh: sita

biaya berapa ? berapa kali berobat ?karna saya sudah capek selama 2 tahun setiap 3 bln sekali di suntik terus



Minggu, 19-02-2012 21:25:18 oleh: Maja

adakah di jakarta???



Senin, 20-02-2012 10:15:23 oleh: Mitra Laboratorium Klinik

Maaf kami hanya ada di Semarang. Silakan mencari kami (SEARCH) di Google Search atau Facebook dengan mengetik Mitra Laboratorium Klinik. Mohon jangan datang mendadak. Silakan mendaftar dan konfirmasi dulu sehari sebelumnya. Terima kasih.



Senin, 23-07-2012 11:02:01 oleh: agus sutikno

ESWT di Jakarta yang saya tahu di Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Dr. Suyoto Jl. Veteran 34 Bintaro

Istri saya sudah pernah kesana,biayanya terjangkau 1 kali Tindakan Rp. 250.000 ,fee Dokter Rp. 85.000 plus pendaftaran Rp 7.000 Total Rp. 342.000 silahkan datang dan cari websitenya untuk no telponnya.




Senin, 23-07-2012 11:23:28 oleh: SILVAN SUSANTO PRAYOGO

Hati - hati dengan harga MURAH MERIAH. Ada harga , ada kualitas. Sebaiknya dicek dulu misalnya berapa kali harus bolak balik datang dan berapa lama tindakannya.



Jumat, 05-10-2012 18:24:39 oleh: sri winarni

saya wanita usia 33 th apabila bangun tdr, stlh jalan jauh istirahat sejenak berdiri terasa sakit. gejala apakah itu?



Jumat, 05-10-2012 20:44:34 oleh: Silvan Prayogo

Kpd Sri Winarni
Apakah rasa sakit tersebut di tumit (telapak kaki)? Maka kemungkinan Anda menderita Plantar Fasciitis. Apakah Anda sudah menjalani pemotretan X-ray?
Untuk informasi Anda bisa menghubungi Mitra Laboratorium Klinik. Ketik saja di Google atau Facebook. Email: mitralab@gmail.com




Sabtu, 10-11-2012 11:57:09 oleh: Linda

tumit blkg kaki sakit sdh sekitar 8 bln,sdh 2 x suntik,sunti pertama tahan 5 bln ,ke 2 tdk mampang,tp sakitnya perh ,bukan sakit seperti ke 1,bangun tidur dan duduk lama lalu berdiri sakit,tp klau sdh sekian detik berdiri sdh tdk terasa,asal tdk terpaku pd titik kaki yg sakit,kaki sakit bag kanan, tlg informasinya.Trim's Linda



Sabtu, 10-11-2012 11:59:19 oleh: Linda

tlg informasinyake II ,umur sy 54 thn ,54 kg,tinggi 158 cm.




Sabtu, 10-11-2012 12:09:26 oleh: Linda

tumit blkg kaki sakit sdh sekitar 8 bln,sdh 2 x suntik,sunti pertama tahan 5 bln ,ke 2 tdk mampang,tp sakitnya perih ,bukan sakit seperti ke 1,bangun tidur dan duduk lama lalu berdiri sakit,tp klau sdh sekian detik berdiri sdh tdk terasa,asal tdk terpaku pd titik kaki yg sakit,kaki sakit bag kanan, tlg informasinya,klau blh tau hg penembuhan brp,mau terapy brp x. umur 54 thn,tinggi 158,berat 55 kgTrim's Linda



Senin, 24-12-2012 14:29:46 oleh: santi syafitri

Info ini sangat membatu saya, mengetahui penyakit yang saya derita sebulan belakuangan ini



Minggu, 02-06-2013 15:19:48 oleh: Gerit E. Mou

sy prnh mengalami nyeri tumit 2 thn y.l dan disuntik, nyeri hilang dan muncul nyerinya 3 bln y.l. sy sdh ke specialis terapi tulang dan dilaser 2x tp nyeri tdk hilang. Sy berdomisili didaerah Kaltim dan dokter specialis hy 1 dan tdk ada pilihan lain. Trims atas info ini. Berat sy 80 kg, tinggi 170 cm.



Selasa, 30-07-2013 16:40:29 oleh: iTan Hani

Kalau di Yogyakarta di mana saya bisa ESWT? Mohon informasinya krn saya tinggal di Yogyakarta, trima kasih infonya



Jumat, 21-03-2014 16:08:45 oleh: Aisyah Usman

Dari artikel yang saya baca diatas sama seperti yang saya alami, cuma bedanya di penyebutan namanya saja, saya di fioterapi menggunakan RSWT (Radial Schok Wafe Theraphy), sebelumnya nyeri di tumit saya benar-benar mengganggu. Karena lokasi saya di daerah Tangerang saya melakukan fisioterapi di RS Siloam Karawaci, dengan biaya 1x terapi 400.000 + consultasi 150.000 + Administrasi 25.000 total 1x terapi 575.000. Saya sudah melakukan 2x terapi dan hasilnya menyenangkan sekali selamat tinggal nyeri tumit. Semoga informasi ini berguna untuk semuanya.



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY