Leonardo Paskah S

Serba Ekonomis Ala Backpacker Ke Hong Kong

Jumat, 09-10-2009 15:34:36 oleh: Leonardo Paskah S
Kanal: Wisata

Serba Ekonomis Ala Backpacker Ke Hong Kong

Minggu lalu saya baru saja keluyuran di Hong Kong (HK) sebagai backpacker seorang diri. Dengan tujuan utamanya menghadiri seminar medis tentang diabetes dan obesitas, namun tentunya keliling Hong Kong tidak boleh terlewatkan. Bermodalkan uang secukupnya, bahasa Inggris serta mental nekat, maka berangkatlah saya seorang diri ke negeri antah berantah tersebut.

Namun pada hari pertama saya mendarat di HK, beruntunglah saya karena bertemu dengan seorang pembantu rumah tangga Indonesia (TKI) yang sudah lama bekerja di sana. Mbak Ila namanya, dan dari dialah saya mendapatkan segala sesuatu yang praktis dan serba ‘murah’ selama berada di HK. Penerbangan dengan Garuda ke HK hanya ada jadwal pagi hari yaitu sekitar pk.09.00. Waktu kemarin itu saya relatif beruntung karena biaya tiket pulang pergi ‘hanya’ 3,8 juta rupiah (bandingkan dengan tiket pulang pergi Garuda dari ke Bali yang sekitar 3,5 juta rupiah).

Penerbangan itu berlangsung sekitar 4 jam. Dan yang lebih beruntung sekali adalah bahwa pada hari ini ternyata angin taifun, yang merupakan momok alam yang menakutkan bagi penduduk setempat, batal datang. Jika tidak, dipastikan semua penerbangan batal berangkat serta seminar saya dipastikan batal juga. Sebagai gantinya, saat mendarat di HK, kedatangan saya disambut oleh hujan yang lumayan deras dengan anginnya yang kencang.

HK adalah kota yang super sibuk, layaknya di kota-kota di Jepang juga, jadi semua orang yang ada di jalanan, mal, stasiun kereta, airport, escalator, semuanya serba bergerak cepat dan tergesa-gesa. Kita perlu belajar banyak dari mereka perihal efisiensi waktu, lagipula bergerak dan berjalan cepat itu menyehatkan, betul?! Makanya jarang melihat orang-orang HK yang gemuk, mungkin karena mereka aktif berjalan kaki terus, mobil pribadi adalah jarang dijumpai di kota yang nan sempit ini, selain karena angkutan umumnya sudah sedemikian mudah aksesnya dan juga pajak kendaraan pribadi beserta ongkos lainnya disini luar biasa seram. Bayangkan, biaya parkir mobil di gedung selama 4 jam saja bisa mencapai $HK 200 ($HK 1 setara dengan Rp.1300).

Karena ketidaktahuan saya, maka ketika sampai di airport (lokasi airport di ujung pulau, sangat jauh dari pusat kota), maka saya melanjutkan perjalanan ke pusat kota dengan menggunakan Airport Express yang menghabiskan $HK 100. Hanya 40 menit dibutuhkan untuk sampai di Hongkong Stasiun yang berada di pusat kota. Di sinilah saya berjumpa dengan seorang karyawan yang merupakan orang Indonesia. Ia menunjukkan banyak hal perihal ‘serba murah’ di Hong Kong supaya saya dapat menghemat perihal akomodasi dan transportasi.

Pertama-tama saya ditunjukkan ke toko ponsel lokal untuk membeli kartu dengan pulsa telpon yang murah (mungkin ‘esia’ nya HK). Terkejutlah saya karena papan toko pulsa itu bertuliskan ‘Sahabat Setia SmarTone’, kok pake bahasa Indonesia ya? Dan ternyata memang itu toko wong Indonesia, ya yang punya, ya para penjualnya, ya tulisan di brosur panduan penggunaan kartunya. Harga kartu itu hanya sekitar 50 ribu rupiah, biaya telpon interlokal ke Jakarta sekitar 1000 rupiah saja per 2 menit ! Bandingkan dengan biaya sms interlokal dari HP saya (telkomsel) ke Jakarta yang sekitar Rp.4000 per sms. Belum lagi itu kartu dapat digunakan untuk menelpon lokal di HK yang tentunya biayanya jauh lebih murah lagi. Usut punya usut, ternyata itu toko ponsel didirikan memang untuk para TKI kita disana yang jumlahnya memang amat banyak di HK, sebagai pasar utamanya.

Yang tak kalah mengagetkan lagi, tepat diseberang toko ponsel itu, terdapat swalayan lumayan besar dan modern dengan nama ‘Toko Chandra’, walah kok nama Indonesia lagi nih? Dan ternyata benar saja, pemiliknya adalah WNI yang memang mengadu nasib di HK, dan sukses. Semua pelayan di toko ini uniknya adalah TKI semua. Dan tidak cuma itu, saya juga ditunjukkan beberapa resto Indo, masih di jalan yang sama, ada resto Bakwan Malang, Nasi Padang, Resto Jawa-Surabaya, yang tentunya si empunya dan pelayan lagi-lagi orang Indonesia. Wah ternyata satu jalan di daerah nan ramai di distrik WanChai ini memang kampung Indonesia (katakanlah Pecinan-nya Indonesia). Semua hal itu membuat saya merasakan tidak sedang berada di luar negeri melainkan dekat dengan tanah air.

Cuma sedikit catatan penting, walaupun semua pelayan toko tersebut WNI, namun mereka adalah para TKI yang berkualitas karena mereka fasih berbahasa Inggris maupun Kanton (bahasa lokal di HK). Selepas dari Kampung Indonesia, saya dianjurkan untuk membeli suatu kartu yang bernama Octopus Card yang merupakan kartu pra-bayar multifungsi yang dapat terus diisi ulang. Guna kartu Octopus adalah serupa kartu Flazz BCA, namun penggunaanya lebih luas, yaitu bisa untuk di’tempel’ untuk membayar biaya MTR (kereta listrik bawah tanah), bus, bahkan beberapa swalayan modern semacam 7 hours, dll. Jumlah yang dapat diisi adalah kelipatan $HK 50, dan jika pada akhir kita hendak pulang ke Indonesia ada kelebihan deposit, maka kelebihan dalam kartu itu dapat diuangkan kembali dengan dipotong pajak $HK 7.

Kartu ini merupakan kartu yang amat praktis sehingga memang wajib untuk dimiliki selama di sini. Sebagai gambarannya, kita hanya perlu tempel kartu tersebut jika hendak naik MTR maupun bus kota tanpa perlu tanya-tanya dulu biayanya berapa, otomatis harga perjalanan akan langsung dipotong dari deposit kita di kartu. Para supir bus kota di sana tidak pernah mau memberikan kembalian jika kita membayar fee, jadi harus uang pas, tentunya tanpa adanya kartu ini hal itu membuat tidak praktis untuk mencari uang receh dalam nominal yang pas.

Biaya tranportasidi HK, terutama MTR dan bus kota, terbilang terjangkau. Rata-rata sekali jalan MTR (tergantung jarak) yang berjarak kira-kira antara Jakarta Utara ke Pusat adalah 6 ribu rupiah-an. Selain itu transportasi di sana juga sangat praktis dan tepat waktu, peta alur tujuannya juga terpampang dimana-mana dan mudah untuk dicerna. Jadi dipastikan kita mudah untuk kemana-mana dengan harga yang terjangkau. Kapan yah transportasi di Jakarta bisa seperti demikian?

Sewaktu saya sedang mencari penginapan, saya berkenalan dengan seorang pembantu rumah tangga TKI yang sudah bekerja di sana selama 8 tahun. Mbak Ila, namanya, menunjukkan kepada saya ke beberapa lokasi penginapan yang strategis namun harganya paling murah deh di HK. Penginapan itu merupakan suatu apartemen atau flat yang salah satu kamarnya disewakan oleh pemiliknya yang tinggal di salah satu kamar lainnya dalam ruang flat tersebut. Jadi mirip homestay deh.

Saya mendapatkan harga satu malamnya sekitar 350 ribu rupiah, suatu harga yang relatif jauh lebih murah dibandingkan hotel bintang 2-3 sekalipun di HK (rata-rata 750 ribu rupiah per malamnya). Kamarnya bersih, di dalamnya ada 2 ranjang (artinya 350ribu rupiah itu sebenarnya bisa dishare berdua jika kita menginap berdua), pasti aman, perkakas mandi semua lengkap, dan....kebetulan sekali si empunya flat tempat saya menyewa itu adalah orang Surabaya rek! Yaeelah, lagi-lagi WNI di negeri nun seberang lautan ini hehe.

Lokasi flat saya di daerah Causeway Bay, salah satu daerah nan ramai akan hiruk pikuk kehidupan malam, dari mal, tempat makan, taman, dll. Jadi saya kira perfect! Usut punya usut, ternyata ada banyak flat yang disewakan seperti demikian di HK, dan memang diperuntukkan bagi backpacker seperti saya, dan harganya yang murah tersebut ternyata dikarenakan penginapan model demikian termasuk bisnis gelap! Jadi tempat itu tak terdaftar sebagai penginapan sehingga tak dikenakan pajak, makanya murah. Jadi kita harus diam-diam sebagai penyewa, jika ditanya oleh si pemilik atau satpam gedung, jawab saja “masih famili”, begitu ujar si Mbak Ila.

Perlu diketahui bahwa biaya tempat tinggal di HK, yang rata-rata berupa flat gedung bertingkat seperti rumah susun karena lahan di HK yang terbatas, terbilang sangat tinggi. ‘Kos-kosan’ saja disini dengan ruang yang sempit sebulan bisa mencapai 4 juta rupiah. Sedangkan biaya kontrak flat yang kecil di sini sebulan bisa 20 juta rupiah.

Mau tahu tempat wisata apa saja yang saya rekomendasikan di HK ? Yang mesti dilihat karena HongKong banget adalah memandang gemerlap lampu warna-warni di langit HK malam, itu bisa dilihat dari The Peak (‘Puncak’nya kota Hongkong) atau dari pesisir laut yaitu Avenue of Stars. Di Avenue of Stars malah pada hari tertentu ada pertunjukan fireworks (kembang api) megah dan disertai sinar laser yang mencengangkan.

Oh ya, di The Peak, kita juga bisa sekalian ke Museum Patung Lilin para artis top dunia, Madame Tussauds HK. Bagi mau menjelajah ke pantai buatan ala HK yang berpasir sangat halus, jangan ragu ke Repulse Bay. Jangan ketinggalan untuk ke restoran terapung tersohor yang berbentuk kapal megah, Jumbo Restaurant. Bagi yang suka hiburan kelas tinggi, pastinya HK Disneyland dan Ocean Park yang nan megah.

Tapi bukan orang Indonesia jika yang dicari bukannya tempat belanja souvenir, tempat favorit orang Indonesia semcam itu adalah Stanley Market atau Ladies Market (MongKok) atau Temple Street. Di Ladies Market, yang biasanya penuh dengan pelancong dari Indo, tersedia banyak sekali souvenir fancy, tas, baju-baju, jam dengan harga super murah asal kita bisa menawar dengan gagah berani. Contohnya tas palsu Gucci yang bahannya halus bisa didapatkan seharga 100 ribuan, gantungan kunci (oleh-oleh massal favorit) cuma sekitar 7 ribuan rupiah, T-shirt khas HK sekitar 25 ribuan.

Namun jika ingin mencari souvenir yang lebih khas HK, unik-unik, kualitas lebih baik dari Ladies Market, saya anjurkan untuk ke Stanley Market. Berbeda dengan di Ladies Market, di sini kebanyakan yang belanja adalah bule. Di Stanley Market kita bisa mendapatkan juga perkakas sport merk terkenal dengan harga “Pasar Baru”, selain itu di sini juga ada beberapa toko yang menjual busana second dan harganya...benar-benar murah, masih bagus lagi. Saya membeli kemeja lengan panjang warna hitam di sini, harganya cukup 25 ribu rupiah saja! Jika ingin souvenir yang klasik dan antik-antik, Temple Street lah tempatnya. Belanja souvenir di ketiga pasar rakyat tersebut, Anda akan merasakan seakan sedang belanja di Malioboro, ya ramainya, ya barangnya yang unik-unik dank has serta harganya.

Lalu kudapan khas HK? Yang wajib dicoba antara lain : Wonton noodle (mie pangsit yang khas HK banget karena mie nya tipis-tipis tapi keras seperti kawat, pangsitnya yang montok), dim sum, bubur, mango jus ( mirip bubble jelly dengan jus mangga yang sangat khas di HK karena memang mangga adalah buah yang sering di panen disini). Sebagai catatan, mie dan bubur di sini rata-rata tidak halal karena mengandung minyak babi yang sangat kental sehingga saya pun merasakan mual saat memakannya. Oke selamat menjelajahi HK! Dan jangan malu untuk menyapa dan bertanya kepada para pembantu rumah tangga TKI kita saat di sana, biar isi dompet tak banyak terkuras coy.

Bookmark and Share

Tag/Label jalan, hongkong, backpacker
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
26 komentar pada warta ini
Jumat, 09-10-2009 23:11:24 oleh: aris

wah, patut dicoba... kalo ada kisah backpacking lain tolong di share ya. thx. i'll try it



Senin, 12-10-2009 12:49:26 oleh: Kusriati

Pak Leo, Terima kasih infonya.
Akhir oktober ini kebetulan saya mau ke sana. Sendirian pula. Pas buka wikimu pas ada artikel Anda. Sekali lagi Terima kasih.




Senin, 12-10-2009 22:28:37 oleh: rita

thank's ya infonya ....gw rencananya juga bulan november ini mau berangkat ke HK...oh ya s4 minta no hp Mb Ila nggak?sapa tau gw bisa coba hubungi...he3x...



Rabu, 14-10-2009 11:43:00 oleh: Leonardo Paskah S

nih dia hp mbak ilah 51389878 (no lokal), kalo mau telp dari jakarta pake XL supaya bayar pulsa lokal cukup gunakan kode 01000 trus kode negara 852 dan no hp nya 51389878. jadi langsung 0100085251389878.
Mungkin dia lupa nama saya, tapi bilang aja dokter yang dari jakarta yang bulan lalu kesana.
nanti biasanya kasi aja tip $HK 30 untuk bantuan beberapa hari.
Jangan lupa oleh2nya untuk saya lho hehe....




Kamis, 15-10-2009 13:20:46 oleh: charmelita

serba beruntung ya ketemu orang Indo disana...jadi bisa dapet info yang murmer...

selain Garuda, cheap airlines dari Jakarta yang langsung ke Hongkong apa lagi yah ? average price nya berapaan ? tolong diinfo yah...

Thanks a bunch




Kamis, 15-10-2009 17:02:59 oleh: suyarta

trim's infonya pak leo
saya mau tanya lagi nih,....Apa Mbak Ilahnya ng kerja disana jadi bisa bawa kita muter yah???? untuk tip sih ng masalah deh....beres deh.
Pak Leo saya bisa minta HP Bapak ng utk tanya yang lebih jelasnya....soalnya saya juga mau berangkat di Oktober ini, udah deket kali...tolong yah,...kalo bisa kirim ke email saya di suyarta@gmail.com,....Terima kasin yah atas infonya. Ditungguuuuuu




Sabtu, 05-12-2009 19:55:49 oleh: Yeni Suwendi

Malam Pa'Leo...info Bpk sangat bermamfaat...saya ada rencana Januari 2010 melancong ke sana...boleh minta No HP Bpk untuk tanya2 lebih jelas lagi...Bisa info via email saya,Terima kasih



Senin, 21-12-2009 23:42:22 oleh: richiekho

wah, terima kasih sekali infonya. sangat bermanfaat pastinya untuk yang backpacking ke hong kong. selain itu, saya mau tanya kalau mau malanjutkan perjalanan ke macau dari mana yah?



Jumat, 25-12-2009 19:29:15 oleh: josephine rebecca

halo pak..salam kenal,
Pak bisa tolong alamat toko hp yang murah itu...dan alamat lengkap?no telp penginapan yg murah itu pak...trims




Rabu, 30-12-2009 07:37:28 oleh: Leonardo Paskah S

saya tak tahu alamat lengkap tuh gerai hp indo, tapi adanya di daearah WanChai, tepat di bawah jembatan penyeberangan utama sana juga tepat di sebelah pintu keluar stasiun MTR Wanchai.
Mengenai alamat lengkap itu penginapan, adanya di Kingston street building, di daerah Causewaybay. Itu bukan officially penginapan, krn memang ilegal, jadi sebenarnya cuma flat personal. Jadi untuk dapat nginap disana harus melalui 'calo' nya, yaitu salah satunya si mbak Ila itu lho...




Jumat, 05-02-2010 20:16:13 oleh: Setyaningsih H

Selamat malam pak Leo, mungkin bisa kasih tip kesaya bagi pemula yang mau pergi ke Hongkong seperti saya. Dan juga tempat-tempat yang menarik yang tidak boleh dilewatkan bila berkunjung ke Hongkong. Mungkin tip nya bisa diemailkan

Terima kasih
Salam

Anng





Jumat, 05-02-2010 21:01:03 oleh: Leonardo Paskah S

Bbrp tip untuk Anda:
1. Cari wkt berpergian yg tidak peak season shg harga tiket pesawat bisa dpt harga promo. Klo saya perhatikan, menggunakan maskapai garuda cukup hemat namun kualitas cukup baik juga jika dibandingkan dg cathay, thai ataupun singapore airlines.
2. Sebisanya cari tahu cuaca di HK disekitar waktu bepergian Anda,jgn sampai saat tsb diprediksi ada angin taifun yg memang sering melanda HK. Jk terjadi taifun,amu tidak mau Anda harus gigit jari krn flight bisa di delay maupun saat disana akan banyak tempat2 hiburan yg tutup.
3. Mencari dan booking hotel di HK sangat mudah via internet, tinggal masuk ke search engine dan ketik hotels in HK maka ada banyak web yg menyajikan pemesanan kamar tsb. Pembayaran dapat via paypal jika tidak transfer lsg.

Bbrp tmpt yg saya rekomendasikan di HK:
Pantai repulse bay dan stanley market, JUMBO floating restaurant, avenue of stars, ladies market,

The peak-madame toussaud museum, temple street night market, HK disneyland, causeway bay (kehidupan malam yg metropolit dan jajanan jalanan)




Senin, 08-02-2010 20:33:26 oleh: Lolyta

Pak...Infonya tlg lbh lengkap&jelas doonkk!! Misal= bandara ke hotel yg murah kita naek apa&ongkos brp.. Trs klo dr hotel ke disneyland/museum kita musti naek apa. Pokoknya ttg akomodasi PP dr hotel ke tmpat yg dituju lah.. Thanks



Senin, 03-05-2010 23:55:47 oleh: Agie

Selamat malam...
sangat menarik membaca catatan perjalanannya...
saya kebetulan akan mengunjungi hongkong akhir bulan ini..boleh di share tempat nginap yang murah di mana.?




Senin, 17-05-2010 13:11:38 oleh: daniel

siang pak.
saya mau ke HK pertama kali bln september ini...
bs minta telp bpk bair lbh jelas.
email saya : ang_niel@yahoo.com

thx bt info bpk.
Gbu




Selasa, 05-10-2010 11:50:50 oleh: M.Rudi wahyono

thanks pak saya rencana ke sono november 2010 ..
semoga tak melewatkan ..kesempatan jalan jalan di HONGKONG...




Senin, 18-10-2010 21:46:58 oleh: iyan

Hallo pak rudi

Saya juga ad planning d bulan Noember ini ke macao dan Hongkong kalau bisa sharing dong terima kasih


yantho.cunmin@yahoo.com




Selasa, 21-12-2010 22:41:06 oleh: erwan

pake visa nggak ya ke hongkong om?? pa cukup paspor aja...blue_i5land@yahoo.com



Sabtu, 09-04-2011 17:29:42 oleh: Andry

Saya backpacker rencana berangkat sendiri tanggal 13-19 Juni ...ada yang mau barengan ....??



Minggu, 15-01-2012 10:58:18 oleh: Yanto Giri

Thanks buat infonx, saya backpackers ke HK tgl 4 april tpi sendirian,dmana sna bisa dpt hotel yg murah.thanks



Kamis, 03-05-2012 20:52:52 oleh: rahayu indrayani

trims pak infonya, saya dapat ide untuk cari kos2an seperti yg bapak bilang, eh ternyata dapat, tapi bukan lewat mbk yg bapak bilang, kebetulan kenalan dgn bbrp TKW lwt fb sbelum berangkat dan mereka sangat membantu, biaya nginapny pun murah bgt, ga sampe 50HKD epr malam, tapi emang si cuma untuk tidur dan mandi aja.
sempet ke macau juga.
bagi yg mau ke HKG atau macau, selamat berlibur yah^^
it's worth enough!




Minggu, 20-05-2012 13:53:32 oleh: ratna sari dewi

@ rahayu indrayani
sis mau tanya penginapan murah di bawah 50 HKD di mana ? lalu bisa kenalan sama tkw lewat fb bagaimana ? kemarin yang nginap di hongkong dan macau punya no telp / email yangbisa dihubungi ? soalnya mei 2013 saya mau kesana ? bisa share nih yang sudah kesana sola penginapan / makanan/ transportasi ?
terima kasih sebelumnya




Jumat, 25-05-2012 11:09:43 oleh: Riris

Makasi buat cerita nya, sangat informatif sekali.. Saya akan ke Hongkong bulan depan dan belom ada ide akan kemana saja dan tempat penginapan yang ok.
Ada yg akan ke Hongkong bulan depan sekitar tanggal 12-18 Juni 2012?




Jumat, 01-06-2012 06:58:25 oleh: Abu Fina

Pak Leo,
HK Station itu bukannya yang diapit ama Simplify Bread & Wine ama Mannings (deket Exchange Square) ya? Kalau memang itu, letaknya bukan di ujung, tapi di pinggir pulau.


Bu Riris,
Saya tanggal 10-16 ke HK. Tapi nanti akan berada di Mody Road. Saya juga belum pernah ke sana.




Kamis, 16-08-2012 20:05:04 oleh: Rita Sinambela

@ Rahayu Indrayani
Trima kasih atas info nya.
Saya mau backpacker ke Hk awal September 2012 ini, n lihat t ya? Yg perlu untuk tidur aja deh.Bisa kenalan sama tkw lewat fb bagaimana ? Punya no teleponnya ?
Mohon saya bisa di hub/ di sms di 08129408765 atau email : ritalinas17@yahoo.com atau fb Rita Sinambela. Thanks ya




Sabtu, 27-07-2013 20:42:27 oleh: ery sandra


boleh tanya2 soal penginapan di hongkong karena saya dana dik mau kesana?




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY