Hendry Risjawan

Menjadi Pribadi yang Tangguh

Senin, 05-03-2007 08:55:09 oleh: Hendry Risjawan
Kanal: Opini

Baik buruknya kehidupan kita ternyata sangat ditentukan oleh pikiran. Kendalikan pikiran ke arah positif, maka kita tidak menjadi sosok emosional melainkan faktual.

Hidup kita akan bahagia, percaya diri, optimis, dan penuh gairah. Pikiran merupakan kekuatan paling menakjubkan yang dianugerahkan Tuhan kepada manusia. Dengan kekuatan pikiran, manusia melahirkan ilmu-ilmu pengetahuan, membangun harapan- harapan baru, dan membuat mimpi-mimpi menjadi kenyataan. Bahkan, dengan kekuatan pikiran, kualitas hidup seseorang bisa ditentukan.

Hampir semua sistem kehidupan kita, gerak tubuh, suasana hati, bahkan hidup kita, dikontrol oleh pikiran. Demikian pula halnya dengan perasaan kita, dengan informasi yang terkumpul di otak, pikiran memberikan perintah-perintah khusus kepada "hati" untuk menentukan suasana yang diinginkan. Pikiran kita akan mengolahnya dan menghasilkan instruksi, umpamanya, instruksi agar kita menyesal atau sedih karena habis bertengkar.

Bila pengaruh pikiran sangat kuat terhadap perasaan kita, berarti kita orang faktual, orang yang selalu bertindak atau bersikap berdasarkan fakta. Tetapi bila pengaruh pikiran sangat lemah terhadap perasaan kita, maka kita termasuk orang sensitif. Orang faktual biasanya lebih mampu mengendalikan perasaan. Soalnya, pikirannya mampu mengolah fakta-fakta yang terekam di otak secara lebih mendetil sebelum dimasukkan ke "hati".

Sebaliknya, orang sensitif akan cenderung emosional, karena biasanya pada saat merespons realitas yang tengah dihadapi, pikirannya tidak mengolah kembali fakta-fakta yang terekam di otak, akan tetapi langsung memasukkannya ke dalam "hati" apa adanya. Ia mengolah informasi dengan perasaannya. Proses itulah yang menyebabkan orang faktual cenderung tenang, penuh perhitungan, dan mampu mengendalikan diri.

Sebaliknya, orang sensitif cenderung cepat gelisah, tergesa-gesa dalam mengambil kesimpulan, tidak sabar, dan sukar mengendalikan diri. Dengan pengoptimalan pikiran, kita dapat mengendalikan perasaan dan juga kehidupan ke arah yang kita inginkan. Dengan pikiran kita dapat mengubah perasaan sedih menjadi perasaan senang, takut menjadi berani, minder menjadi percaya diri, pesimis menjadi optimis, atau bosan menjadi penuh gairah.

Maka tidak salah bila seorang filsuf, Marcus Aurelius, memiliki pandangan bahwa "Hidup kita ditentukan oleh pikiran". Kalau berpikir tentang hal-hal menyenangkan, maka kita akan menjadi senang. Jika memikirkan hal-hal menyedihkan, kita akan sedih.

Stanley R. Welty, Presiden Wooster Brush Company, berpendapat, "Pada saat keluar rumah di pagi hari, kita sendirilah yang menentukan apakah hari itu akan jadi baik atau buruk, karena tergantung bagaimana kita menjalankan pikiran kita. Dapat tidaknya kita menikmati hari itu sangat tergantung pada cara kita berpikir.

" Kalau merasa kantung kita menipis, lalu mengeluh seakan-akan kita orang paling sial, bisa jadi hari itu menjadi hari paling membosankan. Tapi bila kita bangun pagi, memandang keluar jendela dan melihat bagaimana burung-burung bersiul menyambut pagi sambil merasakan kesejukan embun, mungkin kita akan mendapati hari itu sebagai hari baik.

Bagaimana pun cuaca hari itu, bagaimana pun beratnya masalah yang dipikul hari itu, pikiranlah yang menentukan kehidupan kita. Yang kita pikirkan ketika itu,itulah hidup kita. Bila dalam kesedihan kita mencoba tersenyum, sebenarnya kita tengah mencoba melepaskan diri dari perasaan sedih itu. Saat itu kita tengah menetralkan perasaan negatif di dalam diri. Hal ini sangat baik dan bisa membantu agar kita tidak terlalu larut dalam duka.

Memang, ada banyak hal yang menyakitkan, yang membuat kita cemas atau kesal. Namun jangan larutkan diri di dalamnya. Jangan biarkan masalah apa pun membuat kita patah semangat. Berpikirlah pada hal-hal positif yang bisa dilakukan. Dengan begitu kita akan menjadi orang tangguh yang tak mudah jatuh. Pikiran kita menjadi terbiasa untuk selalu positif, dan kita akan lebih mudah mencapai cita-cita. Dan yang lebih penting, hidup kita akan menjadi lebih menyenangkan.

Sumber: majalah INITISARI edisi Maret 2001

Bookmark and Share

Tag/Label positif, pikiran, sensitif, emosional, hati
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
7 komentar pada warta ini
Senin, 05-03-2007 09:16:36 oleh: bajoe

Aku kurang sepakat dengan artikel di Intisari ini, yang meletakkan pikiran di atas perasaaan, seolah kalau perasaan dikendalikan pikiran maka kita akan menjadi pribadi tangguh. Ini dugaanku dilatar belakangi cara berpikir modernitas yang meletakkan akal (pikiran) di atas segalanya. Namun praktek sehari-hari kita sering melihat justru orang yang mengagung-agungkan pikiran semata, adalah orang yang frustasi.

Di era ini, sudah timbul perspektif yang meletakkan pikiran dan perasaan dalam porsi yang seimbang. Misalnya muncul ide EQ (emotional quetiont), SQ dll. Menurutku kalau mau jadi pribadi tangguh, adalah mengembangkan pikiran sekaligus menumbuhkan perasaan. Misalnya emosi yang meledak-ledak. Solusinya bukan dengan mengendalikan dengan pikiran , tapi adalah bagaimana emosi itu dapat merespon dengan lebih tenang. Biarkan emosi bicara. Jangan sepelekan perasaanmu...




Senin, 05-03-2007 10:13:40 oleh: Hendry Risjawan

Mas Bayu, diri kita ini ibarat spt komputer, ada hardware & software. Hardwarenya adalah otak kita sedangkan Softwarenya adalah Pikiran. Pikiran sendiri dibagi 2, yaitu sadar (12%) & Bawah Sadar (88%). Persentasi dlm mengendalikan hidup kita.

Menurut saya perasaan adalah bagaimana kita mempersepsikan suatu keadaan suka, senang, sedih, gembira, takut, dll yang akhirnya menjadi emosi didiri kita & kita rasakan. nah proses terjadinya adalah dari suatu keadaan ditangkap oleh panca indra lalu diterukan ke pikiran sadar & masuk ke bawah sadar melalui RAS dan kembali lagi ke pikiran sadar. hasilnya bisa perasaan, bau, rasa, dll.

jadi semuanya dikendalikan oleh segumpal otak yg tdk lebih dr 1,5 kg

thanks




Senin, 05-03-2007 17:10:40 oleh: bajoe

Ooo begitu to. Terima kasih penjelasannya Pak Hendry.

Dari kacamata orang awam (paling tidak saya), masih tercampur2 istilah antara pikiran dan kesadaran. Jadi begitu, pikiran ada 2, kesadaran dan bawah sadar ya.

Lalu bagaimana atau di mana letak dari suara hati?

thanks.




Jumat, 11-01-2008 03:40:04 oleh: ridwan syarif

saya sangat sepakat dengan mas bajoe,,, di jaman seperti sekarang ini kalo kita cuma mengandalkan pikiran, kita akan menjadi orang yang lambat... karna proses berpikir membutuhkan waktu yang lama, kalo kita sudah terbiasa berpikir maka hal-hal yang kecilpun akan kita pikirkan, menurut saya orang yang tangguh itu adalah lebih mengarah kepada orang2 yang bertindak secara spontan,,,,,



Jumat, 11-01-2008 03:49:56 oleh: ilham

menurut saya orang tangguh itu adalah orang yang gak terlalu larut dalam pikirannya, dia gak takut dengan masalah, dan orang yang seperti ini lebih bisa di percaya karna dia tidak pernah menyembunyikan masalah, jadi ini lebih bisa di anggap tangguh, bedadengan orang yang selalu berpikir dia selalu mencari cara dalam menghadapi masalah, orang seperti ini kadang2 tidak bisa menjadi dirinya sendiri...

http://forumindonesian.blogspot.com/




Senin, 18-08-2008 16:02:33 oleh: Nurbaiti

Klo saya sependapat dengan pa hendry tuh, tangguh ngga nya seseorang lebih didominasi oleh pikirannya sendiri...pan ada pepatah :you're what you think and you're what you believe"
Klo qt yakin bisa pasti akhirnya bisa,tapi klo ragu, pasti ngga akan berhasil apapun itu yang udah qt raguin.
Pikiran itu ada dua jenis, pikiran sadar & bawah sadar, nah pikiran bawah sadar itulah yang paling berperan & punya energi yang begitu dahsyat. Adanya penemuan komputer, listrik, manusia bisa ke bulan, itu ngga lebih karna pikiran bawah sadarnya yang bekerja. Pikiran sadar hanya penjembatan dan pen set'up awal dari rencana qt, selebihnya pikiran bawah sadarlah yang bekerja, tapi pikiran bawah sadar ini akan bekerja saat kondisi qt sedang tenang. for example, pernah ngga ngelupain nama seseorang yang dulu kenal ataw lupa naruh sesuatu yang qt lagi butuhin, and ternyata saat kondisi qt lagi tenang, lagi duduk santai atau dah mau tidur,tiba2 baru teringat...nahhh, itulah bukti pikiran bawah sadar anda bekerja.Dia itu seperti bara api, yang kalo ngga dijaga bisa meredup. Semua orang punya dua pikiran ini, hanya ngga semua orang sadar ada potensi besar dalam dirinya dan mereka bisa menjadi apa saja yang mereka inginkan denga pikiran bawah sadar ini....So, let us find this unsubconcious mind, percayain dia untuk bekerja and be whatever we want to be^_^ ....tapi bukan berarti jadi takabur, biar gimana juga, ini semua ngga terlepas dari kehendak Zat yang Maha Mengatur, Manusia boleh berencana & berikhtiar tapi Allah juga yang menentukan..Ottrechh...




Rabu, 03-08-2011 21:26:54 oleh: saubit

saya sependapat,semua hal dilandaskan pikirin yang sehat dan masuk akal,akal adalah penyeimbang skaligus penimbang bagi perasaan yang bisa saja menjerumuskan orang dalam suatu ketidak pastian.sesuai dengan islam adalah agama akal



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY