Prima Sp Vardhana

Sistem Birokrasi Hadang Legalisasi HD Bodong

Senin, 05-03-2007 14:42:52 oleh: Prima Sp Vardhana
Kanal: Peristiwa

Sistem Birokrasi Hadang Legalisasi HD Bodong PERJUANGAN pengurus HDCI (Harley Davidson Club Indonesia) Pusat mengajukan legalitas bea impor tertunda kepemilikan motor Harley Davidson,  terhadang kebijakan birokrasi yang kian tidak jelas. Padahal keinginan pengurus pusat yang dikomandani Ketua Umum Letjen TNI (Purn.) R. Soejono itu berlatar belakang memberikan pemasukan pada kas negara dan daerah lewat jalur pendapatan pajak terhutang.

Selain itu, perjuangan HDCI tersebut sebagai solusi kebijaksanaan pemerintah dalam memerangi penyelundupan kendaraan bermotor Harley Davidson atau Motor Gede (MOGE) produk Jepang dan Eropa via Batam, Malaysia, Singapura, atau daerah lainnya.

"Kami sebagai pengurus HDCI Pusat sangat heran dengan jalur kebijakan birokrasi di negara ini. Keinginan tulus kami untuk memberikan pemasukan dengan cara legalisasi bea masuk tertunda atas beberapa Harley Davidson anggota kami atau bukan, ternyata belum juga mendapatkan sambutan gembira," kata Sekjen HDCI Pusat, Djoko Santuri saat dihubungi via handphone-nya, beberapa hari lalu.

Seandainya proses legalisasi bea masuk tertunda atas kendaraan Harley Davidson yang berkeliaran di Indonesia berlangsung mulus. Menurut pria berambut putih ini, sebuah pemasukan tidak terduga dalam jumlah miliaran rupiah akan mengucuri kas negara. Selain itu, juga memberikan sebuah pendapatan tetap pajak tahunan untuk masing-masing daerah, tempat keabsahan tersurat atas motor-motor produksi Milwaukee, Amerika Serikat, itu berada.

Jumlah pendapatan tidak terduga yang berpeluang masuk ke dalam kas negara itu, dikatakan, untuk setiap motornya akan memberikan pemasukan sekitar Rp 34 juta. Sehingga untuk se-Indonesia diprediksikan akan menghasilkan pendapatan sekitar Rp 700 miliar untuk pengurusan BBN (Biaya Balik Nama), sementara untuk pajak tahunan yang bisa diserap daerah se-Indonesia sekitar Rp 150 Miliar.

"Jika keinginan HDCI mengurus legalisasi bea masuk tertunda ini segera terealisasi, saya yakin kerepotan pemerintah pusat dan daerah dalam mendanai pemberantasan kemiskinan akan mendapatkan solusi," tambahnya.

Sedangkan target pertama perjuangan legalisasi bea masuk tertunda itu, diakui Djoko, adalah deretan Harley bodong lansiran tahun 1998 kebawah saat di Indonesia belum berdiri dealer resmi HD. Dari jumlah Harley lansiran 1998 kebawah yang diprediksi sekitar 2500 buah itu, di atas kertas kas negara akan mendapatkan pendapatan dari biaya BBN sekitar Rp 85 miliar.

DITINJAU ULANG

Pengurus HDCI Pusat hingga saat ini, menurut Djoko Santuri, tidak mengetahui alasan pasti sulitnya mengajukan legalisasi bea masuk tertunda tersebut. Sehingga para pengurus memiliki wacana bersifat asumsi, bahwa sulitnya pengurusan legalisasi tersebut terimbas oleh kegagalan pemutihan yang ditawarkan pemerintah berdasar SK 1410 tahun 1996. Penerbitan SK tersebut diharapkan pemerintah mampu menjaring para pemilik MOGE untuk melakukan pemutihan. Target yang dicanangkan MOGE yang diputihkan pemiliknya dapat mencapai jumlah di atas 1500 buah.

Ironisnya sejak diterbitkan tahun 1996 sampai 1997 jumlah MOGE yang keabsahannya diputihkan pemiliknya cuma mencapai sekitar 800 buah saja, sehingga pada tahun 2004 lalu proses pemutihan itu dihentikan pemerintah.

"Keputusan pemerintah menghentikan proyek pemutihan Moge tersebut perlu ditinjau ulang alasan dan latar belakangnya. Sebab pijakan tidak memenuhinya target pemutihan yang dicanangkan oleh pemerintah itu, sangat kurang tepat digunakan sebagai alasan," ujar mantan biker tahun 1970-an ini.

Karena itu, Djoko mengharapkan hendaknya pemerintah kembali membuka kesempatan pengurusan legalisasi bea masuk tertunda itu. Namun, proses kepengurusan tersebut hendaknya angan dipersulit dan terlalu banyak meja, sehingga membuat pemilik HD atau pun Moge yang ada di Indonesia malas mengurus. Selain itu, masa pengurusan tersebut hendaknya dibatasi. Misalnya hanya sepanjang tahun 2007 saja.

"Saat masa pengurusan tersebut habis masanya, maka pemerintah hendaknya bersikap tegas. Pemilik HD atau Moge yang masih bodong langsung sikat saja tanpa pilih kasih. Tidak perduli atas nama pejabat negara atau perwira tinggi TNI atau Polri, motor bodong itu disikat dan diproses di jalur hukum," katanya.

Keuntungan lain dari membuka kembali kran pemutihan tersebut, menurut beberapa anggota HDCI Jatim, seperti Bagus Haryosuseno, Herry Prayitno, Herman, Fogi, Andi, Roy, dan lainnya, pemerintah akan dapat mudah dalam melibas para penyelundup Harley Davidson dan Motor Gede produk Jepang atau Eropa. Cukup dengan setiap waktu menggelar operasi khusus dengan melibatkan pengurus HDCI, IMBI (Ikatan Mobil Besar Indonesia), MBC (Mobil Besar Club), atau klub-klub motor gede lainnya.

Sebaliknya jika pemerintah tidak memberikan kesempatan final dalam melakukan pemutihan tersebut, diyakini Bagus, pemerintah akan mengalami kesulitan untuk membedakan antara HD dan Moge yang bersurat dan yang bodong. Selain itu, pemerintah membuang kesempatan baik memberikan pemasukan tidak terduga untuk kas negara dan daerah, tapi memberi kesempatan berkembangnya penyelundupan Harley Davidson dan Motor Gede di Indonesia.
Bookmark and Share

Tag/Label harley davidson, pajak, pendapatan daerah, legalisasi
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
2 komentar pada warta ini
Senin, 05-03-2007 15:01:01 oleh: Mimbar Saputro

Lha temanku (smoga dia tidak baca)tiba-tiba ada moge (bukan merek Eropa atau Amerika) di rumahnya. Jujur dia bilang, membantu memperlancar pengapalan motor, lalu diberi bonus moge. Jadi namanya selundupan itu rupanya barang biasa.



Senin, 05-03-2007 15:29:18 oleh: Chairun

didaerah Sulawesi Tenggara ada satu pulau yang menjadi basis barang seludupan mulai dari baju, barang elektronik hingga Moge tidak heran apabila mengunjungi daerah tersebut banyak dijumpai Moge nonkrong dibawah rumah penduduk.



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY