bajoe

Polusi Suara, Sadarkah Kita?

Rabu, 12-08-2009 17:44:34 oleh: bajoe
Kanal: Peristiwa

Siang ini, 12 Agustus 2009 pukul 13.00-15.00 WIB, ada diskusi kecil di ruang pertemuan Dewan Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Penggagas diskusi ini Slamet Abdul Sjukur, yang lebih terkenal sebagai seorang komponis terutama musik kontemporer. Namun diskusi ini tidak membahas tentang musik, walaupun masih berkaitan, topik yang dibahas ada polusi suara/kebisingan.

Polusi suara? Kenapa ini menarik dibahas? Pada umumnya masyarakat lebih membahas tentang polusi udara, polusi air daripada suara. Memang polusi suara di negeri khatulistiwa ini kurang diperhatikan, baik oleh pemerintah, dunia bisnis maupun masyarakat sendiri. Mungkin karena  Slamet Sjukur  banyak berkecimpung dengan dunia bunyi-bunyian, maka beliau pun prihatin dengan polusi suara.

Hadir dalam diskusi kecil dari banyak kalangan seperti  Ivan Slank (musisi), Marco Kusumawijaya (mantan ketua Dewan Kesenian Jakarta), dokter Damayanti Soetjipto,SP.THT sebagai ketua Komite Nasional PGPKT (Pencegahan Gangguan Pendengaran dan Ketulian), dokter Ronny Suwento dari RSCM, dan beberapa orang lagi yang rata-rata adalah musisi dan seniman.

Diskusi dibuka dengan penjelasan dari Slamet A Sjukur  dan dr. Ronny Suwento.  Dari paparan keduanya  ternyata polusi suara ini ternyata sangat penting dan sudah mencemaskan. Penting, karena fungsi pendengaran ini sangat strategis untuk otak. Setiap hari otak kita membutuhkan sekitar 3 juta rangsangan/detik selama sedikitnya 4,5 jam/hari. Dan lebih dari separuhnya, rangsangan itu diterima dari pendengaran. Rangsangan ini dibutuhkan otak sebagai energi.

Namun juga rangsangan suara ini tidak boleh berlebihan atau bising. Karena menurut Slamet Sjukur, kebisingan tidak saja mempengaruhi pendengaran, tapi juga tekanan darah, denyut jantung, pencernaan, konsentrasi pikiran dan emosi. 

Beberapa penelitian menunjukkan hal demikian. Institut Max Plack, Jerman menyimpulkan lewat penelitian yaitu mereka yang  bekerja di tempat bising mempunyai banyak masalah keluarga dari pada mereka yang bekerja di tempat tenang. Orang menjadi mudah emosional dan stress. Menurut Robert D. Hare (seorang pakar psikopat dan konsultan FBI), kebisingan bisa membuat seseorang melakukan tindakan agresif mendadak.

Bagaimana di Indonesia? Menurut pengamatan dokter Ronny maupun dokter Damayanti, gaya hidup orang Indonesia berpotensi merusak pendengaran. Kebiasaan menggunakan earphone dari ponsel/mp3 player secara terus menerus dan volume kencang, tempat permainan anak di mal-mal yang menggunakan bunyi-bunyian, konser musik yang penempatan speaker kurang tepat, adalah hal-hal yang membahayakan bagi pendengaran.

Di tempat-tempat permainan elektronik bagi anak-anak di mal, rata-rata desibelnya 90-100, di mana dengan desibel tersebut mestinya anak-anak hanya berada di area itu maksimal 15 menit saja. Tetapi apakah demikian kenyataan di lapangan? Anak-anak bisa berjam-jam dalam kebisingan alat permainan, yang lambat laun akan merusak pendengaran. Hal ini kurang disadari oleh para orang tua.

Selain anak-anak, profesi-profesi tertentu juga berpotensi besar merusak pendengaran bila tidak diantisipasi. Misalnya para musisi, wartawan radio, pekerja pabrik, pekerja bandara, dll. Mereka ini idealnya menggunakan headphone yang tepat/baik ketika menjalankan profesinya.

Desibel yang aman adalah antara 60-80 db, ini untuk suara yang didengar secara terus menerus selama 8 jam. Memang ini mesti ada alat ukurnya untuk mengetahui kebisingan suatu tempat/alat. Namun ada tips sederhana dari dokter Damayanti, yaitu bila mendengarkan musik/suara  dari alat elektronik (TV, radio, mp3 player, dll), sebaiknya tidak lebih dari 60% dari rentang/ukuran volume yang ada. “Itu kurang lebih 80 db,”kata dokter Damayanti.

Peserta diskusi yang lain pun saling memberikan ide dan lontaran pertanyaan mengenai polusi kebisingan ini.  Bagi sebagian peserta, topik  siang ini adalah pengetahuan baru dan penting untuk disosialisasikan ke masyarakat luas.

Pukul 15.00 WIB diskusi pun diakhiri dengan kesepakatan antar peserta bahwa masalah polusi kebisingan ini tidak berhenti di diskusi saja. Namun akan ada pertemuan-pertemuan lanjutan untuk membangun aksi mengatasi polusi kebisingan ini , khususnya yang terjadi di kota Jakarta.

Bookmark and Share

Tag/Label sosial, polusi suara, kebisingan, kesehatan
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
2 komentar pada warta ini
Kamis, 13-08-2009 14:31:26 oleh: Meidy

Polusi suara di tempat kerja saya..bunyi mesin potong, bunyi musik, suara orang ngerumpi, telepon berdering-dering, suara pletak pletok bunyi sepatu atau sandal teman kerja, mulut teman yang ngunyah dengan nikmatnya kacang goreng... wahhhh semuanya terekam :-(





Jumat, 06-11-2009 08:10:03 oleh: JINIE

BUNYI SUARA TEMAN2 SY D KELAS SAAT LES KOSONG SANGAT MENGGANGGU



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY