muhammad jundi

Kanker Serviks, The Sillent Killer

Senin, 22-03-2010 11:02:29 oleh: muhammad jundi
Kanal: Kesehatan

Kanker Serviks, The Sillent Killer

Kanker mulut rahim (Kanker Serviks) adalah salah satu penyakit pembunuh kaum wanita no.1 di dunia. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang bernama Human Papilloma Virus (HPV). Penderita kanker serviks di Indonesia ternyata jumlahnya sangat banyak.

Departemen kesehatan memperkirakan saat ini ada sekitar 100 kasus per 100 ribu penduduk atau 200 ribu setiap tahunnya bahkan di perkirakan pada tahun 2020 akan mencapai 15 juta orang. Selain itu, lebih dari 70 persen kasus yang datang ke rumah sakit ditemukan dalam keadaan stadium lanjut. Berikut penjelasan mengenai Kanker Serviks :

1. Apakah yang dimaksud dengan kanker leher rahim?

Lanker leher rahim adalah tumor ganas yang tumbuh di daerah leher rahim (serviks), yaitu suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara rahim (uterus) dan liang senggama (vagina). Dan ini sangat berbahaya dan bisa membuat dokter mengambil langkah, mengangkat rahim kita/ bisa menyebabkan kematian.

 

2. Apakah gejala kanker leher rahim?

Keputihan

Perdarahan pada saat hubungan seksual

Ulkus pada porsio

Pada stadium lanjut terjadi fistel (hubungan) antara rektum dan vagina, terjadi perpindahan jauh.

Berkurangnya nafsu makan, penurunan berat badan, kelelahan, nyeri pinggul, punggung dan tungkai yang berlebihan, keluarnya air kemih dan tinja dari vagina, patah tulang, sbd bahkan keputihan yg berlebihan atau sakit perut yang biasa terjadi pun bisa menjadi gejala, karena itu artinya ada yang salah di dalam rahim anda. Karena menurut survei itu adalah suatu kondisi yang tidak boleh terjadi, meskipun banyak wanita yang mengatakan itu adalah hal biasa. Namun sekali lagi kami tekankan, yang menjadikan penyakit itu biasa di antara wanita-wanita Indonesia adalah penggunaan produk lokal yang tidak berkualitas bahkan cenderung merusak organ penting. Makanya di sini sangat disarankan berikan yang terbaik untuk vagina anda, karena itu lebih penting dari segalanya.

3. Kanker mulut rahim, menurut catatan Kompas, menempati peringkat pertama kanker pada perempuan di Indonesia. Ada 15.000 kasus baru per tahun dengan kematian 8000 orang per tahun. Angka harapan hidup lima tahun jika kanker ini diketahui dan diobati pada stadium I adalah 70 – 75%, pada stadium 2 adalah 60%, pada stadium 3 tinggal 25%, dan pada stadium 4 penderita sulit diharapkan bertahan. (Kompas, 13/5/2007, rubrik keluarga)

 

4. Penyebab kanker serviks

Apa penyebab kanker leher rahim?

a.HPV (Human Papilloma Virus)

HPV adalah suatu virus yang dapat menyebabkan terjadinya kutil pada daerah genital (kondiloma akuminata), yang ditularkan melalui hubungan seksual. HPV sering diduga sebagai penyebab terjadinya perubahan yang abnormal dari sel-sel leher rahim.

b. Merokok

c. Hubungan seksual pertama dilakukan pada usia dini

d. Berganti-ganti pasangan seksual

e. Gangguan sistem kekebalan tubuh

f. Pemakaian pil KB

g. Infeksi /pemakaian bahan kimia secara menahun

h. Penggunaan pembalut yang kualitasnya rendah

i. Penggunaan bahan kimia yang terlalu berlebihan untuk rahim/vagina

j. Pembiaran/cuek terhadap masalah-masalah miss V yang sudah berlebihan contohnya keputihan yang berlebihan

 

5. Stadium kanker serviks

Stadium 1 : sel tumor masih terbatas di daerah serviks

Stadium 2 : sel tumor telah keluar dari serviks dan mencapai daerah 2/3 bagian atas vagina namun belum mencapai dinding panggul

Stadium 3 : sel tumor telah mencapai 1/3 bagian bawah vagina dan telah mencapai dinding panggul

Stadium 4 : sel tumor telah mencapai kandung kencing atau mukosa rektum atau sel tumor telah berpindah jauh atau sel tumor telah keluar dari panggul kecil

 

6. Bagaimana cara pencegahan kanker leher rahim?

Percaya ga percaya sebaiknya ganti pembalut anda yang tidak berkualitas, jaga kebersihan vagina, gunakan pantyliner untuk menghentikan gejala-gejala yang mungkin terjadi , peduli terhadap masalah miss V yang datang setiap bulannya dan juga dapat dilakukan dengan program skrinning dan pemberian vaksinasi. Di negara maju, kasus kanker jenis ini sudah mulai menurun berkat adanya program deteksi dini melalui pap smear. Vaksin HPV akan diberikan pada perempuan usia 10 hingga 55 tahun melalui suntikan sebanyak tiga kali, yaitu pada bulan ke nol, satu, dan enam. Dari penelitian yang dilakukan, terbukti bahwa respon imun bekerja dua kali lebih tinggi pada remaja putri berusia 10 hingga 14 tahun dibanding yang berusia 15 hingga 25 tahun.

 

7. Masa pra kanker serviks

Serviks memiliki dua jenis epitel yaitu kolumnair dan skwamosa yang dihubungkan dengan sambungan skwamosa kolumnair (squamous-columnar junction), bagian antara bibir luar dan dalam leher rahim, bisa mengubah sel menjadi abnormal. Masa pra kanker (setelah sel berubah menjadi abnormal) adalah masa tiga tahapan perubahan sel yang disebut cervical intraepithelial neoplasia (CIN), yaitu CIN 1, CIN 2, dan CIN 3. Setelah CIN 3, sel yang abnormal itu menjadi sangat tebal dan akhirnya menjadi kanker. Perubahan CIN 1 menjadi kanker membutuhkan 3 – 10 tahun sehingga deteksi dini sangat penting.

 

8.Pengobatan kanker serviks

Pencegahan dan deteksi dini sangatlah penting sebab jika kanker di temukan pada saat stadium dini maka harapan hidup lebih lama dibandingkan dengan kanker yang memasuki stadium lanjut. Adapun pengobatan KMR adalah dengan kemoterapi, radioterapi hingga pembedahan.

Saat ini Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa akan mengadakan kegiatan diagnosa dini terhadap 10.000 kaum perempuan dari keluarga dhuafa secara cuma-cuma. Mengingat banyak kalangan perempuan kaum dhuafa mengalami kesulitan biaya untuk memeriksakan diri sejak dini ke dokter atau Rumah Sakit. 

Semoga semakin banyak kaum perempuan yang terselamatkan dari cengkraman kematian akibat menderita kanker serviks. Mari kita peduli untuk saling berbagi.

...............................................................................................................................................

Bagi Anda yang ingin berpartisipasi turut membantu dalam Program “Untukmu Ibu : Cegah kanker Serviks Sejak Dini”dapat menyalurkan donasinya sebesar Rp.100,000,- untuk 1 orang perempuan dhuafa melalui Dompet Dhuafa. Untuk informasi lebih lanjut dapat hub : Tlp. 021 – 7416262 ext.211 / 0858 8032 0853 (mobile) atau website : www.lkc.or.id email : layanandonatur@lkc.or.id

Bookmark and Share

Tag/Label kanker serviks, peduli perempuan
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
6 komentar pada warta ini
Rabu, 24-03-2010 11:17:29 oleh: Cherry Sitanggang

Adakah yg bisa share info lebih lanjut dimana (Jakarta) saya bisa vaksin kanker serviks yg paling terjangkau ?

Saya sudah cek beberapa di beberapa rumah sakit, tapi masih butuh info di RS lain, siapa tau ada yg lebih terjangkau harganya.

Trims




Kamis, 01-04-2010 10:48:46 oleh: rudi imansyah

assalamualaikum wr wb.
saya mempunyai seorang putri yg masih duduk di bangku SMP kelas 1. Saya bermaksud memeriksakan anak saya tersebut. saya tinggal di sidoarjo. saya minta tolong untuk pemeriksaan kanker servik di surabaya tempatnya dimana dan berapa biaya imunisasi utk vaksin kanker serviks. terima kasih
Wassalam




Kamis, 15-04-2010 16:25:42 oleh: muhammad jundi

Memang untuk saat ini biaya vaksin kanker serviks masih terlalu mahal karena zat aktif yg di butuhkan (Vaksin ini terdiri dari zat yang memicu terjadinya respon kekebalan tubuh/antigen dan zat yang memperkuat kekebalan terhadap antigen/adjuvant) masih impor. Untuk Rumah Sakit yg melayani vaksin kanker serviks di Jakarta anda dapat ke RSCM, MH Thamrin Intr. Salemba. Terima Kasih



Rabu, 14-07-2010 17:03:22 oleh: andree

dear dokter muhammad jundi ,
ibu saya divonis kanker servik st IIB awal mei 2009, dan karena keterbatasan biaya, saat ini masih bertahan dengan pengobatan alternative. Pendarahan sudah berhenti walau terkadang timbul lagi tp hanya sebentar dan sedikit.
yang ingin saya tanyakan dimana tempat lab yang dapat memeriksa besar tumor maker untuk di daerah jakarta ini. karena untuk full ct-scandi darmais harganya cukup mahal.


terima kasih.




Jumat, 23-07-2010 17:32:38 oleh: muhammad jundi

dear Andree
Saya turut prihatin atas kondisi yang menimpa ibu anda. Untuk pemeriksaan lab dan Ct-scan yang murah anda dapat merujuk ke RSUD yang menerima fasilitas SKTM bagi pasien yang tidak mampu. sekian, Terima kasih.




Sabtu, 14-08-2010 23:47:29 oleh: umar

Insya Allah, potensi sari buah merah dapat membantu penyembuhan kanker rahim. http://syifauna72.blogspot.com



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY