Habasiah Syafri

Bakso Bulat...Seperti Bola Tenis

Senin, 16-08-2010 10:43:34 oleh: Habasiah Syafri
Kanal: Wisata

Kenapa bakso dan rujak diidentikkan dengan makanan kaum hawa? Saya rasa ada benarnya juga, karena itulah yang saya alami. Saya sangat menyukai bakso dan rujak. Tetapi untuk saat ini saya mau menulis tentang bakso terlebih dahulu. Untungnya bekerja di Bandung tidak terlalu sulit untuk menemukan tempat yang jual bakso. Apakah itu bakso Malang yang didorong gerobak atau cuanki yang dipanggul. Apa bedanya cuanki dengan bakso? Itu pertanyaan temanku yang tinggal di Jerman. Sulit juga untuk menjawabnya karena rasanya hampir-hampir mirip sih. Cuma menurutku, cuanki bulatannya lebih lembek dibanding bakso.

Bila lagi kepingin bakso dan akhir bulan, saya lebih memilih bakso yang bisa ditemui di jalan. Tetapi bila dompet rada lumayan gemuk, saya akan bela-belain untuk menyambangi tempat makanan yang jualan khasnya adalah baksonya. Biasanya saya ke “Taman Bakso” yang berlokasi di Jalan Riau, di mana kanan kirinya sepanjang jalan dipenuhi Factory outlet. Bukan hanya menjual bakso tetapi mie ayamnya juga sangat enak. Bisa juga dicoba di “Kampung bakso” jalan menuju ke arah Lembang yang tidak begitu jauh dari terminal Ledeng. Kampung bakso ini sangat asyik bila kita membawa anak kecil, karena halamannya yang sangat luas. Bahkan keponakan-keponakanku lebih memilih Kampung Bakso daripada Rumah Sosis. Mungkin karena di Kampung Bakso tempat yang asyik buat bermain lari-larian atau kejar-kejaran.

Tetapi jangan dulu kecewa kawan, berfikir bahwa Kampung Bakso atau Taman Bakso hanya menjual makanan berkutat hanya bakso. Kita dapat memilih makanan selain bakso, seperti batagor, nasi goreng, gado-gado, siomay dsb. Tetapi yang buat air liurku sampai ngeces karena bermacam bakso bisa dipilih, ada bakso gepeng, bakso polos, bakso urat, dll.

Sedangkan bila di Jakarta, saya memang tidak memiliki tempat favorit untuk makan bakso. Tetapi biasanya saya lebih suka makan bakso di dekat rumah saja, murah semangkuk cuma Rp.8000 dan  terasa sekali daging baksonya. Bahkan bila rasa rindu amat sangat dengan bakso yang penuh dengan daging tetelan saya bela-belain ke daerah Pademangan, dekat dengan apartemen Pademangan. Semangkuk hanya dengan mengeluarkan kocek Rp.11.000 sudah bisa membuat hati senang dan bahagia. 

Kalau pasanganku, hobinya makan bakso di Blok S yang baksonya ukuran jumbo, sebesar bola tenis. Ada yang urat dan ada juga yang polos. Modelnya self service, karena kita harus mengambil mangkok sendiri, mengambil garam, daun selederi, kecap dan sambal semuanya sendiri. Kemudian setelah itu menuju ke tempat abangnya untuk meminta bakso jenis apa dan berapa banyak. Saya kadang heran, kita mengambilnya tidak dicatat dan setelahnya bayar sesuai dengan kejujuran saja. Karena tempatnya yang tidak terlalu luas (tenda di taman), sehingga sulit untuk mendapat tempat duduk. Kebanyakan orang,

Di Semarang juga bila saya ada kerjaan, sore hari pasti mencari bakso di plaza sekitar Simpang Lima. Baksonya khas, dan selalu ramai pengunjung. Kalau di Makassar beda lagi rasa baksonya, sampai-sampai saya bingung karena mereka tidak mau menulis bakso tetapi nyuknyang. Nyuknyang yang enak di depan pantai Losari (saya lupa nama rumah makannya). Sedangkan kalau ingin membeli nyuknyangnya saja untuk dibawa ke Jakarta, biasanya saya titip dengan saudara untuk membelinya di Jl.Veteran. Nyuknyang ada yang berbentuk kotak. Kalau baru sekarang di Jakarta lagi ramai membicarakan bakso berbentuk kotak, di Makassar sudah ada sejak dahulu. Saya kuliah dari 1990-1995 di Makassar dan sudah memakan nyuknyang alias bakso berbentuk kotak.

Apa sih bedanya nyuknyang dan bakso? Rasanya siy hampir mirip alias tidak ada bedanya, bedanya hanya cara memakannya. Kalau bakso semua kecap dan cabai dimasukkan ke kuah, kalau nyuknyang tidak. Sambal, kecap ditaruh di mangkuk kecil dan kemudian setiap makan sebuah nyuknyang baru kita mencocol sambal dan kecap tsb. Kalau rindu dengan nyuknyang, saya biasanya ke rumah makan pelangi di Jalan Wahid Hasyim, Jakarta. Rumah makan yang hampir menjual semua makanan khas Makassar. Apa yang anda mau? Coto Makassar? Mie titi? Mie ayam? Jalangkote? Sop Sodara?dsb. Kadang saya suka bergurau kalau orang Makassar itu sejenis manusia kanibal. Bagaimana tidak? Sodara dibuat sop?hihihi..atau kalau mau memberitahukan bahwa orang-orang telah makan, pernyataannya: “makan mi orang”. Awalnya saya bingung, kenapa bukan mi ayam? Tetapi jadi mi orang?hiiiiiiyyyy….(mohon maaf apabila ada yang membaca berasal dari Makassar atau Bugis, jangan tersinggung ya…)

Tetapi lucunya, saya baru menemukan seorang kaum hawa yang sangat-sangat tidak menyukai bakso. Dia merasa geli dan jijik melihat bentuk bakso yang bulat. Bahkan mencium aroma baksopun bisa membuat dia mual bahkan sampai muntah. Jadi kalau kita bisa bilang, apakah memang bakso identik dengan kaum hawa? Buktinya..bagaimana dengan kaum hawa yang satu itu, hehehe…

Bookmark and Share

Tag/Label kuliner, bakso, nyuknyang, cuanki
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY