Mestika Dewi

Seks Bebas Di Kalangan Remaja

Jumat, 11-09-2009 10:09:26 oleh: Mestika Dewi
Kanal: Opini

Seks Bebas Di Kalangan Remaja

Menonton infotainment kemarin pagi, bergidik mendengar artis remaja perempuan yang akan dipenjara karena suatu kasus, ternyata hamil pula di luar nikah, sudah dua bulan. Tidak ada konfirmasi siapa ayah dari si jabang bayi.

Remaja dengan segala perubahan dan fakta-fakta remaja lainnya seperti juga pernah diungkapkan pada artikel sebelumnya (Remaja dan Seks) memang selalu menarik untuk dibahas.

Fakta artis tersebut hanyalah tontonan yang tampaknya sudah menjadi sangat biasa kita santap sehari-hari. Data terburuk lain mengungkap fakta yang tidak kalah mirisnya, remaja bahkan rela melakukan aborsi ketika kehamilan menjadi tidak diinginkan : 700 ribu remaja Indonesia setiap tahunnya melakukan aborsi. Padahal tindakan aborsi pun beresiko menjadi kematian.

Akibat-akibat lain dari seks bebas di kalangan remaja ini pun berbagai macam, terkena HIV/AIDS, PMS (Penyakit Menular Seksual), KTD (Kehamilan yang Tidak Diinginkan) hingga aborsi (seperti yang disebutkan tadi) yang dapat menyebabkan cacat permanen atau berujung pada kematian.

Akibat psikologis yang seringkali terlupakan ketika melakukan hal ini sebenarnya adalah: RASA BERSALAH, MARAH, SEDIH, SESAL, MALU, KESEPIAN, TIDAK PUNYA BANTUAN, BINGUNG, STRES, BENCI DIRI SENDIRI, BENCI ORANG YANG TERLIBAT, TAKUT TIDAK JELAS, INSOMNIA, KEHILANGAN PERCAYA DIRI, GANGGUAN MAKAN, KEHILANGAN KONSENTRASI, DEPRESI, BERDUKA, TIDAK PUNYA PENGHARAPAN, CEMAS, TIDAK MEMAAFKAN DIRI SENDIRI, TAKUT HUKUMAN TUHAN, MIMPI BURUK, MERASA HAMPA, HALUSINASI, SULIT MEMPERTAHANKAN HUBUNGAN.

Lalu berikut beberapa alasan kenapa hal ini bisa terjadi :

1. TIDAK BISA MENGATAKAN ‘TIDAK’:

- Biasanya karena merasa takut diputus hubungan oleh pacarnya. Cara untuk mempertahankan hubungan tersebut. Padahal biasanya, sehabis itu pacar akan lari juga.

- Pacar sudah membujuk rayu sedemikian rupa, sampai akhirnya tidak bisa menolak. Habis itu, siapa yang akan bertanggung jawab ya?

- Biasanya dijadikan alasan sebagai pembuktian cinta. Sebenarnya kalau benar-benar cinta, akan menjaga supaya hubungan seks dilakukan setelah menikah.

2. MERASA BUKAN ANAK GAUL

Dengan pernah melakukan seks, dianggap ‘Gaul’. Salah besar padahal. Akan tetapi, banyak remaja yang punya konsep diri rendah tetap melakukannya supaya dianggap ‘Gaul’.

3. BISNIS

Prostitusi semakin merebak, sekedar iming-iming Blackberry dapat membuat remaja melakukannya loh! Di beberapa daerah, remaja juga dijadikan alat bisnis oleh orang tuanya atau juga karena masalah kemiskinan.

4. NILAI AGAMA YANG BERKURANG

Kalau dulu sih, pegangan tangan lawan jenis saja, kayaknya tabu sekali. Agama yang dijadikan alasan. Katanya secara agama tidak boleh. Tapi, sekarang mungkin sudah biasa yah? Ajarannya sih masih sama, akan tetapi nilai-nilainya mungkin sudah mulai bergeser kali tampaknya…

5. TAYANGAN TV

Wah, ini jangan ditanya deh. Dicekokin tiap hari dengan tayangan sinetron, infotainment, film, dll. Apa tidak rusak jadinya? Minimal membuat remaja ada keinginan ingin mencoba? Hm…jangan sampai kejadian deh ya...

6. GAYA HIDUP

Nah, akhirnya ada beberapa orang malah sudah menjalaninya sebagai gaya hidup. Sudah biasa saja. Ckckck…

Akan tetapi, penulis yakin dan optimis, masih banyak remaja yang mempunyai sikap dan prinsip yang kuat dengan rumus ini :

PACARAN + CINTA = PERNIKAHAN, baru kemudian SEKS

Sekedar berkaca dari remaja di Dumpit Tangerang ketika penulis melakukan penyuluhan di sana di akhir bulan lalu. Mereka adalah remaja yang mempunyai sikap dan konsep diri yang baik. Remaja-remaja dari kalangan bawah tersebut, meskipun seringkali terpaksa bekerja untuk membantu orang tua mereka, tetap punya prinsip untuk tidak melakukan seks pranikah. Mereka tahu bahwa mereka akan berkata ‘TIDAK’ dan belajar menghargai diri mereka sendiri.

Bagaimanapun, pendidikan seks tetap perlu dilakukan agar hal ini tidak terjadi lagi. Lagi-lagi, ini PR siapa ya? Orang tua, guru, atau remajanya sendiri?

Yang pasti : REMAJA TETAP PUNYA MASA DEPAN!

(Wah, penulis jadi bersemangat sekali nih… Maunya sih tidak melihat lagi tayangan seperti kemarin pagi… Cayo remaja Indonesia…)

Bookmark and Share

Tag/Label opini, remaja, seks, hubungan pra nikah
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
20 komentar pada warta ini
Jumat, 11-09-2009 14:42:10 oleh: M.I Rizky

kalo menurut saya point no.01 itu "tidak bisa mengatakan tidak" harusnya bisa toh seks tidak mesti dilakukan dengan hubungan badan namun dengan sentuhan-sentuhan
dan point no.05 Tayangan Tv tidaklah salah kita mengikuti gaya hidup modernisasi dan juga Tv adalah salah satu media yang menghubungkan kita dengan dunia luar,.. so... tayangan Tv tuh gak salah yang salah lembaga sensor indonesianya...

tapi artikel ini sangat2 berguna buat saya yang masih muda hehehehe... ;)




Minggu, 22-11-2009 15:27:51 oleh: stella julita

menurut z smua itu smua emang bnar tp msih ada 1 pnjlsan yg kurng yaitu bimbingan dri ortu...........



Senin, 07-12-2009 10:05:24 oleh: Surjo Sulaksono

Aduuh... Saya punya dua anak perempuan klas 6 dan 7, terus terang saya juga sulit memulai 'ngobrol soal seks' sama my daughters. Ada yang mo sumbang saran?



Kamis, 21-01-2010 12:11:38 oleh: sHoezh

qhOe pUna tEmnd,,,dy anK x_ma dy pernah ngLkn hal trsBt,,,, lah eang jd pertnYn ,,,
BGAmNA CARA qT MeMOTvasi Dy agaR tdak mengingaT Ms laLU.a eang kELAM,,,,,,,,,,,,,

mInta saraN.A yUACh,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,




Rabu, 17-02-2010 19:53:22 oleh: husnul khotimah

kita ad/ generasi muda bangsa.. seharusnya kita harus tetap prcya bhwa smua manusia tdk ada yg smprna! kl soal ank gaul, sbnrnya kita sdh gaul, hanya krna fktor ketidak pedean! JANGAN prnah menoleh kebelakang. sambutlah hari esok dngn snyuman..



Kamis, 18-02-2010 14:57:51 oleh: DESI CUANTIK

yo tergantung bocahe ah!!!!!!!!!!!!!!!!!1



Senin, 22-02-2010 19:59:34 oleh: MAULANA M.H

Gmna cara biar tidak ketagihan sm onani



Kamis, 18-03-2010 20:47:13 oleh: MEMEY ZUMAR CLUB

PCRN SICH BOLH CM JANGN MELAKUKAN FREE SEX, KARENA MERUSAK MASA DEPAN KITA!!!!!!!!!!!!!!!!!!



Senin, 22-03-2010 10:17:27 oleh: Kirana

pacaran itu jalan utama menuju freesex...kalo udah ga tahan mending nikah aja langsung...dijamin 100%halal



Minggu, 04-04-2010 14:27:22 oleh: ida ayu ita ulandari

wah seru bgt nih artikel...
klo ngindarin sex bebas tu , ya tergantung iman seseorang ja karang... kalo bisa nahan ampe nikah kan bgus.... menurut q sie di indonesia kurang pengajaran tentang sex msknya jadi gni, bnyak yg penasaran ma yang namnya sex . makanya mreka nglakuin scara diam2 di luar nikah,




Jumat, 09-04-2010 13:18:56 oleh: dinda putri

klo kita dh ngelakuinya gmana donk ??

pa yg hrus d lkukan skrang nii ??
aq thu syg bgd ma cwog aq mka'a aq
ngsi smw yg dy mntag .

toh dy tnggung jwb kog ??




Sabtu, 24-04-2010 19:31:46 oleh: adinda nita frisca sipta devi

remja zman skrang emang sk hal2 yg bru,plgi ttg sexs prgauln bebas,krna sexs tu sndri kterngny ngak bgtu jels jdi bnyak yg pensran&cb mencba,pengawsn ortu yg kurang,pendi2kan agma yg cm asl2n jdiny z...gtu dech?pertebal iman Qt agr tdk terjermus hal2 yg tdk diingnkn,OKY SOB.....




Sabtu, 29-05-2010 19:13:43 oleh: eka susilawati

para rmaza zmn zkrng mg sdh byk yg tdk mmpunyai mrl yg baik..




Sabtu, 24-07-2010 03:06:32 oleh: shiecio kenichi dakataro

dalam berbagai pihak tidak bisa di salahkan,tergantung dari indifidu x masing", gmn menepatkan diri, berbaur dengan lingkungan sekitar.
rasa ingin tahu, coba" dan adanya kesempatan kemungkinan besar yang mendorong perbuatan yang tidak senonoh.
bimbingan dari org tua,sekolah dan pendalaman Agama cukup membantu.akan tetapi...
ya,,,kembali lagi pada individunya masing.
itu menurut saya.

Untuk mencegah itu terjadi,
buatlah suasana rumah anda penuh dengan rasa Cinta,kasih sayang terhadapat keluarga.

Untuk masa abg sangat lah rawan,
hindari hal-hal yang mengekang jiwa (psikis),coba acuhkan jadwal anak yang sekiranya mencurigakan dengan rekreyasi atau yg lain.
ya...setidaknya ada acara keluarga ttp ada,untuk memper erat ikatan batin.

Coba dekati anak,ajak dia Shering,agar beban anak yg di rumah atau di sekolah atau di lingkungan sekitar,anda pun mengetahuinya dan dapat memberikan solusi.

masa remaja itu indah datang 1 kali andapun yg dewasa pasti sudah merasakan asam manis nya kehidupan,
so evaluasi x saja.
tapi...ada jg org tua yang dlonya terjerumus dunia gelap lalu mengekang anak nya tu pun dak baik,oleh karena itu.

Nasehati dengan perlahan dan menggunakan prasaan.

ingat Karma masih berlaku,kadang smua yg tidak di inginkan terjadi karna "..."

mungkin saya berbagi untuk smua agar tidak ad yang namanya rasa tidak nyaman di rumah.



by.chio_19thn.

NB: m'f bukan nya saya mengguru i tapi,coba lah di resapi,yang baik silahkan di lakukan,seandainya kurang berkenan mohon di ma'fkan




Selasa, 28-12-2010 08:56:33 oleh: Mestika Dewi

terima kasih untuk komentarnya ya :)



Jumat, 11-02-2011 09:01:28 oleh: heri herdiyana

Peran orang tua akan sangat membantu
dimulai dari menyiapkan pelajaran2 dasar akhlaq
memasukkannya ke sekolah agama sejak dini.....
tak bosan menasihati anaknya ketika salah sehingga dalam diri anak tdk terjadi pembenaran gara2 nggak suka diingetin ortunya
memantau dengan siapa anak berteman jangan sampai kecolongan dengan memberi keleluasaan yg tak terkontrol memberi izin melulu tanpa kontrol.
para ortu hendaknya betul2 jadi orang tua bijak menempatkan keluarga yg terpenting dibanding bisnis dan karir.




Senin, 28-02-2011 07:16:29 oleh: ahmad sya'roni

akibat denger lagu cinta
akibat melihat vidio porno
akibat tidak ada iman




Sabtu, 07-01-2012 19:01:33 oleh: Indah Ayu Ristiany

ga bisa anak nya dong yang disalahkan, sebagai orang tua juga harusnya bercermin, karna apa yang dilakukan anak di luar adalah buah dari pendidikan yang di berikan di dalam rumah
saya lebih setuju kalau artikel ini diperuntukkan bagi orang tua




Kamis, 12-01-2012 10:57:09 oleh: Mestika Dewi

ya, setuju sekali, orang tua dalam hal ini sangat berperan... dan mari tidak saling menyalahkan, karena tidak ada orang yang mau disalahkan juga :)
mari sama-sama memahami kondisi ini dan memahami kekuatan masing-masing pihak untuk membuat keadaan yang lebih baik :)
terimakasih atas concernnya ya...




Senin, 16-01-2012 19:45:51 oleh: Wawan

yo mantep



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY