Prima   Sp   Vardhana

Aturan Mutasi Saatnya Diubah

Jumat, 20-08-2010 09:38:09 oleh: Prima Sp Vardhana
Kanal: Peristiwa

Aturan Mutasi Saatnya Diubah

MUNCULNYA atmosfer mutasi atlet yang selalu muncul menjelang penyelenggaraan PON, yang menimbulkan keresahan pada semua KONI Provinsi. Saatnya dinetralisir KONI Pusat dengan menerapkan sistem mutasi yang ketat, sehingga tidak daerah-daerah yang melakukan pembinaan atlet unggulan tidak merasa dirugikan.

Demikian Ketua Harian KONI Jatim Dhimam Abror Djuraid. Ini karena kemudahan proses mutasi atlet yang selama ini berlaku, diyakini Ketua PWI Jatim ini akan menjadi sebuah bola salju masalah. Suatu saat nanti akan meledak dan merusak sistem pembinaan olahraga nasional, yang akan merugikan KONI Pusat dalam penjaringan atlet nasional untuk dikirimkan dalam even-even internasional, seperti SEA Games dan ASIAN Games.

Kemudahan sistem mutasi atlet yang berlaku selama ini, menurut dia, sang atlet terlebih dulu harus mengajukan surat permohonan mutasi (SPM) ke klub. Selanjutnya klub memberikan surat tersebut kepada pengurus cabang (pengcab) kabupaten/kota tempat sang atlet bernaung. Surat dari klub ke pengcab tersebut bernama surat rekomendasi prinsip mutasi (SRPM). Dalam batas waktu 30 hari setelah diterima klub dan pengcab, maka SPM dan SRPM tersebut harus dijawab.

Saat SPM dan SRPM itu disetujui klub dan pengcab, maka pengcab berkewajiban mengirimkan surat rekomendasi mutasi (SRM) ke pengprov cabor. Batas waktu pengprov menyetujui SRM tersebut 30 hari. Jika SRM tersebut disetujui pengprov, maka KONI Provinsi berkewajiban memberikan jawaban terhadap rekom tersebut dalam waktu 30 hari.

Ironisnya dalam proses penerbitan SRM tersebut, dikatakan Abror, ada kelemahan prosedural. Atlet yang berminat mutasi disahkan pindah daerah, meski KONI Provinsi tidak menyetujui rekom tersebut. Demikian pula yang terjadi di tingkat pengcab. Kendati SRPM tidak disetujui oleh pengcab, atlet yang berminat mutasi daerah juga disahkan untuk pindah.

“Secara legalitas, sistem mutasi atlet yang selama ini diberlakukan KONI Pusat itu sangatlah lemah dan merugikan daerah asal atlet unggulan tersebut. Sebab sistem tersebut sangat tidak menghargai etika pembinaan atlet yang getol didengungkan KONI Pusat,” kata mantan Pimred Harian Jawa Pos, Suara Indonesia, Surya, dan Surabaya Post ini.

Berpijak pada dampak negatif dari sistem mutasi atlet yang disahkan selama ini, Dhimam Abror mengharapkan, KONI Pusat hendaknya segera mengubah aturan mutasi tersebut. Pertimbanganya untuk kepentingan dunia pembinaan olahraga nasional, sehingga daerah-daerah tidak mengalami sikap antipati dalam membina atlet potensial.

 “Karena sistem mutasi atlet itu sangat menentukan nasib daerah, maka KONI Pusat sangatla bijaksana jika dalam melakukan perubahan aturan mutasi itu melibatkan KONI Propinsi yang selama ini menjadi korban sistem tersebut,” ujarnya menutup pembicaraan. (VD)

Bookmark and Share

Tag/Label sosial, atlet, koni, pon, mutasi
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY