Adii Jemmy

Operator Pend. Kab/Kota di Prov. Papua dan Papua Barat, Dibekali Pengelolah SIM NUPTK Online

Kamis, 01-04-2010 08:12:46 oleh: Adii Jemmy
Kanal: Peristiwa

Operator Pend. Kab/Kota di Prov. Papua dan Papua Barat, Dibekali Pengelolah SIM NUPTK Online

Dalam rangkah pemutakhiran data Pendidik dan Tenaga Kependidikan berbasis online, maka Direktorak Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan menyelenggaran Pembekalan pengelolah simpul informasi NUPTK Online bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Paniai/Kota, PPPPTK, LPMP dan Ditjen PMPTK.

Kegitan ini di laksanakan di 9 region untuk seluruh wilayah Indonesia, yang setiap regionnya terdiri dari beberapa provinsi Papua dan Papua Barat, yang di selenggarakan pada tanggal 29 Maret s/d 1 April 2010, bertempat di LPMP Provinsi Papua, Jalan Guru Kota Raja, Jayapura-Papua.

Kegiatan tersebut didasari berdasarkan Undang-Undang Nomor. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), pada pasal 41 menyatakan bahwa "Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib memfasilitasi satuan pendidikan dengan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK), yang diperlukan untuk menjamin terselenggaranya pendidikan bermutu. Implikasi amanat undang-undang tersebut, pemerintah melalui Direktorak Jenderal Peningkatan Mutu pendidik dan Tenaga Kependidikan, Kemendiknas memiliki kewajiban untuk memfasilitasi PTK agar profesional dan bermartabat. Oleh karena itu, diperlukan dukungan data PTK pada pendidikan Formal dan Non Formal".

Sementara itu, Tupoksi dari Ditjen PMPTK sesuai dengan PERMENDIKNAS nomor 8 tahun 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Ditjen PMPTK, pasal 2 menyatakan bahwa "Ditjen PMPTK mempunyai tugas merumuskan, melaksanakan kebijakan, dan standarisasi teknis di bidang peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan non formal." Sekretaris Ditjen PMPTK sebagai subsistem Ditjen PMPTK memiliki tupoksi untuk melaksanakan pelayanan teknis, administrasi, pembinaan, dan koordinasi pelaksanaan tugas unit organisasi di lingkungan Ditjen PMPTK. Salah satu tugas Bagian Perencanaan, Sekretariat Ditjen PMPTK adalah melakukan pengumpulan, pengolahan, penyajian data dan informasi di bidang peningkatan mutu PTK.

Selanjutnya, sebagai implikasi undang-undang Nomor 14 tahun 2004 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan pemerintah nomor 74 tahun 2008 tentang Guru, mendorong Ditjen PMPTK untuk merancang database online sebagai existing system Ditjen PMPTK, dalam rangkah menyiapkan rencana program peningkatan mutu PTK berbasis data, sehingga dibutuhkan data PTK yang benar, akurat dan mutakhir.

Berdasarkan hal tersebut, Ditjen PMPTK telah mengembangkan aplikasi SIM NUPTK Client Server, yang kehadirannya sangat membantu kelancaran dalam melaksanakan pemutakhiran data PTK. Untuk mampu mengaplikasikan SIM NUPTK CS, diperlukan pengetahuan dan keterampilan tertentu bagi Operator pendataan pada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, PPPPTK, LPMP dan Ditjen PMPTK.

Kegiatan ini bertujuan untuk : "Mensosialisasikan penggunaan aplikasi SIM NUPTK Client server bagi pengelola data PTK pada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, PPPPTK, LPMP dan Ditjen PMPTK. Memberikan pengetahuan tentang instalasi SIM NUPTK CS dan Importing data. Memberikan pengetahuan tentang SIM NUPTK CS sebagai generator NUPTK. Inventarisasi permasalahan dan perbaikan data pada SIM NUPTK CS. Melakukan integrasi data Pusat dan daerah menunggunakan SIM NUPTK CS. Memberikan informasi dan pengetahuan tentang analisa dan penyajian data PTK. Penjelasan tentang optimalisasi data NUPTK untuk sertifikasi guru. Mensosialisasikan wahana sebagai situs jejaring sosial PTK."

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini diantaranya: "Tersosialisasinya penggunaan aplikasi SIM NUPTK CS bagi pengelolah data PTK pada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, PPPPTK, LPMP, dan Ditjen PMPTK. Terbangunnya, pemahaman tentang instalansi SIM NUPTK CS sebagai generator NUPTK. Terinventarisasinya permasalahan dan perbaikan data pada SIM NUPTK CS. Terwujudnya rekapitulasi data PTK antara pusat dan daerah dengan menggunakan SIM NUPTK CS. Terbangunnya pemahaman tentang analisa dan penyajian data PTK. Peserta memahami tentang optimalisasi data NUPTK untuk guru. Dan tersosialisasikannya wahana sebagai situs jejaring sosial PTK kepada Dinas pendidikan Kabupaten/Kota, PPPPTK, LPMP dan Ditjen PMPTK."

Kegiatan tersebut secara resmi di Buka pada Senin (29/3) dan di Tutup pada Rabu (31/3) Oleh Kepala LPMP Provinsi Papua, Saul Bleskadit, M.Si. Turut serta hadir sebagai Pengarah, Nara Sumber dan Instruktur dalam pelaksanaan ini adalah: "Sekretaris Ditjen PMPTK, Kepala Bagian Perencanaan Setditjen PMPTK, Kasubbag Rencana dan Program Setditjen PMPTK, Kasubag Evaluasi Pelaksanaan Rencana dan Program, Setditjen PMPTK, Konsultan Setditjen PMPTK dan Tim Pendataan Ditjen PMPTK." Sementara hadir sebagai peserta diantaranya: "Pengelola Data Base NUPTK pada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di Provinsi Papua dan Papua Barat. Pengelola Data Base NUPTK pada LPMP Provinsi Papua dan Pengelola Data Base NUPTK pada Ditjen PMPTK.

Untuk diketahui publik bahwa materi kegiatan yang disampaikan pada kegiatan ini diantaranya: "Kebijakan Ditjen PMPTK, Kebijakan NUPTK Online 2010, Pengenalan SIM NUPTK CS, penjelasan SIM NUPTK CS dan Importing Data Base, penjelasan Manajemen User di SIM NUPTK CS, penjelasan Transaksi Data seperti Penambahan sekolah/instansi baru, penambahan individu baru, edit data, mutasi PTK, verifikasi data masuk, dan revisi data tertunda. Singkronisasi Data, penjelasan SIM NUPTK CS sebagai Generator, penjelasan Fitur laporan di SIM NUPTK CS, penjelasan Permasalahan dan Perbaikan Data, Konversi data ke SIM NUPTK CS, penjelasan Optimalisasi data SIM NUPTK untuk sertifikasi guru, penjelasan Analisa dan Penyajian data PTK, sosialisasi Wahana sebagai Situs Jejaring Sosial PTK dan Pre Test dan Post Test."........!!! (Jemmy Gerson Adii)

Bookmark and Share

Tag/Label pembekalan, kegiatan, pemerintah, sosial, nuptk online
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
2 komentar pada warta ini
Sabtu, 26-06-2010 14:10:57 oleh: ays pranata

Saya mencari seseorang ( anak Tante ) yang bekerja terakhir kali di Papua, Nabire, sudah 7 Tahun tidak ada kabar, sekarang ibu nya sakit keras berbaring di tempat tidur selama 1,5 tahun dan selalu mencari anaknya. pada Saudarah-saudarah ku dan halayak semuanya di papua mohon bantuan dan pertolonganya apa bila mengetahui orang ini hub. Desa Sembunganyar rt.09/03 Kec. Dukun Kab. Gresik Prof. Jawa Timur Tlp. 03161012959 an. Mihdar

Dicari Nama : PUJIANTO/YANTO
Kelahiran : Madiun, 02 Mei 1981
Alamat : Gosong 01/01 Desa Durenan Kec. Gemarang Kab. Madiun Prov. Jawa Timur




Senin, 09-04-2012 13:52:11 oleh: Boy T Rinding,BA.,M.Pd


Mohon izin,Salam Tuhan menyertai mu para pembaca. Maaf bertanya.
1. Apakah ada manfaat NUPTK bagi Pegawai Tata Usaha Sekolah.
2. Apakah ada pelatihan-pelatihan Khusus untuk Pengningkatan MUTU Tenaga Tata Usaha Sekolah.
3. Maaf hal ini masih banyak saya ketemukan Tenaga Pengelola / di kerjakan oleh GURU, TU nya jadi penonton.




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY