Vinnie Vincent

Pola Makan Super Sehat ala Dr. Tan

Jumat, 31-07-2009 08:07:08 oleh: Vinnie Vincent
Kanal: Kesehatan

Menanggapi berbagai kontroversial soal makanan yang baik dan kurang baik, maka saya ingin ikut nimbrung menambah ributnya kontroversial ini dengan menulis soal pola makan kalangan 'ekstrimis' :).

Saya tahu pola makan ini dari Dr. Tan Shot Yen yang berpraktik di kawasan BSD. Dr. Tan dikenal selain karena tulisan-tulisan beliau di berbagai majalah dan tabloid kesehatan, salah satunya Prevention, juga karena banyak orang dengan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan seperti stroke, diabetes, tekanan darah tinggi, sejarah serangan jantung, dan lain-lain telah berhasil sembuh setelah mengikuti pola makan ini.

Sebenarnya penjelasan beliau cukup panjang, namun intinya begini:

- makan sayur mentah. Sayur mengandung glukosa DAN serat. Serat ini berfungsi untuk 'melihat keadaan lapangan', apakah tubuh butuh tambahan kadar gula atau tidak. Bila ya, maka glukosanya akan diserap secukupnya, tapi kalau tidak, maka serat akan membawa glukosa tadi ke luar tubuh.Tidak semua sayur harus mentah, brokoli dan tomat biasanya disiram air panas dulu.

- jangan makan makanan manis selain sayur, nasi, makanan dari tepung, dan (beberapa jenis) buah.

Masih berkaitan dengan glukosa, kadar gula dalam makanan manis, nasi, makanan dari tepung, dan beberapa jenis buah sangat tinggi dan akan diproses seluruhnya menjadi gula yang akan diserap tubuh. Kenaikan drastis kadar gula dalam darah secara mendadak akan memaksa tubuh memproduksi insulin dalam kadar tinggi, bukan untuk menghilangkan gula, tapi mengubahnya jadi lemak. Dan enzim insulin ini kalau sudah tinggal sedikit tidak akan mempan lagi terhadap gula. Inilah yang disebut diabetes. (By the way hati-hati kalau ada lingkaran hitam melingkari leher, biasanya itu pertanda orang akan terkena diabetes).

- makan beberapa jenis buah saja Buah yang baik adalah sebangsa apel, alpukat, atau pir. Yang sebaiknya dijauhi adalah yang semacam pepaya, durian, mangga, dan pisang, karena gulanya tinggi. Dan jangan pernah dijus! Metode tersebut adalah 'pengrusakan serat', sehingga yang Anda konsumsi hanya gulanya saja.

- makan daging ayam dan hasil air serta putih telur Daging ayam baik dimakan karena ayam makanannya masih natural, sedangkan sapi sudah makan sesamanya, karena pelet makanan sapi dibuat dari tulang sapi, jadi sapi sudah tidak makan rumput lagi. Kalau babi, ya jelas karena lemak jenuhnya dan pola makannya yang sungguh tidak sehat karena makannya suka sembarangan (tanpa mengurangi hormat terhadap segelintir orang). Hasil air baik karena kadar lemak jenuhnya tidak tinggi. Semua ini dengan catatan tidak digoreng pakai minyak, dibakar saja dengan dibungkus daun untuk menghindari arang, atau dikukus, dibuat sup, pokoknya tidak terkena minyak yang digoreng. Daging tidak boleh dihilangkan karena proteinnya sangat penting. Bagian kuning adalah lemak jenuh, sehingga tidak dimakan.

- tidak minum susu atau makan keturunannya Kalau yang ini memang kontroversial sekali. Seorang dokter dari Jepang juga mengatakan hal yang sama. Alasannya, manusia hanya punya enzim untuk mencerna susu sampai umur 2 tahun. Kalau minum susu, seharusnya kita diare, tapi karena produsen susu sudah mengutak-atik susunya, kita tidak diare lagi. (Mungkin setelah ini ada orang dari produsen susu yang protes. Silakan Pak/Bu, saya pun menunggu jawabannya)

- Minum air yang banyak

- Minum suplemen Omega 3, vitamin C, dan vitamin E Omega 3 berguna karena merupakan lemak baik, sehingga kebutuhan tubuh akan lemak sudah terpenuhi dan tidak menyerap lemak yang buruk.

Sekedar info, Dr. Tan sudah menerbitkan buku berjudul "Saya Pilih Sehat dan Sembuh" dimana Anda dapat membaca secara lebih detail mengenai kesehatan. Bila Anda ingin bertemu secara langsung, beliau berpraktik di ruko di samping D'Cost BSD, sebelum perempatan lampu merah. Disarankan untuk menyiapkan mental Anda terlebih dahulu :).

Saya dan keluarga sudah mengikuti pola makan ini selama tiga bulan. Hasilnya, berat badan turun (karena sebelumnya memang kelebihan), tapi sangat saya sarankan untuk tidak mengikuti pola makan ini bila tujuan Anda hanya untuk menurunkan berat badan, karena alasan ini sangat dangkal sekali, dan tujuan Dr. Tan memberitahu Anda pola makan ini pun bukan itu. Alasan beliau adalah karena sehat itu bukan berarti tidak sakit.

Kalimat kasarnya, tidak ada orang diabetes dalam satu malam. Pasti orang itu sudah mengonsumsi gula berlebih selama bertahun-tahun. Penyakit lain pun juga demikian, mungkin saja disebabkan oleh makanan yang Anda makan selama bertahun-tahun. Hal ini seperti menabung sedikit demi sedikit jadi bukit, sayangnya yang ditabung bukan uang. Kalau Anda sudah memahami alasan pentingnya ikut pola makan ini secara mendalam, maka Anda akan dapat mengikuti pola makan dengan lebih tulus, tanpa ada unsur keterpaksaan.

Ini pula alasan mengapa kalau alasannya hanya ingin menurunkan berat badan, sebaiknya pikir dua kali dulu. Hasil lain dari pola makan ini adalah, kalau makan makanan lain, biasanya ada perasaan seperti mual setelahnya meski makan makanan yang dulu sangat disukai, terlebih kalau makanannya mengandung MSG. Kerongkongan terasa sangat gatal dan kering, mulut pun kering. Selain itu, buang air pun lebih lancar, bahkan kadang-kadang bisa sampai lebih dari sekali dalam sehari. Kalau Anda juga mengonsumsi suplemennya dengan disiplin, rambut jadi lebih bercahaya dan tidak kering, bibir pun tidak perlu pakai lip balm lagi karena sudah lembab.

Bila Anda tertarik untuk mengikuti pola makan ini, disarankan untuk datang langsung ke kantor beliau (setelah menyiapkan mental dan membuat komitmen). Sangat baik bila Anda bisa memahami alasan ikut pola makan ini dan mengikutinya sejak sekarang, karena kalau menunggu penyakit datang, dijamin rasanya akan seperti orang kena hukuman berat. Penyesalan kan selalu datang terlambat?

Bookmark and Share

Tag/Label makan, sehat, tan shot yen
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
31 komentar pada warta ini
Jumat, 31-07-2009 09:19:03 oleh: biliater situngkir

terimakasih atas tanggapannya tentang "Guru Pada Era Sekarang Ini Tidak Lagi Dihormati Siswanya", maksud saya kalau kita perhatikan pada saat ini para siswa dulu dengan sekarang sudah sangat berbeda jauh cara beradaptasi dengan gurunya, kalau dulu siswa sangat segan dan hormat kepada gurunya bahkan untuk berpapasan saja siswa dulu gak mau dengan guru kalau sekarang kita lihat aja gimana situasianya,,.. saya hanya ingin menyampaikan perbedaan itu...
apakah perbedaan cara pengajaran guru dahulu dengan yang sekarang hingga menimbulkan perbedaan yang sangat signifikan.
terimakasih......




Rabu, 06-01-2010 22:00:34 oleh: francisca

saya sudah baca buku Dr. Tan dan sangat ingin sekali bertemu dgn beliau krn saya sungguh kagum dan respect.. bisa tolong saya tanya beliau praktek di D=sebelah D'cost BSD di kota mana? thanks :)



Jumat, 15-01-2010 21:17:34 oleh: Vinnie Vincent

Yuph, di sebelah D'Cost Bsd.. kalau nggak salah setelah lampu merah



Rabu, 20-01-2010 11:25:02 oleh: Novarida Romauli

saya sdh menjalankan pola makan row food awalnya mulut saya kebas tp lama2 saya bs menikmati sayuran n buah tsb dgn sgt nikmat. yang menjadi kendala sy adl masalah mencuci sayuran n buah tsb agar terhindar dr peptisida, krn sy pernah baca peptisida tsb klo msk kedalam tubuh kita lama2 bertumpuk akan mengakibatkan kanker. pertanyaan sy dokter bagaimana mengatasi semua itu, krn klo sy mencari sayur yg organik agak susah. Saya berharap sekali jwban dr dokter n terimakasi byk



Senin, 25-01-2010 23:18:21 oleh: Vinnie Vincent

@ N.R.,
kalau ingin mendapat jawaban dari dokter secara langsung, datang saja ke tempat praktek Dr. Tan, karena saya tidak memiliki latar dokter.

Seingat saya pernah ada yang menanyakan, dan jawaban beliau kira-kira begini, "bertahun-tahun saya jaga malam di rumah sakit, belum pernah ada orang yang masuk mendadak tengah malam karena keracunan pestisida." Tapi seperti saran saya diatas, sebaiknya langsung mengunjungi Dr. Tan saja agar jawaban yang didapat tidak rancu.




Selasa, 02-02-2010 20:46:51 oleh: Sylvia Susanto

tarif konsultasi berapa?



Kamis, 04-02-2010 21:54:17 oleh: Vinnie Vincent

Satu kali datang tarifnya seratus ribu. Untuk klien baru, datang jam 11 pagi untuk bertemu dokternya dulu.



Rabu, 24-02-2010 22:07:13 oleh: Anna Saptiwi

Alamat lengkap dr.Tan Shot Yen : KOMPLEK PERKANTORAN CBD-BSD CITY, BLOK G/22 (ruko sEBELAH TERASCOTA BSD)



Senin, 22-03-2010 10:47:48 oleh: marychan

kemarin saya membaca frofil dr. Tan di salah satu majalah, saya tertarik sekali untuk mencobanya.Saya sudah coba akupuntur tapi berat saya naik lagi, hufft.Jadi deg-degan juga ni kalu ketemu dr.tan hahahahaaa, kalu ketempat praktik dr.tan hanya konsultasi & dikasih pola makan aja atau ada ada terapi jg?.
Semangaaat... mo coba pola makannya




Senin, 22-03-2010 10:51:40 oleh: marychan

hari sabtu atw minggu buka ga prakteknya



Minggu, 28-03-2010 18:17:39 oleh: Vinnie Vincent

@ Marychan,,
kalau nggak ada keluhan sih biasanya konsultasi dan dikasih tahu pola makannya aja, tapi kalau ada keluhan (misalnya pasien stroke, jantung, dll.) dikasih suntikan juga. Sepertinya hari sabtu/minggu nggak buka.





Senin, 29-03-2010 16:08:29 oleh: Lany Rumondora

Saya belum daftar menjadi anggota Wikimu, tetapi ingin mengetahui nomor telpon dr. Tan. Bisa tolong kah? Terima kasih. Salam, Lany



Sabtu, 03-04-2010 16:20:23 oleh: Vinnie Vincent

Untuk Lany,
Sebaiknya langsung datang saja, karena waktu itu ada yang menelepon dan dokter Tan menyuruh beliau langsung datang jam 11.




Selasa, 13-04-2010 08:57:45 oleh: Ahmad

Maaf mau tanya jam praktek Dr Tan ??? apakah hari sabtu buka, atau di alamt mana untuk yang buka hari sabtu, trims



Sabtu, 17-04-2010 11:45:34 oleh: sherly

saya tertarik sekali u/ konsultasi dengan beliau, mau tanya prakteknya tiap hari? or hari apa aja? trima kasih



Rabu, 16-06-2010 11:31:04 oleh: indah dwi astutik

tolong saya dikirimi salah satu menu makanan raw food, soalnya, ibu saya tidak percaya dengan raw food, dan masih menyuruh saya untuk makan nasi,karena orang jawa ya harus makan nasi!



Jumat, 02-07-2010 09:49:57 oleh: Emi hikmawati

Anak saya usia 14 bulan.Apa dr.Tan menulis buku yang memuat pola makan sehat untuk bayi seusia anak saya?? Terima kasih atas jawabannya.



Selasa, 03-08-2010 12:48:41 oleh: sri kurniasih

saya snagat kagum dengan dr. tan.. karena sering membaca tulisan beliau di tabloid nyata dan bukunya..
ada yang tau gak dr. tan prakteknya kapan dan jam berpaya yah... karena saya ingin konsultasi dengan beliau.. tks..




Rabu, 12-01-2011 12:56:36 oleh: SANTO SOFANDI

SAYA SANGAT AMAT TERTARIK DENGAN APA YANG "DISAJIKAN" OLEH DR.TAN SHOT YEN.
SAYA JUGA SETIAP KALI BACA ARTIKELNYA DI TABLOID "NYATA".
TAPI ADA 1 YANG MASIH BUAT SAYA PENASARAN,KIRA2 DR.TAN SHOT YEN PERNAH SAKIT GAK YA? (SETELAH MENERAPKAN POLA HIDUP SEHAT INI).
TRUS KALAU UNTUK BAYI SETELAH 2 THN BERARTI TDK BOLEH MENGKONSUMSI SUSU ?(SPT PRODUK SUSU YG DIIKLANKAN DI TV?).TERIMAKASIH
SUKSES SELALU UNTUK DOKTER!!!




Jumat, 06-05-2011 16:42:41 oleh: lisa tinaria

Ibu,

Kalau ada email dr. Tan, tolong beritahu saya.
Saya ingin info beliau tentang SUSU !!!!! yang telah menjadi TUHAN bagi adik saya sehingga keponakan saya yang berumur 2 tahun tidak makan makanan padat sampai saat ini!!!!!

Saya bingung mendengar alasannya bahwa si keponakan tidak mau makan dan khawatir melihat ukuran tubuh keponakan yang kecil!!!!!

Help me!!!!

salam
lisa




Rabu, 06-07-2011 16:58:27 oleh: nita

back to eden....maksudnya makan mula-mula...
makanan kelas utama




Selasa, 13-09-2011 13:32:22 oleh: Valentina Maria

Salam kenal,

Saya penggemar dr Tan juga..
Seingat saya, susu yang dianjurkan oleh dr Tan hanya ASI. Setelah 2 tahun (tidak minum ASI), tidak usah minum susu (sapi) lagi. Karena anak manusia bukan anak sapi..

Dr. Tan juga pernah sakit kok. Beliau pernah keguguran.




Jumat, 20-01-2012 18:33:30 oleh: maryanah usman

penasaran bgt ingin ketemu langsung,,, seharian sy7b baca rubrik,artikel tentang dokter tan yang luar biasa,,, sy tidak mau menunda nunda kesempatan emas ini,,,pokoknya hrs konsul ke dr,tan,,,,sy ingin sehat dan sembuh,,,,



Jumat, 24-08-2012 10:45:54 oleh: evy ekayanti

pagi, dok, saya mau tanya makanan apa yg cocok untuk merawat kulit saya yg kering dan sensitif,terutama kulit muka yang mudah berjerawat, tinggi saya 158, berat badan 49, sebelumya saya ucapkan terimakasi,



Selasa, 11-09-2012 11:42:46 oleh: hilda

Bapak saya dulu berobat dengan Dr.Tan, tapi waktu masih di rumahnya, yang deket bakmi Japos BSD. Dulu juga masih 50,000. kalau kesana gak boleh daftar jadi harus dateng aja. Sekarang masih gitu gak ya?

Kalau kesana di suntik, trus sehari - hari kita hanya rutin makan omega 3 ma vitamin (aku lupa nama vitaminnya), jadi gak di kasih obat.

Ada yang tahu nomor telpon Dr.Tan? soalnya kartu namanya sudah hilang. Tolong kasih tahu yaaaaa




Selasa, 09-10-2012 20:43:04 oleh: Sandra Wijaya

Halo Dokter sy mau tanya apakah buka cabang praktik di Surabaya ? Kalo ada alamatnya dimana ? Thx .



Jumat, 11-01-2013 21:23:07 oleh: YUSTINUS RINDU

LALU BAGAIMANA CARA PENGKAJIAN POLA MAKAN PADA KELUARGA DENGAN DM?



Selasa, 15-01-2013 16:28:45 oleh: iwan w

Salam kenal semua.....sy mantan pasien dr.Tan...sy punya "penyakit" kekentalan darah tinggi...HB nya diatas normal...sdh konsultasi dgn beberapa dr. tdak ada jawaban dan cenderung sdh hands up..dan sy pun harus donor rutin 2bln sekali untk dibuang darah nya, sy berpikir apakah tdk ada jalan kluar nya untk "penyakit " ini...sempat mkn obat...tapi hasil nya 0
Bersyukur ketemu dr.Tan dari tetangga...hasilnya terbukti dan benar menyelesaikan "penyakit" sy...
Hasil lab 1 bln sebelum dan setelah berobat dgn dr Tan...benar2 mankjubkan...sy sdh sembuh dgn mengganti POLA MAKAN dan BERANI BERUBAH menghadapi masalah dalam menyelesaikan masalah
Demikian sharing singkat
Semoga bermanfaat





Selasa, 05-02-2013 17:53:28 oleh: Andi

Mas iwan yang punya hb inggi, aku jg hb nya tinggi. Mau tau donk kira kira penyebab penyakit kita ini apa ya



Kamis, 09-05-2013 21:36:02 oleh: ivana

halo... saya uda menjalani program diet raw food sejak jan 2013.. cuma kemaren ada mkn nasi campur padang 1x.. setelahnya saya sariawan dibibir atas uda 6hr..pdhal saya uda kuat mkn fruits n raw vegetables... np ga sembuh y?? o yah saya jg lg mkn propolis n madu manuka..mohon bantuannya.



Senin, 07-04-2014 23:08:34 oleh: thesa

Anak sy usai 3th. Stlh bisa mkn mknan padat justru dia mkn sayur mentah tiap hari. Susu masih full krn dia tdk mkn nasi & dia merasa tdk kenyang mkn sayur. Sptnya benar bila menerapkan pola mkn sehat, kita akan mual dg mknan yg mgdg MSG krn anak sy pun slalu begitu. Mengingat jaman skrg semua dipeptisida sy ingin tahu cara mengolah mknan mentah spy mjd sehat (yg dimaksud ini proses mencuci dll).



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY