Abdullah Ibnu Ahmad

Gara-gara Video Youtube, Mentalis Deddy Corbuzier Bisa Dipenjara

Selasa, 13-07-2010 14:51:44 oleh: Abdullah Ibnu Ahmad
Kanal: Opini

Gara-gara Video Youtube, Mentalis Deddy Corbuzier Bisa Dipenjara

Seperti pada laga sepak bola Piala Eropa tahun 2008 lalu, pada Piala Dunia 2010 kali ini pun mentalis Deddy Corbuzier kembali unjuk kebolehan memprediksi hasil kejuaraan sepak bola dunia tersebut. Dengan penuh keyakinan dia berani memberikan tebakan siapa juara Piala Dunia dengan jaminan 100%!

Sebagai pembuka, pada akun twitter-nya Deddy menulis (aslinya dalam bahasa Inggris):

“Seperti yang dijanjikan! Berikut ini adalah PETUNJUK untuk pemenang FIFA WORLD CUP: NC1253HZ6 pecahkan kode ini dan kamu akan tahu prediksi saya! Saya jamin 100% benar”.

Orang pun ramai mencoba menebak rahasia di balik kode multitafisr tersebut, dan tebakan yang paling populer adalah kode tersebut mengacu kepada negara Jerman sebagai juara Piala Dunia 2010 ini. Namun tebakan ini keliru karena Jerman kemudian kalah pada perempat final melawan Spanyol.

Kemudian rasa penasaran publik pun terpenuhi ketika pada tanggal 12 Juli 2010, di akhir acara nonbar Final Piala Dunia 2010 bersama stasiun televisi swasta RCTI di Jakarta, rahasia kode tersebut dibuka Deddy bersama dengan kotak yang berisi jawaban siapa juara FIFA World Cup 2010.

Apakah arti kode NC1253HZ6? Ternyata kode tersebut adalah sebuah kanal di Youtube, sebuah situs berbagi video yang sangat terkenal di internet. Di kanal inilah terdapat video milik Deddy yang diupload pada tanggal 17 Juni 2010. Di dalam video tersebut Deddy Corbuzier berbicara:

“Sekarang tanggal 16 dinihari, dan saya memprediksikan negara yang akan memenangkan FIFA World Cup 2010…adalah Spanyol. Sekali lagi negara yang akan memenangkan FIFA World Cup 2010 adalah Spanyol, dan video ini akan saya upload ke YouTube secepatnya setelah rekaman ini selesai saya buat.”

Sekilas video tersebut sangat meyakinkan, karena terdapat sosok seseorang yang benar-benar “mirip” dengan sang mentalis, penjelasannya mengenai juara Piala Dunia 2010 itu juga benar, dan kode yang disebutkan Deddy juga sama dengan nama kanal video tersebut, yakni http://www.youtube.com/NC1253HZ6. Sedangkan link video itu secara lengkap adalah http://www.youtube.com/watch?v=6WYnOQyWQe4.

Namun permasalah tidak berhenti sampai di sini. Pada sebuah blog beralamat whooila.blogspot.com rahasia Deddy ini dibongkar habis. Ternyata prediksi Deddy Corbuzier tentang Juara Piala Dunia 2010 tersebut hanya merupakan trik, atau dengan kata lain tipuan saja.

Berikut sebagian isi dalam blog tersebut yang berjudul “Membongkar Rahasia Trik Sulap Prediksi Deddy Corbuzier Kode NC1253HZ6”.

Mari kita tinjau video NC1253HZ6 ini secara tuntas. Perhatikan:

1. Halaman http://www.youtube.com/NC1253HZ6 adalah sebuah kanal (atau channel) di YouTube.

2. NC1253HZ6 adalah nama pengguna (user), dan bukan tautan atau sebuah link utama video.

3. Tautan video yang sebenarnya adalah http://www.youtube.com/watch?v=6WYnOQyWQe4

4. Hanya ada satu video di dalam kanal NC1253HZ6. Judul videonya sendiri adalah NC1253HZ6.

 

Empat poin di atas menimbulkan kecurigaan, karena:

1. Kalau Deddy ingin memberikan sebuah clue, seharusnya yang diberikan adalah 6WYnOQyWQe4, bukan NC1253HZ6. Otomatis, pemberian NC1253HZ6 adalah sebuah penipuan.

2. Di dalam video ini, skornya tidak disebutkan. Otomatis, isi kotak dengan tulisan "Belanda 0-2 1 Spanyol" patut dipertanyakan. Kalau memang yakin, sudah selazimnya Deddy menyebutkan skor di dalam video ini. (Pen.Artinya skor yang disebutkan pada isi kotak bisa saja diketahui baru pada akhir pertandingan, dan dimasukkan ke dalam kotak secara trik).

3. Tanggal upload video bisa diubah.

4. Sebuah kanal bisa menampung jumlah video sebanyak-banyaknya dan bisa dihapus di kemudian hari.

5. Setiap kanal terdiri dari "Recent Activity" atau catatan aktivitas terbaru yang bisa dihapus.

6. Semua video yang diunggah si pengguna bisa diatur supaya tidak terlihat oleh umum. Terdapat tiga pilihan penyiaran:

- Public (umum): Semua orang bisa melihat videonya.

- Unlisted (tidak terdaftar): Hanya orang yang mempunyai link yang bisa melihat videonya.

- Private (pribadi): Maksimal 25 orang yang bisa melihat videonya, dan orang-orang yang mendapatkan akses ditentukan oleh user sendiri.

 

THE VERDICT - Kesimpulannya:

 1.Hoax gan, hoax to the max!

2.Kode NC1253HZ6 tidak ada artinya atau sama sekali tidak relevan dengan sebuah tautan video di YouTube.

3.Deddy Corbuzier dicurigai telah melakukan pembohongan publik.

4.Dugaan kecurigaan:

- Deddy mengunggah 32 video pada 17 Juni 2010 dengan ucapan pada masing-masing video:
"Saya memprediksikan...Spanyol..."
"Saya memprediksikan...Brasil..."
"Saya memprediksikan...Honduras..."
dan sebagainya.

- Kemudian 31 video yang salah prediksi dihapus sebelum pengumuman tadi pagi. Skenario kedua adalah satu video ditayangkan dengan manipulasi tanggal.

Video NC1253HZ6 diatur supaya tidak diketahui publik sebelum pengumuman tadi pagi.

 

Itu tadi adalah analisa si penulis pada blog tersebut. Bagaimana hukum memandang kasus ini?

Kalau terbukti Deddy Corbuzier melakukan sendiri atau menyuruh orang lain untuk memanipulasi/merekayasa data pada situs Youtube seperti dugaan penulis blog di atas, maka Deddy telah melanggar hukum dan bisa dikenai pasal-pasal pada UU RI No. 11 tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), yakni:

Pasal 35 yang berbunyi:

Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan manipulasi, penciptaan, perubahan, penghilangan, pengrusakan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik dengan tujuan agar Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik tersebut dianggap seolah-olah data yang otentik.

Dan Deddy bisa dihukum pidana sesuai pasal 51 ayat 1 Undang-undang tersebut yang isinya menyatakan:

Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 35 dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun dan/atau denda paling banyak Rp12.000.000.000,00 (dua belas miliar rupiah).

 

Nah, karena pasal tersebut tidak menyebutkan tentang kerugian pihak lain, maka pasal memanipulasi data elektronik yang diduga dilakukan oleh Deddy Corbuzier bukan termasuk delik aduan, berarti polisi atau penyidik bisa melakukan penyelidikan dan penyidikan tanpa harus menunggu pengaduan masyarakat.

 

Bagaimana Pak Polisi? Penegakan hukum tidak boleh pandang bulu, khan?

Bookmark and Share

Tag/Label deddy corbuzier, mentalis, pesulap, trik, tipuan, uu ite, video, youtube, prediksi, ramalan, piala dunia, spanyol, opini
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
34 komentar pada warta ini
Selasa, 13-07-2010 15:08:32 oleh: Aditya WP

dedi ... dedi. Jgn coba-coba bohongi publik, deh. Masih banyak yg pinter drpd lo. Apes deh lo.



Selasa, 13-07-2010 15:46:34 oleh: Adi Dwipayana

Lho? Bukankan dia seorang pesulap? Seorang pesulap tugasnya adalah memberi hiburan kepada penikmatnya. Setiap tipuan yang dilakukannya sah-sah saja sepanjang itu untuk pertunjukan dan wajar seorang tukang sulap melakukannya kecuali ada orang yang merasa secara pribadi dirugikan secara materi oleh seorang pesulap.



Selasa, 13-07-2010 16:28:37 oleh: Abdullah Ibnu Ahmad

@Adi Dwipayana

UU ITE tidak mempermasalahkan trik sulap secara umum, tetapi manipulasi data eletronik yang diduga dilakukan Deddy C itu yang melanggar hukum.

Dan Pasal 35 UU ITE itu tidak menyebutkan harus ada kerugian pada orang lain, seperti bunyinya:

"Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan manipulasi, penciptaan, perubahan, penghilangan, pengrusakan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik dengan tujuan agar Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik tersebut dianggap seolah-olah data yang otentik."




Selasa, 13-07-2010 16:41:52 oleh: udin

qu dah lama sebel dgn gaya Dedi yg sok punya kekuatan batin. Kbohongan publik ini harus diusut pak polisi, jgn dibiarkn krn Dedi selebrits.

Ayo Roy Suryo, bantu polisi selidiki video Dedi. Hidup telematika!




Selasa, 13-07-2010 16:47:43 oleh: heri_spica

menurut saya sih, yg dilakukan dedy emang penipuan tapi penghilangan data yg dibuat dedy tujuannya menghapus data2 yg ga sesuai, jadi sisanya tinggal hal yg cocok dgn kenyataan yg ada

tapi apa perlu sampe dibawa ke polisi dan dibawa ke pengadilan?

penjelasan dan informasi hal soal prosedur itu emang perlu spy masyarakat jadi lebih paham soal prosedur manipulasi data itu, tapi buat kasus dedy rasanya ga perlulah sampe sejauh itu

yg penting info ini disebar lebih luas dgn cara gampang dimengerti spy masyarakat ga gampang percaya dgn tipuan2 berteknologi canggih

heri_spica




Selasa, 13-07-2010 17:57:30 oleh: Mang Kelke

Yah...namanya juga trik sulap, masak mau dibawa ke polisi sih ?
Trik DC kali ini yah seperti juga trik David copperfield yang menghilangkan Patung Liberty dll., semata-mata untuk hiburan, jadi jangan terlalu dibikin serius lah, nanti tukang sulap masuk penjara semua.

Setahu saya, memprediksi hasil Piala Dunia via Youtube baru dilakukan pertama kali di Indonesia oleh DC, meskipun itu adalah hasil manipulasi, namun tetap saja patut diacungi jempol.
Coba tidak ada yang membongkar triknya, sampai sekarang Anda pasti juga masih terkagum-kagum kan ?Bahkan saya termasuk yang cukup angkat jempol melihat kejelian DC memanipulasi postingan Video di youtube sebagai bagian dari triknya.

Mereka yang komplen dan mengatakan 'Trik DC itu yah gampang sekali...saya juga bisa" yah sama saja dengan cerita telur kolombus, saya rasa Anda semua pernah dengar ceritanya.
Jadi bagaimanapun, upaya DC tetap bernilai lah, sebab kalau tidak bernilai apa-apa, mana mau RCTI menyiarkannya sebagai pelengkap acara Piala Dunia ?




Selasa, 13-07-2010 18:27:43 oleh: Abdullah Ibnu Ahmad

@heri_spica

Mas pasti belum membaca dgn benar Pasal 35 UU ITE:

Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan manipulasi, penciptaan, perubahan, penghilangan, pengrusakan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik dengan tujuan agar Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik tersebut dianggap seolah-olah data yang otentik.

Kalau diuraikan isi pasal itu:

1.Tujuan:
Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik tersebut dianggap seolah-olah data yang otentik.

2.Cara:
Manipulasi, penciptaan, perubahan, penghilangan, pengrusakan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik.

Nah, kalau Deddy melakukan penghapusan data yg tdk sesuai dia telah melakukan cara "penghilangan", kalau Deddy membikin tanggal upload menjadi maju, maka dia telah melakukan cara manipulasi. Dia tetap bertujuan agar Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik tersebut dianggap seolah-olah data yang otentik.





Selasa, 13-07-2010 18:33:00 oleh: Abdullah Ibnu Ahmad

@Mang Kelke

Sekali lagi kita tidak bicara mengenai trik sulap secara umum. Apakah Deddy mau mengisi kotaknya dengan jawaban belakangan dgn kecepatan tangan, trik teknologi dll, hal tersebut tidak masuk dalam ranah hukum. Atau seprti kata anda, David Copperfield menghilangkan Patung Liberty dgn tipuan, itu juga tdk menjadi masalah hukum.

Yang menjadi masalah hukum adalah Deddy dicurigai telah memanipulasi, menciptakan, menghilangkan atau mengrusakan data Elektronik berupa video Youtube dengan tujuan agar Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik tersebut dianggap seolah-olah data yang otentik.

Sampai di sini menurut saya permasalahan sudah clear. Ini jelas pelanggaran hukum.




Selasa, 13-07-2010 18:37:23 oleh: heri_spica

@mang kelke
saya ga tau apa itu telur kolombus, bisa tolong jelaskan?

saya rasa ga semua orang punya pengetahuan luas atau pasti tau segalanya

@Abdullah
tapi ga perlu dibahas serius ampe dibawa ke pengadilan

alasannya apa? menipu? banyak masyarakat tau itu tipuan dan kalaupun tidak, mereka ga tanggapin serius
menyesatkan banyak orang dan beri kesan seolah2 dia punya kemampuan meramal? tokh ga semua orang percaya, dan buat yg percaya bisa dijelasin kalo semua itu trik teknologi canggih

david copperfield dan banyak pesulap ato ilusionist lain jg pake peralatan canggih buat "menipu" orang

soal ramal meramal hasil pertandingan, bukan cuma dedy aja yg ngelakuin, banyak orang sok bisa meramal tapi tokh respon orang ga ampe serius banget, kecuali kalo emang bodoh banget dan rugi taruhan jutaan rupiah

heri_spica




Selasa, 13-07-2010 18:44:50 oleh: Abdullah Ibnu Ahmad

@heri_spica

Mas persis seperti orang yg membela Ariel, Luna Maya dan Cut Tari atas beredarnya video mesum mereka.

Ada yang bilang: khan banyak orang yg berzinah di luar sana, kok ngga ditangkap?

SEKALI LAGI KITA BICARA UNDANG-UNDANG, BRO.

Saya juga tidak bilang orang meramal melanggar hukum, kok.

TAPI BICARA PELANGGARAN HUKUM DATA ELEKTRONIKA, TEPATNYA:

PASAL 35 UU ITE.

Apakah yang memanipulasi data elektronik itu si adul tukang bakso, atau mang udin yg PNS, ga ada urusan. Kebetulan aja sekarang yg bikin adalah seorang pesulap yg bernama DEDDY CORBUZIER.

SORRY BRO, ENTE SALAH TAPI TETAP NGOTOT.




Selasa, 13-07-2010 20:39:49 oleh: vani

aku pengen lihat gimana kalo deddy di penjara. apa bisa dia bikin aksi meloloskan diri dari penjara, ya?



Selasa, 13-07-2010 20:58:18 oleh: Mang Kelke

@ Heri Spica
OK lah, anggap Bung Heri belum pernah dengar.
Ketika dalam sebuah jamuan makan, Colombus dilecehkan oleh seseorang yang mengatakan bahwa penemuan dunia baru yang dilakoninya dapat dilakukan oleh setiap orang, maka Colombus menantang setiap orang yang hadir dalam pertemuan tersebut untuk mendirikan telor di atas sebuah meja, hampir setiap orang mencoba namun gagal sehingga mereka berkesimpulan bahwa tak mungkin sebuah telor didirakan di atas meja tanpa dipegangi, lantas Colombus mengambil telur tersebut, memecahkan sedikit cangkangnya di sebelah ujung, lantas menaruhnya di atas meja, dan memang telor tersebut dapat berdiri mantab.
Melihat hal tersebut orang-orang protes "Kalau begitu caranya, saya juga bisa"....
"Yup...." kata Colombus "Memang begitulah, setiap orang akan bisa melakukan sesuatu setelah ditunjukkan caranya".

Kembali ke persoalan.
Saya kutip lagi pasal 35 UU ITE

"Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan manipulasi, penciptaan, perubahan, penghilangan, pengrusakan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik dengan tujuan agar Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik tersebut dianggap seolah-olah data yang otentik"

Apakah DC melakukan perubahan data (di Youtube) tanpa hak dan melawan hukum ?
Tentu tidak, sebab yang dirubah, dimanipulasi dan lain-lain adalah halamannya sendiri, jadi mau diapain juga terserah yang punya Kavling (dalam hal ini DC), kecuali kalau DC melakukan peretasan (hacking) halaman youtube orang lain, itu baru melawan hukum.





Selasa, 13-07-2010 21:34:15 oleh: Abdullah Ibnu Ahmad

@Mang Kelke

Pasal 35 UU ITE tidak memuat kalimat: MILIK ORANG LAIN. Jadi pelanggaran dimaksud pada pasal 35 ini tidak perlu dikaitkan dengan data elektronik milik orang lain. Artinya milik sendiri juga tetap SALAH.

perhatikan isi Pasal 31 Ayat 1 UU ITE yang memuat kata MILIK ORANG LAIN sbg contoh:

"Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atau penyadapan atas Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik dalam suatu Komputer dan/atau Sistem Elektronik tertentu milik Orang lain".

Perhatikan kembali isi Pasal 35 UU ITE tsb:

"Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan manipulasi, penciptaan, perubahan, penghilangan, pengrusakan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik dengan tujuan agar Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik tersebut dianggap seolah-olah data yang otentik"

Pada Pasal 35 ini JELAS TIDAK ADA KATA: MILIK ORANG LAIN.

Sedangkan pengertian TANPA HAK DAN MELAWAN HUKUM adalah perbuatan yang dilakukan bukan berdasarkan HAK YANG DIBERIKAN KEPADANYA SECARA HUKUM misalnya untuk PENELITIAN, PENGUJIAN SISTEM ELEKTRONIK, ATAU PERLINDUNGAN SISTEM ELEKTRONIK.

Perhatikan Pasal 34 Ayat 2 UU ITE sebagai contoh:

"Tindakan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bukan tindak pidana jika ditujukan untuk melakukan kegiatan penelitian, pengujian Sistem Elektronik, untuk perlindungan Sistem Elektronik itu sendiri secara sah dan tidak melawan hukum".

SEDANGKAN YG DILAKUKAN DEDDY C TDK DALAM RANGKA PENELITIAN, PENGUJIAN ATAU PERLINDUNGAN SISTEM ELEKTRONIK, TAPI SEMATA MENIPU PUBLIK AGAR PUBLIK BERANGGAPAN BAHWA DIA (DEDDY C) MAMPU MELAKUKAN PREDIKSI DENGAN BENAR HASIL PIALA DUNIA 2010.

Tujuannya saja jelas SALAH, dan lebih salah lagi KARENA CARANYA MELANGGAR HUKUM.

Nah, karena kewajiban Warga Negara adalah menegakkan UU, karena SETIAP WN WAJIB MENJUNJUNG TINGGI HUKUM, MAKA TEGAKKANLAH UU ITE, & TANGKAP DEDDY CORBUZIER (TENTU S




Selasa, 13-07-2010 21:43:42 oleh: heri_spica

@mang kelke
thks penjelasannya, ternyata saya udah tau soal trik telur itu, cuma ga tau namanya :)

@abdullah
okelah saya salah, tapi yg saya ingin tanyakan apakah mas akan membawa kasus ini ke pengadilan dan menuntut dedy sbg penipu?

kalaupun anda serius dgn niat anda, mungkin banyak org mentertawakan karena anggap anda tlalu berlebihan

lain halnya dgn kasus ariel dan cu-lun, mereka emang melakukan perbuatan amoral dan asusila, tapi pelaku penyebaran videonya jg bersalah

banyak hal2 dan masalah yg jauh lebih serius, lebih berat dosa dan pelanggarannya dari penipuan dedy - ya apa boleh buat, balik lagi ke komentar klise

heri_spica




Selasa, 13-07-2010 21:54:50 oleh: Abdullah Ibnu Ahmad

@heri_spica

Anda salah lagi. Saya bukan mengatakan kesalahan Deddy C adalah menipu -urusan tipu-menipu itu bukan urusan ane, Gan- TAPI DEDDY CORBUZIER melanggar UU ITE Pasal 35 karena telah memanipulasi atau menghilangkan data elektronik dengan tujuan agar Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik tersebut dianggap seolah-olah data yang otentik.

Duh, koq ga ngerti juga, sih. Bukan kasus penipuan, Gan, kasus manipulasi data.

KASUS INI BUKAN LEBAY, BRO, karena:

1.Deddy orang terkenal dan melakukan perbuatan yg diketahui orang banyak (sudah publikasi), berarti perbuatannya sudah melibatkan banyak orang.

2.UU ITE dibuat bukan untuk sampul buku atau alas kaki doang, tapi untuk dilaksanakan.

SAYA TDK MERASA PERLU SENDIRI LAPOR KE POLISI MENGENAI PERKARA INI. Cukup orang lain saja. Kalau ga ada, ya berarti UU ITE cuma berani menjerat PRITA rupanya.





Selasa, 13-07-2010 22:48:49 oleh: heri_spica

oke mas abdullah
sore tadi saya mikir soal trik si dedy = nipu, makanya jadi rada ga nyambung :p

jadi fokus masalahnya adalah pelanggaran UU ITE dgn memanipulasi data. ya kalo gitu kita liat aja nanti gimana lanjutannya, apa UU ini bener2 diterapin ato karena dedy seorang entertainer jadi hal itu ga 'diitung' pelanggaran sama pihak berwenang

heri_spica




Selasa, 13-07-2010 22:52:23 oleh: Mang Kelke

@ Abdullah.
Ehm...Kesimpulan Anda kok 'jump to conclusion" yah...
Anda mengatakan bahwa DC telah melanggar hukum atawa Undang-Undang, dalam hal ini UU ITE.
Seringkali dalam persoalan hukum, persepsi orang perorang bisa berbeda-beda, dan itulah mengapa diperlukan Pengadilan sebagai lembaga yang berhak untuk menentukan persepsi yang benar atas sebuah kasus berdasarkan kewenangan mereka.
Nah, kalau menurut Persepsi Anda, DC memang telah nyata-nyata melanggar hukum, dan sepertinya (paling tidak) di forum ini yang mempersoalkan DC secara hukum ya cuma Anda, mungkin ada juga 1-2 yang sependapat dengan Anda, jadi aneh rasanya Anda menunggu ORANG LAIN untuk bertindak, dan seandainya tidak ada orang lain yang bertindak, maka Anda berkesimpulan bahwa UU ITE hanya berani menjerat Prita saja....aneh...aneh....
Prita tak mungkin terjerat pasal-pasal UU ITE kalau tidak ada yang melaporkannya, yaitu RS Omni Internasional.
Siapa yang akan menjerat DC ? ya tentu saja orang yang mempersoalkan DC secara hukum, di forum ini ya Anda lah orangnya, mau ?




Selasa, 13-07-2010 23:46:19 oleh: michelle azista

saya rasa DC tidak bisa dikenai hukuman, karena itu hanya bersifat menghibur,,, setiap pertunjukan pasti menggunakan trik2 khusus yg tidak bisa disebut pembohongan publik,,,, kalo dibilang bohong,, ya dr dulu jaman saya belum lahir jg yg namanya sulap ya bohong,, sayang az trik DC kali ini terlalu mudah ditebak...



Rabu, 14-07-2010 00:10:52 oleh: Abdullah Ibnu Ahmad

@heri_spica & Mang Kelke

Thx for understanding.

Pasal 35 UU ITE menurut saya bukan delik aduan, karena tdk menyebutkan secara eksplisit merugikan orang lain.

Jadi pelanggaran Pasal ini adalah pelanggaran hukum murni, seperti halnya Pelanggaran yg dilakukan Ariel Peterpan thd Pasal 4 ayat 1 UU Pornografi, yg berbunyi:

“Setiap orang dilarang memproduksi, membuat, memperbanyak, menggandakan, menyebarluaskan, menyiarkan, mengimpor, mengekspor, menawarkan, memperjualbelikan, menyewakan, atau menyediakan pornografi yang memuat: persenggamaan, termasuk persenggamaan yang menyimpang; ketelanjangan atau tampilan yang mengesankan ketelanjangan; atau alat kelamin.”

Maka pihak berwajib (dalam hal ini polisi) tinggal menyelidiki video Youtube Deddy C yg sudah ada di internet. Kalau memang menurut Ilmu Telematika terbukti terdapat data-data yg dihapus (file-file video) atau terjadi manipulasi tanggal, maka Polisi sudah mempunyai cukup bukti utk menyeret Deddy ke pengadilan.

Di sini tidak diperlukan aduan masyarakat secara resmi. Warta ini sudah cukup sebagai bahan pengaduan masyarakat (dalam hal ini diwakili oleh saya).

Mungkin utk kasus senada, yaitu SMS yg dikirim Deddy Corbuzier ke HP seorang wartawan yg berisi prediksi Euro 2008 lalu, mungkin juga sudah dimanipulasi tanggalnya dengan melibatkan orang dalam provider telepon selular.

Kalau terbukti, ini juga bisa menyeret Deddy dan oknum pegawai provider telp selular tsb.




Rabu, 14-07-2010 01:15:10 oleh: cungcung

semua itu trik bapak-bapak.. namanya juga sulap.. pasti ada triknya..
oh iya mau nanya, maklum orang awam nih... apakah televisi (media elektronik) juga masuk dalam UU ITE? logika nya kalo televisi masuk UU ITE brarti udah belasan tahun yg lalu koh deddy itu masuk penjara ya... karena dia menipu orang2 awam sejak belasan tahun yang lalu..
tapi ya sekali lagi, sulap kan hiburan,pasti ada trik tipuannya.. dan trik nya itu merupakan suatu seni.. belum tenti semua orang bisa.. brarti juga artis juga masuk UU ITE, lha wong dia menipu orang awam untuk menjadi orang lain, bukankah itu juga menipu?
sulap,seni peran,artis itu masuk dalam dunia hiburan..
bukankah dalam ilmu IT juga ada ilmu manipulasi data untuk tujuan positif? dalam bidang pajak saja ada manipulasinya untuk kepentingan internal perusahaan.. dalam kasus ini manipulasi datanya adalah untuk kepentingan internal "perusahaan" koh deddy corbuzier tentunya..






Rabu, 14-07-2010 01:16:27 oleh: tata

debat kusir inimah..kalo gak suka yah bilang aja gak suka sama DC..simple..

mau kasih kode apa juga kan suka2 dia..gak salah dia..namanya juga trik sulap..

terserah mau dibilang nipu atau apa..mau pake pasal apa juga..kalo lebih banyak yg terhibur gimana?

biasa aja harusnya ditanggepinnya..gak usah berlebihan..kecuali memang sudah gak suka dari awal..




Rabu, 14-07-2010 02:47:34 oleh: Stefanus

ada berita yang tidak ada untungnya bagi pembaca...

bodoh dibohongi..
kesal mau marah ga bisa...
apalagi mau dapat untung dari
rupiah ini:
"Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 35 dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun dan/atau denda paling banyak Rp12.000.000.000,00 (dua belas miliar rupiah)."

btw, uang ini buat siapa?
ke mana terakhir kalinya uang di atas diterima?
kalau saya yang menjadwab, saya akan menyumbang untuk panti asuhan, atau buah sekolah untuk tidak dibohongi dengan berita atau kutipan di atas.
mending, saya mencerdaskan orang INDONESIA dengan PENDIDIKAN, bukan dengan berita yang tidak ada untungnya bagi pembaca (termasuk saya)
bandingkan link ini:
http://www.wikimu.com/News/Home.aspx
best regards
2007033012
jangan baca berita dengan unsur kebodohan atau mengatasnamakan pendidikan.

best regards
2007033012
http://melkipangaribuan.blogspot.com/2010/07/nobar-di-agan-net-17124-sbs-2010.html




Rabu, 14-07-2010 10:00:18 oleh: dodo

Mendingan ngeramal dipinggir jalan, pasti ga bakal ketuan kalo bo'ong,
sekarang jamannya teknologi mas ded, banyak yang pinter,
kacian deh lo ngeboong ketauan




Rabu, 14-07-2010 10:16:01 oleh: Leonardo Paskah S

hmmm...saat sebelum piala dunia dimulaipun saya sudah tau bahwa 'ramalan' DC pasti benar, namanya juga pesulap, yang pasti full of tricks. Dia kan bukan Dewa, semua pesulap adalah 'pembohong' tapi dengan tujuan penghibur semata. Jika ada yang merasa dirugikan, barulah silahkan lanjutkan proses 'pembohongan terstruktur' demikian ke pengadilan, jika ga ada yang dirugikan secara kriminal maupun perdata, lha buat apa diadukan?
Saya kira jika kasus DC masuk ke ranah hukum pastinya akan menimbulkan kekisruhan di kalangan pesulap, mereka akan takut dan mikir2 bsk2 untuk melakukan trik2 yang modern, takut masuk bui soalnya, klo gitu caranya profesi ini akan segera tenggelam dan ga maju2 dhe..itu bagaikan kembali ke jaman abad pertengahan dimana banyak pesulap yang dihukum gantung setelah ketahuan triknya dan dianggap sebagai pembohongan publik...

suatu masalah sebaiknya dilihat tidak dari satu kacamata saja, misalnya dari segi hukum saja, tapi coba dirunut dari sisi humanism, sosiologi, seni, dll..




Rabu, 14-07-2010 12:00:14 oleh: ardiana

Aduh koq itu di ributin. Para koruptor dalam negeri aja g ada yang bener2 ditangkap udah ngeributin masalah2 kayak gini. Emang Hukum di indonesia dibuat untuk dilanggar dech. Uang denda yang 12 Milyar itu juga nanti akan kemana khan g TW Bro. Kta slogan pajak pun Awasai penggunaannya. Tp ampe sekarang gw g tw ngawasinnya gimana.
Tapi namanya juga informasi q tampung dech. thank




Rabu, 14-07-2010 14:29:36 oleh: Rifki Z Muttakin

HE... HE.... IKUTAN BACA SERU JUGA YACH ...!!!! AYO.... LANJUT ....



Rabu, 14-07-2010 16:05:15 oleh: aji

mohon yang asal2an kasih komentar dan ga ngerti ITE ya mending plototin aja...



Rabu, 14-07-2010 22:42:22 oleh: rani

ya tuhan, jauhkan aku dari godaan deddy corbuzier yang ter ... lol



Rabu, 14-07-2010 23:05:38 oleh: cungcung

kalo manipulasi gambar di photoshop masuk UU ITE ga bos? ;).. maklum awam..



Rabu, 14-07-2010 23:34:21 oleh: Abdullah Ibnu Ahmad

@cungcung

saya juga tdk terlalu kuasain teknisnya. Kalo manipulasi gambar sprti kepala seorang artis ditempelin pd badan telanjang orang lain misalnya, dan si artis keberatan dan menggungat, bisa kena UU ITE + UU Pornogrf. Di sini ada tujuan agar dianggap otentik.

beda kalau manipulasi gambar utk iklan,biasanya tdk bertujuan otentikasi tp hanya utk mempercantik tampilan gambar.

Utk manipulasi gambar dgn adhop tdk bisa diketahui orng lain / polisi tanpa pengaduan dari pihak dirugikan.

Kira-kira begitu





Kamis, 15-07-2010 04:30:24 oleh: widya_filan

Mau komen...^^

sperti bunyi UUD-nya :

"Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan manipulasi, penciptaan, perubahan, penghilangan, pengrusakan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik dengan tujuan agar Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik tersebut dianggap seolah-olah data yang otentik."

coba perhatikan baik2..
"tanpa hak"

dia khan pengguna youtube, jelas PUNYA HAK untuk menghapus apa yang ingin dihapus.. ^^

sekalipun ini dibawa ke pengadilan, kekuatan hukumnya jelas ga ada kekuatan sm sekali untuk menggugat..

tp keren juga artikel ttg pembongkaran trik ini.. ^^ but as we as smart people must think, pengaduan DC k kepolisian itu mnrut sy trlalu mmbuang2 waktu.. ;D menambah beban polisi, hakim, dll yg pada dasarnya ud mesti ngurusin banyak kasus yg lbh penting.. hehehhee ^^ cool article tough! ^^ thx..




Kamis, 15-07-2010 17:33:01 oleh: obet kurniawan

Ternyata Dedi itu penipu yah..., lagian sok bener bener lihai dalam menebak Skor. kenapa engga masang ajah di Singapura...Judi Bola. pasti langsung kaya mendadak. aya aya wae...



Jumat, 16-07-2010 13:55:18 oleh: ajo

namanya juga pesulap..pasti itu sebuah trik, namun walau bagaimanapun DC hebat juga ya...:-). Jangan dibawa serius bang, sia-sia energi yg dihabiskan....,mending energinya buat sesuatu yg bermanfaat....



Jumat, 27-04-2012 23:11:41 oleh: aulia surya ramadhan

gw tahu artinya iitu sandi









bacadibawah-----------------------------------------------











chelsea yang juara...




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia