Tarjum

Pelajaran Berharga Dari Pompa Air

Kamis, 10-09-2009 09:50:58 oleh: Tarjum
Kanal: Opini

Pelajaran Berharga Dari Pompa Air

Anda pernah mengalami pompa air di rumah tiba-tiba mati atau rusak dan air tak keluar setetes pun? Bagaimana perasaan anda menghadapi situasi ini? Saya sendiri sering mengalaminya, wah jadi ketahuan nih pompa air di rumah sering rusak, mungkin anda berpikir pasti pompa airnya jelek..he..he....

Apa maksudnya ini? Apa pentingnya menceritakan pompa air di rumah? Saya hanya ingin berbagi pengalaman, saya mendapat pelajaran berharga dari sering rusaknya pompa air di rumah. Pelajaran berharga seperti apa? Silakan ikuti ceritanya.

Waktu pertama kali pompa air di rumah tiba-tiba mati tanpa sebab, saya bingung dan pusing tujuh keliling. Sementara air di bak mandi sangat sedikit, hanya cukup untuk cuci muka. Untuk mandi tiga orang (saya, istri dan anak) nggak cukup, untuk masak dan cuci piring juga nggak cukup. Rumah kami jauh dari tetangga, rumah terdekat adalah rumah Pak Haji, mantan bos saya yang jaraknya sekitar 30 meter dari rumah.

Yang saya pikirkan waktu itu, “Bagian mana yang rusak dari pompa air itu? Kalau ada bagian yang harus diganti berapa harganya? Jangan-jangan pompanya tidak bisa diperbaiki dan harus beli yang baru? Sementara untuk beli yang baru saya nggak pegang uang. Saya juga tidak tahu siapa tukang servis pompa air terdekat yang bisa dihubungi.” Pokoknya waktu itu saya bingung, pusing,cemas dan khawatir memikirkan pompa air yang tiba-tiba rusak. Akhirnya solusi daruratnya saya minta air ke rumah Pak Haji, tetangga yang mantan bos saya, untuk sekedar mandi dan memasak. Ya, mau tak mau saya harus bolak-balik menjinjing dua ember berisi air dari rumah Pak Haji ke rumah saya. Lebih dari 20 ember air yang saya angkut untuk mengisi bak mandi terisi penuh.

Besoknya, saya meminta adik ipar untuk membantu mengangkat pompa air dari dalam sumur (timba). Selanjutnya pompa air diperiksa bagian yang rusaknya. Karena kami sama-sama tidak tahu bagian mana yang rusak, akhirnya pompa air itu kami bawa ke tukang servis di pasar terdekat yang jaraknya dari rumah sekitar 5 km. Setelah diperiksa oleh ahlinya ketahuanlah bagian yang rusaknya, ternyata hanya sebuah alat kecil seharga 10 ribu rupiah. Setalah alatnya diganti dan dicoba ternyata bagus. Saya membayar ongkos servisnya 10 ribu rupiah. Pompa air dipasang lagi dan airpun mengalir lagi dengan lancar, wah plong rasanya.

Kerusakan pompa air bukan hanya sekali, tapi barkali-kali, maklum usia pompanya mungkin cukup tua. Setiap kali rusak, setiap kali itu pula aku bingung, cemas dan khawatir. Suatu waktu saat aku masih berada di tempat kerja, istriku menelepon, mengabarkan bahwa pompa air di rumah rusak lagi, air sama sekali nggak keluar. Saya coba tanya seorang teman soal tukang servis pompa yang pengalaman. Ternyata dia tahu persis seorang temannya yang tukang servis pompa air. Dia langsung menelepon temannya itu untuk segera melihat dan memperbaiki pompa air di rumah saya yang rusak. Malam itu juga si tukang servis (Kang Ujang, namanya) datang ke rumah melihat-melihat pompa air itu. Esok paginya Ujang datang lagi untuk memperbaikinya (kesan pertama, pelayanannya bagus). Karena hari itu saya masuk kerja, jadi nggak sempat melihat gimana Ujang memperbaiki pompa air. Siangnya istri saya memberi kabar bahwa pompa airnya sudah selesai diperbaiki dan air sudah mengalir lancar lagi.  “Alhamdulillah,” kata saya dalam hati. 

Sekitar seminggu kemudian, malam hari saat saya masih di tempat kerja, ibunya anak-anak (bahasa Sunda : indungna barudak,….he..he..) telepon, katanya pompa air mati lagi, air sama sekali nggak jalan. Kali ini saya nggak bingung lagi, segera telepon kang Ujang untuk melihat barangkali ada masalah lain yang menyebabkan pompa air mati. Ujang janji akan ke rumah begitu saya pulang. Singkat cerita kami berdua sudah berada di atas sumur (timba). Ujang mulai beraksi, saya membantu mengangkat pompa air dari dalam sumur. Saya perhatikan, bagaimana Ujang mulai memeriksa bagian demi bagian pompa air dengan cekatan dan teliti (ya, sekalian belajar…). Sekitar sejam dia memperbaiki pompa, ee…pas dipasang, pipa paralonnya malah pecah……jadinya gak bisa dipasang deh pompanya. Tapi, paling tidak masalahnya sudah diketahui. Akhirnya aku bilang ke Ujang, “Kang Ujang, udah besok aja pasang pompanya, malam ini biarlah saya ngambil air dari sumur Pak Haji saja, sudah terlalu malam.” Malam itu, saya ngambil air dari sumurnya Pak Haji. Tidak kurang dari 30 ember saya ngangkut air dengan menjinjing dua ember sekali angkut. Lumayan capek, tapi gak apalah paling tidak untuk malam itu masalah air teratasi. 

Sambil duduk melepas lelah di ruang keluarga, saya merenungi apa yang sudah terjadi dengan pompa air yang sudah membuat saya bingung, pusing, cemas dan khawatir. Tapi, malam itu walaupun capek, saya bisa menjalaninya dengan tenang, tak terlalu khawatir lagi jika pompa air tiba-tiba rusak atau mati. Mengapa? Karena saya sudah tahu masalahnya, sudah tahu solusinya, solusi alternatifnya bahkan solusi daruratnya. Dulu saya bingung, cemas dan khawatir karena belum tahu masalahnya, belum tahu solusinya, akibatnya saya khawatir dan takut berlebihan. Saya memikirkan hal-hal buruk yang mungkin akan terjadi dan akibat lanjutannya jika pompa air rusak. Saya membayangkan kemungkinan-kemungkinan negatif yang sebenarnya dilebih-lebihkan ketimbang kenyataan yang mungkin terjadi.

Ketidaktahuan menyebabkan kekhawatiran dan ketakutan berlebihan. Seringnya mengalami kejadian serupa juga membuat saya terbiasa dan tak khawatir lagi.

Itulah pelajaran berharga yang saya peroleh dari pengalaman rusaknya pompa air.

Bookmark and Share

Tag/Label pengalaman pribadi, inspirasi, kiat, pompa air
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
12 komentar pada warta ini
Rabu, 20-01-2010 11:01:22 oleh: agastya

bagus ceritanya

jadi, intinya pompa mati itu penyebabnya apa pak?
terus bagaimana mengatasinya?




Rabu, 20-01-2010 12:18:01 oleh: Tarjum

@Agastya,
Wah ada job baru nih jadi konsultan pompa air..he..he...
Penyebab pompa air rusak (yang punya saya ya!)
1. Usianya emang udah tua (3 tahunan)
2. Kipas pompa udah lemah
3. Ada tutup pompa yang bocor
Penyebab lainya
1. Saklar pompanya gak nyambung (terhalang gumpalan semut)
2. Saklar otomatis yang terpasang di bak penampungan gak jalan.

Jadi klo pompa air tiba-tiba, jangan panik! periksa dulu saklarnya, lalu periksa saklar otomaatis yang di bak penampungan. Klo yang dua itu tak masalah, berarti pompanya yang rusak. Panggil aja tukang servis pompa terdekat. jangan lupa simpan nomor tlpnya untuk jaga-jaga bila nanti tiba2 pompa masalah lagi.

Gitu aja penjelasannya dari konsultan pompa air rusak...he...he....




Minggu, 04-04-2010 16:51:07 oleh: irawan

maslah pompa menjadi peljarn untuk klo kita simak baik2 nanti akan ketemu jawaban itulah jawaban dibalik itu semua,gali terus sampai dapat



Minggu, 31-10-2010 23:45:37 oleh: boedie

kadang memang bagian otomatis dan saklarnya tapi bila pompa menyala tapi airnya tidak mengalir, bisa dikarnakan kipas pompa yang rusak atau pipanya masuk angin, ada bocor kecil disambungan mengakibatkan tidak lancarnya pompa nenyedot air, jadi dari arah penydot pompa harus betul2 tidak ada kebocoran...., bila ada masalah dengan pompa anda bisa kirim imail ke saya, boentoe123@yahoo.co.id, saya akan bantu sebisanya...salam ..



Kamis, 28-07-2011 11:11:59 oleh: olin

yupppp,setujuu hehhee



Minggu, 06-05-2012 17:49:14 oleh: TAMZIL

mau tanya,,
pompa air saya hidup selama 5 menit, setelah itu tiba2 mati sendiri,,
saat saya sentuh body pompa terasa panas sekali.
kira2 kerusakannya apa ya pak,,
tolong bantuannya,,thx's




Selasa, 09-10-2012 08:09:50 oleh: Aby ibey

Mau tanya gan.knp pompa zhimisu sy tdk mau menyedot air & jarum spidonya tdk mau ngangkat?..mksh



Selasa, 09-10-2012 10:29:35 oleh: Tarjum

Untuk urusan pompa air yang bermasalah silakan kontak rekan Boedie di email : boentoe123@yahoo.co.id



Senin, 22-10-2012 11:58:36 oleh: taripusattoko

membuat kita lebih paham akan kerusakan pompa



Jumat, 26-10-2012 21:54:00 oleh: Basuki Hardjo

Saya selalu berkecimpung dengan pompa air membahas /membantu :
1. Pak Tamzil.
Permasalahan :Pompa air bekerja 5 menit kemudian mati (body pompa panas sekali).
Bila demikian belitan kumparan pompa sudah korslit (terhubung singkat) mengakibatkan timbulnya panas yg berlebihan sehingga thermo fuse terbuka (open) dan pompa akan mati. Thermo fuse ini terdapat dibeltan kumparan dengan tujuan untuk menghindari terjadi kebakaran. Bila pompa air sudah dingin thermo fuse akan terhubung lagi dan pompa akan jalan lagi.
Solusinya : Kumparan Pompa harus digulung ulang.
2. Yth Pak Aby Ibey.
Permasalahan : Pompa air tidak mau nyedot, Spydonya tidak ngangkat.
Pompa air yang tidak mau nyedot, ada kebocoran sambungan pipa pada bagian Inlet. Bila pompa air dipakai pada sumur dangkal, kemungkinan klep penahan air dibagian dasar sumur terganjal kotoran.




Sabtu, 13-04-2013 06:39:05 oleh: Rago

Mau tanya kepada para ahli nih. Kalau Air sebentar keluar sebentar macet tapi suara air terdengar pada pipa dekat dengan jet pump kira 2 apa penyebabnya ya? apakah karena kipas pompa yang rusak? tks



Rabu, 19-02-2014 12:26:31 oleh: ruri

Saya sering tidak dirumah selama 2 atau 3 hari dalam seminggu otomatis pompa air tidak digunakan selama itu, apakah hal itu menjadi masalah atau berpengaruh ? karena pompa air saya sering macet, kadang dipancing tapi air ga keluar, kalaupun keluar setelah dua hari airnya ga keluar lagi ... thanks



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY