SILVAN SUSANTO PRAYOGO

Melawan Nyeri Sendi Tanpa Operasi Tanpa Suntik

Selasa, 09-02-2010 16:18:56 oleh: SILVAN SUSANTO PRAYOGO
Kanal: Kesehatan

Nyeri atau peradangan (inflamasi) di sekitar persendianseperti tumit, lutut, pergelangan tangan, bahu, atau siku sering dialami orang bahkan atlet-atlet bertubuh prima. Gejala-gejala ini muncul karena berbagai sebab seperti perkapuran (penimbunan kalsium) di sekitar persendian dan inflamasi jaringan pengikat antara otot dan tulang (tendonitis). Keluhan pada persendian juga terjadi karena osteoarthritis yang merupakan pengeroposan tulang rawan yang seharusnya melapisi ujung-ujung tulang sebagai peredam goncangan (shock absorber) agar dua tulang tidak saling bergesekan.

Tendonitis umumnya disebabkan karena persendian terlalu sering digunakan dalam aktivitas yang dilakukan berulang-ulang seperti bermain tennis, berenang, dan sebagainya. Maka tidak mengherankan jika atlet-atlet muda pernah mengalami tendonitis. Tendonitis biasanya terjadi pada orang-orang tua karena penurunan elastisitas otot dan tendon (jaringan pengikat otot dan tulang). 

Keluhan persendian lain adalah plantar fasciitis yang menyebabkan kesakitan di tumit dan telapak kaki ketika melangkah. Plantar fasciitis adalah inflamasi jaringan tebal dan berserat pada telapak kaki yang menghubungkan tumit dan jari-jari kaki (plantar fascia). Jaringan ini berfungsi sebagai shock absorber di telapak kaki ketika berlari atau berjalan. Jaringan tebal ini bisa robek dan meradang jika tegangan dan beban yang ditahannya terlalu berat seperti saat berlari atau berjalan jarak jauh untuk waktu yang lama, terlalu lama berdiri, dan kelebihan berat badan karena kegemukan atau kehamilan. Plantar fasciitis juga terjadi karena arthritis atau penuaan yang mengendurkan jaringan plantar fascia. Resiko terserang plantar fasciitis meningkat karena salah mengenakan sepatu sehingga kaki dipaksa bekerja pada posisi tidak normal untuk waktu lama. Plantar fasciitis biasanya disertai dengan tonjolan – tonjolan perkapuran yang tajam (jalu) di sekitar tulang tumit sehingga menambah rasa nyeri.

Osteoarthritis (OA) bisa terjadi karena usia (penuaan), faktor keturunan, rematik, gangguan metabolisme, kegemukan, gangguan hormon, dan kecelakaan atau stres mekanik yang merusak persendian. Osteoarthritis menyebabkan tubuh untuk merespon dengan melepaskan zat kimiawi yang merangsang pembentukan tulang baru untuk mengatasi kerusakan tulang rawan. Respons ini  memunculkan penebalan atau tonjolan tulang yang tak teratur atau disebut perkapuran. Perkapuran mengganggu jaringan di sekitarnya dan menimbulkan rasa nyeri. 

Berbagai cara bisa dilakukan untuk meminimalkan resiko terserang gangguan-gangguan persendian seperti mencegah kegemukan, melakukan pemanasan sebelum berolah raga, mengikuti teknik-teknik berolah raga yang baik dan benar, tidak memaksakan diri untuk melakukan aktivitas fisik yang berbahaya atau di luar kemampuan, mengenakan alas kaki yang nyaman, dan mengonsumsi suplemen kesehatan seperti glucosamine dan chondroitin untuk menjaga kondisi prima persendian.

Bagi para penderita gangguan persendian tersedia beberapa cara tradisional seperti minum obat anti nyeri, injeksi steroid (injeksi cortisone atau corticosteroids), fisioterapi, pendinginan dengan es, atau bahkan operasi. Selain hasilnya belum tentu memuaskan, beberapa cara-cara ini bisa menimbulkan efek samping. Injeksi steroid hanya mampu membebaskan Anda dari rasa nyeri untuk sementara waktu. Institut Kesehatan Nasional AS (www.nlm.nih.gov/medlineplus) mengingatkan bahwa injeksi yang dilakukan berulang kali bisa menimbulkan pengeroposan tulang dan kerusakan tulang rawan serta jaringan-jaringan pengikat di sekitar persendian seperti tendon dan plantar fascia. 

Penanganan dengan cara operasi mempunyai keberhasilan 50% dan beresiko komplikasi, masa penyembuhan lama, masalah dengan luka operasi, dan infeksi. Biaya operasi mahal dan harus dilakukan di rumah sakit sehingga pasien harus menginap di rumah sakit. Operasi biasanya dilakukan sebagai pilihan terakhir jika rasa sakit sudah tidak terkendali dan penyembuhan non-operasi sudah gagal. 

Lalu penanganan apa yang mutakhir, aman, ekonomis, dan tanpa efek samping? Jawabannya adalah gelombang kejut yang dipancarkan dari luar tubuh atau disebut Extracorporeal Shock Wave Therapy(ESWT) yang diciptakan di Jerman dan dipakai di AS setelah disetujui oleh FDA (Badan Pengawas Makanan dan Obat-Obatan Di AS) pada tahun 2001. Awalnya mesin ini dipakai untuk memecahkan batu ginjal. Namun penelitian lebih lanjut membuktikan bahwa alat ini ternyata bisa menangani gangguan persendian. Gelombang kejut yang dihasilkan ESWT merangsang perbaikan aliran darah ke daerah persendian yang mengalami peradangan sehingga membantu menghilangkan rasa sakit. ESWT meningkatkan ambang batas rasa sakit. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa perkapuran seperti jalu pada tumit terkikis dengan ESWT.

Di AS, ESWT adalah pengobatan alternatif untuk osteoarthritis sebelum pasien terpaksa dioperasi. “Banyak pasien yang telah mencoba terapi tersebut dan berhasil diatasi hanya dalam waktu yang tak lama,” ujar George Theodore MD, seorang ortopedis dari Massachusetts General Hospital di Boston, AS. ESWT telah dipakai di seluruh dunia. 

ESWT pasien tidak perlu rawat inap. Pasien bisa beraktivitas seusai terapi tanpa gangguan. Kelebihan lain, hasil terapi bisa bertahan selama beberapa tahun tanpa pengulangan. ESWT tidak rumit. Pasien menjalani pemotretan roentgen terlebih dahulu pada titik-titik sendi yang nyeri. Waktu terapi hanya 30 – 45 menit. Jumlah terapi tergantung pada berat ringannya kasus. Kesembuhan optimal bisa hanya melalui dua atau tiga kali terapi.

Gangguan persendian dapat terjadi pada siapa saja dan karena berbagai sebab. Menjaga tubuh seperti mengonsumsi makanan bergizi, mencegah kegemukan, dan berhati-hati dalam beraktvitas fisik seperti berolah raga dapat mengurangi resiko gangguan persendian. ESWT merupakan solusi yang efektif dan aman bagi Anda yang menderita gangguan persendian seperti osteoarthritis atau plantar fasciitis. 

 

Silvan Prayogo, BSc. Biochemistry & Mol. Biology, MSc. Biotechnology

www.mitralab.com

Bookmark and Share

Tag/Label otot tendon
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
12 komentar pada warta ini
Sabtu, 27-03-2010 23:25:51 oleh: Dwi yulianti

terima kasih atas artikelini, saya mendapat wawasan lain tentang pengobatan jalu. saat ini saya menderita jalu pada telapak kaki, dan diterapi dengan SWD hasilnya menunjukkan hasil yang baik.Bisakah saya mendapatkan artikel lain tentang pengobatan jalu? Apakah ESWT ini juga SWD? apa bedanya? saya pernah mendengar kalau US juga dapat mengikis jalu..apakah kelebihan ESWT dibandingkan dengan US?



Senin, 29-03-2010 22:47:53 oleh: Silvan Prayogo

Selamat malam ibu Dwi Yulianti. Terima kasih atas komentar dan pertanyaannya. Mohon dijelaskan apa itu "SWD" (singkatan dan artinya)?

ESWT adalah penemuan peneliti Jerman yang pemakaiannya sudah umum dan disetujui FDA di Amerika Serikat.

Dalam beberapa kasus, pengikisan jalu bisa terjadi. Namun, tujuan utama ESWT adalah menangani rasa nyeri/sakit pada sendi seperti osteoarthritis pada lutut, plantar fasciitis pada tumit, tendonitis pada bahu, dll.

Semoga informasi di atas membantu. Silakan berkomunikasi dengan kami melalui email: mitralab@gmail.com atau lihat www.mitralab.com.

Salam,
SILVAN




Kamis, 08-04-2010 10:31:33 oleh: Rikatama

Menarik Sekali....Semoga informasi ini bisa menjadi jawaban dari penderitaan Saya karena Plantar Fasciitis yang sudah bertahun-tahun.

Saya sudah menjalani therapy Diatermi dengan Soft Wave, sudah akupuntur dan sudah dua kali suntik cortico steroid

Bisakah Saya mendapat informasi Dokter dan Klinik yang bisa menangani penyakit Saya dengan metode ini??




Senin, 10-05-2010 23:49:58 oleh: marsy

wahh..,,cocok bangat artikel ini dgn apa yg terjadi pada engsel lutut kiri saya, setiap saya jalan cepat d pagi hari selama 1 jam setiap hari, maka radang sendi tsb kambuh.
Saya coba membeli obat gosok, ternyata kurang berhasil menghilangkan rasa nyeri tsb. Memang berat badan saya overweight ( lebih 8 kilogram dari yg seharusnya , saat ini saya merobah schedule jalan cepat pagi dari 7 hari seminggu jadi 4 hari dlm seminggu,dan saya juga mengurangi durasi/waktu perjalanan dari 1 jam menjadi 3/4 jam....ternyata sakit sendi saya berhasil hilang.
Bagi temen2 yg lain.....jalan cepat di pagi subuh adalah olah raga murah dan sehat.....selamat mencoba




Kamis, 13-05-2010 17:21:54 oleh: Linda

Terima ksh atas artikelnya, saya wanita (45th) saat ini saya mengalami radang sendi di bahu dan sempat disuntik anti radang(mgkn suntikan steroid),saya jg diberi obat Arcoxia 120mg.
Pertanyaan sy:
1. Apakah suntikan yg mengandung steroid bs menyebabkan moon face?
2. Kalo mau terapi ESWT dimanakah saya bisa mendptkan terapi tsb?
3. Brpkah biayanya? dan hrs brp kali?
Terima kasih Silvan.




Rabu, 25-01-2012 12:36:08 oleh: mahmudin

Saya penderita osteoarhitis, di telapak kaki, pergelangan kaki dan lutut. Sakit ini saya derita sejak yahun 2004.
mohon informasi Rumah Sakit di Bandung yang melayani penanganan penyakit pengapuran dengan metoda ESWT


terimakasih
mahmudin
08122000786
mahmdin@lib.itb.ac.id




Kamis, 23-02-2012 10:09:38 oleh: Tari

Terima kasih, atas informasinya. kebetulan saya mengalami masalah pada siku tangan saya, sudah tiga bulan tidak dapat ditekuk secara normal pasca kecelakaan. menurut anda dapatkah siku saya disembuhkan menggunakan ESWT? lalu berapa biaya yg hrus saya siapkan?
kebetulan alamat saya di surabaya,, adakah cabang surabaya? atau hnya ada di semarang.




Kamis, 23-02-2012 11:47:44 oleh: Mitra Laboratorium Klinik

Mengenai siku Anda yang tidak bisa ditekuk. Apakah sakit (nyeri)? Apakah pernah difoto X-ray? Apa hasil diagnosa foto X-ray? Silakakan di-email ke mitralab@gmail.com atau menghubungi kami di 024 - 844 4149 atau 024 - 831 6334. Kami hanya ada di Semarang. Tidak buka cabang di kota lain.
Mohon jangan datang mendadak tanpa pendaftaran dan konfirmasi. Pendaftaran minimal dua hari sebelum hari yang Anda inginkan untuk penanganan. Anda juga bisa melihat www.mitralab.com. Terima kasih.




Rabu, 13-03-2013 12:46:13 oleh: Theresia Langen

Terima kasih. Saya penderita osteoarhitis, di telapak kaki, pergelangan tangan, kaki dan lutut. Sakit ini saya derita sejak saya divonis Myashenia Gravis sekitar tahun 2007.
Mohon informasi email address agar saya dapat penanganan penyakit pengapuran ini dengan metoda ESWT




Kamis, 09-05-2013 13:03:25 oleh: bagus tejo

salam pak silvan

mama mertua saya tervonis osteoarthritis disendi panggulnya oleh dokter setelah dirongten diRS.kupang,ntt.karena usia yg sudah lanjut dan biaya yg mahal saya takut untuk mengoperasikannya,kira2 untk mendapatkan pelayanan ESWT ini gimana ya pak? dan biayanya berapa?? mohon infonya kembali.makasih




Jumat, 05-07-2013 10:33:19 oleh: Narsih Sembiring

Saya didiagnose OA KNEE BILATERAL dan sudah dilakukan tindakan ARTHROSCOPIC +DEBRIDEMENT + WASHING pada 21 Nop.2012. tetapi sekarang lutut saya masih sakit kalau posisi duduk mau berdiri, atau dari berdiri ke duduk, tetapi kalau sudah dipakai berjalan nggak apa2, kalau duduk dilantai susah bangkit berdiri, sekarang ini saya hanya diberi obat/ Osteforte 2 kali sehari.
1.untuk terapi OSWT ini caranya bagaimana? apakah di Jogja sudah ada kliniknya? Alamat di Semarang dimana kliniknya?
2. lutut yang dilakukan tindakan diatas adalah sebelah kanan, tetapi yang kiri waktu diperiksa katanya ada ganglion dibalik lutut katanya harus dioperasi juga, saya ragu karena yg kanan jg msh sakit hbs operasi,
Terima kasih atas perhatiannya




Selasa, 27-08-2013 07:36:58 oleh: Zainyko

Informasi yang sangat menarik, dapat kiranya saya diinformasikan tetang alat tersebut, untuk pengobatan istri saya yang sudah menahun mengalami osteoarthritis



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY