Abdullah Ibnu Ahmad

Langgar Perda Ramadhan Sama dengan Langgar KUHP

Kamis, 12-08-2010 10:19:04 oleh: Abdullah Ibnu Ahmad
Kanal: Opini

Beberapa pemerintah daerah di Indonesia sudah mengeluarkan peraturan daerah (perda) tentang Ramadhan. Ada perda yang menekankan pada aspek penutupan tempat hiburan malam (THM) selama bulan puasa ini, ada juga perda yang menekankan pada aspek penutupan rumah-rumah makan dan warung-warung makan, serta melarang setiap orang makan atau merokok di siang hari selama Ramadhan.

Pada intinya, semua kegiatan yang tidak menghormati pelaksanaan ibadah puasa dan ibadah kaum Muslimin selama bulan Ramadhan akan dikenai sanksi sesuai isi perdanya masing-masing. Pelaksanaan perda tersebut diharapkan dapat menciptakan ketertiban dan kekhusyukan ibadah kaum Muslimin selama Ramadhan.

Pro dan kontra tentang perda Ramadhan ini maupun implementasinya masih beredar di tengah masyarakat, khususnya bagi umat agama lain atau mereka yang berpandangan sekuler. Argumentasi mereka adalah toleransi merupakan sesuatu hal yang tidak bisa dipaksakan dan kegiatan makan atau mencari hiburan adalah hak asasi manusia (HAM), baik itu di bulan Ramadhan atau di bulan-bulan lainnya.

Banyak pihak beranggapan bahwa perda Ramadhan merupakan upaya pemaksaan penegakan syariat Islam di bumi Pancasila yang ber-Bhinneka Tunggal Ika, dan itu melanggar HAM.

Hubungan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) dengan Perda Ramadhan

KUHP adalah peraturan hukum positif yang berlaku nasional dan diakui sebagai sumber rujukan hukum pidana di Indonesia. Pada pasal 281 disebutkan:

Diancam dengan pidana penjara paling lama dua tahun delapan bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah:

1. barang siapa dengan sengaja dan terbuka melanggar kesusilaan;

2. barang siapa dengan sengaja dan di depan orang lain yang ada di situ bertentangan dengan kehendaknya, melanggar kesusilaan.

Agar lebih jelas hubungan pasal 281 KUHP ini dengan Perda Ramadan, mari diperhatikan pengertian dan definisi “melanggar kesusilaan” pada kedua ayat di atas.

 

Pertama kita tentukan dulu arti kata “kesusilaan”.  Kesusilaan berasal dari kata “susila” yang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mempunyai arti beradab, sopan, tertib; baik budi bahasanya, pengetahuan tentang adab kesopanan. Sementara lawan dari kata susila adalah asusila yang mempunyai arti tidak sopan, tidak susila; tidak baik tingkah lakunya, tercela perbuatannya.

Selanjutnya frasa “melanggar kesusilaan” mempunyai makna yang sebangun dengan “perbuatan asusila” atau perbuatan yang tidak susila atau tidak sesuai dengan kesusilaan.

Karena arti kata asusila dalam bahasa Indonesia tidak mempunyai arti yang luas dan sangat terbatas, maka kita beralih ke bahasa Inggris dengan mencari padanan kata asusila pada terjemahan Google. Anda bisa klik “terjemahan” pada kiri atas halaman pencarian Google dan terjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris kata “asusila”.

Asusila dalam bahasa Inggris mempunyai beberapa kata sepadan, maka kita ambil 3 kata yang mempunyai maksud sesuai dengan tulisan ini, yakni: 1. Immoral 2. Sacrilegious dan 3. Amoral.

 

Uraian menurut definisi Google:

1. Immoral artinya tidak bermoral. Definisi morality (dari b.latin moralitas: cara, karakter, perilaku yang tepat) adalah sebuah sistem perilaku dan etika yang berbudi luhur. (Wikipedia).

2. Sacrilegious atau penghujatan adalah pelanggaran atau perlakuan merugikan atas obyek yang suci. Setiap pelanggaran terhadap kebajikan agama akan menjadi sebuah penghujatan. Hal ini bisa datang dalam bentuk ketidaksopanan kepada orang suci, tempat, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan suatu agama. (Wikipedia)

3. Amoral atau tidak bermoral artinya tidak percaya atau menjaga moralitas atau immoral (en.wiktionary.org)

Apabila diperhatikan definisi nomor 2 di atas, maka tampaklah definisi perbuatan asusila atau perbuatan melanggar kesusilaan seperti yang disebutkan dalam pasal 281 KUHP mempunyai makna antara lain penghujatan terhadap agama dalam bentuk ketidaksopanan kepada orang suci, tempat, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan agama.

 

Kesimpulan:

1. Menjual makanan di siang hari di bulan Ramadhan dengan maksud agar orang bisa memakan makanan tersebut di tempat umum/publik atau bisa diakses oleh publik, baik tertutup atau terbuka termasuk perbuatan asusila atau melanggar kesusilaan, seperti dimaksud pada pasal 281 KUHP.

2. Membuka tempat hiburan malam (THM) termasuk mengunjunginya di bulan Ramadhan sementara kaum Muslimin beribadah Ramadhan adalah termasuk perbuatan asusila dan melanggar kesusilaan seperti dimaksudkan oleh pasal 281 KUHP, karena perbuatan tersebut dalam agama Islam termasuk ke dalam perbuatan maksiat kepada Allah Swt.

3. Perda Ramadhan bukan pemaksaan syariat Islam kepada umat agama lain, bukan pula pelanggaran HAM, tapi semata implementasi dari pasal 281 KUHP sebagai dasar hukum pidana yang masih kita pegang, dan juga aturan moral sosial kemasyarakatan.

4. Berarti ketentuan ini juga berlaku untuk umat agama lain yang keberatan karena perlakuan yang tidak sopan terhadap peribadatan agamanya. Mereka bisa mengajukannya secara hukum, sepanjang peribadatan tersebut dilakukan di tempat yang diijinkan secara hukum, di rumah atau tempat ibadah yang ditentukan peruntukan dan perijinannya. Masalah perijinan berlaku untuk kalangan minoritas di lingkungan mayoritas, ini juga termasuk norma kesusilaan, bukan kesewenangan mayoritas terhadap minoritas. Seperti di Bali, pendirian mesjid hanya diperkenankan di wilayah yang penduduk muslimnya dalam jumlah tertentu sesuai peraturan di daerah tersebut.

Bookmark and Share

Tag/Label ramadhan, puasa, mesjid, ibadah, agama islam, muslim, perda, kuhp, opini
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY