Meidy

Tugu Pahlawan Yang Terlupakan ?

Selasa, 10-11-2009 09:33:38 oleh: Meidy
Kanal: Peristiwa

Tugu Pahlawan Yang Terlupakan ?

Tugu yang bertuliskan kata “Pahlawan Indonesia” ini letaknya tepat di seberang Benteng Ujung Pandang (Fort Rotterdam), Makassar. Tugu ini sudah lama sekali keberadaannya tetapi saya juga kurang tahu kapan tahun pembuatannya. Kayaknya sedari saya masih kanak-kanak dan ingatan saya ini tadi pagi (10/11/09) dibenarkan oleh seorang teman saya yang jam terbangnya di dunia sudah lebih banyak dibandingkan saya. Di sekitarnya dijadikan tempat parkir kendaraan, ada warung-warung makanan dan minuman, penjual kelapa muda..maklum di dekatnya ada dermaga kecil tempat kapal motor (motor boat) yang memuat penumpang ke Pulau Kayangan atau Pulau Samalona.

Untuk kategori dirawat kayaknya kurang karena dinding ada yang ditempelin kampanye gambar caleg dan juga mungkin saja sudah terlupakan. Salah satu contohnya ketika saya menanyakan kepada kenalan bahwa saya prihatin melihat tugu tersebut, kenalan saya malah balik bertanya : “ Ohhh emang masih ada ?” Teman saya yang saya kontak tadi pagi (kebetulan dia lagi di Makassar) malah mengatakan nanti coba saya lewat ya apa masih ada. Saya mengatakan bahwa terakhir saya ke Makassar bulan Oktober 2009 masih ada… emang kenapa? Dia khawatir tugu itu sudah tidak ada karena siapa tahu areal itu akan dibangun sesuatu dan salah satu yang dilenyapkan tugu itu.

Pada salah satu kaki tugu itu (yang terletak bagian depan) ada semacam prasasti yang bertuliskan kalimat-kalimat. Saya  sangat susah membacanya secara langsung karena sudah tidak jelas selain itu matahari sangat terik memancarkan sinarnya waktu itu. Jadi saya terpaksa memotretnya dan berusaha membacanya lewat komputer (untung jaman udah canggih).

Di sana tertulis :

Monumen Pendaratan TNI Di Makassar

Di tempat inilah terjadi pertempuran yang dahsyat antara Pasukan TNI yang dicegat pendaratannya oleh KNIL NICA, sesudah pengakuan Kedaulatan yang diberikan Belanda yaitu R.I.S 27-12-1949.

Sekaligus merupakan saksi sejarah seperti yang nampak pada dinding sebelah barat Benteng Panynyua berupa sejumlah lubang besar dan bekas tembakan peluru api pertempuran.

Makassar, 12 September  (tulisan tahun tidak jelas tetapi depannya 200?)

Mayjen. Purn. H. Andi Mattalatta

Sesepuh Perjuangan Kemerdekaan Indonesia.

 

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya…” demikian menurut Bung Karno.  Apakah itu cukup dengan sekedar mendirikan tugu peringatan, lalu melupakan perawatannya? Atau mungkin saja bagi beberapa orang menganggap bahwa Pahlawan itu hanya sekedar untuk diingat sepintas dan itu bagian dari masa lalu yang tidak perlu ditoleh ke belakang? Apa di jaman sekarang ini anak-anak sekolah masih bisa menjawab ketika kita bertanya tentang siapa itu Bung Karno dan Bung Hatta? Jangan-jangan mereka lebih tahu Batman, Spiderman dan kawan-kawan.  

Demikian teman-teman sekedar tulisan untuk memperingati Hari Pahlawan 10 Nopember. Terima kasih buat para pahlawan yang telah berjuang dan semoga kita semua tetap bisa mengenang jasa-jasa mereka dan mempertahankan kedaulatan negara kita ini. Merdeka !!

Jakarta, 10 Nopember 2009

Bookmark and Share

Tag/Label tugu, monumen pendaratan tni di makassar, hari pahlawan, pahlawan, sejarah, politik
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY